IWB mengucapkan…selamat merayakan hari Raya Idhul Adha 1434 H!!..

 

IWBAllahu akbar, Allahu Akbar…..Allahu Akbar. Takbir berkumandang sejak kemarin malam menyebut kebesaran Illahi. Hari raya Idul Adha atau disebut sebagai hari raya korban telah tiba. Hari dimana umat islam dianjurkan menyisihkan sedikit rejekinya untuk menyembelih domba atau sapi sebagai bentuk teladan keperdulian sosial yang tulus dan ikhlas kepada Allah SWT…..

Bro dan sis sekalian…..Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Cikal bakal sejarah dari nabi Ibrahim AS serta putranya Ismail AS menjadi cobaan berat bagi sang ayah. Namun karena saking cintanya terhadap sang khalik….perintah untuk menyembelih putranya…Ismail AS akhirnya dijalankan oleh nabi Ibrahim secara ikhlas. Ismailpun secara tulus mendukung perintah tersebut. Tapi Allah maha pengasih dan mengetahui apa yang ada disanubari umatnya. Sekonyong-konyong sebelum prosesi penyembelihan…..sosok Ismail diganti binatang domba. Ibrahim dan Ismail lulus uji keimanan. Dari sejarah tersebut…lahirlah perintah untuk melakukan hari raya korban sebagai upaya agar Islam selalu perduli dan tulus untuk berbagi kepada sesama yang kurang mampu….

Daging sapi atau domba dibagikan kepada fakir miskin atau orang yang berhak menerima. Kita dilatih untuk tidak kikir….sebab harta hanyalah titipin yang akan kita tinggalkan pada saat jiwa ini berpisah dari raga. Dengan berkorban kita juga dilatih untuk tulus, ikhlas senantiasa perduli terhadap lingkungan sekitar dengan menyisihkan sedikit harta kita membeli domba atau sapi yang nantinya disembelih…..kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada saudara-saudara kita yang mungkin jarang menikmatinya akibat keterbatasan materi. Pentingnya korban juga mendapat perhatian khusus dari Allah SWT yang memberikan janji pahala luar biasa kepada umat yang melakukan. Baginda rasul nabi Muhammad SAW bersabda….tiap helai bulu binatang yang kita korbankan akan dihitung menjadi pahala tak terhingga. Nah….sampeyan bayangin tuh berapa jumlahnya. Bisa jenggotan kalau ngotot ingin ngitungin sendiri. So, makin besar binatang maka makin besar pula amal pahala yang kita dapatkan. Wallahuallam…..

Last.….makna korban sendiri sebenarnya mengandung dua arti yakni kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Kesalehan ritual merupakan bentuk iman kita terhadap Allah SWT dengan melaksanakan perintah sesuai ajaran agama yang kita anut. Dikatakan kesalehan sosial karena selain sebagai ritual keagamaan, hari raya korban juga mempunyai dimensi kemanusiaan….solidaritas guna saling membantu kepada sesama tanpa memandang agama, ras ataupun golongan. Selama umat masuk kategori fakir miskin….kaum dhuafa maka mereka berhak secara penuh mendapatkan daging korban. Semoga dihari Idul Adha 1434H ini bakal mampu mempertebal iman kita. Amin YRA. Nah….piye brosis, sudah ikut korban belum nih? …...(iwb)

Advertisements

38 thoughts on “IWB mengucapkan…selamat merayakan hari Raya Idhul Adha 1434 H!!..

  1. semoga pengorbanan ibrahim as dan ismail as diteladani oleh pembaca blog mas iwan biar ngga ada lagi istilah fby dan fbh.

    perdebatan yang ngga guna, mendingan ngopi bareng yuk… sruputtttt..

    Like

  2. @ 1. ardiannirwana, 5. wiro gak pake sableng, 6. Reza Rider Xeon,
    Sama2 juga lek, 9. Decade, 12. peyek
    @ 7. subaru
    Kebone sik turu kae :mrgreen:
    @ 15. deja’vu|SNO
    Aminn YRA
    @ All
    Byuhh..sepi bener. Pada kemana nih 🙄
    @ FBH
    Bro tolong jangan oakai nick name lebih dari 25 huruf. Suwun atensinya

    Like

  3. Artikelx mantap, terus kira2 si kebonya kang iwan kapan mau dipotong ?
    Bapak2 di sini pada sibuk motong sapi n kambing, terus tetangga yg ibu2 jg sibuk korban rujak, n mudah2an aja ga ada yg korban perasaan.
    Heheh

    Like

  4. 27. Dhena – Oktober 15, 2013

    Artikelx mantap, terus kira2 si kebonya kang iwan kapan mau dipotong ?
    Bapak2 di sini pada sibuk motong sapi n kambing, terus tetangga yg ibu2 jg sibuk korban rujak, n mudah2an aja ga ada yg korban perasaan.
    Heheh

    ===================

    Yang korban perasaan kga mau komentar. 😆

    🙄

    Like

  5. 23. fBH pengecer togel – Oktober 15, 2013

    Temen makan temen

    #Lirik kambing makan kambing#

    Sent from mBeekBeriberi

    ===================

    “̮ wk°wk (′▽`) wk°wk “̮

    Like

  6. Qurban..Mempunyai arti dekat,nah ..Jika kita ingn dekat..Udah selayaknya berani berkorban,korban harta,waktu,tenaga,pikiran,juga perasaan..Hahahaha..PABRIKAN Juga harus berani brkorban uey..Biar semakin deket ama konsumennya..
    Jozz pastinya,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s