Oalah mz…aku sik gemeteren. Nang ngarep mripat ono arek arep nyolong motor...( Aku masih gemetaran. Di depan mata ada seseorang mau mencuri motor red.)”…. seru istri ketika calling via HP. Kejadian nyata dialami istri IWB, sebuah momen yang tak terlupakan. Beda dengan IWB yang hanya melihat penampakan kunci Byson remuk dibobol kunci T, istri IWB malah menyaksikan sendiri kejadian aksi nekad pencurian bermotor disebuah mini market kawasan BCI Pekapuran Depok…….

Minggu kemarin, dari rumah…. dengan menunggangi siijo Athlete istri berangkat kemini market. Jarak yang hanya 1 km ditempuh kurang dari 5 menit. Posisi mini market berada diseberang jalan. Lampu sein diaktifkan, motor pelan-pelan berbelok…masuk area halaman yang lumayan luas. Pada saat yang sama, ada satu mobil Carry juga berniat belanja….lebih dahulu parkir dengan posisi ditengah. Istri dibelakang mobil, alon-alon menggiring motor ketepi. Istri tidak curiga sama sekali, didepan mata…seorang pria masih muda (kira-kira umur 22 – 26 tahun) sedang nongkrong diatas Suzuki Satria FU 150. Didekatnya…satu lagi pria standby dimotor (tidak jelas merk kuda besi). Anehnya…mereka seperti tidak menyadari kedatangan istri….

Hasil jepretan istri pasca percobaan pembobolan…

Dari jarak beberapa meter, sipria menyentak-nyentak stang dengan sekuat tenaga. ” Lho…koq aneh?? motor sendiri digituin kenapa ya??” batin istri. Istri mendekat. Kedua pria agak kaget…diam sejenak. Tanpa sengaja, mata istri dituntun melihat sisi kontak motor. Disitulah rasa kaget dan curiga timbul. Kunci remuk mzbro…ancur seperti habis dibobol. Secara spontan…istri bertanya kepada mereka…” mau diapain mz motornya…??. Blingsatan mendapatkan pertanyaan yang diajukan..” oo nggak apa-apa mbak..” ujarnya. Kurang dari 5 detik silaki-laki sudah lompat kemotor temannya dan ngacir hilang dari pandangan. Barulah istri tersadar….bahwa apa yang terpampang didepan mata merupakan sebuah usaha curanmor. Shock mzbro..!!

Istri segera masuk kemini market dan teriak memberikan informasi kepada petugas didalam. Jebule siempu adalah kurir pengantar barang. Dirunang mini market langsung heboh. Dari situlah ditemui sebuah fakta yang mengagetkan. Kasir mengungkapkan…..dimini marketnya memang sering terjadi usaha curanmor. Mirisnya mereka kerap kali mergoki dari dalam tanpa berani bertindak lebih jauh. Paling hanya berani menginformasikan kepembeli jika gelagat tidak enak. Hasilnya….tercatat sudah beberapa motor raib disana. Wah….ancur nih kalau kayak gini!! 😯

Singkat cerita…simas berterima kasih…sebab motor selamat tidak jadi digondol kabur. Hanya saja sikuda besi kudu dibawa kebengkel karena kunci stang macet tidak bisa unlock. Atas semua kejadian diatas, ada beberapa fakta menarik yang bisa IWB gali….

Kondisi kunci kontak ditusuk dengan kunci T…

1.  Mayoritas mengaku mengetahui aksi mereka, namun bungkam akibat takut.

2. Curanmor selalu beraksi berkelompok

3. Curanmor tidak takut dengan lingkungan sekitar. Terbukti beraksi dengan tenang kendati ada mobil atau motor datang kelokasi

4. Walau kunci sudah dibobol, curanmor tidak selalu sukses. Bisa jadi mereka banyak merekrut orang baru sehingga belum terlalu profesional melakukan pembobolan.

5. Mereka baru kabur jika ada seseorang yang mengusik aksinya.

Bisa disimpulkan….cueknya lingkungan sekitar membuat para pelaku kriminal menjadi semakin berani. DiJabodetabek, rata-rata orang tidak peduli kendati aksi didepan mata. Alasannya simpel…takut terjadi balas dendam. Dan ini kudu diperbaikil!!. Dibutuhkan gotong royong serta kerja bahu membahu untuk memberantas mafia motor seperti ini….

Posisi siSatria FU ketika akan dibawa kabur….

Last.….sebagai pembuat regulasi, sudah sepatutnya pemerintah meracik peraturan guna mewajibkan para pelaku usaha mini market agar memasang CCTV dilokasi. Selain sebagai back up kalau ada kejadian kriminal, camera CCTV akan mampu membuat para pelaku curanmor berpikir dua kali dalam melakukan aksinya.  Kedua…aparat keamanan sudah seharusnya menindak lanjuti secara serius keluhan masyarakat. Mengirim petugas preman ketempat-tempat rawan misalnya. Sayang…sejauh ini laporan hanya diterima dengan ketikan kertas tanpa ada tindakan sigfinikan…..

Buat kita semua sebagai masyarakat, mari saling bergandengan tangan, gotong royong serta pererat rasa memiliki. Artinya begini…coba bayangkan, bagaimana kalau hal itu terjadi pada saya??. Nah…kalau rasa itu sudah ada, IWB yakin jiwa fighting untuk mencegah aksi kriminal bakal bangkit. Kalau tidak…siap-siap aja  tindakan kriminal akan makin merajela. So buat para biker, waspadalah…….waspadalah !!! (iwb)

73 responses to “Aksi curanmor semakin berani…..Suzuki Satria FU menjadi incaran!!”

  1. masmondol Avatar

    Alhamdulillah sesuatu banget

    Like

  2. meitanteiamiterasu Avatar

    wah alhamdulillah motornya gak ilang… dan istri mas iwb gak diapaapain… buset dah kalo ada orang yang tau tapi biarin saja…. kalo takut sendiri… rame2 ja teriakin maling….

    Like

  3. B M W ♣ Avatar

    Semua motor jadi inceran mas. . .
    , hati hati
    http://wahyuvixi.wordpress.com/

    Like

  4. karis Avatar
    karis

    Di tempat saya, kurir pengantar dan pekerja minimarketnya juga Satria FU lho kendaraannya, warna putih two tone pula hehehe…*gaknyambung

    Like

  5. Virus Avatar
    Virus

    pasangin alarm aja, klo gk back to cara yg udah diterapkan dari dulu yakni pasang saklar pemutus listrik…pake stop kontak gitu dalam jok…

    Like

  6. Valenanda Rossifumi 79 Avatar

    Lho foto istrinya mas IWB mana ??? kan istri mas IWB ada di TKP jadi saksi…di foto dong mas xixixi…(guyon)

    Like

  7. 3055nada Avatar

    😳
    harus extra waspada

    Like

  8. Virus Avatar
    Virus

    btw sebener ny klo kepolisian emg berniat mo melakukan perubahan, aktif jg donk berkeliling ato tempatkan polisi (buat pos) di tiap titik2 rawan kecelakaan ato pencurian…dr pd makan gaji buta, gak ad kerja sante2 dikantor…kerja hnya pas razia ato pas hanya mengatur lampu merah/kemacetan opo tumon?
    kerahkan smua anggota kepolisian, kosongkan kantor (tinggalkan bagian administrasi aja + sedikit penjaga) lagian apa juga yg mo dirampok di kantor kepolisian?
    mari bersama-sama masyarakat menjaga keamaan + ketertiban jalan…

    Like

  9. zhe Avatar
    zhe

    btul kata valen istri nya mana mas?
    Hehe

    Like

  10. Valenanda Rossifumi 79 Avatar

    Virus
    Setuju Mas Bro…

    Like

  11. #99 bro Avatar

    sekaranh dah gak peduli ada cctv.. kemaren di tempat fotokopi motor lenyap juga.. aksi mereka tak lebih dari 5detik

    Like

  12. masmondol Avatar

    Standarisasikan sks

    Like

  13. Immortalorochimaru Avatar
    Immortalorochimaru

    Mereka pilih varian yg laris dipasaran… Biar gampang jualnya..

    Like

  14. taqi tik tak Avatar
    taqi tik tak

    seandainya pencurinya ketangkep 😦

    bakar saja orangnya. negri ini udah kebanyakan maling

    Like

  15. smoothy blue Avatar
    smoothy blue

    ayo gotong royong sikat maling…

    Like

  16. Cuchook Avatar

    maling gak usah yang kecil
    aparat pemerintah kelas elit saja bisa jadi maling

    wah kalau sudah mafia pasti yang jaga toko tau donk… tapi karena sudah direkrut y diem saza….

    apa kunci biasa gak bisa di ganti dengan shutter key ya kang ?

    Like

  17. han Avatar
    han

    wah…istri mas iwan berbakat jadi blogger. Terbukti masih sempet ambil gambar waktu di tkp. Emang sepasang blogger sejati. Hehehe…

    Like

  18. han Avatar
    han

    kalo kunci sks ga bisa di bobol maling ya mas?

    Like

  19. Mercon C gak Mretelli Avatar

    wahh,,, mantap banget instrinya mas iwan,,, berani begitu

    Like

  20. ubikukus Avatar
    ubikukus

    pasang lah keamanan ganda seperti gembok pada cakram depan blkg anda(bila ada RDB ny juga XD) terus pasang gembok di standar tengah nya juga (bagi yg punya tempat ngunci di standar nya XD)
    terus pasang aja rantai di velg nya,jamin dehhh bukan maling nya aja lari tapi si empu nya pun males tengok tunggangan nya XD

    Like

  21. setia1heri Avatar

    wah benar-benar mendebarkan..
    klo sampe misal mengeluarkan pelor panas pencurinya bisa berabe tuh…

    nitip lapak masbro :
    http://setia1heri.wordpress.com/2011/10/25/berspion-pada-…ribo”-moncelli/

    Like

  22. nsx125 Avatar

    disinyalir… jiwa blogger menular ke istrinya sampean om ……….
    (sempet foto2 juga)
    hwehehhehehehehehehe

    Like

  23. Kodok Avatar
    Kodok

    Kenapa beberapa produsen motor pada males mengaplikasikan secure key shutter ya mas? Haruse kan itu uda menjadi fitur standar keamanan untuk motor2 masa kini?

    Like

  24. masbule Avatar
    masbule

    hati2 istrinya masbro.. salah2 bisa jd korban pencuri nekad.. lebih baik pukul kentongan dari jauh supaya pencurinya kaget trs kabur

    biasanya modus di minimarket, 2 pencuri datang naik motor boncengan trs satu pencuri masuk minimarket pura2 beli, satu pencuri lagi nunggu dimotor, nah ketika korban datang naik motor parkir lalu korban masuk minimarket, sipencuri yg didalam keluar lalu menggasak motor korban dalam hitungan detik dan kedua pencuri itu pun kabur

    Like

  25. gogo Avatar

    wah emang minimarket biasa rawan neh.. jan usaha penggagalan yang keren dah.. dan lagi wujud malingnya terkadang make baju yang keren..

    Like

  26. iwanbanaran Avatar
    iwanbanaran

    @ 3. masmondol
    Ngefans sama Syarini ya mz xixixi…
    @ 5. meitanteiamiterasu
    Alhamdlilah…bener bro….
    @ 7. karis
    Wah…jangan-jangan temen sampeyan tuh bro
    @ 8. Virus
    Emang kudu dipertimbangkan. Btw bagus tuh bro sarannya….
    @ 9. Valenanda Rossifumi 79 & Zhe
    Mosok lagi ada curanmor masih narsis mz :mrgreen:
    @ 14. #99 bro
    Setidaknya ada rekaman videonya mzbro untuk membantu mempermudah identifikasi aparat…
    @ 19. Cuchook
    Bisa aja mzbro. Tapi kudu beli satu set. Dulu pernah klo nggak salah VegaZR diganti SKS Xeon
    @ 20. han
    Sudah dididik mzbro xixixixi…(SKS hanya memperlmbat proses pencurian)
    @ Mercon
    Katanya nggak sadar kalau didepan dia pelaku kriminal. Setelah tahu…gemeteran mz
    @ 23. ubikukus
    Bisa aja sibro hahahaha…
    @ 26. nsx125
    Sudah dididik mzbro, pokoknya kalau ada yang menarik, jepret hehehe…
    @ Kodok
    Masukan juga tuh bro..
    @ masbule
    Dijakarta nggak ada kentongan mz :mrgreen:

    Like

  27. ungeex Avatar
    ungeex

    waah nyonyanya maz iwb wess didik jd intel juga thoo hehehee…
    seep mas..

    Like

  28. jancook Avatar
    jancook

    sudah saatnya “PETRUS” diaktifkan kembali untuk menurunkan tindak kejahatan, kalau perlu masyarakat harus lebih beringas dalam menghadapi perampok/maling/pelaku kejahatan yang tertangkap, BAKAR HIDUP2 lalu gantung mayatnya di gapura depan gang sebagai pembelajaran

    Like

  29. Ya2kzzz Avatar

    bukan hanya niat pelakunya, tapi ada kesempatan..

    Nitip safety kang…

    Woooow safety ridding berhadiah 170 juta….

    Like

  30. BINYO Avatar
    BINYO

    Piranti pengamanan sudah pasti harus jadi prioritas..
    Hal ini menjadi perhatian serius dari pabrikan sepeda motor saat ini…
    Dengan beberapa terobosan tekhnologi seputar kunci pengaman otomatis yang dipasang di produk Honda, membuat konsumen merasa aman dan terhindar dari resiko pencurian sepeda motor..
    Harapannya seluruh produk sepeda motor berbasis pengaman..
    Apapun..keep One HEART & keep Safety Indonesia

    Like

  31. Hazzen Avatar
    Hazzen

    wah ngeri mzbro…dulu pas lg ngekos dua motor ilang sekaligus dlm satu malam, salahsatunya satria FU, dalam sebulan 4 motor 😯 …wah ati2 aja yg py satria FU musti masang kunci rahasia 😉

    Like

  32. endifkuns Avatar
    endifkuns

    cuek is the best …. wah klo kyk gini semboyannya bisa kejadian kyk di cina .. seorang anak tertabrak terlidas 2 mobil … ndak ada yg nggubris … * orang kota hrus bnyk belajar ama orang kmpung gotong royong peduli sekitar

    Like

  33. iwanbanaran Avatar
    iwanbanaran

    @ 31. ungeex
    Intele gemeteren mzbro xixixi…
    @ 32. jancook
    Dulu pasca petrus 1985an, menurut ortu kriminal memng langsung anjlok ketitik 0. Pada ketakutan semua..penjahat, pencoleng, penjambret, penodong pada kabur kehutan. Orang yang pakai tato berlomba-lomba menghilangkannya karen ciut nyali. Langsung negara aman total. Tapi melanggar HAM mzbro pastinya….
    @ Hazzen
    Walah…lebih parah tuh
    @ Endifkuns
    Soal satu itu memng saya akui orang kampung lebih top mzbro…

    Like

  34. ax125 Avatar
    ax125

    fu emang jadi incaran maling.
    kemungkinan karena kunci gampang dibobol atau harga jual nya yg tinggi.

    Like

  35. cbr150 Avatar
    cbr150

    Wah..mas IWB ternyata tinggalnya deket ma rumah saya nih:) Kejadiaannya di indomaret I y mas, dempetan ma bekas gudang indomaret kan? hehehe…Di situ mah jangankan motor mas lah wong ATM DKI aja dah mo di bobol..ckckckck..makin nekat aja pada tuh maling

    Like

  36. meitanteiamiterasu Avatar

    istri yang mendukung dan paham rutinitas serta hobby suami sebagai blogger….. cayooooo

    Like

  37. aldina Avatar

    36. endifkuns
    > wah baru tau ada kejadian kayak gitu Mas Bro … sadis juga ya orang2 yang membiarkan hal itu … Ayo donk, kembali budayakan jiwa gotong royong …

    Like

  38. cicung uk Avatar
    cicung uk

    wanjrit bener bener dah,,,,itu posisi motor pas depan kasir…geblek kasirnya ga teriak…
    pantes tuh kasir sama malingnya dibakar hidup hidup..

    gimana kalo ga ada istri mas iwb…nangis bombay pasti tu yang punya…

    Like

  39. andhi_125 Avatar

    woooo, tak kiro isih bujang 😆
    resiko menjadi kota besar, dengan segala egoisme-nya…memang wenak ning ndeso, mbok ono dom (jarum) jatuh-pun, istilahnya, semua pada tau…
    CCTV-pun agak mubazir mas, karena rata2 gak direcord, cuman on alias manteng di monitor aja..gak semua sih, tapi di beberapa minimarket, karena berbagai alasan..CMIIW

    Like

  40. The GSF 400 BANDIT Avatar

    Share aja nehh…dulu tahun 2005 waktu masih make VEGAR, vegar saya sempet mau dibawa kabur orang, kunci mongtor udah jebol, mesin udah nyala…tp kebetulan saat itu cakram mongtor saya gembok, jadi gagal tuh maling mongtor…..saran saya, jangan lupa bawa gembok untuk mengunci cakram meskipun itu cuma ditinggal sebentar….yah apa salahnya mencegah dari pada kehilangan….

    Like

  41. sugiedanedane Avatar

    persis yg Saya Alami Ketika Meminang FU baru Berumur 3 Bulan Kejadianya Juga diMiniMarket, Alhamdulilah Masih Jadi Milik, Kunci Juga Sudah Hancur kayak Pict diatas Mas, nebus Kunci 260rb di dealer suzuki…..hati2 lah Bagi Pengguna FU

    Like

  42. ungeex Avatar
    ungeex

    meski gemeteraan sing pentiing wes nylametne motore uwong yo maz hehehee…

    Like

  43. rend Avatar
    rend

    coba liat velg depannya…kalo gak salah sudah digembok cakram

    Like

  44. eddd Avatar
    eddd

    mesin satria memang banyak incaran maling…

    Like

  45. aam sbb rr Avatar
    aam sbb rr

    lain kali y di tambahin rante kapal! terus kunci pake gembok besar, dijamin yang mau maling langsung mikir2! tapi yang namanya maling, semakin berkembang janis pengamanan, pasti tambah pinter buat nyuri! di ganti pke kunci rumah aj, katanya susah di jebol pake kunci T. tapi belum tau juga kebenaran itu si. hehehehe

    Like

  46. Yo2 Avatar

    Key Shutter udh jelas jadi piranti yg harus ada disetiap motor.. ya setidaknya membuat pekerjaan si maling lebih lama sedikit.. ya cuma sedikit sih.. lebih bagus lagi standar dua nya persisi kayak y punya nya jupiter mx bisa digembok jadi tuh standar tengah ga akan bisa naik kalo gembok blm dibuka.

    Like

  47. nyadar Avatar
    nyadar

    bukannya polisi itu temen nya!!!
    anak cucu ku jangan sampai lah jadi polisi

    Like

  48. uDien d'kab Avatar

    Nitip mas ______________

    Suzuki New Thunder 125 Mulai Memperlihatkan Tajinya !

    Suzuki New Thunder 125 Mulai Memperlihatkan Tajinya !

    Like

  49. anggiwirza Avatar
    anggiwirza

    1. Mayoritas mengaku mengetahui aksi mereka, namun bungkam akibat takut.

    2. Curanmor selalu beraksi berkelompok

    3. Curanmor tidak takut dengan lingkungan sekitar. Terbukti beraksi dengan tenang kendati ada mobil atau motor datang kelokasi

    4. Walau kunci sudah dibobol, curanmor tidak selalu sukses. Bisa jadi mereka banyak merekrut orang baru sehingga belum terlalu profesional melakukan pembobolan.

    5. Mereka baru kabur jika ada seseorang yang mengusik aksinya.

    _____________________________________

    nambah lagi mas :

    6. kalau kepepet, senjata api akan di gunakan. tapi kalo keadaan mendukung, senjata api tidak di gunakan

    Like

  50. ayumi jadi jadian >> rocky arema Avatar
    ayumi jadi jadian >> rocky arema

    kl aku jadi istrinya mas IWB, aku ke dalem minjem pilox clear ama lighter, trus aku semprot tuh muka ornagnya pake FLAMETHROWER !!

    Like

  51. Rara Avatar
    Rara

    Wah,harus berhati2 lagi nih. Parkir gratis tidak menjamin keamanan. Alangkah baiknya diberikan kunci ganda.

    Like

  52. jeng3 Avatar
    jeng3

    BAKAAAAAAAAAAAAAAAARRR !!!
    negor/nereaki maling memang harus bareng2 bos,baru mereka keder
    kalo dewean bisa2 malah sampeyan kena dor~

    dan jangan ragu ngasi kunci tambahan bila perlu (misal:gembok cakram) ato paling gampang : centelin helm di jok,gigi jangan netral bagusnya gigi 3,engine stop,keran bensin off.
    bukan mereka gak bisa bukanya tapi akan nambah waktu untuk malingnya

    Like

  53. Skipz Avatar
    Skipz

    Wah klo di daerah Ane sekali maling ketangkep lsg bablas nasibnya sih maling, cz masyarakat kompak udah halal hukumnya memotong tangan maling yg ketangkep basah, malah tragisnya bsa dibakar hidup2. Ngeerriii

    Like

  54. Choi Woo Young Avatar
    Choi Woo Young

    ea ada vixion tuh di pojokan.. valuenya lebih tinggi, komisi malingnya lbh bgs. tp pd takut x lbh dket kasir gampang ketahuan kalo lg ngeden2 muterin kunci T

    btw malingnya aneh bner kunci T nya belum berhasil membuka kuncian stang malah pake cara barbar gitu nyentak2 stang.. panik x mao cpet2 berhasil yg ada malah ketahuan..

    very nice article bro iwan

    Like

  55. Nabra Avatar
    Nabra

    Malingnya gak prof tuh mas bro, kalo yg prof biasanya langsung main angkut motor pake pick up … 😦

    Like

  56. anton nugroho Avatar
    anton nugroho

    dah resiko kalo gak ada yang jaga parkir, nasib………

    Like

  57. RIO serba serbi informasi Avatar

    ngeri Gan…
    Pa mesti di rentengin gembok nih motor 😀

    Like

  58. ryuzakix Avatar

    smnjak mtor ane dicolong ane kmn2 jd sk bw2 pisao di tas.. jd klo kpergok ad maling bs langsung ta tusuk ampe mampus,,

    Like

  59. sapujagad Avatar
    sapujagad

    bisa terjadi karena mini market banyak yang memberlakukan “PARKIR GRATIS”

    kalo saya mending ada tukang parkirnya dari pemuda sekitar, toh bayar 1000 perak gak bikin kita jadi kere, malah bisa tenang,motor diparkir dengan dijagai petugas.

    Like

  60. VIXIONRED Avatar
    VIXIONRED

    @virus: emang ada gaji buta….. ya mata lo tu yang buta,,,, gak bisa lihat kerja keras pak pol,,,,, bisanya komen mulu tapi tapi lo sendiri gak bisa apa2…. dasar bocah…

    Like

  61. fncounter Avatar
    fncounter

    Kebanyakan memang bermain aman, daripada jadi korban lebih baik diem. Nah itu dia slogan kebanyakan masyarakat kita. Memang perlu rasa kekeluargaan, untuk membangkitkan rasa peduli terhadap keadaan orang lain. Moga bisa menyadarkan kita semua.

    Ulasan bagus mz iwan. Ditunggu artikel berikutnya.

    Like

  62. uungferi Avatar
    uungferi

    Wahhhh istrinya hebat,… Saluttt masssss

    Like

  63. Az147r Avatar

    1. upgrade semua kunci dengan yg ada SKS (diharapkan bs meminimalkan aksi kejahatan).
    2. atur regulasi yg nengharuskan pengelola t4 atau jasa tertentu memasang cctv.

    Like

  64. ipanase Avatar

    udah dari dulu kang, satria FU jadi langganan maling, paling gampang dibobol kayak mio

    Like

  65. Shatria Daru Avatar

    miris jg yah..
    sharusnya pegawai mini marketnya teriak dari dalam,,
    toh ktnya sering kjadian..
    ngeri dehh..gw sering blanja k indo & alfa pula..
    :((

    Like

  66. Si Anu Avatar
    Si Anu

    wah ane tau tuh minimarket dmna, secara ane orang depok juga 😀
    udah sering denger motor saef disitu raib 😀
    di depok si banyak yang ngomong udah kongkong kalikong sama orang dalem..
    makin berhati” deh secara motor ane sama kayak korban 😀
    syukur ada istri Mas IWB ga jadi raib itu saef..

    Like

Leave a comment

IWB

Selamat Datang di Blog Lawas IWB, ini adalah Blog Cikal Bakal Lahirnya Iwanbanaran yang Alhamdulilah Tetap Eksis Hingga Sekarang. Selamat bergabung Cak !

Monggo Gabung disini