Cara inreyen motor yang benar menurut ITB….

banner-460x110px (2)

ITBBro dan sis sekalian….pernah nggak sampeyan dibikin bimbang dan bingung atas informasi inreyen motor yang benar. Ada yang mengatakan langsung geber agar motor tidak manja dan lebih ngacir..namun jika melihat panduan dibuku petunjuk, disarankan mengikuti langkah-langkah seperti menahan RPM dan lain sebagainya. Nah..setelah pending sekian lama, akhrinya pada artikel ini IWB akan coba suguhkan cara inreyen yang benar menurut ITB (Istitut teknology Bandung). Diwakili oleh Dr. Ing. Tri Yuswidjanjanto, berikut penuturannya…..uk460x110460x110

Selama ini IWB banyak menerima pertanyaan seputar inreyen motor yang benar. Membludaknya testimoni motor dengan cara inreyen digeber membuat performa maksimal menjadi biang kebingungan para biker. Apalagi saran tersebut tidak hadir dalam buku panduan pabrikan yang menyarankan sebaliknya yakni jangan terlalu memaksakan dengan mengatur RPM diangka tertentu. Nah…mumpung ketemu ahlinya, IWB bertanya dan berikut jawaban pria jebolan insinyur mesin Jerman tersebut….

Komponen baru umumnya masih menyesuikan posisinya. Antar satu komponen dengan yang lain belum klop atau duduk pada tempatnya. Pada fase ini tingkat keausan komponen sangat tinggi. Diperlukan ketelatenan dengan cara mengatur putaran mesin sesuai yang direkomendasikan pabrikan. Karena jika kitiran mesin terlalu tinggi, maka tekanan yang diderita komponen juga makin kuat…

Jika hal ini terjadi…maka target durability yang dipatok pabrikan tidak akan tercapai. Oleh karena itu ada yang namanya servis pertama dengan cara membuang oli mesin. Servis pertama yang dilakukan pada kilometer 1000 adalah upaya membuang gram-gram hasil friksi komponen baru. Difase itulah part saling menempati posisinya untuk keawetan jangka panjang nanti. Terus gimana dengan kepercayaan inreyen geber lebih bagusย  untuk performa??…

IMG_0266Performa dan keawetan berbanding terbalik. Bisa jadi memang iya secara feeling lebih ngacir karena tingkat kerenggangan komponen jadi makin longgar. Bisa dideteksi dari suara engine yang cenderung kasar. Akselerasi biasanya juga lebih enteng. Namun dengan inreyen diatas, dipastikan komponen tidak akan mampu mencapai durability yang dipatok. Kasarnya….life time lebih pendek. Yah…ibaratnya jika klep bisa tahan hingga 6 tahun, maka inreyen model diatas memangkasnya menjadi 4 tahun saja. Itukah konskwensi memaksakan komponen yang memiliki keausan tinggi…

So…semua diserahkan pada biker sendiri. Mau engine lebih awet atau hanya mengejar tarikan enteng??. Silahkan mzbro yang memilih. Yang pasti…perlakuan kita saat inreyen tunggangan mempengaruhi lifetime engine itu sendiri dimasa depan. Piye…wis gamblang kiro-kiro kangbro??. Kedepan kita akan bahas mengenai hukum mengoplos BBM dengan oktan yang lebih tinggi. Apakah betul bisa mendongkrak nilai oktan dan gimana efek bagi mesin??. Tunggu diartikel berikutnya….(iwb)

Noted : Thanks to Yamaha & ITB for the article

Advertisements

169 thoughts on “Cara inreyen motor yang benar menurut ITB….

  1. langsung geber tp jangan menghentak. level geber disesuaikan, kalau getaran mesin dirasa berlebih ya jangan dipaksakan dulu. intinya tetep pake ilmu kira-kira. selalu ganti filter oli pas jatah servis+oli gratis.

    Like

  2. Tormax ane odo 5 km lngsung ane geber cuma tembus 106 kpj…udah inreyen….sekarng tembus 125 kpj…sekarang odometer 2700 san km…

    Like

  3. keawetan komponen banyak faktornya, emang bahan komponen yg jelek, parawatan yg tidak standar, skill pengendara yg kurang, dll. kalo motor baru justru itu dalam kondisi prima, smua komponen masih standar, ga mungkin harus ada penyesuaian cara pakai dulu. ga tau kalo mocin ya..

    Like

  4. mnurut ane, yg pnting jangan buka tutup gas scara mndadak, hrus smooth. Rpm diurut dan sesekali nyobain smpe top speed. Slma prosedur pnggantian oli sesuai jadwal yg dianjurkan dan tdk brkendara dg beban brlbih…itu gak mslh.

    Like

  5. menurut iklan Yamaha, motor tu harus digeber kenceng, sekencang-kencangnya

    kencang di jalan aja.. kencang di sirkuit tu gak safety!!

    Like

  6. Juozzzzzzzzzz

    Hanya embekha yg menyarankan inreyen itu harus gaspolllllll

    Pantes ษ‘ฬˆฬคฬŠฬฅjยช cebo’ong pada ruompual bin kluothok2

    Hihihihi

    Like

  7. Cebo’ong rontok mesinya mgkin embekha terlalu bernafsu ingin membuktikan “tantang nyalimu 151kpj”

    Ngoahahahaha

    Hihihihihihi

    Like

  8. Disinyalir Marwoto lan ayok aka destabilse aka Chapunk tinggal satu kontrakan di Bekasi, tipikalny mirip kalo komen sering begadang sampai subuh. Di trit sebelah jeng desta komen jam 4.40 subuh sambil gemetaran sampai salah ketik, ketakutan ada yang ngebungkusss lan ketakutan diculik. Sini ane cabutin gigi lu biar sama kaya si Marwoto. Jlebbb.
    Ngoahahahahah

    Like

  9. 1km – 500km = max seperempat puntiran gas max 1jam jalan

    500-1000km = max setengah puntiran gas max 1jam jalan

    1000km ke atas boleh full puntiran gas

    Pedoman ฯ‘ยก buku panduan yamaha

    Kalo ฯ‘ยก buku pedoman honda gk ada pemberitahuan inreyen seperti ini

    Huasyemmmmmmm tenan

    Gak percoyo?tanya mas iwan

    Hihihihihi

    Like

  10. @jongos

    Pengen ngacir jg pgn awet????

    Beli YZF R6

    Percayalah

    Servis ruang tunggunya kayak ฯ‘ยก lobi hotel bintang lima

    Hihihihihihihih

    Like

  11. bang iwb…. dulu pernah janji untuk brojolin artikel tentang campuran pertamax dan premium… di pandang dari sudut seorang yang lebih mengerti…. saya lupa di artikel mana tuh… ditunggu artikel tersebut… tks

    Like

    • Motoman? ngai juga pake….! sprint pendek dan engine coasting yang dilakukan berulang2 dan bertahap kan? ajib tuh bro…! tapi butuh lebih dari sekedar nyali kalo mw pake metode motoman

      Like

  12. ealaaah… udah dikasih nasihat sama empu lulusan njerman aja masih banyak yg ngeyel.. mongtor ane udah 19 taun belum pernah ganti piston, ring, sampai kampas kopling salah satunya karena ikutin petunjuk di buku panduan.

    Like

  13. mbah dukun aja inreyen ducati 1098 dengan cara mengatur RPM beberapa lap (d sirkuit)… pdhal nantinya untuk balapan (motornya Mateo)…. itu Ducati lah gmana dengan motor kapasitas kecil yang kualitasnya belum tentu bagus??

    Like

  14. urun rembuk kang iwan…
    kalo saya selama ini waktu inreyen pake ilmu cara para driver bis ato truk dalam inreyen…kalo diperhatikan, para supir bis ato truk yang berpengalaman, mereka punya irama dalam mengendarai kendaraan mereka, dan mesin pun mengikuti, raungan mesin terasa sangat terjaga setiap rpm, ini karena mereka tak mau buang2 solar, namun kecepatan tetap terjaga demi waktu tempuh yang sudah ditentukan..benar mereka mengendarai mesin solar yang beda karakter dengan mesin bensin.tapi dalam hal ini, itu bisa dijadikan contoh dalam inreyen mesin bensin kita..untuk bisa cepat, ga perlu buka gas dalam2 asal teratur ngurut gasnya..kita bisa capai 100km/jam tanpa harus betot gas sampai mentok.dan untuk motor tanpa spedo RPM, biasanya saya kasih tanda dengan tipex di untiran gas, mana bawah, mana atas, dengan begitu kita tahu seberapa banyak kita memutar gas..hehe agak konyol memang tapi yang penting bukaan gas terkontrol dan nafsu terjaga.
    gimana dengan kawan2 yang laen??

    Like

  15. Juoss gandoss…. Intine suka2 kita gt y mas ??
    Dulu wktu inreyen Impressa di buku panduan 500 km gt olie, 1000 km gt olie lg, baru 2000 km gt olie lagi, kok sekarang lgsg 1000 km gt olienya, apa mesin dulu dan sekarang tingkat keausan jg beda kang ?

    Like

  16. tapi kok liat si sohc superior inreyen miniaturnya digber ampe 20.000rpm. dan swaranya lwt m#lut brummmmmmmmmmmm brummmmmmmmmmmmm brummmmmmmmmmmmmmmmmmmmm………………….. ampe b!b!rnye doewuer mau juatuh. ditar!k pke tali raf!a & lar! ampe tuerkuenc!ng kuencuing ngokokokokoko

    Like

  17. sayang nya,masih banyak saja bengkel service yg betot gas di geber geber?bahkan menjadi hal umum. . .

    Hal semacam ini emang di harus kan atau tidak,tidak hanya bengkel umum bengkel resmi jg hampir sm.

    Like

  18. intinya sih perawatan rajin merawat motor ya psti awet.. dan pastikan spare part original..yg di rekkomendasikan pabrikan bukan kw kawean…mau yamaha suzuki honda kawasaki.. klo rajin ngerawat pasti awet…
    balik lg ke pemilik motor itu sendiri gmna cara pemakaianya…dan merawat nya

    Like

  19. Ngoahahahah

    Ada embekha yg ngomongin MS

    60% cuma MS lokal dibanggain

    Ngoahahahahaha

    Yimm ms lokal 30% tak masalah

    MS export yimm WOWWW

    Mx,NVL,R15,menyusul R25

    Ngoahahahahaaha

    MS 60% ngoahaem gk ada apa2nya

    Hihihihihihi

    Salam ditunggu sinchan ฯ‘ยก luar negeri

    Hihihihihi

    Like

  20. Mas iwan,lha terus kalo inreyen motor yg gak ada RPM_nya gmn mas kayak motor2 kuaum muiskuin embekha??????

    Kan inreyen ada batas2 rpm_nya

    Hihihihihihihihi

    Like

  21. Cebo’ong mesinya pada ruompual bin khlothok2 mungkin embekha tuoluol2 gak tau caranya inreyen

    Ngoahahhahahahaahah

    Hihihihihihihi

    Like

  22. Ngoahahahahaha

    Gerombuolan embekha muiskuin gak punya maluuuuuu

    Kmrn abis nyerang mas iwan,sekarang pada ikut nimbrung komen

    Sm kayak motor2nya,kuatruok2

    Hihihihihhihihi

    Like

  23. Pengguna sport pasti mudah melakukan inreyen

    Karna disitu ada RPM ฯ‘ยก speedo,

    Lha kalo embekha gmn yah,motornya kan gk ada rpm_nya

    Pantesan motor o’onda pada ruompual

    Ngoahahahahahaahha

    Like

  24. Percuma gerombuolan kuaum muiskuin embekha kagak bakalan ngerti nih artikel

    Coz otakk embekha cuma 1mg (gak guna)

    Kalo udah pusing,ujung2nya nyerang blogger

    Ngoahahahahahahahahahahhaha

    Hihihihiihihih

    Like

  25. Ternyata ada embekha yg masih sakit hati sm saya karna gk mampu beli motor ganteng

    Jangankan motor ganteng,motor kuatruok sekelas cebo’ong cuacat ษ‘ฬˆฬคฬŠฬฅjยช kagak ada yg mampu beli,apalagi beli motor ganteng

    Ngoahahahahahah

    Hihihihihihiihhi

    Like

  26. Juozzzzzz

    Artikel yg sangat berguna dan sangat ฯ‘ยก benci gerombuolan embekha

    Sebelum para biker (kecuali kuaum muiskuin embekha) beli R15,mas iwan sebagai bloger kondang,memberi pencerahan nanti saat inreyen R15

    Juossssss

    Hihihihihihhi

    Like

  27. Juozzzzzzz

    Mas iwan pagi ini DP bbm_nya gagah bgt

    Make baju item,celana item,kacamata item,jam tangan keren,

    Wis kalo ada perawan lewat lgsg klepek2 dah

    Hihihihihihiihihihih

    Like

  28. Pengalaman saya wkt inreyen pega 2010, tiap gigi hnya setengah bukaan gas, kec.maksimal 50kpj. Sampai servis pertama 500km, setelah itu buka gas ditambah sampai 3/4 putaran hingga servis ke 2

    Like

  29. Setuju kang…
    Makanya pabrikan sarankan ganti oli pertama pd km500 sampai 1000..
    Kalo dah lbh dr 3x ganti oli. Silahkan geber.. tp inget. Motor harian beda sama mtor balap. Motor harian yg dikejar durability. Kl motor balap kecepatan.
    Kl mau awet mesinnya y jangan sering2 geber motor smpe limit…

    Kang mau tanya. Barusan sy liat ada matik mirip xeon pake plat putih merah werpak lengkap..di jalan raya cikarang deket stasiun kerta lemah abang. Apa xeon ada yang baru lg?
    Makasih kl dijawab..

    Like

  30. untuk ngoplos bbm, dulu pernah dibahas kayaknya…

    intinya walau di campur pertamax plus dengan premium,

    nilai nya tdk bisa di akumulasi..
    alias larutan tersebut terpisah,..

    Like

  31. Saia bli Old vixi 2008 dgn waktu yg hampir sama dgn seorang kawan kerja, bedanya, itu tadi, daribaru saya langsung geber ga pernah sayang2,, smntara punya tmen alus tenan perawatane, pernah di tahun 2013, kami coba ngetes topspeed motor masing2 di jalanan sepi, motor saya 135kpj(on spido), punya dia ga tau coz tertinggal lumayan jauh,
    Tapi kalo suara mesin motor dia bneran halus, beda sama mesin motor saia,
    Beberapa bulan lalu saya sudah harus ganti piston dan silinder blok nya, ngebul (ntah wajar atau tidak, 6tahun digeber, smimggu 2x PP ratusan KM ktempat kerja)
    Smntara punya tmen masih ttp halus,, wkkwkwk,

    Like

  32. kalo motor baru sampe dirumah biasanya di elus2 jangan dikasarin, padahal mah di gudang unit sebelum di serahin ke customer tuh motor dah dibejek2 dulu untuk ngetest normal apa ngga. Gas poll, belom lagi kalo ngeliat proses nurunin motor dari truk, aduuhh tuh shock depan jadi bener2 di uji.

    Like

  33. Oalah mas..sampeyan salah ambil sumber!! Harusnya mas iwan tanya ke para komentator bukan ke Dr.Ing.Tri..yg lulusan jerman itu..
    Lha ini orang yg ahli dibidangnya aja masih diragukan ,masih banyk komentar yg menggurui seorang Dr. Yg lulusan jerman.. lebih percaya feeling drpada yg teknis ,gimana ya klo insinyur sesembahannya bikin motor berdasarkan feeling..

    Like

  34. Di buku petunjuk tidak diperbolehkan blayer blayer gas di tempat. Tapi sama mekanik beres saat servis tetep di blayer blayer juga…

    Like

  35. Klo durability menurut saya lebih kepada perawatan berkalanya mas,, servis yg sesuai buku panduan,bhan bakar sesuai spek ,oli sesuai spek mesin,gas dipuntir bukan dibetot,oper gigi jgn melebihi batas torsi max, servis besar di km yg disarankan pabrikan. Tp kebanyakan org jarang ada yg servis besar .. servis besar lho ya,bukan turun mesin. Klo inreyen sie menurut saya mmg hanya untuk penyesuaian saja, biar part2 yg bersinggungan mapan dulu & komponen yg kasar tdk saling mencederai. Klo lgsg digeber seker ngancing krn pompa oli bermasalah kan bisa dlosor

    Like

  36. Ya kayak penganten baru aja kang IWB.. Alon2 wae disik.. Saling menjajaki dan nyobain sampe nemu nikmatnya.. tar klo dah agak lama dan berasa dah agak lancar, baru deh boleh maen geber.. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

    Awas, ojo mikir seng aneh2 ๐Ÿ˜€

    Like

  37. Paling bener ya cara dr pabrikan.

    Kalo cara inrenyen lgs geber trus bilang cara itu perasaan bikin mesin enteng performa aduuuuuhh sorry to say ini opini paling ngawur.

    Kok patokannya dr perasaan yg tak terukur nilainya.

    Fakta pabrikan pasti nggak asal bikin SOP utk inrenyen. Pasti mereka uda riset ratusan cara inrenyen.

    Kalo mau enteng tarikan ya harus di modif lah mesinnya. Itu fakta dan memang harus ngeluarin duit. Gak ada yg gratis bung di dunia ini kalo pengen lebih bgs dr stdnya.

    *kebiasaan jelek beberapa konsumen lokal bin alay: pengennya instant, murah *bahkan kalo bisa gratis buat dapetin sesuatu yg lebih.

    Like

  38. tingkat presisi dan faktor logam mesin sekarang sudah jauuuuuuuuh lebih maju dari jaman baheula

    yg penting mesin sesering mungkin ganti oli

    oli lebih murah daripada ganti mesin

    Like

  39. Beda pabrikan beda cara pemakaian awal, ane kutip dari dua pabrikan yang jualannya paling laris aje (di indonesia).

    #Yamaha
    Pada motor sport (ada petunjuk rpm) tiap sekian kilometer rpm dibatasi (0-200, 200-500, 500-1000 KM), setelah diatas 1000KM baru boleh full throttle.
    Pada motor yg gak ada petunjuk rpm nya (bebek, matic, etc) hanya mengikuti pelintir gas (1/3, 1/2, 3/4) up 1000KM boleh gas poll.
    #Honda
    Gak perlu inreyen, gak perlu pembatasan putaran gas / RPM, gak perlu ribet2, kendarai aja secara normal, sebab konon katanya motor zaman sekarang canggih2 n sudah sangat presisi, gak perlu penyesuaian lagi.

    CMIIW Ya ! ๐Ÿ˜€

    Kalo ane sih yg terpenting motor baru itu wajib ganti oli begitu keluar dealer, maks 500KM ganti lagi, 1000KM servis + oli gratis.
    Apapun motornya (K,Y,H,S) tetep yg ane pakai cara inreyen YAH*MO, sebab bagi ane itu yg lebih rasional :p
    TQ…

    Like

  40. IKI TOP COMENT :
    โ€ข Kalo mau mesin awet, inreyen mesti pelan2, dijamin mesin tahan bertahun tahun.
    โ€ข Kalo banyak duit, motor keluar dealer langsung gebeerrr aja!!

    untuk servis ganti oli,
    ยฐ 500 km
    ยฐ1000 km
    ยฐ 2000 km

    Like

  41. โ•”โ•โ•ฆโ•ฆโ•โ•ฆโ•ฆโ•ฆโ•—โ•”โ•โ•ฆโ•ฆโ•โ•ฆโ•ฆโ•ฆโ•—
    โ•‘โ•šโ•ฃโ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•šโ•ฃโ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘โ•‘
    โ• โ•—โ•‘โ•‘โ•”โ•ฌโ•ฌโ•ฌโ•ฃโ• โ•—โ•‘โ•‘โ•”โ•ฌโ•ฌโ•ฌโ•ฃ
    โ•šโ•โ•ฉโ•ฉโ•โ•šโ•ฉโ•ฉโ•โ•šโ•โ•ฉโ•ฉโ•โ•šโ•ฉโ•ฉโ•

    Tambah ilmu, trims bro iwb…..

    Like

  42. mau tanya,
    kalau motor 2tak apakah sama inreyennya ya?
    sebab katanya kalau motor nya yg ninja yg ada kips atau super-kips nya malah harus di buka gas full.. ktanya utk melumasi gir kips nya biar kalau motor jalan gir kips nggak macet? bner nggak?
    trus kalau 2tak yg model rc valev atau ypcs jg gmna ya,ktnya udh pakai elektronik ?

    Like

  43. bener juga. dulu bebek saya tarikannya jos karena inreyen cara ‘kasar’ untuk durability tidak ada perbedaan (cuma pelihara 6 tahun). kemudian matic yg sekarang saya pake inreyennya dengan cara yg lebih ‘alus’ dan tarikan enak baru terasa setelah hampir 1 tahun pemakaian

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s