Apakah Kawasaki Ninja 250SL Mono menganut sistem AHO??…..

460 x 110 rev

Ninja 250SL monoBro dan sis sekalian…apertanyaan dilayangkan keIWB via message atas status saklar Ninja 250SL Mono. Hal ini menanggapi studio foto yang pernah IWB posting sebelumnya dimana gambar terlalu kecil dan tidak terdeteksi secara jelas. Ada juga berkeyakinan….dari gambar low res tersebut…..sang kuda besi belum Ber-AHO alias dibekali switch saklar pemutus. Nah…sebenarnya mana sih yang benar??….
GT125460x110-ok

Sebagai global model….kemungkinan terjadi perbedaan spek tiap negara memang terbuka. Seperti diIndia contohnya. CBR250R disana masih dibekali saklar pemutus lampu utama alias tidak AHO. Kondisi ini berbeda ketika dibawa diThailand, Indonesia atau beberapa belalahan negara lain yang memberlakukan regulasi lampu menyala disiang hari. Disana biasanya pihak pabrikan menghilangkan saklar secara permanen. Nah…terus gimana dengan Ninja 250R Mono yang dirilis kemarin??….

Kebetulan IWB jepret bagian stang….komponen perkomponen. Dan ditemui kepastian bahwa sang fairing memang sudah menganut sistem AHO. Monggo intip bagian kiri….kita akan temui tuas lampu dekat dan jauh (low & high beam)….sein serta klakson (horn). Sementara disebelah kanan…..terdapat saklar engine kill dan starter saja. Artinya….Ninja 250SL Mono absen saklar pemutus lampu utama alias menganut Automatic Headlight system atau AHO. Nah…wis gamblang to. Semoga bisa menjawab rasa penasaran…(iwb)Ninja 250SL mono Ninja 250SL mono

133 thoughts on “Apakah Kawasaki Ninja 250SL Mono menganut sistem AHO??…..

      1. OOT… pasang mata & telinga mas… nunggu munculnya RRMono versi naked… kebayang berorotnya frame dengan warna merah yang terekspose…

        Like

  1. Mayoritas pemilik motor lebih suka yang ada sakelar lampunya. AHO itu bukan teknologi, justru pengurangan fitur. Pandai2 aja lah bwa motor di jalan dan tau kapan saatnya menyalakan lampu.

    Like

    1. niru negara lain yang sudah DRL tapi saking pelitnya ATPM alasan DRL led mahal yang murah saja lah apa itu m-AHO WhatTheF**k!

      Like

  2. Sebenarnya gak ada gunanya nyalain lampu siang hari kalo malem itu wajib entah kenapa pabrikan gk memberi pilihan konsumen……trus knapa kalo mobil gak ada AHO

    Like

    1. Katanya sih karena sepeda motor itu ukurannya paling kecil kalau dijalan raya, jadi supaya motor bisa tetap terlihat maka dianjurkanlah supaya menyalakan lampu sorot (meski pada siang hari). Sedangkan mobil, karena ukurannya lebih besar dan gampang terlihat maka gak perlu nyalain lampu.
      Ini dijadikan alasan atpm untuk menghilangkan saklar on-off, jadinya ya gitu deh, melotot melulu, siang maupun malam gak peduli ditengah pasar atau lorong/gang hehehe

      Like

    1. Saya udah tanya pada staff yang ada dilokasi harganya confirmed disebut 39,9juta OTR Jakarta untuk non ABS. Yang ABS lum tahu. Tapi herannya siJepun malah masih bungkam….

      Like

      1. Wih joz bener harganya 😀 Kemaren ane iseng nanya2 ama mimin di fan fb nya ni rr mono, katanya sih udah bisa dipesen kang. Terus ane lanjut lg nanya yg versi naked katanya lg proses test kang. Juoz tenan 😀

        Like

  3. Kita berada di lingkungan sejajar dengan garis khatulistiwa, sudah di pastikan kita tidak memerlukan aho, kita bukan di eropa, cuacanya sangat jauh berbeda, kita tidak mengenal adanya kabut di setiap musim dingin, karena kita gak ada musim dingin, jadi untuk apa aho ?
    Selama rider di depan masih keliatan jelas, emank di eropah sono cuaca berkabut dan di perlukan lampu aho/led untuk mengetahui keberadaan kita.
    Peraturan tak tentu arah sok mengikuti gaya eropa sono.
    Bodoh !

    Like

    1. Wah, ente tinggal di daerah dket laut ya om? Banyak daerah kok yg pas pagi dan menjelang sore kabut suka turun… Indonesia kan banyak pegunungan… Cb deh ente blayer2 ke tempat2 pegunungan… Cnth plg dket dr jakarta ya daerah puncak…

      #tp ane akui yg ma-ho (manual headlight on) lebih bagus

      Like

    2. Duh jangan terkotak gitu dong pikirannya…AHO itu bukan untuk melihat ke depan, itu salah, AHO itu justru buat kendaraan yang didepan bisa melihat kendaraan di belakang melalui spion dengan lebih waspada, itu tujuannya. Hanya dengan melihat sekilas ke spion si pengemudi akan aware ada kendaraan lain (dalam hal ini motor) di belakang/ sampingnya bahkan dari kejauhan…

      http://kobayogas.com/2014/02/17/pojok-test-ride-ducati-diavel-2013-the-beast-yang-nyaman/

      Like

      1. Asyem nih mas iwan gak ikutan. Padahal kalo kalo maen urat kayakya mas iwan lebih garang.

        Like

    1. ninja mono punya jambakan juga tapi bukan jambakan setan tapi jambakan hantu karena karakternya lumayan padat pada putaran rpm bawah hingga menengah dan selanjutnya ngeden.. sepertinya mirip dengan klx.. 😀

      Like

  4. Eh pgn nanya nih (serius), klo misalnya headlamp pk projie, trus klo pas siang cm nyalain angel eye/devil eye kira2 kena tilang gk yak?? Mohon di komeng dong, soalnya ad silop yg ngomong enggak dan ad yg blg kena… Klo ad yg pny akses ke petinggi silop tlg ditanyain dong… Atau klo Kang IWB berkenan, tlg dibahas dong…

    Like

    1. Tidak ada aturan baku perkara lampu yang udah dimodfikasi sebab disana hanya ditekankan menyalakan lampu utama disiang hari. Nah…karena ketidak jelasan itulah yang membuat petugas kadang beda persepsi antara satu dengan lainnya. Alhasil main babat aja…

      Like

  5. Kalau mau adil mestinya konsumen di beri pilihan mau AHO atau enggak. Atau pabrikan menyediakan parts yg bisa dipasang dan dibeli oleh konsumen…..Honda, Yamaha denger gak? Jangan pura2 budek ya….

    Like

    1. Untuk vixion series bs pake saklar pny old vixion om yg msh ma-ho…. Bhkan ada bbrp cb150r n verza yg dimodif pk saklar ov yg msih ma-ho (manual headlight on)

      Like

  6. kenapa motor 250cc koq gak ada yang menganut sistem kunci SKS ya ?
    kalo sudah brojol semua motor 250cc yang galau bukan si calon pembeli saja si penggondol motor pun alias maling juga galau, lawong mainan mereka alias incerannya jadi makin banyak hahahahahaha……

    Like

  7. AHO klo mnrut sya penting tapi bukan untk d indonesia, skalipun kalo pagi brkabut pasti orang jg akan brfikir nyalakan lampu,,

    Like

  8. Untuk vixion series bs pake saklar pny old vixion om yg msh ma-ho…. Bhkan ada bbrp cb150r n verza yg dimodif pk saklar ov yg msih ma-ho (manual headlight on)

    Like

  9. Buat opo sih AHO.. Malah bikin silau aja.. Udah panas, malah ditambahi AHO.. Peraturan paling geblek

    Like

  10. koyone ane sulit nie punya si-ijo kecuali mongtor yang ane punya dinjual semua. masalah AHO ada perasaan gak enak kalo masuk gang nyang banyak orang nongkrong,beruntung helm-in ane lampu Dim-nya mati,jadi kalo lewat gang, ane pasang diposisi Dim,jadi tengtrem nie hati. intinya ane setuju ama Wuzzzz_Wissss eh maksut ane Wuz tidak AHO.

    Like

  11. di pekanbaru pasti berguna banget nih AHO,,,

    wong saban hari para perambah hutan dan para petani sawit dan pengusaha sawit pada mbakar hutan,,,, akibatnya,,, kabut di mana2,,, 😆

    Like

  12. 40. Jokondokondo – Februari 17, 2014

    kenapa motor 250cc koq gak ada yang menganut sistem kunci SKS ya ?
    kalo sudah brojol semua motor 250cc yang galau bukan si calon pembeli saja si penggondol motor pun alias maling juga galau, lawong mainan mereka alias incerannya jadi makin banyak hahahahahaha……
    ================================================
    biasa om,,,, pabrikan,,,, agar nanti bisa untuk facelift versi berikutnya,,, 😆

    Like

  13. 36. Edi Slamet Riyanto – Februari 17, 2014

    dgn lampu menyala di siang hari memperjelas keberadaan/posisi motor, tapi menutut ane siang hari cukup city lamp saja yg nyala.
    ==================================================
    kagak bisa disamain semua rider bisa nyalain city lamp om,,,
    kalo tuh rider tinggalnya di kampung plosok jauh,, sangking jauhnya kagak terdata di google maps… pasti kagak bisa nyalain city lamp,, 😆

    Like

  14. walopun kang iwan kagak ikut ngetes ninsentulll,,,,

    ane doain,,, semoga kang iwan di titipin ama kawak nih ninja jomblo untuk di test harian,,,,, 😀

    * setuju,, apa setuju,,,,,, ??????????

    Like

  15. 56. paman sam – Februari 17, 2014

    sistem keamanannya gimana neh mas??
    Balas
    =======================================
    mungkin ada security nyang jaga 24 jam om,, kayak di komplek ane,,, 😆

    mungkin lho ya,,, 😆

    Like

  16. buset pas spyshoot ane kira yamaha, ternyata kawasaki, soalnya materialnya mirip2 yamaha, masa ini kawasaki lokal???

    Like

  17. 58. kupaw 9 – Februari 17, 2014

    buset pas spyshoot ane kira yamaha, ternyata kawasaki, soalnya materialnya mirip2 yamaha, masa ini kawasaki lokal???
    =====================================================
    wajar lah,,, kawak disamain ama yakampret,,, soalnya mirip sih,,, apalagi kalo diliat tutub tengkinya,,, 😆

    yang kurang ajar itu kalo produk KMI disamain ama produk Ahmpret,,,, 😆

    Like

  18. ..sang kuda besi belum Ber-AHO alias dibekali switch saklar pemutus

    mas… menurut ane kebalik ni kalimat karena AHO adalah kemunduran teknologi bkn merupakan teknologi baru.

    saklar on/off itu kan suatu teknologi yg memudahkan kita menghidupkan dan mematikan, jadi tanpa saklar on/off brarti kemunduran teknologi.

    seharusnya “apakah sudah bersaklar on/off” bukan “apakah sudah (m)aho”

    Like

      1. ane c g masalah ahonya bisa dimodif ini.. tp yg masalah pembodohan otomotif scr beramai2 dgn mengatakan bahwa aho adalah suatu teknologi… prett ah. apa susahnya mutusin kabel switch trus sambung langsung (by pass) jadi aho.

        saklar on/off adalah teknologi, aho = membuang teknologi.

        Like

  19. nunggu setahun kalo ok gak ada trouble ane boyong 1 dah, sekalian nunggu yang naked, mudah2an harganya gak naik. kl yamaha keknya kemahalan.

    Like

  20. kalo ane aho sih gak masalah, mau irit lampu?? kalo siang pake lampu sorot kalo malem lampu kota gitu aja kok repot.

    Like

  21. KITA TUNGGU NIH KEKUATAN MONO 250 DI KEJURNAS 250 CC
    APAKAH CBR.250 …BISA KALAH ,…..APA SIH MONO ….YANG LEMOT
    RAMEEEEEE…..

    Like

  22. 69. pembalap karung – Februari 17, 2014

    pass beam-nya gak ada ya?
    pasang punya megaprok aja yg saklarnya unik. 🙂
    =====================================
    ada om,,, pake jari telunjuk, tuh,,, warna item,,, coba liat lagi di gambar ke 2,,,

    Like

  23. kalo kagak ada FBH,, komen ampe ratusan juga,,, masih aman2 aja,,, 😆

    FBH dah tau diri kali,,, kalo ada artikel mongtor semprot tengki rata,,, rame2 pada ngungsi ke klinik tong pang,,, 😆

    Like

  24. aho bikin lifetime bohlam jadi berkurang. pabrikan angkat tangan kalo udah putus. ga ada garansi pemakaian padahal kadang2 motor baru dipake beberapa bulan. ini mah curhatan ane. mendingan ganti aja jgn aho ganti kebijakan.

    Like

  25. LUAR BIASA !!
    Motor ganteng2 gini dibikin cacad dengan adanya sistem AHO…
    bener2 dungu ide AHO ini…
    motor kok gak bisa dikontrol nyala/matinya lampu depan…

    Kok ya kawasaki ikut2an pake AHO, kirain cuma pabrik pembuat motor bebek aja yang bikin AHO

    Mendingan sekalian Automatic High Beam On aja, biar sekalian langsung BYAR PET TERANG JENGGRANG… semua jadi terang, semua jadi silau… ha..ha..ha.. jadi biar super duper maha keliatan kalo tu motor nyalain lampu…

    Saya rasa, orang yang beli motor MEREK kawasaki HARGA 40jt, rasanya pendidikan nya udah pada cukup, orang2nya yg beli rasanya juga udah pada pinter untuk tau aturan kalo naik motor harus nyalain lampu. Supaya selamat dijalan.

    Payah Kawasaki Indonesia… masa pabrikan motor sport tulen yang punya nama harum di Indonesia dan dunia, NGIRIT PELIT CEPIRIT buat urusan 1 biji saklar lampu on/off doang per motornya ?? berapa sih harga saklar lampu ??

    Saya yakin juga para pembelinya sanggup untuk mengganti sendiri, pake uang sendiri, harga pasti juga gak seberapa dibanding harga motor nya, tapi ya kan jadi bikin repot dan nambah2in urusan aja.

    Salut buat ide dungu sepanjang masa AHO… two thumbs down !!

    Like

Leave a comment