Bedah jeroan diasil silinder setelah menempuh jarak 88,777 km….

wpid-460-x-110.jpg

diasil silinderBro dan sis sekalian….seakan ingin membuktikan keunggulan forged piston & diasil silinder, Yamaha mengajak segenap media dan Blogger mengintip secara langsung bedah silinder salah satu motor Vixion keluaran 2007 milik salah satu komunitas. Kuda besi yang memang sudah tua karena termakan usia akhirnya dibongkar. Didepan kita semua….hasil yang berada didepan mata ternyata lumayan mengejutkan. Lha gimana nggak mzbro…dinding silinder mengkilap bak kaca rias. Lah….koq iso??….uk460x110460x110rev(1)

Bedah mesin dari lab sih biasa. Namun gimana jika yang dibedah adalah motor dari milik pengguna langsung. Alat transportasi  yang digunakan lalu lalang harian….melibas macet, hujan, panas, debu, topan, badai (haiyah…koq malah prakiraan cuaca :mrgreen: ). Intinya….pabrikan nyomot tunggangan user sebab simulasi harian lebih riil ketimbang tester yang melakukan. Terus…gimana hasilnya??….

Kepala seher berkerak tanda motor telah dipakai menempuh jarak yang cukup eskstrim. Kerak ini terbentuk dengan sendirinya karena bensin mempunyai senyawa yang bersifat unwash gum (monggo intip artikel lawas). Walau pembakaran sempurna unsur ini akan tetap terbentuk sebagai hasil pembakaran selama bertahun-tahun. Diluar piston….yang cukup mencengangkan adalah dinding silinder. Jian kinclong tenan kangbro…..

diasil silinderKinclongnya bak kaca rias beda dengan dinding silinder yang biasa IWB lihat sebelumnya. “Itulah diasil silinder. Jadi kalau ada yang mengatakan material tempa aluminium sama saja dengan silinder biasa adalah tidak benar. Kita ingin edukasi konsumen tentang informasi-informasi menyesatkan seperti itu...” tukas Pak Abidin (PT YIMM).  Yang dikatakan pak Abidin diamini pak Dion yang mengatakan bangga mempersembahkan teknologi tersebut untuk konsumen Indonesia. Menurut mereka, material tempa lebih padat dan kerapatan jauh lebih kecil dibanding reguler. Selain itu material piston juga elastis sehingga mampu menutup celah atau clearance dinding silinder. Alhasil kompresi tetap terjaga walau kendaraan sudah menempuh jarak puluhan kilometer. Tidak heran pabrikan berani memberi garansi hingga 5 tahun untuk komponen yang dimaksud. Juozz….

Last…apapun itu bagi IWB yang paling utama adalah perawatan khususnya penggantian oli secara teratur. Hal ini sudah IWB buktikan saat memiliki tunggangan lawas Megapro lansiran 2002. Berumur 8 tahun…..sang kuda besi tetap mantap larinya. Kalau lari 115km/jam mah eces kangbro. Sebaliknya…kendati sudah dibekali forged piston dan diasil silinder tapi sampeyan ogah-ogahan ganti oli….ya pasti ambrol juga. Nah…kalau sudah rajin dikombinasikan motor bermaterial forged piston & diasil silinder….opo ora juozz gandozzz kuwi. Yo wis…untuk memberikan gambaran, berikut video rupa dinding silinder diasil setelah menempuh jarak 88,777 km. Cekidot….(iwb)Forged piston

Video kondisi diasil silinder setelah menempuh jarak 88,777 km

Profil kendaraan

Yamaha Vixion B 6774 TT
Keluaran : 04-07-2007
No mesin : 3C1 -002*8*
No rangka : MH33C10*17K001989
Jarak tempuh : 88,777 KM

398 thoughts on “Bedah jeroan diasil silinder setelah menempuh jarak 88,777 km….

    1. di blognya mas kenthoet pernah ada mio jalan nyaris tanpa oli.
      diasilnya masih bagus, hanya piston set aja yg babak belur. alhasil ganti piston set doang

      Like

      1. hahaha..

        komponen paling berharga kaum fby ya cuman ini doang :mrgreen:

        tetep saza cuma buat nutupin standar kualitas lemot dan impo.. :mrgreen: (g diterusin takut kena jaring nelayan) :mrgreen:

        Like

    1. SCEMnya punya suzuki memang kynya lbh baik tp nggak di umbar kaya pabrikan sebelah, sayangnya suzuki minim ”inovasi” ibarat api jauh dr panggang akhir semakin terkebelakang jualannya

      Like

  1. Bisa di percaya, tapi guweh kagak yakin kalo nyu pikong bakalan bisa kaya gini, msh baru aja sdh ada yg ngebul.

    Like

    1. Tunggu aja cuy. Kalo mau nyela cacat yg jelas2 udah kejadian aja. Yg rompal atau protol misalnya. Itu kan betoel adanja.

      Like

  2. met pagi mas iwan… itu motor v-xionnya pake pertamax, atau premium ya mas? oiya selama 8 tahun pakai megapro, pernah nggak mbongkar block cylindernya? Gimana perbedaannya dengan yang pakai diasil cylinder?

    Like

    1. Sugeng enjing juga kang. Pakai campur-campur. Kadang Premium kadang Pertamax. megy saya 8 tahun lum pernah turun mesin. Tapi pernah liat motor lain non diasil nggak seperti itu kiclongnya. Jauh kang

      Like

  3. apa harus bilang WOW gitu…
    biasa aja kali djakarta mo lari kmana wong macet trus…
    coba motor yg dtes ddaerah indramayu,ciamis or cirebon…
    pasti hasilnya wkwkwk

    Like

  4. nah pembandingnya mestinya nvl versus vixion, kan harga blok silindernya beda kan?

    itu motor yang dibedah interval ganti olinya tiap berapa ribu kilometer?

    yup, setju sing penting jangan telat ganti oli dan intervalnya aliran jadul aja per 2500km.

    Like

  5. Waow �(≧∇≦)� тι∂ααααααккккккккк……….!!!
    •⌣okε :D⌣•°˚˘˙ :)≈¤♣(y)※ÖƘ€:)≈♥̸̨ ♥̨ ♡̷̷̷̷̷̷ ♡̨ ♡̷̬̩̃̊ ♡̲̅ ♑ ♥̲̅ ☀̲̅
    °♡♥tнänκ чöü♥♡

    Like

    1. Ini klo keluargamu yang lihat link, trus kena shock jantung gmn?
      Semoga cepet tobat. Jadi orang yang berguna yah dek.

      Like

  6. btul mas iwan motor sy vixion thn 2009 skrng sdh mnmpuh jarak 74000 lbh,kemaren iseng2sy bonkar mesin mau servis besar sendiri mmg benar dinding silinder bak kaca yg menkilap tanpa gores tapi klep dan silinder atas ada sedikit keraknya,pantesan motor sdh 5thn tapi larinya bisa 120km/jm mesin tidak bergetar,sy beli old vixion sekend

    Like

  7. semua itu pembodohan otomotip mskipun kinclong kaya kaca tapi ya udah aus misal di ganti ring tetep aja ngowos lah gmana ga wong ibarat bhsa jowone liner dah ngantong. dah gitu ga bsa di corter alternative yo ganti liner, ganti linernya motor jadi ga mau lari. paling ganti boringan, tetep kalah sama ondah gran 97

    Like

    1. Perkara ngantong dibahas juga kemarin bro. Jadi sifat diasil silinder bersifat elastis sehingga tidak seperti bahan reguler yang tergerus dan lama-lama timbul cekungan yang kita sebut” ngantong”. Dan ngantong inilah yang membuat kompresi ngedrop drastis. Menurut Yamaha material mereka berusaha meminimize kondisi tsb. Kombinasi kekuatan material, penghantar panas yang baik, low friction, ringan, plus elastis dipercaya menghindari “ngantong” yang dijumpai pada material standart. Tidak heran durability kendaraan bisa 2 atau 3 kali lipat
      * Btw boso “pembodohan otomotif” mbokya jangan dipakai to kangbro. Ora enak blas bacanya. Kita sudah cukup pintar koq menyimpulkan mana yang riil dan rekayasa…

      Like

    2. ngantong bgmn mas tlg dijelaskan dan honda grand punya siapa yg msh standar bisa lari 120km/jm? jgn bicara klo blm ada fakta itu namanya pembohongan publik

      Like

    3. klo ngowos kan ketahuan ngebul dari knalpot kerena oli gak bisa kesapu bersih ring seher, pertanyaannya vixion yg di bongkar itu udah ngebul blm kang iwan?

      Like

  8. Vixion saya juga lansiran 2007 mas iwan, saya meminang november 2007 KM 70rb-an lebih, tetep juos… Padahal bobot saya over weight 96kg tuh tetep kenceng dipake 120KM\jam mantap vixion yg lain semakin ketinggalan… Pengen share vixion ku nanti pengen di post, “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ .. Salam rider netral Tasikmalaya juossssssssss °º;)sîiî(y)(y)sîiî;)º°˚˚°º

    Like

  9. Setuju kang , mau diasil ato apa kalo telat ganti oli ya berpotensi ambrollll udah banyak yg alamin dan apa lagi g bisa di oversize yg penting perawatan oli dan filter olinya tuh , sebenernya pke konversional juga kuat loh terbukti vario 110 temen ane , gila dari beli baru ampe setahun lebih g diganti oli pdhl tiap hari dipake dan suara mesin udah kasar bgt tok tok tok akhirnya mogok , di bawa ke ahhas di cek cuma ganti ring seher dan service habis sekitar 200 rb an normal lg g ngebul + di pesanin mekanik jgn sampe jarang ganti oli ,, plusnya yang diasil silinder ini mengkilap kaya kaca jadi gerak piston lebih licin dan ringan pantes efesien

    Like

    1. tergantung jenis oli juga lho, soalnya ada juga jenis oli yg tahan bisa sampai 10000km. Beat karbu saya sekarang dah hampir setahun(hampir 9000km) blm ganti, Mesin masih halus, penguapan hampir nggak ada. Kalo tarikan agak berat tinggal bawa ke bengkel buat servis tok(2-3 bulan sekali)

      Like

      1. Saya pake oli mobil harganya 130-200an ribu seliter. untuk motor matic misal fastron gold(merk lokal), petro canada supreme, mobil 1 esp, amsoil.
        Saya makenya dah dari januari 2012. yg pertama sekitar 8000an km yg kedua cuma 2000an km karena diganti mekanik bengkel nggak bilang2, yg ketiga dipake sampai sekarang

        Like

      2. gimana kabarnya kampas kopling? udah pernah ganti belum? denger2 oli mobil kaga cocok dipake buat motor karena bisa bikin kopling slip, secara di mobil menganut kopling kering dan dimotor kopling basah

        Like

      3. @sipanase : ane pernah iklannya di kaskus. Embel2 iklannya sih tu perusahaan supplayer oli psawat ulang alik gt. Thn smp puluhan ribu km… Nah, klo pk oli mobil kek nya ngeri deh. Kan beda aplikasi karakter koplingnya… Tp ntah knp, 4 mtor kwn ane sesama OV yg pk h*lix (yg notabenenya oli R4) pd ngebul smw vixion nya… Trpaksa deh gnti blok piston 1 set.. Untung aja harga nya gk mahal… Gk smp 1jt…

        Like

      4. motor saya matic, jadi sistemnya kopling kering mirip mobil. Setahu saya kalo motor yg pake kopling macam bebek atau sport pake oli diesel. Di kaskus ada juga kok thread yg bahas tentang oli ini. cari aja dengan kata kunci “HDEO PCMO”.
        @strider009 itu pake h*lix yg mana? kalo yg ultra sepertinya sosknya untuk motor matic, bukan kopling

        Like

      5. @strider jangka waktu ganti olinya normal apa setahun/ribuan KM?
        @adit motor matik kan ada kopling otomatisnya juga aka sentrifugal yg ikut kerendam oli, klo aus biasanya tarikan awalnya berat

        Like

      6. @sipanse, dr yg saya ketahui kopling sentrifugal itu letaknya di bagian box CVTnya yg tidak kerendam oli. Yg kerendam oli paling bagian gir gardan di roda belakang. sampai sekarang tarikan masih enteng2 saja. Paling tahun kemarin ganti roller yg aus sama belt yg umurnya sudah 25000km

        Like

    2. saya pake helix jg di supra fit 2004 sampai sekarang ga da masalah. kilometer dah masuk putaran kedua ( 100.000 km dan skarang 15 .000 km ) baru ganti kampas kopling dan rantai keteng itupun bulan kemarin gantinya.

      Like

  10. siiip setuju sm kang iwan.. walau secanggih tekno gp tp g pernah ganti oli y sama aja ambrol2 jg.. gran cripton masih pada josss tuh.. walau blm pake porged piston…

    Like

  11. Kalo silindernya tiduran apakah hasilnya akan sama karena desain silinder 45 derajat memang mampu meminimalisir gesekan

    Like

    1. mesin vixion juga gak terlalu tegak mas bro, mungkin di angka 60 derajat, bahkan banyak juga yg main pelorot sok depan, makin miring aja tuh mesin.
      setau ane motor murah dan tegak itu cuma pulsar

      Like

  12. …honda tampa diasil aj mantap kaya meginya mas iwan…klo yamaha hrus mantap pke diasil….honda klo pke mcam diasil bsa lebih mantap lagi tu….wk wk wk… menurut i hlus blum tentu bgus trus klopun tdk kinclong ber garis jeruk jelek…bsa jdi berkulit jeruk lbih bagus so untuk nahan oli memperkrcil gsekan….smua pasti ad kelebihan dan kekurangan pda semua produk tdk ad yg 100% superrior…
    cmiw…

    Like

  13. diasil + forged piston memang jos. punyaku dulu juga pernah dibuka saat service besar dan keliatan masih mulus (umur 5 tahun)

    Like

  14. montor NVL qu nggo oli shel kadang ganti-ganti karo oli yamalube, kui gawe rusak mesin ora mas iwan? suwun inphone..

    Like

    1. Sebenarnya akan lebih bagus nggak sering ganti-ganti merk bro sebab penggantian oli secara periodik umumnya masih menyisakan oli didalam crackcase. Padahal tiap merk oli mempunyai racikan atau chemical sendiri sehingga dikawatirkan pencampuran dua merk berbeda membuat kinerja oli kurang maksimal. Kecuali bedah mesin yang notabene asat bener-bener, monggo saja ganti merk…

      Like

  15. ra gumun mas iwan…aku dlu bore up pake blok 3C1 buat mx selama 2 thn jg kinclong…hbs itu dijual mau naik kubikasi 62mm…akhir nya balik lg ke bore up vixion.yg murmer aku ambilah kode 1PK milik NVL.baru jln 700km naik msh ECE R dah jebol.
    intinya blok 3C1 lebih baik dr 1PK punya si NVL…salam ngebut.

    Like

      1. makanya kok bnyk NVL ngebul…dlu old vixi hampir gak ada kasus motor baru ngebul.
        secara hrg perbandingan pas beli blok old vixi/3C1 850rb an,NVL/1PK 600rb…dapet blok,piston,ring,pen,cyrclip.
        hrg g pernah boong kang…aku bandingin blok old sama nvl lebih gelap old vixi.NVL kyk kebanyakan almu(lebih terang warnanya)

        Like

    1. wajar bro..major change Vixi to NVL tapi harga tetap, maka:

      – upgrade power+velg+ban gambot+tutup tangki
      – harus ada yg didowngrade : cylinder block

      Like

  16. Secara teknis diasil dan forged memang unggul..

    tapi secara bisnis, dua hal itu sebetulnya gak terlalu dibutuhkan konsumen.. Bagian R&D Yamaha perlu belajar customer insight neh.. fitur2 intangible kayak gitu kok diandalkan??

    Penting mana diasil + forged…….vs…… PBL+Side Stand Switch+CBS+ISS+HelmIn+ACG starter+remote alarm

    Orang2 YIMM terlalu technical minded… kalah sama AHM dan Kawasaki yg business&customer minded

    Like

    1. pertanyaan yang sangat krusial dan fundamental :

      – benarkah konsumen sangat membutuhkan diasil cylinder+forged piston??
      -benarkah cylinder+forged piston sangat dibutuhkan konsumen??

      Kalo ente tau jawaban yg bener, ente lebih pinter bisnis daripada YIMM

      😆

      Like

    2. gak jadi komentar, nunggu yang punya warung menunjukan kejelekan mesin non diasil dan forged piston!! terutama punya Honda!!

      1 artikel lumayan untuk menaikan ms yang mulai anjlog!! dilapangan di bengkel non resmi coba tanya gimana realitanya

      Like

    3. simple
      Yamaha memenuhi kebutuhan konsumen.
      Honda kawasaki suzuki memenuhi keinginan konsumen meskipun lebih berbahaya atau ga begitu butuh.

      Contoh?

      Rdb pada ban kecil.
      Amati deh,dari ke 4 pabrikan tersebut yg ngasih rdb ke ban kecil siapa aja?
      Dan yg tetep kekeh nggak mau siapa?

      rdb sangat diinginkan konsumen,tapi akan lebih berbahaya ketika dipasang di ban yang kecil karna akan lebih mudah lock brake(ngancing).

      Like

    4. ente mau bandinginnya fitur2nya untuk semuanya atau lebih spesifik ke yang nempel ke motornya?

      Yang dibahas lagi motor batangan loooh
      apa iya motor batangan harus pake PBL SSS CBS ISS HELMIN ACG REMOTE

      Emangnya Yamaha ga ada fitur macam PBL dan SSS ya?

      Hasil tes konsumsi bbm non ISS dengan ISS saja cuma beda 2kpl saja
      jadi buat apa ada ISS?

      Emangnya harus ya kalo bagasinya punya volume besar lalu dikasih nama fitur helm in? heeelllloooooo….itu fitur udah ada di nouvo. Xeon series juga muat helm tuh bagasinya.Jangan2 ente juga beranggapan kalo Suzuki juga ga punya helm in ya?

      ACG starter juga masih belum diperlukan pada matik Yamaha. Lah wong suara starternya saja sudah halus. beda dengan matik tetangganya yang kalo starter suara kasarnya sampai kedengeran mpe radius 12m.

      udah ah OOT banget

      Like

  17. Sing ngomong pembodohan otomotof, podo karo membodohi pengunjung warung,,
    *maaf kalo kirang berkenan, mari berdiskusi dgn baik,

    Like

  18. masih kalah ama honda astrea grand bokap ane…
    mesin masih oke banget…

    😀

    yg rusak cuma bodinya…

    😀

    Like

  19. smg teknologi yg baik bs brmanfaat bg smua, g prduli h, s, z….. atw yg lain, knp malu” myontek bl tu dm kbaikn n kpuasan konsumen,…. org pintar g malu atw segan brguru dr ank kcil,….

    Like

    1. silahkan garis bawahi dengan tebal kata yg baru saja ente ketik :

      B-E-R-M-A-N-F-A-A-T:

      bagi saya sih teknologi PBL+Side Stand Switch+CBS+ISS+HelmIn+ACG starter+remote alarm

      J-A-U-H L-E-B-I-H B-E-R-M-A-N-F-A-A-T

      Like

      1. justru sy ktawa mliht kbodohan anda……
        kcuali anda g bsa makan kl tdk
        mndewakn 1 prduk trentu, otak anda g
        kn nutut sm otak mreka, krn mreka
        otak” bisnis, jd g akn malu bl mnyontek
        asal laku dpt untung bnyak,
        brtrimaksihlh pd kompetitor” itu, krn dg
        adanya mrka produk yg anda bnggakn
        bs sprti skrg,… jgn jumawa krn
        klebihan, bljar dr nokia n SE, yg skrg
        trseok” dkepretin prduk” korea n cina,…
        slm sntun msbrow

        Like

  20. artikel provokatip ala yimm…

    😀

    tapi sayang durability nya masih dibawah bebek honda astrea grand bokap ane…

    Like

    1. wkwkwkwkwkwwkkwkw
      gini ya bro
      material zaman dahulu dengan sekarang itu beda bro
      lebih jos dan lebih mantab zaman dahulu
      bebek force one tmn ane aja daya tahannya masih bagus

      Like

  21. tapi produsen motor sekarang gelontor model model baru terus, secara tidak langsung suruh konsumen cepet ganti motor…..

    Like

  22. saya prcaya masih kinclong, lha wg bongkar mgpro th 2001 (non electric starter) aja jg kinclong tanpa baret2 piston jg kelihatan msh bgus size msh std, bongkar krn gnti pir starter..jd wajar jk diasil msh kinclong…ingat diasil bkn berarti anti gores,, tp lbh tahan gores dr liner biasa

    Like

  23. gak jadi komentar, nunggu yang punya warung menunjukan kejelekan mesin non diasil dan forged piston!! terutama punya Honda!!

    1 artikel lumayan untuk menaikan ms yang mulai anjlog!! dilapangan di bengkel non resmi coba tanya gimana realitanya

    Like

      1. ah siapa bilang saya teriak-teriak………..tahayul sampeyan mas!!

        wong saya nulis komentar koq………wakakakak…………sori mas………

        Like

      2. beneran mas………..saya nunggu kepastian bahwa silinder biasa, keluaran entah itu motor Honda, Kawasaki, atau Susuiki emang jelek……………

        Like

      3. wkwkwk ini ada barisan sakit hati lagi nyarum wkwkwk. dilihat dari bahasanya kaya kenal

        Like

  24. Satu lagi teknik marketing NYELENEH ala YIMM :

    PRINTILAN SPY SHOT

    ane sarankan YIMM belajar Hukum Gossen yah.. YIMM pikir calon kustomer makin happy kalo makin banyak diumbar printilan..

    😆

    Like

    1. Spy shoot apaan om? Ente ayan? Apa otaknya oblak gra2 kebanyakan naek repo prit?? Baca artikel dl, ngertiin dolo, baru mangap… Jgn2 sampeyan adeknya marwoto ya??

      #kenapa ya gerombolan kuambing itu otaknya pada rompal??

      Like

    1. untuk diasil silinder :
      Old V-ixion saya jual Rp.456.000,-
      NVL saya jual Rp. 270.000,0

      dengan sistem kredit paksa, jujur motor yamaha sebenarnya lebih mahal dengan Honda mas/mbak!!

      makasih ya udah beli Yamaha!!

      sebentar lagi ada undian berhadiah 3 milyar untuk pembeli motor Yamaha!!

      Like

      1. saran kepada dealer2 Yamaha :

        yamaha jangan urus yg mau kredit saja sementara yg mau beli kas diberikan alasan bermacam-macam/ disulitkan,

        “waajar calon konsumen pindah kelain hati.
        semula Revs your Heart jadi one heart.

        Like

      2. dev

        om om yg dipersulit beli kas itu ga yamaha aja tp honda jg

        mlah ada bebrapa dealer honda yg ga boleh beli cash tp hrus kredit min 3bln

        kyk tetangga ane beli vario idling yg ga boleh cash tp hrus kredit 3bln

        Like

  25. teknologi yang mantab dari yamaha!
    demen yg kaya gini nih … pencerahan otomotif berdasar fakta. biar ngga buta merk membabi buta hehehe

    Like

    1. makasih mas, anda telah membantu kami Yamaha!!

      buta merek itu udah yang beli sedikit, ngeyel mengagungkan merek, tapi kalau yang membeli banyak ya itu karena kepercayaan mereka terhadap merek

      Like

  26. kang Iwan bntar lagi jadi artis.. setiap aRtikelny saya share ahh… siapa tau numpang terkenal juga….. hoho… modiarrrt tenaaaan…

    Like

      1. nanti dikira artis klonengan mz.
        klonengan zaipul zamil.

        *wkwkwk. kabuuurr.

        Like

  27. forged piston & diasil silinder milik Yamaha memang bagus dan awet, namun bagi konsumen indonesia masalh tersebut gak ter-eksploitasi bahkan terabaikan, kenyataan dan fakta org lebih pilih fitur yg tampak di mata saja contoh pada motor honda semua fitur dijejalkan, otomatis terlihat canggih walaupun mesin relatiflah tergantung perawatan. motor cina kalo dirawat dgn baik akan awet juga. intinya Perjuangan Yamaha gak kena langsung ke masyarakat biar sampai pingsan dan kesurupan jelasin gak akan dicerna dgn baik karena forged piston & diasil silinder adalah potensi yg gak terlihat langsung,, perlu pembuktian lama setelah motor dipakai beberapa thn, ya jadi mentah lg. Kalo bisa Yamaha konsen saja menambah fitur seperti Honda.
    “Saran kpd YIMM seminar yg dilakukan kepada intelektual sperti jurnalis atau bloger belumlah cukup, diperlukan hal nyata (realita) langsung penambahan fitur bermanfaat pada produksi motornya bukan menghilangkannya contoh fitur alaram di fino fi, itu bukan kemajuan tapi kemunduran, soal harga masih relatif juga, pasti itu yg dilihat masyarakat Indonesia, di analogikan tanpa meremehkan bahwasannya masyarakat kita masih awam tentang motor, ekonomi yg pas-pasan, memaksa mereka untuk “”simple oriented”, yg penting berkendara aman dapat sampai ketujuan dan beraktifitas sehari-hari sudahlah cukup.

    Like

  28. Joss lah, klw pke oli paling bagus bwt vixi ya yamalube gold sae 20-40 cuman di pasaran adanya 800 cc, jadi harus beli 2 sisanya dipake bulan berikutny (rekomendasi ganti oli 1500-2000km),

    terus klw mau murah terus irit (pke pertamax plus + premium) perbandingan 1 : 1 nanti terasa pke pertamax harga terjangkau

    Like

  29. Joss Kang Iwan….Pengalaman MX ane udah 6 tahunan pake (9957 km).setiap hari masih mak nyus aja dan masih bisa lari 100 km/h lebih. Ane ganti Olie setiap bulan kurang lebih 1000 km ( Yamalube Sport )

    Like

    1. coba deh ganti blok set old vixion 3C1+noken vixion+perklep vixion +stel karbu di 22,5/105…120km/jam.enteng dah buat nekuk vixion+NVL…..

      Like

  30. Wah, seangkatan sama ane.. Cm odometernya nya masih kalah sama pny ane… Syg nya motor ane uda gnti blok thn 2009wktu gasak surabaya – tasik 14 jam… pas gnti oli sisa sktr 150cc doang di tasik… Tp dri 2009 smp skrg aman lancar jaya… Soalnya gnti oli maksimum 2000km (tu pun kalo pas kelupaan), regular 1300-1500km…

    #jgn dbandingin sama motor marwoto yg katanya sanggup touring tanpa oli… Pk teknologi dunia khayangan sih…Ngoahahahaha

    Like

  31. gimana kabarnya kampas kopling masbro? udah pernah ganti belum? denger2 oli mobil kaga cocok dipake buat motor karena bisa bikin kopling slip, secara di mobil menganut kopling kering dan dimotor kopling basah

    Like

  32. Sip, perawatan intinya, kli mau awet filter jgn ganti yg racing, biar debu nggak masuk ke ruang bakar, apalagi open filter.

    Piss

    Like

  33. moco wae komen1 1-78 nganti ndlosor karo angop … sing apik di catet sing alek, kata2 jorok si buang…
    moga2 nambahi ilmuku

    Like

  34. Haha… Kang Iwan g ikhlas sitik kethok’ane!
    Tp emg bner sih, awet g awet emg dr si pmkai jg sih…

    #tp g d jelaskn tuh motor msh utuh pa dah ancur? klw jeroan msin utuh tp yg lainny dedel y prcm…
    Klw ykin skuat tu napa tkut ‘d perkosa’ msinny bwt nyirkuit nglawan DOHC abal2/downgrade/klothok2? Peace ^,^

    Like

  35. Baguslah kalo begitu…dan pertahankan dengan perawatan yang maksimal.
    Sebenarnya gw harap kawan2 yg koment lebih proaktif share kekurangan tunggangannya sendiri. Niatnya agar para pabrikan mbaca dan bisa melakukan perbaikan produknya. Bukannya malah BC produk yang bukan tunggangannya sendiri. yang mem-BC tunggangan orang lain cukuplah seorang sales saja, toh anda bukan sales khan?
    Gw mau share masalah motor gw juga jadi enggan.
    Tks.

    Like

  36. yah maklum aja kalo gak pake diasil gak mungkin bisa jabananin durabilitas motor sekelas bebek honda….

    😀

    lirik astrea grand bokap ane…

    Like

    1. Ya… jelas toh,. Lha wong motor bapakmu dipake harian cuma buat ngarit rumput,. Cari pakan kambing skalian pakanan pokok mu ,.

      ekekekekeke,..

      Like

  37. Old Vixi Second atau New Verrza..?
    (Terjawab dah akhirnya,.. Coz uda dua minggu ini bingung mau nebus yg mana bang, karna aku memang ada niat buat ganti motor batangan.) Makasih artikelnya bang IWB..

    Like

  38. maksud hati pengen pamer tuh yimm,
    tapi ahm cukup membalas dengan motor sekelas bebek jadul astrea grand…

    😀

    jozzzz…..

    Like

    1. hehehe 🙂
      tungkel ente ngebul om 🙂 ntu gren buatan ahm apa pederal 😀 belajar dulu sono biar “ngeh”
      #trimo tak guyu 😀

      Like

    2. Maksud ati tu biar ente sama marwoto biar pada ayan,. Biar pada inget tempatkan otakmu pada tempat nya,. Jangan taro di penitipan sendal,.

      Ekekekekeke,..

      Like

  39. justru sy ktawa mliht kbodohan anda…… kcuali anda g bsa makan kl tdk mndewakn 1 prduk trentu, otak anda g kn nutut sm otak mreka, krn mreka otak” bisnis, jd g akn malu bl mnyontek asal laku dpt untung bnyak, brtrimaksihlh pd kompetitor” itu, krn dg adanya mrka produk yg anda bnggakn bs sprti skrg,… jgn jumawa krn klebihan, bljar dr nokia n SE, yg skrg trseok” dkepretin prduk” korea n cina,…

    slm sntun msbrow..

    Like

  40. Bentar lg gerombolan kuambing bakal ayan berjemaah n bilang yg pny warung itu epbeye…

    #disinyalir akhir bulan dengkulnya gerombolan kuambing pd meleduk…

    Like

  41. Ente benar. Termasuk peleg geol geol, komstir oblagh, shok ambles kadang sampe patah pula. Lan liyo liyane

    Like

  42. konsumen Honda emang bodoh…………..termasuk orang eropah, amerikah, jepang bahkan cuma ada 3% orang di india yang pinter mau beli yamaha!!

    coba mas dibuatkan/ silacak kenapa ini koq bisa begitu?? bahkan saya sampai-sampai harus menutup banyak pabrik saya di eropah, amerikah dan sebagian di nippon!!

    Like

  43. bener kata mas iwan. apapun motornya klo gak bisa ngrawat, ducati skalipun bisa ambrooll. haha #sruputkopinya

    Like

    1. setuju mas bro, selain perawatan jangan lupa high end yang harus selalu terjaga biar camshaft tidak nyelip dan yang paling penting adalah user privacy jangan sampai telat….

      Like

  44. diasil kalo ada kerut salak juga nggak baik, lebih baik konvensional tapi ada gerak papan yang bisa diandalkan, memang semua tergantung usenya….

    Like

  45. Ya jelas pasti lebih baik. Materialnya saja sudah berbeda dgn yg dipake Hon, Kaw, Suz, atau lainnya.
    Ngecor alumunium itu mahal broer! Bikin cetakannya aja susah banget. Titik lebur alumnuium itu lebih tinggi daripada besi. Ngecor besi mah tukang bikin pagar dan teralis rumahnya juga bisa.
    Untung saja ada Yam, jadi yang lainnya tidak ngebodohin konsumen.

    Like

    1. nggak gitu juga bro, walaupun diasil tapi tetap conditioning perfect nggak boleh dilupakan yang bisa mengakibatkan mesin ambrol, conditioning perfect harus selalu pada kondisi yang act secondary yang prima….

      Like

  46. oh, ini to diasil silinder yg asli (gak ngebul)
    kalo yg ngebul, pastilah downgrade dari yg asli (biasanya begitu)

    Like

  47. kalo orang mentalnya normal,,, jelas ngaruh banget tuh diasil di jeroan mesin,,,

    tapi bagi orang keterbelakangan mental,,, kagak ngaruh,,,, mau daleman mesin rompal juga,,, tetep paling baik kwalitas mesinnya dan produknya,,, 😆

    ngiohoa,,, hoa,, hoaa,,, 😆

    Like

  48. asal jangan kayak FBH p3k0k,,, ngetes mongtor di jalanan tanpa ada oli di mesiinya,,, 😆

    ada noh di kolom komentar kang kang iwan di artikel yang lalu,,, 😆

    katanya,,, kalo bisa tahan mesin motor hidup normal tanpa oli,, itu baru bagus,,, 😆

    mungkin karena malu,, FBH tersebut sudah berganti Nick name,,, 😆

    Like

    1. namanya juga lagi front secure, sah sah aja ngetes kayak gitu asalkan tidak default secret yang mengakibatkan kecelakaan bagi orang lain….

      Like

      1. kalo menurut ente sah,, ya udah,, test aja seperti yang di maksud,,, trus share di mari,,, atau share di blog ente,,, mudah2an blog ente terkenal,,, 😆

        Like

  49. kang iwan,,mongtorku pulsar 135 LS bulan 9 taon 2010 dah 65.000 km lebih,,,masih
    bagus tuh…walau skrg dealernya dah tutup…

    Like

  50. Motor ane mx tahun 2007, masih jos smpe sekrang (blm turun mesin) sing penting ganti olinya rutin n gk telat, servicenya yg gak rutin, baru ganti kampas kopling sama per kop 1 kali, jarak tempuh km udah lebih dari 130 rb. masih jos…

    Like

  51. mongtor ane pikson 2005,,, eh,, salah ding,,, pikson 2007,,
    udah turun berkali,,,, 😆

    ,,,turun dari garasi ke aspal,,, 😆

    Like

  52. Honda mang juoss, montor Megapro taun 2002 Mas Iwan blum turun mesin. Sedangkan montor vixion taun 2007 wes turun mesin.

    Like

  53. 123. THE LEGEND – Februari 24, 2014

    Honda mang juoss, montor Megapro taun 2002 Mas Iwan blum turun mesin. Sedangkan montor vixion taun 2007 wes turun mesin.
    Balas
    ================================================
    piye sing isek nom kok wis turun untu,,,,???

    pasti untune ora joss,,, 😆

    Like

  54. om perboes mesti ngintip – ngintip iki,,,
    dari dalem aquarium,,, 😆

    mencari celah di tikungan sempit untuk menyodok ke podium 150,, 😆

    Like

  55. 139. Ferboes Richardson – Februari 24, 2014

    produk yamaha yg pakr diasil apa aja ya?
    Balas
    ========================================
    mungkin bawah ane maho,,, eh,, bawah ane yang tau om,,, 😆

    Like

  56. wah kl bcra gt bener kang iwan..tergantung ridernya…apalagi it mtor pribadi..cob kang mtor para investaris yang cm pake doang tmpa merawat..di cek jeroanya..gak mgkn sebersih gmbr d atas..saya jamin..1000%

    Like

    1. Om Ferboes, nek ngebut kudu tingak-tinguk mburi Om…disinyalir rider penjaga warnet siap mengintai…nyodok… 😆

      Like

  57. 145. h0nd4 loV3r*** – Februari 24, 2014

    wah kl bcra gt bener kang iwan..tergantung ridernya…apalagi it mtor pribadi..cob kang mtor para investaris yang cm pake doang tmpa merawat..di cek jeroanya..gak mgkn sebersih gmbr d atas..saya jamin..1000%
    Balas
    ======================================================
    wkwkw,, itu namanya salah user dong om,,, 😆
    empu gandrink juga kalo buat keris dari alumunium panci,,, mungkin kagak terkenal,,, 😆

    Like

  58. selamat om peboes,,, 😆

    kagak sia2,, nunggu di dlm aquarium,, untuk tikungan terakhir,,, dan merengkuh podium 150…. 😆

    plok, plok,, plok,,,

    Like

      1. aku ra popo,,, 😆

        wkwkw,,,

        selamat deh,, ente terdaptar menjadi FBM = pront pembela marwoto,,, wkwkw,,, 😆

        Like

  59. FB huhun bandingin vixion sama grand, alamajaaaaann…
    Buka buku dulu sana belajar spek mesin.
    Trus bandingin juga mesin mv agusta ama grand jshcggshhsgzgj

    Like

  60. 166. tarno – Februari 24, 2014

    FB huhun bandingin vixion sama grand, alamajaaaaann…
    Buka buku dulu sana belajar spek mesin.
    Trus bandingin juga mesin mv agusta ama grand jshcggshhsgzgj
    Balas
    =================================================
    wajar om,,, mind setnya memang seperti itu,,, 😆
    mereka menganggap pikson jadul hanya sekelas grand teknologinya,,, 😆

    namanya juga keterbelakangan mental,,, 😆

    di berikan pencerahan juga,,, kagak ngaruh,,, 😆

    ngio hoa,, hoa,, hoa,,,

    Like

  61. setiap pabrikan punya teknologi masing” suzuki dengan scem di motor fu.. kawasaki dengan Super electrofussion cylinder dengan berbahan molybdenum dan high carbon steel di motor ninja 150rr..

    Like

      1. sumfah mati,,,
        ora ono sing nakoni awakmu,, nduwe pabrik opo ora,,, 😆

        ngio hoa,, hoa,, hoa,, 😆

        Like

  62. pake diasil silinder tapi gak mau nyentul ya percuma… 😆 buacot melulu, ngaku teknologi mocin gp ditantang nyentul malah kabur jadi penunggu parkiran doank… 😆 tantang, sekarang buka blok si sinchan, berani ngebul tuh… 😆 salam parkiran sentul

    Like

      1. terus kok ada bacot nyentul segala, bantuin tuh temen ente…

        ngenes banget gue ngeliatnya… 😆

        *ngaku teknologi mocin gp gak mau nyentul, tapi tak apalah kalo cuman jadi penunggu parkiran doank… 😆

        ngebul semakin di depak

        salam parkiran sentul

        Like

    1. Tepatnya,. Lupa belajar, keasikan joged koplo dangdutan bikin macet jalan nyebar brosur,.

      ekekekekeee,.

      Like

  63. 147. Ferboes Richardson – Februari 24, 2014

    komen samvil pegang selang kangan,,, 😆

    Balas
    ===============================================
    walah,, si om perboes kui,,, 😆

    saru om,,, 😆

    Like

      1. Satu rahim lahir prematur sebelum marwoto,. Jadi ya iki otake sekepell,.

        ekekekekeke,.

        Like

  64. 176. KAMEN RIDER GAIM – Februari 24, 2014

    bentar bentar

    suzuki = scem
    kawasaki = sec
    yamaha = diasil silinder

    kalo teknologi honda pke apa ya?

    #seriusnanya
    Balas
    ========================================
    ane serius,,, ane takut jawabnya om,,, wong 125sese CS1 aja sepit nya sanggup bejaban amam ninin250sese,,, 😆

    Like

  65. Dulu pas pertama meminang jupiter mx135, joss banget tarikannya dan minim getar…..pas keluar vixion awal, ane males beli karena teknologinya sdh dirasakan di jupie.
    saya berharap yg mengeluarkan metik premium 150-200cc dgn bahan ini serta kehalusannya dijaga (skrng sdng pake pcx150 yg versi ahm, getar2 kurang halus saat idle)

    Like

    1. sebenernya mx itu getarannya banyak bgt ^^ soalnya ane juga make.. kalo gak salah.. bandul yg di cranknya emang guede.. kalo gak salah lebih berat sedikit dari vixi.. tapi mesinnya balance.. dan kalo nanjak, powernya gak begitu terasa turun.. 🙂
      jadi jos bgt.. tapi kalo penggunaan daily.. apke gigi 4 aja speenya 40-50.. itu irit dan halus suaranya..

      Like

    1. tanya ke pak dosen noh ngebul jg ga nvl nya?

      semua mesin mtor tergantung perawatan

      kecuali pro link patah, klotok klotok itu baru cacad dr orok

      ckck

      udah ah ntr disangkah fby lagi sama fbh
      hehehe

      Like

  66. MASIH KALAH SAMA TEKNOLOGI AHM, karena honda sudah mengadopsi bahan dari rel kereta

    ngoahihihi…!!!

    Like

  67. diasil silindernya percaya kemampuannya…yg jadi pertanyaan ya head silinder ama jeroannya seawet itu gak….sorry ngalami hal yg mengenaskan di 2 soul gt di rumah

    Like

  68. Keren ….diasil dan forged piston. Kalo disuruh milih antara yg biasa dgn yg diasil forged…ya pasti milih yg diasil tho.*faktor lain dihilangkan.

    Soal berapa lama usia mtr baru turun mesin…itu mah tergantung yg punya. Ada yg gak mau turun2 krn itu satu2nya mtr dan yg penting bisa jalan. Ada yg merasa itu brg masih kencang tp sbnrnya gak tau kondisi ideal kayk mana. Jd bukn itu intinya.

    Intinya adalah dgn piston dan silinder yg kuat dan beda (make diasil forged, scem , sec dsb) maka membantu performa barang lebih awet dan lebih tahan digeber dlm waktu lama bila dibutuhkan.

    Like

  69. Soal lama penggantian oli mesin…mbok ya jgn pelit dgn mau nyari yg lebih dr 3000km. Takutnya viskositasnya udah hilang….

    Jgn tiru2 itu hnd rider yg suka ngelawan arah di lalin gara2 pelit takut hilang waktu dan duit sedikit.

    dan…..please…jgn disamain hnd sekarang dgn hnd zaman dahulu….beda kekuatan material coi.

    Like

  70. mas iwan , bener gitu kata yg komen NVL ngebul..??
    ngebul darimana..?? km berapa sama pergantian oli berapa abad sekali..???
    karna NVL punya ane Sama nvl temen2 nongkrong ane baik2aja..
    lagian NVL kan banyak seliweran di jalan . dan ane belum sekali pun liat ada NVL ngebul lewat…
    itu berita hoax ato emang yg punya motor bisa pake doang gk bisa ngerawat..
    hatur nuhun kang iwan..

    Like

    1. maklum bro mereka iri krena vixion udah punya nama sekelas tigor

      liat noh user cebong pda tengil2 tingkahnye, kya anak bocah dapet mainan bekas yg diblg baru n superior

      ckckc

      Like

      1. ga usah ngata2in USER tong… serah lo mau ngapa2in sama motornya + pabrikanya tapi jangan USERnya klo lo punya otak.. & klo lo punya nyali lo tulis tu cercaan2 lo di kaskus HOSTICIUS!

        Like

      2. tuh kan bner sewot

        apa ni cerminan dohc 150cc dr honda?

        jujur yak fu aje ga begini2 amat, n ninja 2 silinder jg

        n emang ga semuanya gtu

        tp ah sudahlah

        ckck

        Like

      3. wkwkwkwkwkwkwk
        ternyata gini toh kelakuannya anak2 hos2an
        ga jauh beda sama cysierus berancus
        untung ini bukan di kaskus
        kalo dikaskus udah dikasih bata mpe dua bar lebih tuh

        Like

  71. Jangan2 sdh dikondisikan sblmnya kang..keluaran 2007 tp ga prnh dipake..km dibawah 50.000..jd bgt di bongkar kelihatan kinclong..umur jg msh 7thn sdg megapro kang Iwan sdh 8thn msh juozz..brrt bagusan megapro dong..

    Like

    1. ukurannye bkn taun tong tp jrak tempuh yg ada di speedometer

      oya? mna bukti nya klo megapro dlem nya msh kinclong?

      klo kyk gtu mah mntan rx-king gue jg bisa, dr taun 1986 lagi

      ckckck

      Like

      1. Tapi bener bro ada yg kinclong kebanggaan honpret,.
        Tutup Tangki jendulnya,.

        Ekekekeke,.

        Like

  72. Ironi Diasil + Fogging Piston :
    – Segmen Bebek+Matic membuat harga jual kembali ancuurrr
    – Segmen sport, kok malah takut nyentul??

    Jadi untuk apa sebetulnya diasilit+fogging??

    seandainya Silinder/Piston Honda berkerak 5 tahun ke depan, cukup bawa ke AHASS, overhaul biaya 200 rb kembali kinclong

    Daripada beli Yamaha dgn Diasilit + Fogging Piston, 5 tahun lagi depresiasi 50%, rugi jutaan rupiah

    😆 😆

    Like

  73. Rx Kingq wis tk dol ket iko, Satria Hiu & Tigor jg…
    Zaman udh brubah, teknologi jd udh brkembang.

    #msh ngiler Kawak… Tp yg ZX 636 ^,^

    Like

  74. Percaya bgt kang, apalg yg ngerti Material dan Metalurgi.. Cuma kok gak di kasih liat sekalian kondisi head, noken sm klepnya? Klo sekalian dikasih liat trus kondisi minimal msh 75% itu makin mantab..

    Like

  75. iklan ini dibayar brpa….. om iwb?

    silinder dinidng pasti kinclong selama ngak baret
    dilihat pakai mata mah ngak guna
    coba di ukur dah7ulu diameternya dari atas kebawah

    Like

  76. Sampe segininya buat nerangin ya….
    Mang banyak yg oon ga ngerti kalo cuma diterangin pake omongan

    Like

  77. BUSYET. 8 tahun megapro masih bisa 115km/jam?mantab

    Mas IWB pake oli merk/jenis apa dan kekentalan berapa kok performanya bisa tetap di puncak dalam waktu lama gitu?

    Trus mas IWB kalo ganti oli berdasarkan waktu atau jarak? Kalo berdasar waktu setiap berapa bulan? kalo berdasar jarak setiap berapa km?

    bagi2 dong tipsnya. ane ingin motor ane awet juga ni mas. hehe
    thank u.

    Like

  78. r15 mw kluar, sesaat setelah rrmono udah keluar.
    beritanya nya footsep kawasaki protol, ama ngomongin keuntungan diasil.

    tak sengaja kah??

    Like

  79. enaknya diasil cylinder itu ya tahan baret, gesekannya lebih minim, digeber terus2an diputaran tinggi juga aman dan jarang ngebul, blok silindernya juga jadi lebih ringan, ditambah lagi ada forged piston, kompresi tinggi aman, kuat tapi masih ringan,

    Buat upgrade jupiter mx, blok set vixion udah pilihan paling tepat banget dah, kalo pake blok biasa mah durabilitynya ga sebaik diasil

    Like

  80. motor yg tanpa diasil+forged.p banyak yg uda tembus 99999 balik 0 lg…. masih bisa ngacir tuh… ga usah lebay lah… hhhhhhhhh suzuki pake bahan NIKASIL //scem jauh lbh tahan banting mesinnya… tp ga koar2…

    Like

  81. kalo yg tahun 2007 mank ok kang, coba yg keluaran terbaru, ada tuh di oto plus.. setelah dicek ternyata dindingnya kasar.. luaran sih dibuat apik dan upgrae tp dalamnya malah di downgrade.. mhn dicek mas britanya sy lupa otoplus volume brapa.. trims

    Like

  82. HOnda KarismaX 2004 punyaku juga sdh menenpuh 100.000 km lebih mesin masih ajib blm turun mesin …. yang penting servis+ganti oli sesuai anjuran

    Like

Leave a comment