Terus waspada karena kondisi gunung Kelud belum stabil….

460 x 110 rev

Gunung keludBro dan sis sekalian….sebagai putra Jatim, IWB senantiasa mengikuti perkembangan status gunung Kelud. Sanak keluarga yang berada dekat lokasi membuat kegundahan yang tidak bisa dihilangkan begitu saja. Btw…setelah Erupsi semalam hingga pagi tadi, kini Kelud sudah sedikit tenang. Namun…berdasarkan info yang IWB kumpulkan…letusan ternyata terbuka terjadi lagi….uk460x120(Gif)460x110-ok

Dari beberapa info yang IWB kumpulkan….letusan semalam masih terbuka terjadi lagi. Ibarat batuk….dahak Kelud belum tuntas sama sekali. Namun…prediksi ini bisa saja berubah mengingat karakte Kelud memang rada unik. Turun naik secara cepat tanpa ada peringatan sejak dini. Sebagai gunung yang pernah memporak-porandakan tanah Jawa Timur diabad 15 atau tepatnya 1586…..Kelud merenggut 10,000 korban Jiwa. Diabad 20…Erupsi Kelud terjadi ditahun 1901, 1919, 1990, 2007, dan 2014. Nah, dari data suguhan letusan…pola Kelud tidak bisa diprediksi. Tidak heran badan PVMBG-pun sulit mendeteksi dengan pasti. Seperti diungkapkanย Gede Swantika diKompas baru-baru ini….

Kelud cukup istimewa, baik dalam risiko bahaya maupun risiko dampak bencananya,” tukasnya dipos pengawasan Desa Sugihwaras Kediri. Menurutnya resiko bahaya Kelud sangat besar. Karena tipe letusan masuk kategori stratovulkan eksplosif. Danau kawah yang berasal dari tampungan air hujan itulah yang berubah menjadi lahar panas saat erupsi terjadi. Periode letusan Kelud durasinya lebih pendek dibandingkan Merapi yang terjadi dalam rentang hitungan bulan, sedangkan Kelud dalam hitungan jam. Bahkan secara volume material yang dimuntahkan, Kelud pernah mengalirkan sekitar 100 juta meter kubik material dari dalam perut bumi (1990). Bandingkan dengan Sinabung kemarin yang hanya sekitar 15 juta meter kubik selama 4 bulan. Karena itu daya rusaknya sangat luar biasa. Terus apakah ada korban jiwa??….

KeludSejauh berita yang IWB ikuti…sudah 2 orang dilaporkan tewas didesa Ngantang-Malang (Innallilahi Wainnalilahi Rojiun). Selain itu…18 orang lainnya hilang. “Hilang belum diketahui keberadaannya, mungkin saja ada di tempat pengungsian tapi tanpa konfirmasi keluarganya,” kata Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, Aprilianto IWB kutip dari liputan6. Karena letusan yang sangat mendadak…proses evakuasi yang sedianya dilakukan diBatu Malang rada terganggu. Proses pencarian masih dilakukan. DiBatu sendiri…pemerintah setempat sudah menyiapkan 12 titik lokasi evakuasi. Wah…semoga nggak bertambah lagi korban jiwa. Amin YRA…

Last...walau sudah kondusif seluruh warga dihimbau tetap waspada. Hati-hati juga untuk brosis jangan berteduh dibawah pohon sebab IWB pribadi dulu pernah punya pengalaman akibat debit dan ketebalan pasir yang nempel diatas pohon dan dedaunan….pohon berusia tua rentan ambrol atau roboh. Yang kedua…jangan melaju kencang ketika berkendara dijalanan berpasir. Resiko dlosor sangat besar saat hard braking. Lebih baik dibantu engine brake agar ban tidak kehilangan traksi saat pengereman. Sekali lagi nyalakan lampu…Solo dan sekitarnya nih khususnya soalnya jarak pandang sangat pendek. Lindungi mata, hidung dan juga kepala dengan protektor lengkap. Kita tunggu sampai sore nanti. Jika semua tenang….insyallah letusan cukup sampai disini. Semoga saja…mari kita berdoa sama-sama. (iwb)Kelud

Advertisements

113 thoughts on “Terus waspada karena kondisi gunung Kelud belum stabil….

  1. tanah kelahiran sampiyan desa banaran itu sebelah mananya ngunut om? jauh kah? soalnya ada saudara yg domisili di ngunut, tepatnya di desa bendiljet.

    Like

  2. antisipasi rantai putus, lumasi pakai oli yg banyak, utk jaga rantai tak cpt kering krn abu, sehabis dipakai segera cuci motor termasuk gir + rantai

    Like

  3. Foto letusan di atas foto letusan dmn pak de??
    Klo di imajinasikan foto letusan di atas ke tangkep 2 gmbr ya, yg 1 gambr wajah yg 1 gmbr lafaz allah ya??
    Apa cma imajinasi q aja ya??
    O.o?

    Like

    • kebiasaan nih, kalau ada apa2 pasti
      larinya begitu begitu ituโ€ฆ
      makanya jadi sering kena teguran..
      klenik klenik, kemenyan2, ada apa2 dikit
      di hubung2 kan dengan ntah apa.
      padahal sbenernya gak ada hbungannya sama sekali.
      kurangi hal2 kebodohan yang berisikan
      spekulasi spekulasi yang akan di benci
      oleh ALLAH,, perbanyak ibadah,
      tinggalkan klenik2, tinggalkan kebiasaan
      yg buruk, perbanyak berdoa kepada ALLAH.. ada cobaan bagi orang2 mukmin yang
      beriman, ada teguran bagi mereka para
      orang2 fasik.. tinggalkan kefasikan, semoga teguran
      berkurang.

      Like

  4. gunung meletus, kebanjiran, tanah longsor, laut yang menyusut sepanjang 1 km di bekasi, hujan dikit kebanjiran, panas dikit langsung kekeringan, tanah retak retak dsb dsb dsb.
    ada apa dengan pulau jawa ?

    Like

  5. Abu vulkaniknya,nyampe ke tempat aQ kang,Purwokerto…tdi pagi aja,ujan+abu…
    semoga yg terkena musibah,,,mendapat perlindungan dari Allah…

    Like

  6. Mari kita berdoa semoga warga disana diberi perlindungan dari Allah.. Ditempatq malang kelihatan cahaya merah sama petir..
    Maaf kang nanya diluar pembicaraan topik ini. Kang iwan berita tentang peluncuran kawasaki ninja hari ini gimana kang?

    Like

  7. wah , kalau saya tinggalnya di dekat gunung merapi kang iwan.. takut sekali karena siklusnya setiap 4 tahun.. terakhir 2010 , dan ini sudah 2014 weleh weleh…

    Like

  8. kebiasaan nih, kalau ada apa2 pasti larinya begitu begitu itu…
    makanya jadi sering kena teguran..
    klenik klenik, kemenyan2, ada apa2 dikit di hubung2 kan dengan ntah apa. padahal sbenernya gak ada hbungannya sama sekali.
    kurangi hal2 kebodohan yang berisikan spekulasi spekulasi yang akan di benci oleh ALLAH,, perbanyak ibadah, tinggalkan klenik2, tinggalkan kebiasaan yg buruk, perbanyak berdoa kepada ALLAH..

    ada cobaan bagi orang2 mukmin yang beriman, ada teguran bagi mereka para orang2 fasik..

    tinggalkan kefasikan, semoga teguran berkurang.

    Like

  9. foto teratas terlihat seperti sebuah tangan raksasa menggenggam tengkorak raksasa hendak binamkan ke dalam kawah yang sedang menyemburkan lava panas…!!!

    syeeereeemmm…!!!

    Like

  10. RiderSilentReader – Februari 14, 2014
    Bom Atom ngga ada apa-apanya Bro dibanding letusan Gunung Kelud semalam.
    =====================================================
    emang gak ada apa” nya, tapi radiasi dari bom atom bisa sampai puluhan tahun efeknya dan merusak sistem gen dan saraf manusia, sampai perubahan genetika, baca donk dampak akibat bom atom dijepang dl.

    Like

    • AR

      Yang ane reply komen diatas itu bukan ngebahas dampak dari ledakan bom atomnya, ane juga tahu broo.
      Ane ngebandingin daya ledaknya, soalnya diatas ada komen yang ngebandingin daya ledaknya.
      Sorry ane ngga ngebahas radiasi dari bom atomnya.

      Like

    • tuh kan ada yg sepemahan lg, mhad q bkn menonjol kan klenik atau apalah itu, tetapi menunjukan kebesaran kuasa allah agar kta seebagai manusia bisa ingat kpa Nya

      Like

      • maksudnya tuh jg samapi kita cuma memperhatikan itu saja,

        sampai lupa pointnya.

        ikan arwana , ato apalah yg ada guratan mirip lapal, dikait-

        kaitkan.

        Like

      • Bro azizi…. sangat mungkin dan siapa yang melakukan skema bahwa semburan gunung kelud akan membentuk guratan dan tulisan Allah SWT…. sangatlah realistis.. dan tida ada seorangpun yang dapat mengingkarinya.

        Like

  11. Iseng2 liatin gambar 1 ehhh.. Pas liat Gambar pertama sereem, kayak ada Wajah dan diatas wajah ada tulisan lafadz ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ู SWT , percaya ga percaya ini :s?? #Pray for kelud ๐Ÿ™‚

    Like

  12. Peringatan Tuhan unt hambaNya,ini baru satu gunung yg meletus..
    Bagimana jika semua gunung di seluruh penjuru dunia mengeluarkan amarahnya,nanti di hari penghabisan,kemana hendak lari sembunyi!!
    Ampunilah HambaMu ini ya Alloh

    Like

  13. Kembalikan kelud kepada pemiliknya. Lihatlah Sekarang ketika anak gunung itu di rebut maka ketika menangis Dan marah maka yang merebutnya hrs menanggung akibatnya (Kediri) termasuk yg menyetujui (gubernur) di Surabaya. Yang membuatkan PETA untuk Kediri yaitu yogyakarta termasuk campur tangan pejabat di jawa barat. Maka Kediri.Surabaya.yogyakarta.jawabarat. sadarlah akibat ulah beberapa orang didaerah ITU rakyat kecil menanggung akibatnya. Blitar di sekitar makam bung karno bersih tak ada satu sendok pasirpun jatuh sebagai bukti blitar adalah IBU anak kelud. KEmbalikan kelud pada blitar sebelum kelud mengulang kemarahannya dalam 40 hari terhitung jumat wage keramat kemarin

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s