Yamaha jajal seamless gearbox….kecepatan shifting meningkat 143%!!

Bro dan sis sekalian….seperti yang kita tahu, Yamaha sukses melakukan test diBrno tanggal 7-8 Agustus kemarin. Rumor kencang berkembang bahwa Yamaha akan jajal seamless gearbox untuk mengejar rival mereka. Sayang dihari H Yamaha urung mengundang media sehingga wacana tersebut tidak terjawab secara gamblang. Namun tidak kehilangan akal….dibantu teknologi pengolah digital, Motomatters melakukan analisa cuplikan video yang direkam para penonton dengan mencermati audible gearchanges M1 saat testing. Dan dari hasil pengukuran tiap grafik output raungan engine, diperoleh kesimpulan bahwa Yamaha memang sudah melakukannya…..AHM Oil lwb-460x110

Berdasarkan analisa audio raungan M1, ada jedah perpindahan gigi yang sedikit lebih sunyi dengan ditunjukkan grafik menurun. Pola ini cukup khas dan hadir ditengah-tengah letupan muffler saat proses shifting. Dari sanalah Motomatter melakukan pengukuran dan diperoleh kesimpulan bahwa perpindahan gigi M1 diBrno jauh lebih cepat dibanding testing Jerez Mei silam yang masih menggunakan gearbox konvensional. Dari random sampel audible gearchanges (lihat lampiran)…..shifting per-gear YZR M1 hanya butuh waktu 0,016 detik alias meningkat 143% dibanding sebelumnya yang mencapai 0,038detik…

Wihhh….lumayan nampol mzbro. Eitt, tapi tunggu dulu. Terpangkas 0,02 detik…..Seamless gearbox Yamaha ternyata belum secepat RC213V. Dengan menggunakan metode yang sama, seamless shift gearbox Honda hanya butuh waktu 0.009 detik tiap perpindahan gigi. Its an incredibly short period of time!!. Artinya….seamless gearbox Yamaha yang baru masih lebih lambat 56% dibanding sang rival yang memang sudah start duluan mengembangkan sistem ini. Dan itulah yang kudu dikejar Yamaha diluar durability komponen itu sendiri…

Kendati demikian, hitung-hitungan angka diatas bukanlah utama. Setidaknya Yamaha kini membuat langkah maju mampu memangkas waktu shifting per-gear dengan Honda. Tidak bisa dipungkiri….seamless gearbox dipandang perlu sebab dengan komponen tersebut kestabilan motor akan meningkat khususnya shifting saat motor rebah dimana gearbox konvensional mempunyai kelemahan memaksa tenaga tertahan…dan memberikan umpan balik yang berakibat handling motor tidak se-smooth ketika menggunakan seamless gearbox…Yamaha Brno

Monggo perhatikan Marquez ataupun Pedrosa yang lebih santai melakukan perpindahan gigi saat motor rebah (lean). Hal ini dikarenakan tidak banyak terjadi reduksi atau ledakan power saat pindah gear. Nah…itulah kunci kekuatan yang kudu digapai. Harapannya….seamless gearbox bisa membuat M1 se-stabil RC213V, memperbolehkan rider Yamaha berakselerasi lebih cepat dan membuka gas lebih awal sehingga ketertinggalan waktu tiap lap bisa diminimize. Jika semua sudah sukses dilewati….praktis akan membuka peluang Rossi dan Lorenzo guna berkompetisi melawan Dani dan Marc memperebutkan juara dunia 2013. Terus kapan kira-kira SGB resmi digunakan Yamaha team??….

Belum diperoleh konfirmasi kapan tim biru mulai menggunakan SGB dalam race. Tapi menilik tayangan video terlampir…..sepertinya part tersebut masih butuh penyempurnaan. Yup…..Rossi minggir ke trek dengan kondisi engine masih menyala dan kudu dibantu mekanik untuk menyandarkan  M1 kesisi pit wall. Sebelum menepi, dari lokasi dilaporkan timbul suara noise saat Rossi downshifting. Diduga terjadi kegagalan transmisi dihari kedua testing. Debat sebelumnya terbukti. Kenapa??…

Karena desain engine M1 versi 2013 masih menganut gearbox sistem konvensional. So…ketika seamless gearbox dicangkokkan pada saat testing Brno….kemungkinan besar insinyur Yamaha hanya memodifikasi rumah gearbox agar bisa dijejali SGB. Penyesuaian tersebut tidak gampang dan beresiko tinggi terjadi failure. Ribet tenan euy. Yo wis kita pantengin aja perkembangan progres tim biru selanjutnya. Berikut data analisa shifting time seamless gearbox Yamaha diBrno hasil pengukuran Motomatters. Semoga berguna….(iwb)yamaha-seamless-shift-1-cutout

 Pengukuran waktu berdasarkan audio shifting per-gir

Audio time Gear change length (seconds)
3:07.340 0.014
3:05.729 0.016
3:42.100 0.017
4:00.971 0.016
4:02.634 0.016
4:07.313 0.015
4:27.141 0.017
4:25.368 0.014
Average 0.016

Perbandingan waktu gearbox lawas Yamaha dan SGB Honda-Yamaha

Gearbox Yamaha
Seamless
Yamaha
Conventional
Honda
Time 0.016 0.038 0.009
% compared to
Yamaha’s seamless
transmission
243% 56%

Video test Brno day 1

Video test Brno day 2

137 thoughts on “Yamaha jajal seamless gearbox….kecepatan shifting meningkat 143%!!

  1. Gearbox konvensional Yamaha aja dah ngerepotin Honda. Apalagi kalo Yamaha jadi pake SGB, bakalan seru tenaaaannn!!!

    Like

  2. intinya ssg yamaha masih perlu di sempurnakan untuk melawan ssg honda…berarti di trek lurus honda lebih mendominasi….nah disinilah peran rossi untuk melakukan hard breaking alias jurus andalan rossi (istilahnya telat mengerem)untuk bisa menyalip honda….

    Like

  3. buat fb kut4ang…
    jangan takut… yakampret cuma bersandiwara saja… 😆

    *mencoba menghibur kaum koet4ng

    Like

  4. semboya tinggi hatinya tak berlaku disni…
    harus pke insiniur qwerty, mbah modar,,
    biar tenanganya jdi 19 daya kunyu

    Like

  5. lumayan daripada lumanyun, abis ganti bohlam xeon pnya kerabat dari daerah yg berlebaran krmh, jebule malah yg empunya curhat bohlamnya boros tenan

    Like

  6. Biaya motogp semakin mahal nih…,
    Harga SSG honda aja hampir seharga 3 motor satelit yamaha, kira2 berapa harga SSG yamaha ini ya..?
    Gara2 honda gak mampu menyamai level gearbox konvensional yamaha dengan gearbox konvensionalnya, honda jadi ngajak perang modal dengan gearbox yang mahalnya amit2.

    Like

  7. 37. Nobita – Agustus 11, 2013

    Biaya motogp semakin mahal nih…,
    Harga SSG honda aja hampir seharga 3 motor satelit yamaha, kira2 berapa harga SSG yamaha ini ya..?
    Gara2 honda gak mampu menyamai level gearbox konvensional yamaha dengan gearbox konvensionalnya, honda jadi ngajak perang modal dengan gearbox yang mahalnya amit2.
    ——————————————————-
    klo lu pinter,
    harusnya lebih ditambah lgi
    perang jenius,,
    masa modal aja gede, insiniurnya jg lah..
    klo kayak tp tp tolol buat apa..

    Like

  8. Dengan gearbox konvensional yang tertinggal 0,022 detik aja M1 udah sangat mampu mempecundangi honda RCV dengan SSGnya, apalagi jika M1 udah sukses dipasangi SSG pula..?

    Like

  9. aaahhh SSG itu ilegal…..
    karena yamaha belom mampu membuat SSG
    karena sekarang udh mampu yang ilegal jadi legal menurut para FBY dongo yang sering jilat ludah sendiri.

    Like

  10. @ until

    Genius…? Wakakakaka..
    Dengan SSG enginer honda RCV tidak jadi lebih genius ah.., SSG itu udah lama ada, masalahnya bagi yamaha adalah harganya yang sangat mahal..
    Mungkin yang jenius adalah enginer yang mampu membuat motor dengan gearbox biasa mampu mengalahkan motor dengan gearbox SSG yang mahal itu.

    Like

  11. Sebenarnya dengan gearbox konvensional, M1 masih seimbang dengan RCV yang udah pake SSG, RCV yang katanya sangat powerfull dan paling kencang itu unggul di sirkuit2 yang Lambat dengan trek2 pendek seperti lemans, jerez, dan laguna seca, sedangkan M1 yang katanya super lemot itu malah unggul di trek2 super cepat seperti qatar, mugello, catalunya dan assen.

    Like

  12. kata mbah modar punya honda gerbok siluman,, berarti kalo yamaha gerbok demit dong, hasil pengembangan pabrikan lemah
    wkwkwk

    Like

  13. Yahhh….yamaha jgn make SSG lah…make konvensional aja.itu aja udah bikin kualahan honda,apalagi make SSG.ntr malah motogp gak imbang.kasian honda ntr…

    Like

  14. Seperti kata lin jarvis dan burgess, gearbox konvensional yamaha M1 itu levelnya sangat tinggi untuk ukuran gearbox biasa, hanya bisa dikalahkan oleh gearbox SSG, karena itulah honda dari tahun 2011 segera menggunakan gearbox SSG untuk mengejar ketertinggalan. Bagi honda harga SSG yang mahal itu mungkin bukan masalah, tapi bagi yamaha itu jelas itu sangat mahal.

    Like

  15. 42. Nobita – Agustus 11, 2013

    @ until

    Genius…? Wakakakaka..
    Dengan SSG enginer honda RCV tidak jadi lebih genius ah.., SSG itu udah lama ada, masalahnya bagi yamaha adalah harganya yang sangat mahal..
    Mungkin yang jenius adalah enginer yang mampu membuat motor dengan gearbox biasa mampu mengalahkan motor dengan gearbox SSG yang mahal itu.
    ————————————————-
    dmna ada datanya klo yamaha udh tau itu ada sejak dulu?
    nenek2 hamil pun bs berkata seperti itu..
    bukti itu perlu tdk hanya omongan…

    lu kayaknya gk lebih pinter dr seorang pemimpi yg gak bngun2,,
    itu ciri peinggi yamaha, tiggi hati…

    Like

  16. 45. Nobita – Agustus 11, 2013

    Sebenarnya dengan gearbox konvensional, M1 masih seimbang dengan RCV yang udah pake SSG, RCV yang katanya sangat powerfull dan paling kencang itu unggul di sirkuit2 yang Lambat dengan trek2 pendek seperti lemans, jerez, dan laguna seca, sedangkan M1 yang katanya super lemot itu malah unggul di trek2 super cepat seperti qatar, mugello, catalunya dan assen.
    ——————————————————————-
    masa si msh seimbang?
    kok jd lu lebih tau dr insiniur yamahaaa?
    klo seibang, gapain pake ssg lagii

    terserah lu mau bilang apa deh..
    toh dengan hadirnya ssg buatan ymaha
    dunia melihat siapa yg belkangan…

    Like

  17. gearbox ilegal nih, si mbah modiar kemana ya !! berharap itu orang tua ubanan nongol di mari !! xixixixixi

    dan lgi2 fby itu munafik dalam perkembangan teknologi, sok paling pinter pdahal mah buntutin mulu teknologi pny pabrikan sebelah..
    dan akhirnya ngejilat ludah sendiri !!

    semprot dlu biar aman..

    Like

  18. gearbox ilegal nih, si mbah modiar kemana ya !! berharap itu orang tua ubanan nongol di mari !! xixixixixi

    dan lgi2 fby itu munafik dalam perkembangan teknologi, sok paling pinter pdahal mah buntutin mulu teknologi pny pabrikan sebelah..
    dan akhirnya ngejilat ludah sendiri !!

    semprot dlu biar aman…

    Like

  19. Denger berita seperti gerombolan fBH pada kalap…wakakakakakakakakak….lama2 gerombolan fBH ngemis2 ma ngahaem buat bikin balapan OMR…wakakakakakakak

    Like

  20. 55. fBH muka tembok – Agustus 11, 2013

    Denger berita seperti gerombolan fBH pada kalap…wakakakakakakakakak….lama2 gerombolan fBH ngemis2 ma ngahaem buat bikin balapan OMR…wakakakakakakak

    ————————————-
    kyk nya gk jauh beda ma kecoa syampah kyk elu..
    omongannya gitu2 aja..

    Like

  21. peyek pada Agustus 11,
    2013 pada 9:45 AM
    mulai keliatan komen²
    kekawatiran kaum
    koet4ng…

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    peyek alay juga yah ternyata !!
    nulis kutang jdi koet4ang. xixixixi

    kaum kutang khawatir karna takut teknologi SSG yamaha itu dibilang gearbox ilegal sma fby sendiri !! yah pokoknya ngejilat ludah sendiri gitu dah !! wekekekekek

    Like

  22. @until
    Kehabisan kata2 yah mbah,bilang kecoak.akakakakakakk.udeh gk usah kalap gitu.honda masih terkencang kok..kencang kek BUACUOT si mbah….Ada fBH yg lepas dr kandang nih,yg kehabisan kata2…lgsg bilang ..wakakakakakaakakakakakakak

    Like

  23. fBH muka tembok pada
    Agustus 11, 2013 pada
    9:47 AM
    Denger berita seperti
    gerombolan fBH pada
    kalap…
    wakakakakakakakakak
    ….lama2 gerombolan
    fBH ngemis2 ma
    ngahaem buat bikin
    balapan OMR…

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    nih orang katahuan bloonnya banget, yg dibahas apa komennya kemana !!
    xixixixi

    diperkirakan ini efek SSG ilegal khas dedengkot fby model peyek sma mbah dhamoncrot !! xixixixi

    Like

  24. seandainya nih… sms eh.. ssg hahrese inperior dibanding ama punya yakampret…
    maka.. untuk selanjutnya… ercepe memakai teknologi Lima pistun 125sese… yang di kembangkan oleh ahmpret…
    masukan dari kaum koet4ng….:lol:

    Like

  25. 58. fBH muka tembok – Agustus 11, 2013

    @until
    Kehabisan kata2 yah mbah,bilang kecoak.akakakakakakk.udeh gk usah kalap gitu.honda masih terkencang kok..kencang kek BUACUOT si mbah….Ada fBH yg lepas dr kandang nih,yg kehabisan kata2…lgsg bilang ..wakakakakakaakakakakakakak
    ———————————————————-
    arti kehabisan kata2 apa yah?
    coba lu jelasin dengan eyd…

    dibagian mana yg kehabisan kata2?
    pargraf ke brapa?
    kecoa itu udh lama x jdi gelar pngikut sperti mu..

    kecoa itu gelar yg gw kasih,
    itu bukan kehabisan kata…

    beljar lgi sana…

    Like

  26. butuh proses..bukan cuma SSG tapi faktor skill pembalapnya…
    Marq Marquez bukti rider rookie 8 kali naik podium..dari 9 seri terakhir..1 kali gagal finish diMugello..
    hebatnya 2 sirkuit Austin dan Laguna Seca yang belum ada sama sekali pengalaman membalap disana…Marq yang juara…

    Like

  27. WARNING!!!!!
    ARTIKEL SPORT KHUSUS HANYA BUAT PENUNGGANG SPORT.KAUM PENUNGGANG MATIC aka GEROMBOLAN fBH DILARANG BACA.
    Mau liat gmn reaksi gerombolan fBH…
    Akakakakakak

    Like

  28. Si UNTIL nyuruh ane belajar.akakakakakakak..ane tiap hari mah sekolah mbah.si mbah sendiri yg gk pernah belajar.tiap hari dangdutan dipinggir jalan nyebar brosur.bolos trs gk pernah belajar..malang nian mbah2 penunggang matic ini,gak kuat beli motor sport.akakakakakakakakak

    Like

  29. @vaksin fansboy
    Iye mbah,ane blo’on.kan ane fBH….fBH kan gak ada yg pinter.blo’on semua….akakakakakakakak

    Like

  30. 64. fBH muka tembok – Agustus 11, 2013

    Si UNTIL nyuruh ane belajar.akakakakakakak..ane tiap hari mah sekolah mbah.si mbah sendiri yg gk pernah belajar.tiap hari dangdutan dipinggir jalan nyebar brosur.bolos trs gk pernah belajar..malang nian mbah2 penunggang matic ini,gak kuat beli motor sport.akakakakakakakakak
    ————————————————-
    yg saya tanya? dibagian mana yg habis kata2?
    klo emg ngerti bhs indonesia,
    kok gk dijawab?

    ntra lu makin malu gw buat

    Like

  31. 65. fBH muka tembok – Agustus 11, 2013

    @vaksin fansboy
    Iye mbah,ane blo’on.kan ane fBH….fBH kan gak ada yg pinter.blo’on semua….akakakakakakakak
    ———————————————

    klo lu pinter, jwb donk yg gw tanya…

    mana spok nya kalimat tdi?

    Like

  32. 65. fBH muka tembok – Agustus 11, 2013

    @vaksin fansboy
    Iye mbah,ane blo’on.kan ane fBH….fBH kan gak ada yg pinter.blo’on semua….akakakakakakakak
    ——————————————
    klo ketawa trus itu pertanda bodoh,,, org nanya kok ketawa,,

    gk belajar psikologi ya?

    Like

  33. Si UNTIL lg mupeng nih,pertanyaanya gak ene jawab.hihihihihihi…
    Ane kan fBH blo’on gak bisa jawab pertanyaan…hihihihihihihi

    Like

  34. 69. fBH muka tembok – Agustus 11, 2013

    Si UNTIL lg mupeng nih,pertanyaanya gak ene jawab.hihihihihihi…
    Ane kan fBH blo’on gak bisa jawab pertanyaan…hihihihihihihi
    ———————————

    hadehhhh..
    begini ne tabiat fby smart…
    suka ngeyel…

    Like

  35. Si UNTIL matanya udah gak jelas nih…masa ane dibilang fBY.kan ane fBH yg blo’on kayak dia….nickname ane aja fBH kok.wah gak hargain sesama kaum fBH nih….akakakakakakak

    Like

  36. 72. fBH muka tembok – Agustus 11, 2013

    Si UNTIL matanya udah gak jelas nih…masa ane dibilang fBY.kan ane fBH yg blo’on kayak dia….nickname ane aja fBH kok.wah gak hargain sesama kaum fBH nih….akakakakakakak
    ———————————————
    artinya alat kelamin lu 2 donk..
    pantes aja sesuka hati pindah haluan…
    sip deh…
    tpi pertanyaan gw belom lu jwb,
    selama belom jawab, tetap aja lu bodoh,,,

    Like

  37. 72. fBH muka tembok – Agustus 11, 2013

    Si UNTIL matanya udah gak jelas nih…masa ane dibilang fBY.kan ane fBH yg blo’on kayak dia….nickname ane aja fBH kok.wah gak hargain sesama kaum fBH nih….akakakakakakak
    ——————————————
    kyk nya org gak ada lgi deh sebodoh lu,,,

    jelas2 isi koment lu dr kmren2 mojok ke siapa..

    cukup lu sndiri aja yg bodoh brader,,

    org lain ogah ikut

    Like

  38. 61. New Vikong Lorencong™ – Agustus 11, 2013

    butuh proses..bukan cuma SSG tapi faktor skill pembalapnya…
    Marq Marquez bukti rider rookie 8 kali naik podium..dari 9 seri terakhir..1 kali gagal finish diMugello..
    hebatnya 2 sirkuit Austin dan Laguna Seca yang belum ada sama sekali pengalaman membalap disana…Marq yang juara…
    =================
    kalo marquez ada di Ducati gmna masbro?? yakin bisa menang?? pfffhhtttt

    FBH lagi cemas.. SSG belum smpurna udh nunjukin taji nya..

    oyee SSG awal ny dr F1,, krn Honda F1 BANGKRUT, kru ny di tarik smua ke motogp.. klo ga da kru dr F1 ga tau deh nasib honda skrg gmn di motogp wakakakaka

    Like

  39. 76. KAMEN RIDER FAIZ 555 (mystogun) – Agustus 11, 2013

    61. New Vikong Lorencong™ – Agustus 11, 2013

    butuh proses..bukan cuma SSG tapi faktor skill pembalapnya…
    Marq Marquez bukti rider rookie 8 kali naik podium..dari 9 seri terakhir..1 kali gagal finish diMugello..
    hebatnya 2 sirkuit Austin dan Laguna Seca yang belum ada sama sekali pengalaman membalap disana…Marq yang juara…
    =================
    kalo marquez ada di Ducati gmna masbro?? yakin bisa menang?? pfffhhtttt

    FBH lagi cemas.. SSG belum smpurna udh nunjukin taji nya..

    oyee SSG awal ny dr F1,, krn Honda F1 BANGKRUT, kru ny di tarik smua ke motogp.. klo ga da kru dr F1 ga tau deh nasib honda skrg gmn di motogp wakakakaka
    ————————————-
    tak usah berandai andai lah..
    tak baik itu…
    intinya tetap dr honda jg bukan..

    coba ssg nya ymaha dr yamaha f1?
    nah loh..
    apalgi tuhh

    Like

  40. 77. kobayogas – Agustus 11, 2013

    tanpa SGB aja imo M1 dah kenceng… apalagi kl udah On ya SGB nya nanti…

    logika doang sih hehe
    ——————————————–
    intinya ssg itu diperlukan,, makanya yamaha make..
    klo gk prlu ngapain semakin ngikutin..

    logika doang sih hehe

    Like

  41. 84. peyek – Agustus 11, 2013
    yg pade bacoot gede…
    kayaknya ikut andil dlm ngembangin ssg nya hahrese… 😆
    ==================================================

    ngerasa ikut ngembangin dan nyumbang 40BHP (BacHot Power) buat arcipi 😆

    Like

  42. yg bikin SSG pertama kali bukan honda ya, inget bukan honda tpi FIA atw penyenggara F1 terus teknologinya di praktekkan sma tim Williams F1 terus Toyota dn honda ikut membuat dlm hal ini ketiga tim diperbolehkan FIA menjiplak dn menyempurnannya..

    Like

  43. 86. achmad grand pacul – Agustus 11, 2013
    yg bikin SSG pertama kali bukan honda ya, inget bukan honda tpi FIA atw penyenggara F1 terus teknologinya di praktekkan sma tim Williams F1 terus Toyota dn honda ikut membuat dlm hal ini ketiga tim diperbolehkan FIA menjiplak dn menyempurnannya..
    ======================================================

    buohonggg!!!
    mesti honda pencipta dan pengembangnya!!
    oaakkkkuuu pueerrcayaa!!

    Like

  44. Balapan Belum di mulai dan terbukti bacots nobitol dah monyong duluan ….wkwkwk tipikal fby moron, bacots dulu baru mikir , dari jaman batu sampai skrg nih looserfool ngak berubah2 : mrgreen:

    Like

  45. Monggo perhatikan Marquez ataupun Pedrosa yang lebih santai
    melakukan perpindahan gigi saat motor rebah (lean). Hal ini
    dikarenakan tidak banyak terjadi reduksi atau ledakan power saat
    pindah gear. Nah…itulah kunci kekuatan yang kudu digapai.
    Harapannya….seamless gearbox bisa membuat M1 se-stabil
    RC213V, memperbolehkan rider Yamaha berakselerasi lebih cepat
    dan membuka gas lebih awal sehingga ketertinggalan waktu tiap lap
    bisa diminimize. (IWB)
    =================================
    kalau pakai mesin konvigurasi berpengaruh ga mas IWB..??
    HRC pakai mesin V4
    YFR pakai 4 mesin Vixion di sejajarin…
    😀
    😀
    😀
    😀
    :mrgreen:
    :mrgreen:
    😆
    😆
    😆

    Like

  46. 86. achmad grand pacul – Agustus 11, 2013

    yg bikin SSG pertama kali bukan honda ya, inget bukan honda tpi FIA atw penyenggara F1 terus teknologinya di praktekkan sma tim Williams F1 terus Toyota dn honda ikut membuat dlm hal ini ketiga tim diperbolehkan FIA menjiplak dn menyempurnannya..
    —————–
    nambahin,, SSG itu asliny dual clutch (F1).. makany knp dlu honda motogp diblg “illegal”,, krn di motogp ga boleh pke sistem dual clutch tadi.. CMIIW

    masih mau bilang honda yg nyiptain SSG?? dongo berarti wkwkwk

    Like

  47. Dah sales outsourching’y mah ga usah di ladeni, klo mau koment dmri kudu baca Ta’awudz.. Smg hidup kt lbh bermakna & bermanfaat buat yg laen bkn sok2n mrs smart & smakin ini n itu..

    Salam satu aspal 🙂

    Like

  48. perdebatan smangkin sangit eh sengit…
    tanpa terasa warungnyapun mangkin gosong

    emmbeerrrr…mana ember!!!?????

    Like

  49. ributin SSG..
    padahal rengekan Lorenzo sama Rossi minta dibuatin SSG…
    kok FBY yang pada rempong..??
    😀
    😛

    Like

  50. kalau pakai mesin konvigurasi
    berpengaruh ga mas IWB..??
    HRC pakai mesin V4
    YFR pakai 4 mesin Vixion di
    sejajarin…wkwkwkwkwkwk..
    😀
    😀
    😆
    😆
    😆
    :mrgreen:
    :mrgreen:
    😀

    Like

  51. SSG yakampret pling canggih sedunia akhirat…….denger2 mo di cangkokin ke motor semprot’a New viar lemot bnyak gaye hahahaha……

    Like

  52. gini . fbh pada protes karena ymh pake ssg.. alesannya ilegal.. ya honda aja make gak di protes penyelenggara.. knp yamaha gak ambil keutungan dari itu… >> ya gak??

    Like

  53. Kayaknya para FBY lagi jilatin ludah yang kemaren dibuang di tong sampah…

    ckckckck

    makanya klo ada teknologi baru tuu jangan di olok* yang ilegal lah yang ini yang itu…
    mending tuu di dukung biar pabrikan lain ikut ngembangin…
    kan selama demi memajukan teknologi balapan kan gak ada masalah…

    Like

  54. @Sang Legenda

    SSG yakampret pling canggih
    sedunia akhirat…….denger2 mo di
    cangkokin ke motor semprot’a
    New viar lemot bnyak gaye
    hahahaha……
    =============================
    ada apa dengan mas “beruk” ini.??
    😀
    ente lagi kesurupan ya..??
    😀
    😀
    😀
    😀
    :mrgreen:
    :mrgreen:

    Like

  55. siapa bilang SSG mahal ? Wong harganya ada yg 400.000 sampai 4 jutaan kok. Nih tetangga gue baru beli bibitnya yg masih kecil harganya 400.000
    ssg = super sugar glider. Wkwkwk ngapain ributin beginian.

    Like

  56. zoom_zoom pada
    Agustus 11, 2013 pada
    1:49 PM
    gini . fbh pada protes
    karena ymh pake ssg..
    alesannya ilegal.. ya
    honda aja make gak di
    protes penyelenggara..
    knp yamaha gak ambil
    keutungan dari itu… >>
    ya gak??

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    fbh bloon tuh cuma bingung sma fby penjilat, knp teknologi yg dlunya di bilang dan dihina2 sma kaum fby tuh skarang malah dipake sma sesembahan fby aka yzr Mencret 1

    Like

  57. eh umpan gw disamber jg toh sma si peyek dan fbh muka tembok, weleh2 kelaparan kali ya !! xixixixixi

    Like

  58. kenapa yamaha perlu SSG … tahun 2012, M1 cuman 6x podium 1 sedangkan RCV dapat 12x podium 1 …. silahkan di kunyah-kunyah

    Like

  59. M1 cuman 6x podium aj bisa jurdun…. aplg lebih dr itu….
    yg payah tuh honda..12x podium tp ga bs jurdun….wkwkwk..pdhl dah pake ssg…

    Like

  60. wah.. Tim yakampret taxon 2012 pasti curang nih..
    mosok cuman 6x podium bias jurdun sembalapnya… 😆
    hahrese yg lebih banyak podium taon 2012.. cuman jadi dayang² doang… 😆

    Like

  61. SSG emang illegal klo liat dari kacamata SSG asli n rules motogp,, krn SSG asli ny dual clutch.. bkn yamaha aje yg nganggep illegal, tapi smua tim motogp saat itu (kcuali honda)
    ..

    ahh susah bner dah klo ngadepin sales.. otakny udah terpengaruh ma brosur 😀

    Like

  62. 86. achmad grand pacul – Agustus 11, 2013
    yg bikin SSG pertama kali bukan honda ya,
    inget bukan honda tpi FIA atw penyenggara F1
    terus teknologinya di praktekkan sma tim
    Williams F1 terus Toyota dn honda ikut
    membuat dlm hal ini ketiga tim diperbolehkan
    FIA menjiplak dn menyempurnannya..
    —————–
    nambahin,, SSG itu asliny dual clutch (F1)..
    makany knp dlu honda motogp diblg “illegal”,,
    krn di motogp ga boleh pke sistem dual clutch
    tadi.. CMIIW
    masih mau bilang honda yg nyiptain SSG??
    dongo berarti wkwkwk
    _________

    F1 kn roda 4, Motogp roda 2, jelas donk klo honda yg ciptain SSG di roda 2,, Dongo

    Like

  63. 80. until – Agustus 11, 2013

    77. kobayogas – Agustus 11, 2013

    tanpa SGB aja imo M1 dah kenceng… apalagi kl udah On ya SGB nya nanti…

    logika doang sih hehe
    ——————————————–
    intinya ssg itu diperlukan,, makanya yamaha make..
    klo gk prlu ngapain semakin ngikutin..

    logika doang sih hehe
    =========
    nahhh itu maksudnya…apa jadi gak ngerepotin honda nanti? hehe..
    jangan2 jadi OMR gada gregetnya lagi deh.

    Like

  64. SSG nya yamaha cuma imitasi aja gk bakalan sempurna..paling2 dipake balap hasilnya mbleduk atau ngebul…buktikan aja nanti wktu race!!!! smua jg pada tau teknologi yamaha masih kanak2….

    Like

  65. Bagi semua kutangers termasuk saya, gag guna ngebahas motor 1000cc kayak gini. Kita cuma konsumen cumpon yg kuat ngebeli motor cumpon 250 cc dan 150 cc. Moto GP itu bukan perang merk yg utama dan yg paling penting, tetapi bagi kita motoGP itu pertarungan antar rider. Glory to rossi (living legend rider penunggang yamaho). Urusan motor nomer dua

    Like

  66. wow.. teknologi MSG yamaha sudah selangkah.. semoga nanti makin banyak varian MSG yamaha yang berkembang di indonesia…
    Bravo teknologi MSG Yamaha!!

    Like

  67. @ until
    Genius…? Wakakakaka..
    Dengan SSG enginer honda RCV
    tidak jadi lebih genius ah.., SSG itu
    udah lama ada, masalahnya bagi
    yamaha adalah harganya yang
    sangat mahal..
    Mungkin yang jenius adalah enginer
    yang mampu membuat motor dengan
    gearbox biasa mampu mengalahkan
    motor dengan gearbox SSG yang
    mahal itu.
    —————————————-
    betul bgt insyur yamah@ mmg jenius .gear box konvisional aja sering jurdun apa lgi klo da pke seamless gearbox bisa” pedrosa g bakalan prnh jurdun …. honda da lama pke seamless gearbox ko jurdun jarang …. malu ah

    Like

  68. dsaat tahun 1981 honda menghadirkan mesin injeksi di sepeda motornya….kira2 yamaha berapa taon lg aplikasi injeksi d spd motornya?
    😀

    Like

  69. 119. utuh – Agustus 11, 2013

    F1 kn roda 4, Motogp roda 2, jelas donk klo honda yg ciptain SSG di roda 2,, Dongo
    ——————–
    kan yg dibahas penemu n pencipta SSG yg asli..

    #skip

    Like

  70. lebaran baru aja kmaren lewat, sekarang udah mulai lagi saling hujat, saling maki.
    Apakah puasa sebulan itu tidak membekas?!
    Inget juragan setiap perkataan itu dimintai pertanggung jawaban kelak di Akhirat.

    Like

  71. IMHO..SSG Honda itulah hasil transfer teknologi dari F1 Honda (dulu) ke MotoGP.. Inget, mereka bernaung di bendera yg sama yaitu HRC..
    Dan SSG itu BUKAN Dual Clutch.. Soalnya Dual Clutch itu jelas2 dilarang dalam MotoGP..
    Nah kenapa koq yamaha baru kepikiran bikin sekarang?
    Ga tau deh.. Katanya kan saham Yamaha dikuasai Toyota, harusnya bisa tuh, teknologi SSG punya F1 Toyota di transfer ke Yamaha MotoGP

    Like

  72. Detik Forum Motogp :
    Menguak Kesuksesan Valentino Rossi,

    Rossi memang pembalap yang akan jadi legend MotoGP tapi keberhasilannya tidak akan terlepas dari seorang Tuner MotoGP Jeremy Burgess yang sukses mengatarkan Mick Doohan (1994-1998) Dan Alex Criville (1999) juara dunia MotoGP. Hanya sempat dikalahkan di tahun 2000 oleh Kenny Roberts Jr dgn mekanik warren Willing yang juga membesarkan nama Kenny Roberts Sr. Waktu itu terdengar para mekanik merasa tidak dihargai di Honda, padahal mereka sudah sangat lama berada di Honda ketika dibawa bersama Mick Doohan sesama orang Australia, kalau sudah tidak harmonis dengan kubu Honda seharusnya Jeremy Burgess dkk sudah pindah ketika Mick Doohan pensiun, yang pasti kepindahan kru mekanik Honda pasti atas permintaan Rossi yang tentunya dengan bayaran lebih tinggi di Yamaha.

    Dengan mengutip kata-kata rossi “ketika aku masih di Honda, orang-orang bilang kalau aku menang karena punya motorbagus” rossi sempat geram karena mustahil bisa menang bersama Yamaha. Tapi ketika melihat kepindahan Rossi juga mengusung seluruh mekaniknya semasa di Honda tampaknya bukan hal mustahil, seperti Jeremy Burgess, Alex Briggs, Bernard
    Ansiau dan Gary Coleman. Mereka sangat tahu sisik melik kelebihan dan kekurangan RC211V saat itu. Walau pun menciptakan motor yang bagus tidak gampang tapi siapa yang bisa memungkiri kehebatannya dalam menukangi para juara motoGP. Jiplak menjiplak teknologi Honda ke Yamaha pun bukan hal haram yang bisa dilakukan yang paling ketara pengapian big bang mengusung ECU buatan Magneti Marelli yang dilengkapi ICS (Idle Control System) mirip teknologi ITO (Intelligent Throttle Operation) di Honda Yang dalam perkembangannya Yamaha memperkenalkan EMS(Engine Management Sytem),ICS Idle Control System dan TCS (Traction Control System) Yang pada th 2002-2003 Yamaha Amburadul dalam teknologi electric, Yang diotak-atik berkutat pada geometri rangka andalan garputala, menurut rossi sendiri versi 2003 tenaganya tidak rata saat dibutuhkan mendiamkan pacuan rpm-nya justru melonjak padahal saat itu sedang mengiris racing line ditikungan yang mestinya kurva rpmnya normal dan masih banyak lagi kekurangan YZR-M1. Hingga Burgess melakukan perombakan total YZR-M1 dan mendesak devisi
    Sport Yamaha selekasnya mencetak 4 mesin sesuai spek dikehendaki Burggess. Dengan kondisi Yamaha dan pesaingnya seperti itu wajar bila Honda dengan PD dengan mengatakan siapapun yang memakai Honda akan Juara dunia karena lawan-lawannya masih tertinggal jauh teknologinya pada saat itu, hanya ducati baru saja yang mampu menampakkan kaki dipersaingan
    motoGP yang mampu menghangatkan persaingan. So, tentang pengalaman mereka minim.

    Maka Honda mengklaim tiga gelar Valentinik semata karena RC211V karena lawan-lawan belum memiliki teknology sebanding. Sehingga rossi geram dan migrasi ke Yamaha menurut rossi ketika di Honda Rossi merasa jadi pelayan publik saja ia pun memberikan contoh paling gampang, saat penggantian knalpot dengan unsilenced tanpa meminta masukan dari pembalap yang saat itu terancam Ducati. Dengan kepindahan Rossi ke Yamaha membuat kubu yamaha untung dua kali sebab, rossi tidak tangan kosong ke yamaha, Ia menggondol Jeremy Burgess kepala mekanik yang membawa Doohan(1994-1998),Crivile(1999) dan rossifumi 3 kali juara dunia kelas para raja waktu di Honda. Sejak pegang RC211V di Honda, Burgess royal gagasan memperbaiki
    RC211V pasti ide brilian ditumpahkan ke YZR-M1. Sedangkan honda yang di tinggal para tunernya baru terengah ketika Rossi mampu menekuk RC211V di tahun 2004, dengan migrasinya kru utamanya, Honda hanya bisa menggaet Biaggi dan Erv Kanemoto tuner asal jepang yang jadi mekanik Biaggi semasa menggenjot NSR500 tahun 1998 era 2tak tentu saja mekanik ini belum mempunyai pengalaman dalam mengembangkan RC211V di era 4tak Untuk menyaingi Rossi.

    Untuk 800cc jeremy Burgess tidak lagi meneruskan korekan mekanik gagal ditengah jalan, dulu Rossi dapat limpahan YZR-M1 bekas Max Biaggi. kini era 800cc. The Doctor tak perlu mengobati M1. karena ia yang membuat M1 versi 2007 dari nol bersama burgess. Apa jadinya bila ia pindah ke Yamaha dengan tangan kosong, apapun masukan dari Rossi belum tentu dapat diwujudkan oleh Tim yang baru, sehebat apapun skillnya. Apalagi sekarang kerja sama dengan Fiat dalam mengembangkan piranti elektriknya, dengan menghubungkan kedekatannya dengan perusahaan Fiat, gimana nih masak perusaan automotive merger nanti bagaimana jadinya kalau tim lain ikut ikutan, nanti ada tim FerariDucati, ToyotaKawasaki.
    ====================================================
    Bukan YAMAHA yang Canggih tapi Jeremy Burges,,,,,Honda tanpa Jeremy Burges bisa juara Constructor di tahun 2012 dan Juara Dunia di tahun 2011,,,,,,,,,,

    Like

  73. yamaha pernah protes ssgnya honda, mereka bilang ilegal.trus minta gearbox honda dibongkar didepan umum…
    tapi kok sekarang malah latah pake ssg ya?

    Like

  74. honda tetap lebih unggul…
    😀
    apakah honda akan mengembangkan teknologi yang lebih canggih dari ssg rcv 213???
    sepertinya akan seperti itu…
    😀

    Like

  75. Untungnya SSG yang aplikatif untuk MotoGP di patentkan oleh Honda, belajar dari pengalaman sering kemalingan teknologi… 😀 😀 😀

    Like

Leave a comment