Perbedaan Yamaha R15 INA vs India versi Otomotifnet….

banner-460x110
image

Iwanbanaran.com – Kehadiran YZF R15 tinggal menghitung bulan. Tak heran pemberitaan motor fairing pertama Yamaha setelah Touch 2 stroke cukup gencar. Begitu juga media online Otomotif yang melakukan komparasi perbedaan R15 versi INA vs India. Cekidot…..

uk460x120(Gif)460x110-ok

Setelah Honda dah Kawasaki sukses meramaikan pasar lokal…akhirnya YIMM menyerah dan confirmed mendatangkan R15. Mengambil desain dari India….ada beberapa perbedaan agar versi lokal melawan India. Soal ini sebenarnya sudah IWB bahas diartikel sebelumnya (monggo intip arsip). Namun tidak ada salahnya IWB cantumkan pembahasan rekan Otomotif sebagai tambahan referensi. Apa aja???. Berikut detilnya…..

Lampu Sein
Lampu sein R15 versi Indonesia persis Yamaha New V-Ixion Lightning, bentuknya futuristik dan serasi dengan desain bodi R15.

Kunci Kontak Bermagnet
Kunci kontak R15 India tanpa pengaman magnet, sedang versi Indonesia sudah menggunakan pengaman bermagnet, bentuknya serupa dengan bawaan New V-Ixion Lightning.

Anak Kunci Laser Cut
Anak kunci kontak modelnya sama seperti New V-Ixion Lightning. Bentuknya jadi menarik karena proses pembuatannya dengan laser.

Automatic Head Lamp On
Sesuai regulasi di Indonesia yang mengharuskan lampu utama nyama siang-malam. Motor ini juga sudah mengadopsi fitur Automatic Head Lamp On.

Tanpa Sari Guard
Versi Indonesia tidak dilengkapi dengan sari guard. Di India, besi yang berada di sebelah kiri swing arm ini menjadi pelindung yang mencegah kain sari, pakaian khas wanita India tersangkut dan masuk ke rantai.

Sepatbor Kolong Lebih Pendek
Sepatbor kolong Versi India panjang sampai ke bawah, meski terlihat terpisah menjadi dua piece ternyata menyatu. Sedang untuk Indonesia lebih pendek hanya sebatas sepatbor kolong bagian dalam saja, bagian belakang ditiadakan.

Footstep Beda Desain
Footstep alumunium R15 versi Indonesia memiliki plat pengaman tumit dengan tiga lubang, sedang versi India yang lama ada 7.

Finishing Lebih Rapi
Finishing jauh lebih bagus. “Kalau enggak percaya lihat di area kemudi, versi Indonesia lebih halus,” beber sang narasumber dari PT YIMM.

Nah…klop kan. So…monggo gabungkan dengan artikel IWB sebelumnya supaya referensi makin komplit. Btw…yang menarik, media online tersebut juga menyebut bahwa swing menggunakan aluminium. Monggo intip penggalan kalimatnya….

Secara spesifikasi mirip versi India, dari desain bodi hingga rangka dan mesin masih mirip-mirip. Desain bodi dan fairingnya boleh dibilang sama persis, rangkanya juga tetap menggunakan deltabox dengan swing arm alumunium. Di area mesin, persis Yamaha New V-Ixion Lightning, satu silinder SOHC 4 klep berpendingin air dan tanpa kick starter. Di sisi transmisi, R15 sudah menggunakan gear box 6 speed…

Yo wis…monggo ditampung dan sampeyan sendiri yang menyimpulkan. IWB pengen dlujurne sikil sik….ngantuk rek :mrgreen: . Btw temanya cukup dulu perkara R15. Tiwas sampeyan semua nggak bisa merem ntar. Lawong masih Mei soale :mrgreen: . Sampurasunnn…gooddd niteee (iwb)

Advertisements

161 thoughts on “Perbedaan Yamaha R15 INA vs India versi Otomotifnet….

  1. R15c uda gak jaman, dari thun 2009 gembor neh berita mau masuk indo, eh skrg baru nongol spyshoot, spek pas pasan. bagus ambil kawasaki, hrga emg mahal, tapi sesuai dgn perorma dan kualitas

    Like

    • ambil kaoskakinya yang mana bro
      jangan bilang yang 600cc ya
      kalo itu ya jelas lebih mahal harganya tapi sesuai dengan performa dan kualitas

      Like

  2. Yakin deh, abis doi keluar pasti buuuaaanyaaaaak bgt NVL yg dimodif jd R15, kecuali yg gajinya udah abis duluan buat bayar cicilan NVLnya, imho 🙂

    Like

  3. R15 BAKAL JD MOTOR SEJUTA UMAT KAYA NVL… AJIB.. BEST BUY.. desain body racing bgt,, swingarm almu, lampu LED, kontak desain pake laser, mesin gahar SOHC 6 speed yg bisa asepin DOHC 🙂 n good value karena rakitan lokal… SATU KATA…SEMPURNA

    Like

  4. ohhh… sungguh mempesona…

    motor 150cc 4 tak yang paling mempesona…

    dari jauh ku lihat,, tertarik rasa hati ingin mendekati mu dan tak dapat ku tahan…

    karena lekuk mu guratan desain sarat aura racing sejati dengan tehnologi ideal dan kaki kaki gagah meyakinkan..

    yang selalu siap melayani kemanapun rider mu ingin melaju..

    semakin dekat ku lihat…

    semakin manja mata di buatnya…

    tak ada rasa bosan,,

    karena segala lekuk mu yang mampu memenuhi setiap sudut kepuasan di hati ku..

    *pengalaman ku saat melihat R15 di suatu kampus beberapa bulan yg lalu.. R15 versi india punya pastinya.. versi india finishing jelek gak juga ahh…
    apalagi ini nanti yang yimm punya,, yg notabene kualitas dan finishing lebih jozzz dari pada indihe..

    ampun dj.

    Like

  5. Mampu bersanding dgn cbr 150 kah yg notabene udh duluan mengaspal di indonesia sebagai sport fairing 150cc? Dari segi harga yakin deh yamaha lebih juoz karna lokal, performa? Jadi gasabar nihhhh xixi

    Like

  6. Keluarga Wai Zi Ef yang 150 ini bakal memakan New Vixion itu sendiri nantinya…apalagi kalo yang sekarang jadi sorotan otomotif internasional si R25 yang prototype nya hadir di Tokyo Motor Show kemarin dan launching…
    Gaswat!

    Like

  7. yakin laku ???

    ya gk laku lah, org pasti ngelirik kawasaki 250 mono yg bulan depan itu rilis. paling harga beti. 150 SOHC. DIASEPIN BAJAJ GW..
    kawasaki 250 MONO bebas asap…

    Like

  8. cie cie cie….

    sport sayap sengklek ahm norak, katro, rompal, lemot, n getar apa kabar…

    cbr thai yg katanya bagus aja di kuamplengin pigson… apalagi sport2 o’ondobleh ahm yg kualitasnya rendahan..

    kacian… ngiahahahahaha

    Like

  9. Kang Iwan…Sik bagus kalo pake desain R125, kalo ini kurang gahar tampilannya. Sampaikan ke YIMM “Tolong the next R15 desinnya pakai R125” pasti juooosss

    Like

  10. mbrojol langsung ditantang nyentul kayaknya. kalah ya wajar. sohc sih.
    lha kalo menang? ini dia yg ditunggu. update salam nanti.
    nguihihi.

    Like

  11. yang beda cuma stepnya doang…

    😀

    di bombay yang make hanoman
    di indonesia yang make be-ruk…

    😀

    makanya ergonomi dibuat khusus dan menyesuaikan dengan postur perimata…

    😀

    salam motor meleduk

    Like

  12. tak ada yg istimewa dari ronxokan-15 ini, motor rijek pastinya miskin teknologi dan durabilitas nya buruk…

    😀

    buat yimm jagan lupa fitur tabung pemadam api nya dan stiker peringatan buat rider laen yang isinya gini:

    AWAS JAGA JARAK!!!
    ” MUDAH MELEDAK dan TERBAKAR ”

    😀

    ngoahahahaha…

    Like

  13. yang jadi bahan pertimbangan yaitu mesinya yang sama plek sama pigson yang sohc loyo/impoten.. ketemu cbr di jalan ya pasrah aja di asepin.. wkwkwk

    Like

  14. Gembus pada Februari 12, 2014
    pukul 11:08 AM
    Ayo ndang ditokke YIMM. Ra sah
    ngenteni Mei. Kesuwen. Akeh
    sing kepengen delok asline kiii…
     Balas
    ====
    ===
    ====
    ndelok tok ora entuk mas
    nek garep tku ya entuk..

    Like

  15. asik2
    pemilik Vixion series jadi punya bahan yang lebih murah nih
    apa aja ya
    gearbox
    swing arm
    full fairing
    buritan belakang with LED stop lamp
    mantab2
    semoga bahannya ga mahal

    Like

  16. Dari perbandingan itu, nih motor kalau di atas 30jeti worth apa nggak om iwan? Dari mesin dan spesifikasi cuman 11-12 sama nvl, fairing r15 (pasang di nvl) udah pernah kelihatan di jogja. Nuwun.

    Like

  17. yimm terlihat tdk mau jadi follower utk membuat tandingan verza, kemudian juga yimm sudah all out utk produk sportnya, dengan desain mesin yang racy dan penggunaan ban gambot utk byson walaupun mengorbankan tenaga, juga NVL yang dibuat fairing serta R25 yg katanya spek diatas ninja, sedangkan honda masih setengah hati dan tidak atau belum menuruti kemauan para konsumen produk sportnya, seperti harga cbr 150 yang mahal walaupun memang dari import, cbr 250 dibuat hanya 1 silinder, verza yang murah dan minim vitur, karena tacho meter aja gak ada, kemudian cb150r yang masih tutup tangki jendol dan ban kurang besar serta tralisnya yang di cat hitam, serta garpu depan yang terbilang kecil dibanding dgn kompetitor, nmp injeksi yang ala kadarnya serta tiger injeksi yang kapan brojolnya, tetapi itu semua saat ini sudah mulai merepotkan pihak yimm, apalagi kalau honda / ahm mau menuruti semua kemauan konsumen indonesia, misal tutup tanki rata, ban gambot, serta tralis di cat merah dll, pasti honda akan jadi raja di tiap lini…. honda / ahm, macan yg mulai bergeliat, hati” utk kompetitor.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s