Minerva sedang dalam kesulitan serius??….

gp-banner-460x110

img_6471Iwanbanaran.com – Siapa sih yang nggak kenal Minerva. Menggandeng Sach Jerman…pabrikan lokal ini sempat mencuri perhatian khalayak karena sukses meng-kloning CBR150 versi karbu. Pelan dan pasti mereka berbenah hingga mampu meluncurkan produk hasil karya sendiri seperti GTR series, Naked 250,  Megelli 250 dan yang terakhir R150VX plus X-Road 150. Sayang lama tidak ada suara…IWB mendengar kabar kurang bagus khususnya tentang penjualan produk-produknya….uk460x140(Gif)460x150(1)

Kalau sampeyan melihat artikel diberbagai Blog…nyaris nama Minerva jarang disebut. Hal ini dikarenakan minimnya aktifitas serta geliat pabrikan yang bisa diangkat. Link kesanapun seperti stuck…..disconnect tidak bergerak. Namun bukannya tanpa manuver…kalau kita sudi mengintip web resminya…sesekali kita masih lihat aktifitas auto contest. Dan dari sana pula mereka menawarkan discount produk khususnya Megelli 250 Sport, Naked dan MadAss 125…..

Diskon DP bervariasi antara 4 juta hingga 1,7juta. Sementara khusus X-Road diskon mencapai 2 juta. Promo ini hanya berlaku sampai Desember 2013. Nah pertanyaannya….kenapa kabar Minerva seperti tenggelam tanpa suara?. Apakah mereka sedang rehat sebentar akibat beratnya persaingan roda dua melawan produk Jepang?. Mungkin nggak sefrontal itu brosis….

Namun dari sumber kolega IWB…pabrikan yang pernah membuat heboh roda dua tanah air tersebut saat ini memang mengalami kesulitan serius khususnya sisi penjualan. Rumornya….sales jauh dari target yang dipatok oleh pabrikan. Sayang…data angka detil tidak diungkapkan. Hanya informasi penjualan tahun lalu dimana mereka hanya mampu menjual 100 unit saja yang didominasi Minerva X-Road 150 sebanyak 50 unit. Sedangkan sisanya dari Megelli 250 SE dan Madass 125….

Last.…korban dominasi Jepang banyak dinegeri ini. Berbagai merek megap-megap susah bersaing. Yang terakhir adalah Bajaj…..merk India yang nyerah hengkang dari tanah air. Sedang merk Cina….mungkin Minerva yang masih kuat gaungnya. Persaingan bisnis memang kejam. Apalagi jika yang dilawan adalah pabrikan yang telah menancapkan kukunya selama 32 tahun lebih seperti Jepang. Kita tunggu gebrakan Minerva. Semoga mereka mampu bangkit kembali tahun depan…….(iwb)

Advertisements

160 thoughts on “Minerva sedang dalam kesulitan serius??….

  1. sebenernya dari design sich oke…
    sayang kalah nama…
    n dari segi kualitas mungkin orang masih bnyak yg meragukan…
    entahlah…..
    soalnya ane sndiri jga blm prnah coba.. muehehehehe

    Like

  2. Banyak faktor yg mempengaruhi mas,yg pertama kwalitas,yg kedua harga jual kembali,yang ketiga spare part.ketiga hal ini saling berhubungan untuk kelangsungan produk kedepan nya.di tempat sy aja(jambi) untuk mocin yg msh bertahan hanya viar.

    Like

  3. Org indonesia udah kena bius merek H dan Y, merek S aja kmbang kmpis pdhal sma2 dri jepang, untung pnjualan mobilnya msh laris. Kl untk mrek K msh mnang dg mngtor semprotnya, tinggal nggu R25, si ninin kiler.

    Like

  4. @ dugul:
    Wkwkwkwkwkwkwk
    Bener bro,, ini motor nya si MiminLovers…
    Colek gas dikit langsung terbang…
    Sukhoi aja di asepin sama ini mongtor..
    bener2 motor dewa :mrgreen:

    Like

  5. Wkwkwkwk bakal senasip ama bajaj
    jadi ingt tmn gw pemakai pulsar p180 promosi habis habisan dgn sombongnya mbandingkn dng nmp gw, ktnya kuat, kencang, dtsi. Baja india no1 dll. Gk berapa lama dealernya tutup n akhirnya djual p180 8jt, itupun 4 bulan baru laku. N akhirnya dia beli beat fi. Hehehehehehe

    Like

  6. alhamdulilah so far sales sales masih dikit dimari juga team BC,,enak baca kolom komentar,,diskusi sehat,,jgn hina2 merk gak guna,,,pliss

    Like

  7. desain ciamik harga murah tpi kwalitas mesin dan materialnya meragukan…

    Saya lebih suka sportnya TVS apache dripada Minerva xixixixi…..

    Like

  8. Itu x-road mnta tlog d jualin sma kawasaki aja, biar 200ns ad tmenya. Kl g smua mocin dan molok (motor lokal) bersatu aja bkin 1 merek biar bisa brsaing sama pabrikan jepun. Mampukah?

    Like

  9. Dalam dunia bisnis, investasi yang paling mahal harganya adalah kepercayaan pelanggan. uang memang bisa membeli segalanya, mulai upside down, lampu LED, mesin jerman dan yang lainnya. tapi tanpa respect masyarakat terhadap sebuah merk, semuanya jadi sampah. di indonesia, gak ada FB yang dibayar. tapi semua rela perang lidah hingga banyak blog jadi berantakan. di sisi lain mereka loyal, super subyektif dan sedikit irrasional. namun disitulah kekuatan sebuah respect. sesuatu yang gak bisa di”kulak” di supplier manapun. semakin banyak FB dari sebuah merk, semakin besarlah market share yang bisa didapat. ini hanya sebuah opini, namun tidak bisa disangkal, secara obyektif ada motor yang punya sejuta kelebihan, tapi yang laku keras, bukanlah motor terbaik. tapi motor ter-fansboy. pasar diindonesia ndak bisa dibohongi, bagaimanapun sikap fansboisme terbentuk dari kualitas produk dari sebuah merk. para fansboy tidak mendewakan motor remeg bro. para fansboy tetep rasional, tetep obyektif, terkadang jadi double agent yang tiba2 membela merk rivalnya karena merk idolanya nyacat.

    so, minerva bakal perlu waktu yang panjang sejak mereka telah menghancurkan respect para calon pelanggannya, dari awal debutnya di pasar tanah air. dan itu bukanlah hal yang mudah.

    Like

  10. Nama italia bro Megelli.
    Pas tetangga ada yg punya lsg pinjem, dari taman puring ke ciledug jam 5.30 sore hari kerja.
    Tenaga lumayan drpd megapro.
    Sampe tujuan sukses saya ga bs turun dr motor. Bener2 megeli…

    Like

  11. bisnis itu kejam.kaya politik.klo urusan perut ga ada lg rasa toleransi…yg kuat dialah yg berkuasa,ga beda sm hidup dirimba…
    #kl ane mending hidup di syurga

    Like

  12. secara desain minerva ntu baik..tp terkadang menyepelekan hal kecil yg kasat mata dr luar..masyarakat indonesia kini tambah cerdas dalam memilih dan luas wawasan..mereka lebih memilih jaminan produk yg mereka beli..sedikit masukan aja buat minerva,coba berinovasi dengan mesin..jgn cuma tampilan yg wah,coba mesin yg inovatif,paling sederhana pasang 150 dohc watercooling,kualitas mesin setara cbr..tp harga seminim mungkin,jgn untung dulu yg dipikirin,cari nama dulu dan rubah image masyarakat,ikut perhelatan balap tanah air yg disponsori pabrikan,klw perlu datengin pelakon balap liar,kasih pinjem maskot produk yg dimodifikasi abis-abisan..karena mayoritas masyarakat kita,berkiblat pada balap..satria menang liaran dan drag resmi,langsung pada rame beli satria..(cuma contoh)tahun 1990 an suzuki ,menerapkan metode seperti itu..masukan terakhir,pendekatan terhadap variasi pihak ketiga..kan di msyarakat kita ada celotehan,”mending beli mio aja drpd spin…lebih gampang variasi buat show ma balap”saya pemakai minerva r150 2010 dan megelli 250r 2009,sekarang tidak!kenapa??sama mio gress aja malu maluin larinya…ini semata mata kritik dan saran aja agar minerva tetap eksis di tanah air…salam.

    Like

  13. Produsen Minerva jenuh dengan persaingan yg berat di Indonesia, Produsen Suzuki motor juga adem ayem tanpa perlawanan, sedangkan Honda melenggang tanpa halangan. Yamaha hanya mengimbangi dominasi honda, sungguh runyam. Hampir tidak ada yg fanatik dgn Minerva hanya Honda dan Yamaha saja yg mempunyai fb fanatik.

    Like

  14. Ahm=minerva

    Sama2 jomblo silinder

    Sama2 rangka pipa ledeng

    Hihihihihihihihi

    Pantes aja sport ahm buabuakbelur sama sport yamaha

    Hihihi

    Like

  15. Salut wat Minerva ttp survive dlm industri roda dua..

    Sbnr’y klo mrk mau mungkin mrk bisa sdkit maju dgn menyewa jasa sales murahan aka tukang BC sprt warung sblh yg mempunyai team BC yg bertebaran di dunia maya.. :mrgreen:

    Like

  16. pertanyaan sekaligus masukan buat minerva nih..maaf klw ada salah salah kata,,yamaha bikin jupiter,suzuki bikin shogun,honda bikin blade,kawasaki bikin edge yang notabene mereka luncurkan bisa dan kuat dipake balap mana produk saingan minerva……
    Honda bikin cb150,yamaha pede dgn vixion,bajajkawasaki dgn 200ns,suzuki katakan varian fxr..mana produk tandinganmu…..sekali lagi maaf,ini kritik membangun ya…
    Jgn lupa dgn produk lawas…yamaha dgn king,rxz,f1zr…mereka msh ikut balap dan otomatis mendongkrak popularitas pabrik secara keseluruhan,kata masyrakat awam”yamaha ga ada matinye…”contohnya aja knapa generasi gtr ga dibuat versi drag yg digandrungi masa kini?yg otomatis mendongkrak popularitas pbrik Jgn lupa dgn produk lawas…yamaha dgn king,rxz,f1zr…mereka msh ikut balap dan otomatis mendongkrak popularitas pabrik secara keseluruhan,kata masyrakat awam”yamaha ga ada matinye…”contohnya aja knapa generasi gtr ga dibuat versi drag yg digandrungi masa kini?yg otomatis mendongkrak popularitas pbrik Jgn lupa dgn produk lawas…yamaha dgn king,rxz,f1zr…mereka msh ikut balap dan otomatis mendongkrak popularitas pabrik secara keseluruhan,kata masyrakat awam”yamaha ga ada matinye…”contohnya aja knapa generasi gtr ga dibuat versi drag yg digandrungi masa kini?yg otomatis mendongkrak popularitas pbrik Jgn lupa dgn produk lawas…yamaha dgn king,rxz,f1zr…mereka msh ikut balap dan otomatis mendongkrak popularitas pabrik secara keseluruhan,kata masyrakat awam”yamaha ga ada matinye…”contohnya aja knapa generasi gtr ga dibuat versi drag yg digandrungi masa kini?yg otomatis mendongkrak popularitas pbrik sndri??

    Like

  17. Pingback: Kerjasama Kawasaki Bajaj adalah Keputusan Tepat | Suka Roda Dua

  18. Aduh….nasib si mimin sekali colek lsg terbang…bisnis di marih emang kudu lewat fase prihatin… Mental kuat ama telaten…jgn ngarep tahun2 awal untung…nombok wae utk menanamkan kepercayaan konsmen…lawannya udah ngangkangi selama 30an tahun…

    Like

  19. Satu hal yg pasti bikin penjualan minerva anjlok…
    Krn Konsumen roda dua di indonesia paling males coba2 merk yg kualitasX msih gx jelas, mending pilih yg pasti2 az akan lebih bijaksana dr pd harus berjudi investasi dgn masa depan produk yg gx jelas…

    Pasti Kualitasnya
    Pasti Sparepartnya
    Pasti Aftersalesnya
    Pasti Nama Besarnya
    Yg pasti2 seperti Itulh yg bakalan lebih dipilih sm Mayoritas Konsumen biker di indonesia…

    Like

  20. design saya akui bagus.
    seandainya mau kerja sama (skrg kan banyak yg saling gandeng), bajaj aja. waduh, yg ngelirik pasti buanyak.

    jadi design body minerva, sektor mesin bajaj. yah, sekedar membayangkan. 🙂

    Like

  21. Mas Iwan, saya pengguna Minerva R150VX gen 4. Kalo dari rider minerva sendiri sih mayoritas ngeluh nya masalah 3S.
    Spareparts? susah. Memang sih spareparts masih bisa kanibalan, tapi kan ga selamanya kita bisa ngandalin part kanibalan terus.
    Service? bengkel resmi Jabodetabek perlahan-lahan pada ngilang.
    Sales? tahun lalu cuma bisa jual 100 unit, mungin karena calon pembeli udah pada denger dari rider minerva yg lain kalo 3S nya payah, makanya penjualan tahun lalu cuma 100 unit.
    Kalo mau survive, mending fokus benahin dulu 3S nya.. Ga usah nelorin produk baru, asal 3S udah bagus juga otomatis calon pembeli bakal bertambah..

    Like

  22. kalo desain bagus, join aja sama ahm biar ms sport yamaha bisa terjungkal dalam 3 bulan. tapi jangan koar2. soalnya fbh bisa kejang2 , struk terus semaput kalo tahu.

    Like

  23. Coba bung iwb review minerva 150vx nya.. Wak haji aja yg sdh janji buat review lanjutan dr 150vx, blm terbit artikelnya. Pdhl dlm artikel pertama akan ada lanjutan reviewnya..

    Akhirnya sprti saya yg penasaran dg performanya dan minat utk beli, mundur karena bloger papan atas minim memberikan reviewnya

    Like

  24. No comment deh.. Soalnya blm prnh nyoba produknya…

    *Sudah ketetapanNYA klo pabrikan sayap mengepak cm pnter bkin matic
    **Salam 6 detik, Ngoahahahaha

    Like

  25. Setuju, dari segi desain minerva enggak kalah sama produk2 merk jepang. tapi secara kualitas finishing, minerva perlu banyak berbenah. belum setahun lampu udah kuning, body udah pada lepasan, cat udah kusem, mau user yang cuci tiap haripun ada aja masalahnya. footstep geter, mesin kasar, sasis berkarat. cukup lah min, ndak usah jual motor murah. kualitas harga mati di pasar indonesia. kalo ndak mau jual kualitas, balik sana ke cina.

    padahal saya suka banget sama madass, ama GTR150, Megelli, tapi sayang, tiap saya nemu di parkiran motor, minimal kaca spido udah kuning. that explain almost everything. KUALITAS MATERIAL.

    Like

  26. makanya biar ga terlalu rugi,sasis cbr konengan mo dipake ahaem bwt cbr lokalnya….kalo pake sasis asli thai ..wuiiih mo jual harga berapa bro

    Like

  27. Mau eksis di pasar Indonesia bukan dengan jualan motor yg desainnya mirip2 sama pabrikan Jepang tapi isi celah yg gak ada atau belum di isi Jepang.

    Like

  28. kl kualitas terjamin aq yakin bisa bangkit…
    liat bajaj yg nyoba menusuk malah tertusuk krn produknya sediri kurang kompetitif.. hampir semua pabrikan jepang di indo itu produk lokal dgn merk jepang..
    jadi produk indo lbh bagus dr produk india… mungkin…

    Like

  29. tenang sodara sodara…..

    sebenernya permasalahannya adalah…..

    butuh modal dan investasi super besar untuk bisa menancapkan bendera perang di negeri ini… gak boleh nanggung nanggung…

    1. sebarkan dulu dealer dan bengkel resmi, di seluruh indonesia… paling tidak 4 dealer and bengkel resmi di setiap satu kabupaten,, kalo ada 6 kabupaten dlam 1 provinsi.. yo tinggal kalikan saja… muehehehe

    2. harus berani modal untuk iklan di tv, memberikan jaminan kualitas, dan menunjukkan innovasi tehnologi yg di lakukan minerva melalui media tsb..

    dah lah,,, 2 itu aja dulu…

    muehehehehe

    Like

  30. pabrikan macem minerva gini mending cari ceruk pasar yang belum di minati H sama Y . kek motor pengantar galon itu loh. kalok honda udah bikin motor begituan alamat mampus tuh motor macem viar , kaisar dll. tp slama belum why not?
    saran ane mending minerva bikin mesin 80cc buat becak2 di daerah 😀 pasti laku tuh. dari pada becak pake mesin traktor.

    Like

  31. wah sempet minat ma x-road,tp dapat masukkan dari temen motor minerva ga ada larinya ya udh ga jadi.. just info,kabar burung,bajaj akan bangkit lagi dan akan bangun pabrik di indo.. bajaj blum mati sepenuhnya,di jatim aja ada diler bajaj jualan pulsar 200ns.. hayooo… di surabaya loh..

    Like

  32. Yang penting body dan kwalitas beriringan yaitu sama2 bagus ..sy yakin sbnrnya bisa diterima bikers tanah air..apalagi diikuti dg model 2 baru.. krn walaupun mahal tp body n kwalitas jelek.. siapa mau… mending mahal body n kwalitas trjamin.. pst jadi rebutan..sy jg heran kang.. La wong vespa 146jt wae resik tanpo tilas.. mongtor Hrg 2M yo amblas trjual..bikers sejati…

    Like

  33. Hehehehe…. lawong TVS saja yang finishingnya mantap surantap + rapi bngt 11-12 sama Yamaha durable mesinnya juga 11-12 sama produk Jepang tapi hanya gara2 service & spare part yang minus gak bisa bikin goyang pasar produk Jepang apalagi Momon eh Mimin ups.. maksud ane Minerva.

    Like

  34. Siiip;)(y)™Sip™(y);)
    . I ). ( I
    / I. I. \
    /__’,_ ,’___\
    /( __ _)\.. /(_ __ )\
    I( __ _ )). ((__ __ )I
    I( __ _) ). ((_ __ _)I
    \(___ _)/, \(___ _)/
    \ ^_^ /

    _/ \_

    Like

  35. kasian minerva, perusahaanya mau bangkrut,,, makanya kalau mau dagang motor itu yg jujur, dari awal aja sudah bohong teknolgy german, german dari mana??? wong buatan cina, jadi tunggulah kebangkrutannya hehehe……

    penyebap motor minerva bangkrut adalah :
    1. kualitas matrieal mesinnya yg asli buatan cina (kemudian di akuin buatan german dengan modal diketok blok mesinnya), tau sendiri produk cina itu kualitasnya sangat jelek crangcase almuniumnya tipis, jeroan isi dalamnya besi murahan, orang indonesia seneng race and touring, pake setahun juga jebol tuh minerva
    2. suku cadang yg tidak tersedia lengkap di dealer luar daerah, kalau minerva itu jual motor, sediakan juga sparepartnya lengkap, kalau inden sparepart juga seminggu sudah ada jangan setahun dua tahun baru sparepart datang
    3. ngk ada iklan di tv nasional dan lokal gimana mau laku tuh motor, pengenalan sama masyarakat aja ngk ada,
    4. mungkin ngk nyambung tp rada nyambung dikit yaitu tergerus melemahnya nilai rupiah oleh dollar, upah buruh pabrik dan kariawan otomatis naik, jadi semua barang naek, minerva motor import dari cina jadi harga import naik, mampus lah perusahaan karena defisit dan implasi….

    Like

  36. just info > stock motor terakhir minerva, sudah Dilelang .kalau gak salah 400jt an, jatuh nya 1 mtr 2jt…soalnya kemaren sempet ikut lelang tertutup nya cuma kalah .. saya cuma berani di 250jt. pemenang nya org jawa mas sutoyo kalo gak salah. gak tau tuh minerva sebanyak itu mau dikemanakan

    Like

  37. kwalitas ok tp spare part susah di cari sama saja bikin pasaran anjlok dan peminat jarang, kwalitas di ragukan tp spare part gampang di cari pst msh bisa berkembang, faktor ketiga klo bahan bakar nya mahal sapa yg mau beli, penampilan ok tp bahan bakar menguras kantong sapa yg mau…, minerva minerva klo mau laris di pasaran harus jual spare part yg murah biar banyak yg minat dan mudah memperbaiki klo ada kelurasakan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s