Dealer nakal??. Jangan sungkan laporkan kepusat!!…

IWBspeed.com – Bro dan sis sekalian…pernah nggak sampeyan membeli satu part namun banderol melebihi HET yang dipatok pabrikan. Harga eceran tertinggi harusnya menjadi acuan batas atas dealer untuk menjual part ataupun barang yang dipatok pusat. Bagi sebagian besar biker mungkin tidak mempermasalahkan. Tapi jika sampeyan salah satu konsumen yang teliti….kadangkala masih ada aja dealer nakal cuek tidak mengindahkan HET. Seperti yang dialami bro K (sebut saja demikian) berikut ini….

Dear Mas Iwan,

Assalamu’alaikum Masbro, apa kabar?. Perkenalkan ane K, salah satu pengunjung setia Mas Iwan tetapi hanya sebagai silent rider. Oya, Ane akan sedikit berbagi pengalaman mengenai pembelian Part salah satu pabrikan roda dua di Indonesia yakni Yamaha. Seperti kita tau bahwa sudah setaun lebih YIMM mengeluarkan salah satu produk yaitu Yamaha Carbon Cleaner.

Dari awal produk ini muncul ane penasaran dengan ekspetasi yang diulas oleh beberapa media online dan teman-teman Blogger bahwa produk tersebut bisa meningkatkan performa dan tarikan motor jadi enteng, akhirnya pas hari Senin sekitar jam 3 sore kebetulan ane lewat di Jl. Pramuka Jakarta Pusat dan di situ ada salah satu service center Yamaha. Setelah ane tanya produk yang dimaksud ready stock, tapi ternyata harganya dibanderol Rp. 23.000,- beda dengan yang tertera diweb YIMM yaitu HET Rp. 21.000,-. Ane tanyakan kepada kasir katanya sudah naik, ya sudah ane percaya saja toh naiknya ga signifikan…

Tapi ane masih penasaran dengan selisih harga tadi, akhirnya ane coba cek ke web YIMM dan disitu tertera banderol masih Rp. 21.000,-. Disitu juga terpampang himbauan apabila harga melebihi HET diminta untuk menghubungi contact Center Yamaha. Sekitar jam 5 sore dihari yang sama ane coba hubungi no contact yamaha dan diterima oleh CS dan ane sampaikan keluhan yang ane alami dan diminta untuk kirim email bukti kwitansinya. Sore itu juga ane email dan dihari Selasa 3 Oktober sekitar jam 8.44 pagi email ane direply dan diinformasikan akan ditindaklanjuti.

Jumat, sekitar jam 13.30 ane ditelp oleh pihak dealer Yamaha YBS, mereka menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan harga dengan alasan price list terbaru belum mereka terima sehingga mereka inisiatif menaikkan harga sendiri dan ane bilang kenapa ga ambil patokan dari web Yamaha? karena diweb ada HET yang sudah ditetapkan, mereka beralasan  di dealer tidak tersedia komputer. mereka menyampaikan 2 solusi…

Solusi pertama selisih harga dari harga jual dengan HET yaitu sebesar Rp. 2.000,- dikembalikan ke ane, atau solusi kedua yaitu barang yang ane beli dikembalikan dan uang bisa diambil utuh. Ane bilang apakah hanya ada dua solusi itu atau masih ada solusi lain, karena ane liat di web YIMM kalo ada dealer yang menjual part melebihi HET uang akan dikembalikan utuh dan barang tetap menjadi konsumen. Sehingga ane menolak dengan 2 opsi yang ditawarkan pihak dealer.

Selasa sore (3 hari setelahnya),  ane coba hubungi pihak YIMM untuk menanyakan kelanjutan keluhan ane, dan mereka bilang masih dianalisis oleh pihak terkait. Rabu, ane dihubungi oleh pihak dealer Yamaha YBS, mereka menyampaikan informasi bahwa mereka sudah dikontak pihak DDS untuk menghubungi ane dan memberikan opsi uang bisa ane ambil utuh dan barang tidak usah dikembalikan. Mendengar jawaban itu ane puas, bukan masalah uang kembali tapi komitmen Yamaha memang dijalankan dan terbukti….

Hanya ada beberapa catatan kecil dari ane selaku konsumen. Yaitu mengenai kebijakan pusat yang tidak dijalankan sepenuhnya oleh dealer, padahal dealer lah yang langsung bersentuhan dengan konsumen. Serta adanya inisiatif dealer untuk mengambil kebijakan sendiri yang berakibat kepada menurunnya transparansi harga yang sudah dipatok. Namun di luar kekurangan itu ane salut dengan pelayanan dan komitmen yang diambil…..

Semoga bisa jadi contoh pabrikan lain sehingga kepercayaan konsumen akan terjaga, dan selaku konsumen pun kita harus cermat agar tidak dirugikan. Untuk Mas Iwan terima kasih atas waktunya yang sudi membaca  curhatan panjang lebar dari ane. Wassalamu’alaikum Wr. Wb…

Waallaikumsalam Wr.Wb. Juoz tenan sharing infonya. Pengalaman berguna untuk kita semua tentunya. Memang tidak gampang mengatur dealer yang jumlahnya ribuan. Kadangkala pusat sudah menetapkan…bawah masih mbalelo. Yah ibarat negara brosis. Presiden memerintahkan……menteri berani melenceng dan keluar dari relnya. So…langkah bro K sudah tepat. Flow-nya sesuai jalur sehingga keluhan bisa direspon dengan cepat…..

Last…menurut info yang IWB dapatkan…dealer akan mendapatkan warning dari pusat. Yang cukup pahit adalah distopnya harga discount komponen yang berimbas pada menurunnya pendapatan. Tentu saja hal itu cukup ditakuti pihak dealer. Jika tidak diindahkan punishment akan terus ditingkatkan. So…dealer nakal??. Jangan sungkan laporkan kepusat brosis!!…(iwb)

Noted : Gambar hanya ilustrasi (Ikebayoran.com)

dan resmi pada tanggal 4 Oktober 2013 harga karbon cleaner sudah naik menjadi 23ribu (monggo cek website)

123 thoughts on “Dealer nakal??. Jangan sungkan laporkan kepusat!!…

  1. Wat De Fak??? DiYAKAMFRET carbon cleaner harus kredit seumur hidup??? Agagagaga…

    #isuk2 njaring KAMFRET sik gae lawuh sarafan.

    Like

  2. Boro2 kang lapor ,
    malah ane dulu di usir dari dealer gara” mau lapor ke cs yamaha sama salesnya …
    Yamaha emang susah di cash kalau mau beli produk yang lagi laris …
    Ane kaga bc serius gan

    Like

  3. mas..kisah ini sama persis kayak yg kualami 3hari yg lalu….

    harganya juga 23rb
    tp aku di madiun mas

    tp kok dari dealernya ngak dikasih bukti pembelian ya…cuma ditanya nama saja

    Like

  4. Ini fasti ulah FEYEK Cs…Dasar FBY gak tau malu…ente mau ane trunin fangkat jd sales jalanan nyebar brosur???

    Like

  5. kaya udah kehabisan amunisi lebay banget dari yg curhat sampe yg memuat … itu namanya akal2n pengin het gratis pake ribet gara2 uang 2 riburepak ini kayaknya curhatan dari nikname fbh muke tembelek, ktauan krditnya blum lunas jadi duit 2 ribu aja diperpanjang urusanya

    Like

  6. Itu salah satu penyakit bawaan masarakat kita. Bahkan dealer2 besar emang banyak yg melakukan tindakan nakal seperti itu.
    Contohnya tetengga saia kerja di AHAS yg di keluarin gara2 nyunat oli motor..

    Like

  7. @Kobay. Tindakan nyata opo. Wong iku tindakan kepepet or tindakan kongkalingkong. Sing kirim emil yo kryawan yamadut dewe. Huhuhuhu

    Like

  8. Stiap orang yg ngirim surel kbanyakan ngakunya silent rider. . Blum pernah ada yg ngaku sbg komentator setia yg pakai nicname peyek misal. . Hahahaha

    Like

  9. lalu gimana dgn wajib kredit di Y? apakah itu memang kebijakan Y atau semata ulah dealer nakal?
    segitu banyak kah dealer nakal sehingga terbentuk mindset Y wajib kredit, dmn sangat jarang konsumen Y yg berhasil memboyong dgn cara cash.

    Like

  10. klo soal spare part yamaha jagoannya. harganya jelas dan dipublikasikan, dealer berani macam-macam dengan harga siap-siap aja kena semprot yamaha pusat. jadi konsumen yang diuntungkan

    Like

  11. bagus segera ditindak dan dilakukan penertiban.
    tanggapan pusat udah bagus.
    pabrikan lain semoga juga ngikut

    Like

  12. 54. ind – November 29, 2013
    ———————————-
    wkwkwk sampe stiker kepala bison aja ada harganya, kalo gak salah 3000an dulu.

    untung itu cuma carbon cleaner.
    seharusnya bro K juga beli CVT komplit, selisih 1000 rupiah bisa dapet CVT gratisan 😛
    bisa kaya mendadak

    Like

  13. memang dealer YA-KAMPRETT selamanya tukang kibul..
    😛
    😛
    😛
    seperti “contoh Fanboi = korban kibul diatas”
    😆

    Like

  14. koplak tuh sales..otaknya dikit…alasan ga punya komputer lagi…ketahuan di ajarin (orientasi) ngibul konsumen….

    kasihan sama si mas “beruk” jadinya…
    😀
    😀
    😀
    😀
    😀

    Like

  15. semoga opsi solusi komplain itu berlaku juga untuk sepeda motor 😀
    dapat motor, uang kembali penuh, heheheeee…

    Like

  16. Saya dulu pernah complaint ke Yamaha Pusat, soale waktu mau beli cash Jupie MX di salah satu dealer di Surabaya, katanya hanya bisa kredit.

    Like

  17. Aah,sy jg pernah beli oli mesin dengan selisih sekitar 4rb an,dan sudah di laporkan melalui email,dijawab ny malah berkelit ini itu. Males nanggapi ny lg dah

    Like

  18. buat kang iwb
    komplain tersebut diatas per tgl berapa ? karena harga carbon cleaner sudah naik sejak pertengahn bulan oktober jadi 23ribu,jadi tlg kroscek dulu ke yamaha….

    Like

  19. ini komen kug ngawur se? ya itu memang sering terjadi entah di dealer yamaha honda atau suzuki….. dealer dealer nakal mang spt itu. pelajaran buat kita.. klu terjadi hal spt itu entah di yamaha honda dan pabrikan lainya kt harus laporkan ke pusat….

    Like

  20. 70. bocah autis – November 29, 2013

    kalo sebelah mah g ada listnya

    makanya blm pernah denger keluhan
    =========================================

    listnya sih ada bro, tapi kudu download, apesnya tulisannya cuma bentuk angka-angka gak jelas, konsumen awam mana ngerti 😀
    jadi kalo dihargai segitu ya diiyain aja, wong gak ngerti kok 😀

    Like

  21. kalo di web yamaha emang lebih mudah dalam mencari part + harganya. kalo di web honda part katalog & price list terpisah..
    kalo menurut saya. sebaiknya bagi konsumen yg tau harga di web mending diprint pas mau beli…

    Like

  22. wah.., Baru 2 hari yg lalu ane jg sama beli Carbon cleaner dgn harga 23000 d dealer daerah cileungsi..Alesanny sama lg..Harga udh naik…Mulai NakaL nih Dealer2 yamaha…!

    Like

  23. Kejadian seperti ini sering, bulan kmaren motor ane roboh pas lg dicuci sehingganya bandul stang patah. Pas coba cari di main dealer honda TDM Lampung ternyata stock kosong jadi harus indent, murah sih cuma 1.500 perak.

    Karena indentnya lama dicoba cari didealer lain (Daya Motor)Way Halim, tenyata disana harganya 35.000 perak, opo ya gemblung kuwi…???

    Like

  24. rongsokan15 aka daster empok nori pada November 29, 2013 pada 7:47 AM
    kaya udah kehabisan amunisi lebay banget dari yg curhat sampe yg memuat … itu namanya akal2n pengin het gratis pake ribet gara2 uang 2 riburepak ini kayaknya curhatan dari nikname fbh muke tembelek, ktauan krditnya blum lunas jadi duit 2 ribu aja diperpanjang urusanya.____________________________________________________________Wualahhhh duit 2000 aja DEALER YAHAMA NGILERR

    Like

  25. yg rawan main harga di ats het itu dealer yg pake bon bon tulisan tangan.
    salah satu trik adalah lihat harga parts dulu, baru ngacir ke toko.
    Y & H sama saja, hafalin aja bengkelnya.

    tapi ada baiknya cari tahu toko toko parts gede, biasanya harganya bias lebih murah dari dealer. contohnya carbon cleaner itu gw pernah dapet cuma 19rb.

    Like

  26. Berita hangat berita hangat……….. Disinyalir kuat para sales sales FBY lagi sibuk mencari kwitansi hasil kibul kibul buat di revisi sebelum dilaporkan juga.. hahahahaha

    Like

  27. kan sebelum lihat daftar part dan harga ada catatan. salah satunya yg sangat terkenal : ‘harga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan’

    Like

  28. woh dealer soro iku, klo aq beli sparepart malah selalu dapet dibawah harga HET resmi web, ga tau Alhamdulillah aja selalu dapet murah, sdh rejeki jrosss…:D

    Like

  29. josss… saya pernah mengalami hal seperti ini, sparepart apa gitu HET nya 12.000 dijual 15.000,- akhirnya sebagai konsumen yang baik, saya ga jadi beli… emmm coba nekad beli terus komplain yah… lumayan dapet gratisan… hiihihihi…

    Like

  30. ettdahhh… kelasnya FBY duit 2 rebu perak diributin…tapi ok juga sih yamaha mau komitmen sama janjinya…

    Like

  31. 83. hi hi hi – November 29, 2013

    yg rawan main harga di ats het itu dealer yg pake bon bon tulisan tangan.
    salah satu trik adalah lihat harga parts dulu, baru ngacir ke toko.
    Y & H sama saja, hafalin aja bengkelnya.

    tapi ada baiknya cari tahu toko toko parts gede, biasanya harganya bias lebih murah dari dealer. contohnya carbon cleaner itu gw pernah dapet cuma 19rb.
    ================
    setuju gw…sama aja ngga honda dan yamaha kejadian kaya gitu bisa aja terjadi… dulu gw juga pernah ditipu sama ahhas beli bosh gear dikasih harga jauh diatas HET… sekarang mah gw print itu harga part list di web honda, ada yang main harga gw sodorin tu harga het nya… tapi kalo selisih dua rebu perak doang sih, apalagi belanjanya juga cuma 23 rebu, mendingan cuekin aja… buang2 waktu dan pulsa ngurusin duit 23 rebu doang… kalo part mahal misal yang harga sejutaan, boleh dah diramein.. mayan dapet part gratis duit dibalikin utuh….

    Like

  32. bwahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha h h hak(keselek) yamaha pusat emang juozz,..!!!

    Like

  33. dulu ane juga punya pengalaman yang kurang enak sama salah satu dealer motor
    dulu mau lapor pusat tapi ga tau alurnya
    sekarang ane sudah ngerti caranya
    thanks buat infonya kang

    Like

  34. Mending 21rb jadi 23rb, masih dlm kategori HES (Harga Eceran Sewajarnya)

    xixixixi…

    Komitmen yamaha pusat emang top

    Like

  35. 93. Duinnn – November 29, 2013

    Mas iwb, kalau harga part itu harga eceran tertinggi atau bukan? kalau iya apakah khusus jakarta saja atau jabodetabek juga
    ==============
    seluruh indonesia om.
    ane yg bukan jabodetabek juga pernah dapet seharga persis di website.

    Like

  36. pelayanan yamaha emg top,sbln lalu keluhan ane langsung di tanggepin…part lngsung di krm???

    semakin di depan dahhh

    Like

  37. baru tahu mas kalo hal kyk gitu boleh diadukan. dulu pernah nyoba mbandingin harga part shock breaker dari dua dealer mas. dan harganya beda jauh mas. tahu begitu beli di dealer yang mahal terus tak laporin pusat mas. lumayan bisa dapet gratisan. :p

    Like

  38. Untuk banyak yang komen diatas ‘itu cuma 2 ribu perak’,

    Ini bukan masalah uang yang cuma 2 ribu perak, tapi masalah PRINSIP. Apa prinsip anda semua bisa digadaikan oleh 2 ribu perak? Langkah bro K sudah bagus.

    Cheers.

    Like

  39. 98. pak tarno – November 29, 2013

    93. Duinnn – November 29, 2013

    Mas iwb, kalau harga part itu harga eceran tertinggi atau bukan? kalau iya apakah khusus jakarta saja atau jabodetabek juga
    ==============
    seluruh indonesia om.
    ane yg bukan jabodetabek juga pernah dapet seharga persis di website.
    =============================
    Terima kasih pak tarno, saya pernah juga kena tipu daya daeler nakal berarti, tapi ya sudahlah, untuk pelajaran waktu beli lagi nanti

    Like

  40. perlu ditindak jika memainkan sesuka hati…
    dulu sekitar 3 bulan yg lalu ane jg beli YCC 21 rb di diler solo…trus sekitar 2 mingguan kemarin jadi 23rb di diler klaten…emang sudah naik…dan kebetulan beli sparepart jg…selang dua hari ternyata pas mau dipasang dirumah tidak cocok… ane tlp ke diler yg bersangkutan ..katanya mau ditanyakan dulu…ternyata boleh ditukar dgn syarat dituker produk lain…alias tdk kembali uang seluruhnya..
    http://masshar2000.wordpress.com/2013/11/30/ducati-2014-its-career-killer/

    Like

  41. di tempat saya malah HET nya di diskon kira2 18 persen.tapi stiker di botol nya di lepas dan di minta no rangka dan mesinnya.

    Like

  42. selama ini saya hanya silent reader,,, dari artikel diatas hanya bisa menyimpulkan ini hanya konspirasi dan RUKBERUUUK tidak bisa memberikan penjelasan malah mengumpet dikelek bininya singmasing.

    Like

  43. emang gak honda, yamaha, kawak dll…ada juga dealer nakal. pengalaman ddi dealer yamaha da honda. Klau dipikir2…dealer2 itu jg mirip kayak bengkel atau toko…ada yg bagus ada yg jelek. mkane klau dealr nya bagus…jadikan langganan. Klau jelek dan bermasalah…TINGGALKAN

    Like

  44. Kalo cuma gtuh sich gk sbrapa….. Pngalaman kakak ane dulu beli old vixion pgen warna merah cash eh malah disuruh kredit jadinya ngmbil yang warna item pdahal itu dealar yamaha resmi

    Like

  45. siiip…. kalo dealer bandel harus langsung di laporkan ke pusat,…
    tapi perlu juga di garis bawahi,, respon dari pusat begitu sangat cepat tanggap,, walaupun hanya berkaitan dengan nominal yg gak seberapa,, tapi yamaha pusat tidak memperdulikan itu,, mau nominal besar atau kecil,, kenakalan oknum dealer harus segera di tindak demi kenyamanan dan kepuasan konsumen..
    tuh oknum dealer jangan ada yg nakal ya,,, harus jujur dan baik,, utamakan kepuasan konsumen.
    yamaha memang jozzzzz……

    pabrikan sayap contoh tuh yamaha ya… walaupun dealernya nakal, tapi pusat langsung menindak dengan cepat dan tegas..
    gak kayak cap sayap,, lapor ke pusat juga masih pada ogah ogahan. huuuhhh….

    Like

  46. Wow ternyata bukan cuman ane ya yg ngalamin mau beli produk yamaha tp d suruh kredit. G bisa cash (lalu ane urungkan beli yamaha) Dan kalau honda sih g semua kayak gitu. Tp ada juga yg harus kredit. Dari 2 dealer honda d kota ane. Satu bisa cash satu harus kredit juga. Buset dah sekarang dealer kerja sama ama leasing yah. Ckck

    Like

  47. Masih mending naik 2rb & ada alasan het sudah naik. Ane malah 30rb waktu het masih 21rb. Gmn solusi’a mas? Apa ane coba beli lagi trus lapor ke cs yamaha?

    Like

  48. wah masih 21rb tp bln agts aq beli hargana k udh 22 rb n td siang aq beli 23rb tp sayang g pnya bkti nota pmblian cos g dtulis y dtls cm ogks servina ja!

    Like

  49. wahhh ane baru hari sabtu kemarin beli Carbon Cleaner di Dealer Yamaha sekitar Jatiasih, tapi lupa minta bonnya. Brarti Carbon Cleaner yang ane beli juga kemahalan ya…..

    Like

Leave a comment