Kritiklah pabrikan dengan komentar yang cerdas…..

Percaya atau tidak bahwa para pabrikan selalu mantengin tiap gelintir komentar yang sampeyan keluarin. Tingginya tingkat persaingan menuntut hal itu dilakukan. Sebab dari sanalah mereka mengaku bisa menampung, mengkaji serta mencatat keinginan tiap biker, tren apa yang dibutuhkan tanpa perlu survei jlimet mengerahkan kru kelapangan. Majemuknya pengunjung dari Sabang sampai Merauke juga menjadi alasan kuat kenapa mereka selalu mengintip tiap komentar yang nongol diwarung ini. Tapi jika yang diketik adalah debat kusir tidak berguna….apa intisari yang bisa diambil???Yamaha#1 460x170alt2

Itulah yang sempat diutarakan oleh salah satu pejabat pabrikan besar tanah air. Kecenderungan komentar yang melompong tiada berbobot membuat mereka mengeluh ke IWB. “Mz….koq komentar makin nggak karu-karuan yah”, ujar mereka menanggapi isi dari komen yang nongol di tiap artikel Iwanbanaran. Tentu saja sebagai pengelola warung, IWB tidak bisa ngapa-ngapain selain meminta kesadaran dari masing-masing individu. Ilmu banned sudah dilancarkan, moderasi dipasang, akismet dioptimalkan, sortir manual dijalankan….namun tetap jebol juga. Bahkan ilmu wak haji Taufik juga dibenamkan dalam setingan wordpress IWB….hasilnya tidak banyak membantu kecuali mengandalkan IWB yang kudu ngarungin secara manual. Miris memang…….

Secara pribadi IWB sangat terbuka jika ada yang ingin debat. Namun debatlah yang cerdas dan berisi. Tidak usah menyinggung mata pencaharian, binatang, ngatain dengan gender tertentu dan masih banyak lagi lainnya. Monggo….utarakan uneg-uneg sampeyan dikolom komentar, kritik pabrikan dengan pedas tanpa tedeng aling-aling. Beri masukan kepada mereka apa yang kurang, saran berguna yang akan menguntungkan kita semua sebagai biker. Kenapa??. Karena mayoritas adalah silent reader. Beberapa pentolah pabrikan selalu mencoba membaca komentar satu persatu dan jika ada sesuatu yang perlu ditindak lanjuti…..tiada sungkan perwakilan pabrikan mengontak IWB. Tapi itu dulu….1-copy

Kini setelah kecenderungan komentar makin kacau, mereka mengaku males membaca tiap kalimat yang diketik oleh komentator. “Wah…saya  pusing mz bacanya. Jadi baru beberapa puluh komentar indikasi nggak bener, nggak saya lanjutin” seru mereka. Nah…kalau gini yang rugi siapa??. Pabrikan??. Nggak juga..toh ada jalan lain yang bisa ditempuh untuk menggali data. IWB?. Mungkin karena ada kerjaan tambahan. Tapi yang pasti…kita semualah yang rugi. Sebagai biker yang ingin mendapatkan perhatian lebih dari pabrikan, urung terjadi karena masalah sepele. Kesempatan berinteraksi secara tidak langsung dengan manufacture….pending ditengah jalan. Keluh kesah kita…tidak sampai ketarget yang diinginkan. Nah…apa ora sobek kalau kayak gitu….

Last.….kritiklah pabrikan dengan komentar yang cerdas demi kemajuan mereka yang secara tidak langsung menguntungkan kita semua sebagai biker. Dan ketahuilah bahwa tiap gelintir kalimat yang sampeyan ketik….akan diminta pertanggung jawaban pada sang khalik kelak. Jika bagus dan berguna….maka barokah dan amal yang kita dapatkan. Sebaliknya…jika hanya unsur adu domba, kebencian serta caci maki tak berkesudahan……seluruh komponen negatif tersebut akan dikembalikan kekita secara pribadi. Monggo buat pabrikan kuping panas berkat kritik cerdas berdasarkan bukti dan fakta, bukan berantem antar pengunjung yang tidak ada korelasinya dengan siproduk. Pabrikan melek…kita untung, ya nggak. Kalau begini….pabrikan yang pasti tetap merem. lawong aspirasi kita tidak nyampe akibat mereka males baca. Lhak yo ciloko to bro.....(iwb)

Advertisements

264 thoughts on “Kritiklah pabrikan dengan komentar yang cerdas…..

  1. Adem….
    Semangat bang iwan..
    Emang parah mas kmaren2 tak baca komen2e…
    Padahal wes di singgung loh kmaren2…moga ga pada ndableek..

    Like

  2. Setuju Mas…

    Saya biasanya gak pernah comen cman baca dowank…
    tapi untuk nyang ini saya harus coment dan bilang setuju sama Mas IWB…

    Kan smua rugi jadinya kalo begono, sy yg gak pernah komen kasar juga jadi gak bisa dapet produk bagus nantinya…

    Like

  3. buktinya suzuki hingga sekarang tidak mau mendengar suara customer, spare part di surabaya kebanyakan harus indent lama tidak ready stock seperti part honda & yamaha, suzuki tidak mau jual sport 150cc buat nandingin byson, NMP, vixion, cb150r
    suzuki tidak mau dengar keluhan customer….

    Like

  4. Bener kang iwan, ketika saya mau komen ato tanya tentang artikel dah males duluan klo dah ada debat. Akhire cuma “silent reader” wae…

    Like

  5. berkaca dari yang sudah-sudah.. dengan artikel sejenis ini di IWB,, pasti fbh-fby berantem lagi di “artikel damai” ini.. liat aja..
    orang katrok semua fb mah.. mau y or h sami mawon..

    mending kaya ane..
    #baca artikelnya.. ga perlu baca komennya.. malesin..
    #n kalo mau komen, komen aja yang sesuai isi artikel..

    Like

  6. Susah mas wong ada fb yg slalu mmbela stiap ada cmen yg menjelek’an atw melemahkan stu produk pdhal tu fakta tp msih jg d bela2in oleh fb…

    Like

  7. ha forum komentar bebas koq mau bersih….dagelan ini….dagelan….maaf lho mas……ibarat mau makan saya cuci piring yang bersih dulu, itupun kalo mau makan pake piring!!

    ya memang baiknya semua komentator di verifikasi dulu….tapi apa daya nanti jadi sepi!

    maaf lho ini maaf….kadang bahasa menunjukan keberpihakan kepada pabrikan tertentu, gak ada angin gak ada trend apa apa tau-tau berita ke arah pabrikan itu melulu, apalagi yang punya warung nunjukin motornya….loh?? he he he….pantas aja banyak pengisruh bahkan ada preman ngajak ketemuan!! ha ha ha ngeri mas!! ini masukan dari saya lho….sukur-sukur mas IWB email ke saya berat ke pabrikan apa….maaf ya jangan salah terima

    Like

  8. bgmana dgn slogan fbh…soal barang2 jualannya “semakin di BC semakin laris”…..

    BTW, saya jg malas baca komen2 kalo udah klonengan, sumpah serapah….

    Like

  9. hmm klo mau bc jangan bawa2 fisik apalagi menghina org kismin. serasa paling kaya sejagat, paling pinter, paling…….

    silakan bang iwan cek komen di postingan bang iwan.

    Like

  10. ane dukung kang…kl bisa,kl ada komen yg kluar dr tema,lngsung delet aja kang…apalagi kl dah mulai copas comen..pegel…

    Like

  11. setuju bang iwb..

    *sambil minum kopi

    salam one heart honda (pengguna cibi) 😀
    salam juga buat para bikers yamaha yang semakin didepan. (nvl) :D..
    cmiwwwwwwwwww

    Like

  12. pemikiran sy dari artikel di atas…

    1. simpati saya buat fbh malang, krn selama ini rupanya bacot kalian MALAS diperhatikan pabrikan (berdasarkan komentar di artikel atas)….krn terindikasi tidak benar lagi kolom2 komentar. Hasilnya, barang yg dihasilkan……tau la yaa

    2. sukur la ymh budeg (menurut beberapa komentator) tidak mau dengar masukan para komentator dan fbh, malah ngajak ketemuan. Hasilnya …barang yg dihasilkan bikin kejutan…..tau la yaa

    hahahaha

    Like

  13. Dan ketahuilah bahwa tiap gelintir kalimat yang sampeyan ketik….akan diminta pertanggung jawaban
    pada sang khalik kelak.

    Like

  14. 48. ATSL – April 19, 2013
    BIAR DIBACA AHM “YANG PALING DITUNGGU NEW TIGER”
    —————————————————————————-
    yup.. new tiger mesin 250cc dohc muscle bike, harga ga jauh2 dari verza :mrgreen:

    Like

  15. sudahlah ….mari kita hormati sang tuan rumah, kita mulai dengan menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai Ejaan Yang Disempurnakan! semoga nanti mas bloger yang punya rumah juga menghormati kita dengan beragam artikel yang adil dan bahasa yang cerdas!

    Like

  16. kasihan yg komen di nomer paling bawah. udh serius mo kritik pabrikan eh..malah gak di baca sama mereka gara2 perang komen yg ada di atas. kritik saya masih sama mas Iwan, makin kemari kok makin banyak aja ya NVL yg spakbor belakangnya miring(rata-rata miringnya ke kiri). bener sih bisa diklaim di BeRes langsung diluruskan. tapi ada jg yg udah dilurusin, eh..malah miring lagi setelah dipakai beberapa hari. Tolong utk YIMM lebih diperketat lagi quality controlnya. mungkin ada baut yg longgar atau pemasangan spakbor yg terburu-buru. Tapi saya curiga efek miring itu karena behel sebelah kiri yg sering diangkat jika mau standar tengah. Smoga mereka mau membaca kritik saya ini. Trims. 🙂

    Like

  17. komentar CERDAS dan PEDAS dari saya untuk SEMUA VENDOR SEPEDA MOTOR.

    PAK, BUK,, KAMI INGIN BISA PUNYA MOGE…
    TOLONG.. KALO BISA RAMAI-RAMAI KITA SEMUA GIMANA CARANYA AGAR BISA PUNYA MOGE DENGAN PAJAK YG NORMAL,, TIDAK SEPERTI SEKARANG INI..

    TOLONG YAH..

    Segenap Hati Biker Tanah Air Indonesia.

    Like

  18. Perasaan warung iwb adem cuma skitar 1minggu kmarin,la 2hari ini memanas gak ketulungan..apa lagi kmarin bnyak pembajak nik,jadi males nyemak..
    ***

    Like

  19. CS 1 VERSI TERBARU DONK??MANA??HADEUH…
    1. TANGKI DGN KAPASITAS BENSIN LEBIH BNYAK
    2. JOK SEDIKIT LEBIH LUAS
    3. MODEL AYAM JAGO

    Like

  20. oh iya………..saran saya buat pabrikan……..
    please, usahakan gimana caranya supaya pemakaian nopol di depan DITIADAKAN.

    hahhaha

    Like

  21. Fb sudah pada bermunculan, tapi masih saja nggak merasa komentarnya sendiri nggak mutu. Masih berharap orang lain tobat, padahal diri sendiri malah lebih parah. Tahun ini berapa kali aku komen di sini, paling dua kali. Krn memang maaf, banyak komen yg sama sekali nggak mutu.

    Like

  22. saran saya buat pabrikan :
    1. Gimana kalo pabrik jualan Nomor mesin dan Nomor Rangka ajah sama merek. Yang laen biar sesuka pembeli!!
    2. Biar gak tambah banyak motor, gimana kalo pabrikan menyediakan paket legal buat upgrade aja!! bisa kredit juga!

    ha ha ha ha aneh ya? gak apa-apa to? yang penting sopan!!

    Like

  23. Kyaknya sulit ya untuk menghilang debat kusir,tp dgn sesekali/beberapa kali iwb turun tangan,sya rasa akan sdikit reda/adem.

    Like

  24. sebenarnya buat AHM gak usah melihat ini komentar!!

    maaf ya maaf lihat saja dijalan tiger sama megapro, lama-lama habis jadi CB semua!!

    sebenarnya ini menunjukan bahwa motor sekelas megapro dan tiger gak pantas pake mesin seperti sekarang ini!! pantasnya dipasang di motor retro macam CB!!

    CB yang renta menjadi ganteng dan gagah! bahkan ada yang brutal!! monster bangkit dari kubur!! akakakak…..

    Like

  25. lah yg ribut dgn koment2 hujatan kayaknya itu2 aja mas.. dan tujuan mereka kemari yah untuk itu, udah dibikin artikel begini aja masih komen yang jelek2in produk pabrikan atau FB pabrikan.. nyari alasan ini lah itu lah, pake alasan “lo jual gw beli” lah… gak guna

    Like

  26. mantap mas! yang paling di tunggu2 new tiger!….
    ane maunya perubaha pada honda cs1 cylinder digedein lagi bagian depan bodi haedlampnya dibuat sperti AYAGO! semoga honda indonesia maju teruss (AHM)

    Like

  27. analisis ane sih yg paling frontal nge-BC dgn menjelek2an pabrikan sih para SALES. karena inilah lahan yg bagus bwt jatohin citra pabrikan, apalagi ini dunia maya (anonymous) tp pengaruhnya bwt kantong sndiri terasa.
    klo utk user/konsumen biasa tdk fanatik dgn merek, tp kualitas. siapa yg mau pake barang jelek….!!! CMIIW

    Like

  28. biar aja mass iwan, komentar baik & buruk tampung aja, saya terkadang geli sendiri baca komentar (hiburan tersendiri)………dinamika mass…//

    Like

  29. Kalo ahm jualan adapun pasti laku, ibarat kotak sabun asal digambar sayap kelepekan pasti payu. Kalo ymh sudah mau buka mata buka telinga. walau produk yang dijual mau normal image ahm (produk apapun payu). kalau suzuki udah mati suri. hanya karena kurang fb dan mengandalkan satria sehingga produk yang harusnya bisa jadi penangkis serangan ahm dan ymh ogah2an dikeluarkan. udah bacot sampe berbusa pun suzuki cuma anggap semua masukan kaya kentut. pretty kecil baunya dah gitu ilang. saya dukung saran mas iwb untuk kritik membangun. sehingga indonesia menjadi kiblat utama motor di Asia Tenggara.

    Like

  30. @ mas IWB…
    benar mas…. mari kita perbaiki dg berdiskusi yg sehat.
    Pedas gpp asal tetap sopan.
    Kritik habis-habisan jg gpp asal demi kemajuan bersama…

    langsung aja maz, mBak Jamu mau kritik agk pedas pabrikan motor sbb :

    Buat Yamaha ( YIMM ) :
    – Produknya sangat inovatif tapi kadang kurang mendengar keluhan & keinginan konsumen. Konsumen Yamaha kebanyakan orang muda ato mereka yg berjiwa muda. Mrk sangat ingin mesin yamaha yg power full. Body & handling yamaha emang diatas pabrikan sebelah. Akan lebih bagus lg jika diberi opsi motor dg power yg mumpuni. NVL emang dah cukup powerfull (bagi org awam) tp bagi kebanyakan yg mengerti motor itu masih dirasa kurang.

    Buat Honda AHM :
    – Secara penjualan emang AHM rajanya. Tp belakangan kwalitas produknya kaya menurun. Kwalitas body & handling masih dibawah pabrikan sebelah. Bahkan performa mesin motor2 AHM (bukan HRC) blm bisa mengungguli pabrikan sebelah.
    – Utk desain, AHM cenderung konservatif…kurang bisa membuka mata utk melihat selera pasar. Kebanyakan konsumen membeli motor honda AHM krn “mitos” bhw honda itu irit & tangguh… Pdhl itu kondisi dahulu, skrg mlh cenderung boros & kurang tangguh.

    Like

  31. monggo disortir aja komen yg masuk mas iwb…. tp resikonya jadi sepi n bisa2 dianggep berpihak pada salah satu pabrikan…. atau mungkin sortirnya bisa dikasih warna atau icon tertentu pada komen yg ga jelas, n komen yg jelas tetap tampil std supaya pabrikan bisa liat mana aja yg kudu pabrikan baca… salam membangun :)….

    Like

  32. Buat Honda AHM :
    – Secara penjualan emang AHM rajanya. Tp belakangan kwalitas produknya kaya menurun. Kwalitas body & handling masih dibawah pabrikan sebelah. Bahkan performa mesin motor2 AHM (bukan HRC) blm bisa mengungguli pabrikan sebelah.
    – Utk desain, AHM cenderung konservatif…kurang bisa membuka mata utk melihat selera pasar. Kebanyakan konsumen membeli motor honda AHM krn “mitos” bhw honda itu irit & tangguh… Pdhl itu kondisi dahulu, skrg mlh cenderung boros & kurang tangguh.
    ======================================================
    ini komen netral yg harus saudara-saudari FBH sadari.
    jangan seperti tiger26, New viar lemot, abu reza, dkk.
    lebih baik pakai id netral tidak berbau provokasi.
    setiap kemajuan dari setiap pabrikan diterima dan dipuji tidak cukup dikritik (contoh: ISS, forged piston, diacyl, roller rocker arm, deltabox, dkk tidak hanya milik honda maupun yamaha).
    jangan seperti artikel sebelah.
    ane jd ikut2an bahas getar dan headlamp celan4 dalam (ups maaf keceplosan, tapi kan memang sesuai kenyataan a.k.a tidak BC :v )
    😀

    Like

  33. Kalo mnurut sy sih,komentar kurang berbobot gak ada masalah,itu artinya pembaca artikel mas iwb berasal dari berbagai level pemikiran,klo pinter smua ntar pada nge blog smua,gk ada yg baca,hehe.kadang juga komentar lugu macam “bikin motor yg ngejreng warnanya dooong”….,jgn dianggap sepele itu komentar,mgkn itu adlah mnggambarkan suara para calon konsumen yg tidak semua ngerti motor scr detail,gak smw tau update kabar trbaru dari dunia otomotif,bahkan mgkn twnya gmana motor yg dia beli,asik diliat,asik dipake,asik dikantong…..selesai. justru yg yg bikin miris skrg adlh komentar2 saling menjelekkan salah satu merk,fanatisme brand tertentu,sehingga gak sungkan2 utk mnulis kasar di area umum sperti komentar hanya krn belain nama produk yg dia sukai scara selera. Sebaiknya dlm hal sperti itu sang mpunya blog ikut turun menengahi,agar gk berlarut2. Komentar2 sperti memang bikin atmosfer jadi rame tapi panas,bukan pembelajaran yg baik bwt kami2 tuh.

    Like

  34. @95. wong ndeso

    he he he….emang dari tadi disini semua pada diem koq mas…..kan yang muncul tulisan….he he he becanda….

    Like

  35. Ah ini mah yg isi komentar anget2 ee ayam,bntaran doank baeknya,besok kumat lagi.. Nih dh artikel kedua (klo g salah) yg bro IWB kluarin perihal komentator. saat artikel prtama keluar aj hanya brtahan 3-4 artikel yg komennya adem n cerdas,stlah ntu balik lagi smpe artikel yg kedua ini nongol.. Cape bca komennya,pdhal komentar cerdas dbtuhkan oleh corpcomm perusahaan untuk melihat n menyusun strategi lanjutan trhdp prusahaan.. Bro IWB mnding di buat kejam aj,udh jd blogger tenar ini,komntar jelek cm jd perusak warung IWB..

    Makasih bro IWB

    Like

  36. bgn mas iwb,mas iwb sj bkn polling apa2 yg dperdebatkan ma fansboy…ntar masukannya dbuat berkala dkrm k masing2 pabrikan…nah pabrikan ga prlu bc….utk fansboy biarkan sj perang,mas…ini menunjukkan eksistensi honda yg sll d atas yamaha…berikut honda lovers jg sll menang lwn grombolan tungkel
    😉

    Like

  37. mo kasi saran ke yamaha indonesia, tolong motornya di beri stiker info tekanan angin ban donk..ky merk sbelah, soale sy bingung kalo ban kempes jd cm bs kira2..dirumah ada xeon n vixi ga ada info nya..trims mas iwan..

    Like

  38. setuju mas iwan, jangankan pabrikan, kita2 aja yang kaum pekerja dengan waktu yang terbatas malas kalo baca komentar2 gak bermutu. Mungkin yang gak ada kerjaan ya dipantengin terus komentar yg masuk. Lanjutkan perjuangannya mas iwan, mudah2n bisa jadi amal juga.

    Like

  39. Ane komeng Gaªª ​::Ɣå媪:: ϑȋ̊ sini

    Atau ϑȋ̊ post sebelumnya aja ​::Ɣå媪::?? Kayaknya ruame 😀

    Penghilang stres

    Like

  40. 101. tiger26 (the power of dream) – April 19, 2013
    bgn mas iwb,mas iwb sj bkn polling apa2 yg dperdebatkan ma fansboy…ntar masukannya dbuat berkala dkrm k masing2 pabrikan…nah pabrikan ga prlu bc….utk fansboy biarkan sj perang,mas…ini menunjukkan eksistensi honda yg sll d atas yamaha…berikut honda lovers jg sll menang lwn grombolan tungkel
    ======================================================
    lha ini contoh komentar yg gak sesuai kenyataan.
    kalo bilang honda getar kan selalu sesuai dan tidak BC, lha wong realitanya begitu.
    tapi realitanya honda gak selalu di atas yamaha.
    dalam hal apa dulu? MS? balap? kualitas body? handling/kenyamanan?
    hayooo 😀

    Like

  41. kalau pabrikan jeli ya dgerin aja kritikan atau BCan dari Fan Boy yang bersebrangan,karena mereka lha yang mengetahui kelemahan dari produk pabrikan tersebut,simpel kan?

    Like

  42. kalau yamaha mau ngeluarin motor sport 250 cc,,,
    usahakan sudah usd n swing arm banana,,,
    pasti cbr n ninja bakalan kalah jauh n kesan motor kencang n ganteng akan disandang yamaha,,
    jangan terlalu terlena dengan penjualan nvl,,,,

    Like

  43. MAS IWB, ANE MAU KRITIK sama salah satu pabrikan dulu ya.
    pertama…
    saya mau kritik yamaha ah..
    hayo yamaha, tolong bengkel yg bisa beresin injeksi diperbanyak sampe pelosok biar jadi mindset konsumen kalo injeksi yamaha paling siap. juga masalah MEKANIK ANAK SMK. tolong mekanik yg belajar magang di bengkel diawasi, sodara ane mengeluh motornya malah gak enak selepas diservis anak magang, kebetulan bengkel rame dan mekanik utama juga sibuk mungkin, tolong mekanik SMKnya ditemenin jangan dilepas sendiri. bisa merusak kredibilitas pabrikan dan mengurangi kepuasan konsumen

    Like

  44. 60. ♥♡ MB@H D@RMO ♡♥ – April 19, 2013
    semoga saya sadar…
    ======================================================
    semoga bener2 sadar dan kita semua sadar, yang penting sadarkan dulu diri kita sendiri. Ajak2 juga temen2 ente biar sadar, sama lawan debat kusir ente juga bos.

    Like

  45. Si. . . . . _
    I ¤ )
    / /
    / \____
    /’ (___))
    / __/ (___ ))
    / (___))
    :D//\_____(__ )/
    /’
    ‘ /’\
     . Setuju Ane Mas………

    Like

  46. tapi emg beneran kadang2 sales luna maya atpm sayap mengepak emg keterlaluan. komen2nya bikin malu konsumennya.

    saran buat ahm buatlah produk yg bener2 berkualitas jangan kualitas abal2.

    cb150sf
    sok depan diperbaiki, mesin yg bunyi klotok2 dan karat.

    nsr150/250
    ganti fairing dengan tiruan cbr600 atau cbr1000r. mesin 2 silinder (klo bisa)

    supraX
    dulu jadi motor bebek andalan, semenjak ada blade dianaktirikan.
    supraX ga usah ikutan jd gambot, mending pasang buntut lebah, monosok (racing, jgn abal2), knalpot racing. pendingin cairan.

    blade
    motor bebek andalan honda, tapi disainnya malah ikutan jadi gambot. monosok, knalpot racing dan yg jelas power diperbaiki.

    cs1
    klo masih mau di’idupin lagi mending jadi’in new honda sonic sekalian.

    matic dan bebek harian
    soknya ganti pak, bu petinggi ahm. jangan pake sok ambles gitu dong.

    vario
    dual adjustable shock, body racy. klo honda airblade ga jadi diproduksi di indo kenapa vario ga dimodif jadi honda airblade wannabe? pasti mantep.

    tiger
    tolong sektor mesin diperbaiki. jangan cuma janji masang mesin 250cc, klo perlu harus lebih bagus daripada z250 kawasaki.

    nmp
    menurut ane half fairingnya ga keren malah bagus megapro jadul dengan lampu bulat. lebih bagus lagi klo mirip honda cb600f.

    verza
    ga usah ngibulin irit2 lagi lah. tuh kaki2nya dibagusin. ntar dibilang cungkring.

    itu saran ane. mau didenger atau para fbh nyolot silakan. ane udah dituduh jadi fby juga sama para fbh. padahal ane make motor aja bukan gila merek.

    Like

  47. “Percaya atau tidak bahwa para pabrikan selalu
    mantengin tiap gelintir komentar yang sampeyan
    keluarin. Tingginya tingkat persaingan menuntut
    hal itu dilakukan. Sebab dari sanalah mereka
    mengaku bisa menampung, mengkaji serta
    mencatat keinginan tiap biker, tren apa yang
    dibutuhkan tanpa perlu survei jlimet
    mengerahkan kru kelapangan.”

    #####################################

    Wooo lha begini mainnya,survey bukan ke lapangan,cm modal nasi bungkus buat fb..makanya
    1. shock bocor
    2. mika leleh
    3. klotok klotok
    4. fairing mlocot kna panas knalpot
    5. speedometer ngembun,kehujanan ngadat
    6. spakbor miring
    7. karat
    8. mika ngembun
    nie smua ada pada motor baru.bahkan dikelas premium ninja,inazuma&cbr..aplgi yg entry level!!

    g guna juga,kritik knp fitur tangki jendol msh aja dipake ttp ga digubris pdhl tuh komen dari jaman nabi ibrahim:-D,itu yg plg sederhana loh!
    kritik disini mlh dimanfaatkan R&D pabrikan!ayem cari ide gratis :-D,ya ga??

    Like

  48. hasilnya tidak banyak membantu kecuali mengandalkan IWB yang kudu ngarungin secara manual.
    ================================================
    wis..ra sak di tok ke neh kang… tetep dalam karung saja 😀

    Like

  49. sy mau smpaikan keluhan tentang transmisi motorsport ni mas iwan,
    kenapa setiap motor sport saat masuk gigi 1 bisa netral saat akan memindah ke gigi 2… bukankah itu sangat berbahaya saat tanjakan mungkin saja secra tidak sengaja kaki kita memindah transmisi menjadi netral(pre).
    sya sdh mencba Hnda tiger, NVL, smua sma,

    apakah pabrikan MOTOR bersedia menciptakan transmisi anti NETRAL saat kendaraan masih dalam keadaan berjalan ?

    mngkin para biker prnah mengalaminya jga’

    Like

  50. peyek dari dulu komen ente selalu provokatif… tp ada bagusnya jg sih yang laen jd pada tau kalo ente biang kerok…
    🙂
    mudah2an ga ngeles…
    hidup damai itu indah bro
    peace deh
    🙂

    Like

  51. tuh kaaaann.. hahaha.. ga akan bisa deuhh.. apalagi di dunia maya kaya gini.. mau nyonyor kaya gimana juga ga peduli.. ga ketauan “gue siapa” kok.. mau pake nasehat sebener apapun juga ga akan mempan.. fb ya fb.. kalo hati belom panas.. lawan belom sewot n kalah.. bakal terus keluar makiannya.. ga akan ngerasa salah.. orang ndableg semua ko.. apalagi ampe bilang blogger tertentu “belian” pabrikan tertentu.. hahaha.. kompak.. kalo pun emang bener, trus kenapa?? ya tinggal lu bikin aja blog lu sendiri, tulis apa yang lu mau tulis.. n yang terpenting, kalo IWB mihak pabrikan tertentu, trus lu ga suka.. ya ga usah dibaca.. beres toh?? kadang suka ga ngerti ma orang-orang kaya gitu, masalah sepele dibikin repot..
    #sorry ane bukan fb.. serius.. honda.. yamaha.. sama aja buat gw..

    Like

  52. sorry mas iwb di trit sebelumnya saya kebanyakan komen. saya hanya melihat kondisi bike tanah air cuma dicekokin produk jepang yang specknya udah berbeda dari sebelumnya, apa mungkin dikasih speck setengah2 biar bisa terus jualan.
    ada tanggepan teknologi motor jaman dulu lebih powerfull dibandingkan motor2 jaman sekarang. cbr150r, fxr150 ninja150rr/l atau NSR sp dll. saya akui ada benarnya masbro. mau tau ngak apasih bedanya teknologi jaman dulu sama sekarang?
    jadi begini masbro motor2 jaman sekarang sengaja didesain lebih nyaman digunakan, minim fibrasi, power mudah dijinakan dan lebih irit. untuk itu desain mesin dan knalpot dirubah. taruhlah desain teknologi offset silinder, squarebore sampai overstroke banyak menjadi pilihan, dan tentu saja knalpot mengikuti desain mesin tsb.
    saya ambil contoh produk2 TVS yang konsisten menggunakan desain overbore pada setiap desain mesinnya. teknologi jadul karena masih menggunakan silinder konvensional belum menggunakan offset silinder. loh kok bisa tahu? gampang masbro fibrasi mesin bisa menjadi tolak ukurnya.
    silinder konvensional memang menghasilkan getaran yang besar terutama mesin dgn karakter overstroke namun untuk overbore getarannya tidak terlalu besar. meskipun demikian kelebihan silinder konvensional adalah power yang dimuntahkan dari rpm rendah sampai rpm tinggi bisanya lebih besar dibandingkan yang menggunakan offset silinder.
    tentang teknologi offset silinder ente bisa cari sendiri di internet. namun dari analisa saya sebenarnya offset silinder sangat cocok buat overstroke karena bisa mengurangi fibrasi mesin. dan teknologi tersebut sudah banyak dipakai oleh pabrikan jepang contohnya zupiterZ, vega, blade, HSX125, vario dll semuanya menggunakan tipe overstroke, sedang nmp, vixon, verza, bison menggunakan tipe squarebore.
    ane cuma kasih tau aja mesin yang bagus adalah konvensional silinder + overbore/square bore karena power lebih superior dibandingkan offset silinder+ overstroke/square bore.
    silahkan kita diskusi yang sehat biar kita makin cerdas masbro…..

    Like

  53. @hando
    justru aneh klo gigi sport diubah jadi bebek, makanya jgn sering2 pindah gigi satu klo jalan. gigi2 aja sanggup nanjak.
    model spacy sein+klakson yg beda sendiri aja bikin bingung.

    Like

  54. Ane silent reader ini komen pertama di warung kang iwb.kadang
    Gatel juga pengen ngomen tapi kalo liat komen udah mulai debat hedehh males dah.

    Isi komenan artikel di blogger ppan atas isinya

    Bagian atas pada nguber pertamax ngandelin berbagai mantra. Ini maksudnya buat ngeksis ??

    Bagian tengah komenan dari isi artikel makin kebawah makin ngawur

    Di bagian akhir baru isinya perang fby vs fbh wlupun artikelnya lagi bahas sijuki atau kaoskaki dll ujung”nya debat kusir . . Hell yeahh that’s fact

    Like

  55. saya dukung mas iwan,
    ayo pengunjung blog IWB, kalo mau kritik, kritiklah dengan cara yg sehat,
    kalian semua kan sudah dewasa, pasti tau lah norma2 kesopanan dalam berpendapat.
    gak usah menghina, BC, menyerang personal atau mengeluarkan kata2 kotor.
    fbh, fby, dan netral, marilah berdamai.
    jangan karena hanya sebuah motor kita saling membenci. Biker indonesia harus bersatu.

    Like

  56. kalo pentholan pabrikan dah males baca komentar, yang rugi siapa?
    Ya yang punya warung lah, karena itu berarti aliran dana ke juragan warung dikurangi

    Like

  57. rasain lho…..!!!! udah gue bilang kl komen yg pinter marah tuh yg punya warung…… komen pe’a doang si bisanya….. kayak gag ada cara laen aja buat jatohin produk lawan….. buat ahm bikin motor jgn yg tanggung…. kasian kita”yg belain produk ente…. buat yamaha bikinin tuh motor sprot yg bener buat fans nya….. kasian di kasih mimpi terus…. motor orang lah di bilang s#mp@x….. padahal sendirinya belum punya sport bener…. parahhhhh….!!!! heeeeee….. biar angettt….

    Like

  58. Usul Kang, puuuuueeeenting ki. buat semua pabrikan tanpa terkecuali. tolong semua motor dikasih engine cut off. semua pasti dah tau fungsinya. terutama buat matic n bebek. soale pernah liat bapak tua naik motor bebek pas belok gas’e nyangkut. untung jatuh ke kiri, nek kekanan pora disamber motor ko ngarep po ko mburi. oleh karena itu saya kira engine cut off penting. suwun Kang.

    Like

  59. kita2 ini dah tau mas iwan banaran kalu yg suka BC itu dibarat kan tong kosong nyaring bunyinya, makanya Sy gk suka ngebc meski sy tau kkurangan n klebihan motor2 dtanah air baik jepun maupun indie. biasanya mereka yg suka bc browsing dulu buat link perkuat bc nya, pdhl fakta d lapangan mereka 0 putul gk tau otomotive sama sekali. sharusnya para pngunjung itu lbh sopan n santun “buat apa saling bc, koyo asu rebutan balung”.

    Like

  60. mZ IWB………… SARAN dikiit…

    bagaimana kalau mz IWB and TMC jd sponsor..
    untuk ngadain KOPDAR silaturahmi antara 2 blogger tsb beserta komentatornya…FBH klub…FPY klub..beserta nonFB …untuk BERKUMPUL….silaturahmi/silatlidah….
    biasalah dipungut bayaran ntk konsumsi….
    insyaalloh dgn salam BIKER dr semuanya……
    bakalan insyaap semuanya…95% sukses bakalan ngeredam perang FBH VS FBY…….

    Like

  61. fbh vs fby saling bc. fbh ngebc fby bawa2 motor merek lain. klo ane liat perkembangan motor mana yg bagus. mau h, y, s,k,t dll.

    kawasaki mana neh new ax ? bikin mesin tegak 150cc dong, masak satria fu melenggang sendirian. sport mulu, bebek dianaktirikan.

    p200ns…..koq masih di gudang? keluarin bos udah ga sabar pengen test drive.

    ninja 250 karbu tetep joz gandhoz.

    Like

  62. 139. jaelan.. – April 19, 2013
    ———————————————
    fb pasti gak ada yg dateng mas, nunggu bonus akhir tahun dari pabrikanya. wkwkwkwkwkwkw, yg dateng paling paling non fb, truuus gendernya pada wanita wanita segala usia, cuma mau ndelok wajah guantenge mas iwb. nguareeeeep. jiakakakak

    Like

  63. sumbang kritikan ahh..

    kebetulan ane ada bebek Y 2010 sama matic H 2012..
    pilih bebek Y karena lebih kuat+kenceng dari bebek yg lain..
    pilih matic H karena lebih irit+canggih dari matic yg lain..
    gak usah bahas Y mahal,kenceng,body tebel,cat awet ato H murah,irit,body tipis,cat tipis udah paham semua kek nya..
    yg ane kritik tentang mekanik bengkel resmi, mau Y ato H sama” gak jaminan profesional+rapih drpd bengkel umum, malah ada bengkel umum yg lebih profesional+rapih..
    waktu servis bebek Y karbution ada aja yg baut kurang,seal ilang karbution nya jadi rembes bensin untung gak kobongan..
    waktu servis matic H injection eh aneh mekanik buka jok aja gagap,en cat body baret kena obeng, ecm di bilang rusak padahal scanner nya yg rusak..

    jangan cuma bilang “tar kalo ada problem klaim aja tar di servis/ganti”..
    jadi kalo abis servis gak tenang kepikiran “duh sekarang bener gak ya servis nya? masa tar klaim molo bolak-balik cape deh”..
    boleh aja banyak”in servis motor income gede, tapi di jamin punya mekanik semua rata profesional dijamin kerapihan+keprofesional nya donk jadi user tenang..
    kalo ada mekanik junior wajib tandem sama yg senior..
    skrg bebek Y servis di bengkel umum udah langganan 2thn..
    skrg matic H masih “terpaksa” servis di be.res karena buat jaminan garansi en belum nemu bengkel yg oke..

    ya ini yg ane rasain, ya mboh sm orang lain..
    sekian juragan.

    Like

  64. yang sabar ya kang IWB, mungkin krn kbanyakan komentator bru melek internet dan blm pada pinter koment jadi kadang koment nya jg sbenernya ga perlu2 amat alias koment iseng ….. n jgn putus smangat nelorin artikel ya kang, IWB sdh sy bukmark dr 2thn yg lalu.. hehe sarapan pagi tiap bk kompi kantor…..

    Like

  65. bagi FbY yang pernah ane getokin ya terima aja walau pahit perasaannya punya motor sport deltabox tapi rasa bebek juga……

    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk……

    Like

  66. gak harus cuman cerdas mas, tapi juga harus kritis, tapi dari dulu kritis kok knp pabrikan masih saja buat produk yg masih kurang baik saja…? tanya kenapa…..

    Like

  67. koment buruk dan gak masuk akal malah menghancurkan produknya sendiri, gak percaya? coba lihat prosentase pertumbuhan penjualan pabrikan H dan Y, bandingkan tiap bulanya.

    Like

  68. Betul kang..saling hujat emang ga ada untungnya..mending sama2 kasih saran+bantu doa aja biar pabrikan bikin motor yg nyaman+aman..demi kemajuan roda dua tanah air..

    Like

  69. mas iwb si…ga brani kek mas tri..kek mastri tu tegas demit2 pada dibasmi..skrang warungnya adem enak dibacanya….saya sadar kok ni artikel buat nyinggung saya kan..saya kemarin bilang klo sitiger26..itu dongok..pns kere,,turunan celenngggg..eeelahasil koment saya dikarungi…… Dulu kata mas iwb klo yg klonengin nickname orang….nyerang personal bakal dikarungin dibnned..tpi kmren jls2 nickname n avatar sipeyek dikloning mas iwb masihh aj tu biari si tiger26(pns sogokan) berlalu lallang… untuk itu mau suka mau ga..saya akan tetap bilang..klo kutangers itu bebal,dongok turunan babi…..silakan dibaned mas mau liat ni reaksi mas iwan….klo emang gentle dikarungi semua mas..termasuk saya….klo ga kolom komentar ga usah dibuka….ditutup mas….percuma banned pilah pilih….qwerty,jaos,tiger,,,ciaa,,3koplak..semua pada masih berlalu lalang….masih ingatkan sama saia sisilent reader..tpi krna geram jadi ikut2an mau rusuh…..

    #ayo rusuh disini asik loh..ga pernah dibanned…….

    Like

  70. normal klo kita kritik kekurangan sebuah produk hasil kreasi manusia (untuk hasil yg lebih baik ), tapi jgnlah sampe menghina ciptaan Allah ( manusia yg jauh dri kesempurnaan ), manusia sj tidak ada yg sempurna apalagi benda mati yg bisa bergerak karena manusia….

    Like

  71. dari pada jelek jelekin tetangga, lbh baik perbaiki kekurangan masing2 produknya…. terima kritik dan saran dari konsumen maupun blogger, komentlah dengan bijak dan membangun, harusnya dari pabrikan H dan Y memiliki perwakilan resmi masing2 yg ikut menjawab kritikan atau keluhan di beberapa blogger yg masih independent. jangan nyuruh para fb nya yg kebanyakan komen gak mutu

    Like

  72. sip mas IWB…!!!!

    tetap ane pantengin nih warung….ane ladenin siapapun yang suka menghujat duluan…biar tak getokin semua kumpulan FB mojopait biang rusuh itu..

    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk…

    Like

  73. wong indonesia umumnya pancen isoe mung numpak karo nyacat…, mau gmn lg memang bgtulah level pendidikan etika nya mas. orang pintar belum tentu tau sopan santun…
    org santun always keep brotherhood
    – bikers seduluran saklawase –

    Like

  74. 3rd warning dari Kang IWB, piye yah gak iso bantu opo2 E Kang, cuman do’a ae ben sehat selalu…
    Berusaha jadi pelanggan warung yang baek…
    Semangat Kang…Juosh..!!!!

    Like

  75. yo pasti tetep jebol kang..
    lha wong sing koment pada bawa golok je,, jadi kalo di jaring atau di karungin, yo tinggal sobek aja.. hehehe

    Like

  76. makanya ah ha em..
    kalau gak mau dapet kritik bedes itu ya buat motor yg berkualitas,, model yg masuk akal lah gak usah yang kebanyakan tingkah, yg penting kualitasnya solid dan awet.. lu mah kerja’annya nipu konsumen mllu sih,, jual barang kualitas mocin dengan bandrol setara motor japan.. kasihan kan konsumen yang ketipu sama nama besar lu tempo doeloe dan akhirnya memilih merek hondongo tanpa mengetahui bahwa kualitas lu semakin bobrok.. kasihan tuh…
    pikirin kepuasan konsumen lah.. jangan cuma mikirin keuntungan sepihak dengan cara tipu-tipu

    Like

  77. @mario

    makanya ah ha em..
    kalau gak mau dapet kritik bedes itu ya
    buat motor yg berkualitas,, model yg
    masuk akal lah gak usah yang
    kebanyakan tingkah, yg penting
    kualitasnya solid dan awet.. lu mah
    kerja’annya nipu konsumen mllu sih,,
    jual barang kualitas mocin dengan
    bandrol setara motor japan.. kasihan
    kan konsumen yang ketipu sama nama
    besar lu tempo doeloe dan akhirnya
    memilih merek hondongo tanpa
    mengetahui bahwa kualitas lu semakin
    bobrok.. kasihan tuh…
    pikirin kepuasan konsumen lah.. jangan
    cuma mikirin keuntungan sepihak
    dengan cara tipu-tipu
    =====================================
    ngaca dulu juga tuh YIMM…
    bikin motor itu untuk dijual….bukan buat dilalerin aja….kualitas purna jual antara pembeli cash dan kredit itu sering menjadi masalah…ane survey teman2 pengguna Yahama rata2 diharuskan kredit cara belinya…ini mau jualan dengan tipu2 untung gede biar mengatasi pembeli indent…??? strategi licik macam rentenir ini sudah ga aneh dikuping ane..beda dengan AHM yang punya purna jual dan pelayanan baik terhadap customer..
    setelah membeli konsumen dipersulit lagi kedatangan motornya…malah suatu blogger pernah membuat artikel semacam ini…tapi aib ini kita makluminlah…

    so kualitas dibilang yang terbaik…??? belum tentu…lihat kasus produk yang hitech aja bermasalah seperti contoh M1 ben spies yang ngebul…fuel pump macet pada Vikson pertama…lihat kasus dan cacatnya produk YIMM yang lain…jangan munafik dulu ente…..semua pabrikan sudah berusaha memberikan yang terbaik…ente kalau ndablek ya memang tabiat ente…

    Like

  78. @ new viar lemot

    ahh… semua org juga tau,, kalo di bandingkan rasio kerusakan dan kebobrokan motor2 buatan ah ha em itu jauh lebih banyak dari pada mtor yamaha.,

    Like

  79. Ah, itu bisa-bisanya aja ATPM..intinya mah gimana caranya mereka mau ngejual sebanyak mungkin. Mana timbal baliknya buat konsumen. Coba deh, ATPM mana yang datang ke sekolah2 yang mau ngajarin cara safety riding? Nggak ada!! Yang penting barangnya laku, Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, ato merek Indihe yang isinya tuti semua

    Like

  80. Salam kenal semuanya. Terutama ke pengelolah webnya. Mari kita sbg bangsa timur yg memiliki kesopanan dlm berkata2 dr dulu. Kita junjung tinggi nilai budaya kita sbg contoh dlm memeberikan komentar yg positif. Bukan saling menghujat antara sesama kita. Cinta kepada pabrikan a/b/c itu tumbuh dr hati kita masing2. Terimakasih salam biker.

    Like

  81. Apa ada ya,pabrikan motor punya program,tiap 1 produk mtor yg laku,1%nya bwat nyantuni fakir miskin,ngebantu anak2 putus sekolah?

    Like

  82. @mario

    ya sudah ga usah mewek terus ya…kasihan ane jadinya…

    dari kerajaan mojopait sampai sekarang presiden ini inovasi dan teknologi Honda selalu diatas Yamaha.

    **Yahama globalnya aja mengharapkan suburnya pendapatan dari Indo..

    silahkan mewek lagi..
    wkwkwkwkwkwlwkwwkwkwkwkwk…

    Like

  83. 175. mario – April 19, 2013

    ahh… semua org juga tau,, kalo di bandingkan rasio kerusakan dan kebobrokan motor2 buatan ah ha em itu jauh lebih banyak dari pada mtor yamaha.,
    ============================================
    itu karena pemilik honda lebih banyak dari pemilik yamaha.
    udah jelas lah BC dari FBY selalu kualitas. padahal benarkah demikina??
    kenapa orang banyak bli produk honda?? jawaban fby pasti nama besar…
    oiiiiiii bangun bro ini jaman modern pemilik motor banyak yang tau teknologi dan generasi udah turun temurun sudah tidak lagi lihat nama besar. klo alasan nama besar itu cuma berlaku jaman dlu tidak jaman sekarang. yamaha juga sudah lama diindonesia dan generasi sudah berubah.

    semua itu karena kepuasan pelanggan yang meliputi 3s. juga pemilik honda lebih mementingkan fungsionalnya motor. klo ikutin kemauan para komentator yang ngakunya smart. (para komentator di internet) pinginnya motor itu kencang… biar uang cuma belasan juta mintanya kencang.
    fisi produsen motor itu beda. klo motor untuk umum ya janga minta macam mcam seperti. ada harga ada rupa.
    kawasaki lebih kencang karena sesuai harga motor motornya(jangan sebut ninja KRR krn itu teknologi kuno)
    pabrikan makin kedepan adalah menjual teknologi demi kenyamanan penggunaanya dan safetynya.
    klo pingn motor kencang ada divisinya..

    Like

  84. saran untuk mas iwan:
    kaya punya mas tri dan mbah dukun…
    -jika melihat perkembangan komen dah gak kondusif…komen di tutup aja…
    – black list aja IP adress yg sering terjerat kasus komen gak layak tayang
    -untuk meningkatkan kualitas sortiran komen…mungkin bisa memakai pihak ke 3….
    trimakasih mas…

    Like

  85. Waduh…ini yg coment pasti orang dr masing2 pabrikan… saling serang membabibuta… ane yakin klo yg coment cuman pengguna produk/bukan orang pabrikan pasti ga se extrim ini… liat aja beberapa thn lagi…siapa yg jd raja kualitas terbaik n innovatif, bukan cuman raja jualan…

    Like

  86. 190. aep – April 20, 2013

    Waduh…ini yg coment pasti orang dr masing2 pabrikan… saling serang membabibuta… ane yakin klo yg coment cuman pengguna produk/bukan orang pabrikan pasti ga se extrim ini… liat aja beberapa thn lagi…siapa yg jd raja kualitas terbaik n innovatif, bukan cuman raja jualan…
    ===============================
    ga usah tutup mata. kepuasan konsumen ada kaitannya dengan laku nya produk. klo konsumen merasa puas otomatis akan merekomendasikan produk itu ke orang lain sehingga produk itu laku..
    alasan honda cuma jualan laku tapi produk jelek itu BC yang tidak logis.. dan mengada ngada.
    sebaiknya tanya pada diri sendiri kenapa produk yamaha tidak selaku produk honda. klo alasan nama besar sebenarnya tidak juga. pernah kisaran tahun 2007–2008( silahkan klo salah direvisi) produk yahama menyalip produk honda itu bisa menggambarkan yamaha mempunyai produk yang memenuhi kepuasan konsumen. namun skrg kembali kesalip MS banyak honda karena kepuasan konsumen juga. jadi alasan nama besar cuma bhullshiiiiiiiiiit

    Like

  87. aloo mas iwan, ane ikut prihatin, kalo banyak komen yang ga mutu n cuma jelek-jelekin satu sama laennya.. kalo emang pabrikan juga suka liat komen2 untuk acuan sebagai masukan, kejadian ini sayang disayangkan banget, apalagi sampai salah satu pejabat pabrikan besar sampai mengeluh dengan komen2 sampah.. tapi itulah resikonya mas, semakin terkenal yaa mungkin ini salah satu sisi negatifnya…
    ane mo kasih ide sedikit mas, ide ecek2 sih, hehehe..
    gimana kalo komen2 yang berkualitas sebagai masukan, di copy paste aja, trus kasih deh ke pabrikan yang emang perlu masukan dari para pengunjung warung mas iwan, pasti pabrikan percaya tho sama mas iwan kalo komen2nya bukan rekayasa… untuk masalah teknisnya pasti mas iwan lebih paham,
    gitu aja mas, thanks udah selalu bikin artikel yang bagus, n jujur ajah ane juga salah satu orang yang udah males baca komen2 sampah, jadi kalo abis baca artikel mas iwan ya udah, ane jarang baca komennya…maap banget lho mas, jarang komen, hehehe

    Salam MERAH PUTIH

    Like

  88. ckckckck
    ga pd nyadar2 y…..
    jadi penasaran bagai mana orang2 yng komen ga jelas dan ga bertanggung jawab berdiskusi d keluarganya,apa ngajarin anak2nya buat berbohong dan mengina orang lain yang ga sependapat ato bahkan ngajarin istri2 mereka cara ngerumpi yang “cerdas”…..

    Like

  89. oh iya mudah2 an yg biasa komen ngolok2 orang d dunia nyatanya ga di jadiin bahan olok2an tetangga ato bahkan d olok2in sama anak2nya sendiri kan ironis…..

    Like

  90. @ 192. ardian
    =============
    Bukan bermaksud utk mengolok2 mazzzz….
    tapi qt cuma memaparkan fakta aja kok…
    Masa CS1 yg modelnya aneh & wagu mau dibilang keren..??
    masa tiger yg rantainya berisik mau dibilang muluzzz..??
    Masa tangki bocor mau dibilang rapat & awet..??
    Masa vixi yg lemot atasnya mau dibilang topspeed tinggi..??
    BBM boros dibilang irit..??
    dll….
    Yg kesemuanya itu kadang dibumbui komentator dg bahasa mrk sendiri… Ada yg disampekan dg halus, bersemangat, emosi, apatis..dll…
    Sepanjang bertujuan demi kemajuan, tidak masalah sih….

    Like

  91. motor ahaem belum sebulan pake, jual lagi beli baru.
    motor yimm yang lama dikoleksi, beli yang baru.

    motor yamaha klo komplain dilayani dengan baik. service berkala ke beres atau pinggir jalan, ga sampe satu jam langsung ngacir.

    motor honda cap ahaem komplain ga dilayani, klo service lamanya ampun2an. spare part indent. (alasan beli motor ahaem, belum sebulan beli yang baru).

    Like

  92. solusinya ya tetep di sortir manual maz..
    Atau mungkin ajak org2 terdekat smpean buat jadi admin, minta tolong agar bantu gmana caranya komentar tiap artikel itu tetep bersih..

    Cuma saran lo mz..

    Like

  93. 185. sompret – April 19, 2013

    175. mario – April 19, 2013

    ahh… semua org juga tau,, kalo di bandingkan rasio kerusakan dan kebobrokan motor2 buatan ah ha em itu jauh lebih banyak dari pada mtor yamaha.,
    ============================================
    itu karena pemilik honda lebih banyak dari pemilik yamaha.
    udah jelas lah BC dari FBY selalu kualitas. padahal benarkah demikina??
    kenapa orang banyak bli produk honda?? jawaban fby pasti nama besar…
    oiiiiiii bangun bro ini jaman modern pemilik motor banyak yang tau teknologi dan generasi udah turun temurun sudah tidak lagi lihat nama besar. klo alasan nama besar itu cuma berlaku jaman dlu tidak jaman sekarang. yamaha juga sudah lama diindonesia dan generasi sudah berubah.

    semua itu karena kepuasan pelanggan yang meliputi 3s. juga pemilik honda lebih mementingkan fungsionalnya motor. klo ikutin kemauan para komentator yang ngakunya smart. (para komentator di internet) pinginnya motor itu kencang… biar uang cuma belasan juta mintanya kencang.
    fisi produsen motor itu beda. klo motor untuk umum ya janga minta macam mcam seperti. ada harga ada rupa.
    kawasaki lebih kencang karena sesuai harga motor motornya(jangan sebut ninja KRR krn itu teknologi kuno)
    pabrikan makin kedepan adalah menjual teknologi demi kenyamanan penggunaanya dan safetynya.
    klo pingn motor kencang ada divisinya..

    =====================================

    apa ane bilang fbh klo berantem ama fby bawa2 produk atpm lain.
    teknologi tinggi? paham ga nte teknologi gunanya apa? buat menghina produk orang gitu?
    emg ente yg buat tu motor? dasar sales.

    Like

  94. @sompret
    masih ga sadar klo motor tu benda mati. emg motor apa atpm yg ngasi lo makan? ga takut ma Tuhan cong, motor dianggap dewa? sekolah yg bener jgn banyak bacot.

    Like

  95. Ane jg sudah mulai bosan baca blog2 motor yg gak nambah pencerahan,tp malah nambah dosa dan permusuhan. dari skian blog2 motor mayoritas hanya menyebar kebencian dan permusuha.
    dan mas iwan sendiri jg jangan cuci tangan,karena judul2 artikelnya pun ane nilai sangat provokatif dan memancing orang utk slalu menyerang,menghina, merendahkan orang lain.
    bukannya dapat ilmu tp malah dosa.
    agama melarang kt utk saling menghina,karena yg kt hina bisa jd lbh baik dr kita.

    Like

  96. suzuki….suzuki….oh suzuki….masih mau jualan motor di Indonesia gak nieh?!

    dari pengalaman : pernah punya shogon!
    1. shogun terutama yang 125 sampe yang 125 SP mesin gampang ngebul!!
    2. Bodi plastiknya gampang pecah!!

    Ah pasti cuek ini yang punya pabrikan! lagi menikmati penjualan ERTIGA!! yoh wes karepmu!!

    Like

  97. Gw sih nunggu blog resmi pabrikan, biar kalau ada keluhan apa masukan bisa dilihat responya. Kalau via email gw rasa jawabnya robotic dan tidak menyelesaikan masalah.

    Like

    1. Maaf, mnurut pendapat sy layanan keluhan lwt email langsung ditanggapi, pengalaman sy wktu menyampaikan keluhan masalah motor vario 125 sy via customercare@astra-honda.com langsung ditanggapi bahkan sampe sisuruh milih bengkel mana yg akan menangani dan sampe mtr selesai ditangani pun sy slalu dihubungi via telpon dan sy puas dgn layanan yg diberikan. Sy jg berpendapat sebaiknya sampaikanlah keluhan melalui wadah yg telah disediakan agar tepat sasaran, setuju?

      Like

  98. 187. gjoe – April 19, 2013

    saran untuk mas iwan:
    kaya punya mas tri dan mbah dukun…
    -jika melihat perkembangan komen dah gak kondusif…komen di tutup aja…
    – black list aja IP adress yg sering terjerat kasus komen gak layak tayang
    -untuk meningkatkan kualitas sortiran komen…mungkin bisa memakai pihak ke 3….
    trimakasih mas…
    ===
    well written………demit pasti gak suka ini.

    Like

  99. kang iwan

    sip kang… tapi.. alangkah baiknya.. kalo memang petinggi pabrikan juga nggak kayak siluman… atau istilahnya silentreader… kita juga mana tau petinggi pabrikan ikut nimbrung di warung kang iwan… atau warung otong motip yg lain… alangkah baiknya… bila perwakilan pabrikan membuat nick komengtator kalo memang pabrikan memperhatikan dan mau mendengarkan masukan dari para komengtator.. jadi kita komengtator bisa secara langsung to de poin mengkritisi pabrikan… dan bisa diketahui.. pabrikan mana yg lebih care ke konsumen… tapi perlu di garis bawahi… para sales dari pabrikan komentator pasti akan meyerang secara sporadis dari kedua belah pabrikan… disitulah di tuntut keahlian pabrokan dlm menghadapinya…..
    kalo situasinya masih seperti yang sekarang… komengtator nggak tau… apa betul.. para petinggi pabrikan ikut manyengin warung otong motip… yang kita tau.. isi warung cuman segerpmbolan FB2 yang saling debat kusir… paling kalo kalah debat… ngeles.. ntah kemana… ganti nick.. terus membuat onar….
    ane kadang komeng ngelantur.. untuk mengetahui.. sejauh mana tingkat intelijensia para FB.. tetepi baru di apncing dikit aja pakai upil… udah kalap.. langsung konter komen bau kosong dan takguna… dari situ dah ketauan.. sampe dimana level intelijensia si FB… ane kagak sebut FB mana ya.. ane yakin… para pemirsah pasti udah pada tau….

    tapi biasanya kalo ada artikel pencerahan seperti ini dari kang iwan (seperti yang sudah2) banyak yang sok suci… ngaku2 cuman silent reader aka siluman… siapa yang tau.. kalo dia juga ikut bakar2an juga…..

    mungkin kalo diadakan kopdar… nggak semua komengtator akan hadir… akan banyak ngeluarkan jurus ngeles tingkat dewa bagi yang berdomisili di ibukota… kayak undangan debat komengtator dari yakampret dulu….

    buat pabrikan :
    wooi… berani enggak ente nunjukin hidung aka nick ente di mari… jangan bisanya ngadu ama yang punya warung…
    tunjukan kalo ente berani di kritik dan berani menerima masukan dari komsumen… skak mat para sales kompetitor di dunia maya yang merugikan pabrikan ente…. berani nggaaak…..!!!

    *sorry kang iwan… komen ane kepanjangan….

    Like

  100. oh ya….. ane.mau bilang.. kalo ada yg gak terima.. mongtor berheadlamp semp4k wanabe… itu.pasti dah gila merek…

    wong motor cuman benda mati.kok… lagian salah pabrikan juga.. wong banyak model2 moge keren… malah milih semp4k jadi model headlampnya….

    monggo di lanjuut…. 😆

    Like

  101. 207. lah – April 20, 2013

    Dari ip mereka, tahulah mas iwan dari mana mereka berasal. 😣

    ==============================

    demit sekarang pada pinter ngumpet di ip address palsu. mac address aja bisa dipalsukan.

    Like

  102. buat peyek klonengan dimanapun kau berada

    semakin ente lanjutkan… semakin para permirsah tau… kwalitas otak ente sampe dimana…. 😆

    Like

  103. @tiger revo sy stuju ma masukannya buat ahm.. kualitas honda skarang maqn jelek.. terkesan biqn produk asal jd n asal ada. Sy slalu komen rada pedes buat membangun, sayang sama fbh ababil sy malah dibilang fby.. padahal jujur, sy ini malah honda user n anggota club motor honda resmi tp saya kecewa ma produk honda yg makin kesini maqn gak awet n terkesan asal2an.. dear atpm klo bkn user setia kalian yg kritik, gak ada lg yg bnr2 tau masalah apa yg dihadapi konsumen atas produk yg dihasilkan.

    Like

  104. tapi ini membuktikan klo lapak kang iwb emang pro demokrasi, jadi ketahuan disini yg bisanya menghina orang bodoh tapi ilmunya hasil kopas, pengalaman pribadi, fb membabi ngepet atau mereka yg pura2 diem tapi sekali ngomong panjang lebar.

    salut buat kang iwb, btw trafiknya jebol ya kang?

    salam biker ninja 250r karbu.

    Like

  105. ane paling demen trit pencerahan kayak gini…
    jadi banyak nick2 baru muncul dengan komen2 sok suci tapi munafikun.. menjelekan fb2 laen….

    monggo di lanjut… 😆

    Like

  106. Asik kritik ah:
    AHM
    1. Jangan mengeluarkan produk yang memang belum fix betul, sehingga terkesan konsumen jadi kelinci percobaan produk baru AHM (ane pernah ngalamin waktu beli supri 125 R 2005, taulah AHM apa yang salah dengan produk itu). Jadi berusahalah untuk sabar dalam meluncurkan produk baru
    2. Jangan membuang sesuatu yang sudah baik dalam produknya (downgrade), lebih baik dikasi price baru daripada mengurangi kelebihannya, toh AHM sudah punya FBH yang fanatik
    3. Harus berani me-recall produk baru bermasalah, jangan korbankan konsumen, beranilah mengakui kesalahan jangan egois, jika saja AHM lebih terbuka, para konsumen akan lebih senang menerimanya kembali
    4. Model motor AHM terkesan begitu-begitu aja, jadi membosankan
    5. Karena banyaknya produk baru AHM yang bermasalah/disinyalir bermasalah sesuai temuan konsumen, berkesan konsumen jauh lebih pintar dari engineer AHM

    YIMM
    1. Egois & budeg itulah YIMM, seakan tidak mau mengerti keinginan konsumen, hanya mementingkan sudut pandang YIMM sendiri, ketika konsumen minta produk/model A eee YIMM malah mengeluarkan produk J, K, L, M, N, O…., akhirnya sulit laku (salah sapa)
    2. Terlalu mementingkan motor dengan performa cepat, sangat cepat, cepat sekali, super cepat ampe yang lain ketinggalan mulu (kata mereka), padahal mau ngebut dimana, kota di Indonesia ini udah langganan macet, tolong teknologi ramah lingkungannya lebih ditingkatkan, BBM semakin menipis coy
    3. Model motor jangan berkesan ngambang dan nggantung, ekor keren pala peang, hadeeeeh… kaki kokoh badannya palsu, akselerasi mantap tapi bodi aneh, tolong dengarkan konsumen, kalo engga ganti arsiteknya jangan yang budeg

    Suzuki Indonesia
    1. Yang ini keliatannya selalu kurang percaya diri dengan produk2nyan (keluarin lalu menghilang)
    2. Promosi motornya kurang
    3. Jaringan 3s kurang banyak
    4. Model yang bertahan bentuknya jadul, padahal biasanya Suzuki selalu mengeluarkan model unik dan selalu terdepan sebelum yang lain, contoh Arashi karena malu-malu muncul ampe matinya, eeh sekarang model begitu malah banyak ditiru produsen lain, model2 suzuki yang keluar sekarang malah kurang greget

    dah lah segitu dulu… mangap kalo salah salah kata… abis sambil gawe nih bro hehehe 🙂

    Like

  107. apapun motornya,jgn lupa pakai helm, Cara baru cari jodoh,invited 2A085974,untuk bro-sis single, yg saat ini sedang cari jodoh-pasangan,karena kami biro jodoh online terbaik seindonesia,akan berikan info pasangan ideal untuk anda.trims bung iwan.

    Like

  108. motor tu buat dipake, bukan jadi sesembahan. klo tau motor ente kurang bagus, bawa ke bengkel modif. liat pengguna ax, dengan sabar dan telaten bawa produknya ke bengkel modif.

    bila cb150sf anda soknya bocor atau klotok-klotok n mekanik honda ga bisa benerin bawa ke bengkel modif. klo tu mesin ga bisa diperbaiki ganti aja mesinnya sama mesin cs1. bolehlah diadu dengan motor batangan yamaha. kakinya diganti juga supaya lebih mantap.

    masalah cbr dicela celana dalam, ga usah dipedulikan. selera orang beda2.

    nvl lampunya mirip shincan? malu ganti aja, klo anda suka ya ga masalah. sekali lagi selera orang beda2.

    klo tau thunder 125 ga kuat nanjak, silakan dibongkar tu mesin, overbore sampe 300cc. dijamin bisa ngasepin motor laen.

    segitu aja silakan dilanjut gan.

    Like

  109. Saran mas iwan mending rekrut beberapa orang yg mau dan netral untuk menjadi moderator komentator…
    Pemblokiran IP juga sy rasa tidak efektif, rata2 IP dari provider selular bersifat dinamis sehingga percuma saja..

    Like

  110. ya si emang. . .tapi kan konsumen ada yg gak sabaran seperti saya. . . .
    inden 1 bln stengah. . .makai ru 1 bulanan. .skrng rusak udah 1 bln lbh 9 hari lum jadi. . .
    jujur udah frustasi nunggu cb150r saya yg belum jadi2. . . . .
    Liburan cm tdur drmh. . .marai bosen. . .
    lw emang ada pejabat AHM yg baca koment saya. .Tolong dengan sangat. . .cb150r saya diurus supaya cepat jadi. . .
    di AHASS KUTOWINANGUN
    Atas perhatian Bapak saya mengucapkan terimakasih.

    Like

  111. mas prase

    sabar aja… lagian kan bukan beli pake duit ente.. cuman di beliin ama ortu… sabar aja… yg penting kan sudah di tangani ama delernya… 😆

    Like

  112. Terima-kasih pabrikan motor sudah mau membaca keluh kesah konsumen di blok mas IWB, yg menurut saya artikel2 mas IWB cukup representative atas sebuah produk tanpa berpihak melainkan kenyataan yg ada dan “on balance”, hal akan sangat membantu pabrikan apabila didukung dengan comment membangun, yg insyaAlllah efek baiknya ya ke konsumen.

    Sepertinya prabrikan liat komen perihal CBSF & NVL, yg bikin males

    BTW, sang “PANGLIMA” kalo bisa jangan di split dong joknya, kalo memang set kearah touring bike menurut saya jok agak panjang dan nyaman untuk boncenger, nyaman untuk berkendara seperti stang panjang dan tingggi dll, mesin responsif dan tenaga gede, mesin TANGGUH.

    Like

  113. tiger lampu piksen atau satria biasa aja lah, piksen lawas lampu tiger revo banyak. thunder lampu satria apalagi. piksen n ninja 250 pake kaki gsx r600 udah lumrah.

    yang belum saya temui adalah piksen pake fairing cbr 150 atau 250, klo tiger pake fairing r15 atau r125 banyak bos.

    saya bukan provokator, cuma buat mereka yang mencela fairing r15 atau r125 fairing kaleng rombeng berarti anda menghina tiger pake fairing tersebut.

    biker sejati ga peduli motornya merek apa, yang penting mesin dan bodi sesuai selera.

    lanjut gan.

    Like

  114. Sepedae S*pra P*t karatan ,,
    Lek komen koyok wes nggowo ducati jan-an ,, ediaan kabeh ,,
    jan koyok wes R&D ne pabrike dhewe ,, 😀

    Like

  115. @peyek asli

    sipp bro !

    😀

    kalo cuma nickname yang dikloning sihh biasa lahh kelakuan klonengers..
    tapi ini memang harus di BANNED bro, biar gak seenaknya ngebobol account orang / ngebajak -aka- ngerampok email orang lain buat komentar !

    @om iwb

    sorry om, karena logikanya sih harus ditindak begitu om !

    😀

    Like

  116. @koment pedes

    mantap bro, gue suka komentar kek elu begini, apa adanya, gak sok suci n gak mumun..

    😀

    bener juga kata bro peyek asli, kalo ada artikel begini pasti banyak nickname newbie yang sok suci n munaroh !

    😀

    Like

  117. 197. OlehSanjISukeonApril 20, 2013pada 5:06 AM
    kalo buat perbaikan sih oke2 saja ini mah yang bikin jengah koment pake bahasa bonbin,bahasa jorok n nyerang personal.
    makanya saya sedikit respect sama fby walau sama2 jelek juga 🙂

    Like

  118. Ane paling males baca bagian komentar blog ini lek. Pihak pabrikan aja males, apalagi ane yg perlu buat pengetahuan doank. Sayang sekali padahal dulu bagian komentar adalah yg paling ane suka krn banyak jg info berguna. Sekarang…??

    Like

  119. HAPUS aja Semua komentar dari :
    1.peyek
    2.ngetes aja
    3.qwerty
    4.tiger26
    5.jaos
    6.ciaaaaa
    7.dkk,

    Pokoknya yg sering balas komen yg menyimpang dari topik.

    Dijamin banyak silent rider yg mau berkomentar ngeluarin uneg”.

    Like

  120. 192. sompret – April 20, 2013
    190. aep – April 20, 2013

    Waduh…ini yg coment pasti orang dr masing2 pabrikan… saling serang membabibuta… ane yakin klo yg coment cuman pengguna produk/bukan orang pabrikan pasti ga se extrim ini… liat aja beberapa thn lagi…siapa yg jd raja kualitas terbaik n innovatif, bukan cuman raja jualan…
    ===============================
    ga usah tutup mata. kepuasan konsumen ada kaitannya dengan laku nya produk. klo konsumen merasa puas otomatis akan merekomendasikan produk itu ke orang lain sehingga produk itu laku..
    alasan honda cuma jualan laku tapi produk jelek itu BC yang tidak logis.. dan mengada ngada.
    sebaiknya tanya pada diri sendiri kenapa produk yamaha tidak selaku produk honda. klo alasan nama besar sebenarnya tidak juga. pernah kisaran tahun 2007–2008( silahkan klo salah direvisi) produk yahama menyalip produk honda itu bisa menggambarkan yamaha mempunyai produk yang memenuhi kepuasan konsumen. namun skrg kembali kesalip MS banyak honda karena kepuasan konsumen juga. jadi alasan nama besar cuma bhullshiiiiiiiiiit
    =======================================
    Hi bro…thanks udah kasih feedback.
    Penjualan h*nda unggulnya di daerah2 bro…yg masih bnyk terpengaruh sama tradisi turun temurun ‘beli motoer yah h*nda’. Ane kira buat acuan penjualan masa depan adalah di jakarta n di jakarta yam*ha cukup mendominasi, krn yg beli lebih kritis n selektif. apalgi klo ditelik lebih jauh yg beli motor yam*ha adlh anak muda yg kelak meneruskan ini pada keturunannya… ini bahaya bagi h*nda (terlebih dikasus cbsf, motor yg membidik segment muda tp bnyk masalah yg krusial, klotok,karat, padahal baru dateng dr showroom) ane kira boleh aja menggenjot penjualan tp kualitas ttp diperhatikan.hal ini jg membuat ane miris,prihatin pd h*nda. Smoga H*nda dgn nama besar ttp kualitasnya besar….

    Like

  121. 246. aep – April 20, 2013

    Hi bro…thanks udah kasih feedback.
    Penjualan h*nda unggulnya di daerah2 bro…yg masih bnyk terpengaruh sama tradisi turun temurun ‘beli motoer yah h*nda’. Ane kira buat acuan penjualan masa depan adalah di jakarta n di jakarta yam*ha cukup mendominasi, krn yg beli lebih kritis n selektif. apalgi klo ditelik lebih jauh yg beli motor yam*ha adlh anak muda yg kelak meneruskan ini pada keturunannya… ini bahaya bagi h*nda (terlebih dikasus cbsf, motor yg membidik segment muda tp bnyk masalah yg krusial, klotok,karat, padahal baru dateng dr showroom) ane kira boleh aja menggenjot penjualan tp kualitas ttp diperhatikan.hal ini jg membuat ane miris,prihatin pd h*nda. Smoga H*nda dgn nama besar ttp kualitasnya besar…
    =====================================
    silahkan cari data untuk areal jawa mana yang lebih banyak terjual??? silahkan tanya bro p2r mungkin beliau punya datanya.
    justru pemilik honda adalah orang yang kebanyakan mapan dan tau fungsi motor.
    kalau bilang pengguna yamaha adalah anak muda yang kelak akan meneruskan keturunnannya. bisa saya bilang ini sudah berlaku beberapa tahun yang lalu dan anak muda banyak yang sudah dewasa.
    untk kasus cbf itu hal yang terjdi pada motor yang baru dan saya yakin akan bisa diperbaiki. ksus vixion awal dan vario juga pernah terjadi dan itu hal yang mungkin untuk produk yang baru dari berbagai merek.
    untuk anak muda yang katanya demen motor spotr tapi tidak buta merek.akan tau kok mesin mana yang akan dipilih untuk speed dan msin mana yang akan dipilih untuk kmuter.

    Like

  122. Mas iwan kenapa motor new jup mx saya kok bocor alus yah bagian packing silinder bawah, olinya merembes keluar trus padahal packing dah diganti yg baru, mohon solusinya Mas iwan?

    Like

  123. Hmm…udah berkali2 ya kang iwb membuat thread utk “menyentil” komentator yg suka debat kusir, bawa2 gender, suku, mata pencaharian bahkan orangtua,..

    ai seh skrg lebih baca artikelnya tanpa harus komen banyak2. Biasanya sih fby tobat, besok jg begitu lg, bahkan sampe maki2 munafik lah, ai liat ternyata masih ada fby2 yg suka komen debat kusir, sorry to say fby ai cuma uneg2 pribadi dgn melihat komen2 anda yg menjijikan,..

    Like

  124. @masngetes ajah
    setuju bos kalo debatnya tuk perbaikan.tapi yang saya liat malah korps sebelah yang seperti bos katakan deh.fby gt2ajah dari dulu….

    Like

  125. Iyo kang..kalo gini bukan dpt hikmah tp dpt musibah…Sy sndr skrg jg males bc kang..semoga kang iwan sgr dpt jln keluarnya..agr keluhan kritikan tetap masuk..kalo gini percuma kang …ga dibaca oleh pentholan pabrikan..salut

    Like

  126. Silent Reader setroooooooooong…. yang berantem yang itu-itu terus. mau komen positif, dibabat dia lagi, komen negatif dia lagi yang muncul. jadi ini blog punya dia2 orang apa punya mas iwb tho??

    Like

  127. 246. sompret – April 20, 2013

    Thanks bro…. tp masalahnya adalah masa motor baru dateng udah cacat (bunyi mesin klotok2, karatan). Semestinya kan ga perlu terjadi atau mngkin klo udah 1 th pakai terus cacat gitu yah wajar bro… ini ada 2 cacat bro, bukan 1 cacat doang n baru dateng lg dr showroom, kayaknya pemecah rekor nih… smoga h*nda lebih baik lagi kualitas n finfinishingnya…

    Like

  128. kayaknya ikut panas ni gua masalah merk…

    tp y d jaga emosi klo mw ngomen biar g’ mmbuat emosi comentator sebelah melunjak…

    untungla gua FBK,

    sprti yg d anut blogger” lain..

    Y250 nnti akn hadir lyaknya MOGE ratusan juta..

    dmn ninin FI msih g’ double cakram, n msih arm kotak..

    namun bercerminlah bahwa itu kelemahan tiap masing” orang.

    sama dngan merk prduk sprti Y, H, K, S, n dll..

    jdi jngn kebawa emosi dlu sblum qt bercermin apa kekurangan kita..

    cz suatu saat pasti ada yg lebih unggul dri pada qt semua….

    semoga bermanfaat n trims bwt kang iwan untuk blogernya…

    hahahaaa

    Like

  129. wkwkwk…
    ternyata.. bukan nick baru aja yang sok komen suci…
    ada juga kutangers bangkotan yang terkenal dengan fitnahnya.. dan ngelesanya… dan pernah di bully… ikut komen sok suci… jadi tambah keliatan deh munafikun nya… 😆

    duh… sampe segitunya belain kaumnya yang faktanya lebih bejad dari fby… hadeh….

    Like

  130. wkwkwk…
    ternyata.. bukan nick baru aja yang sok komen suci…
    ada juga kutangers bangkotan yang terkenal dengan fitnahnya.. dan ngelesanya… dan pernah di bully… ikut komen sok suci… jadi tambah keliatan deh munafikun nya… 😆

    duh… sampe segitunya belain kaumnya yang faktanya lebih bejad dari fby… hadeh….

    Like

  131. 254. peyek – April 21, 2013

    wkwkwk…
    ternyata.. bukan nick baru aja yang sok komen suci…
    ada juga kutangers bangkotan yang terkenal dengan fitnahnya.. dan ngelesanya… dan pernah di bully… ikut komen sok suci… jadi tambah keliatan deh munafikun nya… 😆

    duh… sampe segitunya belain kaumnya yang faktanya lebih bejad dari fby… hadeh….
    255. peyek – April 21, 2013

    wkwkwk…
    ternyata.. bukan nick baru aja yang sok komen suci…
    ada juga kutangers bangkotan yang terkenal dengan fitnahnya.. dan ngelesanya… dan pernah di bully… ikut komen sok suci… jadi tambah keliatan deh munafikun nya… 😆

    duh… sampe segitunya belain kaumnya yang faktanya lebih bejad dari fby… hadeh….

    ===============

    peyek@yahoo.com

    Like

  132. biker sejati yang nasionalis………ingin agar ASTRA bisa memproduksi motor dan mobil berkualitas karya anak bangsa dan bermerk bangsa ini…….seperti di India Sono dengan Bajaj, Hiro (dulu Hiro Honda),TVS dll.

    Like

  133. Setelah saya baca judul & komen diatas saya jd bingung campur geleng2 kepala. Ada byk yg buat saya jd bingung dgn blog ini, antara lain:
    1). Knp hanya mau dikasih komen yg baik2 aja?
    Klo cm mau komen yg baik2 lebih baik buat aja blog lalu yg boleh komen temen2 nya sensir yg sudah di invite bukan org luar, dijamin 100% semua temen2 akan kasih komen yg baik & bagus2, krn cm berkutat di lingkuan itu2 aja bukan dgn dunia luar. Klo mau dpt komen yg dr dunia luar pasti anda hrs terima smua komen baik & pedas, dlm artian anda jgn bersikap spt katak dlm tempurung.
    2). Drpd tukar membuat blog yg isi nya spt ini lebih baik coba anda buat blog atau ajarin kpd riders spy bs sopan,tertib,rapi dijalan.
    Dlm artian bgm caranya membuat para bikers bs mengendarai motor nya rapi,tertib dan sopan dijalan spt pengendara mobil. Saya sangat yakin 100% bhw RIDERS tdk akan bs mengendarai motor sama persis rapi,sopan dan tertib spt PENGENDARA MOBIL. Komunitas motor2 apapun baik yg ada dr Sabang – Merauke TIDAK ADA 1 PUN yg bisa mengendarai motor dgn tertib,sopan,rapi & taat dgn peraturan di jalan. Apalagi selalu berasaskan BROTHERHOOD,PERSAUDARAAN,DLL.Padahal di jalanan byk riders yg kehabisan bensin, ban bocor tp gak 1 pun ada yg mau bantu/nolongin.Mereka2 yg mau bantu utk yg 1 club atau utk club/komunitas yg sudah kenal. Apakah ini dinamakan dgn BROTHERHOOD atau PERSAUDARAAN?? Masih lebih solid pengendara Vespa dong yg mana mereka apabila melihat Vespa lain mogok atau ada masalah pasti Vespa yg lain akan membantu walaupun tdk saling kenal, klo motor jauh sekali dr hal2 spt itu berarti itu sama saja dgn spt KATAK DALAM TEMPURUNG.Setau saya sebangian besar pengendara motor atau club atau komunitas tidak ada yg bisa tertib, rapi, sopan dijalan.
    Apabila anda tidak percaya?? Ambil contoh yg paling gampang dalam kehidupan sehari2, silahkan anda lihat sendiri dijalanan brp banyak atau mana yg lebih banyak pengendara motor dan mobil yg tidak benar dijalanan? Sudah pasti 100% pengendara mobil pasti bisa rapi dan tertib di jalanan. Klo di lampu merah pasti riders maunya selalu di depan bahkan berhenti di depan garis putih. Belum lg klo para riders pada konvoi pasti pengendara yg ada di depannya disuruh minggir padahal klo pengendara mobil melakukan hal yg sama pasti pengendara motor akan marah dan tersinggung, klo sudah begini siapa yg EGOIS..?? Siapa yg salah..?? Siapa yg bodoh dan byk tingkah..?? Yg jelas masalah ini krn masalah KECEMBURUAN SOSIAL dan KE EGOISAN.Ironisnya lg,bikers tdk mau dibilang KECEMBURUAN SOSIAL dan EGOIS dijalanan tp apabila bikers disuruh mengendarai mobil saya yakin 100% pasti akan tertib,rapi dan sopan spt pengendara mobil dan tdk berani mengendarai spt layaknya memngendarai motor, klo sudah spt kasus yg saya berikan tsb apakah masih disebut PEMBELAAN DIRI THD BIKERS??
    Berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya sangat sering berurusan dgn riders dan sampai saat ini saya masih menyimpan 28 STNK motor yg mana 1 pun dr mereka tidak bisa mengganti spion mobil saya,perbaiki body/bemper mobil saya yg kena senggol.Ini bukti bhw 1 pun tidak mau ganti tp hanya mau jaminan STNK,ujung2 nya mereka rata2 manggil teman2 nya atau manggil para komunitasnya lalu saya jg ikut manggil temen2 di organisasi saya dan setelah anggota organisasi saya datang mereka yg tadinya sok membela langsung diam 1000 bahasa lalu saja ajak urusan ini ke Polisi tidak ada yg berani alias minta damai tp tidak mau ganti. Bahkan saya ajak ke jalur HUKUM,saya berani krn saya yakin bhw saya benar dan tidak salah.
    Sorry klo saya bukan mau sombong tp coba kita berpikir secara realita dan pakai akal sehat atau pakai rasio dan masih banyak lg kasus2 di jalan yg tidak bisa saya tulis krn amat sangat terlalu banyak sekali kesalahan2 dr riders.

    Like

  134. yg disini gtw biker betulan apa gak? kl biker beneran biasanya smngt brotherhoodnya gede, slg menghormati…masa klh sm komunitas burung kicau n lovebirds yg bs slg sharing n membantu..komen jg santun..ksian yg pny warung ikutan dosa

    Like

  135. @LOVEBIRDS vs RC VALVE

    Dosa mana antara yg punya warung ini dgn pengendara riders dijalanan??
    Silahkan anda pikir secara akal jernih dan pakai rasio 🙂

    Like

  136. siph…perlu di garis bawahi..comentar yg cerdas.
    ntah pujian.atau kritik.asal rasional dan sifatnya membangun.

    dan di dasari fakta.dan pengetahuan yg mumpuni.

    jng g ngerti sok ngerti
    atau mengagungkan pabrikan tertentu.

    🙂

    sama2 ngASPAL di jalan mbok.ya cinta damai.
    🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s