Kalau kayak gini yang salah siapa??…..

IWB

Terjepret dijalan raya Pantura…anak ini tanpa helm,
Nihil plat nomer dan boncengan bertiga…

Bro dan sis sekalian……tren tidak sehat sering kita lihat dijalanan. Anak-anak dibawah umur berkendara ngacir tanpa haluan. Asli…miris brosis. Yang IWB heran….koq bisa mereka dibiarkan nyetir motor diusia yang masih sangat muda. Bahkan mayoritas masih menginjak 10 tahunan. Sebuah ironi yang kudu menjadi bahan renungan kita semua……lwb-460x240AHM

Pernah IWB dibuat geleng-geleng kepala. mergokin pemandangan didaerah Gunung Putri Bogor,  sebuah motor diisi 3 orang anak ngakak terbahak-bahak….zig-zag bak nyetir sepeda onthel. Sesekali tangannya nampol kepala temannya saking asyik bercanda. Kaki mereka menggantung belum nyampe nginjek foot step boncenger. Kecepatanpun masuk kategori lumayan tinggi. Celana pendek….tanpa helm serta kaos oblong menjadi ancaman serius yang bisa membuat cedera sewaktu-waktu. Asli….miris dengan fakta yang disodorkan didepan mata. Pertanyaan IWB…koq orang tua mereka memberi ijin nyetir motor??. Lawong sikil wae ora teko lho kangbro….

Pemandangan memprihatinkan lainnya adalah gambar kiriman dari bro Budhy Harianto terlampir. Dipotret didaerah Tasikmalaya saat perjalanan Bandung keCipanas…doi dibikin terperangah dengan sekelompok anak SMP bergelantungan dengan santai dibelakang angkot. Seremnya lagi….sibocah sebelah kanan hanya mengandalkan pegangan pintu belakang kendaraan umum. Salah satu tindakan yang sangat berbahaya. Bisa dibayangkan jika kendaraan tersebut melakukan manuver….kemudian pegangan lepas…terjungkal…dan terlindas kendaraan dibelakangnya. Piye ceritane??. Lak yo dadi engkeng to mzbro. Yang IWB heran koq sopir angkot seperti tutup mata tidak perduli??. Hanya karena orientasi materi…nyawa tergadaikan. Jiann tepuk jidat tenan!!.. Kalau sudah begini yang salah siapa??….

IWB

Siswa bergelantungan diangkot karena kelebihan muatan. Berbahaya!!!!

Apakah orang tua yang kurang perhatian??. Rendahnya kualitas pendidikan lingkungan sekolah ??. Aparat polisi yang tutup mata??. Sopir angkot yang sudah tidak punya nurani??. Atau memang anaknya yang bengal dan badung tidak bisa dikasih tahu??. IWB pikir seluruh komponen saling berhubungan. Namun kalau boleh jujur…core atau basis dari seluruh masalah sebenarnya berada dikeluarga. IWB yakin….jika sebagai orang tua kita selalu memberikan edukasi pentingnya safety riding sejak kecil…anakpun akan terbentuk dengan sendirinya. Kesadaran agar selalu mematuhi rambu yang sudah ada. Tapi kalau sudah cuek bebek masa bodo….jangan salahkan jika alam yang melakukan seleksi. Sebab penyesalan selalu datang belakangan…..

Last…tragedy yang menimpa celebritis Ahmad Dani baru-baru ini bisa dijadikan contoh kongkret vitalnya peran orang tua. Seandainya Dani sudi tegas dan melarang anak bontotnya yang masih berusia 13 tahun bawa mobil sendiri…IWB yakin kejadian tabrakan yang merenggut 6 nyawa bisa dihindari. So….jadilah orang tua yang peka dan perhatian terhadap buah hati. Sayangi mereka dengan cara yang benar yakni tegas dan disiplin.  Demi siapa?. Demi kita semua tentunya….(iwb)

Advertisements

160 thoughts on “Kalau kayak gini yang salah siapa??…..

  1. yx salah orang tua jelas..
    kalo masalah ahmad dhani karna terlalu memanjakan anak sampe2 umur13 aja udah di beliin mobil..lagian saya yakin tuh bocah ga bakalan d hukum soalnya uang di atas hukum..

    Like

  2. Last…tragedy yang menimpa celebritis Ahmad
    Dani baru-baru ini bisa dijadikan contoh kongkret
    vitalnya peran orang tua. Seandainya Dani sudi
    tegas dan melarang anak bontotnya yang masih
    berusia 13 tahun bawa mobil sendiri…IWB yakin
    kejadian tabrakan yang merekut 6 nyawa bisa
    dihindari. So….jadilah orang tua yang peka dan
    perhatian terhadap buah hati. Sayangi mereka
    dengan cara yang benar yakni tegas dan disiplin.
    Demi siapa?. Demi kita semua tentunya….(iwb)

    ===============================

    Agree…

    Like

  3. Ahaha pengalaman ane diatas angkot om IWB waktu SD-SMP kalo rombomgan mau ke tempat renang, enak sore sore adem angin wuzz 😀
    Menurut pengalaman sih kebanyakan supir angkot udah penuh sempit juga suka minggir buat naikin penumpang lagi alhasil gitu deh ampe ngegantung
    tapi emang ngeri sih kalo yang anak kecil naik motor, anehnya kebanyakan ortu yang ane temui malah bangga kalo anaknya udah bisa naik motor, duduk di jok motor bebek aja gabisa/ga nyampe ke footsteps #facepalm

    Like

  4. gambar no 2 ngalami pas jaman SMP.. Iku masih mending.. dulu malah ada yang nongkrong diatas.. kalo aku paling parah pas pulang penurunan bendera jaman SMP.. ws sore angkote cuma tinggal satu.. Mits Jetsar Versi karoseri yg blakang ada T4 ban serep mirp SUV.. Aku methangkring diatas ban serepnya itu..

    Like

  5. Salahkan merk hansip yg mayoritas kayak odong2 yg menjadi penyebab sempitnya pandangan rider yg lain dijalan…

    Wkwkwkwkwkw

    Like

  6. pertama: salah orang tua….klo org tua bener2 syg anaknya, ga akan ngasi anaknya naek mtor klo usianya belum 17thn, di bawah itu emosinya masih labil…gampang terpancing n cenderung ingin menunjukkan dirinya lebih baik dr org lain dgn cara kebut2an…sok jagoan. Mw smpe kpn kasus2 kyk si dul, n anak2 yg mencelakakan org lain krn nekat bawa motor/mobil padahal blum ckup umur?mulai dr diri sndiri deh…klo punya anak jgn pernah turutin klo dy minta kndaraan klo umurnya blom ckup.

    kdua…pabrikan, stop bikin iklan lebay n mnunjukkan bahwa mtor tsb “kencang”…ga perlu lah bikin iklan ngerubuhin jembatan/slogan yg lain ga bs ngikutin/ tantang nyalimu…dll. ababil2 cnderung kemakan iklan.

    ketiga…polisi, harusnya lebih tegas nindak org2 yg ngelanggar, trutama ababil2 itu.

    Like

  7. Gara gara merk hansip yg membuat motor sepertu sepedan pancal sehingga ridernya naiknya juga kayak sepeda pancal….wkwkwkwkkwk

    Like

  8. Salahkan suara gear somplaknya hansip yg menjadi polusi suara dijlan raya sehingga menggangu konsentrasi rider2 lainnya…
    Wkkwkwkwkwk

    Like

  9. 37. Penyadar Doktrin Dongo – September 9, 2013

    Salahkan merk hansip yg memproduksi sepeda pancal bermesin 150cc wkwkwkwkakakwk
    ______________________________________________________
    itu di pic atas motornya apa yaa?sering banget liat anak2 pake motor itu d jalan n ugal2an…brasa motornya paling kenceng sejagat akhirat…body d trondolin, pake knalpot racing, open filter, ban cacing….berharap bisa rubuhin jembatan…
    klo ga mtor yg d atas biasanya si ayago…dua motor yg paling terkenal dipake ababil buat ugal2an, no offense buat good rider yg pake 2 mtor ini, salut klo bro2 bs jaga etika d jalan , tp ini fakta….ga percaya?look around…liat apa tunggangan ababil2 itu…mayoritas ya 2 bebek itu…

    Like

  10. itu yg bergelantungan di angkot,, di foto malah ngeliat ke camera semua… berasa kayak model ya tong…. 😀 😀 😀
    berterima kasih lah kalian ntong sama kang iwan,, karena foto tsb dah mnjadikan kalian sbgai atris blogsphere.. 😀

    Like

  11. tuh ahmad dhani dengerin tuh kalo di bilangin sama kang iwan…. masak anak 13 tahun di bawain mitsubishi lancer evo 5,, org yg sudah dewasa dan berpengalaman bawa mobil aja belum tentu full control kalau di suruh bawa evo dgn kecepatan tinggi. apalagi bocah..
    minimal 20 thun dengan sederet latihan sebelumnya,, yaitu membawa mbil deket2 dulu n hnya di perbolehkan mmbawa kndaraan di jalan yg sepi saja dulu sperti jalanan perumahan,, kalau udah 20 thun ke atas n sdah mahir baru deh di lepas..
    soalnya bocah sampe mnghilangkan 6 nyawa begitu,, kalu sudah kejadian gitu, opo lak yo ora pingin nangis tenan kui rasane yo bocahe yo wong tuwone. nyesel ? percuma.. paling yo isone mung nangis lan gemeteran lan sing paling menyiksa yo beban sosial yaitu isin alias maluuu… haduhhh mboh piye kui rasane

    Like

  12. berawal dari keluarga, disitulah kepribadian mulai dibentuk. setelah itu baru faktor lingkungan dst dst dst.

    klo dari keluarga sudah tertanam sikap disiplin tinggi, kemungkinan melenceng waktu masuk remaja jadi kecil, inget cuman kecil bukan tidak mungkin karena yang kecil inilah ditentukan oleh lingkungan tempat si anak itu bergaul.

    Like

  13. Inyong_Bae pada September 9,
    2013 pada 1:06 PM
    Wah jaman Inyong SMP malah
    nggandul angdes sampe 7
    orang..lha wong kepepet jee..
    Bapak’e Salma pada September

    **************************************

    Lho.. Salah rikak kan ana Jaran… Gari pancal!!! :mrgreen:

    Like

  14. Rabil pada September 9, 2013 pada 1:45
    PM
    Jgn selalu nyalahin masyarakat mas..
    Yg salah pemerintah yg gak bs buat
    sistem transpot umum yg bagus dan
    safe…

    _______________________________________

    ya salah masyarakatnya juga lah.. walaupun pemerintah bisa buat sistem transportasi umum yg sistemnya bagus, atau bahkan yg terbagus sekalipun, kalau masyarakatnya bengal n katro ya tetep aje ms bro. memangnya pake helm itu pemerintah yg harus pakein ke kepala kita ? atau orang yg bergelantungan itu apa pemerintah harus ptong tangannya supaya gk brgelantungan ? gak bisa mas bro,,, semua kemajuan harus berawal dari pemikiran diri sendiri masing2 masyarakatnya dulu dan di barengi dgn pemerintah dalam menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai..
    tapi ya kalo sampean bilang pemerintah ada salah,, ya sebenernya opini sampeyan gak spenuhnya salah sih… pemerintah kita juga sangat2 salah karena gk bisa mmberikan peraturan yg ketat, di samping sarana n prasarana gk bisa di realisasikan karena dananya hbis di korup, peraturannya pun adalah uang, siapa punya uang, peraturan longgar baginya bhkan nyaris tak ada.
    jadinya ya salah semua.. pemerintahannya bejat, rakyatnya semrawut.

    Like

  15. 57. Ferboes Richardson – September 9, 2013

    36. Kobayogas – September 9, 2013
    Jadi inget Ferboes…#eh..

    ………

    Kenapa bang kobay?
    =============

    Gpp biar ente nongol aja brow kekekek

    Like

  16. _______________________________________

    ya salah masyarakatnya juga lah.. walaupun pemerintah bisa buat sistem transportasi umum yg sistemnya bagus, atau bahkan yg terbagus sekalipun, kalau masyarakatnya bengal n katro ya tetep aje ms bro. memangnya pake helm itu pemerintah yg harus pakein ke kepala kita ? atau orang yg bergelantungan itu apa pemerintah harus ptong tangannya supaya gk brgelantungan ? gak bisa mas bro,,, semua kemajuan harus berawal dari pemikiran diri sendiri masing2 masyarakatnya dulu dan di barengi dgn pemerintah dalam menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai..
    tapi ya kalo sampean bilang pemerintah ada salah,, ya sebenernya opini sampeyan gak spenuhnya salah sih… pemerintah kita juga sangat2 salah karena gk bisa mmberikan peraturan yg ketat, di samping sarana n prasarana gk bisa di realisasikan karena dananya hbis di korup, peraturannya pun adalah uang, siapa punya uang, peraturan longgar baginya bhkan nyaris tak ada.
    jadinya ya salah semua.. pemerintahannya bejat, rakyatnya semrawut.
    __________________________________________________

    ane setuju sama yg atas ane… ortu juga saking sibuknya cari duit sampe ga ada waktu lagi buat perhatiin anak2nya… apalagi utk anak2 yg broken home…

    Like

  17. sama aja kok,,
    yang udah tua2/dewasa juga banyak naek motor pake helem cuman nemplok di kepala doang,,, tali helem ngelewer2 kagak di kancingkan,,,

    ntar kalo udah jatoh,, trus kepalanya benjol,, komennya kayak gini : waduh,,, ane tadi jatoh,, padahal udah pakek helem,, tapi tetep aja kepala ane benjol,,,, 😆

    Like

  18. 75. peyek – September 9, 2013

    sama aja kok,,
    yang udah tua2/dewasa juga banyak naek motor pake helem cuman nemplok di kepala doang,,, tali helem ngelewer2 kagak di kancingkan,,,

    ntar kalo udah jatoh,, trus kepalanya benjol,, komennya kayak gini : waduh,,, ane tadi jatoh,, padahal udah pakek helem,, tapi tetep aja kepala ane benjol,,,, 😆
    ==================
    trus kalo lawannya roda 4 yg disalahin pasti si roda 4, apapun alasannya motor selalu menang, itu udh jadi salah kaprah mendarah daging 😀

    Like

  19. hhmm,, coba aja tuh jalanan aspal di ganti ama sepering bed oleh pemerintah,,, pasti tetep aman tuh bocah,,, 😆

    dan tetep aman para pengendara motor nyang kagak pake helem,,, 😆

    Like

  20. kembali ke diri sendiri dulu aja,, apakah kita sudah taat hukum dalam berkendaraan sehari2,,??

    contoh kecil aja deh,,, kalo memang diwajibkan pasang pelat nopol depan belakang,, ya harus di pasang lah,,, sesuai aturan hukum dan undang2 yang berlaku,,, jangan banyak alasan nyang laen2,,, 😆

    *sorry dory morry ,, bagi nyang kesentil,,, 😆

    Like

  21. pak tarno

    tapi pernah kejadian tabrakan di tanjung pinang antara temen ane (pake kijang LGX) dengan motor (anak kuliahan, boncengan berdua ) waktu kejadian temen ane di tikungan (kagak ngebut,, soalnya dia udah tua,, lagian pas kejadian dia ama bininya,, ane juga sering semobil ama beliau,, orangnya kagak suka ngebut,,) dia mengelakkan tuh alay,, sampe roda kiri mobil udah kagak napak di aspal,,, karena tikungan,, si alay tadi tidak bisa ngimbangin motor,, jadi masuk ke jalur temen ane,, (laga kambing,,) tuh alay parah juga,, mana motor pinjaman lagi,,, akhirnya kasusnya panjang,, sampe di lakukan rekontruksi,,, dan dari kesimpulan polisi dan saksi2,, memang si alay itu nyang salah,, akhirnya temen ane kagak di tuntut apa2,, tapi memang,, pertama2 tuh temen2 alay nyang laen (mereka rombongan,,) nyalahin temen ane,, tapi temen ane tetep ngotot,, dan sampailah ke meja pulisi,, tapi karena kasian temen ane ngasih bantuan perobatan juga sama tuh alay,,,,

    intinya,, kagak selamanya roda dua itu benar kalo terjadi kecelakaan om,,,

    Like

  22. Yang salah juru foto, 4×6 jawabnya1000,
    garing.com
    Tidak perlu menyalahkan siapa-siapa, tunjuk diri masing-masing saja apakah sudah benar berlalu lintas, menaati peraturan, sopan kepada pengguna jalan lain.

    Like

  23. 80. peyek – September 9, 2013
    kembali ke diri sendiri dulu aja,, apakah kita sudah
    taat hukum dalam berkendaraan sehari2,,??
    contoh kecil aja deh,,, kalo memang diwajibkan
    pasang pelat nopol depan belakang,, ya harus di
    pasang lah,,, sesuai aturan hukum dan undang2
    yang berlaku,,, jangan banyak alasan nyang
    laen2,,,
    *sorry dory morry ,, bagi nyang kesentil,,,

    =============================

    Untung motor saya lengkap semua….
    *colek si shiro….

    Like

  24. 75. peyek – September 9, 2013
    sama aja kok,,
    yang udah tua2/dewasa juga banyak naek motor
    pake helem cuman nemplok di kepala doang,,, tali
    helem ngelewer2 kagak di kancingkan,,,
    ntar kalo udah jatoh,, trus kepalanya benjol,,
    komennya kayak gini : waduh,,, ane tadi jatoh,,
    padahal udah pakek helem,, tapi tetep aja kepala
    ane benjol,,,,

    ===============

    Waahhh….untung helm saya masih bisa dikancingin talinyaaa……

    Like

  25. di jadiin kuis aja kang iwan,,,
    tuh anak siapa aja namanya,,, trus masing2 umurnya berapa,,,
    trus tuh motor belinya cash apa kredit,,,
    trus kalo kredit,, udah lunas pa belom,,,

    bagi nyang jawabnya bener,, hadiahnya sepektakuler,, kasih hadiah stiker ya kang,,, 😆

    Like

  26. 84. Ferboes Richardson – September 9, 2013

    80. peyek – September 9, 2013
    kembali ke diri sendiri dulu aja,, apakah kita sudah
    taat hukum dalam berkendaraan sehari2,,??
    contoh kecil aja deh,,, kalo memang diwajibkan
    pasang pelat nopol depan belakang,, ya harus di
    pasang lah,,, sesuai aturan hukum dan undang2
    yang berlaku,,, jangan banyak alasan nyang
    laen2,,,
    *sorry dory morry ,, bagi nyang kesentil,,,

    =============================

    Untung motor saya lengkap semua….
    *colek si shiro….
    ================
    Pantes geli ada yang nyolek2 ternyata…papanya Lexam eh Lexy wkwkwk

    Like

  27. 80. peyek – September 9, 2013

    kembali ke diri sendiri dulu aja,, apakah kita sudah taat hukum dalam berkendaraan sehari2,,??

    contoh kecil aja deh,,, kalo memang diwajibkan pasang pelat nopol depan belakang,, ya harus di pasang lah,,, sesuai aturan hukum dan undang2 yang berlaku,,, jangan banyak alasan nyang laen2,,, 😆

    *sorry dory morry ,, bagi nyang kesentil,,, 😆
    ==================

    Untung ay gak kesentil…#woles…kring kring, pake sepeda onthel

    Like

  28. salah orang tua.
    orang indonesia juga males2. ke depan gang aja naik motor.
    kalo cuman hyalahin pemerintah juga koplak. orang indonesia senengnya dipaksa. selama motor ama bensin masih murah ya mendingan pake motor, persetan ama mass transport.

    saya lebih senang pake sepeda sekarang. odometer motor naiknya lama banget :mrgreen:

    Like

  29. Jadi Inget keponakan yg dibeliin motor beat baru sm bpkny, umur baru 13thnan..!

    singkatny Lg bw motor d jalan ,ada yg pinjem org tak dikenal…, dgn alasan suruh diambil sm bapaknya (anak itu)..dan dgn polosnya dikasihlah motornya ke org tak dikenal itu…! Apes tenan…anak polos bw mtor ,,gampang ditipu gampang celaka…hadeuh.

    Like

  30. itu sih belum seberapa kangbro.. ditempat saya lebih parah lagi… anak” sekolah pada duduk diatas angkutan… lebih dari 4 gundul
    itu bukan semata salah orang tua dan si anak.. itu satu”nya pilihan biar bisa pulang.. karena minimnya angkot ke kampung.. daripada gx bisa pulang

    #besok kalo pulang kampung tx fotoin, insyaallah… hehe

    Like

  31. untung ane kagak jadi polisi,, kalo ane jadi polisi, jika liat anak di bawah umur naek motor,, tuh anak saya tahan,, bawa ke pos,, trus di nasehatin,, suruh orang tuanya ngabil tuh motor,,,

    tapi kalo jumpa fbh nyang pake matik,, ane suruh sekalian pake lipstik,,, 😆

    Like

  32. tenang aja lah,,, di indonesa kan nyawa itu murah sekali harganya,,, 😆

    contoh :
    liat aja pas ada kecelakaan lalin,, kalo korban udah hampir mati,,, pasti kagak ada nyang nolongin,,, ada pun pasti lama,,, sampe mati di tempat,,, mungkin aja kalo tuh korban segera di tolong di bawa ke RS,, mungkin nyawa korban bisa di selamatkan,,, 😆

    Like

  33. gw bisa pake motor bebek dulu pas kelas 6 sd…. yg ngajarin bokap pake motor mocin yg mirip supri 100… tp gw ga pernah diijinin bawa motor sendiri sm bokap…. trs wktu SMA kelas 1… bokap nyuruh belajar motor kopling…. msh inget dulu gw belajar pake suzi A100 punya kantor bokap, satria f punya tmn, satria 120 pnya tmn…. tujuannya spy bs nganter nyokap ke pasar… tp tetep buat bawa motor sendiri ga dibolehin sm bokap….
    pas umur 17thn disuruh bikin SIM, dan beli helm… baru gw boleh pake motor sndiri sm bokap…. yah buat PP sekolah-rumah aja… kalo mau maen disuruh naek angkot…. hahaha miris….

    *gw dulu ga abis pikir knp gw ga diijinin bawa motor sndiri waktu itu (dari sd-umur 17thn)…. pas ud mulai kerja, mulai tau blog2 kyk gn…. baru gw mulai paham maksud bokap gw tuh apa…. supaya gw ga kayak yg ada di foto no.1 itu…. miris…. mudah2an anak gw ga sampe kyk gitu….

    Like

  34. 110. callmewhy – September 9, 2013
    gw bisa pake motor bebek dulu pas kelas 6 sd….
    yg ngajarin bokap pake motor mocin yg mirip
    supri 100… tp gw ga pernah diijinin bawa motor
    sendiri sm bokap…. trs wktu SMA kelas 1… bokap
    nyuruh belajar motor kopling…. msh inget dulu
    gw belajar pake suzi A100 punya kantor bokap,
    satria f punya tmn, satria 120 pnya tmn….
    tujuannya spy bs nganter nyokap ke pasar… tp
    tetep buat bawa motor sendiri ga dibolehin sm
    bokap….
    pas umur 17thn disuruh bikin SIM, dan beli
    helm… baru gw boleh pake motor sndiri sm
    bokap…. yah buat PP sekolah-rumah aja… kalo
    mau maen disuruh naek angkot…. hahaha
    miris….
    *gw dulu ga abis pikir knp gw ga diijinin bawa
    motor sndiri waktu itu (dari sd-umur 17thn)….
    pas ud mulai kerja, mulai tau blog2 kyk gn….
    baru gw mulai paham maksud bokap gw tuh
    apa…. supaya gw ga kayak yg ada di foto no.1
    itu…. miris…. mudah2an anak gw ga sampe kyk
    gitu….

    ……….

    Amiiiinn…..moga anak saya jg ga kaia gitu…

    Like

  35. Betul banget.. Semua memang berawal dari keluarga dulu.
    Jadi ingat waktu pot besar di depan rmh ane sampai remuk dihantam motor mio yg dikendarai bocah kelas 4 SD.
    Memang bener kang IWB, bikin tepok jidat tuh orangtuanya..

    Like

  36. Mas mas wong polisi kota itu masa lebh banyak masa bodonya k anak” sekolah saat mereka” gak pke helm.karena apa?! Karena anak sekolah kalopun di tilang gada duitnya wt nyogok.contohnya di bekasi. Gak percaya maen sini mas.kalo mas iwb g ngliat ndiri ambil mtor saya wat mas iwan.

    Like

  37. musibah bisa menimpa siapa saja bro.. gak cuma kepada anak dibawah umur.. Semoga kejadian-kejadian seperti itu bisa menjadi bahan RENUNGAN bukan bahan HUJATAN!!!

    karena musibah dapat menimpa siapa saja dan kapan saja 🙂

    Like

  38. gara gara sinetron yang menampilkan anak smp saja dah pegangannya mobil.anak smu pegangannya pajero padahal sim A aja lom punya apalagi sim untuk mobil diatas 2000 cc

    Like

  39. Ga apa2 mas,penduduk indonesia dah kebanyakan.. Seleksi alam yg berperan dibantu kebodohan orang tua.. InsyaAlloh penduduk indonesia bisa berkurang dgn aman…jeheheehehe…

    Like

  40. di daerah, pemandangan kayak gitu sudah biasa! Pake helm bukan karna takut ma malaikat maut, tapi takut ma polisi! Syukur akhir-akhir ini lagi ngetren helm INK, walaupun niat awalnya cuma gaya-gayaan, tapi dapet bonus safety juga! Moga kita semua selalu dalam perlindungan Yang Maha Kuasa. Amin…

    Like

  41. yg salah…mmm…kasih tau gak ya…yoweslah ikut yg lain…orang tuanya kang…eh salah…yg bener kedua orangtuanya doel…eh udah cerai ya….berarti kedua orangtuanya yg sudah bercerai….hehee

    Like

  42. @Ferboes Richardson
    iyo om, penasaran tenan je
    oia, sampeyan ki sing fby baik hati nggih? leres nopo mboten?
    🙂

    @om qwerty
    ayo lah om, jujur wae
    apa perlu saya culik dulu tunangan’a? biar mau ngaku?
    sastra indonasia deket lho dari sastra inggris 😉
    hayooooooo,,,

    Like

  43. Hen pada September 9,
    2013 pada 5:46 PM
    Ga apa2 mas,penduduk
    indonesia dah
    kebanyakan.. Seleksi
    alam yg berperan dibantu
    kebodohan orang tua..
    InsyaAlloh penduduk
    indonesia bisa berkurang
    dgn aman…jeheheehehe

    =======
    nyong seneng gayamu
    😀

    Like

  44. 133. bocah – September 9, 2013
    @Ferboes Richardson
    iyo om, penasaran tenan je
    oia, sampeyan ki sing fby baik hati nggih? leres
    nopo mboten?

    ===============================r

    Nggih ngoten niku turene salah suwijine komengtator ing warunge kang iwan niki pakdee…..heheheeehehee

    *bener ga tuh?????xixixixixi.

    Like

  45. huyuh, ngeri kang miris 😦
    pernah didaerah temen saya cewek sd masih kecil banget, imho kira kira baru kelas 3/4 SD bawa matik m** J, ngebonceng bapaknya (kayaknya lagi diajarin) kurang miris apa tuh 😦

    Like

  46. Dl waktu masih di tenggarong seberang, kaltim sering lihat anak2 usia sekolah yg berangkat k sekolah naik motor tanpa pakai helm n tangan kiri pegang/mainan HP..padahal kondisi jalanan sangat rusak parah..
    Miris sekali

    Like

  47. kalo pict yg no 2 lebih ke takdir / keterpaksaan semata
    coba kita berhitung
    4 anak yang bergelantungan
    jika salah 1 anak ada yang di belikan motor sama ortu
    akan tersisa 1 anak yang bergelantungan
    1 motor di naikin ber-3 seperti pict no.1
    no.1 = tidak saef
    kalo 1 teman yang di bonceng seperti sebelah angkot
    engga saef juga n akan tersisa 2 anak bergelantungan

    TERLALU BANYAK YANG HARUS DI SALAHKAN..!!*

    *termasuk kita.

    Like

  48. Kasihan keluarga yg ditinggalkan karena kecerobohan si dul yg broken,gara2 si dani yg sok agamis lagaknya.. masa punya anak 13 thn dah nyetir sndiri ngantar pacarnya pulang dini hari.. coba bayangkan keluarga yg ditinggalkan oleh korban yg meninggal, bgm masa depan keluarganya, kalau dani dan dul enak saja banyak duwitnya, segalanya bisa mereka beli mungkin jg hukum di beli jg.. kl di luar negeri huluman anda bisa puluhan bahkan ratusan tahun.. tp ini di indonesia.. ya begitulah… hukum hanya untk orang kecil dan miskin… turut berduka cita utk klrga, smga Allah memberi yg terbaik utk keluarga yg ditinggalkan.. amin..

    Like

  49. atpm aja jualan motor menyesuaikan dengan selera anak2, jadi wis salah kaprah kabeh, terutama Y dan bntr lg diikuti H bikin striping selera remaja.

    Like

  50. Kalau kita mencari yang salah semuanya salah dan bila mencari pembenaran semua benar bang iwan … Orang tua membelikan motor anaknya di karenakan tidak ada sarana transportasi masal murah nyaman dan aman, sang anak sendiri mudah terpancing emosinya dan akan menunjukkan dialah yang terbaik dan hebat, produsen motor berlomba lomba mencitrakan motor sport hebat dengan segudang fasilitas di tunjang para sales promotion yang cenderung leby agar dagangannya laku serta memperoleh keuntungan, sistem perundang undangan lalu lintas yang lemah di pelaksanaannya, saya sependapat dengan bang iwan miris karena anak anak di bawah umur 17 tahun belum bisa berfikir resiko , mereka hanya berfikir saya adalah yang terhebat untuk aktualisasi pencarian jati dirinya dan semua masalah selesai di tangan sang bapak dan ibu mereka tinggal nangis dan teriak bapakkk..atau emakk bereslah semua masalah

    Like

  51. jangan gtu mz bro!
    tu sama ja dngan g’ trima ma takdir!
    smua yg trjadi ma anak ahmad dhani adalah takdir & g’ bsa dhindari!
    tpi smoa tu hrus jdi plajaran!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s