Yamaha cup race final…..ajang seleksi akhir menuju Asean Cup Race!!!

image

New Race Culture Yamaha Cup Race 2013 sukses membawa suasana dan budaya baru di lingkungan balap pabrikan Garpu Tala dan balap di Indonesia.

Setelah enam seri rampung, tiba saatnya penentuan Best of The Best rider di balapan final 16 – 17 November 2013 di Sentul International Karting Circuit. Final Yamaha Cup Race ini menjadi seleksi akhir menuju ASEAN CUP RACE yang akan diadakan pada tanggal 30 November- 1 Desember 2013 di Sentul International Karting Circuit.

New Race Culture memberikan perubahan positif dan lebih profesional bagi tim dan pembalap, saat beraktivitas di lingkungan sirkuit. Tidak hanya membalap dan mengejar gelar, tapi membentuk perilaku pembalap profesional dengan melatih mereka berbicara di press conference, menghadapi media, cara berpenampilan yang baik dan lainnya.

Sedangkan untuk tim harus menjaga kebersihan paddock, menyusun kelengkapan alat & peduli lingkungan. ”Terbukti Perubahan positif di dunia balap indonesia ini, tergambar dari antusias yang tinggi dari para pembalap muda Yamaha mengikuti FINAL Yamaha Cup Race (YCR) tahun ini. Lebih termotivasi lagi laga final ini menjadi penentu juara sejati. Yang akan mewakili Yamaha Indonesia di ajang bergengsi Yamaha Asean Cup Race di Sentul International Karting Circuit, 30 November – 1 Desember 2013,” ujar Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Dari 6 seri YCR yang digelar berurutan mulai dari Cimahi (Bandung), Medan, Pekalongan, Makassar, Bangka, Padang, terpilih 10 pembalap terbaik yang berhak melaju ke FINAL dari masing masing daerah. Dimana satu kelas diambil 2 rider dengan poin tertinggi, baik untuk kelas YCR1 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Seeded), YCR2 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Seeded), YCR3 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Pemula), YCR4 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Pemula), YCR6 (Bebek 4 Tak 110 cc Standard Pemula).

image

Tingginya animo peserta mengikuti final YCR, mengharuskan panitia menggelar babak kualifikasi di hari Sabtu 16 November diikuti 30 peserta umum dan akan diambil 12 terbaik tiap kelasnya. Selanjutnya mengikuti Superpole. Sehingga akan terseleksi 28 pembalap (16 sudah terdaftar, ditambah 12 dari peserta babak kualifikasi/play off) untuk kelas YCR1, YCR2, YCR3, YCR4. Dan untuk kelas YCR6 akan terpilih 24 pembalap terbaik (12 yang sudah terdaftar dan 12 peserta babak kualifikasi/play off ) yang berhak mengikuti Superpole. Hasil Superpole di hari Sabtu akan menentukan posisi starting grid di Race pada hari Mingggu 17 November 2013.

Menggunakan sirkuit permanen, Sentul International Karting Circuit, para pembalap muda akan mampu meningkatkan skill membalap dengan memanfaatkan setting motor, setting suspensi & racing line, serta kerjasama team. Ini akan menjadi tontonan berkualitas. Di tahun musim balap 2014, mereka akan dilengkapi senjata baru Jupiter Z1 Racing Fuel Injection, maka semakin lengkap kekuatan pasukan biru.

Hasil Final Yamaha Cup Race ini akan menjadi seleksi akhir 10 Pembalap terbaik Yamaha Indonesia masing masing 5 pembalap Seeded dan 5 pembalap Pemula, untuk mengikuti Yamaha Asean Cup Race menggunakan senjata Baru Yamaha Jupiter Z1 & R15 yang berteknologi Fuel Injection.

Untuk meningkatkan motivasi & kompetisi, penentuan poin terbaik pun mengalami perubahan dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu poin terbaik hanya dihitung dari total poin final YCR2 ditambah total poin final YCR4. Sedangkan tahun ini poin terbaik dihitung dari total poin seri YCR ditambah total poin final YCR1 ditambah total poin final YCR2. Dengan hasil ini, semua pembalap di final memiliki peluang berimbang untuk ke Asean Cup Race.

Pertarungan seru bakal terjadi, karena mempertemukan pembalap-pembalap muda terbaik Yamaha dari seluruh Indonesia, yang namanya sudah dikenal di dunia balapan nasional. Di kelas Seeded pembalap papan atas diantaranya Agus Setiawan, Sulung Giwa, Yoga Adi Pratama, M.Zaki, Herman Bass, Andi Mapanyukki, Reza Pahlevi, Ferlando, Ketut Madiasta.Dan kelas Pemula berbakat terdapat Galang Hendra, M.Irvansyah Putra, Dohan Akbaruzaman, Rezha Dhanica, Syahrul Amin, Roby Naga.

Yoga Adi Pratama misalnya adalah juara umum kelas Seeded seri Cimahi, Sulung Giwa juara umum kelas Seeded seri Pekalongan, Reza Pahlevi seri Medan, Herman Bass seri Makassar, Endot Baday seri Bangka, Ferlando seri Padang. Di kelas Pemula juara umum seri Cimahi dan Pekalongan adalah Galang Hendra, seri Medan dan Padang direbut M.Irvansyah Putra, Syahrul Amin seri Makassar, Roby Naga seri Bangka.

Agus Setiawan, Sulung Giwa, Yoga Adi Pratama dan Herman Bass tahun lalu tampil di Yamaha Asean Cup Race. Agus bahkan menjuarai kelas Underbone (MT135-Jupiter MX). Tahun lalu dilombakan dua kelas beregu dan perorangan Underbone (MT135-Jupiter MX) dan Matic (AT125-Xeon).

Yamaha Semakin Di Depan dengan Teknologi Fuel Injection telah terbukti menjadi Juara Ganda INDOPRIX  2013 Dengan Jupiter Z1 Fuel Injection di kelas IP 110 & IP 125, ini merupakan pertama kali dalam sejarah balap di Indonesia. Ini membuktikan bahwa Yamaha selalu berkomitmen memajukan dunia balap nasional dan memberikan wadah yang terbaik untuk anak muda Indonesia, untuk berprestasi di dunia…..(YIMM PR)

Advertisements

32 thoughts on “Yamaha cup race final…..ajang seleksi akhir menuju Asean Cup Race!!!

  1. ngoeengggg!! Ngoeng..mantap..
    Mas iwb, ane ngirim pict buat logo iwbspeed di FP pesbuk iwanbanaran.wordpress.com diliat ya..mudah2n kpake…hehehe

    Like

  2. Asean cup kwek kwek juga?
    raja sport balap kwek kwek…

    tetangga make cb ke asian cup make cbr..
    raja matic balap sport…

    manteb penjenjangan kwek kwek 6 milyar…

    Like

  3. Katanya sudah belajar dari kasus dota yg memble di moto2 karna tehnik dan skil yg gitu gitu aja n bakal membuat penjenjangan dgn memperbaiki skil dan teknik dmn tidak ngotot bebek…
    apakah pernyataan itu jurus ngeles divisi race Y buang badan kasus dota atau congor ama tindakan ndak sinkron?
    buktinya mana?? msh kwek kwek juga…wakakak

    Like

  4. gilamotor 1 jam yang lalu … Yamaha Indonesia tengah
    mempersiapkan 25 unit YZF- R15 untuk
    melengkapi balapan satu merek..

    o jd bwt nggantiin t135 to…

    Like

  5. ada fbh ayan koar….koar..ga jelas….balap kwek kwek katanya..tpi sesembahannya juga ikut..keok lgi..ga jauh2 ama mm93=marwoto mrongos….gigi semua isinya…..klo balapan untu…pasti marwwoto jawaranya…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s