Betulkah bensin bisa basi jika terlalu lama dalam tanki?…

460 x 110 rev

image

Bro dan sis sekalian….banyak informasi mengatakan bahwa bensin punya umur. Jika terlalu lama tersimpan dalam tanki oktan bisa turun atau bahasa gampangnya menjadi basi. Berbagai teori tersebut belum mendapatkan pencerahan hingga IWB bertemu dengan pak Yus….dosen ITB sekaligus insinyur mesin jebolan Jerman. Betulkah bensin menjadi basi dan jika iya….berapa jangka waktu batas bensin dikatakan sehat?. Berikut penuturannya…..

uk460x120(Gif)460x110-ok

Didalam bahan bakar….ada yang namanya olefin. Apa itu olefin?. Kalau kita kedapur tengoklah pantat panci atau penggorengan yang dipakai elpiji yang mempunyai api biru. Tapi walau apinya biru dan bersih, kita akan tetap menemukan kerak dibawah panci. Orang menyebut itu sebagai gum atau getah para. Gum atau getah para muncul dari proses pembakaran dan olefin. Jadi antar olefin sendiri bisa bereaksi lalu akan membentuk gum. Gum sendiri ada dua jenis yakni….yang bisa larut atau wash gum dan yang tidak bisa larut biasa disebut unwash gum. Unwash inilah yang akan membuat bahan bakar seperti kotoran…..

Untuk membuktikan, cobalah simpan Premium didalam dua botol kaca dengan porsi setengah. Jemur diterik matahari…satunya ditempat teduh. Sebulan kemudian bandingkan warnanya. Yang kena matahari akan lebih coklat. Dengan cuaca frontal…proses penuaan menjadi lebih cepat. Yang mengubah kondisi tersebut adalah olefin didalamnya. Sehingga spek bensin juga ikut berubah alias off spec….nggak bisa dipakai lagi. Apa pengaruh untuk engine??…

Kalau terlalu banyak gum….kerak akan muncul. Jadi dikatup-katup, ruang pembakaran, injektor akan muncul banyak kerak. Nah…oleh karena itulah nongol istilah service carbon cleaner. Jadi kalau ada yang bilang karbon cleaner tidak diperlukan adalah anggapan yang salah. Sebab sifat bensin sendiri bisa menjadi biang munculnya kerak. Terus gimana pengaruhnya terhadap oktan?. Apakah nilai oktan akan turun saat terjadi proses diatas??. Pak Yus menegaskan…setiap unsur didunia ini ada proses aging atau menua dengan sendirinya. Begitu juga bahan bakar. Dengan kondisi lingkungan yang berubah-ubah…seluruh senyawa atau unsur dalam bensin tidak mampu menjalankan fungsinya dengan batas maksimum 6 bulan. Tuh…6 bulan kangbro….

Jadi mau tersimpan didalam tanki hingga sebulan….nilai oktan tidak berubah. Bensin bisa dikatakan basi ketika sudah melewati masa 6 bulan. Setelah periode tersebut terlewati….maka bensin sudah kehilangan fungsinya, seluruh senyawa tidak lagi on spec atau disebut off spec dan kudu dibuang. Praktis nilai oktanpun tidak tercapai. Masalahnya…kita tidak tahu umur sesungguhnya bensin yang kita terima. Mengingat proses dari kilang minyak….distribusi hingga tersimpan didalam bunker SPBU pasti menyita waktu yang tidak sedikit. Jadi IMHO akan tetap lebih aman recycle BBM kita patok tiap 2 minggu. Aman wis. Begitulah kira-kira. Nah….piye bro, wis mudeng apa nggak kira-kira?. Kedepan kita akan bahas pengaruh mengoplos bensin oktan 88, 92 dan 95. Diperbolehkan nggak sih?. Serta betulkah ngisi bensin lebih baik dimalam hari pada cuaca dingin??. Semoga bisa menambah ilmu kita semua. Ditunggu yak. Ocreee….(iwb)

Advertisements

184 thoughts on “Betulkah bensin bisa basi jika terlalu lama dalam tanki?…

  1. berarti kl sampe lewat 6bln harus dibakar sekalian motornya ya kang πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„ πŸ™„

    Like

  2. Thanks infonya mas iwan,sangat bermanfaat, tapi masih utang satu artikel lagi nih, benarkah mengisi bensin dimalam hari atau saat masih dingin itu lebih efektif dibandingkan siang hari yang panas terik

    Like

    • Ini yang kita bicarakan jika diendapkan kang. Tapi jika motor dipakai dan ada proses refill maka terjadi recycling yang artinya bensin sampeyan berarti fresh terus. Kuras tangki nggak diperlukan…

      Like

  3. Mas, coba tanya tanya lagi sama pak Yus, ada loh caranya untuk menormalkan bensin basi. Secara simple ya, dengan ‘menyuntikkan’ gas lpg. Iseng iseng buat nambah pengetahuan aja.

    Like

      • Volume berapapun, pasti basi. Dulu pernah kejadian, mobil disimpan lama, terjemur. Pas mau start ngga bisa nyala. Beberapa kasus di motor karbu yang disimpan terlalu lama juga begitu, tapi biasanya yang basi di mangkok karbu duluan, makanya trik lama buang dulu bensin di mangkok karbu dengan memutar baut kurasnya.

        Like

      • Bensin golongan hydrocarbon, beda dengan ethanol seperti alkohol dalam hal tingkat penguapan. Apalagi kalau disimpan dalam tangki, dalam jangka waktu lama, tidak sekonyong konyong jadi habis karena penguapan.

        Like

      • W cek lagi, om zola nanya :apakah bisa berkurang jumlah takarannya bila disimpan terlalu lama,,,?
        Jadi w jawab begitu. Soalnya setau w, tangki motor tidak kedap. Malah banyak kasus yang kemasukan air (w tidak mencoba memancing kerusuhan lho)
        Kalau soal habis atau tidaknya, w masih pikir2 untuk mencoba menguapkan uang 12ribu rupiah seliter… hehehe… Tp makasih infonya om dion, w tidak khawatir lagi mendiamkan motor berhari-hari.

        Like

  4. Nah yen ngisi bensin e pas tinggal separo terus piye yaaaa???? Berbulan2 separo trus isi full, tinggal separo isi full meneh, kadaluarsa gk yaaa sen separo???? Hehehhe

    Like

  5. nice infonya….!,,

    bersihkan bensin di karburator ada tempat pembuangannya, bagaimana dengan mesin motor yg sudah menggunakan fuel injection.

    Like

  6. Reblogged this on Ferboes Richardson and commented:
    Hallo masbro dan mbaksis… apa kabar semuanya….????
    Pagi ini mendapat info yang sangat menarik dan sangat berguna tentunya. Hal ini berkaitan dengan masa aktif bahan bakar. Ternyata Bensin yang tersimpan terlalu lama dalam tangki bisa kadaluarsa juga lho. Maksudnya tidak bagus untuk digunakan lagi setelah melewati masa lebih dari 6 bulan. Karena bisa terjadi penurunan kadar oktan dan tentu saja itu tidak bagus bagi mesin kendaraan anda

    Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel dibawah ini……..

    Sekian sekilas info, semoga berguna

    Like

  7. kalo oktan booster mampu menjaga nilai ron dan mon nya tetap stay on engga ya?kan promo nya tuh bisa gini gituin bensin. kalo dari pencerahan diatas kayanya tetep aja pake barang begituan ada masa pakainya?imho:

    Like

  8. bensin eceran d pinggir jln yg jelas oktan nya udh menurun,ane sering bandingin ngisi bensin d pom sma d eceran,d eceran udh banyak ngendap oktan nya

    Like

  9. Mas iwan terlambat nih bikin artikelnya. Sebulan kemarin saya ngalami kayak gitu. Motor setahun lebih gak dipakai bensinnya berubah jadi kuning dan motornya jadi mogok.

    Like

    • Wakkhh.. kalo itu sih NEURON nya merosot….terbukti proses pengolahan informasi luaammmbatt banget…. πŸ˜†

      Habis dunianya di hnd doang.. πŸ˜†

      Like

      • Diibaratin CPU, awalnya ram 2GB (standar org umum), karena getaran dari motor paporit, lama2 rompal ngedrop jd 64mb…

        Like

  10. Good!! Artikel pencerdasan otomotif!

    Memang ruepot punya banyak r2…..mana lagi bukan biker sejati….tambah malin jarang dipake…tp pertamax dan premium jarang si lebih 2 bulan.

    Like

  11. 6 bulan itu dengan kondisi lingkungan seperti apa kang?
    6 bulan itu dengan kondisi ruang penyimpanan seperti apa kang?
    6 bulan itu dengan suhu penyimpanan bensin pada suhu berapa derajat kang?
    6 bulan itu untuk bensin jenis apa kang?
    6 bulan itu untuk tingkat penurunan kualitas yg seperti apa kang?
    6 bulan itu singkat loh kang…

    yakin???

    Like

  12. Tips lain yg berguna jg…..kalo mau isi premium/pertamax….cari la spbu yg cukup ramai….kan artinya perputaran bbmnya lancar..gak lama di tangki.

    Like

    • On spec maksudnya sesuai spesifikasi agar bensin mampu memberikan pembakaran secara maksimal dan menjalankan fungsinya. Off spec…spesifikasi sudah berubah dan sudah tidak sesuai spesfikasi. Indikasi bisa terlihat dari warna yang berubah plus nilai oktan yang tak tercapai. Monggo baca ulang dibagian pengujian botol

      Like

  13. btw, saya pernah melihat untuk bensin premium, warnanya ada yang kuning banget dan kuning tipis (agak bening). apakah itu pengaruh pewarna..??

    Like

  14. Makanya kalau beli sepeda motor itu… pilih brand yg juga ngeluarin produk carbon cleaner. itu artinya mereka peduli dengan kondisi motor saat dipakai konsumen,,, jangan pilih brand motor yg taunya cuma jualan aja, setelah itu jangankan carbon cleaner, oli standarnya aja terkenal jelek dan cepat menguap…

    Like

  15. saya setahun gak pernah hidup motornya. pas dipakai jalan gak tau dah. kan orang dealer yang bawa motor saya. sekarang dia sudah kembali dari tidurnya. kasihan si supri saya tinggal terbengkalai. gak tega waktu hidupin mesinnya. gak berani saya numpak dia. karena saya lepas tanggung jawab 😦

    Like

  16. wah kalau bensin eceran yang djual dg botol kaca dan terkena sinar matahari kualitasnya sedikit menurun donk….

    satu pelajaran bermanfaat

    Like

  17. sebenarnya bisa dilogika saja kang.
    1. semua materi yang terkandung dalam bahan gakar idealnya bisa terbakar ( unsur H,C dan S)
    2. jika dalam masa storage terdapat unsur selain H,C dan S dan mengganggu proses pembakaran,maka bisa dikatakan bahan bakar mempunyai masa kedaluwarsa
    3. Sifat bahan bakar tersebut hydrikospis atau tidak ( contoh:solar adalah bahan bakar yang sangat hydrokospis)
    4. Proses hydrokospis dari bahan bakar akan menyebabkan terbentuknya molekul air dalam bahan bakar
    5. Air inilah yang menyebabkan karat (air mengandung unsur oksigen/O2 yang menyebabkan oksidasi atau karat)
    Setahuku bensin adalah massa yang mudah menguap,jadi logikanya kecil kemungkinan udara lembab akan mempengaruhi kandungan bensin ( sebelum bensin terkontaminasi air, molekul bensin akan habis dulu karena udara masuk)

    Like

  18. Dalam kasus misal, SPBU jauh. Terpaksa ngisi bensin eceran pinggir jalan. Kan biasanya ditempatin di botol2 tranparan tuh. Nah bisa ga ya kita tau kalau itu bensin dah lama atau masih baru atau kualitasnya masih bagus atau dah jelek, klo dilihat dari warnanya..
    Coz dulu pernah ngisi premium eceran di tempat A, warnanya koq kuning agak tua gitu. Sementara pernah juga ngisi eceran di tempat B, warnanya kuning muda bening sama kayak yg di SPBU gitu.

    Like

  19. Wah…kapan ketemu Pak Yus nya Mas…Saya aja pas kuliah nggak diajarin ttg itu sama beliau. Beruntung ni Mas Iwan.
    Nambahin aja, saya sering PDI motor yang dianggurin lama. Yang duluan saya cek adalah karburator. Ketika dibongkar, di dalam karbunya sudah banyak gum. Kalo saya bilang banyak lumpur dan lumutnya (soalnya ada berubah jd ijo). Mungkin nganggur sebulan itu motor. Jadinya semua bensin sy kuras, karbu dibersihkan lagi pake carbu cleaner, baru motor bisa nyala.
    Oya, itu bensinnya pake premium.
    Salah satu cerita Pak Yus waktu kuliah, bahan bakar pesawat itu setelah beberapa jam/kali terbang, habis tidak habis harus diganti baru karena sifat bahan bakarnya sudah berubah.

    Like

  20. Kalau Botol Jualan Bensin Ecerannya Kita Cat Putih Aj Gimana Mas IWB, Prinsip Pemantulan Cahaya Sinar Matahari Berlaku Gak Tuh…Heeee, Jadi Mungkin Yang Jual Bensin Eceran Umur Tiap Bensin Botolanya Jadi Bisa Bertahannn…1 atau 10 Tahunnn Lamanyaaa…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s