Dengan kemenangan Marquez diJerez…..sepertinya musim 2014 kembali menjadi milik Honda….

Road to MotoGP 460x110 image

Ngowoh lan doweh. Tidak bisa nonton live Motogp Jerez karena menghadiri kondangan kolega….IWB hanya bisa mengikuti berita dari media serta info teman. Jadi minta maaf jika urung update berita Motogp. Akhirnya…seperti tebakan IWB, kembali Marquez menjadi pemenang race Spanyol. Sempat duel dengan Rossi…..diakui atau tidak level RC213V memang sedikit diatas M1. Menggunakan motor yang nyaris sempurna…..sepertinya tidak berlebihan jika IWB katakan, tahun ini akan kembali menjadi milik Honda…..
. 460x110460x110

Marquez kembali menang diMotogp. 4 pole dan 4 kali kemenangan menjadi pertanda dominasinya dimesin 4 tak Motogp modern. Didukung skill mumpuni dan motor hebat…..recordnya tinggal sejengkal lagi untuk mengalahkan Valentino Rossi. Yup….ditahun 2002 Rossi dipabrikan yang sama menorehkan record 5 kali pole dan 5 kali kemenangan berturut-turut menggunakan Honda RC211V. Torehan prestasi tersebut kini sedang diburu juniornya. Dan bukan hal yang mustahil dilakukan mengingat level Marc saat ini memang diatas para kompetitor. Apakah artinya skill Marc lebih dominan disini???…..

Kalau menurut IWB keduanya balance. Harus kita akui….Marquez beruntung berada di tim handal sekelas HRC. Siapa sih yang meragukan kemampuan mereka meracik motor kencang?. Kalau sampeyan sempat mengikuti dan menonton video sejarah Rossi……11 tahun silam saat The Doctor mendemonstrasikan seri terbaru Honda 4 tak pengganti NSR500 berlabel RC211V. Sang legendaris menerangkan dengan gamblang bagaimana besarnya power to weight ratio mesin motogp. Dibekali power sekitar 220HP dengan bobot hanya 150kg…..pembalap kudu mampu mengukur ban agar tidak slide tanpa membuang muntahan tenaga. Dan itu tidak mudah. Yang paling berkesan bagi IWB disela demostrasinya doi bilang. “Its Honda. The bike always fast, stable and good in the corner” serunya kala itu. Ungkapan tersebut dikatakan sebelum hubungan keduanya retak yang puncaknya hengkang keYamaha…..

image

Artinya…..motor tetaplah menjadi senjata utama. Suka atau tidak harus jujur kita katakan….2 tahun kebelakang level Yamaha sedikit dibawah Honda. Terbukti Lorenzo yang biasanya bagus kedodoran tidak mampu melakukan perlawanan. Malah yang harus kita acungin jempol adalah Rossi.  Skill sudah dimakan usia…..tapi doi masih bisa ngrecokin pembalap muda. Sedang Lorenzo…..dirundung kecewa dan depresi, jalan terbaik yang ada dipikirannya saat ini adalah pindah keHonda. Logis dan bisa ditebak…..keputusan musim depan hanya tinggal menunggu waktu. Menganggap Yamaha tidak mampu memberinya motor bagus….wajar jika Jorge pindah kelain hati…..

Last but not least…..sepak terjang Marc Marquez tidak akan berakhir disini. Memimpin dengan 100 poin, IWB yakin prestasi demi prestasi akan terus dipecahkan. Skill makin matang, percaya diri yang luar biasa ditambah dukungan dan tim hebat…..niscaya semua hanyalah masalah waktu. Pertanyaannya…apakah dunia siap menerima Marquez sebagai pengganti Valentino Rossi???. Emang butuh waktu dan tidak instan. Apalagi Marc belum pernah nyebrang lain pabrikan sebagai pembuktian skill-nya lebih dominan dibanding motor itu sendiri. Kita tunggu saja….(iwb)

Hasil balap Jerez 2014

1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 27 laps
2. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +1.431s
3. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) +1.529s
4. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +8.541s
5. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici) +27.494s
6. Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) +27.606s
7. Aleix Espargaro ESP NGM Forward Racing (Forward Yamaha) +27.917s
8. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +27.947s
9. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)* +29.419s
10. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) +32.872s
11. Nicky Hayden USA Drive M7 Aspar (RCV1000R) +35.490s
12. Hiroshi Aoyama JPN Drive M7 Aspar (RCV1000R) +40.083s
13. Scott Redding GBR Go&Fun Honda Gresini (RCV1000R)* +43.830s
14. Yonny Hernandez COL Pramac Racing (Desmosedici) +52.295s
15. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Avintia) +54.873s

16. Michael Laverty GBR Paul Bird Motorsport (PBM-ART) +1m 06.182s
17. Broc Parkes AUS Paul Bird Motorsport (PBM-ART)* +1m 23.420s

Not Classified

18. Colin Edwards USA NGM Forward Racing (Forward Yamaha)
19. Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Avintia)*
20. Andrea Iannone ITA Pramac Racing (Desmosedici)
21. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing (RCV1000R)
22. Cal Crutchlow GBR Ducati Team (Desmosedici)
23. Michele Pirro ITA Ducati Team (Desmosedici)

Advertisements

135 thoughts on “Dengan kemenangan Marquez diJerez…..sepertinya musim 2014 kembali menjadi milik Honda….

    • sekarang banyak nickname baru. . tuh dibawah langsung fight. . .
      ane curiga JANGAN – JANGAN ADA UDANG DIBALIK BAKWAN. . . :LOL:

      Like

  1. akibat abobot mungil kali kang..trus wheel base honda agak pendek nungtut ridernya.

    Yamaha sayang masih problem di ban.kya kedodoran..

    Seribu sayang musim ini dorna tidak memperbolehkan ngmbangin mesin slama komptisi masih berjalan.akibatnya yamaha cuma bisa modifikasi sputar sasis doang.y gt deh kedepanya gak bakal jauh pemenangnya bkal dominan tim hRC..pawai mode on..

    Liked by 1 person

    • Ya klo gitu silakan tiru Ducati…..turun kasta, masuk open Class…..dpt jatah 12 mesin dan boleh ngembangin mesin

      Lagipula klo boleh ngembangkan mesin…..situ pikir HRC ga bakal ngembangin mesin pula ??….inget kekuatan dana HRC

      Like

  2. MM mmg amazing btul2 breaker the limit nih ank,, saat V rossi pindah dr honda masih ingat? doi brkata “yg terpenting itu ridernya bukan motornya, honda juara karena saya ridernya”.

    Like

  3. RC213V + Markez levelnya di atas M1 + Rossi
    M1 + Rossi levelnya di atas RC213V + Pedrosa
    jadi tergantung yg nyemplak motor …

    Like

  4. Motor Yamaha M1 emang saat ini sedang tertinggal tapi faktor rider juga pengaruh . Marc emang lebih jago skill n mental bawa motornya. buktinya dengan motor yg sama pedrosa masih kalah jauh dibanding marc. Sekarang ini yg mempunyai kemungkinan paling banyak mengalahkan marquez ya si pedrosa, motor dan tim sama dengan marc. tinggal skill dan mental rider yang menentukan.IMHO.

    Like

  5. kayaknya M1 nya hrs pake teknologi IndoPrix deh klo mao juara,agagagag….tapi sirkuitnya di Sentul aj biar FBY deket and bisa nonton Pembalap kesayangannya yg pinter akting diiklan Yahomoo…
    klo mao juara lg sih yaa pake aj M3 biar kenceeeeeeng kyk internet..agagagagag…M1 = motor indoprix….agagagag…
    Salam Satu Hati sebagai Pemenang
    Bagaimanapun Honda Lebih Unggul
    Yahomo ganti aj logonya jgn garpu tala,ganti ama Garpu Sendok biar kenyang,ntr klo dah kenyang kan jd cepet ngebut…wuuuuusssssshhh
    Motor GL ngentutin motor GT,agagagagag

    Like

  6. selamat buat marc…
    hohe ttp semangat…
    jadi tambah keliatan dokter yamaha itu bener2 rossi..
    dari lemot jadi kenceng..
    dari corner kestraight….
    mmg rossi joss gandos..
    marc mmg punya skill..
    punya filling balap yang jarang dimilikin pembalap lain..
    ttp berjuang marc…

    Like

    • raimu elek…. mari ngumpet neng comberan ngancani cebong…

      ngahahahaa….

      untumu d tambal dsik mar…

      marwoto elek….

      Like

  7. hondo juosss….yahama memble raiso kembangke mesin(freeze)….nunggu taon sesok ..emboh kepiyee …”yahama gak bisa ngikutin”

    Like

    • Geli ngeliat komen2 fansboy…nggak ada adatnya…jujur saya seorang silent rider jadi ngerasa gimana gitu ngeliat komen nggak berkualitas kyk begini..sampe2 komen….bring your brain into your head again sob

      Like

  8. Jangan2 motor M1 nya Lorencong buatan YIMM tuh,yg ngakunya semakin didepan tapi smakin pesakitan…kado terindah bwt Lorencong and Yahomo di saat launching motor barunya..agagagag…Lorencong kyknya bkl ganti motor pake YZF 150 deh trs pake helm gratisannya,trs ikut lomba Indoprix di Sentul biar bisa wujudin impiannya jadi Jurdun lg,agagagag…M1 rasa YIMM rasa Indiahe…salam pelk geal geol

    Like

  9. Pengen liat stoner balik ke ducati…rossi di kawasaki..marc marques di suzuki…lorenzo ttp di yamaha…pedrosa ttp di honda…trs ditandingin menang mana yaa..*menghayal mode ON

    Like

  10. engine rcv di trek lurus sudah tidak diragukan, skill marquez di tikungan juga semakin jos. dominasi marquez bukan semata-mata karena skill atau motor, tapi simbiosis mutualisme keduanya. skill dewa plus motor dewa, hasilnya kekuatan yang tiada lawan.

    speed rcv di trek lurus lebih kenceng dari m1, itu bukti engine rcv lebih unggul. kelemahan rcv yaitu kemampuannya di tikungan yang lebih inferior dibanding m1, tapi itu ditutupi dengan skill marquez yang mantap. menjadikan marquez dan honda tidak terkalahkan baik di trek lurus maupun di tikungan

    Like

  11. Masalah pada JL hanya masalah mentalnya saja. Ego terlalu besar dan ketika ada yang melebihi prestasi yang dicapainya, dia tidak bisa menerimanya. Perbedaan bisa terlihat ketika JL disalip MM dengan VR disalip MM. Walau dua duanya disalip secara kasar dan nyaris clash, kematangan VR terlihat santai dan tidak emosi yg berbanding terbalik dengan JL yang tidak terima dan terkesan memasang muka masam. Awal MOTOGP 2014 adalah hadiah buat JL yang belum bisa menata kontrol mentalnya, melihat VR yang berada satu tim dalam tim MOVISTAR ada kemajuan dalam hal kecepatan motornya dan MM yang terus merasuki fikirannya maka kesalahan fatal yang seharusnya tidak dilakukan oleh mantan juara dunia 2 kali itu terjadi. Terjatuh di Losail, Jumpstart di Austin, adalah buah akibat belum matangnya JL dalam kontrol mentalnya. Dan jangan jangan JL menjadi juara dunia dua kali karena memang tidak ada lawan yang seimbang, VR di Ducati, Pedrosa kurang nyali, dan MM belum naik kelas premier.

    Like

    • Bisa jadi juga Bro…dan yang pasti besar harapan JL dapat tawaran dari Honda untuk musim depan…kayaknya JL uring-ang 2014 ini…ditambah VR46, terus menunjukan performa peningkatan…

      Like

  12. Sabar mas iwan klo rider sejati harus sabar..bahasa kasar udah biasa ..kritikan pedas udah biasa salam fbh ngoahahaha

    Like

  13. Marq bukan baby alien lagi..tapi…

    “Man of Game..”

    jadi sepertinya Marq sudah mempelajari karakter sirkuit + motor + lawan dari tahun sebelumnya..eddiiaaannn…
    😆

    seperti main playstasion/game dengan level Easy…
    pasti juaranya siapa lagi kalau bukan “Man Of Game” ini..

    Like

  14. Solusi untuk motogp yang asik, Lorenzo pindah ke Repsol Honda, karena di HRC relatif tidak ada team order, jadi bisa ramai MM vs JL.

    Like

    • Honda terlalu superior

      RC213V memang motor yang sempurna diatas M1

      ga di mn2… M1 sering dipecundangin ama RCV,
      Pigson Piring aja dipecundangin jg ama CBR

      Like

  15. lorenzo pakai rcv masih aga kesusahan kayaknya. .soalnya rcv dikembangin buat orangmini 160kebawah yg super ringan,liat noh simonceli j pakai rcv nungganginya kya kesusahan dablang bnget kliatan dari tanganya

    Like

    • dugaan saya juga gitu, lorenzo kesusahan. style rcv dan m1 sangat berbeda di tikungan. m1 sangat stabil di tikungan, sedang rcv butuh slide sebelum masuk tikungan

      Like

  16. atas nama Honda RCV dan Yamaha M1 sama2 bagus ko. Justru yang aneh Kawasaki yang katanya Motor Sport terlaris tapi kok ga nongol di Moto Gp wkwkwkwk

    Like

  17. yamaha,,pusing dengan pengembangan M1 nya yg sekarang,,racikan 46 apa 99,beda jurusan soalnya.
    Sedangkan RCV masih ngambil ouput dr Stoner,dan itu cocok pada pembalap mereka..

    Like

  18. RC213V memang mesin canggih, tapi skill juga harus mampu mengimbangi. Contohnya Dani, kasihan bener nasibnya. Kalo mau juara dunia, tahun ini atau tidak sama sekali. Dari balapan semalam, kelihatan kalo memang Rossi-lah yg mampu mengembangkan paket M1, mulai dari mesin, kestabilan sasis dan kekuatan pengereman. Uniknya hasil risetnya ini pun bisa dinikmati para pembalap Yamaha yg lain, artinya M1 jadi motor yg lincah dan mudah digunakan. Lorenzo ? Kalo performa masih seperti ini, turun saja ke tim satelit. Aleix Espargaro naik ke Movistar Yamaha menemani om Rossi.

    Like

  19. prediksi terlalu prematur mas, bisa saja MM cedera diluar prediksi 4seri ini,

    klo dari analisa teknis sebenarnya yamaha memang kalah power dengan honda, yamaha dari dulu mmg mengandalkan corner speed. dan ini yang sekarang sudah dimiliki honda, sedangkan mesin M1 diharuskan frezze alias tidak bisa di oprek lagi, tambahan lagi MM sudah mengunakan throtle fly by wire yg super duper canggih.

    … hasilnya tentu akan bebeda di musim 2015 karena DORNA akan mengunakan single ECU + software.

    mudah mudahan JL pindah ke Honda, DP pindah ke SUzuki dan Aleix Espagaro pindah ke Factory Yamaha.

    Like

  20. Pingback: Analisa Ngawur MotoGP Jerez | Oman Faqod

  21. Ane bingung.. Marc d bilang menang karena motor.. Nah terus ketika d tanya dp kenapa g jurdun jurdun jawabannya karena skill.. Wkwk

    Jd sebetulnya kombinasi keduanya lah yg bagus itu. Makanya d sebut tim.. Bukan pembalap saja, atau motornya saja.. 😉

    Like

  22. Hahaha. . Tanya kenapa dp ga bisa jurdun? ? Karena takdirnya dah mentok tuh jadi runner up. Buktinya stoner bisa tuh pake RCV? ? ? . . . Pertinyiinyi bisa ngga MM jurdun pake M1 atau yg lain? Kalo stoner sh bisa pake ducati. Rossi bisa pake M1 , JL juga bisa pake M1 .

    Like

  23. Pingback: Marc Marquez is not that superior | arifdadot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s