Motogp : Untuk keamanan…Honda akan melakukan back up system pada sensor kabel!

banner-460x110-cb150r

kabel sensor RC213Bro dan sis sekalian…hasil insiden Aragon akhirnya membuahkan penalty satu poin untuk Marquez. So…total penalty sudah mencapai 3 poin. Satu poin lagi (4)…doi kudu start dari grid paling belakang. Nah…untuk mencegah kejadian serupa terulang…saat ini Honda sedang memikirkan langkah pengamanan khususnya komponen kabel sensor. Ada dua opsi yang dilakukan yakni…..perbaikan hardware serta sofware sebagai back up. Maksude??….Banner-Gif-uk460x140-RecoveredAHM Oil IWB

Dari sisi hardware…posisi kabel sensor akan diperbaiki agar tidak terlalu menjulur keluar. Hal ini diakui Suppo…Manager HRC bahwa posisi kabel sensor RC213V sekarang memang terlalu terekspos sehingga sentuhan sedikit dari rider lain bisa membuatnya putus. So..kedepan HRC memberikan proteksi terhadap kabel tersebut. Yang kedua dari sisi sofware. Yup…jika proteksi hardware gagal….maka sisi software akan langsung melakukan back up. Artinya…ketika terjadi sesuatu pada sensor kabel atau dengan kata lain hardware mengalami kegagalan fungsi….sinyal akan dikirim kesoftware dan secara elektonik memerintahkan traksi kontrol pada posisi safety mode. Byuhh..canggih tenan!!

Lewat cara tersebut…kecelakaan seperti yang dialami Dani tidak akan terjadi. Namun….sistem anyar masih belum sempurna. Sembari jalan…tim HRC masih melakukan modifikasi ringan agar seandainya terjadi kegagalan serupa bisa terdeteksi sejak dini. Dan GP Malaysia merupakan debut sistem kabel sensor anyar sebagai upaya melindungi rider dari kecelakaan. Yang IWB heran nih bro…sebenarnya posisi nyempil lho (gambar terlampir). Koq ya masih kesenggol ya. Berarti jarak Marquez dengan Dani emang tipis banget yak. Btw….pihak race direction mengatakan, penalti yang digulirkan ingin memberikan pesan kepada Marquez agar lebih hati-hati dan tidak terlalu dekat dengan rider lain. Sebab kesalahan ada batasnya dan tidak bisa dibiarkan begitu saja…

Kami mengirimkan pesan kepada Marc, sangat jelas, kita mengerti bahwa dia adalah rider yang sangat berbakat tapi ia juga cukup cerdas untuk memahami bahwa harus ada beberapa batas toleransi untuk kesalahan – terutama, seperti yang kita lihat beberapa kali ditahun ini. Saat melakukan pengereman…..ketika rider diposisi belakang, maka mereka memiliki tanggung jawab untuk tidak terlalu dekat dengan pengendara di depannya. Akhirnya, berdasarkan pengamatan dari insiden….di mana Marc terlalu dekat dengan pengendara lain….cukup dekat untuk melakukan kontak….datang dari belakang saat mengerem. Bagi kami, itu adalah sinyal (meskipun kontak itu sendiri cukup kecil) untuk membuat peringatan resmi dengan penambahan poin penalti agar Marc bisa lebih berhati-hati lagi” ujar Race direction. Hhhmmm…cukup bijaksana juga ya…kabel sensor RC213

Last…penalty poin tidak berpengaruh pada perolehan poin rider. Dan  insiden Marc-Dani diAragon membawa berkah tersendiri bagi tim HRC untuk membuat terobosan safety khususnya kabel traksi yang tim lain belum pikirkan. So….sistem back up kabel traksi kontrol??. Boleh juga tuh idenya……(iwb)

129 thoughts on “Motogp : Untuk keamanan…Honda akan melakukan back up system pada sensor kabel!

  1. Gini nih efek kebanyakan elektronik di motoGP jd serba ribet, mungkin saran vale biar prangkat elektronik dikurangin patut wat jd pertimbangan.

    Like

  2. Dan insiden Marc-Dani diAragon membawa berkah tersendiri bagi tim HRC untuk membuat terobosan safety khususnya kabel traksi yang tim lain belum pikirkan.
    —–

    efeknya pada motor produksi Honda, replika motor MM93 dan DP 26 berkapasitas 150 cc pun naik 5 juta rupiah

    tepok jidat

    sobek tenan duiteeee…

    Like

  3. kayaknya klo dilihat difoto, ga mungkin tersentuh itu kabel. secara posisi ada diatas arm, disisi luar jg ada mufler. dilihat videonya pun Marc melebar smp keluar lintasan utk menghindar. mnrt saya kabel itu sdh ada indikasi akan putus dari sblm race dimulai. ato mgkn kesalahan pd saat setting. hrsnya hal ini jg mjd bahan investigasi.

    Like

  4. 27. tes – Oktober 10, 2013
    Dan insiden Marc-Dani diAragon membawa berkah tersendiri bagi tim HRC untuk membuat terobosan safety khususnya kabel traksi yang tim lain belum pikirkan.
    —–

    efeknya pada motor produksi Honda, replika motor MM93 dan DP 26 berkapasitas 150 cc pun naik 5 juta rupiah

    tepok jidat

    sobek tenan duiteeee…

    ======================================================
    Kalo ga mampu beli ya diam aja bos

    Like

  5. Berkah bagi yamaha karena point konstruktor honda dikurangi 25 point,
    Pos Manufacturers Point
    1. Honda 316 – 25 = 291
    2. Yamaha 290
    3. Ducati 123
    Selisih tinggal 1 point
    Mampukah yamaha mengejar honda?????

    Nguuuok…………

    Like

  6. Akhir’a Dani Pedrossa berguna juga untuk *moto gp ..
    *inovasi safety ..
    Btw, mas kenapa enggak pake sistem wireless ajh klo dalam dunia moble atau komputer wifi klo enggak salah nyebut’a ..
    Tp sistem softeare’a hebat juga tu, asal enggak sering error ajh ..
    Tp lebih mantep lagi sistem elektronik’a dikurangi balik ke kemampuas asli rider’a ..

    Like

  7. Akhir’a Dani Pedrossa berguna juga untuk
    *moto gp ..
    *inovasi safety ..
    Btw, mas kenapa enggak pake sistem wireless ajh??
    klo dalam dunia moble atau komputer wifi klo
    enggak salah nyebut’a ..
    Tp sistem softeare’a hebat juga tu, asal enggak
    sering error ajh ..
    Tp lebih mantep lagi sistem elektronik’a dikurangi
    balik ke kemampuas asli rider’a ..

    Like

  8. Akhir’a Dani Pedrossa berguna juga untuk
    *moto gp ..
    *inovasi safety ..
    Btw, mas kenapa enggak pake sistem wireless ajh??
    klo dalam dunia moble atau komputer wifi klo
    enggak salah nyebut’a ..
    Tp sistem software’a hebat juga tu, asal enggak
    sering error ajh ..
    Tp lebih mantep lagi sistem elektronik’a dikurangi
    balik ke kemampuan asli rider’a ..

    Like

  9. Dari sebuah kecelakaan,musibah,kelemahan menjadi sebuah hikmah dan inovasi yg lbh tinggi..jika mau berkaca,mawas diri dan menerima kelemahan diri…beda kalo selalu nunjuk kesalahan org lain,ya cukup segitu dah…stagnan, tertinggal ama yg lain… Hrc joosss

    Like

  10. Ini kalo yg mengalami team ULAR KADUT pasti kapasitas otaknya gak sampe ke solusi membuat backup kabel traksi kontrol…coro jowone ora thuk…!!! Mari ngene paling yow diconto…wkwkwkwkwkwkwk

    Like

  11. 46. RAJA GAZRUUK – Oktober 10, 2013
    Ini kalo yg mengalami team ULAR KADUT pasti kapasitas otaknya gak sampe ke solusi membuat backup kabel traksi kontrol…coro jowone ora thuk…!!! Mari ngene paling yow diconto…wkwkwkwkwkwkwk
    =======================
    Kayaknya ga bakalan bos coz ular kadut dah ngacir duluan n teammatenya sibuk sama tim satellite di belakang

    Like

  12. lama lama balapan kaya main game aja .. xixi
    kalau
    buat motor massalnya mana?
    masa cbr150 cuma dikasi liverynya aja dibilang teknologi moto gp itupun. naik 5juta jd 42 JT. ????

    Like

  13. mengapa motor honda selalu terdepan dalam teknologi baik pada motor prototype maupun motor prod masal ya?

    tp mengapa ada sebuah merek motor yg selalu tertinggal dalam hal apapun kok dg PONGAHnya memakai TAGLINE selalu di depan.

    ada yg bs kasih pencerahan? Fbh, fby, fbk, fbs…

    Like

  14. MM kena penalti pengurangan satu poin karena dianggap membalap dengan tidak bertanggung jawab.
    Honda (konstruktor) kena penalti pengurangan 25 poin karena dianggap naro kabel sensor penting sembarangan.
    Itu yang ane baca di detiksport.

    Like

  15. Hrc dibekali dg sumber daya yg melimpah utk pengembangan prototype. Krn prototype akan mengangkat brand, menunjukkan tehnologi lbh advance. Tp perlu diingat motor proto sgt tdk ekonomis utk prod massal. Cuman diambil gengsinya,brand imagenya.. dari sudut pandang ane, ane lbh seneng liat sepak terjang tim yahama,dg sumber daya “terbatas”, bisa ngerecokin,bahkan menumbangkan si sumber daya add libitum dg “strategi” yg cermat…Apalagi sekelas Suziku jaman kevin schwan (tulisane piye to)…joss kotoz2

    Like

  16. Maju terus Markewez….lebih baik menang karena sruntulan drpd menang krna lambaian tangan aka klawe2…

    Like

  17. mengapa motor honda selalu terdepan dalam teknologi baik pada motor prototype maupun motor prod masal ya?

    tp mengapa ada sebuah merek motor yg selalu tertinggal dalam hal apapun kok dg PONGAHnya memakai TAGLINE selalu di depan.

    ada yg bs kasih pencerahan? Fbh, fby, fbk, fbs, fb mtr india, fb mocin dll

    Like

  18. @biker_akamsi itu wartawan detik ngetik sembarangan bro. Masa penalty points d samakan dengan point marq sebenarnya. 🙂

    Like

  19. Lorencong harus’x brtrimakasih sama daped,klo daped ngga ndlosor dipastikan lorencong cuma dpt podium 3,rossydin kmbali podium 4…

    Like

  20. ga dari dulu ditutup
    tak pikir g ada apa2 di area as sampai swingarmnya kecuali perangkat rem cakram 😀 taunya ada kabel pating klewer kelas HRC

    Like

  21. Dan insiden Marc-Dani diAragon membawa
    berkah tersendiri bagi tim HRC untuk membuat
    terobosan safety khususnya kabel traksi yang
    tim lain belum pikirkan.
    _________________
    baru mikir safety krn kabel putus, masang ga bener, ngaku terobosan?$#@%&*??

    Like

  22. yang bilang senggo dikit langsung putus, coba di pikir” lagi kecepetan motor yang nyenggol. walaupun dikit tapi kalo kenceng yoo putus jugooo ahahha

    Like

  23. semakin canggih semakin membuat moto gp kurang menarik, tapi semakin bagus jg jika ntuh tekhnologi diaplikasikan ke motor sport harian biar lebih safety,, ,,

    Like

  24. 73. The Sunday Painter – Oktober 10, 2013
    ………………………………………………
    kalo yang bro maksud Constructor
    udah di potong poin MM buat hukum Constructor
    seberapa besar potongannya ane kurang tau bro

    Like

  25. 66. sam joas – Oktober 10, 2013

    Hrc dibekali dg sumber daya yg melimpah utk pengembangan prototype. Krn prototype akan mengangkat brand, menunjukkan tehnologi lbh advance. Tp perlu diingat motor proto sgt tdk ekonomis utk prod massal. Cuman diambil gengsinya,brand imagenya.. dari sudut pandang ane, ane lbh seneng liat sepak terjang tim yahama,dg sumber daya “terbatas”, bisa ngerecokin,bahkan menumbangkan si sumber daya add libitum dg “strategi” yg cermat…Apalagi sekelas Suziku jaman kevin schwan (tulisane piye to)…joss kotoz2
    ……………………………………………
    analisanya boleh juga bro
    tapi kalo dari sudut pandangan saya lain lagi..saya melihat cuma JL yang bisa bikin ngacir M1 dan bisa ngerecokin duo rcv
    yang lain masih jauh 😀

    Like

  26. 69. iwan bonoren – Oktober 10, 2013
    mengapa motor honda selalu terdepan dalam teknologi baik pada motor prototype maupun motor prod masal ya?

    tp mengapa ada sebuah merek motor yg selalu tertinggal dalam hal apapun kok dg PONGAHnya memakai TAGLINE selalu di depan.

    ada yg bs kasih pencerahan? Fbh, fby, fbk, fbs, fb mtr india, fb mocin dll

    ======================================================
    gini vroh…
    karena honda dalam ngenalin sesuatu di produknya selalu nulis kata “inovatif” istilahnya in lo gw nemuin yang baru…
    misal di produk masalnya…honda beat aki di dek ditulis inovatif…(kymco kan dulu udah di dek juga, ah peduli amat, honda nulis inovatif artinya honda penemunya)..trus bagasi gede di skutik juga ditulis inovatif (tapi kymco ama nouvo kan gede juga muat helm, ah honda nulis inovatif juga)…bebek bagasi gede ditulis inovatif (lho zx130 dikemanain? ah inget honda nulis inovatif artinya honda duluan)..jadi buat orang2 yang ga melek atau terkena doktrin kedonghoan sesat pasti bakal mikir kalo honda selalu terdepan dalam teknologi maupun inovasi karena tulisan “inovatif”

    ngerti kan?
    😆

    Like

  27. bicara real saja. honda itu apa sih….. cuma motogp aja… motogp itu cuma menampilkan keberuntungan pabrikan dalam menggaet sponsor dan team balap besar. mpreeeettt lah

    Like

  28. 89. scnk – Oktober 11, 2013

    73. The Sunday Painter – Oktober 10, 2013
    ………………………………………………
    kalo yang bro maksud Constructor
    udah di potong poin MM buat hukum Constructor
    seberapa besar potongannya ane kurang tau bro
    ………………………………………………
    oke sip, thanks infonya bro 🙂

    Like

  29. drpd bikin sopwer baru, mending hrc pesen plastik pelindung ke ahm, kan ahm dah terkenal mampu bikin bodi plastik dg ketebalan minim, so gak terlalu nambah berat motor

    Like

  30. orong-orong pada Oktober 11, 2013 pada 7:57 AM
    ternyata cakram belakang kecil ya
    ==============================
    kecil tp muahal rek…..
    Bs buat nebus seekor matik ato bebek.

    Like

  31. Seharusnya dalam posisi sedekat apapun yang tersenggol duluan itu Arm atau ban, ya mungkin apesnya pedrosa +apesnya marq aja, aneh

    Like

  32. wah dorna curang nih …how come marques cuma dapat 1 pinalti poin seharusnya marq di diskualifikasi 1 balapan tuh …gua setuju sama komen rossi soal pinalti marq : “I think Marc should be penalised for two or three seasons ……..”

    Like

  33. @Subaru

    69. iwan bonoren – Oktober 10,
    2013
    mengapa motor honda selalu
    terdepan dalam teknologi baik
    pada motor prototype maupun
    motor prod masal ya?
    tp mengapa ada sebuah merek
    motor yg selalu tertinggal dalam
    hal apapun kok dg PONGAHnya
    memakai TAGLINE selalu di depan.
    ada yg bs kasih pencerahan? Fbh,
    fby, fbk, fbs, fb mtr india, fb
    mocin dll
    ============================
    ==========================
    gini vroh…
    karena honda dalam ngenalin
    sesuatu di produknya selalu nulis
    kata “inovatif” istilahnya in lo gw
    nemuin yang baru…
    misal di produk masalnya…honda
    beat aki di dek ditulis inovatif…
    (kymco kan dulu udah di dek juga,
    ah peduli amat, honda nulis
    inovatif artinya honda
    penemunya)..trus bagasi gede di
    skutik juga ditulis inovatif (tapi
    kymco ama nouvo kan gede juga
    muat helm, ah honda nulis
    inovatif juga)…bebek bagasi gede
    ditulis inovatif (lho zx130
    dikemanain? ah inget honda nulis
    inovatif artinya honda
    duluan)..jadi buat orang2 yang ga
    melek atau terkena doktrin
    kedonghoan sesat pasti bakal mikir
    kalo honda selalu terdepan dalam
    teknologi maupun inovasi karena
    tulisan “inovatif”
    ngerti kan?
    😆
    =================================
    wkwkwkkwkwkwkwk….

    otak lu dikit cuma seupil… lah sesembahan ente bukannya nyontek juga b3rroo..??

    😆
    😆
    😆
    😆

    Like

  34. Tenang Marc, tahun ini memang RC213V didesain utk Pedrosa, tahun depan Shusei Nakamoto akan merubah utk mendukung gaya balapmu yg fantastis …. mau uang brp aja dikasih utk riset dan pengembangan ….. bila perlu Stoner jadi test ridernya ….. tajir abis.

    Like

  35. Ahahah…ternyata lorenzo 😛
    Lorenzo added a touch of irony to proceedings with his view on Marquez’s penalty point: “The Jerez action was a great show, and Silverstone, and Laguna when he passed Valentino outside of the track was a great show, so I think they should encourage that type of action to make an example to the young riders…I think they are wrong (about the one penalty point). They have too many penalties. They should have given him one more point in the championship!”

    Like

  36. biasalah itu mah,,,,
    pengembangan teknologi untuk keamanan pada umumnya di kembangkang/ditemukan dari kejadian2 kecelakaan,,
    contoh :
    banyak sekali teknologi nyang di kembangkan di pesawat udara (khususnya pesawat jet) teknologi tersebut di dasari dari beberapa kecelakaan pesawat yang terjadi,,, coba lihat pesawat jet komersil sekarang ini,,, pasti mesinnya pada menggantung di sayap semua,,, itu karena pengembangan dari pesawat jet komersil (jenis comet) yang sering mengalami kecelakaan karena mesin jet menyatu dengan sayap,,, dan banyak lagi pengembangan2 teknologi lainnya,,,

    *lho,, malah ngomongin kesawat,,, 😆

    Like

  37. @subaru – Oktober 11, 2013

    ini nih fby smart versi tuyul…

    😀

    honda dengan sdm nya yang tinggi maka kajian logisnya persentasi untuk jadi first mover dalam technology dan inovasi jauh lebih besar…

    😀

    dan itu sudah diakui oleh engineer global berdasarkan fakta tentang kemajuan teknologi dan inovasi honda didunia otomotif…

    😀

    contohnya teknologi simpel yang lagi diulas diatas sama om iwb…

    😀

    Like

  38. 113. 2-UL kibul – Oktober 11, 2013

    @peyek

    gimana bro rame warnetnya???
    😀
    ====================================
    mau tau,,, apa mau tau banget,,, 😆

    Like

  39. gile banget … nich temen2 kerjanya apa ya .. setiap saat/waktu bisa komen … jempol dech ….

    *nungguin dongfeng .. hujan belum turun juga

    Like

  40. 112. 2-UL kibul – Oktober 11, 2013

    @subaru – Oktober 11, 2013

    ini nih fby smart versi tuyul…
    😀

    honda dengan sdm nya yang tinggi maka kajian logisnya persentasi untuk jadi first mover dalam technology dan inovasi jauh lebih besar…
    😀

    dan itu sudah diakui oleh engineer global berdasarkan fakta tentang kemajuan teknologi dan inovasi honda didunia otomotif…
    😀

    contohnya teknologi simpel yang lagi diulas diatas sama om iwb…
    😀
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
    nyang mane berowwwww,,,,,,,

    Like

  41. disinyalir yamaha lagi pusing. team contekan buat SSG masih belum 100%, ini malah muncul kabel Sa,ucrit buat di contek.. segera siapkan team buat contek yamaha. ayo cepetan. semakin di depan… tp depannya apa ya enake?

    Like

  42. Gak adil bgt, kalo Honda kena pinalti 25 poin krn masalah safety, harusnya semua tim yang sebelumnya tidak memasang proteksi kena dong pinalti (karna yg kena musibah ini Honda,Honda deh yg kena pinalti) rugi dong Honda,sudah pembalapnya jatuh satu di sepang,eh kena pinalti lagi….
    tapi ini jadi ada hikmahnya,selain Honda jadi lebih meningkatkan safety, dan hukuman ini membuktikan kalo tuduhan2 soal Honda dibekingi Dorna dan race direction itu Salah besar.

    Like

  43. ini kabel kecil wajar bisa putus…
    lha yamaho mesinnya bisa MELEDUK dan keluar asap dan oli yg bisa membahayakan pembalap lain KOK GAK KENA PINALTI !!
    contoh fakta : m1 si lorenso kejadian di 2010, Ben spies di 2012,
    Cal di silverstone 2013(sampe MM93 jatuh)
    serta kasus mesin yamaho yang ditarik satu tahun ini karna bermasalah musim ini.

    Like

  44. pembenahan yg bagus,maksud comment saya saat semua mnyalahkan MM, sudah dipenuhi sekarang oleh HRC, jgn mnyalahkan MM (sbg kambing hitam trjatuhnya DP) ttp pertanyakan kinerja electrician ma techniciannya, masa sekelas GP gk punya standard instalasi yg mumpuni. sehrsnya udah d antisipasi segala kemungkinan yg terjadi sekecil apapun. good job Mr suppo

    Like

  45. 104. neuer – Oktober 11, 2013
    wah dorna curang nih …how come marques cuma dapat 1 pinalti poin seharusnya marq di diskualifikasi 1 balapan tuh …gua setuju sama komen rossi soal pinalti marq : “I think Marc should be penalised for two or three seasons ……..”
    ===================================================
    ane setuju bro dg pendapat anda, bagaimana jk MM dikasih penalti start paling buncit selama 4X race terakhir supaya JL juara dunia??? V rossi itu bercanda karena rossi pun sering bermain kotor n mbhayakan pmbalap lain jk rival mempunyai point peluang sama2 juara, makanya VR bilang,”saya rasa MM akan mndapatkan sanksi tidak boleh mengikuti race 2 atau 3 tahun SAMPAI SAYA PENSIUN.
    maksud sampai saya pensiun itu VR kurang setuju krn dia jg spt itu,

    Like

Leave a comment