Impressi test ride Kawasaki Z250……handling juozz gandozzz!!!

Z250Bro dan sis sekalian….puas sudah mengekplorasi naked bike anyar keluaran Kawasaki…Z250. Paket komplit yang bisa IWB katakan sempurna khususnya dari dapur pacu serta desain. Thanks to bro Kobay aka Yogas yang rela jauh-jauh dari Duren Sawit ke Depok hanya untuk nyamperin IWB. Dan dari pertemuan itu pulalah warung ini akhirnya bisa menyuguhkan artikel tentang impressi total sang street Fighter. Kesan pertama….handling juozzz gandozzzz!!!!AHMlwb-460x240

Sebagai turunan keluarga street fighter Z…..garis desain versi seperempat liter juga mewarisi kebengisan kakek buyutnya. Khususnya shape batok lampu lebar tapi menyempit dibagian dagu dan jidat. Tidak hanya itu, ketika mzbro hidupkan engine…..lampu akan nyala sebelah. Yup….menganut moge tulen, sorot lampu utama mengandalkan sisi kanan. Sedang sebelah kiri hanya aktif sebagai high beam atau lampu jauh….

Kendati demikian…tidak bisa dipungkiri nyawa body Ninja 250 FI sangat kental terasa terutama dari body tengah kebelakang. WIsss…pokoke podo plek brosis. Bedanya hanya pada stang dimana sang street fighter dibekali model fat bar bukan jepit seperti sang Ninin. Disesuaikan gennya naked bike…..fairing dilengserkan dan diganti cover engine yang juga berfungsi sekaligus sebagai shroud menyambung dari atas kebawah….

Ergonomy riding dan style

Sampeyan bakal terasa seperti naik moge. Sensasi dikarenakan bentuk tanki gambot ditambah shroud yang mekar kesamping. Aura tersebut semakin kuat saat tangan memegang stang yang rendah namun lebar dengan pemandangan konsol speedo yang mungil dan kompak. RPM analog…speed digital. Untuk display….kita akan mendapati jam  digital disana. Walah….lengkap juga ya ternyata. Asyiknya posisi badan ketika diatas Z250 tidak nunduk habis namun juga tidak tegak. Dengan seat height 785mm, IWB yang bertinggi badan 170cm merasa cukup nyaman. Kaki menapak sempurna….badan tidak dipaksa dlosor untuk meraih stang. Tapi jangan sekali-kali dimiringin mzbro. Walau bobot mencapai 168kg atau lebih ringan dibanding Ninja 250FI yang berbobot 172kg…..Z250 tetap membuat ciut nyali jika roboh. Bagaimana setelah jalan??…

Z250Dilalah IWB disodori trek yang amit-amit macetnya. Melibas jalan raya Margonda Depok dihari Sabtu seperti neraka rasanya. Namun dengan torque 21NM, siBaby Shiro…sebutan bro Yogas pada tunggangannya tetap terlihat santai. IWB ajak bermanuver dikemacetan enak aja. Feel-nya…..Z250 tidak membuat boyok pedot. Adem brosis. Namun….pressure lebih kearah telapak tangan yang memegang grip gas. Weleh-weleh….lumayan euy. Maklum…sisi ini memang kudu menahan bobot badan IWB yang mencapai 80kg (mundak lemu rek…mangan tok ora olah raga :mrgreen: ) . Sekalinya lepas dari kurungan…..sijaran wesi IWB betot!

Engine and performa

Semburan tenaga Z250 mirip dengan Ninja 250FI. Nampol saat RPM melewati angka 7000-an. Raungan yang dihasilkan lumayan mampu memberikan sensasi G-Force. Asyikkk tenan oiiii!. Jika dibandingkan Ninja…sebenarnya engine keduanya bak pinang dibelah dua. Muntahan spek power diangka 32PS@11,000RPM serta torque 21NM@10,000RPM. Namun akibat bobot Z250 yang lebih ringan 5 kg….dorongan akselerasi sedikit lebih nampol sibanding Ninin. Emboh karena perasaan aja atau memang faktanya seperti itu….namun itulah yang IWB rasakan….

Z250

Kecepatan 125km/jam engine masih rileks……

Yang IWB sukai lagi dari Z250 adalah cooling sistem. Yup…dibanding sang fairing….temperatur sibaby Z lebih stabil saat diajak melibas jalanan macet. Hawa panas tidak terlalu terasa dibagian paha seperti lazimnya motor berkubikasi besar. Tentu saja keuntungan didapat akibat pelepasan panas dari mesin lebih maksimal. Lawong satunya dikekekepin (Ninja)…sedang lainnya  dibuka brak. Dan kalau kita mengintip sejarah kelahiran baby Z…proses R & D disinyalir memang menggunakan simulasi cuaca tropis Indonesia. Makanya hasilnya top cer….

Sayang…..untuk gir satu low RPM, kadang-kadang masih dijumpai letupan lembut seperti los power. Jadi kita kudu pinter-pinter mengail putaran mesin dititik ideal. Soal ini bisa dikarenakan setingan yang memang rada susah untuk sistem fuel injection jika knalpot sudah tidak standart. Tapi overall….tidak terlalu mengganggu dan jarang nongol. IMHO…Z250 masih menjadi raja naked 4 tak. Sadis tenan. Nah…untuk detil akselerasi pergigi, akan IWB rilis diartikel berikutnya bersama video komplit sebagai gambaran. Terus dengan performa beringasnya…berapa rata-rata komsumsi BBM??….

Berdasarkan sumber langsung dari bro Yogas….seliter Shell V-Power meraih 17-18 km. Anehnya….fuel consumption lebih irit ketika menggunakan bensin Pertamax plus. Jika Shell 18km untuk seliter oktan 94 maka produk Pertaminan mampu tembus 20km. “Tarikan juga lebih nampol bro” seru kang Kobay. Pengetesan berdasarkan trip meter yang direset ke angka nol kombinasi top up. Weleh-weleh….boros juga ya :mrgreen:.

Handling and riding

Nahhh….ini nih yang IWB demen. Ride and handling masuk kategori superb untuk kelas naked bike. Juozzz gandozzzz mzbro. Tidak ada gejala goyang sama sekali ketika sampeyan bawa melaju diatas 100km/jam. Bahkan melayani betotan pararel engine yang termasuk beringas…sasis seperti mesam-mesem ngeledek. Jian stabil pol. Sensasi antep cukup terasa mulai dari stang hingga buntut belakang. Saat rebahpun tidak ada gejala ban geser atau sliding. Usut punya usut…kang Kobay sebagai owner sang kuda besi jebule sudah mengganti ban standart IRC ke Bridgestone BT S20 Woalah…pantes.Z250

Tapi memang….soal handling seperti biasa Kawasaki masih susah dicari tandingannya. Bahkan keantengan handling Z250 tidak kalah Jika dibandingkan Ninja 250FI sekalipun. Iyalah…..lawong basisnya sama plek. Dengan rake dan trail 26/82mm….keduanya sedikit beda karakter. Jika Ninja lebih gampang mengambil tikungan, Z250 rada butuh extra effort. Hal itu juga diakui oleh bro Kobay. Cukup dimaklumi memang mengingat gen basis pembuatan mengutamakan cruiser menjelajah jalanan lurus….bukan buat rebah-rebahan. Selain itu…..mungkin perbedaan baru terasa ketika kecepatan masuk zona high speed. Hitungan aerodinamika fairing bike bagaimanapun tidak dimiliki naked bike. Apapun itu, masalah kestabilan sekali lagi Kawasaki mampu menunaikan tugasnya secara brilian…..

Braking

Z250 dicangkokin piringan single 290mm kaliper Nisin dua piston (rem depan) serta belakang 220mm dual piston. So……walau saat testing berat total yang mendera Z250 mencapai 248kg (168kg + 80kg :mrgreen: )…..semua bisa dilayani dengan gampang. Braking termasuk jempolan tidak ada keluhan.

Kesimpulan

KMI merilis Z250 dengan harga 48,5juta OTR Jakarta. Walau lumayan tinggi……sensasi yang ditawarkan memang bak moge tulen. Powerfull, handling stabil serta segudang prestige lainnya. Mungkin ada beberapa poin yang IWB catat sebagai masukan untuk pengembangan berikutnya yakni material speedometer yang terkesan tipis mengurangi aura premium bike, absen SKS (shutter magnet key) untuk safety, plus desain shroud atau CE yang malah mengurangi rasa garang sipararel engine. Selebihnya…..mantep tenan. So….Z250??. Ora ono critain goyang kangbro….handlingnya juozzz gandozzz!!! (iwb)

Z250

Pose bersama sang Owner….bro Kobay aka Yogas. Thanks mzbro

Spesifikasi Kawasaki Z250

Tipe mesin : 4-stroke liquid-cooled Parallel Twin
Kapasitas Mesin : 249 cc
Jarak dan langkah : 62 x 41,2 mm
Ratio Komperasi 11,3 : 1
Sistem valve : DOHC, 8 valve
Fuel Supply : Fuel injection with dual throttle valves
Ignation : Digital
Starting : Electric
Transmissio : 6 speed, return
Maximum power : 32 PS/ 11.000 rpm
Maximum Torque : 21,0 Nm/ 10.000 rpm

Frame type : Tube diamond, steel
Rake/ Trail : 26 /82 mm ninja 27 derajat/93 mm
Suspension, front : 317 mm telescopic fork
Suspension. rear : Bottom-link Uni-Trak with gas-charged shock and 5-way adjustable preload
Tyres, front/rear : 110/70-17 M/C (54S), 140/70-17 M/C (66S)
Brake, front : Single 290 mm petal disc with dual-piston caliper
Brake, rear : Single 220 mm petal disc with dual-piston caliper
LxWxH : 2,010 x 750 x 1.025 mm
Wheelbase : 1.400 mm
Seat height : 785 mm
Fuel capacity : 17 litres
Curb mass : 168 kg

242 thoughts on “Impressi test ride Kawasaki Z250……handling juozz gandozzz!!!

  1. Testnya masih kurang MzIWB….
    Konsumsi Pertamaxplus-nya 1 liter bisa nempuh berapa km…..????
    sorry kalo OOT cuma pingin tau aja…..

    Like

  2. Lo kang IWB motore ganteng temenan….
    Bodine kekar…
    Ban e sport sejati lebar..
    Tutup tangki rata khas motor real sport….
    walaupun FBY lek ndelok motor iki pancen ganteng temenan…

    Like

  3. biarpun USUL dariku itu SENGAK tapi nanti iwebe sendiri yang akan merasakan hasilnya dipercaya ATPM.imho

    Like

  4. coba tu shroud di ilangin aja yak..keknya makin garang deh 😀
    makin kelihat mesin dan tentunya bikin adem lage..
    cukup cover bawah mesinya nya aja yang di pasang

    Like

  5. 33. Dolar naik terus – September 6, 2013

    CB ane bagus juga dibikin gitu
    ==============================

    cairin dollar ente yg banyak pumpung masi sekitar 11.500 rupiah exchange nya buat modif CB ente disegala sektor mulai dari:
    -sasis
    -tutup tanki sama sekalian tangkinya
    -ban dan velg 3.5 inch

    *lek duwekmu gag cokop nyaleso disek*

    Like

  6. yaah.. artikel yg nggak di sukai para fby aka sem-paker, tiap bahas 250 cc mereka cuma ndoweh sambil ngelus dada..

    Like

  7. @bro kobay…

    itu spion sama spakbor belakangnya apa tidak bagusan yg orisinil, lebih fungsional….cuma saran.

    Like

  8. 1. balakutang – September 6, 2013

    yaah.. artikel yg nggak di sukai para fby aka sem-paker, tiap bahas 250 cc mereka cuma ndoweh sambil ngelus dada..
    ============================================

    justru gua suka artikel yg kayak ginian…menyadarkan merk hansip semprot motor jadul pujaan ente yg masih menganut model ajaran tiger200 cecek supermoge. wkwkwkwkwkwk

    Like

  9. setuju dgn…desain shroud atau CE yang malah mengurangi rasa garang sipararel engine…
    kenapa tidak full naked sj selain jd lebih gahar mgkn bs lebih murah dikit lagi hehehe…..

    Like

  10. bentar lagi mereka ikut nimbrung sembunyi di ketek kawasaki.

    lihat kalender lagi aah..kapan ya jagoan 250cc mereka brojol.

    Like

  11. Ngopi sama dukun dan sekalian tanya kapan merk sayap ngilangin barang jadul dimotornya.

    Like

  12. Tyres, front/rear : 110/70-17 M/C (54S), 140/70-17 M/C (66S)

    kalimat yg bikin sebagian kaum nangis

    Like

  13. mw motor apapun yg dibahas…tetep akan muncul tuyul fby yg cela honda,wkwkwkk
    apalagi bahas kelas 250cc…cm bs ngelus dada smbil liat scorpio, ngenesssss……

    Like

  14. mas boleh nanya ga? untuk shock depan di banding punya kebo gede mana mas…??? maaf nanya kan ga tau makanya nanya??? 😆

    Like

  15. @ 28. acacia
    Oh iya….ditambahi mzbro
    @ 35. peyek
    Sampeyan nggak bisa bedain usul sama ngenyek ya. Yah kalau IWB mah jangan disamain sesepuh TMC lah…jauhlah kalo perkara moge. Terus kalau ATPM test ride pinjem teman salahkah?. Btw suwun usulannya yang sangat indah hehehe
    @ 37. Ho_oH
    Kalau ini setuju saya hehehe
    @ 38. Ferboes Richardson
    Lah-lah…no 39 koq pertamax ki dari mana critanya :mrgreen:
    @ 44. abank
    Bisa aja mzbro xixixi
    @ 48. Kobayogas
    Siowner nggak terima wkwkwk. Siapp kang, direvisi. Kurang teliti euy

    Like

  16. 42. Penyadar Doktrin Dongo – September 6,
    2013
    @bro kobay…
    itu spion sama spakbor belakangnya apa tidak
    bagusan yg orisinil, lebih fungsional….cuma
    saran.
    ================================
    Setuju sama bro satu ini…..
    Fungsionalitas bro….
    *safety riding dan kelengkapan….
    (nopol depan) xixixixixi….

    Like

  17. 61. iwanbanaran – September 6, 2013
    @ 28. acacia
    Oh iya….ditambahi mzbro
    @ 35. peyek
    Sampeyan nggak bisa bedain usul sama ngenyek ya. Yah kalau IWB mah jangan
    disamain sesepuh TMC lah…jauhlah kalo perkara moge. Terus kalau ATPM test ride
    pinjem teman salahkah?. Btw suwun usulannya yang sangat indah hehehe
    @ 37. Ho_oH
    Kalau ini setuju saya hehehe
    @ 38. Ferboes Richardson
    Lah-lah…no 39 koq pertamax ki dari mana critanya
    @ 44. abank
    Bisa aja mzbro xixixi
    =====================================================
    Yg penting komentarnya pertamax maaassss…
    Xixixixi
    Abisnya susah banget mo jadi pertamax dengan koneksi sinyal kuat indosat….

    Like

  18. 42. Penyadar Doktrin Dongo – September 6, 2013

    @bro kobay…

    itu spion sama spakbor belakangnya apa tidak bagusan yg orisinil, lebih fungsional….cuma saran.
    ================

    Bisikan dari owner, katanya cukup sulit menggabungkan antara fungsi maksimum dengan style/ fashion.
    Harus ada yang mengalah, jika fungsi jadi maksimum maka biasanya style menjadi minimum/ moderate.
    Nah si owner masih mencoba menampilkan keduanya, style/ fashion yang lebih ditonjolkan, tapi fungsi masih tetap ada walau jatuhnya jadi minimum.
    Begitu katanya bisikannya…hehehe

    Like

  19. 47. Penyadar Doktrin Dongo – September 6, 2013

    justru gua suka artikel yg kayak ginian…menyadarkan merk hansip semprot motor jadul pujaan ente yg masih menganut model ajaran tiger200 cecek supermoge. wkwkwkwkwkwk
    _____________________________________________________
    dan untuk menyadarkan merk motor sesembahan ente utk segera mengeluarkan motor 250cc, masa masih dikasi motor jadul 225cc aircooled 5speed karbu 19HP, malu tuh sm kawak, honda, n suzuki.+bajaj…yg udah ngeluarin motor >21HP.
    lu mw cela CBR 250 jg d dunia lebih laku drpd ninin 250, makanya kawak ganti ninin 250 jd 300cc(kcuali d indo. batasan PPnBM)…biar gapnya jauh n bs nyaingi pnjualan CBR d dunia.

    ntar klo yimm ngeluarin 250cc 2cyl…honda pasti ga bakal tinggal diem…dah ada basis VTR 250 2cyl V-twin Trellis. 😉

    Like

  20. mw motor apapun yg dibahas…tetep akan muncul tuyul fby yg cela
    honda,wkwkwkk
    apalagi bahas kelas 250cc…cm bs ngelus dada smbil liat scorpio, ngenesssss……
    ================================================
    Aaahhhh….sama aja bro..
    Fbh juga artikel apapun tetep nyela yamaha….
    Tuh buktinya anda barusan nyela si scorpio…..

    Like

  21. 58. tourer – September 6, 2013
    mw motor apapun yg dibahas…tetep akan muncul tuyul fby yg cela
    honda,wkwkwkk
    apalagi bahas kelas 250cc…cm bs ngelus dada smbil liat scorpio, ngenesssss……
    __________________________________________________
    Fbh juga sama aja kok….
    Ini salah satu buktinya

    Like

  22. ngomongin 250cc sama sem-paker seperti ngomong sm orangbuta.. meski diceritain panjang lebar gak bakal ngerti karena pabrikan mereka gak punya..

    Like

  23. Yang menjadi penyebab komen saya tidak netral lagi ada alasannya.

    Sebenarnya dulu saya komennya netral-netral aja tetapi setelah baca komen-komennya FBH yg cenderung ngawur dan tidak sesuai fakta jadi sebagai rider merk garpu tala terpaksa saya meluruskan saja.

    Wong saya ngasi kritik itu supaya merk sayap membenahi diri dan lebih bagus lagi.

    Contoh saja, Coba kalau vixion gag pernah ada, entah apa jadinya populasi motor laki ditanah air……apa saudara2 mau dijejali motor kayak megaprot, GL Mas, Tigret sampe sekarang….

    Kritik itu lebih banyak membangunnya,
    dan saingan itu menyehatkan barang dan konsumennya.

    Like

  24. 70. Ferboes Richardson – September 6, 2013

    Fbh juga sama aja kok….
    Ini salah satu buktinya
    _____________________________________________________
    fbh kok punya mio d rumah…..ni ke kantor gw pake mio-nya.
    sory, gw netral….mo fby,fbh, fbk, fbs nyolot gw ladenin….gw udah pernah punya ckup byk mtor dr tiap pabrikan berbeda+ motor2 yg pernah gw coba dr tiap pabrikan, ntah itu punya temen atw kluarga… bagi gw ga ad mtor paling kenceng/sempurna…smua ada +/-
    ngerasa lucu aj d tiap trit yg bahas kelas 250cc fby langsung nyela CBR250….

    Like

  25. Ucapan terima kasih tak terhingga untuk lek IWB (dan asistennya bro Erik) yang sudah sudi meluangkan waktunya untuk bersilaturahim. Walau beberapa kali pending tapi alhamdulillah akhirnya kesampean.

    Juga atas kesudiannya nyemplak dan acak-acak Moge wanna be saya yang cupu si Baby Shiro Z, karena saya percaya kelas 250cc buat lek IWB mah kaya naek bebek hehehe secara dah beberapa kali ngetes 600cc ke atas.

    Yet, harapan saya sih semoga lek IWB bisa berbagi pengalaman atau impresi berkendara dengan Baby SHiro kepada teman-teman blogger maupun pengunjung blog dari sisi cerita IWB, thus bermanfaat sebagai ilmu atau pengetahuan tentang motor khususnya kelas 250cc yang kebetulan bentuknya Street Fighter kali ini. Semoga sesi tesnya cukup, atau kalau belum semoga nanti bisa dilanjut ke Sentul hehehe.

    Keep in touch ya lek…. thumbs up…!!

    Like

  26. 68. tourer – September 6, 2013

    dan untuk menyadarkan merk motor sesembahan ente utk segera mengeluarkan motor 250cc, masa masih dikasi motor jadul 225cc aircooled 5speed karbu 19HP, malu tuh sm kawak, honda, n suzuki.+bajaj…yg udah ngeluarin motor >21HP.
    lu mw cela CBR 250 jg d dunia lebih laku drpd ninin 250, makanya kawak ganti ninin 250 jd 300cc(kcuali d indo. batasan PPnBM)…biar gapnya jauh n bs nyaingi pnjualan CBR d dunia.

    ntar klo yimm ngeluarin 250cc 2cyl…honda pasti ga bakal tinggal diem…dah ada basis VTR 250 2cyl V-twin Trellis.
    ========================================
    V-engine trellis DRIJIMU ABUOH…….

    Jangan muluk2 lingkup omongan ente sampe keluar negeri segala, CBR250 itu CBU bukan hasil AHMPRUT. Kalo HONDA THAILAND saya suka atau produsen luar negeri lainnya. Tapi kalau AHMprut mah amit2 beruknya.

    Kita lihat dilingkup yg lebih sederhana saja di indonesia mana laku CBR itu dan akui saja kawasaki memang rajanya motor premium.

    Obrolan luar negerinya cukup MOTO GP saja.

    Like

  27. manteb ripiu nya.. zoozzz…

    nanti kalo salah se ekor fbh udah ada nyang punya mongtor semprot 125sese Lima pistun dari pabrikan sesembahannya.. kang Iwan harus mencoba Dan meripiunya dengan lengkap Dan joss…
    biar kagak ada tuduhan ada anak emas Dan anak tiri lagi….

    Like

  28. 78. tourer – September 6, 2013
    70. Ferboes Richardson – September 6, 2013
    Fbh juga sama aja kok….
    Ini salah satu buktinya
    _____________________________________________________
    fbh kok punya mio d rumah…..ni ke kantor gw
    pake mio-nya.
    sory, gw netral….mo fby,fbh, fbk, fbs nyolot gw
    ladenin….gw udah pernah punya ckup byk mtor
    dr tiap pabrikan berbeda+ motor2 yg pernah gw
    coba dr tiap pabrikan, ntah itu punya temen atw
    kluarga… bagi gw ga ad mtor paling kenceng/
    sempurna…smua ada +/-
    ngerasa lucu aj d tiap trit yg bahas kelas 250cc
    fby langsung nyela CBR250….
    ===========
    =============
    Hmmmmm…..siiiipppp
    Harusnya skalian juga diikut sertakan fbh jg sama kok ga ada beda sama fby.
    Yg kalap ya tetep kalap bang….
    Jadi biar lebih keliatan netralnya.
    Byson jg jd bulan2an kalo bahas sport kencang,sama kaia cbr kalo lg bahas sport ganteng.
    Apa sih yg ga di bece????
    Tiap ada artikel motor baru biarpun ducati atau motor yg muahal skalipun tetep aja ada yg ga disukai.
    Selera beda2 ga mungkin sama.

    Like

  29. 77. Penyadar Doktrin Dongo – September 6, 2013

    Yang menjadi penyebab komen saya tidak netral lagi ada alasannya.

    Sebenarnya dulu saya komennya netral-netral aja tetapi setelah baca komen-komennya FBH yg cenderung ngawur dan tidak sesuai fakta jadi sebagai rider merk garpu tala terpaksa saya meluruskan saja.

    Wong saya ngasi kritik itu supaya merk sayap membenahi diri dan lebih bagus lagi.

    Contoh saja, Coba kalau vixion gag pernah ada, entah apa jadinya populasi motor laki ditanah air……apa saudara2 mau dijejali motor kayak megaprot, GL Mas, Tigret sampe sekarang….

    Kritik itu lebih banyak membangunnya,
    dan saingan itu menyehatkan barang dan konsumennya.
    _____________________________________________________
    jyah…jaga prinsip lah masbro, masa kehasut sm omongan fbh?coba diliat deh omongan2 fby macam peyek, mbah darmo, jaos….etis kah?sesuai fakta kah?harusnya bro netral…mo itu fbh,fby, fbs,fbk, fbb tetep harus diluruskan…sesuai fakta yg ada, bukan opini pribadi.
    gw jg ga benci yamaha, d rmh ada tuh mtor yamaha, tmen2 gw klo nanya gw bagusnya beli apa sering jg kok gw rekomendasikan mtor yamaha klo itu emg sesuai dgn karakter+kebutuhan dy…tp pasti gw jelasin mtor itu apa +/- nya, ga melebih2kan ni motor kenceng bisa ngalahin ninja lah, ga ada penyakitnya, dll.

    Like

  30. Wah,motor keren tutup tangki rata,plat dijidat,ban gambot.bakal di benci n caci maki nih ama tante2 fBH.hihiihihi

    Like

  31. 81. tourer – September 6, 2013

    gw udah pernah punya ckup byk mtor dr tiap pabrikan berbeda+ motor2 yg pernah gw coba dr tiap pabrikan, ntah itu punya temen atw kluarga.
    =================================================
    begitu baca kalimat ente, agak lucu juga ENTE NYANGKAL KALIMAT ENTE SENDIRI HANYA DALAM SATU KALIMAT ITU SENDIRI.

    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwk….semua orang baca komen ente juga tau kalo ente itu kaum KUTANG

    Like

  32. 87. peyek – September 6, 2013
    manteb ripiu nya.. zoozzz…
    nanti kalo salah se ekor fbh udah ada nyang punya mongtor semprot 125sese
    Lima pistun dari pabrikan sesembahannya.. kang Iwan harus mencoba Dan
    meripiunya dengan lengkap Dan joss…
    biar kagak ada tuduhan ada anak emas Dan anak tiri lagi….
    =================
    ==============
    Om peyek yg kocak dan bikin ngakak….
    Itu peyek yg avatarnya ijo siapa sih?
    Yg asli yg biru apa yg ijo????
    *bingung

    Like

  33. @ 67. Kobayogas
    Byuh…owner dibombardir ki :mrgreen:
    * Ora melu-melu, kaburrr
    @ 71. zhant_88
    Yup…racing bro
    @ 74. balakutang
    Bisa aja wkwkwk
    @ 84. Kobayogas
    Wah…saya yang terima kasih mzbro. Sorry baru bisa bertemu dan silaturahmi setelah beberapa kali janjian. Malah disodori ngetes sang siro buat pengunjung setia IWB, Suwun kang Kobay
    @ All
    Hoiiii…wis, ini lagi bahas Kawasaki koq malah pada berantem merk lain ya. Haduhh…tepuk jidat tenan
    @ 89. herman
    Yup…dihutan UI bro. Teliti tenan
    @ Ferbos
    Yang asli biru bro

    Like

  34. komengtator : woiii… kok kagak ada nopol depan…
    owner : emang nape… ??? maslah biar loe… mongtor aing.. kumaha aing….

    😆

    Like

  35. Buat FBH seharusnya berterima kasih kepada kritikus merknya karena kalau gag ada yg ngritik, lo bakal dijejali barang semaunya pabrikan yg cenderung merugikan konsumen.

    Kalau dilihat dengan kepala dingin sebenarnya saya membantu anda untuk mendapatkan tungganggan yg bagus dan tidak jadul supaya kalo dijalan gag perlu malu naik motor beruk.

    Like

  36. 94. iwanbanaran – September 6, 2013

    Hoiiii…wis, ini lagi bahas Kawasaki koq malah pada berantem merk lain ya. Haduhh…tepuk jidat tenan
    ====================================================
    uwes ta komen kang artikele maeng komenmku KAWASAKI Z250:
    -banter
    -ganteng
    -anteng
    -dan luarang men to yo….

    Like

  37. 85. ●○ qwerty ○● – September 6, 2013
    http://iwanbanaran.com/2013/09/06/impressi-test-ride-kawasaki-z250-handling-
    juozz-gandozzz/#comment-409094
    ^@behakutang
    dari dulu yang ada itu mereka yang mengklaim dirinya fbh dan mereka juga yang
    men-cap komentator berseberangan dengannya disebut sbg fby..
    jadi intinya cuma fbh n non fbh..
    dari dulu kalo ada komentator kontra fbh langsung di stempel sbg fby..
    paham c0ng, kalo belum pahan jedotin kepale loe ke monitor !
    wkwk..
    _________
    ___________
    _________
    Naaaahhhh…..ini nih
    Pokoknya harus pro honda
    Honda itu paling laku
    Kalo ga pro honda nanti dikemplangin sama new pikong

    Like

  38. 50. ZR – September 6, 2013
    setuju dgn…desain shroud atau CE yang malah mengurangi rasa garang sipararel engine…
    kenapa tidak full naked sj selain jd lebih gahar mgkn bs lebih murah dikit lagi hehehe…..
    ————————————————————————————
    ini khan buat dua “selera” berbeda bro. 1 utk hi speed tapi boyok pedot (ninin), 2. lebih utk kruiser/long trip n ga bikin cpt pegel

    Like

  39. Ngenes liat 6 sport ahm yg gak bisa jungkalin NVL.hihihihi…padahal ahm dah keluarin semua tante2 fBH untuk nge BUECUE…..masih aja keok.

    Like

  40. mudah²an ane ketemu iwb.. jadi bisa di sepisot iwb lagi nunggang kebo biru…
    kebetuan ane lagi di perjalanan….

    Like

  41. Setelah saya amati dan saya terawang serta puasa 7 hari 7malam di 7 sumur dan 7 gunung… *iwb mode on

    Saya sudah yakin dan sudah memantapkan diri bahwaaaaaaa……

    PEYEK yg asli adalaaaaaaaaahhhhhhhh……

    PEYEK yg avatarnya biruuuuuuuu…..

    *suwun mas iwb atas pencerahannya…

    Like

  42. 82. resdiantoRR – September 6, 2013

    bang bang, itu plat nomor depanny kok gak ada bang?
    ==============

    Bisikan ownernya, itu jangan diikutin hehehe…lebih ke estetika aja kok katanya. Yang penting plat asli ada, STNK asli ada dan tetap safety.

    Yet, owner sempat diskusi sama lek IWB juga soal posisi plat ini, ya ternyata di Eropa malah tidak disarankan untuk memasang plat di jidat for safety sake, karena jika copot maka bisa menciderai rider.

    However, sejauh yang saya tau belum pernah denger juga sih cidera akibat plat nomor jidat lepas. Tapi kita tinggal di Indonesia sih ya, sebaiknya dipatuhi, tapi owner memilih tidak hehehe. Habis kaya orang demam dikompres katanya :D. Sekali lagi jangan diikuti karena ini lebih ke pilihan masing-masing aja. NDak ngajari kata ownernya. hehehe

    http://kobayogastea.blogspot.com/2013/08/meet-iwb-humble-and-charming-person.html

    Like

  43. Tapi memang….soal handling seperti biasa Kawasaki masih susah dicari tandingannya. Bahkan keantengan handling Z250 tidak kalah Jika dibandingkan Ninja 250FI sekalipun.
    =============
    kalo ama cbr 150 handling enak mana mas bro hehe.?
    bukannya cbr 150 handling mantap polllll….

    Like

  44. 105. peyek – September 6, 2013
    mudah²an ane ketemu iwb.. jadi bisa di sepisot iwb lagi nunggang kebo biru…
    kebetuan ane lagi di perjalanan….
    ______________
    _____________
    Xixixixixixixii…… Yang boneng beroooo….???????
    Emang lagi nyasar kepulau jakarta ya????
    Ayuk kita kopdar disenayan om sama owner shiro ini nanti malam….

    Like

  45. kang Iwan

    wes kang.. ojo nambah lemu meneh… inget.. royo kurban wes cedak.. mengko iso di tawar using…. 😆

    Like

  46. Ahm sebenernya pnya motor 250cc walaupum konsumenya kaum tante2.tp sebagai penghargaan buat tante2 fBH,ahm memberikan lampu bermodel kancut pada motor 250cc_nya.penjualan nyungsep lg.hihihihihi

    Like

  47. 86. Penyadar Doktrin Dongo – September 6, 2013

    V-engine trellis DRIJIMU ABUOH…….

    Jangan muluk2 lingkup omongan ente sampe keluar negeri segala, CBR250 itu CBU bukan hasil AHMPRUT. Kalo HONDA THAILAND saya suka atau produsen luar negeri lainnya. Tapi kalau AHMprut mah amit2 beruknya.

    Kita lihat dilingkup yg lebih sederhana saja di indonesia mana laku CBR itu dan akui saja kawasaki memang rajanya motor premium.

    Obrolan luar negerinya cukup MOTO GP saja.
    _____________________________________________________
    CBR itu produk global bro….sm kayak ninja 250, emg KMI yg bikin?impor jg kok, mo diproduksi dimana itu tetep merk yg bersangkutan…yg impor jg AHM bukan IU, didesain sm honda jepang lalu dproduksi honda thailand, smua produk mtor yg dibuat harus lewat persetujuan prinsipal utama di jepang.
    Untuk bs merakit produk2 itu d Indonesia jelas butuh waktu untuk transfer teknologi+kesiapan pabrik utk produksi.
    gini bro…coba ente analisa kasus Sonic>CS1, PCX>Vario 125 ISS, CBR150>CB 150….smuanya diimpor dulu baru diproduksi di Indo, stelah ini pasti si CBR250 yg dilokalkan, ntah itu jd new Tiger atau varian baru. Trus logika aj deh…stelah kalah dr ninja(di indonesia)…n terancam dgn kehadiran 2 silinder yamaha…masa honda diem aja liat CBR250 hancur?paling murah ya tinggal adopsi basis VTR250….drpd riset lg utk bikin mesin 250cc…mahal cuy…

    Like

  48. 110. faiz – September 6, 2013
    dah 3tahun komen di sini ga pernah di bls,wkwkwkw padaha ane rajin sarapan di sini
    ==================
    ==========
    Sabaaar brooo….
    Kalo disini ga dibalesin bisa dicoba inbox ke fb mas iwan.insyaallah nanti dibalas.
    Walaupun telat

    Like

  49. @ 105. peyek
    Buat apa bro cari spyshoot saya nunggang sikebo :mrgreen:
    @ 106. Ferboes Richardson
    Lah-lah….bayar royalti tuh harusnya
    @ 108. ari
    Selisih sekitar 2-3juta lebih mahal CBR bro
    @ 109. iwakbanaran2
    Sama-sama mantepnya tapi Z250 masih lebih mantep lagi
    @ 110. faiz
    Nanya apa mzbro…sorry soale nggak kebaca satu persatu komennya
    * Wis dibales ki hehehe

    Like

  50. 116. peyek – September 6, 2013

    probes

    wkwkwk… lagi perjalanan dari kota duri ke pekanbaru om…. 😆

    ================================================
    lha kok isok boso jowo tekan endi?

    Like

  51. wajarlah… motor ngguanteng lan gagah.. Wong mongtor import… lha.. pabrikan sesembahan fbh.. wes ng import.. jebule malah cap kolor…. 😆

    Like

  52. 116. peyek – September 6, 2013
    probes
    wkwkwk… lagi perjalanan dari kota duri ke
    pekanbaru om….
    ==============================================
    Kirain beneran lg otw mo ketemu iwb…
    Haasseeeemmmmmm tenaaaannn ikiii…..

    Like

  53. Podo padu nganti koyo mengkono……Kowe2 ki oleh opo?? Dho dibayar piro???? Podho2 konsumen mbok ora usah gontok2an, sing FBH tuku H, FBY tuku Y…tuku merk lain yo oleh……

    Like

  54. hore.. hore.. hore.. komen ane di bales kang Iwan.. 😆

    *mewakili om faiz… mengungkapkan isi hati… 😆

    Like

  55. 93. Penyadar Doktrin Dongo – September 6, 2013

    begitu baca kalimat ente, agak lucu juga ENTE NYANGKAL KALIMAT ENTE SENDIRI HANYA DALAM SATU KALIMAT ITU SENDIRI.

    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwk….semua orang baca komen ente juga tau kalo ente itu kaum KUTANG
    _____________________________________________________
    poin gw => gw udah ngerasain pake macem2 motor mulai dr jaman 2 tak smpe 4tak,gw udah ga percaya motor A adlh mtor terbaik sdgkn B adalah motor jelek/sampah, pabrikan A yg terbaik sdgkn B jelek.

    kaum kutang tp punya mio, n pernah punya vixion, F1ZR, Tiara, Jupi MX lama…. tserah lu dah mw blg gw apa…

    Like

  56. 28. acacia – September 6, 2013

    Testnya masih kurang MzIWB….
    Konsumsi Pertamaxplus-nya 1 liter bisa nempuh berapa km…..????
    sorry kalo OOT cuma pingin tau aja…..
    =================

    Bantu jawab lek IWB, ownernya bisik kalau pake V-Power 1:18-19, kalo pertamax plus 1:20-21…
    hhehe

    Like

  57. artikelnya kali ini dimenang kan para orang ganteng2 kekar dan

    disinyalir bagi kaum BH kagak berani komen dikarenakan sadar diri

    dan sadar motor.

    *katanya pedrolo dan marqiza lo rwek secara tidak langsung*
    wkwkwkwkwkwkwkwkkw

    Like

  58. 37. Ho_oH – September 6, 2013

    coba tu shroud di ilangin aja yak..keknya makin garang deh 😀
    makin kelihat mesin dan tentunya bikin adem lage..
    cukup cover bawah mesinya nya aja yang di pasang

    52. ZR – September 6, 2013

    setuju dgn…desain shroud atau CE yang malah mengurangi rasa garang sipararel engine…
    kenapa tidak full naked sj selain jd lebih gahar mgkn bs lebih murah dikit lagi hehehe…..

    83. Mbelgedess – September 6, 2013

    Lepas shroud makin keren… ala-ala Z800
    ===========================

    Bisikan ownernya, sepaham sebenarnya dengan rekan-rekan di atas, sudah pernah coba di tengok siapa tau bisa dilepas dan hanya bawah yang terpasang. Sayangnya bracketnya yang bawah menyatu dengan yang tengah jadi sulit jika yang tengah dilepas tanpa menyertakan yang bawah.
    Bisa sih kalau dimodif, tapi si owner ogah kalau modifnya ngerusak n ngakalin hehehe…kalau bikin bracket baru belum tentu rapi dan safety soalnya. Kalau lagi kenceng trus copot kan berabe. 😀

    Like

  59. Bisikan ownernya, sepaham sebenarnya dengan rekan-rekan di atas, sudah pernah coba di tengok siapa tau bisa dilepas dan hanya bawah yang terpasang. Sayangnya bracketnya yang bawah menyatu dengan yang tengah jadi sulit jika yang tengah dilepas tanpa menyertakan yang bawah.
    Bisa sih kalau dimodif, tapi si owner ogah kalau modifnya ngerusak n ngakalin hehehe…kalau bikin bracket baru belum tentu rapi dan safety soalnya. Kalau lagi kenceng trus copot kan berabe. 😀
    ===========
    maaf revisi, justru yang tengah itu satu kesatuan dengan atas…nyambung, jadi kalau mau ya dipotong….
    Padahal kalau ala Z800 keren ya? hehehe

    Like

  60. Boro2 1/4 liter RDB aja baru kemaren sore..
    Boro2 DOHC gigi aja ganjil..
    Boro2 iss inkeksi aja baru kemaren siang.. :mrgreen:

    Like

  61. 140. peyek – September 6, 2013
    perboes
    kalo nyang itu punya trio Macan om…
    ===========
    Ooohhhhh kirain kawin silang om…
    Coz,selama berkecimpung didunia ikan hias ini belum pernah dengar nama ikan kut4ng….
    *lugupol.mode.on

    Like

  62. yuspi
    wkwkw.. artinya… kelas ente cuman mampunya segitu om…
    sama kayak ane.. penunggang pikson jadul… 😆

    Like

  63. 116. tourer – September 6, 2013

    Kalo basisnya VTR, pendapat pribadi nih, nasibnya bakal mirip CBR atau Inazuma. Tapi yang jelas bakal lebih baik dari Inazuma karena berbekal nama besar Honda.
    Soalnya menurut saya tampangnya masih gak jauh dari Tiger, hanya terlihat lebih besar dan lebih modern saja.
    Nah tergantung niat si AHM nih, mau laris atau hanya sekedar laku saja? Kalau laris ya harus berkaca dari Kawasaki (dari sisi model) menurut ay.

    just my 2 cents loh yah…

    Like

  64. 119. tigirevo – September 6, 2013

    banyak temen yang mau ambil pada gak jadi, setelah liat motor pada ill feel semua, katanya kualitasnya jelek. bener gak ya? jadinya pd ambil ninin250
    =================
    Mungkin kebetulan gak suka model street fighter/ naked bike kali om temen2nya hehehe…
    Kalo dibanding Ninin, model emang yahud ninin, tapi menurut ay ini 2 model yang berbeda, jadi gimana selera.
    Pilihan si owner ke Z sih katanya karena udah pernah pake CBR 150 jadul (berfairing), jadi pengen nyoba naked bike lagi.
    Gitu bisikannya. hehehe

    Like

  65. 151. Kobayogas – September 6, 2013

    116. tourer – September 6, 2013

    Kalo basisnya VTR, pendapat pribadi nih, nasibnya bakal mirip CBR atau Inazuma. Tapi yang jelas bakal lebih baik dari Inazuma karena berbekal nama besar Honda.
    Soalnya menurut saya tampangnya masih gak jauh dari Tiger, hanya terlihat lebih besar dan lebih modern saja.
    Nah tergantung niat si AHM nih, mau laris atau hanya sekedar laku saja? Kalau laris ya harus berkaca dari Kawasaki (dari sisi model) menurut ay.

    just my 2 cents loh yah…
    ______________________________________________________
    imho,klo di adopsi mentah2 y kalah keren dr ninin atw model YZF R250 yg ad d majalah young machine… body harus di rombak total, harus ikut klan moge CBR, bukan VFR kyk CBR150/250 skg, yg diadopsi cm sasis+mesin yg dirubah sdikit jd 6speed…skg kn 5speed si VTR…soal power udah bersaing lah sm ninin, yang membedakan cm karakter+ tampilan dmn V-twin tenaganya lebih merata drpd inline yg cnderung top atasnya….blom lg mesin V-twin lebih ganteng tampilannya. Ckup buat jd diferensiasi dgn ninin n yamaha yg disinyalir pake konfig inline jg.

    btw cakep bro Z250 nya….motor naked terkeren saat ini.

    Like

  66. Disinyalir kebo biru dirumah sedang menangis sedih melihat majikannya selingkuh dengan kebo lain. wkwkwkwk

    Like

  67. 157. tourer – September 6, 2013

    151. Kobayogas – September 6, 2013

    116. tourer – September 6, 2013

    Kalo basisnya VTR, pendapat pribadi nih, nasibnya bakal mirip CBR atau Inazuma. Tapi yang jelas bakal lebih baik dari Inazuma karena berbekal nama besar Honda.
    Soalnya menurut saya tampangnya masih gak jauh dari Tiger, hanya terlihat lebih besar dan lebih modern saja.
    Nah tergantung niat si AHM nih, mau laris atau hanya sekedar laku saja? Kalau laris ya harus berkaca dari Kawasaki (dari sisi model) menurut ay.

    just my 2 cents loh yah…
    ______________________________________________________
    imho,klo di adopsi mentah2 y kalah keren dr ninin atw model YZF R250 yg ad d majalah young machine… body harus di rombak total, harus ikut klan moge CBR, bukan VFR kyk CBR150/250 skg, yg diadopsi cm sasis+mesin yg dirubah sdikit jd 6speed…skg kn 5speed si VTR…soal power udah bersaing lah sm ninin, yang membedakan cm karakter+ tampilan dmn V-twin tenaganya lebih merata drpd inline yg cnderung top atasnya….blom lg mesin V-twin lebih ganteng tampilannya. Ckup buat jd diferensiasi dgn ninin n yamaha yg disinyalir pake konfig inline jg.

    btw cakep bro Z250 nya….motor naked terkeren saat ini.
    =======================

    Kalau ternyata emang keren, V Twin n harga masih di angka psikologis, siap-siap kembali ke sayap kepak sebelah hehehe…

    Kata owner baby Z, makasih pujiannya 😀
    Tepatnya di kelas 250cc ya mazbro? kalo naked bike doang, Ducati jauh lebih keren soalnya hehehe…

    Like

  68. IWB said that….
    @ 108. ari
    Selisih sekitar 2-3juta lebih mahal CBR bro
    ————–

    ebuset… masih mahalan CBR dari pada si kembaran ninja ini. tiger bore up lebih mahal dari ninja naked. muke gileeeeee

    Like

  69. Tyres, front/rear : 110/70-17 M/C (54S), 140/70-17 M/C (66S)

    KALIMAT MANTRA BIAR FBH AYAN

    Like

  70. Sayangnya kunci kontak nya gak pake kunci magnet…
    Jaman sekarang ane selalu mikir mas, masalah keamanan
    T_T

    Like

  71. 161. Kobayogas – September 6, 2013

    Kalau ternyata emang keren, V Twin n harga masih di angka psikologis, siap-siap kembali ke sayap kepak sebelah hehehe…

    Kata owner baby Z, makasih pujiannya 😀
    Tepatnya di kelas 250cc ya mazbro? kalo naked bike doang, Ducati jauh lebih keren soalnya hehehe…
    ____________________________________________________
    sama, v-twin lebih menggiurkan buat gw, apalagi ditambah trellis. Tp mw liat dulu si R250 kayak gmn, klo ternyata lebih oke dr ninin/z250 dgn harga lebih murah krn CKD y smentara beli r250 dulu sbelum honda ngeluarin tandingannya,hehe

    yup, kelas 250cc yg beredar lewat atpm d Indonesia.

    Like

  72. 169. sejutawarnaa – September 6, 2013

    mosok? Udh coba inazuma ?
    __________________________________________________
    blum, masih jarang…blom ad mtor yg bs dipinjem buat nyoba(ga tertarik beli) tp udah kbayang lah krg lebih gmn…
    model ngikut clan B-King, keren sih, cuma body blakangnya itu…mirip megapro lama, klo beli plg ane modif blakangnya jd kyk ducati diavel pake fiber sm lampu rem pulsar.

    dibanding ninin/z250/CBR…inazuma lebih bagus dalam hal kenyamanan, karakter mesinnya jg bagus di low-mid rpm…cocok buat touring. jd bagi yg ga suka ngebut…doyan touring jarak jauh, cocok pake ni motor.
    soal desain…lebih gahar si Z di kelas naked 250cc,imho

    Like

  73. 68. tourer – September 6, 2013

    dan untuk menyadarkan merk motor sesembahan ente utk segera mengeluarkan motor 250cc, masa masih dikasi motor jadul 225cc aircooled 5speed karbu 19HP, malu tuh sm kawak, honda, n suzuki.+bajaj…yg udah ngeluarin motor >21HP.
    lu mw cela CBR 250 jg d dunia lebih laku drpd ninin 250, makanya kawak ganti ninin 250 jd 300cc(kcuali d indo. batasan PPnBM)…biar gapnya jauh n bs nyaingi pnjualan CBR d dunia.

    ntar klo yimm ngeluarin 250cc 2cyl…honda pasti ga bakal tinggal diem…dah ada basis VTR 250 2cyl V-twin Trellis.
    ====================================================
    waduh lawan nya YIMM langsung honda yaa.. kirain AHM yang turun tangan

    Like

  74. Si Muke Syempak 250 cc & 150 cc tetep RAJANYA 4 TAK Di SIRKUIT MONAS…. Ninja 250 masih kalah Handling sama CBR 150 ,.. CBR250 & 150 Cuma kalah sama Ninja 150 cc 2 TAK…. Gak Percaya ? …. Main Ke Monas, Mulai Jam 12 malam ke Atas dimulai…. 😀

    Like

  75. 172. orang indonesia – September 6, 2013

    waduh lawan nya YIMM langsung honda yaa.. kirain AHM yang turun tangan
    ______________________________________________________
    klo d indo y lawan AHM lah bro….honda mw jual motor dimari kn lewat ahm meski itu produk hasil impor atau dirakit disini…motor bikinan ahm ya motor honda jg, toh bikinnya mesti atas persetujuan Honda jepang meski didesain di INdo, ahm mw ngimpor motor y motor honda jg toh….jelek/bagusnya mtor yg dijual ahm y bakal pengaruh sm nama besar honda global jg. knp mesti dibeda2in mana buatan YIMM, KMI, AHM?
    kyk KMI…emg ninja 250 ga di impor?trus ninja bukan kawasaki ya?CBR dan ninja itu produk global, tserah mw diproduksi dmn tp itu tetep merk yg bersangkutan.
    itu byson jg emg bikinan YIMM?buatan yamaha india itu, cm dirakit disini, tetep toh lewat YIMM…
    Satria FU jg diimpor dulunya sbelum bs diproduksi disini, jd bukan mtor suzuki gitu?
    AHM udah berhasil melokalkan CBR150 jd CB150, PCX jd Vario 125, Sonic jd CS1….tinggal tunggu waktu smpe bs produksi CBR250 CKD.

    Like

  76. 166. minotaur – September 6, 2013

    Sayangnya kunci kontak nya gak pake kunci magnet…
    Jaman sekarang ane selalu mikir mas, masalah keamanan
    T_T
    =====================

    Iya bener, cukup di sayangkan sebenarnya. Tapi hasil diskusi sama salah 1 bengkel, sistem keamanannya cukup unik si Kawasaki (Ninja dan Z) ini, kalau diketok pake kunci (sebutlah Obeng T), dia akan mendem/ masuk ke dalam si rumah kuncinya…

    Like

  77. pendapat ku sih si sayap engkel, nggak akan seagresif mengeluarkan varian produk baru dlm menandingi kompetitor ,terkecuali lawan garputala.
    sdh dr sononya musuh bebuyutan 😀

    Like

  78. seliter Shell V-Power meraih 17-18 km.————-> mending lebih baik beli mobil aja dapat seliter/ km segitu….

    Like

  79. fby ngehina CBR 250R????

    gue mau tanya, emang produk yahomo apa yang dibanggakan????
    SOHC 5 speedkah

    Like

  80. 176. chuphes – September 6, 2013

    pendapat ku sih si sayap engkel, nggak akan seagresif mengeluarkan varian produk baru dlm menandingi kompetitor ,terkecuali lawan garputala.
    sdh dr sononya musuh bebuyutan 😀
    _____________________________________________________
    betul sekali……dari dulu, ga cm d indonesia, d jepang sndiri jg gitu,wkwkwk

    Like

  81. 163. Vega joss – September 6, 2013

    cbr250 lewat ma z250 wuuussss
    ———————————————————————————–
    ya jelas lah, harusnya lawan inazuma

    Like

  82. ceboker kata fb yakampret bukan bikinan AHM ngga seperti ninja…lu pikir ninja bikinan KMI ??… KMI itu adalah importir umum terbesar.. pabriknya cuma buat bikin bebek yang ngga laku itu…

    Like

  83. Terimakasih bang iwb atas sher ilmunya … Ini sangat berguna bagi para raider yang akan menambah koleksi atau mengganti tunggangannya sebagai referensi dalam memilih sepeda motor yang tepat bagi dirinya baik dari segi desain, performa mesin, kesetabilan dan budged … Salam satu aspal ..semoga sukses bang

    Like

  84. er6n ama z250 enak mana ya?
    kira ada ga ulasan er6n compare dgn z250..
    nunging mana?
    stang nya sama2 minim getar?
    minim mana?
    konsumsi bbm>?
    walau er6n cc besar tapi katanya kok bisa tembus 20km/l
    sama aja dunk kayak z250 yg cc lebih kecil?

    Like

  85. 186. Kunetral.rdr 250 – September 6, 2013

    Ngedol ci fi ra payu” rep go ganti ci z.
    ========
    bro knpa ninja fi nya dijual?
    kok malah downgrade ke z250? walau mesin sama, tapi harga beda..
    kalo bole tau apa setidak nyaman itukah ninja 250 fi???
    trus kamu sudah nyoba z250?
    thx
    soalnya bakal jadi calon kalo misal yfz250 1 silinder mau tdk mau ya ninja 250fi.
    pasaran ninja 250 fi second setelah di pake 1 thn kira2 turun brp ya?

    Like

  86. sensasi dua silinder emang mantef..jd kangen sm ninin ijo…liat headlampnya kagak nahan…itu yg ngetes sm yg pnya kek pinang dibelah dua..hehe…sm2 guanteng kek semplakannya

    Like

  87. buat honda ditunggu vtr250nya…biar sm2 2silinder…adem dnger suara knalpotnya…bruemmm…bruuueeeemmm….zwiiiiiiinggggg

    Like

  88. Sama cbr lebih nampol cbr kan, lebih irit lg 1:27-30.
    Trus rem abs cbr jd testes ban michelin, karna abs nya sgt handal.
    Kalo kawasaki katanya byk yg rem nya blong wkwk

    Like

  89. 194. mpie – September 6, 2013

    Sama cbr lebih nampol cbr kan, lebih irit lg 1:27-30.
    Trus rem abs cbr jd testes ban michelin, karna abs nya sgt handal.
    Kalo kawasaki katanya byk yg rem nya blong wkwk
    =======
    sayang gue dpt nya brg ccd mas bro, suer.
    stang getar diklaim tdk bisa..
    (soalnya mekanik nya takut salah klaim trus kena sanksi)
    sebenarnya sih lomayan cbr 150..
    cuma quality control ga kayak tetangga.
    mungkin kebanyakan order
    maklum,

    Like

  90. 192. 250cc kok 1 silinder – September 6, 2013

    buat honda ditunggu vtr250nya…biar sm2 2silinder…adem dnger suara knalpotnya…bruemmm…bruuueeeemmm….zwiiiiiiinggggg
    =========
    honda?…..
    …..
    yakin loe?
    seyakin gue honda dulu beda dgn honda sekarang,,

    think again!

    Like

  91. kayaknya kmi mau pamer qc,,
    pulsar 200 ns di tolak mentah2!

    krn quality nya beda ma samplenya.

    trus ada kabar lain yg mengatakan seat heigh nya di turunin ..
    di recall..
    trus kira2 bajaj ga rugi tuh?
    trus kira2 bajaj ga dendam tuh ma kmi??

    untung belum dpt uda buntung,,
    pulsar pulsar,,.

    Like

  92. 98. Penyadar Doktrin Dongo – September 6, 2013

    Buat FBH seharusnya berterima kasih kepada kritikus merknya karena kalau gag ada yg ngritik, lo bakal dijejali barang semaunya pabrikan yg cenderung merugikan konsumen.

    Kalau dilihat dengan kepala dingin sebenarnya saya membantu anda untuk mendapatkan tungganggan yg bagus dan tidak jadul supaya kalo dijalan gag perlu malu naik motor beruk.
    ———
    kalo tujuan saya sih agak beda,…

    memberikan konsumen sebuah transparansi mtr,,,
    menuntut keadilan terhhadap cbr 150 ccd yg di dpt , tapi tdk bisa diklaim,.
    supaya merk2 jepang semakin bersain kualitas , bukan kuantitas.

    yes yamaha
    kawasaki ride the wind of what?
    kampred honda

    Like

  93. seliter Shell V-Power meraih 17-18 km.
    Anehnya….fuel consumption lebih irit ketika
    menggunakan bensin Pertamax plus. Jika Shell
    18km untuk seliter oktan 94 maka produk
    Pertaminan mampu tembus 20km
    ————————————————————–
    Ngeriiii… .
    Yang bener aja itu dpt sgtu.?
    Saya owner N250R SE 2011 knalpot racing+jetting, pertamax biasa msih dpt 23km (pertamax+ jarang bro dsnini).
    kalo jarang kena macet bisa 25km

    Lah ini mesin bukannya udh injeksi yah.?
    Qo ya boros, saran buat owner setting lagi mesinnya bro, boros bngt motor ente trus coba pke pertamax biasa non plus buat perbandingan, pertamax biasa itu lebih adem ke mesin.

    Like

  94. sansiro pada September 6, 2013 pada 6:38 PM

    seliter Shell V-Power meraih 17-18 km.
    Anehnya….fuel consumption lebih irit ketika
    menggunakan bensin Pertamax plus. Jika Shell
    18km untuk seliter oktan 94 maka produk
    Pertaminan mampu tembus 20km
    ————————————————————–
    Ngeriiii… .
    Yang bener aja itu dpt sgtu.?
    Saya owner N250R SE 2011 knalpot racing+jetting, pertamax biasa msih dpt 23km (pertamax+ jarang bro dsnini).
    kalo jarang kena macet bisa 25km

    Lah ini mesin bukannya udh injeksi yah.?
    Qo ya boros, saran buat owner setting lagi mesinnya bro, boros bngt motor ente trus coba pke pertamax biasa non plus buat perbandingan, pertamax biasa itu lebih adem ke mesin.
    ===============
    kata ownernya sih ciyusan om…pake v power itu yg 1:17-19, di KM smp 1000an…1000 km ke sini nyoba pertamax plus lebih enak lari n malah lebih irit (1:20-21).
    Pertamax ye…oke deh tar cobain kali aja performa sama tapi bisa lebih irit…thanks advisnya.

    Like

  95. Tak buat Referensi nih kang,mau pake yang fi naked ato fi fairingnya…tapi kok knsumsi bhn bakar nya dibawah 20km/liter yaak??ninja 250 karbu saya,udh ganti knlpot..knsumsi masih nyentuh 23-24km per liter kang..pertamaxplus..

    Like

  96. 191. surya – September 6, 2013

    motornya bagus,,, spionnya doang aneh
    ==========
    selera masbrow…hehe
    itu black diamond replikanya Rizoma tipe Tomok loh…kalo gitu rizoma tomok juga aneh donk yah ? *mikir

    Like

  97. Wow.. thx utk reviewnya, emang udh lama nunggu review z250 nya kaoskaki hehey.. mantaapp…
    Laki bgt nih motor.. namanya juga keren plus logonya yg z kyk teringat logo zorro, kira2 bisa ga dibikin jadi motor hybrid yg hemat bbm.. #ngayalduluah
    Gw kurng suka ama motor honda di antaranya selain nama2 prduknya, sprti supra fit supri, megapro.. nama motornya masmas bgt, terlalhu exotis, kyknya ga ada kesan anak mudanya tuh nama.. pernah nyoba vario temen.. bentuk n bodynya asik sporty, tapi pas ngejajal.. kok kyknya kaga nyaman bener, berasa pake konde, enakan xeon kmana2.. scoopy juga starternya kasar bener.. padahal modelnya lumayan.. honda bisa aja sbmrnya fix ini, pernah nyewa motor beat, abis itu nyewa mio, kok enakan mio, walau ditanjakan kurang powernya.. skedar share

    Like

  98. 209. black dahlia – September 6, 2013

    Tak buat Referensi nih kang,mau pake yang fi naked ato fi fairingnya…tapi kok knsumsi bhn bakar nya dibawah 20km/liter yaak??ninja 250 karbu saya,udh ganti knlpot..knsumsi masih nyentuh 23-24km per liter kang..pertamaxplus..
    ==========
    itu konsumsi bbm di jakarta kah ? soalnya temen2 rata2 ya di 1:20-21…bisa 1:23 atau 24 kalo keluar kota.
    tapi gpp lah .. si owner bilang yang penting puas make n enjoy riding,, bbm nomor sekian hehe

    Like

  99. 189. 250cc kok 1 silinder – September 6, 2013

    sensasi dua silinder emang mantef..jd kangen sm ninin ijo…liat headlampnya kagak nahan…itu yg ngetes sm yg pnya kek pinang dibelah dua..hehe…sm2 guanteng kek semplakannya
    ========
    kata ownernya, gantengan ownernya masbro….sedikit….banyakan IWB…wkwkwkwkwk

    Like

  100. Wajar kalo di Sentul kalah, Ninja 250 4 Tak Motor yg gak Gampang dibawa Rebah ditikungan…. Di Monas saja Kalah ditikungan sama CBR 150, apalagi sama Kakaknya CBR 250 …. Ninja 250 motor yang DOYAN LURUS doang…. 😀

    Like

  101. 217. Dogol – September 7, 2013

    Wajar kalo di Sentul kalah, Ninja 250 4 Tak Motor yg gak Gampang dibawa Rebah ditikungan…. Di Monas saja Kalah ditikungan sama CBR 150, apalagi sama Kakaknya CBR 250 …. Ninja 250 motor yang DOYAN LURUS doang…. 😀
    ================
    gak salah kalo bicara soal handling mah hehehe…

    @ferboes:
    thanks udah sempetin dateng semalem lil bro…

    Like

  102. 219. Kobay Kabayan – September 7, 2013
    217. Dogol – September 7, 2013
    Wajar kalo di Sentul kalah, Ninja 250 4 Tak Motor
    yg gak Gampang dibawa Rebah ditikungan…. Di
    Monas saja Kalah ditikungan sama CBR 150,
    apalagi sama Kakaknya CBR 250 …. Ninja 250
    motor yang DOYAN LURUS doang….
    ================
    gak salah kalo bicara soal handling mah hehehe…
    @ferboes:
    thanks udah sempetin
    dateng semalem lil bro…
    ===============
    Sama2 bro….
    Saya agak nervous….gugup…
    Tapi tetep sok ja’im…hehehehehee….
    Dalam hati suueeeneeenng bangeeettt

    Like

  103. Ttep masih setia ama cbr old ane,.desain emang lama tp ga malu2in klo parkir ama mtor2 kluaran skarang,.

    Like

  104. 217. Dogol – September 7, 2013

    Wajar kalo di Sentul kalah, Ninja 250 4 Tak Motor yg gak Gampang dibawa Rebah ditikungan…. Di Monas saja Kalah ditikungan sama CBR 150, apalagi sama Kakaknya CBR 250 …. Ninja 250 motor yang DOYAN LURUS doang…. 😀
    =============
    benar sekali cbr 150 gampang bgt buat rebah,
    tapi sayang stang getar…

    Like

  105. alo mas kobay … ada disini???? soalnya di blog mas agak ribet coment nya,, (terlepas dari tujuan positif)

    gini aku mau tanya…

    1. mas sudah pernah test ride ninja 250 fi?
    2. mas pernah naik ninja 250 karbu?
    3. enak mana antara ninja 250 fi ninja 250 n z250?

    4. perbandingan ninja 250 fi n z250,
    dari segi handling, segi putaran bwh (walau mesin sama tapi sproket nya beda yah?)
    pengaruh ke putaran bwh?
    kayak kasus cbr 150 dan cb 150.

    apa benar naik z250 di jalan lurus sejauh 100km ga ada yg pegel?
    dgn kondisi jalan tanpa macet.
    kalo ninja 250 fi?
    kalo menurut ku rebah gitu pasti di tangan kanan n kiri agak kesemutan krn nahan body apalagi yg bobot nya agak jumbo.

    kalo naek ninja 250 fi apakah cape nya kayak naik cbr 150?
    cbr 150 stang gtar , tgn kesemutan
    rebah bagian boyok agak pegel

    waktu naik vario pernah turing sampe 12jam an non stop ga ada pegel2 nya.. soalnya…
    waktu naek cbr 150 pegel bgt baru juga jln 1jam 2 jam..
    kalo ninja 250 fi pegel juga ya kayak cbr 150? ato mungkin krn stang nya stabil minim getaran, maka tdk sepegel cbr 150?

    kalo z250?
    sasis memang tdk getar..
    tapi apa stang terasa ada getaran?
    trus ini aku ada yohsimura slip on
    pernah aku pasang ke cbr 150 akibatnya tambah gga isa lari ngeden,
    apa cocok yoshimura slip on utk z250 ato ninja 250 fi?
    apa ga perlu potong sana sini? tinggal plug n play?

    thx
    ngarep yfz 250 juga… tergantung bisa tahan nafsu ato ga

    Like

  106. 222. andangyogatama – September 8, 2013

    Ttep masih setia ama cbr old ane,.desain emang lama tp ga malu2in klo parkir ama mtor2 kluaran skarang,.
    =======
    cbr lama emg msh lebih enak diliat kok dr sisi desain, terutama dr depan n blkg. dual headlamp bikin aura sport kental. sayangnya yg baru kok malah single headlamp, pdahal CBR itu pure sport loh, pure! makanya pas nentuin pilihan naek kelas, ay kecewa sama desain yg baru. apa bedanya dong sama kelas di bwhnya (NMP, tiger, trs skrg ada CBSF, verza), keluarin duit banyak kok nothing special kecuali nama Hondanya. Jadi selingkuh sementara ama kaoskaki.

    old CBR menurut ay kelemahannya cuma 1, dicontek abis ama produk itu tuh. Kalo ay lg numpak si remasol suka sebel kalo ada yg blg, ini mine*** ya? bahhhh…utg performanya beda jauhhhh…hehe.

    Like

  107. @ferboes: jumat malam 2 minggu lagi hadir lagi ya… ditunggu.

    @iwak: pertanyaan ente panjang bener sob hehehe…coba di blog saya pake akun google cobain, ferboes aja bisa kok. ntar ay jwb disana ya, kalo ga bisa jg yaudin tar ay jwb disini.

    jawab 1, 2, 3 aja: sudah coba semua, kebetulan temen2 ada yg ounya FI ada yg punya karbu.
    definisi enaknya gmn? terutama NFI vs ZFI, krn walaupun identik tapi beda pendekatan. soal handling, jelas NFI lebih enak buat banting kiri kanan, Z lebih sulit. karbu agak berbeda di tarikan, kalo FI smooth, si karbu bisa dibilang lebih responsif.
    tapi kalo enak sih, enak ER6N, jossss wkwkwkwk…tapi dari sisi desain ay lbh suka ER6F.

    Like

  108. er6f memang bagus kalo di lihat, tapi ketika di tungangi trus dilihat ternyata kurang proposional dan kurang sedap ,
    posisi riding tegak tapi headlamp meruncing.. kurang laki kalo dilihat
    dan bila dibanding er6n.. lebih laki er6n…

    aku pernah baca di taboloid motor.
    z250 enak bgt dibuat nikung2 dan buat knee down.. hmmmmm
    memang sih rider nya pro…
    tapi disini aku lihat kok sepertinya seolah2 z250 susah buat rebah..
    dan susah nikung? eh sama ditekuk sama ga ya maksudnya?

    nikung dan di tekuk..?
    kayaknya beda ya?
    di tekuk pas puter balik z250 memang susah?
    kalo buat conering z250 gampang?

    z250 susah nikung ketimbang ninja 250 fi?
    z250 susah ditekuk .. kayaknya iya..karena stang lebang,
    kayak verza stang lebar susah ditekuk… kalo vario gampang ditekuk cbr juga gampang di tekuk.

    thx bro kobay.
    agak byk pertanyaan nya..
    soalnya termasuk buyyer yg super kritis dan ga mau rugi hehe
    takut salah beli kayak dulu

    Like

  109. iwb
    Tapi jangan sekali-kali dimiringin mzbro. Walau bobot mencapai 168kg atau lebih ringan dibanding Ninja 250FI yang berbobot 172kg…..Z250 tetap membuat ciut nyali jika roboh. Bagaimana setelah jalan??…
    -===============================

    maksudnya di miringin waktu ga jalan? ya jgn dunk bro roboh betul

    kalo di miringan pas jalan? conering gitu? enak kan???ga roboh kan?

    z250 putaran bwh pasti lebih jambak dibanding ninja 250 fi
    krn
    bobot lebih ringan walau beda tipis tapi pengaruh
    trus sproket nya lebih kecil kayaknya kayak kasus cbr 150 cb 150.

    ya ga ya?

    soalnya gue suka bgt miring2 in mtr waktu jln ya…
    gimana gitu serasa casey batu r.

    Like

  110. oya bro kobay

    masih sputar z250
    (calon kekasih gelap..selama 1thn setelah itu tuker er6n) ato yfzr4 kalo memang bagus..n 2 silinder

    1 oli apa yg recomended utk z250?
    2 harga oli nya brp? (selain oli elf ya 300 ribu tdk mtr siawi dibanding oli ahm)
    3 butuh brapa kaleng? ato brp liter?
    4. trus kalo di pasangin power balancer biar tambah kencang and smooth perlu ga? merk power balancer yg bagus apa? harga?
    5. oya rayen yg bener gimana? gigi 1 2 3 4 5 dicoba semua?
    kenceng2 ato pelan2 ato variasi…?
    rayen dibuat naik gunung?

    thx berat..

    Like

  111. 98. Penyadar Doktrin Dongo – September 6, 2013

    Buat FBH seharusnya berterima kasih kepada kritikus merknya karena kalau gag ada yg ngritik, lo bakal dijejali barang semaunya pabrikan yg cenderung merugikan konsumen.

    Kalau dilihat dengan kepala dingin sebenarnya saya membantu anda untuk mendapatkan tungganggan yg bagus dan tidak jadul supaya kalo dijalan gag perlu malu naik motor beruk.
    =====
    ada benarnya si dxxgx ini…
    cuman memang terkadang saya agak keras dan over limit,,
    dikarenkan sudah pernah di rugikan sampai brp x…
    tapi ya sudah lah brg sudah di jual murah..
    agak merasa bersalah juga sih soalnya brg kurang beres..
    tapi hebatnya si buyer ga tau…

    ….
    tapi kalo dilihat dgn kepala dingin ku si penyadar ini membantu anda dpt tungangan yg bagus sekaligus obat stres n jenuhnya dia hehe..
    yes or ya?

    Like

  112. 64. Ferboes Richardson – September 6, 2013

    42. Penyadar Doktrin Dongo – September 6,
    2013
    @bro kobay…
    itu spion sama spakbor belakangnya apa tidak
    bagusan yg orisinil, lebih fungsional….cuma
    saran.
    ================================
    Setuju sama bro satu ini…..
    Fungsionalitas bro….
    *safety riding dan kelengkapan….
    (nopol depan) xixixixixi….
    ============
    gue brani sumpah pocong kok one heart bgt ma org2 ini…

    bener bro kobay warna biru kurang cocok dipadukan ma z250 putih..
    kurang macho .
    bagusan ori nya bro suer..
    tapi bro sendiri berkata selera,, ya gpp sih,,
    tapi dlm one heartku yg paling dlm spionnya cocok ori.

    ama yg under cowl itu putih nya kurang senada ma putihnya shorud?
    harga under cowl bro bro kobay? ato cuma efek foto?
    itu asli kawasaki under cowl nya?

    Like

  113. @iwak: buseddd ente bener2 kritis yak kekeke…

    1. under cowl: ori, aslinya hitam, cuma distikerin putih, mmg gak sama putihnya, ga dapat yg pearl sesuai cat orinya.
    2. spion: smpt pakai yg ori lama, nyusahin buat selap selip soalnya dia gak kaya ninja yg bisa dilipat. biru? sengaja biar jadi perhatian orang n dikomenin kekekek, tabrakan sebenernya walau gak juga, masuk aja ke putih. spion adalah item terakhir yg ay ganti loh…mikirnya lama kan? eh gak deng, lampu rem yg terakhir.

    3. rebah: Mr. testo otomotif bandingin sama apa? motor2 ber fat bar lainnya? ay sih yakin kalau compare sama Ninin enakan ninin buat rebah n meliuk, krn kebantu sama streaming line fairingnya.
    4. ER6F: dilihat dari samping, ER6F lebih pas tongkrongannya, dibanding saudaranya si ER6N yg agak kurang proporsional, sila liat website kaoskaki, subyektif sih. riding position yg F pas kok, stang gak terlalu pendek tp gak setinggi yg N. buat perpaduan sport n turing, imo ini yg pas…

    apalagi ya tadi…lupa ah, banyak bener 😀

    balik nanya ah, ente bilang riding 12 jam nonstop pake vario gak pegel? too good to be true…kondisi/stamina biologis manusia dewasa itu maksimal 6 jam nonstop, malah yg baik itu 4 jam berhenti utk rest….12 jam nonstop? woww…that’s quite somethin though…

    Like

  114. Hadir boz…

    Om kobay, bannya kan pake battlax s-20 ya..
    depan 120/60 belakang 160/60 ya..
    beli dimana om dan harga berapa..
    Mohon info nya ya om..
    trims…

    Like

  115. 4. ER6F: dilihat dari samping, ER6F lebih pas tongkrongannya, dibanding saudaranya si ER6N yg agak kurang proporsional, sila liat website kaoskaki, subyektif sih. riding position yg F pas kok, stang gak terlalu pendek tp gak setinggi yg N. buat perpaduan sport n turing, imo ini yg pas…
    ====================
    maksudnya bukan riding position bro…
    er6f ama er6n riding position sama kayaknya ,,
    cuman…
    kalo er6f kan headlamp meruncing tapi posisi bdn rider tegak jadi kelihatan aneh gitu..

    coba bro lihat di youtube iklan indonesia..

    yg nungang er6f kelihatan gimana gitu…
    tapi ya keren er6f ketimbang mega pro n vixion tapi kalo di kompare ma er6n yg harganya ga beda jauh

    yg nunggang er6n kelihatan gagah….

    tapi kalo tanpa penungang… er6f lebih seksi.. tapi tdk gagah,,,

    ya bro aku ga itung sih brp jam.. cuman seingatku dari pagi.. ampe malam…mungkin 15jam an,,,

    minum kopiko ama penambah stamina bro.. gue kuat kok bro wkwkw.
    remuk awak e hehe,,.

    Like

  116. riding 12 jam nonstop pake vario gak pegel?
    =========
    ga bro…
    kondisi fit sebelum n sesudah

    naik cbr 150?
    kondisi fit sebelum berkendara
    pegel bro tgn kesemutan boyok mungkin 12jam an juga..
    disinyalir mesin ngeden n stang gtar penyebabnya.
    tapi cbr 150 sekarang kayak nya ga gtar,
    sudah di sempurnakan mungkin, kayak vario yg tdk ngorok lagi.

    cbr 150 dulu 34jt an sekarang tembus 38jt an..
    mungkin gara2 selisih 4jt jadi lebih mantep cbr nya

    Like

  117. Beuuuh rame juga ni baca2 komeng yg pada ngeributin motor bayi alias 250cc wkwkwkwkwkwkwkwk

    Salam kenal, salam satu aspal broo ! ! !

    Like

  118. Lagi nunggu kedatangan z 250 hari ini buat gantikan si kebo. Mau tanya ni mas buntut belakangnya warna hitam di cat atau stiker ya ? Makasi… salam kenal

    Like

Leave a comment