Updated : Tentang foot step Kawasaki Z250 patah…dealer tidak sudi ikut campur!!

banner-460x110 (3) image

Bro dan sis sekalian…masih ingat artikel IWB beberapa hari lalu tentang protolnya foot step salah satu owner Z250 (klik disini http://iwanbanaran.com/2014/02/24/foot-step-protol-hanya-karena-menahan-beban-pengendara/). Melaporkan langsung dari Samarinda, doi mengungkapkan kekecewaannya atas respon dealer yang terkesan tidak perduli. Berikut surel susulan setelah mencoba klaim kedealer terdekat…..

460x110rev(1)uk460x110

Siang kang, just konfirm…saya sudah klaim ke dealer, bahkan 2 dealer…jawabannya sama, dealer hanya menjual, jika kasus seperti ini tidak ada garansi nya,,, yang saya sayangkan dealer di tempat saya membeli sama sekali Gak mau liat kondisi patahan tersebut kecuali satu dealer di pemuda ampe moto patah…..saya berharap konsumen Z 250 yang lain tidak mengalami kejadian yang sama seperti saya…terima kaSih atas bantuan kang iwan ya…salam sukses !!! Kalo main ke samarinda email saya ya kang,,, mugi bisa nemani akang muter2 samarinda..hehehehe

Sudah bisa diduga, foot step patah memang tidak ada garansi. Namun alangkah baiknya sebagai dealer mereka setidaknya mampu menjadi tempat curahan konsumen….mencatat..dan kalau perlu dibawa potongan komponen untuk ditembuskan kepusat sebagai bahan investigasi. Nah….kalau kayak gini, masalah tidak terselesaikan. Terjadi failure part namun pihak pusat tidak tahu. Cukup disayangkan….

Last…Z250 pararel engine saat ini masih berstatus import murni dari Thailand. Jadi cukup mengagetkan hal ini bisa terjadi. Namun menurut kolega IWB yang mengerti betul perkara komponen……kegagalan kerja komponen tetap terbuka dialami. Dari sekian ribu unit….pasti ada yang cacat. Tapi porsinya hanya segelintir. Nah…menanggapi patahnya foot step Z250…kemungkinan muncul gelembung udara terperangkap pada material saat casting sehingga membuat kekuatannya menjadi rapuh. Buat bro Shendy….yang sabar mzbro. Ambil hikmahnya saja. Kemudian untuk owner Z250 yang lain, jangan coba2 berdiri bertumpu pada injakan kaki tunggangan. Takutnya kejadian serupa menimpa sampeyan :mrgreen: ….(iwb)

Advertisements

269 thoughts on “Updated : Tentang foot step Kawasaki Z250 patah…dealer tidak sudi ikut campur!!

  1. walah turut berduka. harusnya paling gak ada penjelasan dr dealer sbg wakil resmi pabrikan.

    fbh pasti seneng ada lagi produk kompetitor yg bisa jadi sasaran bece
    *never ending bakar 😀

    Like

  2. Maaf mas iwb, kemungkinan kesalahan dari owner bisa juga besar, krn style riding disamarinda kurang bagus mas,pengalaman sy di jakarta sama di samarinda memang beda jauh.di samarinda motor baru tahun aja udah banyak yg ngebul alus mas. Rata2 kondisi motor disana rem blonk sm rem mati salah satu sudah terbiasa disana. Ini pengalaman ane disana 3 tahun.
    Moga bisa membantu.
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

    Like

  3. harusnya kawasiki mikir kalo yg beli motor 250cc itu bukan org yg ekonominya sulit… mereka bisa aja beli lg foot step yg baru, tp karna ini cacat produksi jd wajar kl mreka komplen… harusnya kawasaki betanggung jawab.

    Like

  4. knp koq skr2 ini after sales kawak bnyk yg bmasalh y mas iwb? tmn ane jg yg punya ninin service kawak d motorave mn gt ane lupa,ktnya service kerjaan mekaniknya busuk

    Like

  5. Kawasaki wajib memberikan respon/jawaban resmi tentang kejadian ini. krn setelah kejadian ini pasti banyak pemilik N250 Fi maupun Z250 yang ketar-ketir krn khawatir kejadian ini juga terjadi pada tunggangan mreka. dan pasti byk pula yg ragu utk membeli N250 Fi maupun R250.

    Like

    • saya sebgai penunggang ninja fi n ninja karbu g kewatir om.lahhh punya saya baru dateng dari deler langsung d ganti underbon biker dulu hrganya 2.5 jta 1 pasang..mau d injek buat jumpalitn g patah..yg ori masih d bungkus plastik.klo ada yg minat hubungi saya

      Like

  6. Yah namanya juga barang bikinan mesin (manusia) gak bakal sempurna semua. Pasti ada cacat dibawah 10% dari 100% yg dibuat. Tuhan aja menciptakan makhluknya gak selalu sempurna, apalagi manusia.

    Like

      • Yang sempurna ya Tuhan itu, gak ada makhluk sempurna. Karena itulah antar makhluk saling melengkapi.

        Like

      • #anton nugroho
        sory itu bukan bwt ente(gw salah bales),
        itu bwt:
        #petirabang
        #roe
        #kucluk
        untuk mereka ber3 berpikir dewasa bro, lu dah gede pikiran lu kudu luas, jgn berfikir layaknya anak abg yg baru bisa bergaya dan petantang petenteng, dgn gaya kayak centeng preman kampung.

        Like

    • riyoba@ jgn bawa2 tuhan sgala krg baik bro. tiap individu punya pemahaman yg brbeda..untuk kesempurnaan ciptaan itu trgantung dr keihlasan hati nurani tiap individu menerima karuniaNya. nanusia itu makhluk yg sempurna ttp bknlah maha sempurna, mgkn pndapat saya jg slh krn tdk samanya pemahaman, tp itu wajar saja.

      Like

  7. klo menurut ane ya aneh saja motor mahal sampai hal spt itu terjadi. mungkin bagian QC nya kurang teliti sehingga terjadi spt itu. khan sangat memalukan, kecuali motor harga 7 jutaan wajar. tp produk series disini dan smua merk sptnya melakukan strategi sisip menyisipi komponen yg kualitasnya sedikit dikurangi, fitur pun demikian juga. maksudnya agar smua produk nya laku dengan keunggulan masing2. tentu juga untuk menekan harga produksi dan mendapatkan margin keuntungan yg lbh baik ( mungkin….)

    Like

  8. “Buat bro Shendy….yang sabar mzbro. Ambil hikmahnya saja. Kemudian untuk owner Z250 yang lain, jangan coba2 berdiri bertumpu pada injakan kaki tunggangan. Takutnya kejadian serupa menimpa sampeyan :mrgreen: ….(iwb)”
    ======================
    hahahahahahahaha…. motor kualitas dewa neghhhh….

    Like

  9. Yaelah dulu pake ninin karbu sampe jatohpun. Full tank. Ga ada patah sama sekali. Paling lexet di bagian karet bawah doank, fairing juga lecet dikit, diboles kit langsung ilang, kualitas z250 sama ninin fi emang jelek. Kualitasnya bahkan di bawah inazuma yg mochin

    Like

  10. Seharusnya di buku manualnya tertera max load untuk part ini sekian kg,.mungkin cara meresponsnya kurang simpatik.kali dealer ybs,.secara harga motor ini yg cukup wah boleh dong konsumen.mempunyai mindset bahwa partnya nomor.satu semuannya.

    Like

  11. Hanya yamaha yg tidak pernah dapet klaim dr konsumen

    Honda buozuok

    Kawasaki jg buozuok

    Wajar ɑ̤̥̈̊jª yamaha ϑ¡ nobatkan sebagai kualitas nomor 1

    Hihihi

    Like

  12. nah jawaban dari pedagang seperti ini yang bikin emosi konsumen.. padahal kita sebagai konsumen juga ngerti kalo mereka hanya menjual produk (tentunya mereka harus faham atas semua aturan yang berlaku), tapi dengan cara komunikasi yang hangat, peduli, dan permohonan maaf atas musibah yang terjadi, kita sebagai konsumen pun tidak akan merasa dirugikan… imho

    Like

  13. kalo dilihat dari materialnya sepertinya bahan campuran alumunium cor dan tipis bgt sekitar 3mm. jika struktur desainnya jelek maka rawan rompal dan tidak safety.
    baiknya pihak KMI harus melakukan investigasi terhadap kekuatan desain footstep z250 jg sampai memberi image jelek dan bahan BC Fansboy sebelah sampai mengharuskan di recall……
    salam total recall…..

    Like

  14. Motor mahal padahal… 😀
    Beruntunglah yang tidak pernah “berdiri” di pijakan kaki, karena saya juga sering begitu (berdiri), mengingat jalanan kampung yang rusak parah 😀

    Like

  15. whh. kang iwn ki enek ae, lha trus d suruh brdri dmn kang??? 😀
    stiap org yg naek mtor pzti reflek brdiri kl kna lubang / gundukn d jln, yg sngt d sygkn bkn mtornya pi deler yg cuci tngan ma mslh ini, wl g garansi shrusnya deler bs mnjembatani, paliñg engga y gmn caranya yg pnya mtor dpet part pngganti,….

    Like

  16. Biasa itu pas cacat produk. Sy pernah liat scorpio sock depan dua2nya patah ngedengklak ke depan, kebetulan sy habis nyervis vixion di dealer yamaha daerah sragen, pas slesai nyervis dah naikin motor mau pulang pas itu scorpio baru datang. Nggak sempet nanya2 krn apa bisa patah, tapi sy liat kondisi body, spatbor dll utuh kayak nggak bekas jatuh/nabrak. Bukan brarti semua scorpio atau produk yamaha trus rawan patah bukan? Sy sendiri masih pake vixion dari 2010, masih oke2 aja kecuali stang yg mulai sedikit oblak krn sdh ganti ban&pelek besar. Ini jujur2an aja, krn sy niat pengin naik kelas ke 250 naked tp nunggu yamaha kelamaan, pilihan ya z250 atau Naked mono 250 yg bentar lg brojol. Ngapain fanatik merk, yg penting motor bagus, ada fulus, ya di tebus… Gitu aja kok repot.

    Like

  17. Hallahhhh…. Emang udah tabiat calo.. Bisanya cuman jual duang.. Pas di curhatin pada kabur… Sama kek dealer yg di curhatin knp meong pelknya peang… FAKTA.

    Like

  18. Coba tuh bos kaoskaki.. Di dengerin orang udah bela”in beli produknya malah.. Lempar batu sembunyi Muka… PARAH… FAKTA… Busik…

    Like

  19. itu harusnya tanggungjawab kmi,

    😀

    dan seharusnya pihak dealer bersikap koorpotarif ama costumernya, setidaknya memberi laporan ke kmi dan membatu soal klaimnya…

    😀

    😀

    Like

  20. “Dah..sbagai rasa solidaritas sesama biker, kita boikot az itu produk, ayo rame2 kita bece itu produk klo kawak pusat tdk bertanggung jawab…setuju…??

    Like

  21. Mungkin ada yg brharap stlh protolnya futstep Z250 ini Ninja monorel,Z250danNinja dobel pistun langsung ditinggalkan konsumen,dan konsumen berbondong2 beli Rongsok15&25

    Like

  22. Satu banding seribu tuh kejadian kayak gitu
    Mungkin bobot boncengers-nya lebih dari 100 kg kali..
    Atau pemain Sumo ?

    Like

  23. Dieler’e sing wegah nanggepi. neng tempatku penak neh meh klaim. sering liat kariawane kirim barang2 sing rusak/cacat. bahkan bohlam lampu mati pun oleh ganti.

    Like

  24. Ada baiknya komplen diemail ke kawasaki indo pusat aja….harusnya kang iwb punya email beberapa orng kawasaki pusat kan. ? Hehehe ….coba email ke service@kawasaki.co.id dan r&d@kawasaki.co.id moga moga bisa beres masalahnya……

    Like

  25. barang cbu ea onderdil partnya muahal makanya dealer tidak mau menanggapi garansinya, takut rugi. Mungkin beda lagi jika membelinya pasti ditanggapi, #opinipribadi

    Like

  26. ini artikel untuk semua pembaca diwarung ini. yg dibuat2 agar kesanya kawasaki itu terlhat j3l3k. artikel balasdendam karna rongsokan15 mau brojol udah dibogem. jadi makin kliyatan momon nya bukankah begitu mas iwan

    Like

    • …mas Iwan netral om…
      …n sy kira ini sifatnya kasuistis saja…
      …n smua produk baik Y, H, K, S sdh melewati QC yg ok…
      …n tinggal pihak produsen/dealer utk lbh arif & bijak… “INGAT PEMBELI ADALAH RAJA”…

      Like

  27. buset itu rider owner z250 bobot badanya aja 105 kg. itu ampe gelimbungan foot peg nahan berat itu owner + pas lagi berdiri bisa sampe 120kg an kang iwan. hadeh diet ye om owner z

    Like

  28. Segala kemungkinan knp foot step bisa sampe protol kayak gitu bisa saja terjadi, namanya jg bisnis besar, semua celah bisa saja di jadikan peluru…

    Like

  29. Yg sudah saya alami di z250,shockbreaker depan kanan bocor, meter cluster dan lampu sein ngembun, stang kurang rigid (tidak simetris), brakepad belakang habisnya tidak rata

    Like

  30. benar itu kang iwan pihak dealer malah bingung sendiri, alhasil harus pasang step underbone yang makin bikin pegel,ya mau g mau dari pada nunggu yang g jelas, buat bro penunggang z250″ kita senasip, bedanya ninja 250 fi saya jatuh karena standar tidak turun sempurna, patah bagian persneling gigi

    Like

  31. Sangat disayangkan sikap dealer kawasaki, apa sebagian besar dealer kawasaki begitu ya? Biarpun bukan bagian dari warranty alangkah baiknya mereka sedikit menghargai konsumen yang sudah “menghidupi” bisnis mereka. Jangan2 mereka ora tau moco iwanbanaran.com,, Kompetitor lagi banyak yang menyiapkan produk tandingan buat ninin, semoga para dealer bisa lebih bijaksana membawa nama baik principal mereka,,

    Like

  32. wah.. turut prihatin buat penunggang z 250.. tapi harusny kawasaki mikir klo si konsumen bisa aja beli yg underbone.. yg harganya lebih mahal dari yg ori… ane percaya ni orang yg beli pasti kalangan menengah ke atas… kawasaki harusny menjaga kwalitas dan menjaga hati konsumen supaya tidak tercederai… makasi Kang… moga2 KMI baca artikelny… dan mikir 2000x…

    Like

  33. setau sy dealer cuma menerima klaim tp yg digaransi, tp kalo masalahnya sudah kayak gini “harusnya” sebagai dealer yg “baik” meneruskan keluhan konsumen ke tingkat yg lebih tinggi, karena menyangkut nyawa seseorang meskipun kejadiannya krn rider berdiri bertumpu diatas footstep tp pasti dgn kondisi jalanan rusak pasti reflek berdiri sprti itu… moga2 petinggi kawasaki cepat tanggap deh maslah ini, harganya juga ga murah lho footstep begitu…

    Like

  34. Diatas ane , Ada yg bilang diatas 100kg itu beruang bukan, manusia?? Kenapa??… Saya 115kg, nunggang vixion dari th 2007 tuh footstep aman2 aja ampe sekarang 2014 tuh motor masih mantep, jangan judge by the cover, man is humanity… Humanity is a man… Not judge by the cover … Rider_netral…

    Like

  35. indikasi patahnya itu buat tumpuan saat mau naik boncengernya, klu gk buat tumpuan naiknya bgmn lha tingginya gk cukup kaki menapak dbelakang. gk salah jg dealer gk mau ganti rugi krn part bag ini sgt jarang trjadi patah buat tumpuan, sbnarnya bisa dtelusuri bntuk profil n bekas patahanya, itu mmg krn kontruksi apa pemakainya

    Like

    • bang HRS ini kq komen ngalor ngidul ya.
      itu yg patah footstep depan kq..
      hadeuhhh..capek..deh…pa mmg disengaja lagi nih biar tbh rame??!

      Like

  36. Z250 berbadan kekar gitu kog footstep aja bisa protol. Mas iwan cobak sampean liwat jalan glombang n lobang otomatis akan berdiri dan bertumpu di footstep. nah klo footstepnya ga mampu nahan beban n protol gitu ya bahahahahaya mas, bisa ndlosor. msa kalah ah kualitasnya ma CB100.

    Like

  37. masih mending fotstep protol
    ketimbang :

    – tangki jendol kaya orang kejedot tembok
    – rangka trelis wannabe bisa difungsikan jadi tiang jemuran
    – lampu syempak daleman, soal nya jemuran penuh, gak ada tempat, terpaksa taruh di muka
    – proarm monoshock rawan patah, mirip logo nya sayap buntung
    – cat cepat kusam
    – stripping mengelupas , mending beli di pinggir jalan
    – kualitas mocingp
    – dohc fitur klotok klotok
    – udah 6speed girbok buat balap (5 gigi maju + 1gigi mundur)
    – tambah lagi ?

    Like

  38. sebenarnya soal garansi motor itu terkesan abu2 dr produsen. mana ada dealer yang mau tanggung jawab mengganti motor atau part2nya seperti keadaan baru dg alat2 standart perakitan motor yang tidak membuat cacat/bokel sekrup2?,
    yang ada hanya basa basi,

    ingat mereka itu mitra dr sang produsen yang bertugas menjualkan saja. dan bukan bagian dari sang produsen. nah di sisi inilah produsen dapat berkoar2 tentang garansi tapi ujung ujungnya hanya sampai dealer yang bukan dari bagian si produsenya. enak bgt itu produsenya yah bisa begitu.

    coba telaah lagi semua karyawan dealer dr manajer, OB sampai mekanik2nya itu apakah pegawai resmi dr sang produsen motor? enggak kan?

    lebih baik keluhan2 langsung kontak ke produsenya melalui surat terbuka, email atau dkk

    Like

  39. sebenarnya soal garansi motor itu terkesan abu2 dr produsen. mana ada dealer yang mau tanggung jawab mengganti motor atau part2nya seperti keadaan baru dg alat2 standart perakitan motor yang tidak membuat cacat/bokel sekrup2?,
    yang ada hanya basa basi,

    ingat mereka itu mitra dr sang produsen yang bertugas menjualkan saja. dan bukan bagian dari sang produsen. nah di sisi inilah produsen dapat berkoar2 tentang garansi tapi ujung ujungnya hanya sampai dealer yang bukan dari bagian si produsenya. enak bgt itu produsenya yah bisa begitu.

    coba telaah lagi semua karyawan dealer dr manajer, OB sampai mekanik2nya itu apakah pegawai resmi dr sang produsen motor? enggak kan?

    lebih baik keluhan2 langsung kontak ke produsenya melalui surat terbuka, email atau dkk

    Like

  40. yah sebenarnya soal garansi motor itu terkesan abu2 dr produsen. mana ada dealer yang mau tanggung jawab mengganti motor atau part2nya seperti keadaan baru dg alat2 standart perakitan motor yang tidak membuat cacat/bokel sekrup2?,
    yang ada hanya basa basi,

    ingat mereka itu mitra dr sang produsen yang bertugas menjualkan saja. dan bukan bagian dari sang produsen. nah di sisi inilah produsen dapat berkoar2 tentang garansi tapi ujung ujungnya hanya sampai dealer yang bukan dari bagian si produsenya. enak bgt itu produsenya yah bisa begitu.

    coba telaah lagi semua karyawan dealer dr manajer, OB sampai mekanik2nya itu apakah pegawai resmi dr sang produsen motor? enggak kan?

    lebih baik keluhan2 langsung kontak ke produsenya melalui surat terbuka, email atau dkk

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s