Pabrik baru Kawasaki hanya untuk melayani pasar eksport??….

KawasakiBro dan sis sekalian…masih ingat artikel lawas tentang pabrik baru Kawasaki yang sedang dibangun disekitar Cibitung?. Kala itu kita berharap dan memprediksi, dengan kelarnya pabrikan baru, maka akan ada perubahan kebijakan untuk memboyong seluruh varian Ninja secara lokal. Yup…meracik generasi Ninja dari Thailand ketanah air dengan harapan kita mendapatkan produk yang lebih murah. Namun…email sekaligus pertanyaan dari bro X (sebut aja demikian) membuat kita menjadi ragu serta penasaran, apakah betul geng ijo bakal melokalkan Ninja??…460x170revYamaha#1

Dari penggalan email yang dikirim ke IWB….Kawasaki plant diMM2100 Cibitung sounding-nya bukanlah untuk melokalkan produk genk ijo yang sudah wira-wiri ditanah air khususnya Ninja series. Dengan kata lain….pabrik dibangun untuk melayani pasar eksport Eropa only. Tentu saja selentingan tersebut diluar ekspetasi mengingat wacana assembly Ninja 250 dan kawan-kawan sempat mencuat guna menekan cost produksi serta menguatkan imej sebagai brand motor sport di tanah air. Namun  indikasi dilapangan mengatakan berbeda…..

Rumornya….dibulan Oktober ini mesin bakal masuk dan harus segera produksi karena mengejar target diEropa sana. Singkat kata, plant Cibitung bakal full dikerahkan buat pasar Eropa dan sekitarnya. Sementara varian yang telah ada akan tetap import dari Thailand. Artinya….tidak akan perubahan strategi atau penurunan banderol line up genk ijo atas berdirinya pabrik baru. So….ketika produksi sudah running, maka masing-masing negara mendapatkan jatah berbeda. Ada beberapa varian diproduksi diIndonesia, namun ada juga yang tetap diThailand…..

Last…tiap pabrikan pasti mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan. Dan untuk Ninja 250…..import aja laris manis, kenapa harus dilokalkan??. Mungkin begitu pemikiran dari para dedengkot Kawasaki. Yah….tentu saja strategi tidak statis. Semua bersifat dinamis yang bisa dirubah kapan saja menyesuaikan kondisi. Pabrik Kawasaki Cibitung??. Yang pasti moge mzbro. Line up yang diproduksi apa aja??. Kita tunggu bulan Oktober nanti.….(iwb)1-copy

.

Advertisements

166 thoughts on “Pabrik baru Kawasaki hanya untuk melayani pasar eksport??….

  1. Strategi pasar memang harus jeli..kawasaki menganut prinsip ekonomi,mengeluarkan modal sekecil kecilnya,untuk meraih untung sebanyak banyaknya..dengan membuat pabrik diindonesia,maka upah lebih murah,dan dijual dengan mahal dipasar global..apik artikele mas iwan..

    Like

  2. Ternyata masih ada yang berpikiran pendek dan sempit disini. Foolish and ignorance people. Kalo bisa mikir lebih dalem ada untungnya juga Kawasaki bikin pabrik di sini.

    Like

  3. impor aja laris manis,buat apa melokalkan ninja.
    hahaha,jepangnya kawasaki ternyata jg sama aja.tp bentar lg kawasaki bakal lengser di segment sport premium dengan brojolnya sport fairing 250cc dan 150cc yamaha.
    praktis,kawasaki bangkrut.coz andalan mereka cm di sport premium yg bentar lg direbut oleh yamaha.
    motor teknologi jadul 2tak msh aja diproduksi.hehe

    Like

  4. nanti orang eropa sono.,ternyata gak tau kalo yg dia beli itu kawasaki made in indonesia..tp kita mesti bangga bisa ngekspor kawasaki ke pasaran global!Thanks mas Iwan artikelnya..profil kawasaki dah muncul,nunggu si suzy..

    Like

  5. Bukan hal yg aneh sebuah brand yg juga menjual produknya di Indonesia membuka pabrik yang hasilnya 100% untuk ekspor. Alasannya bisa macam-macam tapi umumnya berkaitan dengan harga jual produk dan cost production. Kalau benar pabrikan kawasaki yg baru untuk pasar impor eropa berarti yg dikejar adalah cost production yg jauh lebih murah meski output kecil ketimbang jika mendirikan pabrik di Eropa. Sedangkan mengapa produk kawasaki yg dijual di Indonesia tetap di impor dari Thailand selain kapasitas produksi Thai yg masih mampu memenuhi kebutuhan Indonesia, cost produksinya masih lebih murah jika dirakit untuk output besar di Thai ketimbang di rakit di Indonesia sendiri.

    Like

  6. @ 25. andi cahaya
    Sampeyan nggak intip artkel lawas ya bro (monggo buka arsip). Kayaknya udah banyak koq profile pabrikan lain. Btw ini pas ada bahan…kalau nggak juga puyeng mau bahas apa. So jangan mengeluh kalau porsi lebih banyak Y atau H. Mau sering dibahas?. Monggo greget menggerojok pasar dengan produk baru yang juozzz untuk kita para biker. Pasti nggak usah dimintapun akan sering kita ulas…
    @ 26. Lik Untung
    Tetap-lah mzbro. Pabrik pasti butuh karyawan. Artinya membuka lapangan kerja baru. So….pengaruh tetap positif….
    @ 29. st3v4nt
    Mantep pendapatnya. Tq bro…..

    Like

  7. owalah,,,, udah bangun pabrik lokal lha malah diekspor… lha dedengkot kuwi pemikirane arep kepriye sakbenere???? Kabeh nek gelem bangun pabrik lokal khusus gawe moge aku yakin…. booming moge tenan indonesia.

    Like

  8. Dasar pabrikan hijau. G pernah bisa mendengar permintaan konsumen. Memang ninja 250 racikan tetangga laris manis dijual mskipun bukan racikan lokal tp ap g akan lbh laris manis lg kalau diracik dlm negri krn harga bs diperkecil n yg menikmati tidak hanya orng berduit tp orng kalangan menengah bisa menikmati. Itu pemikiran saya bro iwan. Semoga aj pabrikan ijo mendengarkan jangan hanya melihat n membaca tanpa bertindak. Semoga saja geng hijau bener2 memikirkan wacana ninja dilokalkan nantinya untuk indonesia n sebagian di ekspor. Sangat berharap sekali agar mereka bs menekan harga n pastinya akan lbh laris manis buat kalangan menengah n atas.

    Like

  9. mungkin kedepan juga produksi untuk pasar lokal
    kan pasar lokal gede…

    yang paling mungkin: skutik listrik yang sedang diriset ktm…..

    Like

  10. Kurang yakin klo yamaha nelurkan tandingan ninja series pasar ninja bakal hancur, karena konsumen motor midle ke atas kebanyakan sudah smart, peforma adalah yang utama, brand nomor X, contohnya saat honda nelurkan CBR ( kurang apa coba, klaim: lebih efisien, lebih canggih, user friendly, sampai dibela-belain mendukung team CRT segala), nyatanya ninja masih jawara di segman sport premium

    Like

  11. Bro iwan ap bener2 g ad bocoran sedikitpun tentang racikan lokal buat ninja di indonesia. Biar sprt saya ini bisa menikmati. Terus kasih perkembangannya biar kita semua yg ad diindonesia bisa senang jika mendengar heng hijau meracik 250 buat lokal sendiri. Mantap dah bisa membunuh kalangan 250 yg lain nantinya.

    Like

  12. Aku mau nanya sama iwanbanaran. Kenapa semua komen aku kau hapus? Tidak suka aq kritik wan?? Apa warung ini hanya bagi orang yang suka menjilat dirimu??

    Like

    1. @ Klewang
      Haduh tepuk jidat. Perasaan sampeyan ini klo ngomong urat dulu yang didahuluin. Monggo cek artikel lawas….komentar dengan capslock atau huruf besar akan dihapus. Dan sekarang akan mulai saya tertibkan. Monggo cek lagi apa sampeyan aja yg dihapus. Mbah darmo jg saya hapus2in. Kritik? Saya pikir banyak yg dibiarin koq. Mau kritik?? Monggo ketik pakai huruf biasa…pasti akan saya biarin selama ngk nyerang individu. Toh bacanya jg lebih enak. Atau klo serius kritik boleh email saya langsung biar ngk terkesan memprovokasi…..
      Note : tulisan sampeyan saya ganti dengan huruf biasa. Tolong ikuti aturan main. Tq

      Like

  13. kawasaki bntar lg bakal cabut dari indo setelah sport fairing 250 n 150 yamaha brojol.
    dari desain,kawasaki jauh dibawah yamaha.mesin 11-12.
    hehe

    Like

  14. aku baru belajar internet wan. tidak tau kalau komen musti hurup kecil dan baru tau aku ada hiburan seperti ini. maklumlah wan terlalu lama aku dijalanan.

    Like

  15. terima semua kritikan dengan lapang dada bang IWB itu baru top, jangan kayak warung seberang, suka ngritik tp pas dikritik ngambek mancak-mancak akhirnya jadi dendam kesumat

    Like

  16. tinggal nunggu artikel shooter nih mas iwb
    biarpun shooter produk entry level
    kita consumen yg gak fanatik mrek pengen tau jga plus minus produk yg di tawarkan atpm..
    Kita tunggu nih mas.
    Ok trmksh

    Like

  17. @mzwan

    import aja laris manis, apalagi kalo diLokalkan ?? kata seseorang
    (sebut saja “Bunga”)
    =====================================
    wkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwk…..
    coment of the day….kebanyakan baca koran Lamjo sih ente….

    Like

  18. Genk ijo arogan..menganak tirikan konsumen tanah air..ingat!!!!penjualan kawasaki paling laris di indonesia dibanding belahan eropa sono!!!!!!!

    Like

  19. Kawasaki sebenarnya bagus dalam hal teknologi…wajar pula dijepang sono disebut *guru otomotif* karena paling bangkotan…
    buat KMI harusnya bisa melek masyarakat Indo sudah menilai Kawasaki brand paling terkenal dalam mahalnya suatu produk…pelayanan 3S kurang…apalagi daerah-daerah pelosok..terpuruk jika kondisi lapangan para kompetitor mulai ikut terjun…gimana nasib buruh kalau caranya terus begini..?? ayo petinggi Kawasaki buatlah gebrakan untuk menyaingi kompetitor…setidaknya pasar matic ikut berperan…

    Like

  20. tolong klewang kasih komentar yg cerdas dan membangun..apa mentang2 klewang bos geng motor pekanbaru dah tertangkap terus mau ikut jadi turunannya?carilah idola yg menjadi panutan para bikers..kasihan mas iwan yg punya warung,.

    Like

  21. heh andi disini aku nyari hiburan nyari pengetahuan aku baru mengenal internet… kamu jangan bawa bawa geng motor segala. emang kenapa aku punya nama?? apa mantan napi kaya aku tidak boleh ikut nimbrug disini..

    Like

  22. rada aneh klo pabrik baru langsung buat untuk pasar eropa karena belun teruji QC dan SDM nya 😈
    Belun jarak indo-euro lebih jauh dari thai-euro
    justru lebih bagus buat rakit ninin karena indo pasar ninin paling gede dan hemat shipping 😉

    Like

  23. wei wei yang punya nama aneh aneh itu banyak bos… mangkanya bergaulah bos. lihat di cipinang nama orang aneh aneh yang punya nama klewang ada 4 orang. jadi jangan cari gara gara!!! disini aku cari hiburan!!!tapi kalau sampean sampean cari masalah…ayo lanjut dunia nyata!!

    Like

  24. kalo mantan napi biasanya lebih santun dan lebih bijak,bukannya sifat sebelum jd napi dibawa bawa,.kalo ingin belajar tanya yg lebih tahu dgn sopan,bukannya teriak2 kayak mau nyari musuh..emang ada yg nanggepin?dah pernah denger lagu tong kosong nyaring bunyinya belum?

    Like

  25. hei andi@ namaku kau jadikan masalah kamu nyari gara gara??
    apa aku harus punya nama drs, ir, sos, mba, baru kau hargai??? jika diluar ada maling bernama andi apa harus aku gorok juga kamu karena bernama andi??? bang iwan maaf ini orang sudah melecehkan diriku!!

    Like

  26. Klewang mantan napi cacat otak,mantan napi mah tobat,dunia udah mw kiamat,disini mah tempatnya info otomotive bukan nyari hiburan,nyari hiburan mah tuh deket ma cipinang. Perumpung,

    Like

  27. eh andi tidak usah ceramah disini kau. gak enak sama pengungjung lain dan yang punya warung.. temui aku di tanah abang kalau kamu mau ceramah!!! aku tunggu!!!

    Like

  28. mudah2an aja di gebuk sama yamaha… kalo misalnya yamaha versi 250cc itu lokal… honda mau ikutan gebuk kawasaki? monggo…. biar sport 250cc jd terjangkau… kalo perlu di atas 250cc di hapus PPnBM nya… edan ga tuh!!!!…..

    Like

    1. Klw CKD sudah berupa motor bea masuknya tinggi,beda klw CKD nya berupa spart part utk di rakit,lebih rendah bea masuknya..whoisnowlah sabodo teuing,urang mah teu kabeli oge 🙂
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Like

  29. Boikot aja gak usah dibeli produk K import Thailand! Betul-betul di remehin biker Indonesia sama K. Walaupun saya bukan K lover, tapi saya ikut kecewa dengan kabar ini.

    Like

  30. Sekedar info..saya tidak tau kalau pabrik diindo ini cuma perakitan juga atau sudah produksi mesin motor..tapi yang saya tau bahwa tahun 2015 kapasitas jatah kawasaki indo baik itu dari pabrik mana pun akan berada diangka 14ribu perbulan..dimana mengalami kenaikan dari sebelum ya yang hanya 10-12 ribu unit perbulan. Kalau bicara teknologi pun kawa tidak akan takut bersaing. Krna rnd kawasaki heavy industri itu insinyur pesawat, helli dll..kalau kita ibaratkan itu seperti koki restoran bintang 5 disuruh buat masakan rmh makan biasa.. Cuma problemnya kebijakan dari HO nya mau gimana buat kawa motor nya.. Karna jualan motor diindo itu gak gampang lo and bnyak bgt faktor x nya.. Saya rasa stategi kawa buat bertahap naiki jualan dari 10 ribu menuju 14 ribu dulu uda benar.

    Kalau langsung banjir.. Tar kesan esklusifnya hillang lo..apalagi kalau dari pabrik dengan kapasitas besar turun penjualannya.sayng mesin produksi dipabrik jadi nganggur ma…

    Like

  31. Kalo target market ny Eropa ga melulu moge Mas Iwan, karna disana lumayan laku juga motor2 ber-cc kecil, soalnya SIM disana tergantung power motor, jd sebelum dpt SIM moge para pemula harus dpt SIM bebek dulu (ilustrasi) 😀
    CMIIW ya, hehehe.

    Like

  32. MV AGUSTA aja bikin pabrik dimari justru buat menekan harga!! nah loo kaoskaki bikin pabrik dimari buat dieksport ke europe sana!! plaaakk tepok jidat””

    Like

  33. Dari penggalan email yang dikirim ke IWB….Kawasaki plant diMM2100 Cibitung sounding-nya bukanlah untuk melokalkan produk genk ijo yang sudah wira-wiri ditanah air khususnya Ninja series. Dengan kata lain….pabrik dibangun untuk melayani pasar eksport Eropa only. Tentu saja selentingan tersebut diluar ekspetasi mengingat wacana assembly Ninja 250 dan kawan-kawan sempat mencuat guna menekan cost produksi serta menguatkan imej sebagai brand motor sport di tanah air. Namun  indikasi dilapangan mengatakan berbeda…..

    Rumornya….dibulan Oktober ini mesin bakal masuk dan harus segera produksi karena mengejar target diEropa sana. Singkat kata, plant Cibitung bakal full dikerahkan buat pasar Eropa dan sekitarnya. Sementara varian yang telah ada akan tetap import dari Thailand. Artinya….tidak akan perubahan strategi atau penurunan banderol line up genk ijo atas berdirinya pabrik baru. So….ketika produksi sudah running, maka masing-masing negara mendapatkan jatah berbeda. Ada beberapa varian diproduksi diIndonesia, namun ada juga yang tetap diThailand…..

    Last…tiap pabrikan pasti mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan. Dan untuk Ninja 250…..import aja laris manis, kenapa harus dilokalkan??. Mungkin begitu pemikiran dari para dedengkot Kawasaki. Yah….tentu saja strategi tidak statis. Semua bersifat dinamis yang bisa dirubah kapan saja menyesuaikan kondisi. Pabrik Kawasaki Cibitung??. Yang pasti moge mzbro. Line up yang diproduksi apa aja??. Kita tunggu bulan Oktober nanti.….(iwb)

    Like

  34. awalnya kan ninja 250 cbu, harga 60jt laris manis di indonesia, sekarang bikin di sini entah CKD atau apalah, supaya menekan harga pajak import. trus beralasan produksi disini khusus untuk eksport ke eropa bla.bla.bla….
    jelas KMI pinter produk udah lokal tp maunya Harga tetep 60jt kan jd tambah untung,
    rata2 begitu permainan ATPM mau mobil atau motor sama aja……”OVERPRICE”

    Like

  35. kecewa dengan si K lebih memilih tetangga dari pada indonesia sebagai rakitan si ninin. entah ap yang ada dlm pikiran dedengkot si K selalu menganak tirikan indonesia dibanding tetangga. sedih oioioioi.

    Like

  36. Basis Moge Kawasaki memang mau pindah Ke Indonesia bang Iwan.
    Yang udah launch ZX 14 R, ZX 6 R, Ninja 650, Versys dan ER-6N.
    Yang mau nyusul Z dan Vulcan.

    Like

    1.        /ヽ
            / |
       / ⌒ \ / /
      /  人 Y /
      (_/ >亠<
        /・ ・\
       ミ   Y   ミ
        >-介-<
        (_/  ̄丶_)
        _(    )_
       (_>―<_ )
      Bagus deh,kali aja klw udah ada perakitan dmari,klw di eropah udah gak laku jd di jual dimari…hehehhe
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Like

  37. @klewang, tabiat pengecut sok jago, gak taunya penjahat kelamin.. udah bau tanah masih belagu, sini tak injek” cangk3mu..

    Like

  38. Klewang di tanah jualan kolor grosiran 🙂
    Yang namamya klewang di cipinang gak taunya tkg bersihin toilet napi 🙂 ngakak ane
    🙂
    🙂

    Like

  39. Bomat org-org mau teriak motor mau dilokalin,w sih ambil cbr 150 walau buatan thailand gk nyesel,kualitasnya bagus beda sama punya tetangga product ahm indonesia katanya si turunan cbr w tapi beda bgt,dari kualitas body sama engine aja auu ah,banyak komentar pabrikan hanya cari untung import barang dari luar,tp alangkah lebih kemaruknya apabila pabrikan melokalkan productnya tapi kualitasnya dikurangin,

    Like

  40. @iwan nikname peyek sudah menyereng individu apa tindakanmu?? akankah kau biarkan orang orang seperti itu?? kalau kau tidak menindak maka aku juga akan membalas.

    Like

  41. katakan dimana domisilimu peyek??? detik ini aku buru kau!!!! jangankan kau yang hanya bocah ingusan bisamu cuma bacot di internet. aku tahu seumur umu kamu orang belum pernah kena bogem!!!

    Like

  42. bocah tidak berani kau ketemu aku??? mulutmu yang besar!!!! oke tidak berani ketemu langsung di internet maumu bocah??? oke aku ladeni kau bocah peyek!!!!!

    Like

  43. katakan dimana rumahmu????
    aku datangi detik ini juga!!!!
    kuhabisi kau peyek!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! kuhabisi kau bocah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! sok jagoan!!!!!!!!!

    Like

  44. gembar gembor!!!!!!! mana nyalimu peyek!!!!!!!!! mana!!!!! mana nyalimu!!!!!!!!!!! berani ketemu m@t! kamu!!!! berani ketemu kalau bukan aku kamu yang m@t!

    Like

  45. tak akan aku biarkan kau tenang peyek!!!!!!!!! mau jadi jagoan????? mau jadi jagoan?????? hidup dulu dijalanan!!!!!! nyawaku cuma satu, berani ketemu, kalau bukan aku, kau yang mati peyek!!!!!!!!!

    Like

  46. maaf semua maaf….ini urusan pribadi… dan aku tidak akan melepaskanmu sampai kapanpun!!!!! kalau tidak hari ini besok lusa sebulan setahun sampai kapanpun selama aku masih hidup!!!!! ingat itu peyek!!!!! kau telah menginjak harga diriku!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Like

  47. ngri… ad perang. ane ga ikut2an.
    tigor26 vs qwerty (fb mode on)
    vega njos mbah darmo vs chapunksumarna viar lemot (konyol disinyalir mreka tmn)
    om klewang vs om peyek (sadis sumpah g lucu)
    kaboooor

    Like

  48. ngri… ad perang. ane ga ikut2an.
    tigor26 vs qwerty (fb mode on)
    vega njos mbah darmo vs chapunksumarna viar lemot (konyol bin lucu disinyalir mreka tmn)
    om klewang vs om peyek (sadis sumpah g lucu)
    kaboooor

    Like

  49. Koppasus akan membantu pihak polri untuk memberantas gerombolan klewang yg telah meresahkan masyarakat,pekanbaru.
    Melawan tembak di tempat aja,masrakat akan setuju banget.
    🙂

    Like

  50. rumor yg tak masuk akal. Ngapain ngerakit di indonesia, sekalian aja maksimalkan yg ada di thailand buat ekspor ke segala penjuru

    Like

  51. Mungkin kawasaki import produk ini krn utk sirkulasi uang, jadi uang negara luar masuk k indonesia,, kalo utk lokal berarti kan uang lokal cuma muter di indonesia aja jd ga berkembang,, Hehehehe ,, jadi pegawainya kerja dpt gaji dari uang penjualan k luar negri, bukan gaji dari pembeli lokal yg mendapat gaji dari lokal juga,, ,, istilahnya uang saku di kasi ibu, tp ibu di kasi uang bulanan ama babe yg dapet gaji dari kerjanya di luar rumah,, 😀 mungkin ga sprti itu?

    Like

  52. poitif lah…nambah lapangan kerja.
    Yah….kalo ga nampu beli kawasaki ya udah, beli yang lain sana, gue sih tak akan kemana.

    Like

  53. Jangan berharap deh pabrikan mau melokalkan produk global

    Ninja250 dari awal udah overpret tp banyak yg beli, itu untung gede bgt buat kawak, kalo pun dilokalkan trus dijual murah, kawasaki mau dapet untung brapa? Pasti untungnya ga bakal gede, makanya dieksport buat nambah profit. Dari ninja lah kawasaki hidup,..

    Beda sm Honda, cbsf ai pikir satu2nya motor asli rakitan Indonesia yg bakal di eksport secara global,.. CMIIW

    Like

  54. 121. KLEWANG – Mei 12, 2013

    @iwan nikname peyek sudah menyereng individu apa tindakanmu?? akankah kau biarkan orang orang seperti itu?? kalau kau tidak menindak maka aku juga akan membalas.
    ———————–

    woi banxxat…………..
    si peyek ini sudah lama disini…….
    dan bikin hidup ini warung …….
    sudahlah…
    kau jual saja itu kolor seperti peyek bilang…
    -_-

    klewang…
    hai heloooo ini jaman apa sekarang???
    loe mau bunuh org???
    hei heii…….helllooo……..
    money talk…….
    5 tukang becak di bagi duid 2jt an……
    melayang tuh loe punya 4 nyawa sekalipun…
    jadi helooo…….
    think smart………
    work smart.. not work hard..

    si klewang ini nak baru ya disini?
    nyolot nya kok masalah bunuh2 an..
    nyolot masalah mtr dunk……..
    itu baru laki

    Like

  55. zaman sekarang,, tuh susah mau bunuh org.. kecuali sudah bosan duniawi…

    sebenarnya kalo masalah bunuh membunuh juga pinginlah org2 macam kita2 yg punya masalah…….
    tapi masalahnya baru juga dipukul lapor polisi….. trus kita disel..

    mau ngelawan???
    lha wong masaall yg bawa celurit yg jumlahnya ribuan aja tetap kalah ama kepolisian…
    apalagi kita bau kencur yg modal clurit…
    di shotgun juga modar…
    udahlah….
    think smart…
    measure your own power and capablity..

    and smile…

    Like

  56. 87. KLEWANG – Mei 12, 2013

    eh andi tidak usah ceramah disini kau. gak enak sama pengungjung lain dan yang punya warung.. temui aku di tanah abang kalau kamu mau ceramah!!! aku tunggu!!!
    ———————————————-

    guuuoblog…
    kalo ga ceramah disini ceramah di mana?
    tanah abang???
    sinting…andi ga mau lah bunuh diri…
    jaman sekarang jaman nya dunia virtual..
    di manffaatin dunkk
    okay…

    tapi kalo dilihat dari kata2 mu……loe punya sungkan juga ya..
    ga enak sama pengunjung laen………..
    kata2 yg tdk mungkin diucapkan oleh napi asli……
    apalagi org yg bernafsu membunuh….

    dgn kata laen……..
    your role as prisoner is fake!

    Like

  57. 136. KLEWANG – Mei 12, 2013

    maaf semua maaf….ini urusan pribadi… dan aku tidak akan melepaskanmu sampai kapanpun!!!!! kalau tidak hari ini besok lusa sebulan setahun sampai kapanpun selama aku masih hidup!!!!! ingat itu peyek!!!!! kau telah menginjak harga diriku!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ——————————————
    ini preman ngomong kayak anak culun kaca mata an yg suka dibuli tmn2 nya di sekolah….

    coba di lihat dgn seksama…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s