IwanbanaranBro dan sis sekalian….saat meliput Honda Safety riding diLombok beberapa pekan lalu…IWB sempet mengamati jalanan Mataram dan sekitarnya. Aspal mulus nan lengang menjadi suguhan langka dimata IWB yang biasa hidup dihiruk pikuk ibu kota. Mantepnya….tiap jalan yang menghubungkan lokasi satu kelokasi lainnya bak permukaan seterika. Nyaris tanpa lubang. Jiannnn mantep jozz gandozzz. Sayang…pemandangan indah tercederai habit biker yang masih menyepelekan akan pentingnya pemakaian helm. Hampir 50% penyemplak motor yang kepergok IWB….mereka ogah mengenakan pengaman kepala. Sobek tenan!!….lwb-460x240AHM Oil IWB OK (460x150)

Menyesal selalu datang belakangan. Asli….peribahasa tersebut nggak ngarang brosis. Sekitar tahun 1996 IWB pernah jatuh dlosor dari motor pada kecepatan 40km/jam didaerah Watulimo Trenggalek Jawa Timur. Hard braking diturunan berpasir….tiba-tiba traksi ban lepas dan tunggangan meluncur kesebelah kiri….membuat IWB terlempar diatas permukaan aspal. Gaya gravitasi memaksa tubuh dan kepala tidak kuasa menahan gesekan kasarnya aspal jalanan. Mengenakan helm kura-kura (sebutan helm standart Astrea Grand era 1990an)……perangkat tersebut tidak mampu berbuat banyak saat posisi muka miring kesebelah kanan. Hanya dalam hitungan detik…..pipi dan pelipis sisi kiri habis seperti diparut. IWB tidak sadar sebab yang terasa kala itu hanya rasa panas menyengat. Jebule setelah ngaca…..IWB shock berat!!!

Kulit pipi mengelupas hilang tergerus aspal digantikan darah serta kerikil-kerikil kecil nempel didaging muka. Lemes sebab bayangan cacat mengintai. “Wah…muka belang selamanya nih” batin IWB frustasi. Luka tersebut belum termasuk siku, dengkul dan beberapa bagian yang mampu membuat baju dan celana robek nggak karu-karuan. Masa kelam yang akan IWB ingat seumur hidup. Untunglah….seiring perjalanan waktu, cedera mendapatkan perawatan. Kerikil dibersihkan dan diangkat oleh petugas medis. Mungkin karena usia yang masih muda…..kulit bisa kembali normal. Kejadian jatuh ternyata tidak hanya disitu sebab 8 tahun setelahnya atau sekitar 2003…IWB kembali dlosor akibat menghindari mobil ngerem mendadak diTanah kusir Jakarta Selatan. Hanya saja kini ceritanya lain….

IWB mengenakan helm full face KYT. Kenapa memilih full muka?. Awalnya bukan safety yang dipikirkan namun lebih kearah mode dan debu. maksude?? Yup….polusi udara ibukota terasa pengap jika muka tidak dilindungi maksimal. Selain itu….pasca IWB hijrah ke Jakarta, mata IWB jadi melek…..jebule biker yang memakai helm full face terlihat keren dibanding hanya model catok. Maklum mzbro…dikota kecil tempat kelahiran IWB, jarang biker sudi memakai helm full face. Lawong nggak bisa nampang je :mrgreen: . Opo maneh kalau kendaraan yang ditunggangi RGR. Wis…pengennya helm malah dicopot biar semua orang tahu….si A tunggangannya keren euy (masa ababil bener tuh wkwkwk). Semakin beranjak dewasa pola pikir berubah. Hingga kejadian dlosor diTanah Kusir menyadarkan semuanya….Iwanbanaran

Jatuh dikecepatan sekitar 40km/jam….sekali lagi muka seperti tidak terkontrol. Saat terjadi benturan dan terlempar dari motor…posisi sudah tengkurap menghadap aspal. Dibalik helm…IWB bisa melihat kasarnya kontur aspal menyerang visor yang IWB kenakan. ” Srokkkkkkk….” suaranya membikin hati bergidik. Hanya beberapa detik….IWB sudah dikerumunin banyak orang berusaha menolong. Berdarah dibeberapa bagian seperti siku dan lutut…..namun kepala aman tidak lecet sedikitpun. Membuka helm…..bagian visor seperti tercabik dan buram tanda gesekan yang dihasilkan aspal masuk kategori high pressure. Weleh…bisa dibayangkan jika saat kejadian IWB hanya menggunakan helm ala kadarnya. Opo maneh kalau nggak pakai helm….jiannn serem tenan. Asli….setelah itu IWB ciut nyali. Tidak pede sama sekali jika melaju kencang tanpa proteksi mumpuni. Oleh sebab itu….pemandangan yang disodorkan para biker Lombok membuat IWB tepuk jidat….

Berkendara dijalan raya….hampir 50% tidak mengenakan helm. Mencari info dari penduduk asli Lombok…mereka berujar “nggak apa-apa mz…polisinya nggak galak koq disini’ ujar mereka. Waladalah….helm menjadi wajib jika polantas ketat dan sebaliknya…dicuekin jika operasi kendor. Satu kultur yang kudu dibenahi. Mosok demi keselamatan pribadi kudu diteriak-teriakin. Malah yang unik…para bule secara mengejutkan mampu memberikan contoh sebagai sosok biker tulen. Melintas didepan mobil yang IWB tumpangi…mereka mengenakan helm lengkap sebagai bentuk kepedulian safety riding. Sesuatu hal yang jarang IWB tangkap pada penduduk pribumi. Padahal….seperti yang kita tahu, kepala hanya bisa menahan benturan pada kecepatan 40km/jam maksimal. Diatas itu….tinggal wiritan aja. Kenapa??…

Tanpa proteksi…..energy benturan akan langsung murni dialirkan keotak. Inilah yang merusak dan membikin fatal korban. Serangan belum termasuk cedera luar yang bisa membuat pendarahan hebat. Sementara jika memakai helm….disamping melindungi luka luar, outer sheel yang biasanya terbuat dari fiber-reinforced atau thermoplastic polycarbonate bakal meredam energy benturan yang menyerang kepala. Material bekerja bahu membahu dengan polystyrene (biasa kita sebut styrofoam) untuk menyerap hit impact sehingga ujung-ujungnya daya rusak energy kinetik tereduksi signifikan hampir 75% sehingga sampai kekepala hanya 25% saja. Nah, kepala aman terhindar dari gegar otak…wajahe juga tetap ganteng/ayu tidak disambangi aspal. Hayo…pilih mana hayo :mrgreen: . Jangan mau kalah ganteng/cantik sama bule brosis. Lha piye mau rupawan kalau hidung bangir jadi pesek tergerus aspal. Helm dijalan raya??. Monggo kenakan mulai sekarang ketimbang terlambat. Biar ganteng dan cakep sama-sama dahhh :mrgreen: .….(iwb)

Jepretan Lombok…..kesadaran memakai helm masih minimIwanbanaran Iwanbanaran IwanbanaranIwanbanaran

145 responses to “Jepretan Lombok….bule lebih sadar safety !!”

  1. Bihun Avatar
    Bihun

    ♒♥(y)мɑʼn⌣†⌣αÞ(y)♥♒ ŦФƤ-mªªªªЯK☺ŧººƤƤ

    Like

  2. rusman Avatar
    rusman

    wah

    Like

  3. Bihun Avatar
    Bihun

    Podium みϱ”̮みϱ”̮みϱ”̮みϱ

    Like

  4. jurigkamera Avatar

    Pake Helm dong…

    Like

  5. fighter Avatar
    fighter

    Dimana2 sama Om jarang pake helm.. Gak nyadar bhaya th

    Like

  6. nco Avatar

    pertamax kah

    Like

  7. Supra_Fit Avatar
    Supra_Fit

    Wussszzzz 10 beasssaarr

    Like

  8. acrylic Avatar
    acrylic

    selama ga ada wereng. ga pake helm aman… tapi blom tentu selamet hehe

    Like

  9. ferry tagor Avatar
    ferry tagor

    Biasa orang Indonesia… Kalau udah terjadi baru menyesal…

    Like

  10. Ferboes Avatar

    15 besar..

    Like

  11. irza4627 Avatar

    biasa bang klo masih di dalem kampung jarang yang pake helm, krn mindsetnya kebanyakan masih seperti ini: “ah ga ada polisi ngapain pake helm, lagian cuman deket ini”
    mindset itu masih banyak dimiliki oleh orang2 kita, IMHO

    irza4627.wordpress.com/2013/07/27/regulasi-baru-motogp-2014/

    Like

  12. Khaerul Irsyad Avatar

    mantap pesannya mas…!!!

    Like

  13. dab rr Avatar
    dab rr

    masih 3 jam lagi..

    Like

  14. jaelan.. Avatar
    jaelan..

    uwweddddyaan….panjang euy ceritanya..jozz

    Like

  15. masshar2000 Avatar

    biassa kang, kl jalan – jalan desa gitu…kadang keki jg, kl ke warung bentar beli kerupuk bawa helm..
    http:// masshar2000.wordpress.com

    Like

  16. Afang Cilixs Avatar
    Afang Cilixs

    Kepala batu….. Wkwkw

    Like

  17. ernawati Avatar
    ernawati

    Wedeww…Lombok mas IWB…
    Sate rembige uenak tuh…

    Like

  18. blqckspide Avatar
    blqckspide

    Bahasnya iwb ngangenin

    Like

  19. andi cahaya Avatar

    dinegara kita,kesadaran berkendara yg safety emang kurang,coba kalo tawuran atau demo pasti banyak yg pake helm..kenapa coba?

    Like

  20. shinju2 Avatar

    edan bener-bener pake ilmu kebal..kebal tilang tuh…emane rek…

    http://tokounix.com/3-daster

    Like

  21. Bocahmedan99.com (@Bocahmedan99) Avatar

    setuju kang IWB
    cahmedan99.blogspot.com/

    Like

  22. rus bjs Avatar
    rus bjs

    helm full face lebih selamat…setidak nya klo jth bibir gak langsung nyium aspal

    itu org lombok sakti” jdi ga takut celaka mas soal nya bnyk makan cabe wkwkwk

    Like

  23. 46@sukses.com Avatar
    46@sukses.com

    Weleh ndlosor nya iwb beda jauh ama ndlosornya markuer,pedrosa,dn jolor..

    Like

  24. user_aja Avatar
    user_aja

    setuju mas IWB helm full face wajib hukumnya buat ane 😀

    di daerah tertentu di ibu kota juga masih banyak mas IWB yg belum nyadar pake helm, bawanya juga pada seruntulan, termasuk cewe ane nih kadang ga pake helm #tepokjidat sampe bosen ane marahin, tapi udah ga seruntulan sih gara2 kakinya dapet 5 jaitan…

    Like

  25. raisrajab Avatar

    sayang sy g tau kalau mas iwan ke lombok.pengen silaturrahmi sm mas iwan kebetulan sy jg menetap di lombok.

    Like

  26. 46@sukses.com Avatar
    46@sukses.com

    Weleh ndlosor nya iwb beda jauh ama ndlosornya markuer,pedrosa,dn jolor..
    *ndlosornya iwb yg paling fenomenal adlh pass di tengah malam,bersma nyonya iwb..
    K a b u u u ur r r r..

    Like

  27. om yono Avatar
    om yono

    Opo maneh kalau kendaraan yang ditunggangi RGR. Wis…pengennya helm malah dicopot biar semua orang tahu….si A tunggangannya keren euy (masa ababil bener tuh wkwkwk).

    Hampir semua biker era 90an dan awal 2000 pasti tahu betul betapa ganasnya RGR ini 😀 satu2nya motor paling playboy dalam sejarah anak SMA dan perkuliahan.
    Disinyalir mas iwan juga termasuk salah satu korban kandas cinta akibat kegantengan RGR. wkwkwkwk guyon mas.

    Like

  28. anderreee Avatar
    anderreee

    rata rata yg alay gt korban iklan yamaha om

    Like

  29. eko pangestu Avatar

    miris baca yg bagian kerikil2 di pipi, tp kl dh jd kebiasaan pake helm, jauh dekat tetep krasa ada yg kurang kl gk pake

    Like

  30. rotom09 Avatar

    goncengan telu….wkekkekekk

    Like

  31. irfano Avatar

    namanya jg kampungan alay!

    Like

  32. Byonce Avatar
    Byonce

    Judul : Indonesia emang lucu…ada yg Ъќ>:/ sevety riding krn kurang memahami aturan ad juga yg brlebihan sampek yg kmana2 pake jaket turing dekker ma spatu jaran padahal cuman mau kondangan wkwkwkwk…Ъќ>:/ tau gara2 Ъќ>:/ tau bahasa inggris x ya…UTAMAKAN SELAMAT mas bro kalo Ъќ>:/ tau artinya SAVETY RIDING…

    Like

  33. retsu Avatar
    retsu

    Yg ane sering liat.knp biker ninja 250 jarang pke helm..keren tapi norak..

    Like

  34. fnaufala Avatar

    jatuh emang gak enak kang, pengalaman jatuh

    Kecelakaan itu membuatku lebih berhati-hati

    Like

  35. brigade jalan raya Avatar
    brigade jalan raya

    sadis. mas iwb dulunya ranjau dan wajahnya kaya preman ada codetnya. sekarang mas iwb insaf. tapi ada org yg gak sadar kayak masbiwb dulu. namun alasan katro malah jadi alasan. gak apa gak pakai helm, gak ada polisi di sini. sadis bener.

    Like

  36. dragnell Avatar
    dragnell

    polisinya g galak..juozzzzz..

    Like

  37. cacingaspal Avatar
    cacingaspal

    jarak dekat…no helm….owhh nnoooooo

    Like

  38. ᅧᅧᅧTORRESᅧᅧᅧ Avatar
    ᅧᅧᅧTORRESᅧᅧᅧ

    gayanya…amrik…yaakk….qiqiqiqiqiqi

    Like

  39. wise_n Avatar
    wise_n

    jalur bebas helm……

    Like

  40. Den bagus Avatar
    Den bagus

    Buju buneng, aspale alus tenan, semulus kulit cinta laura

    Like

  41. ari Avatar
    ari

    wuih,jalannya mulus

    Like

  42. Duinnn Avatar
    Duinnn

    Umumnya di daerah pedesaan memang begitu,

    Like

  43. Three0n0 Avatar
    Three0n0

    Iya dr dulu nyampe skrg dimana2 tiap ditanya “knapa ga pakai helm?” pasti jawabnya “ga ada pak polisi”
    emang orang2 skrg tp ga smua lebih takut sama polisi dr pada nyawanya

    Like

  44. apray Avatar
    apray

    Baca artikel mas iwan yg tadinya mo beli helm half face jdi bralih ke full face,,,,, -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶. Mas iwan

    Like

  45. hendri Avatar
    hendri

    Walaaahh mas..jangankan lombok, banjarmasin juga sama aja parahnya..malah kadang2 tmn2 ane Ɣªήğ mkai helm alasanx cuma “debu + takut panas matahari”..hahahahahaa..

    Oiya..ane baru tau..dulu mas iwan tinggal di trenggalek ya?..hehee..tetangga dunk qta..coz ane dulu tinggal di tulungagung daerah bago mas.. 😀

    Like

  46. Mechman212v Avatar
    Mechman212v

    sampe2 ada mahasiswa praktek ngajar di desa saya dari US, gak pernah mau dibonceng pake motor, gak save katanya, mending pake mobil atau jalan kaki lebih aman..
    menurut mereka pengendara motor di kita membahayakan..

    Like

  47. ●○ qwerty ○● Avatar

    kalo pake helm TRX warna putih hadiah dari beli syammpahh honda, helmnya bisa muter sendiri kebelakang..

    Like

  48. roni zh Avatar
    roni zh

    biarin sj kang…beli motor 13jt-an ga ada sisa buat beli helm x wkwkwk

    Like

  49. rus bjs Avatar
    rus bjs

    ●○ qwerty ○● pada Juli 27, 2013 pada 5:04
    PM kalo pake helm
    TRX warna putih
    hadiah dari beli
    syammpahh
    honda, helmnya
    bisa muter sendiri
    kebelakang..

    ====================

    wkwkwk bener itu bro…helm sukro..klo di bwa ngebut 60kpj helm muter bagian mika jdi dit belakang….

    Like

  50. iwak banaran Avatar
    iwak banaran

    waduh ga pake helm, ga sayang kepala?

    Like

  51. st3v4nt Avatar
    st3v4nt

    Wah contoh melalaikan keselamatan di jalan karena penegakan hukum yg kurang. Tapi gak bisa jadi tolak ukur bule lebih sadar safety. Di US ada kok negara bagian yg ngebolehin pemotor gak pake helm karena lobby dari komunitas pemotor merk tertentu.
    Mungkin aja bule yang sampeyan foto pake helm karena kuatir kalau celaka asuransi gak mau bayar atau takut di peras kalau ketangkep seperti kasus turis di propinsi sebelahnya…..mintanya kan lebih gede.

    Like

  52. johan Avatar
    johan

    Foto di daerah senggigi ya mas iwb? .. Kalo di daerah pantai emang rada aneh, bule yg lebih tau aturan,, masyarakat malah ugal2an nyalip mobil di tikungan yg rada nanjak.. Masnya belum lihat kalo malam hari, di daerah senggigi yg pake motor gak ada yg pake helm.. Apalagi kalo perayaan tahun baru.. Beeehhhh.. Ngeriii krn polisi membiarkan ga pake helm kalo malam hari.. (Semoga di baca sama polisi biar bisa lebih ketat) aminn (‾ʃƪ‾)

    Like

  53. SamePackBowLong Avatar

    mantab lek IWB, anjuran seperti ini nih yang mengena di hati dan pikiran pembaca, tidak ada kata-kata mencemooh atau meng-alay-alaykan orang lain, dengan contoh kongkrit atau pengalaman lek IWB sendiri bikin anjurannya tambah mak-jleb, empat jempol buat lek IWB

    Like

  54. zekupi putih Avatar
    zekupi putih

    Numpang share om… Mantaaaap…hahaha

    Like

  55. iwb-lover Avatar
    iwb-lover

    bener bgt mas iwan, thn 2008 helm fullface jg pernah nylametkan ane dr jatuh ndlosor di kec. 80kpj, krn ada mobil belok mendadak, ngerem udh ga nyampe, akhire nyerempet body smping trus ndosor ke aspal trus mental nyemplung got. untung sopirnya tanggung jwb. wlpn muka selamet krn helm fullface, tp kaki kiri retak, jian apes tenan. dari situlah ane sadar betapa pentingnya pake helm, n sejak itu udh ga brani kebut2an lg dah, miris tenan euy…

    Like

  56. Xeonrider Avatar
    Xeonrider

    nggak malu tuh sma bule??? ckckc
    safety riding broooo….salam rider xeon sidoarjo

    Like

  57. kobay Z250 Avatar
    kobay Z250

    disinyalir ada pesan pesan nih dari KYT si akang bro kekkeke….

    Like

  58. radi Avatar
    radi

    Ini sudah mendarah daging di Lombok dan NTB pada umumnya mas iwan,,,saya pendatang dari surabaya miris melihat Mataram dan sekitarnya kesadaran lalu lintas sangat kurang.Mulai dari helm tidak dipakai,aksi potong marka seenaknya,halauan berkendara ngawur (ga motor ga mobil podo wae),dan banyak lagi lainnya. Dijamin mas iwan kalo di Mataram sebulan saja pasti udah mau misuh aja dongkol dalam hati tiap hari,hahahahaha. Dan penegak hukumnya cuman diam saja mas. Perlu diangkat dalam artikel khusus kalau perlu.
    Salam dari lombok mas

    Like

  59. green_ coffee Avatar
    green_ coffee

    otw prigi ta kang?

    Like

  60. kobay Z250 Avatar
    kobay Z250

    bule mah mayoritas sudah sangat sadar akan pentingnya safety kang…
    kalo kata sobat saya kang saftari masa iya kudu dites dulu kepala ke aspal buat tau seberapa pentingnya helm (yg aman) dipake ke kepala kita hehhee….

    kalo saya dah kapok pake helm full face abal abal kang…jaman SMA kepelanting gara2 habis pasang spakbor depan yg model pendek (yg mepet ban itu loh), jebule masangnya gak bener, kecepatan kurang hapal mgkin sekitar 60km/jam atau lebih, soalnya pas ijo alfa II R langsung ditancap…tiba2 ban depan seperti direm habis2an, otomatis kepelanting ke depan…badan guling2an, helm yg diikat terlepas… untungnya saat sudah terseret..jadi wajah saya yg charming ini terselamatkan kekekekek…
    tapi lengan kanan dr bwah siku teus smp nyaris ke bahu membekas smp sekarang seperti tato pulau sumatera jawa dan bali disambungkan hehehe….

    sejak itu nabung biar kebeli helm dari italy dan langganan smp skrang hehehe….yg merek N sudah kebukti ampuh saat tekor belok pake tiggy jaman kuliah saat otw majalengka…tdk ada lecet berarti di tubuh, hanya pegal2 saja malamnya. si N jg hanya lecet dikit2…padahal kepala kebentur bentur terasa di aspal beberapa kali hehehe…

    itu ceritaku… 😀

    Like

  61. droid Avatar
    droid

    wuihh ane selalu pake helm kang.. wajibbb

    Like

  62. danisubject Avatar

    helm full face selalu jozz

    Like

  63. karimunjawa Avatar
    karimunjawa

    itu tuh biar gag kena tilang mas mba/ kalo dikarimun sni gag ada tilang polisi mereka mlh gmw pakai hel, bule kan dipandang berduit, jadi incaran pertama polisi, kalo gag pakai helm langsung dikejar, neda sama orang lokal polisinya milih2

    Like

  64. wahono Avatar
    wahono

    penduduk negara maju (dan orang berfikiran maju?) lebih tertib……. kalau di negara kita (tidak semua) tertib dibilang kuno, takut, gak gaul, dll…..

    Like

  65. Alan crb Avatar

    40kpj dh parah gtu mas ngeri,,

    Like

  66. danzik Avatar
    danzik

    wah kemarin awal puasa saya sempat ndlosor gara2 ada gerobak yg ragu2 mau nyebrang+jalan yg basah abis ujan, rem mendadak trs dpn malah jd slip akibatnya motor ndlosor lbh dr 5 meter, saya terpental dengan luka di kaki (masih berlubang) sama tangan. Alhamdulillah bisa balik badan pas jatu jdnya terlentang (awalnya tengkurap), kalo ga bs balik badan mgkn wajah bs kayak om iwb dulu soalnya cuma paje helm open face, n sekarang jd seneng ngajak safety riding walopun blm bs beli helm full face(ngumpulin dulu) hehehe.

    Like

  67. yusvi Avatar
    yusvi

    sebenarnya gak gt juga kali orbul-orbul alias orang bule disana kan pada nge rental motor alias nyewa dan itu pasti sepaket dpt helm dunk jd gak krn lebih taat hukum atau safety riding ane lama di kuta orbul sm aja tuh lebih suka tanpa helm biar lebih priii a.k.a free,hehe

    Like

  68. kobay Z250 Avatar
    kobay Z250

    35. retsu – Juli 27, 2013

    Yg ane sering liat.knp biker ninja 250 jarang pke helm..keren tapi norak..
    ================

    jangan dicontoh mas…beli motor puluhan juta mampu, beli helm yg harganya gak smp 5% harga motornya aja ogah…
    norak blass…
    (apa duitnya dah abis buat beli motor? wkwkwk)

    Like

  69. kobay Z250 Avatar
    kobay Z250

    68. yusvi – Juli 27, 2013

    sebenarnya gak gt juga kali orbul-orbul alias orang bule disana kan pada nge rental motor alias nyewa dan itu pasti sepaket dpt helm dunk jd gak krn lebih taat hukum atau safety riding ane lama di kuta orbul sm aja tuh lebih suka tanpa helm biar lebih priii a.k.a free,hehe
    =======

    gak salah juga…kalo suka nonton yutub, free styler bule malah lebih gila, boro2 helm, pake baju aja kagak wkwkwkwk…
    tp ya bukan berarti kudu dicontoh … itu cuma segelintir aja

    Like

  70. Chy Avatar

    isi kepala kayak’y bukan aset dech mnurut org kita, harga otak org indonsia lebih murah dr otak bule. maklum, “nyali lebih penting dr pd nyawa, nampang lebih penting drpd nyaman” safty ad ukuran sejauh mana manusia dpt menghargai kehidupan

    Like

  71. Sastro Avatar
    Sastro

    pernah ndelosor di Purwakarta saat melaju 80 km/jam. kepala turun duluan. untung pake helm full face, waktu itu merk WTC. sama yg dialami Kang Iwan,,,,kepala aman blas gak catu senajan awak bundas kabeh trus mlakune pincang,,,pe sekarang ttp pake helm full face. luwih aman coy,,,,

    Like

  72. ayinur Avatar
    ayinur

    sy jg pernah gan

    Like

  73. Perantau a.k.a TKI Avatar

    bulenya manut sama yang nyuruh.. paklek.. hihihi.. kidding, bro

    Like

  74. alvin Avatar

    bisa jadi secara umum orang indonesia pada dasarnya kurang sadar safety,,orang indonesia motivasi pkai helm kayaknya lbh mayoritas karena ada polisi. coba di daerah yg g byk polisinya pst lbh byk g pkai helm misal dibanding di jabodetabek

    cmiiw

    Like

  75. raka ardhiya mahardi Avatar
    raka ardhiya mahardi

    kalau tulungagung bagian utara yang tanpa helm bisa dihitung mas iwan , tapi kalau bagian selatan cuma 60-65% yang pakai helm , bagian selatan aspalnya makin kurangajar aja banyak lobang dan pada beberapa titik lubang tidak bisa dipilih alhasil njeglong . keep safety first all .. mau fbh , fby , fbk , fbz , fbb dll apapun motornya fafety riding yang utama .. salam joss gadoz kotos kotos mas ..

    Like

  76. our_junction Avatar
    our_junction

    biasa itumah paradigma turun temurun klo penyesalan biasanya di belakang kang mas prabu iwb
    yang di depanmah pendaftaran namanya

    Like

  77. jatidoor Avatar
    jatidoor

    adek ane susah bgt dblangin suruh pke helm.. jiaann!!!

    Like

  78. Made Wirautama Avatar

    Situasi mungkin mirip dengan di Kuta Bali mas. Tapi soal bule, masih banyak yg ga pake helm kok mas. Mereka yg pake helm pun krn takut kena tilang, maklum polisi sptnya lebih awas sama bule. Di samping itu, dari yg saya lihat bule lebih sering grasa-grusu kalo naik motor, deket mereka mesti lebih waspada.

    Like

  79. orong-orong Avatar

    itu yg pakai ninja kelihatan kencang

    Like

  80. protol Avatar
    protol

    wuih, ane merinding bacanya mas bro,
    ampe kerikil nempel di daging pipi.
    serius, serem maz bro…

    Like

  81. rio Avatar
    rio

    Tdak cma d Lombok mas. Klo sya, lewat jalur pantura malam2 tdak hanya tidak pakai helm, tetapi tdak ada pnerangan jg kdg2. Hehe

    Like

  82. 46@sukses.com Avatar
    46@sukses.com

    Lbih safty/aman lagi,naik mtor bebek metik,semprot maksimal 50km/h,tpi resikonya,entar di bc mtor lemot,,motor lemot..mtor lemot..

    Like

  83. Pikri Avatar
    Pikri

    Bule bukan @l4y mzbro

    Like

  84. Vx.Red Avatar
    Vx.Red

    sama nih sewaktu ane pulang kampung di daerah magetan jg gt mas jarang tuh biker pakai helm, sampe ane di tanyain ma temen ane mau kemana pake helm wong ga ada polisi ane jawab aja ini helm bakn plindung dri polisi nih plindung kepala sebab ga ada yg tau kapan kita celaka

    Like

  85. genbuz Avatar
    genbuz

    nyimak wae.

    Like

  86. numpangliwataja Avatar

    dulu pernah denger istilah begini :
    “pada dasarnya biker itu ada 2 yakni, biker yang pernah jatuh, dan biker yang akan jatuh”

    ini lah yg mereka tidak sadari, tidak selamanya kita bisa beruntung saat berkendara, sewaktu-waktu pasti bisa kena apes juga, protektor (helm, jaket, sepatu, sarung tangan dll) sangat penting, lebih baik repot sesaat (karena memakai protektor saat berkendara motor), dibanding menyesal selamanya (pada ga takut cacat apa ya?)
    yah tp memang rata2 orang sini lebih senang “menyesal” daripada “mencegah”…….masih senang “nampang”, masih senang dengan yg “praktis – instan walau melanggar aturan”……. mungkin karena masih level penduduk negara berkembang ya ? (kapan bisa majunya klo hal penting – namun terlihat sepele – ini aja ga dipikirkan)

    Yah sudahlah..kita saling mengingatkan saja, dimulai dr yg terdekat dengan kita (saudara, anak, orang tua, teman dll)…terutama anak……

    Like

  87. willy Avatar
    willy

    wah ning lombok nek dodolan helm gak payu kuwi..

    Like

  88. numpangliwataja Avatar
    numpangliwataja

    se7 ama made (82)…….bule di sini (apalagi bule yg bawa papan selancar – terutama yg pake matic) rata2 juga ngawur berkendara….waspada bila riding didekat mereka

    Like

  89. RAJA GAZRUUK Avatar
    RAJA GAZRUUK

    FAKTA DILAPANGAN HARGA HELM LEBIH MAHAL DARI KEPALA KANG,JNGANKAN FULLFACE,YG HALFFACE JA MAHAL…WKWKWKWK

    Like

  90. husnulislam Avatar

    Sebagai warga Lombok jadi malu liatnya, emang sih kebanyakan disini belum sadar safety riding kang,, riding tanpa helm, ban cacing, tanpa spion bisa didapatkan dimana-mana. Kadang2 ane ngilu liatnya kang.

    Like

  91. husnulislam Avatar

    Dan,, semenjak rajin nyambangi blog otomotif macam kang IWB, TMCBlog, Pertamax, Ridertua,, ane jadi nyadar safety riding.. Thanks kang,,!!

    Like

  92. frontdiskbrake Avatar

    “nggak apa-apa mz…polisinya nggak galak koq disini’ ujar mereka
    ====================================
    pasti krn mereka melihat polisinya gak pake rante spt anak punk. Xixixi

    Like

  93. danisubject Avatar

    liat nih motivasi buat ente sekalian kenapa harus pake helm m.9gag.com/gag/aQqnAGd coba bayangin kec 120 km jatuh terus nabrak bis kalo ga pake helm kayak gimana tuh foto kalo pake helm sampe rata gitu

    Like

  94. surya Avatar
    surya

    jalannya bagus tapi orang pribuminya norak katro ndeso udik alay.

    Like

  95. P5819TG Avatar
    P5819TG

    Emang klo bule sadar tentang keselamatan koq.. Masalah nya mereka bukan dididik untuk takut pada peraturan, tapi benefit yang mereka dapat dari peraturan yang ada.. Makanya tanpa disuruh pun mereka pasti pakai piranti keselamatan yang ada.. Ane pernah anterin bule perancis, mereka duduk di kursi blkg mobil pun tetap pakai sabuk pengaman.. Alasannya masalah keamanan dan sudah terbiasa begitu di perancis

    Like

  96. Perantau a.k.a TKI Avatar

    ada solusi gimana caranya biar orang-orang sadar berkendara (safety riding?)

    Bajaj Mulai “Melempar Batu”?

    Like

  97. Ferboes Avatar

    Katanya culun kalo naik motor jarak dekat aja musti pake helm…
    Kalo cm naik motor dibawah 1km dr rumah saya jg g prnh pake helm kang xixixi. Tp kalo dijalan raya slalu pake walaupun jarak dibawah 1km. Takut ditilang aja. Hehehe

    Like

  98. ariev_dunkta Avatar
    ariev_dunkta

    waduh kisahnya sama mas gara2 ndolosor jadinya ketagihan pake helm fullface, helm gratisan yamaha gusruk ke aspal tapi kepala aman, sejak kejadian ini saya baru sadar pentingnya pake helm fullface, tipikal orang indonesia itu mesti kejadian dulu baru sadar. 😀

    Like

  99. A K J Avatar
    A K J

    Nyesel ya belakangan mas e,kalo didepan namanya DP…upps!

    Like

  100. samzurry Avatar
    samzurry

    ikut sharing dikit mas
    april kemaren pulkam perpanjang sim cilacap. pas mo balik ke jakarta eh sepupu minta dibawain mio soulnya. sempet ragu juga sih soalnya tau kondisi jalan ancur berat seoanjang pantura, juga kondisi ban dan motor yg udah ga nyaman dipake.
    akhirnya beneran kejadian. pas ditegal jalan basah karena hujan, ngerem dkit waktu ada mobil belok, ga taunya langsng ndlosor mas
    masih sempet sadar pas jatuh liat aspal d bawah muka, badan berasa melayang diatas aspal. pas nengok kebelakang untung jalan sepi jadi slamet. orang2 pada bantuin bangunin motor. kondisi bodi ane sih cuma lecet kedua tulang kering, telapak tangan ama dagu dikit. jaket bolong pas kantong, trnyata yg buat bantalan pas ndlosor adalah hp d kantong, jd ga nyampe tmbus kaos daleman.
    biasa pake helm fulface, make helm halffaace trpaksa korban lecet dagu dikit. cuma memar dalam dipergelangan tangan nyampe sekarang masih berasa.
    sekarang ga berani bawa motor dijalan raya kalo ga pke helm deh

    Like

  101. erwin desantika Avatar
    erwin desantika

    klo boleh tau lek iwb itu aslinya darimana? kok masa muda nya di watulimo, nggalek?

    Like

  102. nikano88 Avatar
    nikano88

    Sadis,,,wkwkwkwk,,,pak polisinya gag galak jare,,ngakak poolll,,
    Weleh2,,,pernah digalek tow om iwb ki,,kulo asli galek om,,,

    Like

  103. old legion Avatar
    old legion

    cieeet….gedusrak

    Like

  104. Yugo15 Avatar
    Yugo15

    Akibat dari kejadian tersebut membuat kegantengan Iwb turun 30persen! Jian brosis,sobek tenan.
    Hahahha

    Like

  105. kuro balap Avatar
    kuro balap

    endi sng cah galek mau ? Aq jg t.galek om.. Btw lek iwan wis tau mangan aspal five stone tho..? Enak to ? Manteb to.

    Like

  106. Yugo15 Avatar
    Yugo15

    Desember kmaren ane juga abis jatuh bang di kecepatan 100an lbh..untung pake helm..tp dagu tetep aja ancur cos halfface..ngeri tenan pokok e bang..dari ujung kaki sampe dagu kena semua..sambil berdoa ane di bawa ke ugd cos rasanyA nih badan dah dingin gimana gitu…hiiii…
    Astaghfirullah…..

    Like

  107. kuplex Avatar
    kuplex

    mantep himbauan n artikel nya… ❤

    Like

  108. sususapionline Avatar

    penyakit masyarakat……. 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎 😎
    SkyFall 007
    http://www.televisionshowepisode.com/2013/07/skyfall-2012.html

    Like

  109. 2-UL kibul Avatar
    2-UL kibul

    biker island…
    mantap, disinilah tempatnya untuk menggali power dan top speed, dengan kondisi jalan yang sepi dan panjang disinyalir kecepatan bisa tembus akherat…
    😀
    😀
    😀

    Like

  110. Rollerman Avatar
    Rollerman

    kalau jaman sekarang emang enak bro IWB..helmnya keren2..kyk KYT..INk..MDS..dll..liat aja jaman 10 tahun yang lalu.msh jelek2..full face aja msh kayak telur.
    kalau mindset bs dbalik jadi “jaman sekarang gak pakai helm.gak keren!” . contoh aja naik ninja 250.kalau gak full face pst rasanya ganjil.motor udh seperti motor balap tp pakai helm half face atau bahkan g pakai helm. tp sepertinya susah..apalagi berhadapan anak alay (yg suka show off).

    Like

  111. Otoradians Avatar

    kadang kesadaran memakai helm kalau ada polisi doang

    http://otoradians.blogspot.com

    Like

  112. josgandos Avatar
    josgandos

    jangan salah lek..itu msh d mataram kotanya. kalo di senggigi sama aja pada ga pake helm tu bule2.. apalagi kalo nyebrang ke daerah ane di sumbawa..toringnya bule2 ini gila lek. pake matic dgn papan surfing+casenya di sampingnya, parahnya mereka ga pake helm dan ga pake baju.
    emnk sih polisi di marih ga galak om. di daerah ane lbh parah dr mataram. alay2 pada kga pake helm. kalo ane sih ga kuat mata ane kalo ga pake helm. apalagi pake motor yg lumayan kenceng(Cbr250) ga pantes kalo ga pake helm. ane pake helm bkn karena takut polisi tp murni utk alasan keamanan.
    kapan hr ada razia ane ga dicegat (males kali ya polisinya) padahal SIM ane mati blm smpt ngurus..hehehe..motor2 bebek pada dicegat..

    Like

  113. morlhadi Avatar
    morlhadi

    wah mas iwb rumahnya dimana?
    tanah kusir sebelah rumah tuh, hehhee

    Like

  114. ahmadimran Avatar

    mungkin dikalangan masih berpikiran begini “pakai helm karena takut ditilang polisi,bukan karena masalah keamanan.

    Like

  115. Seo Chan Avatar
    Seo Chan

    Alhamdulillah saya memiliki cukup kesadaran untuk menggunakan helm di banding temen – temen saya yang lainnya. Dan memang bener mas iwan, banyak orang memakai helm itu jika ada polisi saja. Kalau ngga ada polisi ya ga peduli. Terus jika perjalanannya tidak begitu jauh, seperti beli makanan ke depan komplek misalnya. Pada males pake helm dengan alasan jarak yang dekat, padahal jarak dekat pun tidak menjamin kita pasti selamat. Lalu ada juga yang ga pake helm karena tunggangannya dirasa keren. Paling sering liat yg gini tuh alay yang pake motor fairing 150cc – 250cc. Dengan alasan biar semua orang tau kalau tunggangannya keren jadi males pake helm. Barangkali mereka harus ngalamin sebuah kecelakaan dulu untuk bisa mengerti pentingnya penggunaan helm di jalanan.

    Like

  116. ngetes aja kerajaan Majapahit kena suspend Avatar
    ngetes aja kerajaan Majapahit kena suspend

    Wih…ternyata di daerah lebih maju ya ketimbang di jakarta, aspal mulus, ga macet

    Beda bgt sama di jakarta dan sekitarnya, apalagi depok sekarang alahmak…tiap hari udah kaya jakarta, padahal salah satu alasan ai pindah ke depok dulu ya karena ga macet, sekarang berubah

    Like

  117. ngetes aja kerajaan Majapahit kena suspend Avatar
    ngetes aja kerajaan Majapahit kena suspend

    Ai curhat dikit

    Dulu waktu SMA, ai jg pernah jatuh kecepatan tinggi (sekitar 80kpj pake karismax) di tikungan, karena ada galian PLN, motor

    Masih pake seragam, ga pake helm, alhamdulillah muka ganteng ai ga kenapa2

    Cuma tangan kiri, kaya muka kang iwb, kegasrot panjang banget
    Lutut kanan bolong gede bgt, sikut kanan jg bolong

    Waktu lg di rumah sakit, di sebelah ada ibu2 nyamperin ai, nanya “jatoh dari motor jg dik?”, iya bu, “anak saya jg jatoh sekarang lg geger otak”

    Like

  118. igor Avatar
    igor

    Jadi inget pengalaman 4 tahun lalu ane pake si “jagur” tiger ane tabrakan sama bebek yang nyebrang nyelonong tanpa lampu sein dan aba 2x yang jelas,waktu itu ane lari ± 70 km (ane inget soalnya itu pas trek lurus & ane pulang kerja habis shift malam jadi otak lelet ngasih respon buat ngerem & nutup throtle) ane terlempar sampai 5 meter lanjut glosor lagi di aspal untung ane riding gearnya komplit semua (sepatu safety, celana jean tebal, jaket anti api jatah kantor + helm KYT full face) walhasil yang luka cuma di tulang kering karena mneghantam knalpot “lawan” klo inget ane bergidik soalnya ngga kebayang saat itu klo ngga bisa hancur badan ane.

    Like

  119. Ghooz Avatar

    orang ane j yg bw safety lengkap msh ngrasain rmh sakit g sekali,dua kali sering mlhn nginep n UGD lg,tulang telapak kaki patah,pndarahan otak,bibir sobek kebelah jd 2 dr atas k bwh,dagu sobek,lutut kanan n kiri habis kna aspal kyk d parut..pkokna mah udh g asing sm kcelakaan..tp hrs inget ”safety n berdoa sblm riding”..kl udh cacat kyk ane br nyesel..msh muda tp udh kyk gini..hiks..hiks..

    Like

  120. ari dakedo Avatar

    emang begini gan didaerah ane (lombok), sebagian besar masyarakatnya terutama yg muda merka akan merasa lebih gagah n gaul kalo gak make helm,, hahahaha. tar kalo sudah kejadian baru tau rasa. makasi tulisanya gan, semoga banyak orang jadi sadar setelah baca tulisanya agan..

    Like

  121. Saepullah Avatar

    setuju banget kang,jadi inget tahun kemarin,saya jatoh dari motor di kecepatan 80kpj gara” ada sepeda nyebrang sembarangan ga liat kiri kanan dlu,ya udah deeh saya tabrak ga pake ngerem,alhasil saya kepental dari motor n keseret sampe ke lawan arah,untung aja kondisi jalan lagi sepi,n saya buru”bangun n kepinggir jalan,dan pas saya tengok kebawah,saya baru sadar tangan n kaki saya udah berdarah,jaket n celana robek,tapi saya masih bersyukur untung pas jatoh kaca helm yang saya pakai kuat,kacanya cuman baret”doang ga sampe pecah padahal pas jatoh hampir nyium aspal(ga sampe gara”kena kaca helm),padahal saya cuman pake helm open face,tapi merk kyt,setuju banget kang kyt emang top markotop daah, ni aja saya lagi nabung buat beli yang full face,biar lebih safety.

    salam safety first

    Like

  122. Beli motor honda di Bintang Motor Avatar

    itulah pendidikan di indonesia…
    masyarakat belum tau kalo helm bukan buat melindungi kepala, tapi anti polisi, karena ga ada polisi jadi ya ga pada pake helm. miris !

    Like

  123. cucunesimbah Avatar
    cucunesimbah

    artikele ngeriiii…
    ane juga tinggal gak jauh dari tanah kusir, emang bahaya tu pas jalan nikung dari arah rempoa pas jembatan mau deket makam sering cilaka orang

    Like

  124. Haroem Avatar
    Haroem

    cepet sembuh deh ya mas iwan… safety riding emang perlu banget diterapkan deh

    Like

  125. dheni Avatar
    dheni

    Betul mas, safety itu penting.
    kejadian yang baru saja beberapa hari di malang, tepatnya di jalan sukarno-hatta ada cewek masih smp bawa motor matic sambil sms saking sibuknya sms sampai nggak tau ada truk di depan waktu dia putar balik, akhirnya dia meninggal terlindas truk dengan kepala pecah mas, innalillahi wa’innailaihi roji’un, ngeri banget.
    hal ini semakin menyadarkan kita betapa pentingnya safety dan kesigapan dalam berkendara, karena kadang kita sudah safety tapi orang lain yang seenaknya dan bisa saja membahayakan pengguna jalan yang lain.

    Like

  126. RVS Avatar
    RVS

    kadang kl pake helm malah di katain cemen sama temen2..
    itu biasanya terjadi di kalangan ABG

    Like

  127. jagoenk87 Avatar
    jagoenk87

    waduh, kapan kang iwan ke Lombok?? kalo tau mah pengen silaturahmi kang.
    saya sudah 1,5 tahun lebih di Lombok kang, dan memang begitu para pengguna jalannya kang. ga cuma di desa ataupun tempat wisata kang, bahkan di kota mataramnya masih banyak yang ga pakai helm. dan cara berkendaranya itu lho kang, sruntulan ga jelas, main srobot aja, motor ga standar, tanpa spion, knalpot brisik ban kecil. dan paling lucu kang, tiap kali lepas lampu merah, udah kaya start aja kang, tarik gas, langsung kenceng ban motor depan diangkat.. pokoe jan ngelus dada kang iwan..
    kalo menurut saya memang kesadaran masyarakat kurang kang, padahal sosialisasi dari pabrikan dan kepolisian sudah sering sekali, tapi ya tetep ga pake helm kang.
    salam cah Semarang kang!!

    Like

  128. Trackback

    […]Wow, amazing blog layout! How long have you been blogging for?[…]

    Like

  129. elco Avatar
    elco

    hahaha iya kang bener
    taun lalu pernah maen ke lombok tempat sodara
    memang bnyk yg ga pke helm di banding yg pake helm
    haduh..haduh mentang2 jalan msh plong alias ga ramai
    keamanan malah di kesampingkan

    Like

  130. johny Avatar
    johny

    waduh… enak bener jalanannya.. lengang, banyak pohon2, dan nggak semacet jakarta..

    Like

  131. TiCtAc Avatar
    TiCtAc

    disinyalir itu diambilnya dikawasan lombok bagian utara, ampenan, senggigi, malimbu,.kerandangan
    haha jadi kangen rumah,.
    FYI kalau di tengah kota, misal kawasan sekitar cakranegara, mataram mall lumayan tertib
    apalagi sekitaran RSU dan dekat kantor Gub.
    kapan main k lombok lagi mas IWB?

    Like

  132. Gde Archi Avatar
    Gde Archi

    Waahhh kang iwb kapan lagi ke lombok? 😀 coba sekali kali ke lombok timur, 90% gak pake =))

    Like

Leave a comment

IWB

Selamat Datang di Blog Lawas IWB, ini adalah Blog Cikal Bakal Lahirnya Iwanbanaran yang Alhamdulilah Tetap Eksis Hingga Sekarang. Selamat bergabung Cak !

Monggo Gabung disini