Diatas kapal perang, Max Biaggi test ban anyar Pirelli……

Biaggi -PirelliMax Biaggi….pasti sampeyan kenal kan bro?. Sebagai juara WSBK, mantan seteru Rossi diMotogp tersebut didaulat sebagai talent sekaligus profesional rider untuk menguji produk ban anyar Pirelli “Angel GT” keluaran Pirelli. Yang menarik…proses testing dilakukan disebuah galangan kapal perang milik Italia yang bermarkas diTaranto. Disemprot dengan air berkekuatan 17 ATM, Biaggi diharuskan menggeber tunggangan pada kecepatan 100km/jam dipermukaan kapal dan kemudian melakukan pengereman untuk menguji daya cengkram karet bundar sikuda besi…..Yamaha#1 460x170alt2

Tidak jelas kenapa Pirelli memilih galangan kapal perang. Apakah memang mewakili teknis kondisi testing atau hanya ingin mencari sensasi? Yang pasti manuver tersebut menarik para media luar negeri. Memakai wearpack kebesaran bernomor 3, Biaggi dituntut sepresisi mungkin mencegah motor slip ketika dilakukan hard braking pada kecepatan tinggi. Hal ini dilakukan agar pengujian berjalan sesuai yang diinginkan. Untungnya permukaan dek kapal perang didesain tidak licin untuk karet bundar. Sebab lokasi merupakan tempat melakukan landing ataupun take off pesawat jet tempur. Selain Biaggi, Pirelli juga melibatkan beberapa rider profesional guna mendapatkan input berguna pada testing tersebut….

Last…..pengujian sebelum meluncurkan produk kepasar adalah wajib hukumnya supaya segala reaksi ketika produk digunakan bisa terdeteksi sejak dini. Proses yang bertahap, berkesinambungan hingga produk dinyatakan lulus uji. Untuk masalah ini…Eropa sangat ketat. So…jangan heran rata-rata mobil Eropa mempunyai tingkat safety diatas rata-rata. Terus gimana dengan ban??. Lebih tergantung ke kualitas kompon disesuaikan kondisi lingkungan dan suhu. Soal ini….mungkin Bridgestone serta Dunlop lebih familiar dan mampu beradaptasi ke iklim Indonesia ketimbang Pirelli mengingat jaringan distribusi serta status Jepang yang cenderung Asia. Namun….gaya menggeber dan testing diatas geladak kapal perang baru pertama kita lihat. Kreatif juga nih Pirelli…..(iwb)1-copy

Advertisements

57 thoughts on “Diatas kapal perang, Max Biaggi test ban anyar Pirelli……

  1. Disinyalir Lion Air gk pake Ban Pirelli…
    Turut prihatin atas tragedi Lion Air di Bali. Smoga smua operator, driver, rider..selalu mengedepankan Safety.

    Like

  2. jangan heran rata-rata mobil Eropa mempunyai tingkat safety diatas rata-rata
    >>>>>>>>>>>>>>>>
    Ia emg produk eropa cenderung mementingkan kualitas,d banding kuantitas,cuman yg bisa mnikmati kualitas eropa hanya lah org org brduit,misal si mbah dukun dgn ducati nya 😀

    Like

  3. Yang menarik…proses testing dilakukan disebuah galangan kapal perang milik Italia yang bermarkas diTaranto…..
    … Soal galangan kapal sendiri ane g terlalu paham mas iwb… Bukannya test itu sendiri dilakukan di atas kapal perang yg biasa digunain take off n landing seperti yg mas iwb jabarken… Nah… Arti dr galangan kapal ini sendiri apa an sih…? Nanya aja…

    Like

  4. klu ane g salah tafsir.. Ini adalah pengetesan soal daya cengkram ban diatas dek kapal yg basah, soal daya cengkram ban terhadap permukaan karena di genjot rem abis2an di trek yg g terlalu panjang… Jd bukan digalangan kapal yg jaraknya bs lebih panjang dr panjang kapal itu sendiri

    Like

  5. Galangan Kapal : Hanggar (pesawat)..!iasanya sebagai tempat maintenance, pembuatan, perbaikan.

    Geladak kapal, landasan pacu pesawat biasannya fasilitas ini ada di kapal induk.

    Like

  6. berarti sama dgn yamaha dong mas iwan.
    yamaha selalu ngeTEST semua produknya puluhan ribu KM sblm dilepas ke pasar.so,gak heran kualitas yamaha emang joz.
    dan gak heran kualitas honda makin lama makin memprihatinkan.contoh kasus cbsf yg sangat byk masalah.karna tidak ada pengujian yg serius.
    semoga ahm bisa mencontoh YIMM dlm ngeluarin produk.

    Like

  7. Klo Ngomongin motor,smua pada pinter.kyk ngomongin selebriti.tp giliran ngomongin pelajaran,pengetahuan,dan yg paling penting agama.kbanyakan pada blegug(bEgo)..!
    trmasuk gue sndiri..

    Like

  8. memang tepat sekali utk menguji di kapal perang.. biar semprotan air tdk menggenangi lokasi, langsung buang ke laut. bagus…utk test traksi dan kualitas ban.

    yg jadi masalah itu kalo test mesin dan kekuatan body di kandang sendiri…tidak di tempat yg akan jadi habitat motor nantinya.

    contohnya ya CB150 Stupidfire R…. ditest dimana, dipake dimana tiap harinya… akhirnya rontok mesin deh..

    motor utk konsumen, ngetest juga di jalan konsumen lha. bukan di kandang sendiri. itu namanya jago kandang… OMR deh akhirnya.

    Like

  9. kalo bisa di negri ini juga melakukan tes pada ban dengan merk yg beredar di pasarn. biar konsumen pada tau, ban mana yang aman pada kondisi kondisi tertentu, misal pada genanaganair, pada jalan non aspal, pada aspal yg berlubang, karena tidak sedikit rider yang jatuh gara-gara ban yang entah bagaimana kualitasnya. demikian terimakasih….

    Like

  10. yassudaah galangan diganti dengan geladak deh… sabar dulu masss…berro.
    gini kan jd sama2 senang, jadi nambah pengetahuan, yaitu pengetahuan bahasa.

    Like

  11. kelihatannya lebih keShow/promosi/atraksi dari pada pengetesan,Pabrik sebesar Pirelli pasti punya Lab Test dan landasan test khusus,saya pernah lihat Video pengetesan ban Goodyear mengunakan trek kaca berair dibalik kaca ada kamera untuk mengetahui berapa persen kembangan ban yg menempel ditrek.kalau pakai motor ada 2 ban.disamping menjaga supaya ndak jatuh.

    Like

  12. 24. Inyong_Bae – April 14, 2013
    Galangan Kapal : Hanggar (pesawat)..!iasanya sebagai tempat maintenance, pembuatan, perbaikan.

    Geladak kapal, landasan pacu pesawat biasannya fasilitas ini ada di kapal induk.
    ======================================================
    Galangan kapal: kalo pernah ke bengkel, nah pit/bikelift yang dipake buat servis motor, kalo mobil namanya garasi, kalo pesawat namanya hanggar, kalo buat kapal dinamain galangan.
    Mungkin Om Iwan salah istilah kali nih, galangan itu inggrisnya dock, kalo geladak kapal yang di sini adalah landasan pacu, inggrisnya runaway.
    Disemprot air 17 atm itu buat apa Om? Tekanan itu cukup tinggi loh, tekanan angin ban aja cuman 2,5 atm. Tekanan segitu kalo kena Biaggi bisa bikin patah rusuk…

    Like

  13. kapal induk italia,, walaupun permukaan nya basah tetep z gak licin.
    kalo ujicoba nya di sirkuit yang terkena oli lalu dari speed tinggi biaggi melakukan breakin di atasnya dan ban tsb gak selip, baru deh ai kasih 10 jempol.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s