Strategi Honda ibarat air……lembut, elegan namun merontokkan??

Beat menjadi favorit diJawa Timur.....(kobra mode on :mrgreen: )
Beat menjadi favorit diJawa Timur…..

Bro dan sis sekalian….IWB sering berdiskusi dengan beberapa pengamat otomotif, teman sejawat, kolega bahkan Blogger lain. Dari berbagai sharing dan diskusi tersebut…yang menarik adalah geliat CB150R yang terkesan stagnan. Kita mengamati pergerakan Honda terasa kurang greget khususnya menggarap potensi market sport yang kini dikuasai oleh Yamaha. Akan tetapi setelah pembahasan semakin dalam…..prediksi manuver disengaja tiba-tiba mencuat. Maksude??….. 460x170alt2Yamaha#1

Coba sampeyan intip produksi CB150R. Motor sasis teralis ini perbulan hanya berkisar 13-14ribuan. Padahal jika kita cross check kelapangan….permintaan CB didealer-dealer lumayan mencengangkan. Dibeberapa daerah…IWB masih menerima keluhan lamanya inden yang memakan hingga 2 bulan. Walau tidak jarang diwilayah tertentu…..ada biker beruntung bisa memboyong sikuda besi hanya dalam hitungan 2 minggu. Fakta lain adalah minimnya unit display yang dipajang oleh dealer. Kenapa?. Mereka berkilah pengiriman dari pusat dijatah untuk sang DOHC engine. So jangankan dipajang… melayani permintaan konsumen aja keteteran. Sedemikian parahkah??…..

Ketika IWB cek silang ke pak Wediyanto (pejabat AHM), produksi sport memang sudah maksimal. Hal ini dikarenakan pembuatan suatu produk terkoneksi dengan para vendor. So…kendati AHM sudah optimal namun jika vendor tidak mampu mengiringi irama yang diberikan…ujung-ujungnya tetap mentok tidak bergerak. Sebagai informasi…..AHM sekarang mempunyai 3 pabrik perakitan motor yakni Sunter Tanjung Priok Jakarta Utara, Pegangsaan Kelapa Gading Jakut serta yang terakhir adalah Cikarang Barat Bekasi…….

DiPegangsaan……mereka kudu meracik 4 varian sport yaitu Tiger, NMP, CB150R, dan Verza150. Nah….terakhir inilah yang menggelitik. Dengan alasan produksi mentok mereka malah membebani produksi dengan varian anyar yakni Verza150. Dan dari data yang IWB ubek-ubek…porsi produksi Verza jebule nyaris sama dengan CBSF yakni kisaran 11-13ribuan. Lho berarti seandainya tanpa Verza, CB bisa dong diproduksi 30ribuan perbulan. Terus kenapa malah bikin repot merilis produk 16jutaan?. Sepertinya ada strategi terselubung disana. Manuver ini mirip yang dilakukan beberapa tahun yang lalu ketika menumbangkan market share Yamaha Mio…..

Awalnya AHM terlihat gagal melengserkan dominasi skutik Yamaha lewat Vario  CW. Kemudian……pabrikan sayap mengepak mulai menggedor dari bawah dengan meluncurkan Beat. Lewat skutik mungil inilah pelan-pelan market share tergerogoti. Bersamaan keluar versi Techno110, kompetitor semakin kewalahan. Flow-nya smooth tidak signifikan namun pasti. Jepit sana-sini  secara rapi tidak grusa-grusu. Setelah lawan terseok-seok……aksi gebuk kembali dilakukan dari atas dengan merilis Vario 125 FI. Akhirnya kedigdayaan Mio tumbang. Strategi yang lembut, elegan namun merontokkan….

Barisan skutik Yamaha mulai merapat....sport kudu tetap hati-hati
Barisan skutik Yamaha mulai merapat….sport kudu tetap hati-hati

Bisa diibaratkan…..proses serangan seperti air yang netes dibatu. Tidak frontal namun konsisten dan terus menerus. Ujung-ujungnya, batu tersebut akan bolong pelan-pelan terkikis air. Nah…apakah seperti itu juga yang akan dilakukan pada segmen sport?.  Bisa jadi jika mengintip pergerakan yang kontradiktif. Ngaku CB maksimal, namun Verza terus digenjot. Jelas AHM ingin menggedor dientry level. Dengan market yang lebih luas akibat banderolnya yang terjangkau….kans untuk menggoyang Vixion lebih besar. Disini yang bermain adalah quantity bukan profit perproduk. So, setelah kelas bawah bergerilya….produk flagship digodok diam-diam dan siap menggebuk dari atas sewaktu-waktu….

Last…...semua yang IWB jabarkan hanyalah analisa pribadi hasil diskusi dengan beberapa teman. Bisa tepat bisa juga tidak. Pengalaman masa lalu bersama Mio pasti menjadi pelajaran berharga bagi YIMM. Rasa pede berlebihan dan tidak bereaksi kala musuh terus menusuk tidak boleh diulangi lagi untuk produk sport. Dan IWB yakin…..para jajaran marketing Yamaha kini tidak sudi lengah. Apalagi kedepan, AHM berencana membuka pabrik keempat paling cepat tahun depan dan paling lambat 2015. Diserang….boleh saja nangkis, namun aksi attacking juga kudu masuk agenda. Kalau defense thok.…..iso babak belur rek :mrgreen: ………(iwb)1-copy

Advertisements

287 thoughts on “Strategi Honda ibarat air……lembut, elegan namun merontokkan??

  1. Hidup AHM….hidup Honda! Salam satu hati Bro (mode pintar)

    Kasur….kasur…panci…panci….(mode jualan demi asap dapur ngepul)

    Like

  2. YIMM masih PEDE dg R15 buat senjata pamungkas… tp mo dihargai berapa coba? misal hadir upgrade CB sf seharga 24jt plus tiger 250 seharga 28jt mo dibandrol berapa tuh R15nya?

    Like

  3. masuk akal mas… vario 110 sbg varian menengah… beat yang nggrogoti, vartech 110 pembuka jalan dan jendral matic Vario 125 baru keluar.
    di sport CB150R sbg Vario, verza sbg Beat, NMP (g’ jelas 😀 ), baru kmudian mluncur sang jendral sport Honda..
    “semoga g hanya bertahan”… cepat keluarin 250nya. dan harus sesuai ekspektasi. klo under expectation lg ya wassalam 😀

    Like

  4. Buat sy sih ga mau tau urusan marketing. Lebih penting pilih yg sesuai dg selera & kebutuhan sy ajah…. Mau honda atau yamaha laris kl cocok sm suziku ya sy angkut… hehe

    Like

  5. Kayaknya YIMM sekarang dah lebih siap dalam menghadapi gerilya ala AHM.

    Namun kendala yg tak kalah runyamnya justru terjadi di front area yaitu ketidakharmoniasan antara dialer2 dng Main dealer (untuk daerah2 yg belum DDS). Istilahnya saling jegal dan gebuk2an di internal. Hal ini sangat dimanfaatin oleh Honda dgn jaringan dialer2 independentnya. Ini curhatan temen2 dialer Yamaha di Lampung.

    Like

  6. kalau dalam bahasa Sunda ada pepatah ‘cikaracak ninggang batu,laun-laun jadi legok’
    artinya sama sprti yg mas iwb jabarkan diatas..hehe fyi

    Like

  7. Untuk kelas sport rasanya AHM kudu kerja super keras, tidak akan mudah menjatuhkan raja sportnya pabrikan sebelah, dan kalau strateginya skutik diterapkan AHM ke Motor sportnya, ane rasa 2013 kelas sport masih akan dipegang yamaha, beda kelas beda karakter orang, orang2 yang beli motor sport khususnya yg di harga 20 jtaan keatas rata2 orang kelas menengah keatas yg notabene pasti udah melek pengetahuan, beda dengan orang yg beli bebek atau skutik, cenderung menengah kebawah dan banyak memikirkan harga jual kembali, untuk membuktikannya bisa ditanyakan kepada mereka yg beli bebek dan matic.

    Like

  8. yg aku heranin dari yamaha kenapa harus 2014 ngeluarin motor sport 250,,, kemungkinan cbr pasti akan ngeluarin versi yg terbaru tahun depan,,, apakah akan sama seperti peluncuran nvl dengan cbsf,,,

    Like

  9. “disini yang bermain adalah quantity bukan profit perproduk.”

    lalu kualitas gmn mas,? utamakan quantity, qualitas dilupakan?
    strategis bengis klo bgini :mrgreen:

    Like

  10. Produk flagship ini yg ditunggu2 smua bikers yg kecewa dgn CB150R yg tampil sederhana sekali untuk ukuran mtr sport DOHC 6-speed. Harus sabar menunggu ϑεεћ..

    Like

  11. wedew… keren tenan analisa ne kang …. bener banget strategi AHM koyo ngono kuwi… tapi sakjane yamaha wis ngerit strategi AHM ngono kuwi, tapi meh mengembangke pabrik alias produksi nya , yamaha udah berat jhe, masalah cost nya yang tinggi di awal mungkin bisa jadi….. klo HONDA mungkin sudah siap dengan pendanaan ini… klo mau mengejar honda, seperti yang kang iwan jabar ke , iso babak belur juga (klo ngejar produksi), bila di paksakan bisa jadi nanti malah QC yang jebol ( karatan, bolong2, klotok2, spakbor miring, fairing meleleh(klo udah bikin), spedo berembun)…. menurut kang iwan dewe, solusi ne untuk yamaha gimana kiek..???… 😀 …

    Like

  12. ah…masa bodoh dg strategi marketing kyak gtu.
    Q pengguna megapro new…awale kecewa sama 1 produk nik….rusak sana sini,mrebet, skok bocor, tangki bocor…..dll…..
    sempat melirik produk yamaha….
    tp akire pilih ngrawat nih megison…dirawat…diopeni…..malah kena fill antara penunggang dan motor.
    skarang mah….megison ane enak2….ja…gak rewel…malah semakin jos.
    mau cbsf…nvl….versa….ninja….dll…..kalau penunggang sm kuda besine gak klik…yo sama ja…iya gak bro….

    Like

  13. lha,, kang iwan,,,
    jangan salah dong,,, waktu yang di perlukan untuk memproduksi cebong dan perja pasti beda,, pasti lebih cepet proses si perja,,,
    karena dari segi komponen dan rangka pengelasan,, si perja nggak se rumit si cebong,,,

    Like

  14. Itu urusan marketing
    konsumen mah adem ayem aja..yg pntg beli produk sesuai selera
    Antar sales jangan pada hina2an ya.. 🙂

    Like

  15. 67. gurendo – April 23, 2013

    ah…masa bodoh dg strategi marketing kyak gtu.
    Q pengguna megapro new…awale kecewa sama 1 produk nik….rusak sana sini,mrebet, skok bocor, tangki bocor…..dll…..
    sempat melirik produk yamaha….
    tp akire pilih ngrawat nih megison…dirawat…diopeni…..malah kena fill antara penunggang dan motor.
    skarang mah….megison ane enak2….ja…gak rewel…malah semakin jos.
    mau cbsf…nvl….versa….ninja….dll…..kalau penunggang sm kuda besine gak klik…yo sama ja…iya gak bro….
    =================================================
    bener om ,,
    tapi,,, inget lho,,,, udah sifat manusiawi om,, maunya pengen yang lebih dalam hal positif dan konsumtif,,,

    misal nih,, ente sekarang punya megison,, dan memang bener2 seoarang bikers,, mosok opo ora pengen punya atau nunggang ninja 250 fi,,,, ??

    kecuali,,,, ada faktor2 lain yang tidak mendukung untuk bisa naik kelas atau ganti tunggangan,,, 😉

    Like

  16. Gampang aja…

    Yamaha sanggup ngga bikin motor kaya Verza dengan harga 16 jutaan
    Yamaha sanggup ngga bikin motor DOHC dengan harga 23 jutaan.

    Itu semua dengan mudah akan terjawab dengan kata “Tidak”

    Yamaha menjual motornya sangat overprice, tidaklah mengherankam, soalnya Vixion sudah mempunya nama Besar.

    Andaikan Honda yang memproduksi Vixion kisaran harganya paling banter 21 jutaan.

    Ingat komponen SOHC sangatlah simpel dengan material yang lebih sedikit daripada DOHC 6 speed.

    Lambat laun Honda sport akan menguasai pasar sport tanah air.

    Like

  17. Kebalikan dg Yamaha…
    Katakan produk baru yamaha target 25rb/bln, bulan pertama digerojok 20rb bulan kedua 25rb bulan ketiga 30rb,,, nah seolah olah kelihatan target terpenuhi bahk over tp ternyata stok didealer menumpuk dan begitu spike ternyata demand gak sampai segitu.
    Banyak contoh fino, mio J dll.
    Apakah NVL jg mengalami hal yg sama?

    Like

  18. kesalahan yakampret di kelas matic,, terlalu pede dan terlena dengan mio,,, sehingga tidak melihat gerak gerik kompetitor,, yang mengeluarkan metik yang memiliki vitur lebih,,,

    begitu juga dengan kelas seport,,, apakah yakampret masih pede dan terlena dengan pikson,,,???

    liat aja ntar,,,, 😆

    Like

  19. terlalu berlebihan jika di katakan strategi ah ha em sperti air yg tenang, lembut, namun merontokkan.. lebih tepat di katakan seperti air yang di kubek kubek. KACAU DAN SUKA MENIPU..

    Like

  20. Manuver ini mirip yang dilakukan beberapa tahun yang lalu ketika menumbangkan market share Yamaha Mio….Setelah lawan terseok-seok……aksi gebuk kembali dilakukan dari atas dengan dengan merilis Vario 125 FI. Akhirnya kedigdayaan Mio tumbang. Strategi yang lembut, elegan namun merontokkan….
    ==================================================
    Akankah sang RAJA akan begitu saja menyerahkan TAHTA???
    ==================================================
    Pertanyaan usil saya…sebenarnya Mio ama Vixion salah apa to Mas? 😀 😀 😀 😀 😀

    Like

  21. Kirain coment ra mutu,gak taunya postingan,jd terlempar jauh dah dari posisi podium,
    Sent from my BlackBerry®
    powered by Sinyal Kuat INDOSAT

    Like

  22. 88. mudagrafika – April 23, 2013
    ==================================
    ane coba bantu jawab ya om,,,
    salahnya mio dan piksion itu,,, karena bukan merek sayap sengkleh,, 😀 😀 😀

    Like

  23. Sesungguhnya makanan yg pahit namun mengandung penyembuh dan berbagai macam kebaikan dan khasiat itu jauh lebih baik dari pada makanan yg manis namun mengandung racun yg tidak di sadari.

    Like

  24. golek pamor sik, kalau sudah dikenal banyak orang baru produksi digenjot. juga sambil evaluasi produk yang ada sekarang, dicari titik lemahnya dulu. setelah terkumpul data komplit baru duaaaaar, gas pol produksi dengan produk yang telah disempurnakan,,,,.!!!! mungkin lho yaaaaaa,,,,,

    Like

  25. Sastro pada April 23, 2013 pada 11:38 AM golek pamor sik, kalau sudah dikenal
    banyak orang baru produksi digenjot. juga
    sambil evaluasi produk yang ada sekarang,
    dicari titik lemahnya dulu. setelah
    terkumpul data komplit baru duaaaaar,
    gas pol produksi dengan produk yang telah disempurnakan,,,,.!!!! mungkin lho
    yaaaaaa,,,,,

    ——————————————————

    Ooooo… berarti konsumen yg membeli skarang cuma jadi tikus percoba’an ya om…
    ooowwhh… uji cobanya konsumen ya.. bukan di test dan di uji coba dulu secara matang baru di lempar ke konsumen..
    wahh strateginya jahat,, terlalu terburu-buru,, dan kacau sekali..

    Like

  26. kang iwan

    mungkin lebih tepatnya,, kalo di ibaratkan dengan air,,, strategi ahmpret ini kayak air terjun,,,, dengan modal yang besar,,, grojok terus dengan produk2 baru,,,, laku opo ora,, kwality no 2,, yang penting kwantity,,,, seng penting mbrojol terus,,,, 😉

    Like

  27. tak titeni, ada satu nick yang apapun bahasanya pasti komenya langsung menjatuhkan salah satu merek dangan kata2 tak sopan. dan mengagungkan sesembahanya walaupun tak ada yang memancing. weleeeeehhhhhh, kok yo ono panguripan sing dapurane koyok ngono,,,,,,

    Like

  28. betul mas IWB,

    ane stubuh dgn analisisnya.
    strategi ini mirip dgn pabrikan hengpon NOK*IA ktika dihancurkan MS-nya sama pabrikan China, atwpun BB ktika dikalahkan Android.
    tipikal org Indonesia akan gampang brpindah ketika suatu produk dgn fitur teknologi yg sama wlwpun kualitas fitur jauh berbeda, tp dgn harga ditekan serendah mungkin akan mudah menarik simpati masyarakat, dgn bgini citra produk sbelah akan terkesan overprice.
    setelah pencitraan berhasil direbut, pabrikan sbelah mau ngeluarin teknologi secanggih apapun jd percuma.
    AHM tau betul dgn strategi sperti ini, mereka berhasil dipasar skutik.
    kali ini mereka mau menjajal di segmen sport yg kasusnya benar2 mirip.
    untuk YIMM jg sbenarnya sdah tau brkaca dr pengalaman, tinggal bagaimana mereka menahan gempuran dgn saling adu strategi marketing.
    kita berharap kondisi persaingan ini menguntungkan bagi kita sbg konsumen, hal ini wajar saja asal berlangsung sehat…!!!

    Like

  29. RAMBO YAMAHO SAID : KITA AKAN FIGHT BACK !!!! TUNGGU TANGGAL MAINNYA !!! …. TAHUN 2012-2013 KITA AKAN BANJIRI INDONESIA DENGAN PRODUK PRODUK NGAK LAKU :mrgreen:

    Like

  30. mario

    Ooooo… berarti konsumen yg membeli skarang cuma jadi tikus percoba’an ya om…
    ooowwhh… uji cobanya konsumen ya.. bukan di test dan di uji coba dulu secara matang baru di lempar ke konsumen..
    wahh strateginya jahat,, terlalu terburu-buru,, dan kacau sekali..
    ===============================================
    udah kok bro,, udah di uji di sirkuit pribadinya ampret,, tuh,, ada artikelnya di warung sebelah,,, 😆

    tapi uji coba sebenerya setelah produk sampai di tangan konsumen,,, 😆

    Like

  31. Sastro pada April 23, 2013 pada 11:46 AM tak titeni, ada satu nick yang apapun
    bahasanya pasti komenya langsung
    menjatuhkan salah satu merek dangan
    kata2 tak sopan. dan mengagungkan
    sesembahanya walaupun tak ada yang
    memancing. weleeeeehhhhhh, kok yo ono panguripan sing dapurane koyok
    ngono,,,,,,

    ——————————————-

    wow… titeni noninu nonono tonotono…
    kalau bicara soal sesembahan,, tentu setiap manusia harus mengagungkan sesembahannya yaitu TUHAN…
    tapi kalau yg anda maksud sebagai sesembahan itu adalah motor dan kita di sini sedang berbicara tentang motor jangan bawa-bawa nama sesembahan. Gak bagus itu !

    Like

  32. not so easy fo Honda

    di segmen sport, harga engga begitu elastis, value for money lebih penting, dan pride pengendara sangat ditekankan, perilaku konsumennya juga sangat kritis, variable performa kendaraan sangat berperan,

    Verza masih sangat rentan untuk bisa jaya, di segmen harga ini ada Satria FU 150 yg secara performa jauh lebih unggul dan pasarnya sangat bagus, meski aga beda genre, plus potensinya memakan NMP sendiri juga besar, jadi konsumen Verza banyak, tapi pindahan dari calon konsumen NMP

    Vixion bisa jaya karena punya value for money yang luar biasa (model dan fitur modern sesuai kemauan mayoritas pasar) performa mesin yang mumpuni, dengan harga reasonable,

    dan munculnya Vixion menggebrak di saat pasar sport jenuh dengan model yg biasa2 (rangka pipa, ban kecil, sok stereo, pendingin udara, 2 klep, karburator)

    Honda pun dulu pernah memimpin segmen sport dengan Tiger dan Megapro karena juga menggebrak pasar dengan model fresh dan out of the box, tapi karena kelamaan engga ada peningkatan fitur (harga iya :p) pasar jenuh, dan Vixion pun masuk dengan jaya

    CB150R sebetulnya tepat untuk mengalahkan Vixion, asal modelnya berubah, no rangka pipa, no tutup tangki njendol, no klotok2, no ban kecil, no lampu ngembun

    BISA ENGGA?????????????????????????????

    Like

  33. CB150R sebetulnya tepat untuk mengalahkan Vixion, asal modelnya berubah, no rangka pipa, no tutup tangki njendol, no klotok2, no ban kecil, no lampu ngembun

    ======================================================
    wkwkwk ini mah analisa cetek , anak motor dropout juga bisa bikin analisa ini :mrgreen:

    Like

  34. Mario@ ya g gitu jg mas bro,,,, yang namanya produk pasti tak ad yang sempurna. penyempurnaan kan bisa juga setelah produk itu dijual massal. yo opo ora? banyak kan contohnya, model awal kurang laku otomatis pabrikan mengevaluasi kelemahan dari produk tersebut. setelah tahu titik permasalahanya baru dilakukan penyempurnaan produk berikutnya,,,,

    Like

  35. mbuhlah,

    beli pake duit sendiri,

    enak ngak enak yg ngerasian juga sendiri.

    kalu ngka enak , juga pasti kapok beli lagi

    tapi jika secara overal enak dan nyaman buat sehari- hari

    yach sudah terima.

    toh masalah enak- ngak enak juga setipa org beda rasanya. tergantung dari karakter dan umurnya.

    Like

  36. bhuaaahahaha,,,
    strategi marketing..
    bodo amat urusan sales kui..

    matic beda dg motor sport,,,
    mindset konsument dan image sudah tertancap dan melekat,,,
    susah dirobohkan mau di segment apapun,,

    terkecuali pemain belum lama,,,

    Like

  37. dasar big boss eko budeg!! cepetan keluarin semprot fairingnya donk!! harga juga jgn overprice masa motor sohc overstroke 5 speed dijual setara dohc overbore 6 speed!! katanya gen yamaha adl untuk speed!! MANA BUKTINYA?? yamaha global emang kençeng tp YIMM leemmmott!!

    Like

  38. Sastro pada April 23, 2013 pada 11:56 AM Mario@ ya g gitu jg mas bro,,,, yang
    namanya produk pasti tak ad yang
    sempurna. penyempurnaan kan bisa juga
    setelah produk itu dijual massal. yo opo
    ora? banyak kan contohnya, model awal
    kurang laku otomatis pabrikan mengevaluasi kelemahan dari produk
    tersebut. setelah tahu titik
    permasalahanya baru dilakukan
    penyempurnaan produk berikutnya,,,

    ——————————————–

    tapi kalo kita bicara soal model, bodi tipis, bodi getar, kayak nya gak ada perbaikan tuh..
    kalo soal mesin bunyi klotok klotok, mika lampu meleleh, seal shock bocor bocor bocor..
    mungkin ada perbaikan dan penyempurna’an..
    tapi itupun dengan eksistensi bloger pembantu konsumen sebagai palu pengetuk, baru deh respon pabrikan ada.

    Like

  39. masing2 pabrikan pasti punya strategi untuk menjadi pemenang.
    cuma siapa yg kuat itulah yg menang..
    kekuatan tidak selalu muncul dari atas, tapi dari bawah sekalipun bisa menghasilkan kekuatan.
    analisa yg masuk akal kang IWB..
    trus kira2 berhubungan dengan munculnya panglima diatas CB150R gak ya.. 😀 ngarep..

    Like

  40. sastro
    bahasa pamungkas keluar,, semua produk memang nggak ada yang sempurna,,, 😆

    tapi,, alangkah baiknya,, jika produsen juga lebih meningkatkan kwalitas produknya,,, misal nih ,, dari sekala 1 sampe 10,,, bila produk yang di loncing mempunyai tingkat kesempurnaan cuman 5,, kenapa nggak di tingkatkan menjadi 7,,, jangan menunggu keluhan dan komplenan dari konsumen,,,
    bayangin aja masbro,, masak baru beli mongtor baru,, udah masuk bengkel ber minggu2,,, kayak kasus bro mas prase,,,, dan itu bukan kesalahan konsumen lho,,

    ya,,, degan kata lain ini benar2 semacam testing produk yang di tujukan buat konsumen,,,,

    kalo maslah kwalitas,,, itu pasti,, dan jelas,,, kalo masalah model,,, itu relatif,,, karena itu menyagkut selera individu,,

    Like

  41. wkwk baca komentar orang beli motor 20 jt dibilang kelas menengah keatas , ngisinya tetep aja premium :p . harusnya kalo motor tangki isi bbm nya pertamax . kasian motor bebek jatahnya diambilin mulu . mau gaya tapi gamau modal ^^v peace . sekedar mengingatkan

    Like

  42. Sastro pada April 23, 2013 pada 12:01 PM Om Mario@ biasa waelah om, kan banyak
    yang pake kata2 itu, mosok ane yang om
    kritik doang,,,,, piiissss,,,,,

    ————————————

    sori bro… itu berlaku untuk semuanya..
    cuma mungkin yg lain luput dri pandangan..
    kalo ada yg lain yg pake kata2 sesembahan yg di tujukan pada motor ane juga bakal kritik keras…
    berlaku untuk semuanya tanpa pandang bulu,, bahkan kalo yg mengatakan hal tsb presiden atau kopasus sekalipun..
    mungkin banyak kiasan lain yg lebik pas untuk motor dari pada kata sesembahan…
    motor kesuka’an FBH/FBY atau motor kesayangan FBH/FBY mungkin lbih pantas..

    Like

  43. sijuki mana sijuki!! ayoo keluarin semprot tulen donk!! jgn lupa sijuki pernah jadi raja lewwat rgr!! ayoo ikutan tawuran lawan tanding sekalian ben tambah banjir darah!!

    Like

  44. peyek pada April 23, 2013 pada 12:16 PM
    mario
    kalo merek keramatnya FBH/FBY,, gimana
    brot,,,

    —————————————-

    keramat itu kan maknanya bukan mengagungkan.. mungkin maknanya lebih kepada fanatik buta,, itu oke2 saja..

    Like

  45. Om Mario@ lha itu repot’,e Om, masalah bodi tipis, getar dll. mungkin para petinggi sono, merasa sudah cukup n sudah disesuaikan dengan harga. tapi konsumen merasa kurang puas. itu tugas atpm untuk merubahnya, sebagai konsumen kita hanya memberikan masukan. sekarang ganti om yang memberikan pendapat tentang artikel lek Iwb diatas,,,, monggo Om pendapate,,,,

    Like

  46. 130. wayne wondo – April 23, 2013
    ================================
    sijuki udah adem ayem dengan R3 nya brot,,,
    jangan di ganggu,,,, 😆

    Like

  47. om Mario@ ok om,,, udah dapat kata yg pas,,,,,kalo ad kata2 kebun banatang seharusnya om jg kritik. karena kita manusia yang derajatnya lebih tinggi dari binatang. ok Om? pissssss,,,,

    Like

  48. babat7 pada April 23, 2013 pada 10:52
    AM
    wedew… keren tenan analisa ne kang
    …. bener banget strategi AHM koyo
    ngono kuwi… tapi sakjane yamaha wis
    ngerit strategi AHM ngono kuwi, tapi
    meh mengembangke pabrik alias
    produksi nya , yamaha udah berat jhe,
    masalah cost nya yang tinggi di awal
    mungkin bisa jadi….. klo HONDA
    mungkin sudah siap dengan
    pendanaan ini… klo mau mengejar
    honda, seperti yang kang iwan jabar
    ke , iso babak belur juga (klo ngejar
    produksi), bila di paksakan bisa jadi
    nanti malah QC yang jebol ( karatan,
    bolong2, klotok2, spakbor miring,
    fairing meleleh(klo udah bikin), spedo
    berembun)…. menurut kang iwan
    dewe, solusi ne untuk yamaha gimana
    kiek..???…
    @@
    dasar tungkel, lah wong ymh dlu bisa 300rb an, skrg tnggal 200rban

    Like

  49. Udah biarin aja bro semua, biarin jepang2 pada perang, kita yang teprok tangan.

    Jangan sampe dibalik.

    Kita yang perang, jepang yang teprok tangan.

    Like

  50. produk apapun yg paling laris.. yang penting konsumen indonesia yg dapet manfa’atnya..
    semakin ketat dan semakin berdarah darah persaingan dan pertarungan pabrikan maka masyarakat akan di untungkan dengan semakin inovatif nya pengembangan produk, dari mulai tehnologi dan model yg di inginkan oleh masyarakat kita.
    yang penting kualitas tetap di nomot satukan,, supaya masyarakat tidak di susahkan dengan kerusakan.

    Like

  51. adu strategi, siapa yang paling joss? berarti panglima perang honda di sport akan tetap ada? karena secara strategi, honda belum menjepit vixion dari atas, kalau cbr150r terlalu jauh dari harga.

    Like

  52. yamaha rontok karena kesalahannya sendiri alias blunder

    awalnya honda hanya ketiban rezeki aja dari blunder yamaha tapi akhirnya bisa memanfaatkan kesempatan yg gak datang sekali

    kalo strategi yamaha dan honda sama2 bagus cuma kemaren yamaha salah langkah di segmen matik terlalu meremehkan konsumen

    Like

  53. “Jepit sana-sini secara rapi tidak grusa-grusu.
    Strategi yang lembut, elegan namun merontokkan….”
    Like this kang…

    Para tuyul alay momok yang kerjanya BC produk tetangga mesti dikasih wejangan agar bisa mengimbangi strategi AHM.
    Sesekali pabrikan garpu karat buat acara training donk… pesertanya qwertot, nobitot, trimomot, tholelot, royot, peyot dkk agar BCnya semakin elegan… 😀

    Like

  54. sayang nya ane ga pernah demen banget produk sport AHM (cbr tidak termasuk ya,bukan produk ahm coy :D) 2013 gitu masih aja pake tutup tangki model tangki bocor 😆 masa pabrikan sekelas AHM kalah sama minerva yg udh bikin tutup tangki rata 😆

    Like

  55. lapor mas.. Dari kemarin hingga hari ini sy keliling mencari honda cb150r di berbagai dealer honda jakarta-bogor…

    Jawabannya nyaris serempak!! Inden 1bulanan.. Bahkan wrn merah bs 2bulan mas… Ane niat mw beli cash aja!

    Gmn nì honda???

    Like

  56. Siapapun yg menang asalkan baik n bs memberikan tenaga kerja buat diindonesia ane dukung demi kelangsungan hidup semua karyawannya. Yang penting agar mengurngi penganggura diindonesia. Saya dukung sekua pabrikan Y.H.K.S dll.

    Like

  57. Ktny cb ini diposisikan sbgi spacy dimatic akan ada lg produk dgn msin yg sama,model yg lbih fresh dan lbih murah..ktny msh mengusung nama city sport..rncny november,kang…coba dikorek

    Like

  58. 99. peyek – April 23, 2013
    kang iwan

    mungkin lebih tepatnya,, kalo di ibaratkan dengan air,,, strategi ahmpret ini kayak air terjun,,,, dengan modal yang besar,,, grojok terus dengan produk2 baru,,,, laku opo ora,, kwality no 2,, yang penting kwantity,,,, seng penting mbrojol terus,,,,

    ===============================================

    ini tuyul alay momok juga harus ditraning agar ngak sembarangan bacot.

    Like

  59. Gampang aja…

    Yamaha sanggup ngga bikin motor kaya Verza dengan harga 16 jutaan
    Yamaha sanggup ngga bikin motor DOHC dengan harga 23 jutaan.

    Itu semua dengan mudah akan terjawab dengan kata “Tidak”

    Yamaha menjual motornya sangat overprice, tidaklah mengherankam, soalnya Vixion sudah mempunya nama Besar.

    Andaikan Honda yang memproduksi Vixion kisaran harganya paling banter 21 jutaan.

    Ingat komponen SOHC sangatlah simpel dengan material yang lebih sedikit daripada DOHC 6 speed.

    Lambat laun Honda sport akan menguasai pasar sport tanah air

    ___________________________________________________

    gimana pula dengan tiger yang masih overprice harganya?seandainya yamaha yang jual mungkin kisaran 23 juta aja x ya ga sampe 26 juta kayak sekarang…tapi ini seandainya yaaa… 😀

    Like

  60. Bicara mengenai strategi kedua pabrikan terbesar yang lagi berseteru tiada akhir, mungkin warung bro komeng sdh menelanjangi kedua pabrikan secara vulgar, dan emang sampai sekarang strategi AHM lebih jozzz gandozz, buktinya pangsa pasar dan penjualan yang semakin meningkat.

    Kalo para tuyul alay momok kayak si peyot bacot soal produksi, YIMM dulu juga pernah stabil diatas 300ribuan unit, tinggal loncing produk baru ahja dan beres, tapi apakah pasar bisa menyerap semua yg diproduksi?

    Bicara soal strategi, tidak terlepas dari SDM dan saya berani bilang SDM YIMM jauhhhh…. di bawah Group Astra,kalo tidak oke bagaimana Astra bisa menguasai pasar otomotif nasional baik R2 maupun R4, siapa yang mau bantah??? silakan kasih argumen yg bermutu, jgn kayak tuyul alay momok bacot sana sini kayak tong kosong.

    Setuju dgn Kang Iwan, strategi AHM smooth & elegan, YIMM kagak bisa meladeni saat ini, makanya salesnya anjlok dari 300ribuan jadi 200ribuan, AHM dari 300ribuan menuju 400ribuan.

    Like

  61. kalo seperti kasus matic:
    Vario terbatas…..
    sodok dari bawah pake beat….
    terakhir gebuk pake V125….

    berarti
    CB terbatas…..
    sodok dari bawah pake Verza…..
    terakhir gebuk pake next tiger??

    asik…..nunggu gebukane wae,,,,,kalo bagus………ambil 5 unit!!wkwkwkwk

    menunggu apresisasi atas komen tercerdas dari yang punya warung!

    Like

  62. hahahahaha…. honda menang telak..???

    😀

    bisa dipastikan mesin GL jaman mojopahit lahir kembali…

    wkwkekekekekekek….

    # silahkan nikmati itu…

    😀

    Like

  63. di segment apapun, harga tetap jadi faktor penting… tentunya persaingan akan semakin sempurna.. entry pointnya ya harga tentunya di monopoli oleh perusahaan asing. mw itu honda, yamaha, dkk.. kalo misalnya indonesia mampu mencontoh india yang bangga dengan produk sendiri.. harga pasti jauh lebih murah..

    Like

  64. udah banyak motor sport ahm yg lahir hanya untuk membantai vixion….

    tapi nyatanya… ????

    😀

    wkwkwkwkwkwk…

    malah saling bantai ama sodara sekandang….

    😀

    Like

  65. Satu kesalahan Y**M karena mengontrak jasa tuyul alay utk ngebece tetangga, atau emang dasarnya DNAnya BC?
    Btw.. siapa konsultannya sich, pengen tau juga agar ngak usah kita pake konsultan alay gitu. 😀

    Like

  66. eh…..mending sama mas iwan mung di karungi emaile, karo mas Rudi beberapa IPku wes di cor nang pondasi WC! asem….melanggar kebebasan berpendapat, padahal sopan,,,,munggkin menggigit atau gak sejalan apa yak??

    Like

  67. dari dulu masih menerapkan strategi motor tante2 untuk kelas sport…

    wkwkwkwkekek….

    yaa apa bisa… ????

    😀

    Like

  68. Inilah sebenarnya kekuatan AHM yaitu nafas-nya panjang, yang akan susah diikuti YIMM. Namun ciri kas AHM yang gak berubah adalah selalu mengeluarkan teknologi, fitur atau produk untuk produk-nya secara pelan2, sehingga konsumennya tdk kaget dengan teknologi2 baru.

    Negative-nya konsumen yg haus teknologi baru hrs sabar untuk menunggu inovasi dr AHM, karena AHM walaupun sebagai leader sepeda motor tetap melihat kemana pergerakan para kompetitornya

    Like

  69. Masuk akal sih, mas iwan.. bagus2..
    Bener tuh analisisnya, emang sepertinya honda pake strategi jepit atas-bawah.
    Like banget bro 😀

    Like

  70. wkwkwk…..

    tuyul alay momok pada sewot kalo disebut SDM Y kalah ama SDM Astra.
    wkwkwkwkwk……………………..

    kalo emang SDM Y bagus, sekarang pasti sdh jadi market leader, bener ngak mok?

    Like

  71. Tp sayangnya makin lama ngahaem cm ngandelin kuantitas tanpa mempedulikan kualitas2 produknya, tdk spt ngahaem yg dulu..

    Cb perhatiin makin kesini mongtor2 anyar jebolan ngahaem kualitasnya makin memprihatinkan kyk tangki bocor, rangka soak, bodi tipis, bodi getar, rante brisik, mika meleleh, mesin klotok2/ngorok, rangka berkarat, footstep bengkok, cat/stiker luntur dll..

    Ngahaem mengandalkan nama besar mereka bwt nipu konsumen…

    Like

  72. Jiaahhh…. kalo artikel Honda/Yamaha pada cepet bener….!! Tapi tetep yamaha raja sport kan tehnologi motoGP tinggal tepelin stiker VR46 dh brasa naik M1’nya rosi.

    Like

  73. kira2 yang jadi tukang gebuk motor apa ya?
    Klo perkiraan ane kemungkinan CBSF berfairing plus o2 sensor murah meriah, hehe..

    Like

  74. strategi bli motor honda yg baru dilaunching…tunggu 6 bulan sampe 1 tahun klo udah ga ada keluhan lagi bli…..! klo msh banyak keluhan tunggu 1 thn lagi… 😀
    Ga percaya? lihat saja vario 125 tahun 2012, ngorok. vario 125 ISS tahun 2013 bebas ngorok….

    Like

  75. 187. pukiS – April 23, 2013
    Iwb@ baru kemarin di kasih kripik eh kritik langsung brojol artikel HONDA,sebagai penghibur nie ye…… wkwkwkwkwk
    ========================

    saya suka gaya lu gan, tinggal tunggu konfirmasi yg punya warung

    Like

  76. kalo yamaha,,
    strategi bagaikan lelembut,
    😆
    tidak terlihat tapi menakutkan,,
    😆
    ya kabur kabeh konsument,
    xixixixixixixixiii..
    :mrgreen:

    #koment ngaur..

    Like

  77. Yamaha juga udah kelihatan terbuai, new vixion digarap nggak maksimal tinggal nunggu akibatnya. tunggu 6-12 bulan kedepan, sembari klotok-klotok dibenerin.

    Like

  78. strategy si jepun yamaho beserta kacung2 lokalnya : BACOT KIBUL DULU YANG GEDE DI MEDIA MASSA :mrgreen: … FIGHT BACK!! TUNGGU TANGGAL MAINNYA !!! wkwkwkwk :mrgreen:

    Like

  79. 194. vasava – April 23, 2013
    187. pukiS – April 23, 2013
    Iwb@ baru kemarin di kasih kripik eh kritik langsung brojol artikel HONDA,sebagai penghibur nie ye…… wkwkwkwkwk
    ========================

    saya suka gaya lu gan, tinggal tunggu konfirmasi yg punya warung
    =======
    dasar tungkel ente, fitnah melulu

    Like

  80. 22. ATSL – April 23, 2013
    Sangat ditunggu New Tiger nya

    =================================
    diam2 honda sedang riset motor carbu cc besar tapi ramah lingkungan,,,,,, pukulan yang sedang dipersiapkan…… masih riset di india mas brooo……

    Like

  81. Market motorsport tidk sebesar matik. Yang jadi pertanyaan apakah market motorsport naik, stagnan atau justru turun. yg bikin heboh motorsport krn kebanyakan blogger dan komentator adalah cowok yg menginginkan motor batangan, padahal diluar sana motorsport minoritas. Jadi aneh kalo ada pabrikan yg allout cmn memperebutkan segmen yg minoritas.

    Like

  82. masak sih mas Iwb
    Lembut = faktanya seperti air bah , produk kroyokan
    Elegan = faktanya designnya dibuat mirip kompetitor
    Merontokkan = faktanya yg rontok cuma segmen matic , bebek beda tipis , sport malah kalah sama yamaha

    dan akibatnya banyak produk bermasalah
    Vario125 ngorok , ngempos , boros busi
    CB150 oli meler , mesin klotok2

    imho

    Like

  83. sukses menguasai market share,
    lalu antrian mengular di AHASS dibiarkan?

    *jangan tanya kondisi telinga (sebagian) teman2 pengguna vario 125 FI*

    Like

  84. NVLq udh dtg g pke lama g pke ngindent cz stock yamaha nvl udh terpenuhi..bkan g laku tp udh ready..
    kalo CB150R d kotaq..q udh cri mana2 memang nginden..mungkin keterbatasan stock..
    kalo bet anak kuliah i2..yang penting nyaman dan irit..hanya orang beg*k yang mw ngebut2 n nyerahin nyawa..yang penting happy..:D

    Like

  85. 2014 ane tunggu motor2 kencang yang bakalan brojol…
    sorry ane kaga suka sama motor2 lemot baik itu merek Honda ataupun Yahama…

    ane kadang suka ngakak ada produk abal abal ngaku teknologi MotoGP pake deltabox biar dibilang kencang tapi faktanya *LEMOT…**

    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk…….

    Like

  86. @203. PAKAI OTAK BUKAN NYALI

    Nice point 😆
    mungkin aye tambahin bensin lagi
    ELEGAN dengan beri produk yg lbh berkualitas dan lebih murah dr kompetitor ? ELEGAN mencerdaskan konsumen dengan fb atau strategi marketing bintang”nya ? 😆

    Like

  87. Jendral motor sport 150cc honda ya cbr150. Kalo dibawahnya mungkin kolonel. Jadi cb150 itu kapten, terus versa itu sersan

    Like

  88. ah… ga ngerti.. untuk kasus skutik honda, ya karena ahm membuat banyak produk (vario, beat, vario110, scoopy) dengan fitur yang ga dimiliki skutik yamaha yang cuma punya model mio dan lalu mio soul. lambat tapi pasti keoklah skutik yamaha.

    lha kalo di mtr batangan, apa keunggulan intangibles mtr batangan, ahm selain dohc (cb150) dan harga murah (verza)? tapi klo verza dengan harga 16jt sangat bisa melebarkan market mtr batangan.

    Like

  89. hehehehe…..analisanya lucu2 ada yg bilang matic dan bebek pangsanya menengah ke bawah….sports menengah ke atas…kalau PCX pangsanya apa ya lha dikasih stock terbatas aja banyak yg inden….terus itu bebek satria kenapa juga merajalela padahal gak murah juga harganya….tiap kelas motor sekarang mah dari bawah sampai atas main….motor ratusan juta aja ada yg beli gimana yg cuma puluhan….jadi terlalu naif kalau bilang sports murah gak bakal laku…..

    Like

  90. Untuk menumbangkan singgasana motorsport yang sudah 5 tahun dipegang Yamaha sebenarnya mudah saja,tinggal berani apa tidak AHM membanderol si CB150R 20 juta saja. Karena banderol 20 juta adalah banderol yang sangat sesuai untuk membayar segala fitur yang dimiliki CB150R.

    Like

  91. Mas Jokokarta2 pada April 23, 2013 pada 1:51
    PM

    kalo seperti kasus matic:
    Vario terbatas…..
    sodok dari bawah pake beat….
    terakhir gebuk pake V125…. berarti
    CB terbatas…..
    sodok dari bawah pake Verza…..
    terakhir gebuk pake next tiger?? asik…..nunggu gebukane wae,,,,,kalo
    bagus………ambil 5 unit!!wkwkwkwk menunggu apresisasi atas komen
    tercerdas dari yang punya warung!.

    =================

    Lah terus NMP ne piye mas bro, kok ora di sebut…? Kayane mandan janggal iku dalan ceritane… Hehe…

    Like

  92. AHM juga sudah pikirkan kalau yamaha sudah tau strategi seperti itu ,dan sepertinya AHM mempunyai dua strategi,
    Yg satu yang ini dan kalau yang ini gagal bisa disusul dg yg satunya lagi ,karena AHM juga sudah tau kalau YIMM dulu udah pernah ngalamin seperti itu.

    Like

  93. mungkin bos honda cengar cengir baca artikel ini,,analisanya pas banget seperti real dilapanganya.

    tinggal waktu yang menjawab

    Like

  94. dengan modal yang lebih besar dari kompetitor, emang dah sewajarnya honda melakukan strategi keroyokan, apalagi honda emang dah ambisi dari dulu buat nguasai market sport… bberapa kali gagal lewat megapro, sekarang dcoba lewat cb n verza… jika aja modalnya lbh bsar, bukan g mgkin yg djual seharga verza adalah si cb itu sndri 😛

    Like

  95. Saatnya komen
    Menurut pribadi bikin motor sport 150 yg value ialah
    Desain bagus dan rasional
    Mesin sohc 2 katup
    Gear 5 percepatan
    Pengkabut bhn bkr injeksi
    Desain struktur rangka blkg kuat dan lubang baut behel blkg bisa di fngsikan untuk braket box (karena kebanyakan biker yg suka turing memodifikasi motor sportnya untuk box)
    Ingat ya team r n d harus test motor tersebut juga dengan real box plus muatan, yah untuk pengetesan bakalan ambles ga shock belakangnya setelah di beri muatan.
    Catat ya pak Abidin hehehe
    Trus ban type tubles depan 80/100
    Belakang 100/90 17 inchi tentunya
    Agar pada penggantian Ban selanjutnya tidak terlalu mahal beli ban barunya.
    Untuk rem depan cakram dan belakang tromol
    Hemm apalagi ya? Mungkin mas bro disini bisa menambahkan dan mengoreksi komen saya
    Mohon maaf & Salam biker

    Like

  96. Sorry bro…dari dulu ane ga trlalu trtarik sama motor h…n…d… n y..m…h
    Soale klo bikin motor kejar produksi ..quality kdang di abaikan…ane pke
    Ane pke s…z….k skrg, krena mrka bikin motor santai jadi ga buru2…mentingin quality sehinnga setelah ngerasain enaknya baru yg make bisa komen….skrg mo beralih ke tvs..j

    Like

  97. Honda pasti akan laku keras..dkarenakan yg beli honda bkn untk di dimiliki,tetapi untk iseng coba2,stlh itu dkembalikan ke leasing,stlh itu jd mtr second sampah,karena tdk berkualitas,mana kampanye go green nya,hanya pembohongan dan pembodohan public.. menuh2 in sampah besi di indonesia yg berlogo sayap keplok

    Like

  98. to bang iwan. tolong bangunin si suzuki tuu. pada makan gaji buta para pimpinannya . tidak mau ambil resiko, sepertinya sudah pada tua tua. main aman. tunggu uang pensiun saja. dulu berani bikin suzuki shogun. berani bikin RGR. sekarang…? jangankan ber inovasi. masuk kerja aja sepertinya udah males. di apain enaknya..?

    Like

  99. dah, dari dulu masyarakat Indonesia memang terpengaruh mindset, motopr ya honda walau bagus atau boborok dan mahal sekalian juga tetep dijagoin. namanya juga first mover,
    sama halnya dengan lampu bohlam, orang2 juga nyebutnya DOP, padahal itu nama merk.
    atau sabun cuci detergent, ya RINSO, walau gimana juga tetep rinso primadonanya
    mindset memang sulit dirubah. walau masih banyak produk lain yg lebih bagus

    Like

  100. 230. pujipurwanto – April 23, 2013

    to bang iwan. tolong bangunin si suzuki tuu. pada makan gaji buta para pimpinannya . tidak mau ambil resiko, sepertinya sudah pada tua tua. main aman. tunggu uang pensiun saja. dulu berani bikin suzuki shogun. berani bikin RGR. sekarang…? jangankan ber inovasi. masuk kerja aja sepertinya udah males. di apain enaknya..?
    ——————
    enaknya diler suzuki dijual aja ke TVS atau bajaj, biar mantep tuh motor india

    Like

  101. Kalo honda memakai strategi air,kenapa yamaha tdk menggunakan strategi Angin..api kalah dgn air,ttapi air kalah dengan angin..

    Like

  102. klo boleh prediksi si…, ahm gagal frontal ngelawan yagitudah, dengan strategi spion-spion para blogger, bikin pasar penasaran bin gregetan, ternyata mbrojolnya g sesuai ekspektasi, adanya cuma strategi lawas membenturkan produk racikan tiru sana-tiru sini dengan pesaing, tapi nyatanya pesaing bisa berkelit dengan produk lama tapi fresh yang g bikin orang bosen…, rangka pager tralis yang diperkirakan bakal berotot, ternyata mlempem, dibutuhkan stiker skotlet biar keliatan uratnya, mesin dohc yang biasanya superior ternyata kalah ama teknologi jadul ala sohc…, bodi yang diusung juga berusaha nempel desain ciamik warung sebelah.., nyatanya orang udah bosen liat desain begono, lampu depan yang dikira keren banget, ternyata cuma minimize dari batok si barongsai…, udah gitu disamain sama motor pahe-nya…, mengurangi prestise buat owner yang merogoh kocek 5jt lebih banyak.
    si bikinan warung sebelah ternyata bisa move on, dengan mesin yang dicemooh jadul, nyatanya bisa mengungguli si dohc walau ban digedein…, desain yang diawal banyak dibilang aneh.., nyatanya makin kesini malah digemari karena gak ngebosenin…
    butuh effort dan kesungguhan buat ahm untuk bisa menghasilkan produk yang bener2 worth sebagai raja sport tanah air, bukan sekedar unggul dari segi murah dan kuantitas
    semoga suatu saat saya harus menjilat ludah saya ini…

    Like

  103. menyerang adalah pertahanan terbaik… sun jui (the art of war)
    so… ayo berkompetisi secara sehat, perbaiki segala kekurangan dan berikan yang terbaik untuk konsumen
    🙂
    BC???
    bukan cara elegan…
    🙂

    Like

  104. Pangsa Sport walau tidak terlalu besar namun imho akan berkembang jauh lebih besar dari sekarang mungkin 15~20 %

    Ketika dulu bebek menguasai pasar, disebabkan karena Fungsinya yang dual purpose dimana satu motor bisa dimamfaatkan oleh wanita dan pria atau tua dan muda, namun dengan penguasaan matic saat ini dan peningkatan GDB, walaupun fungsi dual purpose tetap ada namun lebih di posisikan sebagai kendaraan keluarga. Sedang untuk kerja dan kegiatan rutin sehari hari jika mungkin para pria akan memilih sport untuk memenuhi kebutuhan transportasinya. Sementara untuk anak sekolahan yang bergantung kepada orang tua masih mengutamakan matic untuk menunjang kegiatan mereka.

    223. garrus av

    Kalau sering jatuh dilubang yang sama = doyan

    Like

  105. siap2 yamaha gulung tikar…

    😀

    # iya sih habis acara syukuran…. atas motor sportnya yg tak tersentuh lawan..

    😀

    Like

  106. BC yang sering diangkat fby adalah kualitas honda?? tapi apakah demikian?? kerusakan pada produk awal itu bisa saja terjadi.bahkan pada produk yang mahal skalipun. seperti ninja. dan itu pasti akan diperbaiki sehingga produk itu makin mantap bebas keluhan. tapi bagi fby ini tetep akan jadi BC selamanya untk menutupi ketakuatannya produk sesembahan tergeser. bagi pecinta motorsport yang tidak buta merek pasti akan tau tipe tipe mesin…
    klo tidak buta merek pasti akan pilih dohc 6 speed dari pada sohc 5 speed. klo sudah terlanjut beli sohc 5 speed silahkan saja ngebut ngebut dijalan dan ketemu dohc 5 speed nyalip alay kerena merasa sohcnya lah yang terkencang. tapi jangan kaget bin nyesal ya klo nanti di kepreti si cb dohc 6 speed. wong si sohc 5 speed aja dengan mudah dikepreti dohc 6 speed nya si kecl alay FU. padahal FU bisa dikalahkan oleh dohc 6 speed si CBF ini..
    fakta fakta…..
    please fby jangan buta merek.

    Like

  107. kelas magtic beda sama kelas sport.
    konsumenya beda,strateginya pun beda.
    konsumen sport adalah kalangan ekonomi menengah ke atas. tentunya pinter dan memilih produk yang udah teruji kualitasnya.
    sedangkan matic konsumenya kalangan ekonomi menengah kebawah.tentunya tidak sepinter orang kaya dalam memilih produk karena keterbatasan dana.
    dilihat dari sini,jelas strategi matic beda dengan sport.
    gak gampang bodohin orang kaya dan pinter.dan gak segampang bodohin orang2 miskin konsumen matic.
    kalo mas iwan bilang strategi ahm sperti tetesan air yg menetesi batu besar(yimm),mudah bagi ahm untuk ngatasinya.tinggal colok aja itu sumber tetesan air pake sapu lidi.aman kan,gak netes lg.gitu aja kok repot.

    Like

  108. kelas matic beda sama kelas sport.
    konsumenya beda,strateginya pun beda.
    konsumen sport adalah kalangan ekonomi menengah ke atas. tentunya pinter dan memilih produk yang udah teruji kualitasnya.
    sedangkan matic konsumenya kalangan ekonomi menengah kebawah.tentunya tidak sepinter orang kaya dalam memilih produk karena keterbatasan dana.
    dilihat dari sini,jelas strategi matic beda dengan sport.
    gak gampang bodohin orang kaya dan pinter.dan gak segampang bodohin orang2 miskin konsumen matic.
    kalo mas iwan bilang strategi ahm sperti tetesan air yg menetesi batu besar(yimm),mudah bagi ahm untuk ngatasinya.tinggal colok aja itu sumber tetesan air pake sapu lidi.aman kan,gak netes lg.gitu aja kok repot.

    Like

  109. Akhirnya sy putuskan beli cb dripd nvl pertimbangan beli CB karena di youtube ada beberapa video CB150r lawan Satria fu dan lawan CBR 150 hasilnya memuaskan di tambah lagi di OMR CB150r hanya tambah knalpot racing dan piggyback top speed bisa 158km/jam padahal final gear dan mesin standar. berbeda dengan NVL tidak ada satupun di youtube yg menampilkan NVL lawan satria FU atau CBR 150 dan tak ada geliat Yamaha untuk mengikut sertakan ke kejuaraan yg ada komentar yg membanggakan NVL dan menjatuhkan CB150r tp tidak sertakan bukti realitanya.. apakah ada di youtube NVL tanding motor lainya??apakah yamaha berani mengikuti kejuaraan dengan NVLnya pdhl tes dyno HP NVL lebih besar drpd CB150r?? jadi sy berpendapat CB 150r mempunyai potensi yg besar..ban dan body bisa di modif tp SOHC tidak bisa dimodif ke DOHC.. walau sy tau banyaknya keluhan dari pengguna cb di media online tp itu tidak menghalangi sy untuk meminangnya karena realitanya keluhan itu tidak sy dengar langsung oleh pengguna CB dijalan

    Like

  110. boleh di bilang strategi honda bagus, tapi sebagian konsumen kecewa, slah satunya q, kmarin Q mw ngmbil New Megy warna Putih klo ga merah, tapi kata dealernya wrna putih n merah ga ada, paling adanya 3 bulan lagi, bulan2 sekarang Honda lagi ngga produksi New Megy, karena lagi sibuk produksi Verza+CB,,, ujung2nya di kirim wrna item,, asem

    Like

  111. penjualan motor matic honda laris karna emang kualitasx di atas matic yamaha dan itu sdh saya buktikan,, dirumah ada beat karbu thn 2008 punya adik,, mesin masin awet,, body g getar seperti yg di tuduhkn fby,, sempat punya mio sporty (punya saya) dan mio soul ke2nya lansiran thn 2010,, tp waktu thn 2011 tu mio 2 ane jual,, soalx g enak di pake,, tarikan lelet dan boros,, dan sekarang saya pake beat f1,, performa mantap,, irit juga dapet,, soal body tipis dan bergetar g ada itu saya dapat,, josh dah honda

    Like

  112. Kalo yg komen bhas SDM itu gw rasa sales
    Woy bro..SDM lokal kalo mau bkin inovasi skecil apapun harus dapet restu dari jepunnya
    RnD lokal mau produk Y ataupun H itu dibatasi sama yg namanya aturan pusat yg di jepun sana
    contoh produk H itu cs1

    Like

  113. lht fanboynya yamaho yg lebay ,suka bc . ane makin ilfil dg produk yamaho.
    BC bukan cara yg elegan dan ksatria.
    menggunakan cara2 BC akan smakin buat orang anti dan produk yamaho tidak laku.
    ane respek dg HONDA yg elegan dan menjawab kritikan dg produk2 yg berkualitas .
    ane prediksi MS honda bs diatas 70

    Like

  114. Yes….komenya mulai bermutu lagi,dah mendingan,udah lebih enak di lihat mata.
    Walaupun tetap masih ada cecunguk fb tak sopan nyelip.ra duwe rai tenan pancen.

    Like

  115. 249. peyek – April 23, 2013

    sales sales ahmpret pada berkeliaran… 😆
    maklumlah… artikelnya lagi membahas strategi seswmbahannya…. 😆

    ====================

    Tolong yang bernama peyak dibanned saja tuh. provokatr banget.

    Like

  116. Dua Jempol buat Yamaha,… Konsumen sangat puas… pabrikan lain nggak bisa ngikutin …??? April 23, 2013
    Posted by triatmono in Perlindungan Konsumen, Yamaha.
    Tags: Solo
    trackback

    6 Votes

    Konsumen Yamaha Puas

    Well,… menjadi seorang Blogger buat juragan mempunyai tanggung jawab moral …!!! Yup,… ketika juragan mereview sebuah product… dan mengungkapkan seobyektif mungkin ala khas anak jalanan … banyak konsumen yang percaya akan review juragan …!!! Ketika konsumen membeli product tersebut… dan mendapati keluhan serta menyampaikan keluhan kepada juragan… ada tanggung jawab untuk memforward kepada pabrikan Yamaha atas keluhan tersebut …!!! Yaaagh model Customer Relationship Management aka CRM …!!! Keluhan dari seorang konsumen Bro Edo Vanaro di Solo mengenai Yamaha Soul GT… yang juragan terima by email …!!!

    Cuplikan testimoni kepuasan konsumen Yamaha :

    Eh ternyata pada tanggal 10April saya di telfon lagi dari pihak sbr untuk bertemu dengan orang yamaha pusat, dan saya sangat terkejut dengan penwaran untuk ganti unit baru oleh pihak yamaha…
    Disini saya merasakan pelayanan dari pihak yamaha yg sangat memuaskan…

    Tepatnya tanggal 13 saya diberikan ganti unit, dan tidak hanya itu saja, saya disediakan 3 unti motor yg sama untuk diTest ride dan memilih salah satu yg paling nyaman….
    Tanpa dipungut biaya sepeser pun..

    Saya sangat berterimakasih pada pihak yamaha dimana mau berbesar hati untuk menangani keluhan konsumen secara maksimal…
    “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮

    Thanks To Yamaha

    Thanks To Mas Tri

    Thanks To SBA

    Juragan menyampaikan tanggal 30 Maret 2013 kepada management Yamaha… kemudian mekanik Yamaha pusat datang ke Solo tanggal 6 April 2013 …!!! Langsung menangani keluhan CVT … langsung di ganti satu set CVT … namun konsumen masih kurang puas… masih ada sedikit ngorok dan vibration …!!! Target kepuasan konsumen …terlihat benar-benar dijalani oleh pabrikan garpu tala ini … ketika konsumen belum puas… akhirnya tanggal 10 April 2013 pabrikan Yamaha menawarkan ganti unit baru …!!! Tepatnya tanggal 13 April 2013… bro Edo disediakan 3 unit motor Soul GT… dan memilih 1 unit baru yang paling ok …!!!

    Last,… baru kali ini sebuah pabrikan langsung turun tangan… dengan mengganti part, meminjamkan motor untuk aktivitas, dan mengganti baru sebuah motor …!!! Hebat neh Yamaha… patut diapresiasi… top markotob good marsoguud… dalam menangani konsumen… sehingga konsumen sangat puas …!!! 😀

    =========================

    Iwanbanaran memang top. blogger netral, tdk spt triatmono yang memihak slah satu merek.

    Like

  117. Strategi air berlaku jika posisi yang diserang diem, ngga ada inovasinya lagi,..tapi kalau dia bergerak kesana kemari , melakukan terobosan terobosan yang moncer gimana? ..kalau mau menghancurkan strategi seperti air,, YMI harus membendung air tersebut dengan mengalirkan ke sumber sumber air tersebut dialirkan, kalau berhasil jadinya senjata makan tuan hehehehe

    Like

  118. ibarat adu gulat, saya lihat ini sudah kepegang enggak akan lari, tinggal tunggu pabrik ke 4 beroperasi baru deh bebek belur.

    Like

  119. gak di trit nyang ini,,, trit nyang ntu,,,, tuh anak mewek mulu kerjanya,,,, 😆

    *lirik si agus,,, = asli gundul alus,,,, buahahahaha,,,

    Like

  120. Pemerintah Afrika Selatan dan Tiongkok berhasil menekan penyebaran HIV/AIDS dengan melakukan tes besar-besaran pada 2011. Afrika Selatan melakukan tes pada 15 juta orang, sementara Tiongkok terhadap 80 juta penduduknya.

    Pasca tes tersebut, terdeteksi 2,2 juta orang yang terinfeksi HIV di Afrika dan 75 ribu di Tiongkok.

    Pengamat kesehatan dari Universitas Indonesia Adang Bachtiar mengungkapkan kurangnya dana yang dimiliki pemerintah untuk menanggulangi masalah HIV/AIDS juga menjadi salah satu penyebab terus terjadinya peningkatan jumlah kasus HIV/AIDS di Indonesia.

    “Kontribusi nasional untuk program tersebut mestinya makin meningkat tahun ke tahun. Eskalasi anggaran nasional itu tidak terjadi kemudian ketergantungan dari asing masih tetap terjadi,” ujar Adang.

    Like

  121. itulah mengapa yamaha sekarang lg kebakaran jengkot akan serangan sport Honda..
    perlahan tp pasti honda bakal menguasai pasar sport

    Like

  122. ah iya lupa….buat A Ha eM :

    dijalanan motor macam tiger, megapro semakin habis dan tidak menampakan diri lagi karena semua berubah jadi CB 100 – 350CC!!

    ini menunjukan bahwan mesin model begitu cuma pantas dipasang di motor klasik macam CB 100!!

    ini tidak terbantahkan lagi!!

    Like

  123. Hmm..mantep analisinya kang iwb,

    emank kayanya yg diterapin ke verza jg sm kaya strategi beat menghajar mio dulu, tp kali ini bakalan sulit, soalnya yamaha waspada bgt sm segmen sport, kan DNA nya, walopun maksud dari DNA tsb bukanlah balap ato kenceng tetapi Market Share alias tempat nyari makan.bwuakakakak,…

    Like

  124. sorry nih kang iwan, sy udah bertahun2 baca blognya kang iwan.

    sy ngerasa makin lama makin gak netral artikelnya. cenderung lebih banyak ngeblow up positifnya produk Honda.

    semoga masukan ini berkenan. salam.

    Like

  125. menurut gw honda juga sudah mulai kepikiran apa yang diomongin di atas. liat aja, bentar lagi akan dibangun pabrik baru di karawang. siap-siap aja, sport honda bakal rame di jalanan hehe..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s