Pengelasan sasis Honda Beat-pun dilakukan oleh robot. Canggihhhhh……!!

Pak Bambang nunggang jaran dapat oleh-oleh dari AHM. Opo kuwi hayo?? :mrgreen:
Pak Bambang nunggang jaran dapat oleh-oleh dari AHM. Opo kuwi hayo?? :mrgreen:

Sampeyan pasti tahu bahwa Sabtu kemarin segenap Blogger dari ujung timur tengah hingga barat pulau Jawa diboyong kepabrik Cikarang plant 3 AHM. Dengan tujuan ingin mengenalkan proses pembuatan motor, secara antusias seluruh Blogger yang berjumlah lebih dari 60 orang dibikin doweh, dlongop lan mlongo. Nggak menyangka kangbro….ngracik bisa secepat dan seringkas itu. Satu orang hanya garap 3 items maksimal….motor terus running dengan hitungan detik. Dari sekian demo…secara pribadi IWB dibuat terpesona oleh welding sasis. Yup…tangan-tangan robot bak transformer secara cekatan mengerjakan pengelasan cepat dan presisi. Jiaannn canggihh tenan!!!…. 460x170alt2Yamaha#1

Sampeyan bisa bayangkan….manusia dalam hal ini karyawan AHM hanya menata tiga potongan besi yang udah jadi dibagian kiri, kanan dan tengah memalang. Setelah itu mesin secara sigap mendorong kearah robotic…dan tangan-tangan dengan ujung biru menyala mencari sudut-sudut yang kudu dilas. Yang IWB heran disini adalah koordinat pergerakan yang sangat presisi…dan seperti tahu mana aja yang harus dilas. Setelah selesai….mesin kembali membawa ke manusia untuk dilakukan pengecekan manual. Jika kurang sempurna…akan ada bagian khusus untuk memperbaiki. Usai dari sana…sasis yang telah siap, digantung….dibawa dengan mesin roller secara auto berjejer kearah painting room. Nah…disini fakta anyar juga kita temui.

Mindset sasis disemprot tidak terbukti sebab AHM telah menggunakan painting sistem celup. Keunggulan sistem ini besi bagian dalampun akan tertutupi cat sehingga meminimize rangka diserang karat. Bagitu juga partikel debu atau udara…sistem celup lebih bebas dari segala gangguan ini. Kelemahannya memang biaya atau cost produsen lebih besar sebab sistem seperti ini rada boros cat. “ Semua pengecatan sudah memakai sistem celup mz, bukan cuma sasis” ujar bro Taufik (bukan Tmc lho ya) supervisor yang memandu kita berkeliling pabrik. Hhhmm…mantep juga nih AHM. Setelah melihat bagian painting room yang tembus kaca….sasis dikerek menggunakan mesin keruang pendingin. Dari sana checking ulang….setelah usai, sasis bergerak menelusuri ruang pabrik AHM yang maha luas siap ditancapkan kemesin. Juozzz tenan….1-copy

Tidak puas disatu tempat…kita digelandang kebagian perakitan mesin. Sebelum cranckcase jadi, ternyata bahan mentah masih berupa lempengan aluminum berdiameter 1 x 1 meter dengan ketebalan sekitar 20cm. ” material dari supplier mz…kita yang mengolah sendiri hingga menjadi blok mesin dan pernik-pernik lain” seru bro Taufik lagi. Ealah…ngono to. Baru ngerti IWB :mrgreen: . Kirain yang menggarap semua adalah vendor luar. ternyata nggak mzbro. Sebagian dikerjakan Honda sendiri. Nah…kalau sampeyan masuk keruangan ini, kita akan disodori beberapa gentong raksasa tempat peleburan,  dan pembekuan aluminium. Disana aluminium dimasak hingga matang sesuai spek pabrikan yang nantinya dibentuk berdasarkan kebutuhan. Tidak heran…ketika masuk keruang ini hawa terasa lebih menyengat dibanding ruang lain….

Dari hasil tur singkat….bisa IWB simpulkan bahwa tingkat safety diperhatikan betul oleh pabrikan. Dimana-mana note atau sign memperingatkan pentingnya menggunakan kostum yang distandartkan bisa kita temui. Bahkan ditangga yang bertinggi dua meter…IWB bisa baca “Selalu pakai tali pengaman diketinggian lebih dari 2 meter” terekspos dengan jelas. Disaat itulah IWB membaca sesuatu yang menggelitik untuk digali yakni tulisan “Jangan gunakan air jika terjadi kebakaran”. Lho terus pakai apa??. Jawaban singkat dan lugas dari bro Taufik…..”pakai pasir mz. Kalau pakai air….bisa terjadi ledakan. Panasnya aluminium akan mengakibatkan massa air dipaksa menyusut dengan tiba-tiba. Itulah kenapa kita pakai pasir guna menetralisir api”….terangnya terlihat menguasai betul bidangnya. Ealahhhh….ngono to. Dasar ndeso :mrgreen: …..AHM

Sekali shift, diplant 3 pabrik Cikarang tempat pembuatan skutik Beat…AHM mengerahkan 4000 staff menggarap matic terlaris Honda tersebut. Walah…koq banyak bener??. Iyalah bro…satu staff hanya diserahin menggarap 3 item. Jadi jika sampeyan bertugas masang baut dek….mungkin hanya 3 lubang aja. Atau blok silinder atas…ya cuma part tersebut. Tidak heran sebab motor lewat didepan sampeyan hanya sekitar 7-11 detik. Dari hanya gelondongan engine….brojol diujung sudah utuh jadi motor. Dibutuhkan konsentrasi tingkat tinggi supaya tidak mengganggu lainnya. Bisa ditebak…jika melamun atau pikiran nge-blank memikirkan sang pacar misalnya :mrgreen: , motor yang berjalan diatas rel kudu di-pause sebentar. Alhasil…..sistem running dari ujung keujung juga harus ikut berhenti. Nah…lho opo ora isin sama lainnya….

Last..…Honda mempunyai 143 vendor yang membantu proses produksi. Terdiri dari Yutaka, Nok, Nissin, Showa dan ratusan lain. Itupun mereka masih keteteran memenuhi permintaan konsumen. Bukti bahwa  bisnis ini memang kategori bisnis besar. Sayang…karena peraturan, semua tidak diperbolehkan mengabadikan moment luar biasa tersebut. So semua hanya bisa direkam via otak dan diterjemahkan kedalam bentuk tulisan. Namun, apapun itu…..gebrakan AHM mengajak para Blogger melihat proses pembuatan motor patut diacungin jempol. Sebab tidak banyak sosok yang diperbolehkan menginjakkan kaki secara dekat ditempat pembuatan produk mereka. So…great innovatioan dari HC3 AHM. Bu Isti, Pak Nyoman, kang Ari, bro Andri, jeng Siska dan jajaran AHM lain…..awesome job anyway!!. Jadi tahu robot-robot canggih didepan mata kepala ngelas sasis Beat nih. Keren tenannn!!!!!….(iwb)AHM-Blogger

Advertisements

173 thoughts on “Pengelasan sasis Honda Beat-pun dilakukan oleh robot. Canggihhhhh……!!

  1. lha ?! emang seperti itu koq pada dasarnya perakitan menggunakan sistem welding titik supaya presisi, begitupula sistem painting celup.. dari jaman th. 1996. semua pabrik ( krama yudha : Mitsubishi, YMKI, HPM, sampai karoseri tugasanda, adiputro, dsb ).
    Disinilah ‘mungkin’ pengetahuan Mas IWB baru saja terbuka… hehe 🙂

    Like

  2. …. Keunggulan sistem ini besi bagian dalampun akan tertutupi cat sehingga meminimize rangka diserang karat.

    ————–

    ada yg berani belah sasis ?

    Like

    1. Yaelah, pernah liat pabrik ducati ga sh, ducati ga pake robot, dmana2 mobil sama motor sport dirakit pake tangan, campur tangan robot hampir gada, browsing th di yutub pabrik lambhorgene, perari, ducati, mv agusta, bla bla bla

      Like

  3. Yg jd pertanyaan,apakah material dari sasis motor honpret pake besi dari pengepul ??
    Sehingga mudah terserang kurap eh karat?? 😀

    Like

  4. @ 8. hados
    hooh, bener…
    @ 15. hybrid tekno
    Lho saya juga tahu mzbro. Tapi selama ini hanya hasil dai baca primbon. Ketika lihat sendiri…lain bener sensasinya. Juozzzzz tenan ngowoh-ngowoh :mrgreen:
    @ 16. hendrikcp
    Hendrix tas ngerti to…podo drix
    @ 18. samzurry
    Hebat sampeyan mz. berarti betah berdiri nih…
    @ 24. # D@RMO SERIES #
    Lha koq lebay. Tapi kan beda to bro klo liat sendiri….bukan katanya hehehe…
    @ RezaYellow46
    Produksi mereka nggak banyak bro. Makanya lebih eksklusif dan mahal sebab manusia mayoritas yang berperan
    @ 40. nbsusanto
    Bener kangbro….ngowoh pokoke :mrgreen:
    @ 45. faiz
    Mosok bro? wah gede dong ya…
    @ 46. rendcharen
    Dilarang bro. Forbidden judule

    Like

  5. Kang Iwan Maaf.sya mo nanya diluar sari topik ini..Kang sya rencana mo beli new vixion.sekarang sya lg pake new jupiter mx.tapi jujur mash sayang dengan mx yg baru 6bln.ada masukan ga Kang agar sya lebih milih new vixion?mhn pencerahanya kang iwan.makasih

    Like

  6. Gak usah beli nyu fiksen maz Herman…
    pake jupi eMeX ajah… tinggal ganti blok silinder fiksen dah jadi nendang kok… xixixi

    Like

  7. Kalo ternyata mesin dibikin sendiri dan dirakit sendiri hingga menjadi unit motor disini. Lalu tulisan yang ada di faktur dalam BPKB itu beneran gak? Misal:

    SEPEDA MOTOR MERK XXX
    • Keadaan 100% baru beserta perkakasnya
    • Negara asal JEPANG
    Type :
    .
    .
    .
    Eks Kapal : AS VENUS.
    .
    .
    .

    Like

  8. bnr mas iwan waktu ane krja d!ahm cikarang bgian die casting tmpt ctkn crank case saLut ma robot” d’sna pa lg d’machining biasa’a 1 msin 1 orng skrng hmpir robot yg jlanin!!

    pa lg nnti klo plant 4 d’karawang udh jd smw tehnology canggih” dsna..

    Like

  9. Painting celup ngga jaminan ngga bakal kena karat. Walaupun semua kena cat, tapi kalo proses pencucian ngga maksimal, bakalan ngelotok juga catnya. Apalagi pas las2an…

    Like

    1. Setelah jd motor pengimannuya gak di ulas kang /mn caranya,kok bisa lama ke dealernya?
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Like

  10. memang mantap betul ini AHM. karyawan asli orang Indonesia semuanya. Jadi kalo kita2 beli produk AHM sama dengan menjaga kelangsungan hidup warga negara Indonesia. mantappp.

    lha terus blogger independent alias proud2cheat itu yg mana masbro…. kog ga’ tampak? mustahil kalo ga’ diundang…hehhhhee.

    atau jangan2…. … .. .

    Like

  11. Mantaabb..
    Pernah liat di trans7 penyemprotan speda ontel bermerek pun ngecatnya tdk manual..ya kelamaan to kalo manual,hsilnya pun beda..

    Like

  12. mas iwb di acara unyil juga kemarin ada cara perakitan motor honda scoopy dari peleburan sampai ngerakit, ketemu siunyil ga mas hehehehe

    Like

  13. honda cuman motor maticnya saja yang pake sistem celup, motor sport nya msih sistem semprot, kalo gak percaya potong aja sasis tiger revo sama nmp, bagian dalamnya karatan.
    kalo yamaha semuanya pake pengecatan sistem celup, matik maupun sportnya..
    nah kalo masalah sistem pengelasan pake robot semuanya juga geto kaleeee….
    honda,yamaha,suzuki,kawasaki,toyota,mitsubishi,dan bnyak lgi yg lainnya.. semuanya pake robot.
    cuma kualitas bahannya yg berbeda..
    kualitas aluminiumnya ada yg kw super n ada juga yg kw abal2..
    honda tuh kualitas abal abal.

    Like

  14. @54

    sst itu mah maenan produsen ama pembuat BPK*
    tinggal buat BPK* aspal buat konsumen, asli buat negara beres toh 😉
    mrk untung kite ? 😆

    Like

  15. tahukah anda..
    ada lubang pada sudut sasis deltabox yamaha vixion dan nvl, itulah fungsinya, membantu agar cat lebih mudah masuk ke dalam sasis saat pencelupan.. sehingga cat lebih merata di luar dan dalam..
    dan bentuk sasis deltabox yang ringkas, memungkinkan cat lebih merata, jika di bandingkan dengan sasis teralis, diamond, cradle box, seperti pada tiger,new megi, verza, byson, scorpi. dan sasis pada matic dan bebek, yang mana sasis jenis ini lebih banyak sambungan dan terlalu banyak sudut2, sehingga walaupun pengecatan dengan sistem celup, tapi tekadang masih banyak bagian dalam sasis yang belum kena cat.
    itulah kenapa sasis delta box lebih tahan karat dan lbih kuat namun tetap ringan.
    dan kualitas catnya juga tentu berpengaruh.
    saya perhatikan kualitas cat yamaha jauh lebih bagus ya dari pada honta.

    Like

  16. karena itu pabrikan japan mungkin pake robot dari kelurga gundam kali ye..
    kalo pabrikan amerika baru deh pake robot dari keluarga transformers…
    hahihuhehooo…

    Like

    1. Motor lewat nang operator 7 ampe 11 detik, modaaar renannnn
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Like

  17. yg rangka celup mungkin cuma beat, yg lain tetep aja semprot, ane bisa buktiin di beberapa motor AHM banyak bagian tersembunyi yg gak tercover cat, sebut saja rangka motor sportnya juga cat hitam pada knalpot ada yg gak rata

    Like

    1. Kang iwan gak nanya? Adonannya kan pake air bukan thinner,bener gak kang?
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Like

  18. kalo cuma pengelasan ala robot gausah honda, semua juga pake kaleeeeee, bahkan bajaj juga pake, ada 2 pabrik besar bajaj di india, yg 1 mayoritas manual sedangkan satunya mayoritas yg kerja robot, pabriknya terkesan sepi.
    so robot dalam pengerjaan motor itu sudah mainstream, udah bukan wah

    Like

  19. 78. jolay – April 16, 2013

    honda cuman motor maticnya saja yang pake sistem celup, motor sport nya msih sistem semprot, kalo gak percaya potong aja sasis tiger revo sama nmp, bagian dalamnya karatan.
    kalo yamaha semuanya pake pengecatan sistem celup, matik maupun sportnya..
    nah kalo masalah sistem pengelasan pake robot semuanya juga geto kaleeee….
    honda,yamaha,suzuki,kawasaki,toyota,mitsubishi,dan bnyak lgi yg lainnya.. semuanya pake robot.
    cuma kualitas bahannya yg berbeda..
    kualitas aluminiumnya ada yg kw super n ada juga yg kw abal2..
    honda tuh kualitas abal abal.
    ————————————————————–
    Tau darimana ente…?
    Klo gak tau jangan koment yg menyesatkan..
    Sejak kapan rangka BAJA dilas pake Aluminium…????
    hahahaha… ngaco…!!!
    Mana bisa baja dilas pake bahan pengisi aluminium…

    Like

  20. bkn hnya cat untuk mncegah trjadinya karat pada sasis,, tp ada cairan brnma phospate yg d semprotkan ke sasis sblum sasis msuk ke sistem celup..

    painting ahm ckrng.

    Like

  21. 15. hybrid tekno – April 16, 2013
    lha ?! emang seperti itu koq pada dasarnya perakitan menggunakan sistem welding titik supaya presisi, begitupula sistem painting celup.. dari jaman th. 1996. semua pabrik ( krama yudha : Mitsubishi, YMKI, HPM, sampai karoseri tugasanda, adiputro, dsb ).
    Disinilah ‘mungkin’ pengetahuan Mas IWB baru saja terbuka… hehe
    =======
    iye iye
    kalo yang ente tahu itu kayak gini kan?

    tapi yang dilihat mas iwb itu robot nya sepasang, dan rangka beat pun dipegang robot. ya kan?

    dpt cerita dari kontraktor gedung di sana

    dan ente baca lagi artikelnya…kang iwb bilang, dari mulai pretelan, kemudian dilas, dicat lalu dipasang mesin itu dalam satu rangkaian kerekan

    “sasis dikerek menggunakan mesin keruang pendingin. Dari sana checking ulang….setelah usai, sasis bergerak menelusuri ruang pabrik AHM yang maha luas siap ditancapkan kemesin. ”

    bukan didorong-dorong lagi macam di pabrikmu…

    Like

  22. over all sih honda mantap….tp ko klo diliat detail body honda ga presisi,apalagi kalo ketemu lampu,slalu ada rongga anginnya yg gede plus vibrasi ga nahan…

    Like

  23. kalau yang bilang ini sama aja dengan proses produksinya dengan pabrik sebelah
    vendornya sama juga ga ikut berperan dengan pabrik lain kang IWB……???

    Like

  24. ●○ qwerty ○● pada April 16, 2013 pada
    9:16 PM
    biasa lah bro, pabrik yakampret juga
    pake tenaga robot gedek..
    http://m.detik.com/oto/
    read/2012/12/14/200550/2119195/1208/
    @@@
    dasar otak tungkel super cetek
    robot apaan tuh?
    Kasian udah googling kemana mana dpt nya sepeda listrik, eh dibilang robot
    bloon nya kau ini

    Like

  25. Udah ngelasnya pake robot… eeeeeeeeee kok hasilnya malah lebih rapi las2an tangan pabrikan saingan tuh…
    Coba aja bandingkan kalo gak percaya…
    hehehe….

    Like

    1. Pengelasan Menggunakan robot buat pabrikan suatu keharusan,krn melihat dari banyak factor.dan sdh hampir smua industri kapasitas massal perakitan utk pengelasan menggunakan robot
      -keakuratan dan kepresiian,
      -safety,krn tingkat kelelahan manusia
      Tapi tidak smua titik pengelasan bisa di lakukan oleh robot.mash punya keterbatasan,hehhehehhe
      Bgitu pula dgn systim pencelupan sdh ada sjak lama,yg menjadi nilai tambah adalh campuran catnya bukan thinner lagi,tp menggunakan air murni,utk mengurangi resiko kebakaran jika menggunakan campuran thinner,hehhehehhe
      Begitu pula dgn process forging menggantikan process tuang manual,dan smua industri pencetakan sdh mengaplikasi procees forging pd mesinnya,yg hasilnya adlh forged,hehhehheheheeee
      Kali inimah analisa sendiri aja hahhaha

      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Like

      1. Yg bikin klw gak salah izumi piston.
        Tp bkn piston aja yg process forging,hampir smua pencetakan menggunakan forging udah lama kok,
        Industri plastik jg pake forging,
        Sent from my BlackBerry®
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

        Like

      2. Sami sami
        ßƐŔßΛƓĪ ĪĿMƱ ĪŦƱ ßΛĪҠ
        Sent from my BlackBerry®
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

        Like

  26. Buat motor emang canggih,tp buat sarana dan prasarana buat si motor gk berkualitas,jalanan pada bolong ancur,kalo pun di perbaiki,paginya diaspal sorenya ujan ancur lg tuh jalan,tiap hari motor bertambah,so pasti pendapatan pajak jg meningkat,tp kenapa pelayan untuk rakyat gk otomatis lebih baik?????

    Like

    1. Asep@ pemdanya kebanyakan korupsi kali kang.hehhehhe
      Saran ane,biar motor tdk terpengaruh dgn jalanan rusak,gmana klw H,Y,S,K bikin motor ngambang atw melayang 30cm di atas aspas hehhehehe
      Gak ada yg gak mungkin kan????
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Like

  27. @Chapunksumarna903 y bgtulah fakta di daerah sya,tiap hari ada motor jungkir balik,gulang guling,gogorolongan,gogolosoran gara2 jalanan berlubang gk di perbaiki,padahal itu di gedung SAMSAT tiap hari ratusan mobil2 motor wajib bayar pajak buat pembangunan buat pengaspalan jalan di pagi hari dan bolong lagi di sore hari…. Hahahaha….
    Powered by sinyal hotrot hyperlelet XL 3G-

    Like

    1. Asep g@daerah mana tuh kang,klw kecelkaan krn lubang jalanan pemdanya bisa di tuntut kok,selain yg di tuntut pemda,mestinya sich yg harus nuntut jln rusak bagian jasa raharja juga,tp mungkin krn pengendara jarang ngurus asuransi makanya jasa raharja jd adem ayem.hehhehhe emg parah ya gan
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Like

  28. pake robot malah kurang bagus karena akurasi lebih lemah dibandingkan menggunakan hand made. contoh seperti mesin jahit. hasilnya akan lebih kuat mesin jahit manual daripada mesin jahit komputer. ini adalah langkah memangkas biaya produksi, namun juga kualitas produknya, tanpa kita sebagai konsumen sadari.

    Like

  29. robot dan tenaga manusia…jika bicara hasil dan kualitas….tentu saja hasil tangan lebih baik….
    tapi jika masalah konsistensi…hasilnya tentu robot jauh lebih baik.
    kualitas robot walau di bawah manusia tapi masih di atas standard welding lah….kalo nggak…ya ngapain buat robot….
    kalo ada yg bilang bagusan hasil welding manusia …ya…silahkan aja…
    apalagi denger denger adaloh…pabrikan motor yg lebih banyak karyawan kontraknya dari pada karyawan tetep…kalo pas suasana hati nya lagi galau…wah…kacau dong….wkwkwk…..

    Like

  30. wah..canggih banget ya bro
    padahal pabrik Yamaha masih menggunkan tenaga tukang las & karoseri..
    makanya sasis yamaha goyang dan tdk presisi

    Like

  31. 135. gjoe – April 17, 2013

    robot dan tenaga manusia…jika bicara hasil dan kualitas….tentu saja hasil tangan lebih baik….
    tapi jika masalah konsistensi…hasilnya tentu robot jauh lebih baik.
    kualitas robot walau di bawah manusia tapi masih di atas standard welding lah….kalo nggak…ya ngapain buat robot….
    kalo ada yg bilang bagusan hasil welding manusia …ya…silahkan aja…
    apalagi denger denger adaloh…pabrikan motor yg lebih banyak karyawan kontraknya dari pada karyawan tetep…kalo pas suasana hati nya lagi galau…wah…kacau dong….wkwkwk…..
    —————————————————————————————-
    yah..kita sama2 liat aja hasilnya dilapangan/di showroom….amati dgn seksama motor pabrikan mana yg presisi,lasannya rapih, solid… btw klo menurut gw sih bro..bagusan kontrak…dengan kontrak maka kita kerja lebih professional bro..asala bayarannya juga professional…(secara biasanya kita kerja bagus pas masa probation/kontrak doang..bgtu udah jd karyawan mulai deh kurang ok kerjanya…, ini patut diakui walaupun ga semuanya…). salam damai 🙂

    Like

  32. Untuk pengecatan itu tdak hanya dicelup bro. Itu menggunakan tehnik pengecatan ED COATING, saat chasis dicelupkan chasis tsbut dialiri aliran listrik.
    Sumber : ane kerja di painting steel 3b pt. Ahm plant 3a,

    Like

  33. ane udh lht di acara Laptop si unyil wkt knjungan ke ahm kmrn lusa.tp yg diproduksi scopy dg bntuan robot saat pengelasan

    Like

  34. Dulu ane jg d cikarang,krja bareng robot..d Toshiba,ngeri pokoknya takut robot itu ada cap/logo deceptycon ntr berubah jd shockwave apa g gila tuh..mlh lbh jahat dr logo sayap sengkleh sama garpukarat..

    Like

  35. Dulu ane jg d cikarang,krja bareng robot..d Toshiba,ngeri pokoknya takut robot itu ada cap/logo deceptycon ntr berubah jd shockwave apa g gila tuh..jahat bgt mlh lbh jahat dr logo sayap sengkleh sama garpukarat..

    Like

  36. Kenapa siiii pada benci ama Honda?padahal HONDA klo bikin iklan gak neko2 loh,gak kaya Yamaha yg sllu ngejatuhin HONDA,lihat iklan di blog ini yg katanya terimakasihkpd konsumen indonesia dah bikin yamaha jd nomer satu di INA,apa nya yg nmer 1?mana buktinya?iklannya gak bermutu sprti motornya…bintang iklannya si Komeng,mana bisa cepetttt???udahlah terima kenyataan bhw HONDA itu msh jd pilihan masyarakat INA yg dah tlah terbukti dan teruji,bkn pabrikan sblh yg cuma ngaku2 doang…ONE HEART sebagai pemenang..Thats our principe…

    Like

  37. hahhaa….yg comment orang h*nda…yah pasti positif smuanya lah… ane cuman konsumen n netral bro..ane juga pengguna produk h*nda selama…tp ane skrng mau selingkuh ama brand y*maha atau suz*ki…krn ane kecewa ama bodynya yg tipis,vibrasi n gampang patah/copot…problem ini ga terbantahkan lagi bro…
    ——————————————————————————————-
    147. tholelol – April 17, 2013

    karyawan honda makmur sejahtera, masa depan cerah amir
    semua berkat produk honda yg super berkualitas & hitech
    ——————————————————————————————-
    makmurnya sih setuju bro…krn saudara ane juga gawe di h*nda.. tp kalo super kualitas (kasus si CeBe150 eR yg karatan n mesin bunyi klotok2 gimana tuh, bukannya pake robot juga dirakitnya…ko masalah yah…) super kualitas itu cuman milik suz*ki/part suz*ki… silahkan uji klo ga percaya…

    over all smoga h*nda bisa memperbaiki kekurangnnya….

    Like

  38. orang pake HONDA pikirannya cuma produk dia yang paling hebat dan menang. pantes gw perhatiin di jalan pengendara HONDA sekarang pada ugal2an. modal dp rendah prilaku berkendara pada rendahan. seminggu kemaren gw lewat wilayah cakung 4x gw lihat motor honda kecelakaan ama truk. untung gw ga perlu liat mayat berlumuran darah. sebagai komentator gw lihat pengendara honda sekarang kesadaran berlalu lintasnya kurang. woy sadar semuanya, dengan menggunakan robot selain hasil tidak presisi ini juga akan menambah pengangguran kita khususnya tenaga teknis. ohya satu lagi. perhatikan motor2 honda dari plat nopolnya sangat jarang yang berusia diatas 2-3 tahun. entah karena tidak selesai cicilan atau dijual karena perawatan mahal?

    Like

    1. Lg dongeng om??? Apa lg ngelawak??? Malam jumat ni?? Awas kesambet,comment panjang tp kaka mutune
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Like

    2. Bpk naek ontel sich,jd ngeliat orang naek motor 40kmj sangka ugal ugalan,4x tabrakan truk,??? Ngibul aja lo tong,
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Like

    3. Commenya di edit lg tong,biar gak keliatan ngibulnya,kasian ngibul nya ketara banget
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      Like

  39. Wah…. keren keren keren…. pantes bisa produksi banyak..
    Honda memang motor berkualitaas tinggi. Masih nomer satu dah di masyarakat. 😉

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s