“Anak buah melakukan pungli….akan saya gantung didepan monas !” ujar Kombes (pol) Cyrisnanda….

IWBBro dan sis sekalian….sebuah guyonan dilontarkan oleh Kombes (Pol) Crysnanda dalam seminar bertajuk “ngantuk berkendara sama dengan maut” diAston Rasuna tanggal 29 kemarin. Diskusi berguna yang menyoroti banyaknya korban kecelakaan akibat memaksakan diri nyetir saat ngantuk. Dihadiri oleh dokter Andreas Prasadja sebagai pakar atau dokter ngantuk (baru tahu ada ilmu kedokteran jurusan perkantukan :mrgreen: ), pak Gunadi dan Hari Sasono (AISI), Crysnanda (kombes pol) serta terakhir eyang Edo…sebagai moderator, penggagas sekaligus pendiri Independent Bikers Club. Dari sanalah terungkap cita-cita kepolisian untuk menjadi penegak hukum yang tegas, tanpa kompromi serta komit dari atas kebawah….AHM Oil IWB OK (460x150)lwb-460x240

Diskusi yang berlangsung dari jam 15.30 hingga 18.00 tersebut cukup menarik untuk dishare. IWB yang awalnya kurang antusias…langsung melek  dan mengikuti satu persatu bahasan yang dibawa keforum. Dibuka oleh eyang Edo sebagai moderator….dokter Andreas menuturkan, kantuk menjadi pembunuh terbesar dalam tiap kasus kecelakaan. Data diperoleh dari operasi ketupat 2011 kepolisian yang mencatat…..449 kasus karena kendaraan tak layak, 387 akibat jalan rusak dan 1018 kasus dikarenakan pengendara ngantuk (byuh…kakehan nonton bola ki :mrgreen: ). Kenapa begitu mendominasi??. Sebab menurut penelitian yang dilakukan…..tingkat ancaman yang ditimbulkan ngantuk jebule sama dengan mabuk. Seringkali…jika kantuk yang mendera masuk kategori berat, tingkat konsentrasi dan kesadaran juga menurun drastis. So…disanalah kita harus cepet istirahat. Usahakan tidak menunda karena tidak ada satu zat-pun didunia yang bisa menggantikan efek restoratif tidur….

So…tips yang diberikan oleh dokter Andreas, jangan berkendara dijadwal pas kita tidur. Karena otak kita punya jam biologis alias rekam habit yang akan menuntut kita melakukan kebiasaan jam tidur tersebut. Nah…jikapun terpaksa…..monggo sampeyan tidur yang cukup sebelum berkendara jarak jauh…seperti mudik misalnya. Seandainya tips tersebut tidak manjur dan masih ngantuk diperjalanan…dipersilahkan minggir istirahat dan tidur selama paling tidak 30 menit dengan terlebih dahulu minum kopi. Kenapa?. Karena kafein baru kick-in 30 menit pasca minum. Yang artinya…disaat sampeyan bangun….tubuh kembali bugar ditambah efek kafein mulai bekerja. Klop to….

Tidak kalah seru adalah keterangan dari pak Kombes. Menurut pak Crysnanda….saat musim mudik, jam 7 pagi adalah puncaknya kendaraan bermotor dari Jakarta tiba diCirebon. “Jam segitu udah kayak lebah tuh. Analisa kita sih mereka berangkat sehabis sahur” ujarnya.  Keprihatinan dan anjuran diserukan pak kombes agar sebisa mungkin jangan pernah menggunakan kendaraan bermotor kalau pulang kampung. Sebab tingkat kecelakaan menggunakan motor sudah masuk dalam taraf “nggilani” . Data Laka disodorkan beliau dan diperoleh fakta mencengangkan yaitu….motor meraih persentase tertinggi dengan 58%…

IIWBMirisnya…rentang korban terbanyak adalah dari kalangan usia muda yang masih produktif dengan usia 21-30 tahun. “Sayang bener nih…para penerus bangsa, masih belia kebanyakan korbannya” ungkap pak kombes. Disela-sela itulah…pak Crys bercita-cita suatu hari nanti ingin menjadikan department kepolisian sebagai salah satu department berwibawa, tegas, disiplin dan tidak kenal ampun. “No mercy untuk pelanggaran” serunya. “Tapi….kebalikannya, masyarakat boleh menuntut. Jika ada anggota saya melakukan pungli….akan saya gantung didepan monas” tambahnya disambut suara tawa dari para media yang hadir….

Beda pak Crys beda lagi dengan Pak Gunadi (ketua AISI). Pria sepuh namun masih terlihat energik tersebut urun rembug agar jangan terus menyalahkan para pengendara motor. Kenapa motor makin ngetren??…..semua berlangsung alami akibat belum siapnya transportasi umum. Contoh kongkret yang paling gamblang adalah tiket kendaraan yang ludes terjual jauh hari sebelum lebaran.  So…..bagi yang nggak kebagian, ketimbang nggak pulang kampung opsi mereka tentu naik motor. Selain itu…kenaikan BBM juga menambah daya tarik masyarakat untuk beralih kekendaraan roda dua. Lebih irit serta efisien. Seandainya semua kendala teratasi…pasti masyarakat dengan sendirinya meninggalkan motor…

last….yang paling menarik dari pejabat AISI tersebut adalah tudingan separator busway sebagai penyebab maut. Tak terhitung jumlah korban kendaraan roda dua meregang nyawa akibat menabrak ujung separator yang tidak terlihat dengan jelas. “Saya selalu bawakan perkara ini ditiap diskusi agar masalah ini diperhatikan” ujarnya saat berbincang dengan IWB. Hhhmm..setuju nih kalau soal ini. Lawong IWB hampir pernah jadi korban (klik artikel lawas disini).  Btw, akhir diskusi ditutup dengan kesimpulan….bahwa ngantuk selama berkendara tidak dianjurkan. Tetap ngotot??. Siap-siap maut mengintai keselamatan kita…..(iwb)  IWBIWB  IWB IWBIIWB

Advertisements

91 thoughts on ““Anak buah melakukan pungli….akan saya gantung didepan monas !” ujar Kombes (pol) Cyrisnanda….

  1. separator busway haruse pake sterefoam aja kali ya. pemerintah kita memang ga pernah bikin project sing mateng, aman dan nyaman buat warganya.

    Like

  2. aneh negeri ini ngga dr kalangan politisi ampe kepolisian pasti janjinya brani gantung di monas, tp nyatanya kaya motor 2tak yg udah uzur, asep banyak tp ga da lari,
    preeet lah

    Like

  3. bagus dan mantap pak pol..
    tapi kalo masih tetep aja ada pungli atau polisi lain yg melakukan kejahatan hati-hati aja kalo masyarakat menuntut PIMPINANnya yg digantung di monas

    Like

  4. 5. kiansantang1001 – Juli 30, 2013

    jangankan gantung penjara seminggu aja gak akan pernah
    ——————
    betul, itu anaknya bapak dari malang jawa timur yg meninggal ketabrak petinggi polisi gak ada jeluntrungan kasusnya.
    dibela-belain bapaknya bolak-balik jalan kaki malang jakarta sampe ke mekah (katanya).
    gak tau harus mengadu ke mana itu bapak.

    Like

  5. Wah, aston rasuna epicentrum itu dekat sekali dengan tmpt tinggal saya. Kapan2 kesana lagi contact ya mas, pengen banget silaturahim sm mas IWB nih. Hehe

    Like

  6. Kalo pemudik sepeda motor biasanya sih pengen pamer motor barunya di kampung halamanya,supaya satu kampung tau kalau dia udah beli motor bagus,biasanya sih gitu mas iwan.^_^

    Like

  7. WOWH….

    kenapa mesti ”Independent Bikers Club”

    kenapa gak di ganti aja “netral Bikers Club”

    kata-kata independent sudah di ciderai oleh oknum blogger

    Like

  8. sebagian besar pelaku pungli di jln adalah polisi, mrk terkesan cari2 kesalahan para bikers lwt razia2…hanya masalah tutup pentil ban ga ada aja ttp kna denda,mending ga usah ngomong gontang gantung sgala, yg ngomong itu dah bersih dr pungli/ga…ini justru penyakit kepolisian yg hrs di benahi…salam bikers

    Like

  9. polisi jalanan itu hampir semuanya tingkahnya udah kaya preman, bahkan petingginya aja udah tukang tilep duit.

    bener kata pak SUKARNO, polisi paling jujur di Indonesia itu cuma POLISI HOEGENG

    Like

  10. polisi bullshit lah..

    narkoba?? rebutan ma bnn
    suap menyuap?? rebutan ma kpk
    teroris?? rebutan jg ma tentara

    jd tugas polisi yg bner apaan sih?? semua lahan di embat..

    klo lg cari duit,, diem2 ngumpet di tmpat tersembunyi trus ngempritt dahh buat “damai” haha

    Like

  11. aaahh yg bener?
    tahun kemarin di gunungkidul jogja ada polisi mukul anak pake helm sampe meninggal, sampe sekarang oknum polisinya juga masih melenggang bebas tuh?
    Inget nama Rezza Eka Wardhana gak pak Pol…
    Beritanya dulu sampe diliput berbagai media televisi nasional..

    Like

  12. polisi nya kok gendut yah?
    gendut = ?
    jabarkan sendiri……………..
    pemalas?
    korupsi?
    kerja ringan?
    byk makan?
    kalori overdosis?
    main gantung org aja? mentang2 income sudah diatas org yg akan digantung

    Like

  13. 42. jaelan.. – Juli 30, 2013

    90%……. polisi adalah musuh/lintah masyarakat…
    bukan pengayom masyarakat…
    ————-
    waduh kalo soal itu relatif bro, tapi tugas polisi lalu lintas terkadang juga bagus terutama yg masih junior ga neko2 bro,
    bener2 ngatur lalu lintas sehingga jalan menjadi lancar,
    nah beda cerita kalo polisi bagian kriminal
    ada crita nih
    ada pemeriksaan, teman saya bawa mobil di stop di periksa brg2 nya
    eh ternyata di temukan narkoba, dan narkoba itu memang sudah di siapin polisi utk memeras korban
    ini sih lebih ngeri dari perampok bro,
    alias tingkat keberhasilan meras hampir 100%
    smoga aja polisi macam gini hrs di tindak setegas mungkin,

    Like

  14. Alaaah mayoritas polisi emg gt kq,apalg d daerah sini bantargebang Bekasi polisi’y ndompleng razia LLAJ cmn sebiji 2 biji tp khn ttp j g resmi/pungli..*pengalaman kna 100rb..damai itu bkn 20rb skrg damai jd cepe…

    Like

  15. Alaaah mayoritas polisi emg gt kq,apalg d daerah sini bantargebang Bekasi polisi’y ndompleng razia DLAJ cmn sebiji 2 biji tp khn ttp j g resmi/pungli..*pengalaman kna 100rb..damai itu bkn 20rb skrg damai jd cepe…

    Like

  16. OmDo doank lah,liat th c’anas brani d gantung d monas,eh skrg lw dtnya pasti ngalihn pmbicran.
    .
    yg paling ngeslin lw d tilng krna mtr gx lngkap,sampe tutp pentil d prmasalhin.

    Like

  17. hanya menbaca judul
    BOHONG, GUTHING, AKU ORA PERCOYO
    paling melu mangan hasil pungli anak buahe
    hahaha,
    pejabat di negeri ini semua’a pembohong

    kalo saya boleh usul, hukuman utk para koruptor
    BAKAR HIDUP-HIDUP DI LAPANGAN MONAS
    buat siaran langsung disemua stasiun tv, biar rakyat yg nonton puaaasss
    hahaha,

    salam jangkrik guthing

    Like

  18. kalo pake acara gantung dimonas, bisa bisa kantor polisi kosong melompong, paling paling cuma ada segelintir polisi yg benar benar tidak (belum punya kesempatan) korupsi.
    Aya aya wae nih pak pol.

    Like

  19. @ipanase aka simpanse_wah,jadi kawanya p2crot nih blogger Simpanse.untung blogger ecek2…n untungnya lg IWB ama TMCBLOG bener2 blogger prioritas,bukan kayak p2crot n simpanse.wkwkwkwk.

    Like

  20. Ciyyuss…. Boro2 digantung ditegur jg nggak. Buktinya sampai detik ini masih banyak pungli.
    Setuju sama pak gunadi (AISI). Lawong sebelum puasa aja tiket dah pada habis dan ga semua orang punya duit jauh2 hari buat beli tiket. Solusinya ya motor yg ada dijadikan moda transport.

    Like

  21. Selama sistem tdk dibenahi/rubah, trus tdk ada sangsi TEGAS yg memberikan efek jera trhadap pelaku pungli, selamanya pungli takkan bisa dihapus, sama sprrti KORUPSI. Jadi, judulnya NGIMPIIIII….
    😛

    Like

  22. Hmm..jangan ngomong gitu ah pak polis, perasaan kmaren ada yg kalo korupsi gantung di monas, sampe sekarang blom digantung.hahaha,…

    Well..emank orang Indonesia itu soal safety nomer sekian, paling pertama ya cepet sampe di tujuan. Bayangin aja, mudik itu bisa 1 bahkan 3 hari perjalanan kalo pake motor/mobil.

    Ai liat pabrikan kaya honda dan yamaha udah good lah, motor diangkut, orangnya naik bus, dan jg mudik2 gratis dari kementrian perhubungan jg sangat membantu,..

    Like

  23. Solusi mudik yg menggunakan motor ikutin AHM mudik saja,motor diangkut dengan truk, orang nya naek bus AC,murah meriah aman…dikampung tetap bisa mnggunakan motor.

    Like

  24. aku heran polisi2 kalo uda senior kok pada gendut yah?

    ada yg bisa jwb?
    kalo polisi nya gendut apa bisa ngejar maling?
    dan apakah nda ada standarisasi utk seorang polisi misal postur berat tinggi dll?
    kan mestinya ada. sayang cuman pas masuk doank itu diperhatikan,

    Like

  25. diskusa diskusiii.. ora ono hasile kaangg…
    drpd ngono kui mbokyo transportasi di dandani sing apik.. sopo wonge sing gelem rekoso numpak motor.. kalo ada transportasi umum yg memadai juga pasti gak mau naek motor.. rekoso kang..
    pengalaman pribadi… mau naek kereta tiket habis. mau naek bis regane tiket larang.. mau naek mobil pribadi mobile sopo.. kepekso naek motor wess..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s