Knalpot racing??. Hati-hati bro…Polantas sudah mulai serius!!!

gp-banner-460x110

Iwanbanaran.com -Bro dan sis sekalian…..ancaman serius disuarakan Polda Metro Jaya untuk membabat habis para biker yang masih bandel menggunakan knalpot racing. Hal ini diungkapkan Kasubdit Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono bahwa motor yang pakai knalpot racing akan mereka tilang dan didenda maksimum hingga Rp 500 ribu. Operasi pelan-pelan dilakukan diseluruh wilayah Jabodetabek sebagai tindakan nyata komitmen kepolisian…uk460x140(Gif)460x150(1)

Seperti dilansir Detik….Polda Metro Jaya juga sudah melakukan razia dan berhasil menjaring 119 motor. Jumlah itu terdiri dari beberapa lokasi, diantaranya, Jalan Pramuka, Ancol, Jalan Panjang, Mampang, Buncit Raya, dan TMII. Jumlah tersebut akan terus meningkat seiring operasi yang terus berjalan. Seperti yang kita tahu…peraturan tentang suara berisik telah diatur dalam Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang mengancam sanksi bagi pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Regulasi disokong Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang diteken Menneg LH Rachmat Witoelar pada 6 April 2009. Artinya, lebih dulu dua bulan sebelum UU No 22/2009 tentang LLAJ yang diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 22 Juni 2009. Nah emang berapa sih ambang batas suara yang dilarang??…

Dalam peraturan pemerintah lingkungan hidup….disebutkan batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas, untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db) serta motor kubikasi 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db. Disana gamblang disebutkan angka secara detil. Masalahnya adalah…selama ini petugas hanya menggunakan feeling untuk memutuskan bising atau tidak. Itulah yang kadang membuat biker masih kekeuh motor mereka masuk toleransi. Seyogyanya polantas dilapangan dibekali alat pengukur agar biker bisa menerima saat dilakukan tilang…

Last….akan lebih baik kita biarkan tunggangan dalam konsisi standart. Kecuali mau turun balap…monggo baru ganti free flow muffler. Keseriusan polisi kali ini tidak main-main. So…hati-hati bro!!. Standart aja wis knalpot :mrgreen: …… (iwb)

Advertisements

249 thoughts on “Knalpot racing??. Hati-hati bro…Polantas sudah mulai serius!!!

  1. Aneh neh isilop kita, dr pada aturan knalpot mending tertibin tuh omprengan yg asepnya jelas bikin polusi. Lum pernah dgr suara moge sih, tar asal tilang aja wong alat ukur dBmeternya ga ada. Masa alat ukurnya cuma kuping polantas? Payah!

    Like

  2. sekarang semakin besar cc nya suaranya smakin halus kalo di biarkan pake knalpot standart.. siuwww siuwwww…

    kecuali harley davidson mungkin,, knalpot stndart nya aja wis brum brum…

    Like

  3. P : selamat siang pak?
    R : siang
    P : mana surat-surat dan sim?
    R : ini pak,
    P : bpk tw kslahan bpk?
    R : tidak pak
    P : bpk ini melanggar pasal a,b,c
    ya sudah kita selesaikan d pos
    R : pos apa pak? Pos ronda ?
    P : hemm, plak!!!
    Pengendara lain pun tertawa,

    Like

  4. Dengan ini saya turut gembira mendengar berita ini , babat habis knalpot alay … paling tidak berita ini bikin ketir ketir kamu wahay knalpoter alay …. rasain !!!

    Like

  5. Setuju ama pulisi dah,brisik banget tuh yang pake knalpot gak ori.gua rasa pas ditangkep,pegangin palanya,deketin ama moncong knalpot kupingnya,lalu ama si polkis di gas dan diblayer2 tuh motor.biar nyahok

    Like

  6. MBELGEDHES NGGEDABRUS tok kwi aturan anggota pramuka…udah pasti modus bt cri tmbhan pnghasilan,tajam kebwah tmpul keatas…nek gak ngnu kapan isone mangan sego iwak!

    Like

  7. Jamaah MBLARAH pada Desember 15, 2013 pada 3:31 PM
    MBELGEDHES NGGEDABRUS tok kwi aturan anggota pramuka…udah pasti modus bt cri tmbhan pnghasilan,tajam kebwah tmpul keatas…nek gak ngnu kapan isone mangan sego iwak!
    ===
    Sampeyan tuh gak usah sok menghakimi terlalu jauh la…toh tuh aturan bikin bebas polusi suara dr knalpot singe cyl.

    Apa sampeyan tuh spt fbhpfft naek spacy yg kalap itu?

    Hwahahah…

    Like

  8. Kalo tu anggota pramuka krang krjaan mnding dibebas tgaskan ja…jd polisi tidur,biar yg skit hti prnah dtindak puas ngelindasin!

    Like

  9. Yang penting udah jelas batas ambang desibelnya, gak rancu lagi….nah monggo ukur sendiri yg udah punya….supaya lolos hukuman.

    Like

  10. pada ribut alat, nanti juga ada. lha, sekarang aja udah siap sensor gun kecepatan kayak di amrik. udah, mendingan pikirin tuh knalpot baj**gan buat yg pake.

    btw, di viva news ane baca ms honda. sportnya melonjak bro. cebong aja 165 ribuan. sadiiis. ms sebulan ntu yak?
    * ane mesti bego dulu biar sama kayak fbh ikut senang lihat ms sport honda.

    Like

  11. Jaos@ Wah sayur2…ente nih yg bt aturan,ato ente trmsuk oknum anggota pramukanya…wkwkwkwk
    Ane cm gak stju cra ngetesnya cm pke kuping sutandar bwaan lahir, apalgi kuping anggota pramuka kan trknal BUDEG dngn KEADILAN!

    Like

  12. Knalpot anu tuh bang ! Iya nih di tangerang jg dh ditindak lanjut kmren tmn ane jg kena. Dikejar trus tmn ane disuruh nempelin telinganya di lubang knalpot trus di gaspoll ma polisi, trus ditanya brising ngg !
    ? Brisik pak ! Makanya jngn mbrisikin orang ! Trus dipatahin knalpot tmn ane , alhasil pulang g pake knalpot dicegat lg m polisi. Mo ditilang lg tp ngaku abis ditilang ni lg nyari knalpot lg.

    Like

  13. Hanya orang tak berpendidikan dan tak bermoral yg memakai motor dgn knalpot bising kebut2an di jalan umum, sama kaya koruptor merugikan orang banyak..
    Ane mau tanya mau balapan?
    Ya Di sirkuit, bukan di jalan raya, semua harus pd tempatnya…

    Ane ngemaklumin kalo itu osis, tapi kalo diatas usia 21 itu orang akal dan nuraninya g d pakai…

    Mohon maaf mas iwan komentar ane rada pedas, cz didepan rumah ane anak kecil tewas ketabrak sama orang g punya otak yg kebut2an d jalan nyalip namun g kesalip cz didepannya ada mobil, alhasil ngehindar shingga mnabrak anak kecil yg mau nyebrangbdipinggir jalan…

    Ane setuju sama pak polisinya….babad habis orang2 yg g punya otak kaya gitu

    Like

  14. Peraturan GeJe ne.. Operatornya juga geje terkesan sangat dipaksakan.. Juklak gak jelas n db meter jg gak punya kok asal nilang.. Pdahal hukum itu Ada kepastiannya,kok kuping dijadikan alat ukur tntu sngat subyektif kn hasilnya.. Itu desibel 90 pda rpm brp kn jg g jelas.. Knalpot standar klo di gas pda rpm tinggi jg berisik.. cb deh wktu servis motor itu.. Blm lg suara knalpot 2tak, gak cm disable tp emisinya jg parah itu.. Apa aturan ini g konyol… Apa lg kmarin sempet tu pak hindarso blg klo HD g ditilang gr2 knalpot uda dri pabrik gt.. Ini bnr2 g mutu jg omongannya.. Klo HD melanggar batas DB ya g usah ksh ijin impor n jalan lah.. Goblok kok dipelihara..

    Like

  15. Yg bikin dan ngejual itu kenalpot model racing akan di tindak ga yaaa?
    Mesakke klo cm pemakainya saja….
    “Secara pribadi aku lebih suka pake yg standart…aman pokoke…”

    Like

  16. @jamaah mlarat
    Well….gw ini konsumen biasa…sampeyan bisa baca gak ncknm gw?

    Drpd sampeyan koar2 sakithati sampeyan gak guna……mending diam aja…toh….ntar kan pake alat….habisla tuh semua knalpot berisik! Hwahahha…

    Like

  17. trus bagaimana nasib knalpot2 racing yg blm terjual di pedagang??
    trus bagaimana nasib stok knalpot racing di gudang pabrik??
    bagaimana jg karyawan2nya???
    mereka mndirikanp abrik jg punya Siup??

    Like

  18. Kasian fbh dong,tanpa knalpot racing motor honda kan luemot2……m..
    Hihihihihihihihihi……
    Kasian jg fbh kan miskin2.ntr kalo kena tilang gmn coba.
    Hihihihihihi

    Like

  19. harusnya langsung di tahan motorny! Suruh ambil knalpot yg standar, Pasang baru boleh bawa pulang!
    Klo ngulangi lagi, baru di kenakan sangsi! polisi jangan mempertakut masyarakat! katanya mengayomi!

    Like

  20. polantas itu memang lahan basah (tau dong artinya lahan basah)..
    gak jauh dari rumah ane ada pos polantas,, slah satu polisinya akrab ma ane,, dah kebongkar semua dah sistem kpolisian itu gimana..
    bahkan untuk msuk polantas itu gak murah bro… saling bersaing gede gedean duit ke atasan,, yg paling gede duitnya, ya itulah yg di pilih dan di pilihkan tempat pos pos yg paling gampang nyari basahan…
    makanya…
    kalo ada orang yang bilang di negara ini yang kaya akan smakin kaya, dan yg miskin akan smakin miskin..
    percayalah….
    di negara ini hal tsb memang akan terjadi..

    banyak peraturan yang sebenernya gak terlalu penting tapi di buat demi keuntungan pihak pihak tertentu.. dan banyak peraturan yang sebenernya jauh lebih penting untuk di buat, tapi tidak di buat, menilik minim nya peraturan tsb dalam menghasilkan keuntungan bagi pihak2 tertentu..

    percayalah… percayalah… cling (ngilang).

    Like

  21. s0erya pada Desember 15, 2013 pada 4:08 PM
    harusnya langsung di tahan motorny! Suruh ambil knalpot yg
    standar, Pasang baru boleh bawa pulang!
    Klo ngulangi lagi, baru di kenakan sangsi! polisi jangan
    mempertakut masyarakat! katanya mengayomi!
    ____________________

    Yups…. Setuju banget sama anda gan. Itu solusi yg tepat. Jadi jangan langsung ditilang. Karena ga semua orang tahu aturan seperti itu. Taunya cuma make helm dan nyalain lampu.

    Like

  22. Wkwkwkwkwk….

    Si bletak duorrr !!!

    Juga pasti kena tuh..

    # karena bletaknya udah diambang batas ..

    Saking kagetnya laron2 keluar dari tanah …

    Ngoahahahahaha…..

    😀

    Like

  23. Setuju .. Kalo begitu Polisi seharusnya sudah disiapkan alat2 pengukur tingkat kebisinganny, jangan cuma pakai telinga aja.. Itu sama aja mencari ladang baru, tolong pak polisi agar tegas dan jelas menerapkan aturannya.. Jangan seperti ini.., dan kalau memang dilarang.. Pabrik2 pembuat kenalpot racing bagamaina kabarnya? Apa mereka membuat kenalpot racing secara ilegal? Tidakkan.. Pasti ada izinnya.. Nahh izinny itu dipertanyakan, tolong pak polisi kalau buat peratuan itu jangan setengah setengah..

    Like

  24. 90 db itu pada rpm berapa…di luar negeri gak sesederhana itu. belum juga alat desibel meter…jgn sampe cuma ngandelin aplikasi android gratisan…btw harus aktif juga nutup pabrik knalpot racing yg gak punya standar…hayoo susah lho pak polisi. tp kalo modal “pokoke tilang” ya apa mau dikata

    dan memang yg amat berisik gak perlu alat sih…mosok kuping e gak keganggu

    Like

  25. aturannya masih abu abu. Emangnya kl pk knalpot standar trus dibedel gak ditilang? Ato tiap pk knalpot racing musti ditilang?
    Mustinya pd pelaksanaannya, polisi dibekali alat pengukur desibel. Bukan cm mengandalkan kuping.
    Dan kalo emang mau menegakkan aturan, jangan cuma usernya aja yg ditangkap, tp jg produsen dan pengedarnya.

    Like

  26. si modar mbahnya fby smart gak sekalipun k artikel sblh…krn tau anak cucunya keblinger kyk mbahnya…ngoahaha
    🙂

    Like

  27. ane setuju, cak iwb….peraturan kudu dtegakkan….intinya SEPEDA GAK STANDART TING TING KUDU DITILANG!!!
    *r25 yg dinanti pembeli dan angan angan lngsung gnti stlh datang drmh musnahlah sdh….ngoahaha

    Like

  28. apa sih enaknya knalpot bgt_an…ana uda pengalaman, dkembalikan standart dr racing…lepas gas meledak2, untung djual…westalah!!! pabrik itu sdh sedemikian rupa buat tu motor, masak msh kurang puas…tobat…tobat….lirik anak cucu mbah modar….ngoahaha
    🙂

    Like

  29. dilapangan nanti, aturannya pasti (bs memastikan) diskriminatif.
    Contoh nyata antara pengguna motor bebek ama motor harley.
    Motor harley dg alasan pk knalpot standar pasti gak ditilang meskipun berisik, but yg pk bebek pasti ditilang kl pk knalpot racing meskipun pk knalpot racing yg tingkat kebisingannya rendah.

    Like

  30. Keseriusan polisi kali ini tidak main-main.
    ================================
    dah dari dulu polisi gak main main, selalu serius hadapi pengendara (motor&mobil), lha wong gak melanggar aja dicari cari pelanggarannya.

    Like

  31. BAGUS ! basmi orang” sok pamer ! belagu !
    paling penting berantas semua tuh yg pake knalpot yg nembak Muka!
    kalo bisa dendanya 5 juta aja biar kapok !

    Like

  32. urusan knalpot nanti2 dulu
    urusin dulu plat nomer, stnk sama bpkp
    usahakan 3 menit jadi
    jangan sampai nunggu 6 dekade baru jadi.
    walaupun punya kekuasaan dan wewenang tapi yang rasional dalam membuat aturan, koreksi ke dalam dulu jangan melulu menyalahkan rakyat miskin, yang cuma mampu beli mongtor odong2 kaya saya.

    Like

  33. s0erya pada Desember 15, 2013 pada 4:08 PM
    harusnya langsung di tahan motorny! Suruh ambil knalpot yg
    standar, Pasang baru boleh bawa pulang!
    Klo ngulangi lagi, baru di kenakan sangsi! polisi jangan
    mempertakut masyarakat! katanya mengayomi!
    ____________________

    Yups…. Setuju banget sama anda gan. Itu solusi yg tepat. Jadi jangan langsung ditilang. Karena ga semua orang tahu aturan seperti itu. Taunya cuma make helm dan nyalain lampu.

    =========================
    klo begitu gmana nasib pengusaha knalpot lokal???
    gimana nasib karyawan mereka????
    gmana buat yang sudah membelinya????
    berarti tambah pengangguran donk di indonesia!!!!??
    pengangguran nambah berarti angka kemiskinan meningkat donk??
    orang kismin bertambah banyak berarti ekonominya mellemah donk???
    pada gak mikir kesitu ya ???? kasian deh otak lu2 pada cetek kebanyakan lulusan SD semua
    peraturan ini cuma nguntungin pihak polkis kok gak nguntungin ente

    Like

  34. Apakah tangki bocor juga ditilang ya,

    Apakah sasis pipa pager patah berkarat juga ditilang,

    Ban yg kekecilan dimotor laki apakah juga ditilang,

    Apakah telat 6 detik digaris finish juga ditilang,

    Apakah aki soak juga ditilang?

    Wkwkwkwkwkwkwk

    Bakalan banyak yg nyamber nich

    😆

    Like

  35. Wah kadung pesen akaprovic carbon je…rugi ki…ah bawa soundmeter aja trus tunjukin ke polisi kko masih dibawah 90db…broomm…brooomm…brooommmmmm…

    Like

  36. dasar govermentshit koar2 UKM malah bikin peraturan yang ngebunuh UKM itu sendiri atau jangan2 buat nguntungin pihak polishit biar ladangnya tambah SUBUR ya????

    Like

  37. gak heran beberapa waktu yang lalu deket rumah ada yang tewas digorok pake sabit gara2 nilang pencari rumput, aturan tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

    Like

  38. di amrik aja masih banyak mobill2 v8 yang pasti suaranya ngelebihin standar desibel2 yg ditentukan

    masa disini dilarang ????????

    urusin dulu tuh stnk & bpkb jgn nunggu motornya ampe rusak baru keluar

    Like

  39. Pokoe knalpot ku 90db. Yuk di tes.. Mana alatnya buat nge tes pak? Polisi: Gak ada dik.. Lha terus kowe dasare opo arep nilang? Pokoe knalpot ku 90db titik. Ra iso ditilang wis.. Hahahaha..

    Like

  40. Mau nilang orang bersalah, monggo2 wae, tapi mbok yao, kasih contoh dl yg benar ma masyarat, termasuk klo naik motor ga lewat tol, pas mengemudi ga pake hp, baik sms ato tilpun, yg utama ajarin masyarakat tertib berlalulintas, selama itu belum sampeyan lakukan pak polisi…ya mbel gedhes telek minthi…

    Like

  41. jiaaahhh knalpot R9 ga jadi dipasang 😦 padahal tuh knalpot baru dibeli minggu kemaren, asseemmmm

    yah sudahlah, ane setuju dah sama aturan knalpot ini, kadang suka risih juga sama knalpot asal berisik ga jelas 😀

    Like

  42. 59. fBH muka tembok – Desember 15, 2013

    Kasian fbh dong,tanpa knalpot racing motor honda kan luemot2……m..
    Hihihihihihihihihi……
    Kasian jg fbh kan miskin2.ntr kalo kena tilang gmn coba.
    Hihihihihihi
    ——————————————–

    NVL aja kalah ama cibi..
    jadi spa yg lemot????? hayy…

    Like

  43. kalo ngetest dB nya pake feeling, suruh aja pak sulipi nempelin kupingnya di senalpot ntar jd tau tingkt bisingnya berapa, berreess… 😀

    Like

  44. Klo knalpot racing yg bermerek kaya R9 kayanya gapapa deh.. soalnya tidak terlalu berisik. Tidak berisik dibanding knalpot 2 tak roda tiga

    Like

  45. wah iya tuch mas..td ane liat di jalan pengguna knalpot racing ditilang polisi..anak muda lagi..hadeuuhhh…meningan yang standar2 aja dah..ikut saran pabrikan..lbh savety

    Like

  46. Knalpot racing asalkan kualitas glasswool di silencernya bagus sebenarnya masih bisa dikatakan aman – aman saja. Karakter suara akan tetap ngebass halus brum brum brum. Beda halnya dengan knalpot cempreng rombengan yg proses pembuatannya tanpa perhitungan sama sekali. Alhasil suara yg dihasilkan akan berisik mbruooong…mbruooooong..bahkan sampai mbrueeeeng mblethak jeduooorrr nembak – nembak nggak jelas.

    Like

  47. kalo knalpot standar tp mlbihi ambang batas desibel gmn tuh? ane pakai knalpot ahrs shp, d bandingin sama motor 2 tak lebih nyaring motor 2 tak..

    Like

  48. Ane setuju sama peraturan kebisingan, bukan mslh knalpot racing tp lebih pd suara yg dihasilkan. Toh skrg bnyk knalpot after market yg udh pk db killer. Jd kemungkinan suara msh bs memenuhi batas peraturan yg telah ditetapkan, yg jd mslh tu batasan db apa diukur hanya di low rpm?? Bgitu high rpm malah beringasss, sperti knalpot after market ninja 2T, adem rpm bawah..bgitu skips buka…sangarr… Harus benar2 Ane setuju sama peraturan kebisingan, bukan mslh knalpot racing tp lebih pd suara yg dihasilkan. Toh skrg bnyk knalpot after market yg udh pk db killer. Jd kemungkinan suara msh bs memenuhi batas peraturan yg telah ditetapkan, yg jd mslh tu batasan db apa diukur hanya di low rpm?? Bgitu high rpm malah beringasss, sperti knalpot after market ninja 2T, adem rpm bawah..bgitu skips buka…sangarr… Harus benar2 Ane setuju sama peraturan kebisingan, bukan mslh knalpot racing tp lebih pd suara yg dihasilkan. Toh skrg bnyk knalpot after market yg udh pk db killer. Jd kemungkinan suara msh bs memenuhi batas peraturan yg telah ditetapkan, yg jd mslh tu batasan db apa diukur hanya di low rpm?? Bgitu high rpm malah beringasss, sperti knalpot after market ninja 2T, adem rpm bawah..bgitu skips buka…sangarr… Harus benar2 Ane setuju sama peraturan kebisingan, bukan mslh knalpot racing tp lebih pd suara yg dihasilkan. Toh skrg bnyk knalpot after market yg udh pk db killer. Jd kemungkinan suara msh bs memenuhi batas peraturan yg telah ditetapkan, yg jd mslh tu batasan db apa diukur hanya di low rpm?? Bgitu high rpm malah beringasss, sperti knalpot after market ninja 2T, adem rpm bawah..bgitu skips buka…sangarr… Harus benar2 jelas.

    Like

  49. Coba gimana solusinya biar sama2 enak? Memang mengganggu sekali knalpot2 rcing aplgi yg (maaf) seperti kaleng, namanya dunia, biasa kita atasi satu masalah timbul masalah lain, bagaimana dengan produsen knalpot? Kita jg hrs mmikirkan nasib mereka, jadi gimana? Kita cari solusinya sama2

    Like

  50. knalpot racing ber DB killer digrebek polisi.
    tapi HD yg suaranya kaya helikopter jatuh dibiarin aja. maaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkk……

    Like

  51. Kenyataan dilapangan paling ‘bukan standar = tilang’. Mau suaranya sepelan apa juga, bukan standar ya ditilang. Apa lagi yg bawa anak SMA, sasaran empuk tuh. Tapi bagus deh, udah kesel liat motor pake knalpot brisik tapi tarikannya ga ada.

    Like

  52. Kalau polisi hanya menggunakan cara “bukan standar = tilang”, berarti tuh polisi ga lebih dari preman pasar yg suka malak2in orang karena tidak melihat dan membaca aturannya. Bahwa jelas2 aturan hanya di-suara saja kan.. Kalo mau nilang, polisi harus punya alat ukur desibel suara, TIDAK ADA KECUALI..

    Like

  53. snalpot standarq wis bolong teyeng mobeli mahall 800 kilo youwislah pake nobi wae mung 200 ewu
    lumayan irit 600 ewu iso nggo bayar tilang 24 kali
    ditilang biarin yg penting gahol chooy

    Like

  54. harusnya hukum sosial juga di berlakukan pak ,
    hehe
    NITIP LAPAK KANG
    YANG MAU KREDIT MOTOR BISA DISINI
    syarat cuma KTP n KK bandung
    DP bisa pakai motor bekas (DARI TAHUN 1993-2013 SAYA TERIMA GAN,ASAL JANGAN MOTOR CURIAN)
    data di bantu sampai beres
    diskon akhir tahun 500rb-2,000,000 cuma dsni yang berani , hehe
    type n warna ap aj siap ready

    http://wijayamotorbandung.blogspot.com/

    http://www.kaskus.co.id/thread/528ece210d8b46841e000011/kredit-motor-hondaprice-list-bandung-area-dp-bisa-pakai-motor-bekas

    Like

  55. NCCB#46

    To pak polntas____

    Bukan bgini pak cari pnghasilan tmbhan kasian kami ini yg orng biasa biasa ajaa msok ditilng sanpai 500rb mnrut sy pribdi itu ggg logis pak polntas

    Like

  56. kalo ninja 250 pake knalpot racing bakal di tilang ngga ya ? masalahnya biar ninja pake knalpot racing apa aja di denger nya tetep enak hehe

    Like

  57. haduhhh….. yang komen disini kebanyakan sok dewasa, sok bijak, apalagi FBY cuma mikir 1-4 bayi nangis gara2 ada knalpot racing tapi kalo pabriknya ditutup atau tutup karena kebijakan berapa bayi kelaparan!!!!?????
    secara kalo knalpot racing ga ada bedanya ama knalpot standar dari segi performa maupun suara mana ada yang mau beli!!!

    di thailand aja belom ada kok peraturan aneh kyk ini

    Like

  58. NCCB#46

    Kalau sy jadi polntas lngsung sy ambil air wudhu trus shlt 2 rakaat smbil istgfar stlah melihat komen konent d atas
    Hhhhhhhaaaaaaaaaa

    Like

  59. @bro bloodedge
    =========================
    klo begitu gmana nasib pengusaha
    knalpot lokal???
    gimana nasib karyawan mereka????
    gmana buat yang sudah
    membelinya????
    berarti tambah pengangguran donk di
    indonesia!!!!??
    pengangguran nambah berarti angka
    kemiskinan meningkat donk??
    orang kismin bertambah banyak
    berarti ekonominya mellemah
    donk???
    pada gak mikir kesitu ya ???? kasian
    deh otak lu2 pada cetek kebanyakan
    lulusan SD semua
    peraturan ini cuma nguntungin pihak
    polkis kok gak nguntungin ente
    ____________________

    Begini bro, yg dimaksud itu cara mensosialkan aturan itu jangan langsung ditilang, tapi ya seperti dikatakan tadi, disita motornya sampai owner bawa knalpot aslinya, lalu “jika diulangi” lagi baru ditilang.
    Jika yg anda bahas tentang pabrikan knalpot, pasti masih ada yg beli karena ga semua bakal taat akan aturan tersebut. Lagipula memang sebenarnya knalpot racing kan memang untuk racing yg notabene tempatnya adalah disircuit bukan dijalan umum.

    Like

  60. saya sedih kalo sampai peraturan ini dijalankan dengan serius..

    nanti saya ga bisa lihat motor kualitas rendahan sesembahan para penyembah berhala aka embeye ama embeha kebut kebutan lagi 😦

    Like

  61. Hahahasseekk.. Ada proyek neh.. “Pengadaan dbMeter” lemayan ada obyekan..
    Tp saya emg ga suka knalpot cmpreng alay.. Pgn tak karungin yg bw motor

    Like

  62. wah klo peraturannya aneh begini ane harus pnya motor 2 donk 1 buat beraktivitas sehari-hari 1 bodonk korekan bersendalpot racing buat hobi
    xixixixixixxixixixi

    Like

  63. ya kalo emg mau ditilang harusnya tiap polisi yg nilang dikasih alat ukurnya, aturannya juga kudu jelas berapa db n di RPM brp.. jangan nanti malah pake feeling aja yg ada jadi ladang baru ini mah.. lagian di eropa kyk di inggris juga banyak yg pake knalpot racing, udah gitu ada juga yg diatas 100 db pula tapi gak ditilang tuh.. ya emg sih yg pake banyakan ya moge..

    Like

  64. Kalo Ninja ndak bakalan ditilang Kang,,
    Bahkan pas rolling dipersilahkan sama Pak Polisinya,,”monggo”,,
    Padahal saat itu operasi gabungan,,malah yg ditilang yg motor bebek sm motor batangan yg rata2 150 CC(maaf tdk sebut merk)soalx emg berisik bnget kalo knalpot freeflow dipake di 1 silinder,,tapi kalo dipake 2 silinder mah merdu
    abis meskipun pakek knalpot freeflow,,(nguing nguing)sexy abis dah,,

    Like

  65. yang penting tau tempat dan sikon ajalah bagi pengguna knalpot racing/bobokan. bayangin betapa mengganggunya jika motor berknalpot racing lewat di pemukiman padat penduduk. mentolo nguncali boto!

    Like

  66. udah tiga hari ini berlibur ke rumah ane yang di bandar jaya lampung tengah..
    heran deh…
    akhir akhir ini semakin banyak aja motor gede lewat sini, gak kayak biasanya ada pling cuma bberapa…
    kemarin rombongan harley campur ducati multistrada rame banget ke arah barat, mo ke arah pegunungan liwa keknya..
    ni siang tadi rombongan ninin 250 yg model baru ke arah barat juga,, ndelalah pas ane ngeluarin ninin ane, yg model lama sih.. pas ane keluar dari halaman n berhenti pas di pinggir jalan, pas mereka lewat.. behhh berasa kek artis aja gw, tuh rider rombongan ninin ngeliat ke arah gw semua sambil ngelakson.. n ada yg buka kaca helm terus senyum.. jozzz bener dah ya, padahal kaga kenal, cuma motor doang yg sama, udah kerasa banget keakrabannya..
    nah malem ini ada lagi, banyak banget, cuma ada beberapa yg ketinggalan misah di belakang agak jauh.. tau motor apa, campur campur keknya.. tapi motorsport moge berfairing semua ke arah barat lagi.. suaranya wung wung nging nging, larinya banter bgt gak kira2… kayaknya sih kapasitas mesin berkisar 500 – 1000 an smua..

    gw herman ehh heran.. sebenernya ada apa sih di barat ???
    apa jangan2 pada mau berebut menjemput tong sam cong dan tiga muridnya yg mau pulang dri barat ??? 😀

    Like

  67. daripada begini, mending bikin peraturan, knalpot yg d jual umum harus ada standar SNI, ttng batasan db nya
    jd knalpot racing yg dijual asal kan sudah sni y bebas dari polisi,

    Like

  68. @bro bloodedge…
    Ini salah satu solusi buat pemerintah supaya pengusaha knalpot lokal tetap bisa memproduksi knalpot.
    Hanya salah satu solusi, mungkin masih ada yg akan menambahkan solusi lain.
    ___________________

    rifz pada Desember 15, 2013 pada 8:13 PM
    daripada begini, mending bikin peraturan, knalpot yg d jual umum
    harus ada standar SNI, ttng batasan db nya
    jd knalpot racing yg dijual asal kan sudah sni y bebas dari polisi,

    Like

  69. Cocok alat pengukur kebisingan .
    Cari order buat dkorup…ups masih dpantau ma KPK …:*;;) ώâκ=D=))ώâκ=))=D‎​​‎​‎ώâκ;;)X_X
    hukum yg buta Samaa hukum
    Dagelan akir n awal tahun

    Like

  70. Beruntung yg pnya motor standart tp suara knalpotnya dah oke,macem scorpio,versa,nmp,shogun sp old,abs revo,revo 110,satriafu,jupiburhan…

    Like

  71. lek IWB harusnya judulnya diganti jadi “HATI-HATI BRO POLANTAS MULAI LAPAR”

    mulai lapar mulai lapar

    ehhh.. ga bisa disogok snickers

    Like

  72. kebijakan seharusnya pajak2 knalpot impor dinaikin 20% & pabrik2 knalpot lokal harus pnya lisensi atau berstandar SNI dan harus bayar pajak kalo masih membandel juga baru ditutup

    Like

  73. berarti yang pake ninja 2t, vespa jadul, rx king, dan 2 tak lainnya disarankan pake knalpot racing dong????

    *le langsung tuker tambah NVL ke ninja ss

    Like

  74. VIVAnews – Ambisi PT Astra Honda Motor (AHM) untuk merebut kelas motor sport rupanya mendapat angin segar. Berdasarkan data
    Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sejak Januari-November 2013, AHM berhasil meraih 60,4 persen pangsa pasar dengan
    penjualan mencapai 4.357.660 unit.
    Penjualan ini tumbuh 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Khusus di segmen sport, bahkan meningkat
    pesat menjadi 36,4 persen atau berhasil menjual 367.455 unit.
    “Honda CB150R Street Fire (165.617 unit) dan Verza (131.234 unit), mendongkrak di posisi kedua. Dulu di pasar cuma 20 persen,” ujar
    Margono kepada wartawan di Jakarta, Minggu 15 Desember 2013.
    Selain itu, penjualan motor sport Honda juga didukung MegaPro (47.892 unit), Tiger (11.759 unit), dan CBR Series (10.947 unit).
    Margono mengaku, untuk segmen pasar motor di Tanah Air masih didominasi oleh produk middle-low .
    Untuk semester awal 2014, Margono menambahkan, Honda akan melakukan ekspansi dengan menghadirkan beberapa perubahan pada
    produk motor sportnya. Antara lain, dengan mengganti sistem karburator menjadi fuel injeksi. Tujuannya agar lebih hemat bahan bakar
    dan ramah lingkungan.
    Diperkirakan sistem ini akan diaplikasikan pada model terbaru Honda Tiger dan Mega Pro. Kedua motor ini masih mengusung sistem
    pengapian karburator.
    “Produk injeksi bukan hanya untuk Honda. Pemerintah sudah mengatur sebelumnya. Menurut aturan itu, Agustus 2015, semua sepeda
    motor sudah harus memenuhi Euro 3. Yang pasti, karburator di 2015 tidak akan ada lagi,” kata Margono.
    Honda Indonesia Gabung Moto GP
    Untuk menggencarkan ambisi menguasai pasar motor sport di Indonesia, berbagai cara pun akan dilakukan AHM. Salah satunya, slogan
    ‘One Heart.’ atau ‘Satu Hati.’ rencananya akan kembali turut serta di Tim Moto GP, Repsol Honda di 2014.
    “Iya, itu rencana kita,” kata Deputy GM Sales Division AHM Thomas Wijaya.
    Thomas mengatakan, kembalinya AHM dengan mengusung kalimat Satu Hati di tim moto GP Repsol Honda tak lain untuk meningkatkan
    image pada produk motor sport Honda.
    Menurut Thomas, tentunya menjadi momentum yang tepat bagi AHM untuk meningkatkan citra di pasar setelah pembalap baru tim Repsol
    Honda, Marc Marquez menjadi Juara Dunia MotoGP 2013. (asp)

    Like

  75. barusan saya iseng download app di google playstore pake hp android saya, iseng coba ngukur brp db sih ninja pake nalpot standar , hasilnya sih ninja 250 carbu 2010 dengan kenalpot standar dapetnya di 106 db, trus iseng lagi ngukur ninja 250 pake nalpot scorpion pake db killer, hasilnya samaaaa, aduh ini app nya ngaco apa emang bener ga jauh beda ya?? oh iya aplikasinya namanya “sound meter” di google playstore,,,,

    Like

  76. yang paling penting pejabat dan rakyatnya otaknya lempeng.
    undang-undang dan penegaknya lempeng
    peraturan tanpa kejujuran hanya menghasilkan lahan basah.

    Like

  77. Dan ternyata daya accu/aku cbsf jauh lbh besar daripada punya nvl plus kapasitor bank bikin cbsf makin mabokin nvl dijalanan… :mrgreen:

    Like

  78. yang R2 masal gak boleh berisik yang R4 atau HD yang suaranya mirip helikopter boleh berisik emang deh POLANTAS indonesia sesuatu banget…..

    Like

  79. payah nih…. nilang cuma pake feeling doang.. namanya menghukum tanpa bukti… !!!
    masa yg kaya gtu dinamain “serius” itu mah seenak udel nya pak polisi aja….

    Like

  80. Kan bukannya ga dibolehin, tapi cuma dibatesin tingkat kebisingannya. Malah ada yang pernah riset, penggunaan knalpot racing dikendaraan bermotor roda 2 bisa mengurangi tingkat kecelakaan. Tapi, klo terlalu berisik pun malah mengganggu, peraturan ini kan dibuat, buat kenyamanan bersama. Semoga penerapannya pun berjalan lancar. Setiap petugas yg memeriksa kebisingan knalpot harus dibekali alat ukur kebisingan suara,dan sosialisasi peraturannya harus diketahui oleh seluruh penggunanya.

    Like

  81. 255. jaos_konsumen biasa – Desember 15, 2013

    ############################
    memang ujung ujungnya ganti aki. bedanya pas tekor dijalan. yg nvl ndorong dulu ke bengkel buat ganti aki.(itu pun kalo duit cukup) kalo duit ga cukup ya terpaksa tinggali ktp plus stnk hehe.
    yg cbsf engkol lalu jalan mau kebengkel atau rumah atau atm gampang mah, drpd harus dorong2.
    think again.
    ===
    Well….ini logika sesat. Gw ragu pernah ada kejadian begini….ini cuma pengandaian sesat.

    Juga pengandaian ini gak sinkron dgn pembelaan si tigerpfft kalo yg make cbsucks tuh gak punya duit beli aki shg engkol perlu utk sementara waktu.

    Kan udah gw bilang beli aja aki sesegranya…ya berarti ada duit. Kalo gak punya ya pinjem la. Lagian aki ada tanda2nya ko mau soak.

    Gw blm pernah lihat si vixion lama maupun baru yg ndorong ke bengkel…tp kalo hnd…udah sering. Pdhl ada engkol lho.
    ……………………………..
    mungkin matamu tiba2 buta kalo ada produk kesayangunmu punya masalah dan sekonyong konyong matamu terbelalak melotot kalo melihat produk honda (pastinya) punya masalah..xixixixiiiiii
    mungkin lo ya 😛

    Like

  82. banyak peraturan yg ga jelas…tolong dipisahkan antar knalpot racing sm yg kebut2an…yg knalpot standar jg kebut2an…ngehek komen yg bener bro…yg ga pake.knalpot.racing mungkin krn ga mampu beli.knalpot kale,…itu kan hobby…hari gini msh knalpot std hahaha…trus.itu peraturan yg 2 tak ga boleh masuk jalur sudirman msh jalan ga..pak polisi piye to pak…stnk kertasnya habis…tp kanlpot di urusin…gw sih bodo amat…klo knalpot gw dipatahin…gw patahin balik knalpot dia. hahhaha..gw konsumen kok…laporin sm Lembaga Perlindungan Konsumen…kecuali knalpot bobokan baru setuju….tolong komennya yg smart dong…pake otak…knalpot racing ga berarti kebut2an di jalan….di club gw diajarin kok safety riding dan ga ugal2an di jalan…

    Like

  83. @Empunya warung blog; setuju dg artikel yg memang sdg ‘HAPPENING” sesaat stlh marak gelaran operasi zebra dilakukan pekan lalu,data tsb adlh data hsl riset yg dilakukan kemungkinan bsr saat operasi lalin berlangsung yg mungkin grafik pelanggar roda 2,ternilai paling besar dr taon2 sblmnya. Ditambah kemungkinan pergantian management di tubub polri sendiri dimana ada pergantian kapolri/wakapolri yg lbh aware. “Menginstruksi kn kepada jajaran” dlm menindak pelanggar lalin. Kembali ke topik,memang benar saat ini (detik ini) polri tepatnya direktorat lalin blm pny alat pengukur dB,yg baru memiliki hny alat pengukur kadar Co2 (uji SKIR) dan alat pengukur pelanggar batas kecepatan (baru2 ini) trmasuk alat. Pengukur batas kadar alkohol dlm berkendara. Akn tetapi dlm wktu dekat memang beaar kemungkinan akn dlm tahap pengadaan barang di phk aparat pnegak hkm ini. Saat ini memang tgh dilakukan seruan utk para pelanggar,tetapi trjdi perbedaan penerapan penindakan di lapangan, masy. Kdu cermat dlm hal penerapan penindakan yg dilakukan olh pnegak hkm (saat ini),bkn di malah fokus pd peraturan hkm (legal product). Penerapan yg baik adlh dilakukan sosialisasi dahulu dg operasi lalin dimana para pelanggar aturan tingkat kebisingan di beritahukn dan di ganjar oleh pendekatan sosial (copot ditempat lalu bawa yg standarnya) dan/atau tilang ditempat tapi jgn lgsung diterapkn sanksi maksimal uu lalin dlm pasal tsb. Masyarakat hrs “SIGAP & BERANI” apa bila ada “OKNUM” polantas yg melakukan tindakan diluar batas kewenangan,yg “mgkin” dgn melakukan tindakan pengerusakan barang milik pelanggar tsb (bisa di lihat/catat/poto nama oknum tsb,krn melanggar psl pengerusakan barang dlm KUHP,kdua pasal ttg tata cara pelaksanaan polisi lalin (lupa peraturan kalo ga slh ada di dlm instruksi kapolri jg di uu lalin). Dan utk pemerintah umunya dan mabes polri khususnya memang juklak sdh ada bgitu pun juknis tp yg kurang adalah Alat pengukur tsb. Baiknya segera mencontoh negara2 maju spt USA,dmn ada aturan jelas bagi para produsen knalpot dr menteri perdagangan yaitu dibagi 2 type; street legal exhaust dan racing only exhaust. Jelas sekali scr harafiah dr pembagian type yg tdk merugikan pihak produsen (tdk mematahkan penghasilan produsen knlpot) & tdk mrugikan konsumen. Memang idealnya pengendara di jln raya adlh menggunakan kendaraan yg legal street/ tepatnya yg standar pabrikan. Ini adlh komentar murni saya yg setia ikut trus update IWB.COM & TMCBLOG.COM (wak haji). Trims

    Like

  84. Loh??? Peraturan di betotnya gimana dulu nih, knalpot standard kalau di betot juga berisik, CBR150R standard kalau di betot udah 82decible, akrapovic ori juga 82decicle dengan db killer, jangan asal liat merek main tangkap aja, apalagi ngetestnya kudu pake di betot2 segala, ya pasti berisik, bawa nya aja kagak di betot2 koq, jgn modus dech, orang pergi kerja dah kena macet cape2 masih di bebani oleh hal2 yg kayak gini, macet aja belon beres2 masih di tambah2 perihal macam gini, minta kejelasannya aja, jadi kalau pake Porche atau lambo boleh gitu suaranya ampe berisik banget?? Banyak tuch yg betat betot Porche di bilangan tol Pluit ampe lagi tidur kebangun kaget, Apa Harley boleh suaranya seberisik apapun?

    Like

  85. peraturan yg bagus… yg penting praturannya jelas..
    org yg nyari makan dari profesinya bikin knalpot msih bisa lanjut kok,, bikin knalpot kan gak harus bersuara blarrr blarrr… mungkin suaranya di buat sehalus mungkin, tapi modelnya yg di permanis.. lak yo tetep bakal laris juga…

    Like

  86. peraturan yg bagus… yg penting praturannya jelas..
    org yg nyari makan dari profesinya bikin knalpot msih bisa lanjut kok,, bikin knalpot kan gak harus bersuara blarrr blarrr… mungkin suaranya di buat sehalus mungkin, dengan keluaran suara wiiirrr wiiirrrr, atau siuuuww siiiuuwww, atai nging nging, tiiiirrrr tiirrrr, arau priiiitt priiiitt (kayak sempritan aja) 😀 tapi modelnya yg di permanis.. lak yo tetep bakal laris juga…

    Like

  87. Kan udh jelas bukan knalpot racing yg jd masalah,tapi knalpot yg berisik (bobokan, dll yg ampe bludag bledug teu karuan)… G masalah donk klo racing tpi ngebass g cempreng???

    Like

  88. asal jangan sampai anggaran pengadaan alat ukur db nya di korup kayak kasus pengadaan alat simulator SIM.. kpk harus mengawasi aliran dananya supaya gak melipir melipir ke kantong seseorang… muehehehehehe

    Like

  89. Dalam peraturan pemerintah lingkungan hidup….disebutkan batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas, untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db) serta motor kubikasi 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db.
    —-

    Ngapain ya di bedain aturannya??

    kuping kan dengernya tetap sama,berisik ya berisik

    harley aja berisik

    aneh bener negara ini

    **yang mau turing via pantura,hati-hati kalo lewat sekitar Cirebon, di sana oknum nya NGGATHELI !!! –> kalo plat E mau berisik,gak pake helm,plat nopol gak standar,spion cuma 1, gak dicegat ,kalo plat SELAIN E dicegat !!!

    Like

  90. Alat test Desible nggak perlu yang mahal2. Cukup pake hape android lalu install aplikasi semacam desible meter udah beres.

    Jadi pertama, hukumnya gimana? berapa standar desible yang di perbolehkan?

    Jika sudah ada, nah para bikers yg punya android segera deh install aplikasi pengukur desible. Jadi pas ada rahasia bisa ada pembuktian otentik.

    Saya rasa perlu kok pembatasan suara. Soalnya dirasa makin lama makin anoying knalpot free flow. Apalagi yang dipasang di skutik beeeh sama sekali nggak ada jeda suaranya turun. Beda bebek ama sport pas ganti gear pasti rpm turun, lha skutik menyalak teruuuss…

    Kebiasaan warga yang jelek2 di negara kita jangan diteruskan deh.

    Kalo memang niatnya pengen pasang knalpot free flow biar akselerasi kenceng: ya di ajang balap resmi. Jangan di jalanan. Emangnya yang punya jalan cuman ente doank? hargai donk yang lain.

    Kalo tetep pengen gaya: sudah bejibun tuh knalpot ‘racing’ pake desible killer. Atau diakali: pipa knalpot jangan lurus freeflow tapi di dalam muffler dibentuk pola ‘S’ dengan sudut-sudut tekuknya antara 90-120 derajat plus pakai glasswoll yang kualitas bagus jng abal2.

    Sekali lagi yang demen ama knalpot freeflow suara gahar, emangnya jalan milik nenek moyang ente? hargai pengguna jalan yang lain!

    Like

  91. jiakaka,,, seperti biasa,, aturan/undang-undang nya kagak jelas,,, dan seperti biasa juga,,, sebagai lahan pendapatan pak pulisi di lapangan,,, 😆

    itoe soedah ketetapannya,,, 😆

    Like

  92. dasar,, fbh satu ekor itu otaknya suka buat onar terus,,, 😆
    di kasih artikel pencerahan,,, malah kurang panas katanya,,, 😆

    moengkin itoe soedah meroepakan ketetapannya,, 😆

    Like

  93. seperti biasa juga,,, nyang punya warung kagak mau urun rembug,, ikut diskusi dalam kolom komentar,,, 😆
    abis e e k aka brojolin artikel,, ngilang deh,,,, 😆

    ujug2,,, brojol artikel anyar,,, 😆

    *kompor,,, kompor,,, 😆

    Like

  94. 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db.
    kenapa enggak sekalian ditulis 80cc keatas maksimal 90db -_-

    *ehm mayan lah nanti ada proyek tender alat pengukur kebisingan suara

    Like

  95. 34. jaos_konsumen biasa – Desember 15, 2013

    Mantaap…gw paling anti dgn yg make knalpot racing satu silinder ….gw rasa banyak hndft bike yg kena dibanding yg lain.
    =================
    hahahahahaha…..nih dia master dungunya fby nongol lagi pentang bacot…

    Like

  96. jangan pake feeling lah itu sifatnya obyektif,.. pakai alat + bgaimana cara mengukur, perhatikan juga faktor lingkungan sekitar. SOP nya bagaimana ?? harus ada aturan baku

    klo nentuin angka sih gampang, yang katanya penegak hukum tolonglah perjelas aturan tersebut,

    Like

  97. Polisi taek… Harley Davidson kae lho sing jelas2 suarane berisik ora tau ditilangi!

    “Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru”

    Berarti motor lawas ora keneng yo mas IWB?

    Like

  98. hmm yakin berani tilang motor yang cc nya diatas 250cc ?? apa lagi kalo belinya udah dari sana 1 set racing,paling ngincernya yg motor ecek2 itung2 mw ambil dana tambahan lol :v

    Like

  99. Yah kita coba aja dulu jalankan aturan ini, palingan juga anget-anget kayak tai ayam…kayak dulu motor wajib pakai jalur kiri di jalan protokol lalu motor wajib menyalakan lampu, lalu pemotor wajib pakai helm SNI…sekarang mana yahh….kagak konsisten cuy…

    Like

  100. saya sangat setuju dengan peraturan ini, coba saja andai motor kita pakai knalpot racing yg berisik itu dan saat betot gas lalu kita nyalip pengendara motor yg memboncengkan BALITA, si balita pasti akan kaget bahkan bisa2 gendang telingannya pecah, dan pasti akan nangis ketakutan mendengar raungan knalpot racing buat harian tsb. Racing adalah untuk balap, tentunya tempatnya ya di area balap bukan dijalanan umum. setiap keputusan pasti ada efek dan konsekwensi……monggo brother fikirkan lbh mendalam…..

    Like

  101. agh bego polisinya.. knalpot standart klo di gas di 10rb Rpm juga berisik kalee.. dari pada pengguna yg di tilang mendingan papas abis tuh bengkel2 yg jual knalpot after market… biar gak ada yg jual lagi… klo emng mau buat balap langsung beli ke pabrikan knalpot… lagian aneh juga peraturan kog tentang knalpot mendingan atur tuh alay2 yg gak pake helm..

    Like

  102. sorry ya, bukan jelekin mang lisi, saya pengguna knalpot racing.
    minggu lalu kena Razia di daerah kayu manis-Bogor,, panjang lebar dia baca aturan dan apalah itu pasal ini itu yg intinya saya salah..
    di ajak damai 50 rb beres..!!!
    kasian banget yg bikin peraturan..

    Like

  103. mending buat elo” pada yg make knalpot racing,
    lo pada bawa aja knalpot standar lo kmana”,
    biar ntar kalo di tilang polili bisa kasih alesan ‘ini saya baru mau ganti knalpotnya pa’
    abis itu lo pukul dah tuh muka polilinya pake knalpot yg lo bawa ampe pingsan, kelarkan ? 😀

    gua si ga setuju ama ini peraturan,
    karna kasian buat orang” yg udah beli knalpot mahal” karna nyari suara yg ngebass adem akhirnya harus di ganti lagi,
    yg harusnya di tilang itu ya anak motor yg masih pelajar ugal”an di jalan make knalpot cempreng pecah ga jelas,
    karna knalpot racing juga ga berpengaruh sama keselamatan kali asalkan dBnya juga di bawah 90,
    emang dasarnya polili tuh cuma menyengsarakan rakyat doang
    kalo emang knalpot racing di larang, kenapa juga knalpot racing import bisa masuk ke indonesia ?!
    lama” gua bikin nuklir juga nih buat markas polili 😀
    secara manusiawi aja lah,
    knalpot racing boleh asalkan sopan dimana pun ga usah gebar geber itu aja 😉

    Like

  104. Ini sih Berita buruk buat FBY men…………………….. Kalo bener peraturan ini di jalankan, di sinyalir kuat akan di tentang keras oleh para FBY. kenapa? karena para FBY Mania penguna Mio Group bertambah lagi deritanya. si samping Velk Geal Geolnya belum ada solusinya ini malah ada aturan buat kebisingan knalpot. tau kan maksud saya??????…….. Yupz knalpot Group Mio yang suka nembak nembak aka Dor Dor Bret Bret Dorrrrrrrr pasti jadi target utama pk polis. jadi saran saya buat FBY Mania untuk segera menyiapkan dana lebih diselipkan STNK buat berdamai dengan Pk Polis… selamat mencoba para Sissi FBY Mania

    Like

  105. dan disinipun banyak BC bawa2 brand -_-
    andai mimin bikin artikel gempa bumi pun yang komen pasti ga jauh2 dari BC Y & H 😀
    inilah indonesia…

    Like

  106. Peraturan yg sangat aneh mungkin buat saya, semua tergantung orangnya kok kalo yg pake knalpot racing tapi tau aturan kaga bakal geber geber dijalan pasti adem adem aja kok kalo kayak macam anak alay itu baru, yg knalpot bikinan atau aftermarket silahkan ditilang yg suka geber geber kaga jelas, pakai knalpot racing kalo bawanya standar kaga betot betot gas kan kaga berisik, Db’nya juga kaga naik, ya kan? skrg polisi juga harus melihat mana yg salah mana yg benar, terkadang polisi suka cari cari alasan, pelanggaran agar kita kelihatan salah, saya di Tangerang sering seperti itu dengan motor lengkap masih ada ditilang dengan alasan menerobos lampu merah dan disitu jelas jelas berwarna hijau dan banyak yg ikut jalan, adil lebih baik, jngn main asal tilang kita lihat dulu orangnya lagi bagaimana cara mereka memakainya, menggunakannya, apakah standar saja apakah alay yg dibetot betot, saya juga setuju buat produsen knalpot lokal mungkin lebih baik mereka mengeluarkan 2 type yaitu “Street & Circuit” dan jngn lupa “SNI” kalo bisa ya hehe.. cari jalan keluarnya yg terbaik aja buat kita semua jadi kaga ada kesalah pahaman, asal tuduh, polisi juga harus ingat masyarakat, harus lihat mana yg salah mana yg benar.. terima kasih, maju terus buat blognya iwanbanaran.com 🙂

    Like

  107. yang jadi incaran biker menengah ke bwah ni. Bgi kalangan biker klas ats n brkntong tebal pling brani ne cma di ingat kan. Klo smpai brani nilang, polisi ne tkut nnti di kntor di marahi ma atasane. Hehehe tau sndri lah bos

    Like

  108. Dengan keadaan kacau balau dan super banyaknya pelanggaran aturan lalin di indonesia (terutama angkutan umum) para polisi yg JUJUR dan CERDAS itu malah mikirin knalpot racing, Benar benar hebat polisi indonesia karena bisa mendahulukan mana masalah yg urgent atau yg tidak. Benar benar pintar,untuk menutupi kebobrokan prilaku polantas maka bikin aturan aturan nyleneh..nanti apa lagi? pembatasan jarak tempuh motor? pepatah yg cocok untuk polisi ” semut kurus kontet di seberang lautan bisa kelihatan tapi gajah bongsor lagi sakit beri beri yg nongkrong di hidungnya tidak nampak.

    Like

  109. pesan saya buat kapolri, harap pesawat tempur TNI dan helikopter polri ikut di tilang karena klo lagi wara wiri suaranya bikin sakit kepala sebab suara knalpotnya benar benar sangad bising ( rumah ane dekat bandara halim). Tilang juga para politikus, suara mereka di tv lebih parah dari knalpot racing.

    Like

  110. makanya nilang pakai desible meter , trus benerin aturan UULAJ nya sebelum razia knalpot bising, aturan masih setengah tengah sudah dipakai , jangan makai kuping operasinya apalagi makai aplakasi murahan android ,

    Like

  111. BATAS MAKSIMAL DB YG DIPERBOLEHKAN DI JALAN RAYA DI UULAJ 2009 SAMPAI SEKARANG BELUM ADA , YG ADA HANYA KNALPOT BISING, GIMANA SIH POLANTAS , GA DIBENERIN DULU ATURAN NYA MAEN RAZIA SAJA, LUCU ATURAN BELUM JELAS RAZIA MEMAKAI KUPING LAGI PARAH….., ATURAN MASIH ABU2 SUDAH DIJALANKAN, NYARI DUIT SAMPINGAN YA , HERLY TUH SASARAN EMPUK, KALAU 86/DAMAI PASTI BAYAR GD , GA KAYA BEBEK

    Like

  112. harusnya yg di masalahin knalpot racing buatan rumahan abal-abal, bukannya semua di tibdak bodoh loo. harunya yg buatan pabrik yg layak g usah di masalahin cz dah di setting tingkat kebisingannya. nak mau nindak harusnya polisi harus tegas pada anggotanya yg memakai knalpot racing harus di pecat aj dah cukup. knalpot racing gk boleh rodrace akan kayak ap ya, polisi harus tegas atur roadrace dan drag dan sejenisnya gk boleh pakai knalpot racing coba berani gk atur jangan bisae nilang aj dan ngatur2 yg tidak jelas. aturan tidak jelas hukum tidak jelas aprat tidak jelas terus apa lagi yga heheheheh

    Like

  113. Bapak benar,..entah alasannya apa juga,..
    memang sudah benar,.
    tp sebelum Narkoba dilarang keras juga Alangkah lebih baik penjualnya dulu yang di musnahkan.
    sama halnya dengan pengonsumsi kenalpot bising pak
    mending pengedarnya dulu yang di razia,.
    kan HUKUMAN PENGEDAR LEBIH BERAT DARI PADA PEMAKAI,
    jadi maksud masyarakat awam disini udah jelas kan pak?
    Budaya masyarakat kita kan ( IRI ) satu ditilang satu kan bisa Beli lagi!! Gimana Gak panas pak? Ujung2nya beli lagi biarpun ditilang lagi juga,..
    Gimana bapak?bener ga?

    Like

  114. knalpot aja dimasalahin indo mau jadi apaan ya, org beli knalpot juga pake duit tuh ga pake daon maen di tilang trs di pretelin seenaknya, kayak polisi kg ad yg dmen modif motor aja? pasti ada juga. knapa org knalpot racing di tilang tp org yg jual knalpot racing dibiarin? pendegakan hukum indo belom jelas! ane pake nob1 jg biasa aja

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s