Tolong…hargai nyawa mereka..

banner-460x110 (3) image

Wajahnya yang polos terlihat bingung saat motor kudu menghadapi kondisi ramai. Bergoyang kikuk mempertahankan keseimbangan…..minggir-minggir takut kesenggol kendaraan lain. Sedang sosok kecil yang dibonceng cuek dengan kondisi tersebut…..mempermainkan kakinya tanpa kuatir dihantam kendaraan dari belakang. Mayoritas biker menoleh….dan berinisitif memberikan ruang lebih kepada mereka. Kecemasan terlihat dari muka yang melintas…..
460x110rev(1)uk460x110

Jebule saat diperhatikan…..joki didepan motor tanpa plat nomer adalah anak ingusan dengan estimasi berumur 8 tahunan membonceng balita  3-4 tahunan dibelakangnya. Badannya yang masih mungil membuat bebek Supra lawas jadi terlihat outstanding. Mengejutkan brosis. Padahal dijalan tersebut sering melintas truk-truk raksasa pengangkut peti kemas. Dosa besar jika orang tua tutup mata dengan fenomena ini. Ketika anak bau kencur diijinkan membawa motor sendiri…..dijalan raya bercampur dengan kendaraan besar yang siap mencelakakan sewaktu-waktu. Sama saja kita membunuh buah hati secara tidak langsung…..

Jika itu terjadi….jangan menyalahkan takdir. Tapi kekonyolan, keteledoran dan minimnya rasa sayang yang menjadikan nyawa mereka diujung tanduk. Monggo saja cuek tidak perduli…tapi setidaknya hargailah nyawa mereka sebagai penerus bangsa. IWB saja yang tidak ada koneksi hubungan darah dengan sikecil merasa was-was dan cemas. Herannya orang tuanya sendiri koq nggak. Jian kebacut tulen tenan……tobat rek-rek!!. Sudah sering IWB bahas perkara ini. Tapi masih tetap saja banyak kejadian yang membikin ngelus dada seperti diatas…..

So….pada kesempatan ini IWB berharap pada para pembaca Iwanbanaran.com, jangan pernah sekalipun memberikan ijin sikecil nunggang motor sendiri…apalagi bonceng adiknya. Ingat, penyesalan selalu datang belakangan…..dan jika itu terjadi, semuanya tidak akan bisa ditarik kembali. Rasa bersalah yang akan kita tanggung seumur hidup. Sayangi buah hati dengan edukasi dan didikan yang benar demi keamanan, keselamatan dan masa depan mereka kelak…..(iwb)

image

image

image

Advertisements

202 thoughts on “Tolong…hargai nyawa mereka..

  1. anak-anak sekarang susah dituturi mas… anak kurang pengawasan, atau mungkin pengen kaya maquez..sejak kecil sudah naek motor..

    bahkan masih umur segitu di belikan motor baru mas…di tumpaki gaspol…ngenggggggggggg!kok dak jalan lawong gigi prosneleng masih 0….dimasukkan lang sung jumping…ngenggggggggg! bruk ! o e k ! yg susah akhirnya yo wong tuo ya!

    Like

  2. kui emang arep latihan jumping lek,,
    diambil sisi positifnya, siapa tahu dia bisa jadi pembalap gp termuda masa depan indonesia

    Like

  3. aku malah pernah nemu anak kecil bonceng tiga lek naek matic. kebut2an pula sama2 gak pake helm semuanya. wis jan kebacut tenan wong tuwone…

    Like

  4. Mas, kejadian begini persis saya lihat sendiri di kompleks, saya samperin, ngga pake moto moto, saya omelin,”heh kamu, anak kecil jangan bawa motor!” Lalu dia belok, saya lanjut ke kantor polisi terdekat nemui bagian lantas, dan minta diadakan operasi kendaraan di daerah itu. Hasilnya sampai sekarang, nihil mas, ngga tahu harus ngomong ke mana lagi?

    Like

  5. Kadang anak skrg malah lbh galak dr org tuanya om iwan..! Gak d ksh motor ngambeknya sampe gak mo skolah..!
    Bukan cuma resiko kecelakaan ,Resiko dirampok dijalan jg ada..! Ingat dulu ponakan ane dipinta motor beatnya sm org gak d kenal ,dgn polosnya dia kasih..,,katanya dipinjem sebentar…! padahal d bw kabur ,hadeuh…

    Like

    • Tantangan kita sebagai orang memberikan edukasi secara baik-baik. Saya pikir kalau orang tuanya bijak dan bisa mejadi panutan anak pasti nurut koq. Lawong saya juga pernah jadi anak kecil koq :mrgreen:

      Like

  6. inget kasusnya anaknya penyanyi terkenal negeri ini, kasusnya anaknya pak menteri, sama kasusnya anaknya mntan pejabat tinggi polisi d jawatimur…

    Like

  7. kalo ponakan2 ane, kagak ane bolehin naik motor, ane takut2in, kalo kamu naek motor itu bikin pertumbuhanmu terhambat, kalo mau pendek silahkan naik motor, alhamdullilah ponakan ane kagak ada yang mau naek motor dan sekarang ponakan ane yang paling tuwa 18 tahun tingginya 183 cm, nah bener kan nasehat ane.

    Like

  8. Buah itu gimana pohonnya.. Anak pinter opo keblinger mesti melu wong tuwek.. Kalo masih melempar tanggung jawab, berarti sampeyan orang tua pengecut.. Ing ngarso suntulodo,, ing madyo mbangun karso,, tut wuri handayani..

    Like

  9. Ya seharusmya Tidak hanya mengambil Foto harus ikut berperan mencegak anak trersebut unyuk tidak melanjutkan perjalanan dan mengendarainya. Dab lagi rak ada Pkat Nomornya kalau ada apa apa dengan kecelakaan tersebut sesah melacak keluarga siapa Pe4miliknya.

    Like

  10. Ngeri kang iwan… Cah se’umuranku (usia SMPnan) akeh sing srudukan numpak brompit…opo meneh iki, cah 8 tahun… Paling pas ditakok’i polisi di mana SIM dan STNKnya, mereka ogah menjawab terus ngeloyor minggat….

    *nek ora paling yo ngetokke SIM card, hehe

    Like

  11. Gonku okeh kang,tapi bocah cilik2 gowo motor podo petakilan malah nyebeli.Tau aq disalip yo cah cilik gowo motore buanter,knalpote racing,e lha bar nyelip aq mobil angkot ngarepku mandek ngedukne penumpang,lha cah sing nyalip aq ngerem dadak geol geol,brookkk…ambruk motore,bocahe ingah ingih ra ono sing nulungi,dijarno wae ujung2e ngadek ngangkat motore dewe.trs bar kui baru alon2,padahal yo wes bonyok sikile

    Like

  12. Kalo nyesel duluan itu namanya daftar ulang kang….
    Alhamdulillah….
    Meskipun anak ane 11tahun sudah bisa mengendarai motor sendiri. Tetap saja, kami orang tuanya tidak mengijinkan membawa motor sendiri. Kesekolah aja pk sepeda pancal ko.
    Ane ajari anak ane mengendarai motor…. Untuk darurat saja. Misalnya, ibunya sakit….. Jd bisa mengantar ibunya ke rumah sakit terdekat….. Dan alhamdulillah…. Anak laki2 (11th)ane dikaruniakan tinggi badan yang cukup untuk menjejak tanah di motor shooter n vario ane.

    Like

  13. Kadang miris mas
    udah bawanya ngebut, nggak pakai helm
    nggak di kota nggak di kampung sama mas
    kunci utama adalah orang tua
    pernah saya ngobrol dikampung kenapa
    anak kecil pada dikasih naik motor
    katanya biar enak ada yang disuruh
    kejadiannya waktu aku pulang kampung ke Ngawi
    waktu saya ceritain kalau anak saya belum bisa naik motor
    orang kampung pada heran, masalahnya anakku sudah 17 tahun
    sama 12 tahun, sedang dikampung umur 9 tahun sdh pada jago
    naik motor

    Like

  14. *******Dear Mas IWB******

    Tolong anda kapasitasnya sebagai blogger kondang, untuk menyampaikan ke kepolisian republik indonesia untuk dibuatkan suatu keputusan untuk dilarang merokok ketika berkendara baik sepeda motor maupun mobil.

    Gw sering jengkel kalau ada orang ngerokok di lampu merah dari congornya keluar asap dan itu persis di samping gwe, rasanya pengin gw gaplokin tuh mulutnya.

    Begitu pula pengendara mobil kalau buang abu rokoknya dengan cara memantikkan jarinya keluar kaca mobil. Pengin gw tonjok rasanya mukanya.

    Itu seharusnya jadi perhatian serius, soalnya disini prinsipnya saling menghargai pengendara.

    tks

    Like

  15. malah tempo hari sya searah di jalanan dengan pasangan suami istri di sebuar perumahan di kawasan cileungsi. pasangan suami istri ini ber asik ria naik motor sore2 yg bikin dengkul lemes ketika saya lihat di dek motor mio pasangan suami istri tersebut anak umur 20bulanan yg dia taru nyelip di dek motor. langsung saya kejara motor tersebut. mau kasih tau anaknya tidur di dik. sambil duduk.. sempet di cuekin pas saya kasih tau. baru di denger pas saya marah2.. sya gak abis fikir ketika orang tua tersebut bawa jalan2 anak bayi, saya sebut bayi karena belum genap 2th, di

    Like

    • kalau di tempat ane malah lebih tragis lagi. si anak dibiarkan berdiri di jok, ketika bapaknya menghindari lubang di jalan si anak terjatuh dan kelindas angkot

      Like

      • Kemarin kejadian di deket rumah mazbro. Pasangan suami istri bawa anak umur 3th. Dia berangkat dari depok mau ke daerah cikrang. Anaknya di diriin di tengah2 bapak sama ibunya. Motor kpleset.. mungkin kenceng atau gimana. Anak jatuh ke kanan, ibu bapaknya ke kiri. Si anak Pas kena ban belakang truk. Kepala kelides truk. Amburadul.. kepalanya.. posisi tengkurep. Saya lihat fotonya sja sudah lemes. Amit2

        Like

  16. lek anaknya jgn boleh kyk gt lo..
    ntr malah di kasi sport buat pemula..
    wedine ngene lek,,pas ngandani anak’e lek iwb ngene njawab’e : “buapakku loo iwb,biker endi seng ra kenal”..

    wuadieh tepuk jidat ngelus dompet 😀

    Like

  17. munkin faktor mindset jga berperan om . .
    mungkin ortu nya mikir klo udah di biasain bwa motor dari kecil gedenya bkal jago bwa motor . .
    padahal skill aja gak cukup, perlu jga mengerti tata tertib lalu lintas
    di daerah ane malah lebih ekstrim om . . anak 13 taon dah berani bawa ninja … gak pke helm pula

    Like

  18. Di daerah banyak kang. Mungkin si orang tua nya merasa bangga bila si bocah bisa bawa motor. Karna dulu nya orang tua nya ga sekolah trus bisa beli motor. Soal nya kalo dulu orang bawa motor di katain hebat.

    Like

  19. neng sak endonesya raia seko sabang tekan meroke kayane mesthi ono sing ngene2 iki, trus piye kang solusine? nek kembali ke kesadaran masing2 biasane sadare yen wes kebacut je..

    Like

  20. beruntung dulu orang tua saya benar-benar protektif masalah motoran.helm sampe gak dipakai stnk n kunci diambil gak boleh bawa motor.tapi beda sama anak sekarang mungkin.

    Like

  21. Pabrik.y di demo aja kang,,kalo bisa di tutup,, dan si kndaraan di jdikan brang langka alias barang mahal..karena kalo ga gitu otomatis si kndaraan pasti smakin lama smakin banyak..dan harga.y pun pasti bkal rndah… Dan jga peminat dan pngguna.y makin banyak trmasuk anak” sd. ” ngalarti teu nu ku urang di maksud teh?”

    Like

  22. bener kang iwan, sampekpolisi judeg arep ditilang jik cilik diceluk wong tuwane malah jare ra weruh lek anak numpak rotom…

    Like

  23. inget teman saya (pendiri MOCY-yogya), 15 tahunan yang lalu…. adeknya merengek-rengek minta diajarin naik motor, temenklu jengah, terus ambil tuh supra 800, digelatik di jalan, temenku ngomong:
    “KUI MOTOR KOK DEK-NE DISIK, NEK WIS ISO NGEDEKNE MOTOR TIBO, NEMBE TAK AJARI NUMPAK MOTOR”.
    si adek, sampai kempas-kempis gak bisa diriin tuh motor, dari jauh, kancaku klepas-klepus ngudut Djarum 76.
    salam mas iwan….anak baru, silent rider nih….

    Like

  24. juossssssss mas bener bgt menyayangi buah hati tidak usah menunjukanya dgn membelikanya kndaraan. tapi dgn bentuk yg lain. menjaga dan menyayangi mreka itu baru namanya menyayangi anak, orang tua koplak mungkin yg pgn dilihat wah. pdahal scara ga sadar mreka mendorong anak mreka mlawan maut dijalanan. miris yg ga punya anak aja sampe puyeng ngowoh lan ndoweh bahkan ndomblong ga dikasih, ini dh dikasih sama tuhan seakan disia2kan

    Like

  25. Miris,
    Lebih parah tetangga ane mas, orang tuanya mamerin anaknya yg berumur 9th bisa bawa motor baru k tetangganya dengan sombong..
    Eh baru 2 bulan, anaknya kena palak ma preman, motornya di ambil.. Pulang” mewek..

    Like

  26. Bangganya org tua kalo sikecil bisa ngendarain motor gak cuma di kopleks perumahan aja tpi ngendarain di jalan besar.. Yahh sy org perumahan, rata2 ortu seperti itu.. percuma tegur ortu nya gak bakal protek anaknya sebelum anaknya kecelakaan.. #lirik tetangga sebelah

    Like

  27. hahaha dulu kaka wkt SMP ane terpaksa naik motor karena tuntuntan sekolah jauh.. (10 km) dan lama kalo naik angkot.. dia pernah di pepet org naik vespa dan bapa”nya bilang “Bau kencur kok bawa motor!” dan sampe sekarang masi ngakak kalo keingetan lagi..

    Like

  28. Pergunakanlah kendaraan bermotor sesuai fungsinya…
    Ribuan jiwa melayang krn hal yg kurang dipahami..
    Dewasalah….
    Wahai orang tua.sayangi dan didik anak kita sebaik baiknya..
    Krna dia amanah yg dititpkan ke kita..

    Like

  29. mungkin orang tua terlalu sibuk cari nafkah dan anak-anaknya bertindak semaunya tanpa ada pengawasan.
    jaman sekarang tuntutan hidup terlalu berat makanya anak jadi kurang perhatian.

    tetangga saya malah sampai anaknya menemui ajal karena terjatuh dari sepeda motor. padahal si anak tidak ngebut.

    Like

  30. wa kalo liat gituan bakal wa pepet sampe ketakutan bocahnya. shock terapi biar lain kali mikir kalo naik motor itu berbahaya.

    Like

  31. ….pada kesempatan ini IWB berharap pada para pembaca Iwanbanaran.com, jangan pernah sekalipun memberikan ijin sikecil nunggang motor sendiri…apalagi bonceng adiknya….
    ====================================================

    …betul om Iwan,…ortu yg lalai bs kena bidik pidana penjara…UU perlindungan anak….monggo kita selalu “WASPADA” lindungi keselamatan buah hati kita….

    Like

  32. Baca artikel ini, htiku jadi haru bercampur prihatin,,,mka dri itu yuck kita jaga bareng2,awasi dn bri nasehat tetangga2 kita yg membiarkan anak2 kecinya nunggang r2..berani gak ya,mnegur mereka2??????

    Like

  33. duh kang iwb, kasian tuh bocah, orang tuanya yg keterlaluan mungkin sang ortu bangga dgn kemampuan sang anak yg d usia 8 thun sudah bsa mengendarai spd motor, tanpa tahu BAHAYA dan resikonya,, buat para ortu dan yg merasa jadi ortu, jangan sekali-kali melepaskan anak-anak mengendarai spd motor d jln raya, belum sa’atnya.. Kasihan sekali jika para penerus bangsa sampai nyawanya melayang d jln raya gara” kelalaian ortu.

    Like

  34. Dulu waktu sy msh ingusan, alm bapak sy bakal marah sejadi2ny klo tau sy coba2 bawa motor wlpn cm d sekitar rumah.. Skrg saya udh seperempat abad lebih sadar ternyata ini yg dirasa bapak saya dulu.. :’)

    Like

  35. kan deket, ga ada polisi ini, masih di komplek ko, pelan ini bawanya, kalo bawa juga dipinggir, biar ga kalah sama tetangga, dan alasan lainnya…. jadi inget temen saya yang baru meninggal bulan kemaren. jatoh dari motor pas diperiksa taunya pendarahan otak.

    Like

  36. hadeuh mngingatkan saya semasa masih kelas 2 SMP bawa motor BSA punya pakde membonceng adik nyentak menghantam pagar tembok ttangga sampai roboh pagarnya, motor tdk apa2 saya cidera pincang, mulai saat itu takut bawa motor cc gde sampai klas 3 SMK..klu mslh yg kyk gini yg salah kayaknya kita2 semua tdk menegor ortunya biar sadar dr kkhilafan yg mnjadikan ank jadi tumbal jln raya.

    Like

  37. ngak usah yang kecil
    yang tua bangkotan juga sama ja kelakuannya
    test kecpatan di jalan umum
    bikers emang otaknya isinya merde

    Like

  38. ya wajar boss..itu orang tuanya minim pendidikan ato malah gak pernah sekolah kali yaa….
    yang saya cemaskan apabila ne anak jatuh sndiri ama adiknya seh gpp…klo nabrak orang lain dan yg luka parah orang lainnya meh di apake jall cah iki???

    Like

  39. Perlu direnungkan untuk yang biasa berdalih dengan takdir.
    Sebenarnya kehati-hatian itu untuk meminimalkan kesedihan dan penyesalan.

    Contoh: seorang yang telah ditakdirkan cacat karena kecelakaan, rasa sedih dan penyesalannya beda antara yang telah memenuhi peraturan lalu lintas dengan yang mengabaikan peraturan

    Like

  40. ga papa, bapaknya bisa bikin lagi, lagipula kl nanti yang nabrak kan pasti diminta bayar ganti rugi, motor & nyawa anaknya, tenang di indonesia bisa selesai pake duit aja mas bro, mudah2an bapaknya baca & malu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s