Aksi curanmor semakin berani…..Suzuki Satria FU menjadi incaran!!

Oalah mz…aku sik gemeteren. Nang ngarep mripat ono arek arep nyolong motor...( Aku masih gemetaran. Di depan mata ada seseorang mau mencuri motor red.)”…. seru istri ketika calling via HP. Kejadian nyata dialami istri IWB, sebuah momen yang tak terlupakan. Beda dengan IWB yang hanya melihat penampakan kunci Byson remuk dibobol kunci T, istri IWB malah menyaksikan sendiri kejadian aksi nekad pencurian bermotor disebuah mini market kawasan BCI Pekapuran Depok…….

Minggu kemarin, dari rumah…. dengan menunggangi siijo Athlete istri berangkat kemini market. Jarak yang hanya 1 km ditempuh kurang dari 5 menit. Posisi mini market berada diseberang jalan. Lampu sein diaktifkan, motor pelan-pelan berbelok…masuk area halaman yang lumayan luas. Pada saat yang sama, ada satu mobil Carry juga berniat belanja….lebih dahulu parkir dengan posisi ditengah. Istri dibelakang mobil, alon-alon menggiring motor ketepi. Istri tidak curiga sama sekali, didepan mata…seorang pria masih muda (kira-kira umur 22 – 26 tahun) sedang nongkrong diatas Suzuki Satria FU 150. Didekatnya…satu lagi pria standby dimotor (tidak jelas merk kuda besi). Anehnya…mereka seperti tidak menyadari kedatangan istri….

Hasil jepretan istri pasca percobaan pembobolan...

Dari jarak beberapa meter, sipria menyentak-nyentak stang dengan sekuat tenaga. ” Lho…koq aneh?? motor sendiri digituin kenapa ya??” batin istri. Istri mendekat. Kedua pria agak kaget…diam sejenak. Tanpa sengaja, mata istri dituntun melihat sisi kontak motor. Disitulah rasa kaget dan curiga timbul. Kunci remuk mzbro…ancur seperti habis dibobol. Secara spontan…istri bertanya kepada mereka…” mau diapain mz motornya…??. Blingsatan mendapatkan pertanyaan yang diajukan..” oo nggak apa-apa mbak..” ujarnya. Kurang dari 5 detik silaki-laki sudah lompat kemotor temannya dan ngacir hilang dari pandangan. Barulah istri tersadar….bahwa apa yang terpampang didepan mata merupakan sebuah usaha curanmor. Shock mzbro..!!

Istri segera masuk kemini market dan teriak memberikan informasi kepada petugas didalam. Jebule siempu adalah kurir pengantar barang. Dirunang mini market langsung heboh. Dari situlah ditemui sebuah fakta yang mengagetkan. Kasir mengungkapkan…..dimini marketnya memang sering terjadi usaha curanmor. Mirisnya mereka kerap kali mergoki dari dalam tanpa berani bertindak lebih jauh. Paling hanya berani menginformasikan kepembeli jika gelagat tidak enak. Hasilnya….tercatat sudah beberapa motor raib disana. Wah….ancur nih kalau kayak gini!! 😯

Singkat cerita…simas berterima kasih…sebab motor selamat tidak jadi digondol kabur. Hanya saja sikuda besi kudu dibawa kebengkel karena kunci stang macet tidak bisa unlock. Atas semua kejadian diatas, ada beberapa fakta menarik yang bisa IWB gali….

Kondisi kunci kontak ditusuk dengan kunci T...

1.Β  Mayoritas mengaku mengetahui aksi mereka, namun bungkam akibat takut.

2. Curanmor selalu beraksi berkelompok

3. Curanmor tidak takut dengan lingkungan sekitar. Terbukti beraksi dengan tenang kendati ada mobil atau motor datang kelokasi

4. Walau kunci sudah dibobol, curanmor tidak selalu sukses. Bisa jadi mereka banyak merekrut orang baru sehingga belum terlalu profesional melakukan pembobolan.

5. Mereka baru kabur jika ada seseorang yang mengusik aksinya.

Bisa disimpulkan….cueknya lingkungan sekitar membuat para pelaku kriminal menjadi semakin berani. DiJabodetabek, rata-rata orang tidak peduli kendati aksi didepan mata. Alasannya simpel…takut terjadi balas dendam. Dan ini kudu diperbaikil!!. Dibutuhkan gotong royong serta kerja bahu membahu untuk memberantas mafia motor seperti ini….

Posisi siSatria FU ketika akan dibawa kabur....

Last.….sebagai pembuat regulasi, sudah sepatutnya pemerintah meracik peraturan guna mewajibkan para pelaku usaha mini market agar memasang CCTV dilokasi. Selain sebagai back up kalau ada kejadian kriminal, camera CCTV akan mampu membuat para pelaku curanmor berpikir dua kali dalam melakukan aksinya.Β  Kedua…aparat keamanan sudah seharusnya menindak lanjuti secara serius keluhan masyarakat. Mengirim petugas preman ketempat-tempat rawan misalnya. Sayang…sejauh ini laporan hanya diterima dengan ketikan kertas tanpa ada tindakan sigfinikan…..

Buat kita semua sebagai masyarakat, mari saling bergandengan tangan, gotong royong serta pererat rasa memiliki. Artinya begini…coba bayangkan, bagaimana kalau hal itu terjadi pada saya??. Nah…kalau rasa itu sudah ada, IWB yakin jiwa fighting untuk mencegah aksi kriminal bakal bangkit. Kalau tidak…siap-siap ajaΒ  tindakan kriminal akan makin merajela. So buat para biker, waspadalah…….waspadalah !!! (iwb)

Advertisements

73 thoughts on “Aksi curanmor semakin berani…..Suzuki Satria FU menjadi incaran!!

  1. Di tempat saya, kurir pengantar dan pekerja minimarketnya juga Satria FU lho kendaraannya, warna putih two tone pula hehehe…*gaknyambung

    Like

  2. pasangin alarm aja, klo gk back to cara yg udah diterapkan dari dulu yakni pasang saklar pemutus listrik…pake stop kontak gitu dalam jok…

    Like

  3. btw sebener ny klo kepolisian emg berniat mo melakukan perubahan, aktif jg donk berkeliling ato tempatkan polisi (buat pos) di tiap titik2 rawan kecelakaan ato pencurian…dr pd makan gaji buta, gak ad kerja sante2 dikantor…kerja hnya pas razia ato pas hanya mengatur lampu merah/kemacetan opo tumon?
    kerahkan smua anggota kepolisian, kosongkan kantor (tinggalkan bagian administrasi aja + sedikit penjaga) lagian apa juga yg mo dirampok di kantor kepolisian?
    mari bersama-sama masyarakat menjaga keamaan + ketertiban jalan…

    Like

  4. maling gak usah yang kecil
    aparat pemerintah kelas elit saja bisa jadi maling

    wah kalau sudah mafia pasti yang jaga toko tau donk… tapi karena sudah direkrut y diem saza….

    apa kunci biasa gak bisa di ganti dengan shutter key ya kang ?

    Like

  5. pasang lah keamanan ganda seperti gembok pada cakram depan blkg anda(bila ada RDB ny juga XD) terus pasang gembok di standar tengah nya juga (bagi yg punya tempat ngunci di standar nya XD)
    terus pasang aja rantai di velg nya,jamin dehhh bukan maling nya aja lari tapi si empu nya pun males tengok tunggangan nya XD

    Like

  6. Kenapa beberapa produsen motor pada males mengaplikasikan secure key shutter ya mas? Haruse kan itu uda menjadi fitur standar keamanan untuk motor2 masa kini?

    Like

  7. hati2 istrinya masbro.. salah2 bisa jd korban pencuri nekad.. lebih baik pukul kentongan dari jauh supaya pencurinya kaget trs kabur

    biasanya modus di minimarket, 2 pencuri datang naik motor boncengan trs satu pencuri masuk minimarket pura2 beli, satu pencuri lagi nunggu dimotor, nah ketika korban datang naik motor parkir lalu korban masuk minimarket, sipencuri yg didalam keluar lalu menggasak motor korban dalam hitungan detik dan kedua pencuri itu pun kabur

    Like

  8. @ 3. masmondol
    Ngefans sama Syarini ya mz xixixi…
    @ 5. meitanteiamiterasu
    Alhamdlilah…bener bro….
    @ 7. karis
    Wah…jangan-jangan temen sampeyan tuh bro
    @ 8. Virus
    Emang kudu dipertimbangkan. Btw bagus tuh bro sarannya….
    @ 9. Valenanda Rossifumi 79 & Zhe
    Mosok lagi ada curanmor masih narsis mz :mrgreen:
    @ 14. #99 bro
    Setidaknya ada rekaman videonya mzbro untuk membantu mempermudah identifikasi aparat…
    @ 19. Cuchook
    Bisa aja mzbro. Tapi kudu beli satu set. Dulu pernah klo nggak salah VegaZR diganti SKS Xeon
    @ 20. han
    Sudah dididik mzbro xixixixi…(SKS hanya memperlmbat proses pencurian)
    @ Mercon
    Katanya nggak sadar kalau didepan dia pelaku kriminal. Setelah tahu…gemeteran mz
    @ 23. ubikukus
    Bisa aja sibro hahahaha…
    @ 26. nsx125
    Sudah dididik mzbro, pokoknya kalau ada yang menarik, jepret hehehe…
    @ Kodok
    Masukan juga tuh bro..
    @ masbule
    Dijakarta nggak ada kentongan mz :mrgreen:

    Like

  9. sudah saatnya “PETRUS” diaktifkan kembali untuk menurunkan tindak kejahatan, kalau perlu masyarakat harus lebih beringas dalam menghadapi perampok/maling/pelaku kejahatan yang tertangkap, BAKAR HIDUP2 lalu gantung mayatnya di gapura depan gang sebagai pembelajaran

    Like

  10. Piranti pengamanan sudah pasti harus jadi prioritas..
    Hal ini menjadi perhatian serius dari pabrikan sepeda motor saat ini…
    Dengan beberapa terobosan tekhnologi seputar kunci pengaman otomatis yang dipasang di produk Honda, membuat konsumen merasa aman dan terhindar dari resiko pencurian sepeda motor..
    Harapannya seluruh produk sepeda motor berbasis pengaman..
    Apapun..keep One HEART & keep Safety Indonesia

    Like

  11. wah ngeri mzbro…dulu pas lg ngekos dua motor ilang sekaligus dlm satu malam, salahsatunya satria FU, dalam sebulan 4 motor 😯 …wah ati2 aja yg py satria FU musti masang kunci rahasia πŸ˜‰

    Like

  12. cuek is the best …. wah klo kyk gini semboyannya bisa kejadian kyk di cina .. seorang anak tertabrak terlidas 2 mobil … ndak ada yg nggubris … * orang kota hrus bnyk belajar ama orang kmpung gotong royong peduli sekitar

    Like

  13. @ 31. ungeex
    Intele gemeteren mzbro xixixi…
    @ 32. jancook
    Dulu pasca petrus 1985an, menurut ortu kriminal memng langsung anjlok ketitik 0. Pada ketakutan semua..penjahat, pencoleng, penjambret, penodong pada kabur kehutan. Orang yang pakai tato berlomba-lomba menghilangkannya karen ciut nyali. Langsung negara aman total. Tapi melanggar HAM mzbro pastinya….
    @ Hazzen
    Walah…lebih parah tuh
    @ Endifkuns
    Soal satu itu memng saya akui orang kampung lebih top mzbro…

    Like

  14. Wah..mas IWB ternyata tinggalnya deket ma rumah saya nih:) Kejadiaannya di indomaret I y mas, dempetan ma bekas gudang indomaret kan? hehehe…Di situ mah jangankan motor mas lah wong ATM DKI aja dah mo di bobol..ckckckck..makin nekat aja pada tuh maling

    Like

  15. 36. endifkuns
    > wah baru tau ada kejadian kayak gitu Mas Bro … sadis juga ya orang2 yang membiarkan hal itu … Ayo donk, kembali budayakan jiwa gotong royong …

    Like

  16. wanjrit bener bener dah,,,,itu posisi motor pas depan kasir…geblek kasirnya ga teriak…
    pantes tuh kasir sama malingnya dibakar hidup hidup..

    gimana kalo ga ada istri mas iwb…nangis bombay pasti tu yang punya…

    Like

  17. woooo, tak kiro isih bujang πŸ˜†
    resiko menjadi kota besar, dengan segala egoisme-nya…memang wenak ning ndeso, mbok ono dom (jarum) jatuh-pun, istilahnya, semua pada tau…
    CCTV-pun agak mubazir mas, karena rata2 gak direcord, cuman on alias manteng di monitor aja..gak semua sih, tapi di beberapa minimarket, karena berbagai alasan..CMIIW

    Like

  18. Share aja nehh…dulu tahun 2005 waktu masih make VEGAR, vegar saya sempet mau dibawa kabur orang, kunci mongtor udah jebol, mesin udah nyala…tp kebetulan saat itu cakram mongtor saya gembok, jadi gagal tuh maling mongtor…..saran saya, jangan lupa bawa gembok untuk mengunci cakram meskipun itu cuma ditinggal sebentar….yah apa salahnya mencegah dari pada kehilangan….

    Like

  19. persis yg Saya Alami Ketika Meminang FU baru Berumur 3 Bulan Kejadianya Juga diMiniMarket, Alhamdulilah Masih Jadi Milik, Kunci Juga Sudah Hancur kayak Pict diatas Mas, nebus Kunci 260rb di dealer suzuki…..hati2 lah Bagi Pengguna FU

    Like

  20. lain kali y di tambahin rante kapal! terus kunci pake gembok besar, dijamin yang mau maling langsung mikir2! tapi yang namanya maling, semakin berkembang janis pengamanan, pasti tambah pinter buat nyuri! di ganti pke kunci rumah aj, katanya susah di jebol pake kunci T. tapi belum tau juga kebenaran itu si. hehehehe

    Like

  21. Key Shutter udh jelas jadi piranti yg harus ada disetiap motor.. ya setidaknya membuat pekerjaan si maling lebih lama sedikit.. ya cuma sedikit sih.. lebih bagus lagi standar dua nya persisi kayak y punya nya jupiter mx bisa digembok jadi tuh standar tengah ga akan bisa naik kalo gembok blm dibuka.

    Like

  22. 1. Mayoritas mengaku mengetahui aksi mereka, namun bungkam akibat takut.

    2. Curanmor selalu beraksi berkelompok

    3. Curanmor tidak takut dengan lingkungan sekitar. Terbukti beraksi dengan tenang kendati ada mobil atau motor datang kelokasi

    4. Walau kunci sudah dibobol, curanmor tidak selalu sukses. Bisa jadi mereka banyak merekrut orang baru sehingga belum terlalu profesional melakukan pembobolan.

    5. Mereka baru kabur jika ada seseorang yang mengusik aksinya.

    _____________________________________

    nambah lagi mas :

    6. kalau kepepet, senjata api akan di gunakan. tapi kalo keadaan mendukung, senjata api tidak di gunakan

    Like

  23. kl aku jadi istrinya mas IWB, aku ke dalem minjem pilox clear ama lighter, trus aku semprot tuh muka ornagnya pake FLAMETHROWER !!

    Like

  24. BAKAAAAAAAAAAAAAAAARRR !!!
    negor/nereaki maling memang harus bareng2 bos,baru mereka keder
    kalo dewean bisa2 malah sampeyan kena dor~

    dan jangan ragu ngasi kunci tambahan bila perlu (misal:gembok cakram) ato paling gampang : centelin helm di jok,gigi jangan netral bagusnya gigi 3,engine stop,keran bensin off.
    bukan mereka gak bisa bukanya tapi akan nambah waktu untuk malingnya

    Like

  25. Wah klo di daerah Ane sekali maling ketangkep lsg bablas nasibnya sih maling, cz masyarakat kompak udah halal hukumnya memotong tangan maling yg ketangkep basah, malah tragisnya bsa dibakar hidup2. Ngeerriii

    Like

  26. ea ada vixion tuh di pojokan.. valuenya lebih tinggi, komisi malingnya lbh bgs. tp pd takut x lbh dket kasir gampang ketahuan kalo lg ngeden2 muterin kunci T

    btw malingnya aneh bner kunci T nya belum berhasil membuka kuncian stang malah pake cara barbar gitu nyentak2 stang.. panik x mao cpet2 berhasil yg ada malah ketahuan..

    very nice article bro iwan

    Like

  27. bisa terjadi karena mini market banyak yang memberlakukan “PARKIR GRATIS”

    kalo saya mending ada tukang parkirnya dari pemuda sekitar, toh bayar 1000 perak gak bikin kita jadi kere, malah bisa tenang,motor diparkir dengan dijagai petugas.

    Like

  28. @virus: emang ada gaji buta….. ya mata lo tu yang buta,,,, gak bisa lihat kerja keras pak pol,,,,, bisanya komen mulu tapi tapi lo sendiri gak bisa apa2…. dasar bocah…

    Like

  29. Kebanyakan memang bermain aman, daripada jadi korban lebih baik diem. Nah itu dia slogan kebanyakan masyarakat kita. Memang perlu rasa kekeluargaan, untuk membangkitkan rasa peduli terhadap keadaan orang lain. Moga bisa menyadarkan kita semua.

    Ulasan bagus mz iwan. Ditunggu artikel berikutnya.

    Like

  30. 1. upgrade semua kunci dengan yg ada SKS (diharapkan bs meminimalkan aksi kejahatan).
    2. atur regulasi yg nengharuskan pengelola t4 atau jasa tertentu memasang cctv.

    Like

  31. wah ane tau tuh minimarket dmna, secara ane orang depok juga πŸ˜€
    udah sering denger motor saef disitu raib πŸ˜€
    di depok si banyak yang ngomong udah kongkong kalikong sama orang dalem..
    makin berhati” deh secara motor ane sama kayak korban πŸ˜€
    syukur ada istri Mas IWB ga jadi raib itu saef..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s