Seminar Fuel injection Yamaha : Kehabisan bensin??. Aman kangbro…..

wpid-460-x-110.jpg

Yamaha coaching clinic fuel injectionBro dan si sekalian….pada tanggal 19 Februari 2014, kembali pabrikan garputala mengundang segenap media dan Blogger untuk hadir dalam seminar dan praktek langsung untuk lebih mengenal teknologi fuel injection. Sebagai pabrikan yang cukup getol mengkampanyekan keunggulan sistem FI, diakui atau tidak mereka cukup royal membagi ilmu kepada para khalayak umum. Beberapa anggapan yang salah coba diluruskan supaya pengendara merasa nyaman dan aman. Salah satunya adalah ketakutan rusaknya fuel pump atau tidak bisa distarter jika kita kehabisan bensin karena “masuk angin”….uk460x110460x110-ok

Disebut “masuk angin” karena angin masuk kepipa injektor sehingga membuat fuel pump tidak mampu memompa bensin secara normal. Efeknya….motor tetap ngambek walau kita sudah isi bensin. Apakah seperti itu??. Ternyata tidak brosis. Dikawal kepala mekanik Yamaha DDS Cempaka putih, mereka melakukan demonstrasi menguras bensin dengan alat sedot pada salah satu motor praktek. Setelah habis terkuras….dengan indikasi mesin nggak mau dihidupkan, mereka kembali mengisi bensin. Hanya butuh beberapa menit…kunci dinyalakan, engine checking…elektrik starter dipencet dan…hidup normal kangbro. Hhhmm….jebule nggak terbukti. Respon mirip karbu dimana hanya sepersekian detik. Pertanyaannya…apakah nggak merusak ECU??.Yamaha coaching clinic fuel injection Yamaha coaching clinic fuel injection Yamaha coaching clinic fuel injection

“Nggak….nggak masalah. System FI Yamaha sudah didesain untuk menghadapi hal-hal seperti ini. Jadi tidak ada istilah masuk angin atau bikin rusak ECU. Anggapan tersebut tidak benar” ujar pak Abidin (YIMM) meluruskan salahnya opini disela praktek. Selain itu…mereka juga menunjukkan kelebihan fuel pump Yamaha yang dilengkapi filter terpisah. Dengan desain ini…maka konsumen tidak perlu mengganti satu unit fuel pump jika kotor. Tinggal copot filter dan part bisa dibeli seharga 65ribu. “Konstruksi ini hanya ada pada Yamaha. Lainnya menyatu atau fix terintegrasi dengan body sehingga kalau kotor ya harus beli satu set. Dan biayanya jauh lebih besar..” tukasnya lagi bangga…

Selain beberapa kelebihan diatas, pabrikan garputala juga mengklaim bahwa sistem FI mereka tahan banjir plus debu vulkanik. Beberapa hal umum teknis yang membuatnya mampu menghadapi ekstrimnya cuaca yakni…..

1. Air Intake System
Konstruksi saluran udara masuk menuju mesin dan CVT yang letaknya tinggi, berfungsi mengurangi resiko dari kotoran tanah dan cipratan air.

2.  Air Filter (Filter Udara)
Wet element penyaring udara tipe basah yang dirancang khusus sanggup menyaring debu dengan ukuran terkecil bahkan abu vulkanik gunung berapi yang halus. Wet Filter jangka penggantiannya hingga 16.000 km dan bebas perawatan, sehingga mesin Yamaha lebih awet.

3. Muffler Construction
Konstruksi lubang muffler (Knalpot) dengan posisi lebih tinggi mengurangi resiko kemasukan air. Dilengkapi lubang pembuangan air (water drain) yang mencegah air tergenang di dalam muffler dan mencegah karat.

4. Couplers & Cap
Menggunakan water proof coupler & cap untuk komponen kelistrikan (ECU, spark plug, MAQS) lebih aman dari korsleting.

5. Battery (Accu)
Battery letaknya tinggi dibawah jok (Double seat) dan menggunakan MF Battery (bebas perawatan). Tidak mudah terendam air saat banjir yang dapat menyebabkan hubungan pendek (Korsleting).Yamaha coaching clinic fuel injection

Dari hasil seminar pula….beberapa keunggulan sistem FI yang mereka miliki adalah….

§  FI Part Yamaha bisa di maintenance secara terpisah (module by module) misalnya injector , Throttle Body, Filter Fuel Pump bisa dilepas, dll.

§  Self service FI Maintenance (tanpa harus ke bengkel) menggunakan “YAMALUBE Carbon Cleaner”. Konsumen dapat melakukannya sendiri ke dalam tanki bensin, formula khususnya bekerja membersihkan sistem FI secara otomatis. Cukup lakukan setiap 3.000 km, sangat cocok untuk kondisi di Rural Area (kualitas bensin rendah).

§  Service Cepat FI 10 Menit di Bengkel Resmi dengan 3M Injector Cleaning, Throtle Body & Ruang Bakar mesin (dengan cairan khusus) perawatan lebih cepat dan murah. (Jika sibuk ini solusinya).

§  Perawatan FI yang paling sempurna menggunakan FI Injector Tester & Cleaner (alat ini membersihkan secara sempurna komponen FI, sehingga kondisi seperti baru terus) sehingga tidak perlu sering ganti part.

§  General Check Up yang akurat menggunakan FI Diagnostic Tools :
(alat ini mampu mendeteksi problem teknik sistem FI sangat cepat dan akurat). Mereka mengklaim….seluruh tool ini tidak dimiliki kompetitor.

Last…terlepas dari upaya mengkomunikasikan kelebihan sistem FI mereka, kita sebagai Blogger dan media mendapatkan ilmu berguna dalam mengenal lebih dekat sistem FI. Teknologi yang terus berkembang dari waktu. Dan ketika mindset lawas ketakutan sistem FI rusak atau masuk angin nggak bisa dihidupkan kembali ketika kehabisan bensin…..praktek nyata dilapangan membuktikan…..anggapan tersebut hanya masa lalu. So…kehabisan bensin nunggang motor injeksi??. Yamaha menjamin produk mereka aman brosis. Ora usah kuatir :mrgreen: …….(iwb)  injeksi Yamaha injeksi Yamaha Yamaha coaching clinic fuel injectionYamaha coaching clinic fuel injection

Advertisements

315 thoughts on “Seminar Fuel injection Yamaha : Kehabisan bensin??. Aman kangbro…..

  1. Info yang bagus mas Iwan..!! Saya juga pernah kehabisan bensin Liberty saya, waktu masih baru diantar bensinnya dikit banget. Utk test muter kompleks lha kok habis mensin trus mati. Terpaksa sedot dari Ninja, hidupin lagi jg langsung hidup.

    Like

  2. mas iwan numpang tanya, saya punya new vixion keluaran bulan 6 tahun 2013,, 2 hari yang lalu akinya soax tapi di kick starter gak mau nyala itu kenapa ya mas?
    apa semua injeksi yamaha kalo akinya soax gak mau di kick starter?

    Like

    • masih bisa kok., ane pernah ngalamin sendiri waktu itu kehabisan bensin pake old viksen bliin eceran coalnya pom bensin jauh, trus coba posisi kontak off di kick starter 5 kali kontak di on dan sekali pancal langsung nyala mesinnya, ane pake viksen 2010

      Like

    • Mana buktikan, invite bang iwan pa bloger lain buat seminar kaya Yamaha. klo ente marketing honda malah ane gak simpatik, cz cuman tebar hoax bukan bukti otentik kayak yang dilakukan yamaha. jangan jadi pengecut.

      Like

  3. Juossss… Sbentar lagy AHM ikutan, dan bakal bombardir diiklan2 nya ,giring dkk, persaingan nih makin ketat, Yamaha Zet- FI nya unggul nih, yang lain??

    Like

  4. sbtulnya kasus kehabisan bensin, fullpump mtor merek apapun gak masalah, yg penting tuch kotoran di tangki gak kesdot aja. kebiasaan ngisi bensin ampe tiris bru di isi. memang sebaiknya, untk mtor injeksi bila bar indkator bensin tnggal 1/4 tangki, lebih baik di isi full lagi. dan bila kasus khbisan bensin, stlah di isi, nyalakan kunci kontak ke on jgn lngsng stater, on- off ampe lampu engine nyala trus mati, ulangi 3x trus stater dech….

    Like

  5. yes …
    ilmu ilmu…
    pagi2 dapet pengetahuan berguna yg menepis semua kabar buruk…
    beberapa komentator yg berfikir negatif sih liat materi2 bahasan yg bagus juga tetep ajja di caci…
    gk akan jauh tuh pasti kerjaan para sales ato pengguna fanatik buta…
    semoga para komentator bisa mengunyah2 materi dg baik dan mengambil sisi positif nya dari setiap materi…
    gk usah bakar2an…
    gk lucu di liat nya…

    Like

  6. tp kang koq pernyataan tsb ga sesuai bukti
    dilapangan?
    tmn istri ane pny mio j,hbs
    bensin,waladalah mogok kang,nuntun smp
    BERES mlh lgsg dibilang mekaniknya hrs
    gnt fuel pump,,walah tepok jidat tuh tmn
    istri ane,hbs byk.
    stlh tu kapok pk fi
    #asli bkn bc,kl tdk pcy blh kt4 ane,tny sndr
    sm orgnya

    Like

  7. Yang dicoba itukan pada saat mesin mati, trus bensinnya dikuras, trus di coba dinyalain sehabis itu diisi bensin lagi. ya jelas bisa lah..

    coba kalo mesin pada saat melaju trus keabisan bensin gimana?

    Like

    • yup betul.. itu masih ada sisa sedikit bensin jd ya iya lah bisa langsung hidup.. harusnya setelah di kuras di hidupkan dulu sampai benar – benar mati engine nya.. setelah itu coba isi lg dan coba hidupkan di jamin muogoook.. ini terbukti di lapangan..

      Like

      • Perkara ini wak haji Taufik (TMCblog) sudah tes sendiri bro. Sengaja jalan sampai mati. Kemudian dikasih bensin hidup normal (monggo intip arsip blog doi). Yang kedua saat test turing GT125. Ada satu wartawan yang memang ngotot sengaja nggak mau diisi bensinnya padahal strip sudah seperempat. Tujuan mereka ingin mencatat seberapa irit komsumsi bbm motor. Dan dikota jember (sekitar pasar) mesin akhirnya betul-betul mati. Diisi bensin…motor langsung hidup. Btw monggo dibaca ulang lagi artikel saya mzbro. Pengurasan bukan hanya memastikan bensin ditanki habis tapi engine juga distarter memastikan nggak bisa hidup. Baru dikasih bensin setelahnya. Didepan mata kita semua koq. Just share aja…..

        Like

      • Kalo menurut tulisannya kang iwan… untuk melihat bensin sudah bener-bener habis; setelah dikuras, motor dicoba starter dan gak hidup. Setelah tahu bensin bener2 habis baru deh diisi bensin dan dicoba lagi untuk starter. Itu yang aku baca om…
        Coba dibaca lagi deh.

        Like

    • sama bro ane jg pernah ngalami. hanya saja sayang merk” selain Y ga mau bikin acara spt itu, biar gamblang dan biar semua konsumen lebih yakin…kan ada bukti otentik gitu lho

      Like

  8. juozz lah Yamaha. Keren emang. Bahkan fuel meter aja terpisah dengan fuel pump. Ga kaya sebelah yg menyatu. Alhasil kalo rusak ya harus beli satu set fuel pump. Lebih mahaallll!

    Like

  9. mas iwan, itu kan untuk motor injeksi yimm masa kini,, gimana untuk oldvixi kalau dilakukan seperti penjelasan diatas? apa ada masalahnya,seperti masuk angin?

    Like

    • Tapi ya bener2 ada yang begitu mas. Aku pernah ngeliat mbak2 ndorong motor matic dan mencoba membantu, coba2 segala macam cara yang terpikir tetap gak bisa. Ditengah kebingungan dan tengsin aku liat indikator bensin yang “empty”. Yaudah, aku bilang kemungkinan bensin-nya abis dan aku suruh tu mbak2 ndorong smp pom bensin. Kebangetan banget dah… punya kendaraan bisa sampe keabisan bensin.

      Like

  10. Saya pake cb150r, baru turun dari deler, dibuat jalan” langsung kentean bensin. . . . Sidane nyurung sampek pom. . . Udah nyampe langsung isi bensin. . . Stater ternyata juga langsung nyala. . . .

    Like

  11. KEREENN! MANTAAP!

    Soal design fuel pump yg terpisah dgn fuel filter itu BAGUS banget….itu penghematan bagi konsumen. Sy gak tau ya kalo sistem di r2 kompetitor…..tp yg saya tau…rata2 di mobil itu barang pd nyatu…jd kalo macet ya ganti semuanya yg rata2 berharga 4 jutaan.

    Like

  12. sharing dari yakampret yang joos,,, ngilmune sih udah lama tau,,,,

    di tunggu sharing ngelmu dari ahmpret,,,
    jangan konsumen di jadiken kelinci percobaan terus,,,

    Like

  13. Kalau ada di desa jauh dari penjual aki sama tukang cas aki bikin repot injeksi Yamaha yang baru seperti Mio J, Xeon injeksi, Soul GT, NVL biarpun ada engkol gak ada fungsinya beda sama injeksi Honda biar tanpa aki di engkol langsung nyala.

    Like

  14. Berarti Injeksi
    Yamaha ga ada
    Capasitor Bank
    nya? Waduh..
    Klo tiba2 aki
    soak di jalan,
    bisa2 dorong
    motor dunk?

    —————-

    kl aki soak pas jalan trus motor mati kyknya sangat amat jarang terjadi om,
    dan gak ngefek sama engine…
    kl aki soak pas berhnti pas perjalanan jauh biasanya masih ada sisa tegangan yg masih bisa untuk menyalakan injector,
    jadi pake kick masih bisa nyala…
    dgn catatan saat dinamo starter ada indikasi gk kuat nyala, jangan pernah dipaksakan, langsung pake kick starter…

    kl sudah terlanjur dan terpaksa gk mau nyala ya pinjem aja aki tetangga buat nyalain doang, kl dh nyala balikin dah…

    kl gk ada pinjeman, baru dah dorong…

    wkwkwkwkwk

    Like

  15. itu masih ada sisa sedikit bensin jd ya iya lah bisa langsung hidup.. harusnya setelah di kuras di hidupkan dulu sampai benar – benar mati engine nya.. setelah itu coba isi bensinnya lg dan coba hidupkan di jamin muogoook.

    Like

  16. 45. Sego Jotos – Februari 21, 2014

    Lha Kuwi yamoho….lha nek mongtor hondut kepriye…. 😆
    =======================================
    gampang om,,,
    tinggal di buakar wae,,, 😆

    Like

  17. Dlu old vixi kakak ane, kiprok jebol bru 2 thun pake, ud ganti aki 2x, alhasil tekor mlu,mesin bisa idup,cuma berebet,padahal aki ud di ganti baru,mekanik yamaha nya juga bego.. Masa cuma disuruh ganti aki,kiprok jebol ‎​Ъªќ kedeteksi,bolak balik beres yamaha 3x bru ketahuan aki ‎​Ъªќ ngisi,sparepart nya jelek bgt sih….ud gt mahal lg kiprok vixi 360rebu

    Like

  18. 60. hondal n yamahal – Februari 21, 2014

    Dlu old vixi kakak ane, kiprok jebol bru 2 thun pake, ud ganti aki 2x, alhasil tekor mlu,mesin bisa idup,cuma berebet,padahal aki ud di ganti baru,mekanik yamaha nya juga bego.. Masa cuma disuruh ganti aki,kiprok jebol ‎​Ъªќ kedeteksi,bolak balik beres yamaha 3x bru ketahuan aki ‎​Ъªќ ngisi,sparepart nya jelek bgt sih….ud gt mahal lg kiprok vixi 360rebu
    Balas
    ============================================
    biasa itu om,,,
    itu penyakit paling umum di piksion keluaran taon 2005,,, 😆

    coba deh tanya bro ry4n kalo kagak percaya,,, 😆

    Like

  19. Itu motor berteknologi motogp injectionnya ko dikorek-korek pake obeng???…

    😀

    walah….
    apa kata geng pantat merah tuh…
    motor injeksi ko pake obeng????

    😀

    wakakakakak….

    Like

  20. § General Check Up yang akurat menggunakan FI Diagnostic Tools :
    (alat ini mampu mendeteksi problem teknik sistem FI sangat cepat dan akurat). Mereka mengklaim….seluruh tool ini tidak dimiliki kompetitor.

    ================================================

    yimm sama gerombolanya gak jauh beda sama-sama songong….

    😀

    Like

  21. enakan karbu lah kagak usah kebengkel bongkar dewe bisa, kalo injeksi sudah beda generasi, jaman ane sekolah dulu kagak ada namanya injeksi wkwkwkwkw

    Like

  22. padahal ada metik y yg pernah ngalamin kehabisan bensin trus diisi bensin tetep distater nggak mau nyala..tapi emang nggak ada pict nya..percaya monggo nggak percaya monggo dibuktikan.. wkwkwkw.. :mrgreen:

    Like

  23. yamaha aki tekor mesin g bisa nyala dg kick starter
    honda aki tekor mesin masih bisa nyala dg kick starter
    kalau habis bensin trus diisi lagi keduanya sama bisa nyala
    kesimpulan honda masih lebih unggul dari yamaha
    cuma honda g mau gembar gembor kayak yamaha,konsumen dah pada pintar mana motor yg kualitas bagus.terbukti penjualan motor injeksi masih dikuasai honda.dan honda lebih dulu memakai injeksi pada supra x 125 daripada yamaha

    Like

  24. wekekekek kalo epbeyek mah percaya wae kan sesembahannya …

    ya kalo 1-2 kali keabisan bensin sih gak apa2 tapi kalo keterusan serasa kayak pnya motor karbu pasti fuel pump rusak ( berlaku buat injeksi merk apapun)

    Like

  25. masih bagus injeksi hondut udah step 4, gak perlu pake laptop dan diagnostic tool, cukup disetel pake obeng min teknologi robot ngoasimoh, plus kalo naik gunung dapat fitur tenaga ngempos

    Like

  26. pingin liat pigson injeksi si raja sport teknologi moto gp yg dibangga banggakan FBY ditabokin mesin dohc 6 speed di kejurnas,komuter sohc 5 speed overstroke vs dohc 6 speed.kalau yg diturunin balap r15 terbukti NVL cuma motor lemot yg g disukai speed lover.speed lover pilih ninja,fu,cb150r

    Like

    • bukti nvl lemot kan sdh dr dulu,
      * yimm bilang nvl motor komuter
      * ditest tabloid r2 drag dg cebong hasilnya ……. (ah, jd tak enak jelasin) pdhl ban gambot vs cungkring, throtle body 28 vs 30, sohc vs dohc

      Like

  27. mulai deh FBH yg mukanya kayak BH mbah mbah kebakaran jenggot kagak terima, sante aje breh… Yamaha juga sekarang lbh oke dan image boros bensin udah bisa ditepis, eh sekarang malah hondut yg jadi boros,… Cuma nenek nenek jadul kuno yg ngomong kalo “motor yg paling irit yah hondut ndok”… haha

    Like

  28. Apapun Motornya, Menjaga tangki tetap terisi bahan bakar adalah bagian dari merawat kendaraan. Meskipun Bensin habis dan diisi bisa langsung nyala harusnya bukan itu yang disharingkan ke Konsumen. melainkan konsumen diedukasi untuk selalu menjaga Kondisi tangki tetap terisi bensin dan jangan sampai Kosong/Habis.

    1. Karena saat tangki kosong meski sudah dilengkapi filter ada kemungkinan endapan kotoran dalam tangki ikut tersedot oleh fuel pump artinya juga akan mempercepat penggantian filter bensin dan kemungkinan endapan kotoran tersedot akan lebih kecil jika bahan bakar dalam tangki masih banyak/penuh.

    2. Tangki motor di Indonesia kebanyakan terbuat dari plat besi atau sejenisnya, bagian tangki yang bersentuhan dengan BBM tidak akan mengalami oksidasi sedang bagian yang bersentuhan dengan udara akan mengalami oksidasi yang akan dapat mempercepat timbulnya karat di dalam tangki. sehingga saat bensin terisi penuh maka permukaan tangki yang bersentuhan dengan udara akan lebih sedikit sehingga luas permukaan oksidasi juga dapat direduksi sehingga memperpanjang usia tangki.

    Like

      • Bro pugman…bagus sharing infonya. Tapi yang ingin kita garis bawahi dari artikel adalah anggapan mesin injeksi berbahaya jika kehabisan bensin. Dan itu terjawab dengan artikel diatas. Untuk masalah karat…hampir seluruh tanki motor injeksi sekarang sudah dilapisi zink plate anti rust pada dinding dalam. Walau kemungkinan karat masih ada tapi sangat kecil. Biasanya karena umur atau oksidasi dari luar…cat mengelupas misalnya. Namun betul kata sampeyan, kotoran bensin saat habis total lebih rentan menyerang filter fuel pump. So…lebih bagus hindari menunggu motor kehabisan bensin

        Like

    • Nambahin gan…
      Biasanya bensin kan terasa lebih dingin kalo abis melewati malam, kalau ada udara didalam tengki maka bisa terjadi pengembunan uap air yang dikandung udara menjadi butiran air. Jika terjadi terus menerus air akan makin banyak didalam tengki. Karena densitas air yang lebih besar daripada bensin/minyak, air pasti akan berada didasar tengki (membentuk lapisan air) yang terpisah dengan bensin yang lebih ringan. Pelat baja + air –> timbul karat yang akhirnya menjadi penyebab kebocoran tengki gan. CMIIW

      Like

    • 1. Bukannya kotoran itu dibawah ya? Dan fuel pump pasti dibawah juga kan? Berarti sama aja dong mau full atau enggak..
      Cmiiw

      2. Ooo,baru tau. Berarti para pemilik motor batangan honda pada ga full ngisi tankinya ya?
      Nyatanya pada bocor…

      Like

  29. Kayaknya itu komponene standar injeksi kang.. semua pabrikan yg injeksi sama part2nya.. kalo fitur sama peletakan komponen tergantung desain masing2. Harga bawa rupa. Makin cnggih sistem makin mahal harganya..

    Like

  30. Kalo fbh lebih sering mengalami aki soak makanya ada apa namanya itu…kapasitor ya?

    Nah…kalo artikel diatas tuh soal menepis anggapan bila bensin abis maka mtr injeksinya masuk angin dan tetep mogok bila diisi kmbl.

    Itu kesimpulan yg sy baca scr cepat hari ini. Knp scr cepat? Krn banyak suampah dr fbh yg tiap hari gak henti2nya di buang ke blog2 r2.

    Like

  31. hare gene msh ribut kehabisan bensin?
    * indikator bensin ada (apa tak pernah lihat)
    * pompa bensin banyak
    * penjual bensin eceran banyak.
    mungkin cuma uang didompet yg tak banyak. Mampu beli motor kok tak mampu beli bbm.Ekekekeke

    Like

  32. sebenarnya teknologi FI itu terlalu di wah kan di sini. FI kan teknologi 80 an, jadi gak ada yg baru, cm penyempurnaanya saja
    ECU itu hanyalah controler, gak ada yg spesial juga. pabrik mendesain ECU itu bukan karena pengen motor kenceng2an atau gmana, tapi ke arah reability saja.
    misal dalam software ecu ada variable
    x=10ms if pressure = 200kpa misal
    dimana x adalah lama injector menyemprotkan bensin.
    itu sangat mudah diganti dg x=20 atau 30 atau 40. tp kenapa memilih 10?
    alasanya ya karena reablitinya, misal bensin oktan 88, sehingga maksimum tekanan kompresi sekian supaya tidak detonasi, maka debit bensinya sekian supaya campuranya 1:14 misal. hanya itu saja, gak ada yg canggih2 kalo kita ngerti ilmu dibaliknya,
    sebenarnya pabrik gampang banget bikin vixion tenaga 30hp tanpa rubah volume silinder, yaitu dgn mempertinggi perbandingan kompresi 1:18 misal, kemudian varibel ecu diganti x=30 misal, tapi konsekuensinya bbm harus oktan 110. kan gak mungkin?

    Like

  33. Makasih Banyak Infonya Berguna banget nih Bang IWB,..
    Tapi aku boleh nanya bang, apa sistem Konstruksi “FI” Yamaha yang terpisah ini sudah diAplikasikan pada semua jenis motor FI-nya (Termasuk Gen Pertama Sport FI-nya a.k.a Old Vix*on) Sekali lagi makasih Infonya Bang IWB. Salam kenal dari MEDAN.

    Like

  34. wis jiann.. kalau artikelnya tentang keunggulan yamaha/honda kolom komentar jadi kaya arena adu jotoss..
    hmm… Indonesia itu,,,,, konsumtif banget, manja banget, fanatik banget,kelewat ngirit, apa males banget??

    Like

  35. Bawa ke sinih motornya om…. Ane isep dah tuh asep…oli sampingnya yg merk bagus ya,biar agak wangi dikit…# jangan2 mtrnya ga pake olsam nih wong 4 tak..metik apa bebek om?

    Like

  36. 121. bad=boy – Februari 21, 2014

    121…., ATTENTION….nyang lg butuh pulsa ndang komen dimarih…
    Balas
    =============================================
    ane butuh banget om,,,

    biar bisa sodakoh ke kaum pakir k!sm!n FBH,,, 😆

    Like

  37. 123. Sukhoi-47 Berkut – Februari 21, 2014

    Yo ngene ada pencerahan. . . Info yg berkembang,FI gk boleh kehabisan bensin. .
    Balas
    ============================================
    wkwkwk,, komen sampeyan bias om,,, 😆

    secara tidak langsung,,, mongtor yang belum injeksi boleh kehabisan bengsin dong,,, 😆

    intine,, mongtor sing isek perlu ngombe bengsin,, nek iso yo ojo ke entek an bengsin,,, 😆

    IYO po IYO,,,?? 😆

    Like

  38. 128. Ferboes Richardson – Februari 21, 2014

    aku gak punya motor injeksi
    Balas
    =============================================
    asli,, sumfah mati,,,,
    ora ono sing takon om,,, 😆

    wkwkwkwk,,,

    Like

  39. 136. Ferboes Richardson – Februari 21, 2014

    menunggu saat yag tepat

    ==============================================

    lagi podo nginceng2an…. awas…disinyalir para penjaga warnet siap2 sruntulan…nyodok2…. :mrgreen:

    Like

    • bukan kejaring om,,,
      ketentuan dari kang saipul jamil,, kan kagak boleh komen hanya angka saja,,, 😆

      jadi ntar bisa berubah tuh podiumnya,,, 😆

      Like

  40. peyek – Februari 21, 2014
    bukan kejaring om,,,
    ketentuan dari kang saipul jamil,, kan kagak boleh komen hanya angka saja,,, 😆

    jadi ntar bisa berubah tuh podiumnya,,, 😆

    ================================================

    Buru peknnggo koyo tuku lotre wae…. 😆

    Like

    • bisa hidup mas sy sendiri punya vario 125 iss waktu itu tes seberapa jauh di tempuh begitu idikator nyala kedip” maklum rumah di kampung jauh dari pertamina, saya jalan sampai motor mati trus saya isi bensin yg sudah saya bawa pencet stater langsung hidup.

      Like

  41. Tp dalam praktek nya justru injeksi yamaha itu paling lemah kang..

    Coba check ke bengkel2 umum deh dan tanya mekanik nya,bnyak penunggang mio j bermasalah kl hbs jatoh atau sering2 ke hbsan bensin

    Like

    • Bengkel umum emang belom ada yg bisa benerin injeksi kaleee.. Apalagi yamaha, softwarenya belum dijual umum. Kalo bece jangan kebangetan om,keliatan deh isi otaknya…

      Udah ah. Keterlaluan becenya…

      Like

      • Ayo deh gw ajak ke bengkel umum yg peralatan injeksi nya lengkap,dan u tanya deh..
        Gw ini ma keliling bengkel cong lah kerjaan gw..

        Sofware yg kata nya blm tersebar itu ma kata nya doang,tp praktek nya udh mulai bnyak bengkel umum yg beli investasi..
        Ente kl di jkt dateng aja ke bengkel di seberang lotte mall taman surya cengkareng kali deres..

        Itu bengkel alat injeksi yamaha dan honda lengkap sampe alat 3M pembersih injektor yamaha pun tersedia di sana

        Like

  42. aku sudah mengalami mogok kehabisan pertamax, langsung beli premium di eceran pinggir jalan, tunggu 3 menitan kunci kontak di ON langsung hidup mesin.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s