Kawasaki Ninja150rr discontinue. Gimana dengan sparepart-nya??…

wpid-460-x-110.jpg image

Banyak pertanyaan dilayangkan keIWB atas kabar dihentikannya produksi Ninja150RR perbulan Juli 2015. Walau KMI mengungkapkan ingin menjual secara beriringan…regulasi Euro3 akan memaksa mereka membatalkan rencana tersebut. Nah…pertanyaannya, gimana kelangsungan sparepart jika itu terjadi??….

uk460x110460x110-ok

Tidak jelas…apakah hanya Ninja150RR yang didiscontinue. Namun mengamati basis engine yang begitu identik…dipastikan Ninja 150 naked juga mengalami nasib sama. Hal ini bisa kita kutip pernyataan petinggi KMI yang diulas beberapa media online tanah air bahwa mesin 2 tak yang dihapus….tidak pandang varian. Untuk itulah mereka menghadirkan Ninja250 Mono plus naked 250cc teralis sebagai successor sang SuperKips engine. Terus gimana dengan nasib Ninja 150 yang berada dijalanan?. Gimana jika ada komponen rusak dan harus diganti??….

Nah…jika itu betul terjadi, tidak usah kuatir. Rata-rata pabrikan Jepang mempunyai standar jangka waktu 10 tahun pasca discontinue. Artinya…sparepart harusnya tetap diproduksi hingga 10 tahun kedepan. Hal ini pernah dilakukan Yamaha setelah menyetop produksi RX-King. Makanya jangan heran sang kobra masih melenggang lalu lalang dijalanan. Memang..tiap pabrikan mempunyai kebijakan berbeda. Apakah Kawasaki juga mempunyai standart sama dengan Yamaha?. Nah…perkara ini kudu ditanya saat sudah masa stop nanti. IMHO ora usah kuatir brosis. Pabrikan besar pastinya bertanggung jawab koq :mrgreen: ….. (iwb)

222 thoughts on “Kawasaki Ninja150rr discontinue. Gimana dengan sparepart-nya??…

      1. makasieh om IWB dah di buatin artikel nya. :v
        gara_gara mono jadi pada galau. :v
        sukses slalu.

        Like

      1. Weh, ada om marwoto, piye urusan e dgn pembokat sebelah? Wis di cek fisik?? Ati2 di gerebek warga om 😀

        Ngoahahhaha

        Like

  1. Wah… Padahal si ninja 150 ini satu-satunya motor 2 tak yang masih beredar sampai 2014 sekarang.. Konco se angkatanne koyo NSR, TZM, RGR dah pada pensiun, si ninja masih bertahan.. Dan ‘jambakan setan’nya ra bakal ditandingi RR Mono 4 tak 250 cc 1 cyl.. Setuju ra kang iwb?

    Like

      1. dahsyat di power,tapi lemah dalam eksistensi.
        Yg dibutuhkan disini eksistensi,dimana berisi kumpulan kemampuan. Ya kencanglah,iritlah,ramah lingkungan lah,dll.

        Like

      1. Klo mongtor nya om marwoto emg gk prlu gnti spare part om, soalnya kan tu motor gk prnh jalan.. Gmn mw jalan wong tangki nya bocor molo… Jd trpaksa di rongsokin di rmh 😀 ngoahahaha

        Like

    1. wooo…. bocah gemblung iki kang.. 🙂 ga perlu ganty spartpart 🙂 sekalian ae mar turing tanpa oli ngeh :mrgreen:

      Like

    2. wooo…. bocah gemblung iki kang.. 🙂 ga perlu ganty spartpart 🙂 sekalian ae mar turing tanpa oli ngeh :mrgreen:

      Like

  2. IMHO ora usah kuatir brosis. Pabrikan
    besar pastinya bertanggung jawab koq ….. (iwb)

    ==============================

    Kaya’a ane tau ini mas iwan nyindir siapa ..

    Bajaj yah contoh’a??

    Wakakakakaaaaa ..

    Like

  3. yaelahhh kanggg kayak gatau pmerintah ajeee

    dulu ribut euro 2 smpe king disuntik mati, sekarang faktanya? noh pd balik lg pke king ckckck

    onderdil 2tak mah gmpang, liat noh vespa n rx special yg rata2 pke tukang ayam

    masih bsa jalan tuh 😆

    Like

      1. Itu kan vario nya lagi di test ride sama kambing om.. Kan ntr yg make gerombolan kuambing… Ngoahahaha

        Like

  4. “Sekarang kan kita masih akan menjual Ninja RR 2 tak sampai Juli 2015, paralel dengan penjualan Ninja RR Mono. Setelah itu baru Ninja RR
    discontinue,” ujar Assistant Marketing Division PT
    Kawasaki Motor Indonesia Shimada San.
    “Komitmen kita sparepart Ninja RR akan kita
    sediakan sampai 10 tahun. Jadi kalau discontinue
    Juli 2015, maka akan kami sediakan sampai
    2025,” lugasnya.

    yang bener 2014 agustus atau 2015 juli stop produksinya ?
    jangan khawatir untuk teman” yg memiliki tunggangan ninja 150 rr spare part kawasaki menjamin sampai 2025… selepas tahun 2025 pun mungkin sparepart masih ada tp mungkin agak susah..

    Like

      1. ya gitulah..FBY kan jago koar2nya doang.. gilliran beli motornya tetep aja balik ke honda :mrgreen:

        Like

    1. akan melegenda dan akan banyak di cari orang setelah discontinue.. karena sensasinya serta membawa image kencang dan ini bukan motor sembarangan ini si jambakan setan.. 😀

      Like

  5. Heran sama si Kemem Gaim nyenggol gw terus. Jadi mulai lg kan mainin pembokat kesukaan si Kemem Gaim. Padahal gw mau comen beneran.

    Like

  6. Untung saja saya tidak punya Ninja 2 tak,jadi pikiran tenang dan tidak khawatir. Dipastikan sebentar lagi harga Ninja 2 tak akan anjlok dan nyungsep. Ayo siapa yang punya Ninja 2 tak untuk segera menjualnya sebelum banyak orang yang tahu berita ini.

    Like

    1. gilla lu ndrooo.. beruntung yg udah punya ninja, motor legendaris yg kencang apa lg belinya baru dari dealer jossss.. kasian yg belum pernah ngerasain ninja sekarang tidak akan bisa beli baru gress dari dealer.. dan kalau mau beli baru pun sekarang ninja nya udah jd 4ketuk bin lemoot.. jambakannya berubah jadi jambakan bini karena muahall 40jt an tahun depan udah pasti naik jd 44jt tuambah muahall.. 😀

      Like

  7. biarpun spare part msh d produksi tp harganya kang…tambaaah naik pastinya..naiknya gak kira2..*pengalaman

    Like

  8. Yang 4 tak aja sudah ada yg discontinue masa 2 tak masih mau idup terus…..seiring waktu memang sudah harus bye-bye dengan mesin 2 tak….

    Like

    1. siiip.. pertahankan kalau jd discontinue ninja rr akan menjadi legend motor kencang dan saya bangga punya ninja RR..

      salam super kips

      Like

  9. Turut prihatin yang enggak pernah punya ninja 2 tak.. serasa pake rok mini di atas motor tangki besar.. salam super kips..

    Like

  10. dari awal pak Eko wis ngomong “mo ngebut dimana?” maka itu di kasih 5spit. mending engkole dicopot ae ganti gir no 6. lagian engkole yo ra guna… opo nmbah 300ewu gen entuk gear 6… mosok fu dilawan R15 indoprix koplak..

    Like

  11. belum tentu dijamin KMI loh mas..

    lihat saja AR125, begitu BinTer tutup ya mampus dah suku cadangnya.

    nasib berbeda dengan Merzy 200, karena motor ini produk global di Eropa masih banyak sparepartsnya,di Jogja pun masih ada toko jual spare partsnya yang ori tempatnya di EKO MOTOR (bukan punyae Eko Prabowo wkwkwk) jalan Katamso

    tapi ya harganya relatif (bisa dibilang mahal tapi bisa juga murah kalo dompetnya tebel),kalo udah hobies berapapun tetep dibeli

    Kasus yang sama dengan Honda NSR (R dan RR), meski sudah diskontinyu AHM sejak 2002, spare partsnya pun masih banyak di bengkel spesialis,cuma harganya gelap.

    malahan tahun 2013 kemarin di Astra Jombor Jogja ada yang order parts NSR masih dilayani.

    Like

  12. smoga sparepart mash ada,mash suka ama suara knalpotnya khas banget.klo maslah speed, cbr ama vixi or r15 sudah pasti dkentutin..
    klo ngga..
    rr gw harus dlego ganti ma si mono 250

    Like

  13. asiikk di stop produksi.. jd populasinya sedikit dan jadi langka otomatis gak pasaran prestige jd meningkat.. josss

    Like

  14. biarpun rr discontinue..
    tp tu motor bikin puas banget ga pernah ngecewain.gw rasa rr adalah motor 150cc paling smpurna dari mulai body ampe speednya ga da cacat
    beda ama motor2 yg suka omdo gede doank.. tp melempem

    Like

    1. Apalagi velgnya om… Enkei Palang 3 ring 17… Velg plg manis utk kelas sport kecil… Klo utk bebek ya fizr… Smp skrg blm kesampean mw beli velgnya…

      Like

  15. naik ninja 2tak, sensasi tarikannya enak luar biasa, jauh dengan mesin 4tak yg bergetar.

    persentase motor 2tak hanya sedikit di dunia, alasan udara polusi, yang benar tuh kebakaran hutan sama letusan gunung yg asep pogingnya beracun, berbahaya sampai beberapa kecamatan, bikin sesak nafas. kalo asep ninja 2tak,,,,, asepnya gak seberapa toh.? euro 3 sepuluh tahun kemudian ke euro 4 aturan makin ketat.

    Like

  16. naik ninja 2tak, sensasi tarikannya enak luar biasa, jauh dengan mesin 4tak yg bergetar.
    persentase motor 2tak hanya sedikit di dunia, alasan udara polusi, yang benar tuh kebakaran hutan sama letusan gunung yg asep pogingnya beracun, berbahaya sampai beberapa kecamatan, bikin sesak nafas. kalo asep ninja 2tak,,,,, asepnya gak seberapa toh.? euro 3 sepuluh tahun kemudian ke euro 4 aturan makin ketat.

    = = = = =

    emang lo bisa nyegah gunung meletus?

    Like

    1. euro3 = aturan emisi, maksudnya hanya membandingkan dampak polusi alam yg besar dibandingkan polusi motor 2t yg tidak seberapa mzbroo. sama dengan aturan penggunaan AHO, yg menyebabkan bohlam sering putus. aturan tsb cenderung merugikan..?

      Like

  17. Tenang tenang masalah spare part ntar taun 2025 bakal ada mesin waktu kalo udah jarang tinggal berangkat ke masa lalu bersama doraemon hahahahha

    Like

  18. @kremesk
    kalo jadi beli kagak bakalan kecewa sama sensasinya
    jambakan maut… tenan!
    dibandingkan produk y sama h, gak ada apa apanya…
    produk y dan h cuma gampang 3snya

    Like

  19. peduli amat, yamaha L2 super yg sport 2 tak jaman kompeni masih bisa cari knalpot orisinilnya, hehehe… silinder juga ada,
    tapi kawasaki binter susah,
    moga aja ninja aman onderdilnya mengingat populasinya banyak.
    vespa 2 tak aja yg gak ada bengkel resminya masih aman sentosa (setelah runtuhnya DANMOTOR)

    Like

    1. punya bengkel ya om, gue nitip 1 aja lg nongkrong simpanan di gudang vespa px 150. kasihan udah gak pernah diajak jalan2.

      Like

  20. Sy, selain bukan biker sejati…juga hampir gak pernah naik berbagai sprot 2 tak selain rgr150 dan rxking.

    Temen sy yg mantan pemakai sprot 2 tak…yg skrg pemake moge dan bukan pemakan merk…suka bilang ke saya “mesin 2 tak itu gak tahan atau gak awet bila sering dibawa geber2 terus….kalo 4 tak jauh lebih tahan.”

    Sy gak tau bener atau nggak krn bukan penggemar 2 tak..dan gak nyari info soal itu….so sy cuma dengar aja.

    Like

  21. Oh hiya…fbh juga sering discontinue nickname2 nya…..terutama setelah kalah debat atau kepleset ocehannya dan jadi bahan bully.

    Cuma fbh2 yg lebih uoon akut kayaknya lebih tahan banting….yg ini susah discontinue krn paling bebal. Sy aja paling males ketemu begini….kalo sy reply nih jenis fbh bisa2 org yg sekedar lewat gak bisa membedakan mana yg uoon. So…nggak bijak meladeni fbh uuoon akut…bikin turun derajat.

    Like

  22. Ninja 2tak gak ada matinya kang.. Sensasinya gak bakal ditemukan lagi di motor baru dgn CC 150-250.
    Liat tuh ninja 150R dari awal muncul bentuknya sampai sekarang gak berubah,, gak kelihatan motor model tua..
    Rangka twinspar aka deltabox, ninja R udah pakai twin pipa kotak, & RR pakai pipa bulat.
    10th lagi masih bisa bersaing dgn motor2 model baru.
    Jambakannya gak ada yg nandingin “kecuali motor2 sport jaman dulu RGR NSR TZM”

    Like

  23. Ketoke sparepart bukan masalah deh. Lha wong RXZ ku wae ket saiki isih urip kok. Huahahaha.
    Tapi nggo bagian mesin tok lho yo. Mbuh nek asesorine.

    Like

  24. Jakarta – Setelah Kawasaki Ninja RR Mono sampai ke tangan OTOMOTIFNET.COM, sesi test di atas dynometer jadi yang pertama dilakukan. Yup dengan alat ini, tenaga on wheel bisa diukur. Makanya tesnya dilakukan dengan dynamometer Dynojet milik Sportisi Motorsport.

    Hasilnya, dyno menunjukkan jika power Ninja RR Mono tembus 24,54 dk/9.900 rpm. Bila dibandingkan dengan dua saudaranya Ninja 150RR 2-tak dan Ninja 250FI 2 silinder memang Ninja mono paling kecil. Ninja 150RR 2-tak punya power paling besar, 26,38 dk/10.250 rpm ditempel Ninja 250FI 26,21 dk/10.800 rpm.
    (otomotif net : Komparasi Power Ninja RR Mono Lawan Ninja 150RR dan Ninja 250FI)

    Like

  25. Kalau ninin 150 aja sering dibilang jambakan setan…jadi motor bisa lari 300km/jam ky moto gp apa dong namanya?? Setan jambak jambakan kali yakkk….:D

    Like

  26. untuk penggemar 2tak yang udah euro 3 masih ada GASGAS, KTM dan
    HUSQVARNA motor eropa. di komunitas motor adventure banyak yg pake, tp harganya premium

    Like

  27. secara logis, kalo punya mtr hondut di rumah tp dia fby, jelas jelas dia tau kualitas bukan KUANTITAS, , hidup honda federal ,ngahembex jualan rosok aja. . .

    Like

  28. Baguslah kalao disetop produksinya, aku sih ga masalah motor ini sering nyalib motor aku, cuma masalahnya bau sama ngebulnya yang aku ga tahan, apalagi pas macet dibelakang motor ini.

    Like

  29. rx king kn bnyk dipake jual sayur n ojek, jd wajar yamaha msh produksi sparepartnya….motor boros n berisik…minim tekhnologi

    Like

  30. Ninin gw j d tawar mulu sm temen,gw ogah jualnya..calon barang langka nih…goo si merah…red bumble bee..treeeeeeeng..woh ada juragan ikan…libaaaas

    Like

    1. Alamat mau diburu bro, kayak kasusnya rx king yang berjaya di jogja sekarang. harga lebih tinggi daripada megison atau tigri tahun yg sama

      Like

  31. Bang,aquarium saya kq buthek mulu ya?ikan koi nya berak mulu nympe cape ngurasnya 2hari sekali nguras…

    Like

  32. Ga pa2 bang cm brdua jg lbh bagus yg lain udh pd finish pertamax,kita brdua yg msh ktinggalan jauh..hehe

    Like

  33. ngga sih,d kasih gelembung doang..br coba2 nih msh nubie..kl ikan manfish makanannya apa?kq d kasih pelet g mw makan ya?

    Like

  34. kadang mampir k warung sampean tp gak komen..hehe..msh nubie tentang dunia ikan..ydh ntr kl mampir ninggalin jejak..

    Like

  35. 161. Ghooz – Februari 21, 2014
    kadang mampir k warung sampean tp gak
    komen..hehe..msh nubie tentang dunia
    ikan..ydh ntr kl mampir ninggalin jejak..
    …….

    ok bro. search aja, siapa tahu ketemu sama apa yg anda butuhkan

    Like

  36. Sebelum 2 tak hilang mjd 4 tak, sebelum jambakan setan mjd jambakan bini…
    Sy mw tanya Mas, ini Ninja SS taun berapa, warnanya oke banget, merah apa orange ya?
    Oh ya, kenapa web KMI blm apdet Ninja 2 tak Striping baru? Suwun…

    Like

Leave a comment