Empat TVS Apache RTR 180 mengiringi perjalanan lintas Sumatera tim Saptaranu….

SaptaranuBro dan sis sekalian…kemarin secara resmi, tim ekspedisi Sap7aranu (baca Saptaranu) mengumumkan tekad mereka menjelajah pulau Sumatera. Perjalanan yang akan menempuh jarak 8000km akan dilakukan oleh empat biker yakni bro Riza Amrullah, Andry Berlianto, YE “Rere” Theorandaru dan Andre Prihard dengan menunggang TVS Apache RTR 180. Melintasi 7 (sapta) danau (Ranu) besar dipulau Sumatera….garis start dimulai dari Jakarta pada tanggal 5 Mei 2013…dan dijadwalkan selesai sekitar 50 hari. Byuhhh….suwe tenan rekkk!… 460x170alt2Yamaha#1

Menurut bro Riza sebagai penggagas, ekspedisi ini bisa dibilang ambisius sebab target lokasi bukanlah pantai atau pegunungan yang biasa dilakukan pada umumnya biker turing. Namun…danau akan menjadi target mereka. Kenapa danau??. Sebab letak danau biasanya terpencil dengan akses yang sulit dijangkau sehingga potensinya belum banyak diketahui khalayak umum. Dari presscon yang diungkapkan kemedia…tim akan bergerak menuju danau Ranau, Maninjau, Singkarak, Diateh Dibawah, Kerinci, Toba hingga Danau laut Tawar. Selain itu tim berencana bergerak ketitik nol Sabang, museum Tsunami Meulaboh, hingga ombak Bono dan suku anak dalam Jambi. So….jika ditotal…..Apache RTR 180 akan dibawaย  melintasi jarak 8000km atau setara pulang pergi 10 kali Jakarta-Surabaya. Weleh….ediannn tenan!!. Terus seperti apa sih rupa motor yang akan digunakan tim Sap7anu??….

Nyaris standart mzbro. Ketika IWB intip secara dekat…mereka hanya merombak sproket standart dengan Sinnob sebagai sponsor resmi. Menurut bro Fajar Basuki (Sinnob) gear yang diracik kali ini memang khusus meredam friksi berlebih. Makanya bahan dilapisi kevlar supaya suhu gear tetap adem. Selain itu…atas permintaan tim, ukuran sproket juga dinaikkan dua ukuran menjadi 48 (sebelumnya 46).ย  Hal ini dilakukan guna mengimbangi beban yang diderita Apache nanti (membawa box 7Gear dua kiri-kanan, plus berbagai peralatan kemah). Kendati torsi Apache sudah termasuk besar (15,5NM), trek ekstrim Sumatera menjadi pertimbangan tersendiri supaya rider tetap nyaman. Hasilnya…..”tarikannya mantep banget. Silahkan dicoba kalau nggak percaya” canda bro Riza ke IWB. Percoyo tenan lek iki kangbro, wis pernah nyoba Apache soale :mrgreen:Saptaranu1-copy

Selain itu…..tim mengganti pelk racing bawaan dengan tipe jari-jari aluminium. Hal ini dilakukan untuk membantu mengurangi bobot plus persiapan menghadapi medan berat nanti. Dan yang terakhir…..perangkat rem depan. Hhhmm….kayaknya kenal nih ama komponennya. Setelah IWB tanya bro Riza, benar adanya…..piringan cakram dan rumahnya adalah part sikalajengking. “Biar makin pakem bro, diamater lebih gede” serunya memberikan alasan. Nah…selebihnya hanya protector grip, visor plus tipe ban menyesuikan tema berkendara yang lebih ke-adventure. Sedang dari sisi engine dan suspensi sendiri….semua masih standart ting-ting tidak ada sentuhan ulang. “Sudah tangguh….dari pabrikan sudah mantep!” tutup bro Riza lagi…

Last...selama perjalanan, para tim kudu menjaga stamina serta kesehatan mengingat suhu diSumatera sangat bervariasi. Disatu lokasi bisa panas namun dikota lain bisa saja sangat dingin. Nah…tentang ini pihak Respiro diwakili bro Arif sebagai peracik jaket yang digunakan tim Sap7ranu mencoba mengoptimalkan jaket……..mendesain sedemikian rupa agar riding ware mampu meredam berbagai kondisi. Anyway….kita doakan kepada para tim agar bisa sukses melewati ekspedisi ini. Salut buat bro Riza, Andy, Rere serta Andre. Awesome mzbro…..top tenan!. Kita dari jauh hanya bisa menyumbang doa agar kemudahan, kesehatan serta tekad kalian membuahkan hasil secara manis. Aminnn….(iwb)Saptaranu

Advertisements

71 thoughts on “Empat TVS Apache RTR 180 mengiringi perjalanan lintas Sumatera tim Saptaranu….

  1. Yang paling keren itu danau daerah sumbar terutama maninjau, rutenya asik, kelokannya mantapp, sepertinya kalo pake motor lebih asik.
    Kalau danau kerinci biasa aja rutenya, datar. Btw nanti kalo ke kincay mampir masak telor & mandi di sumber air panas, trus juga kalau singgah ke daerah suku anak dalam (kubu) jangan lupa minta ilmu pelet buat melet agnes monica ๐Ÿ˜€

    Like

  2. Wah jooosss TVS
    Bajaj mana Bajaj??
    Oh iya lupaa……
    Kan mau tutup’
    “ฬฎ ฦ—ฦ—ษ ฦ—ฦ—ษ ฦ—ฦ—ษ ฦ—ฦ—ษ ฦ—ฦ—ษ ฦ—ฦ—ษ “ฬฎ

    Like

  3. wes mantep zona tes yg sebenarnya, suzuki udah, yamaha udah, tvs lg mo jalan, honda? Wani opo ora jelajah lintas sumatra
    @bc mania danau kerinci emg datar tp dari bangko ke kerincinya bro naik gak turun2 plus tikungan buta

    Like

  4. k14

    bener om.. tapi hati2.. kadang banyak batu besar.. sebesar kelapa lah kira2.. peninggalan mobil2 baang yang parkir istirahat.. gitu mereka jalan.lagi.. batu2 tsb masih tertinggal di aspal… ๐Ÿ˜ฆ

    Like

  5. kok Sap7anu sih… berarti anunya ada tuju wkkkk ๐Ÿ™‚ kang kepleset ketik apa sengaja hehehe…

    Btw coba kalo Apache RTR 180 ABS injeksi dikeluarin di mari… wuih bisa tambah rame permotoran kita… (bayangin doang)

    Like

  6. 40. k14 – April 8, 2013

    wes mantep zona tes yg sebenarnya, suzuki udah, yamaha udah, tvs lg mo jalan, honda? Wani opo ora jelajah lintas sumatra
    @bc mania danau kerinci emg datar tp dari bangko ke kerincinya bro naik gak turun2 plus tikungan buta
    =======================================

    di sumatera honda ngak jualan motor?

    Like

  7. bdt

    bener om.. di sumatra utara.. khususnya medan dan sekitarnya.. honda nggak jualan motor…
    tapi jualan kereta… ๐Ÿ˜‰

    Like

  8. SPG cantik nya ikut mengiringi juga gak kang iwan ???
    hadeh… ngiler nih gw ngeliatnya.. super sekali…
    hehehehehohehohehohehohehahehoooheeehaaaa

    Like

  9. @ 51. peyek

    bdt

    bener om.. di sumatra utara.. khususnya medan dan sekitarnya.. honda nggak jualan motorโ€ฆ
    tapi jualan keretaโ€ฆ

    =================================

    hus pada ngaco neh, org honda jualan genset di sumatera.

    Like

  10. perjalanan yg butuh kekompakan tim..ketangguhan fisik mental baja…tapi dgn keindahan dan eksotis yg tdk ternilai……
    mantap…mantaap pisan….smoga sukses sehat

    Like

  11. @peyek

    ada lg bro jalur sumbar-kerinci tu sering longsor klo musim hujan, pengalaman pernah bermalam 2 hari di tengah jalan kerinci to bangko gara2 longsor jauh dari kampung alias hutan bro

    Like

  12. Tvs! Motor hebat! Tp sayang banyak yang memandang sebelah mata! Ato gengsi takut goyang acha2! Aku tunggu liputannya!

    Like

  13. Salut buat bro Riza, Andy, Rere serta Andre.

    mas bukannya yg ikutan itu ija (rezza), andry (andry berlianto), rere sama andre? ๐Ÿ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s