Gimana jadinya kalau oli diajak melibas suhu minus 60derajat??…

Paul MarshBro dan sis sekalian…beruntunglah kita hidup dinegara yang mempunyai iklim tropis. Cuaca stabil dan hanya mempunyai 2 musim saja. Tapi tidak dibelahan bumi lain yang bisa dibilang super ekstrim. Kadangkala panasnya luar biasa kala siang hari, namun langsung drop ketika hari sudah berganti malam. Dan inilah yang ingin ditaklukkan oleh oli Shell lewat adventure Shell Helix Driven to Extremes!!. ….iwanbanaran_newfino460x170-2

Sampeyan bayangkan “freeze” dikulkas yang mencapai suhu nol derajat. Pada suhu tersebut…..dinginnya sudah mampu membuat air membeku. Dan kemudian coba tarik imajinasi pribadi…..gimana kalau badan kita bawa kesana. Berat pastinya. Untuk orang seperti kita….butuh adaptasi yang luar biasa sulit. Kenapa?. Menurut kenalan IWB seorang Jepang pernah bercerita…..suhu dingin sangatlah menyiksa. Nol derajat bisa dikatakan titik terendah yang masih bisa ditoleransi bagi orang tropis. Namun ketika suhu terus turun….dingin mampu membuat suasana berubah….

Tidak butuh 5 menit bagi cuaca merubah segelas air menjadi bongkahan es kala suhu nongkrong di minus 15derajat. Ibaratnya…setelah sampeyan tuang air minum digelas, taruh dimeja…balik 5 menit air sudah jadi es batu. Tidak heran setiap rumah atau mobil selalu disediakan pemanas membantu menghangatkan lingkungan sekitar. Wis…sampeyan bayangkan ilustrasi diatas. Gimana ekstrimnya cuaca ketika suhu diatas minus 10 derajat. Makanya pasca IWB baca PR Shell yang melibas 3 cuaca ekstrim dunia mulai dari terpanas, terdingin serta rute terburuk….secara pribadi  lumayan tertegun!.TVSMotor

Shell menggunakan oli berlabel Helix. Dengan menggandeng Discovery Channel, tayangan berseri yang bertajuk “Shell Helix Driven to Extremes” menampilkan beberapa aktor dan mantan pembalap terkemuka dunia dalam perjalanan ke tiga lokasi dengan tantangan yang berbeda di berbagai belahan dunia. Tujuannya, menguji ketangguhan pelumas (oli) premium Shell Helix Ultra di tempat-tempat paling ekstrim di dunia yaitu “Terdingin” di Siberia (Rusia), ”Terpanas” di  Taklimakan (Cina) dan “Rute Terburuk” di Johor (Malaysia)…..

Episode pertama direkam saat musim dingin di Siberia dengan suhu mencapai minus 60 derajat Celsius dan menampilkan aktor Hollywood Tom Hardy bersama mantan pembalap nomer satu Formula One Mika Salo. Shell memanfaatkan cuaca dingin di Siberia ini untuk menguji pelumas Shell Helix nya pada kendaraan Nissan Patrol guna mengetahui apakah pelumas ini mampu melindungi dan membersihkan mesin bahkan pada kondisi suhu yang sangat rendah sekali pun…..

Sesudah mendapatkan pengalaman dalam kondisi musim dingin, maka pada episode kedua, Nissan Patrol pun dibawa ke gurun pasir Taklimakan, Cina bagian barat. Ujian yang paling ideal bagi Shell Helix dalam situasi cuaca yang sangat panas, berpasir dan berada di bagian paling buruk di dunia yang dikenal dengan “Gurun Kematian”.  Kali ini, aktor Hollywood Henry Cavill dan pembalap motor dunia asal Inggris Neil Hodgson yang berada di belakang kemudi. Tantangan kali ini adalah menguji bagaimana kemampuan Shell Helix bertahan di tengah suhu yang sangat tinggi. Suhu tinggi yang sangat ekstrim di atas 40 derajat Celcius dan tekanan pada mesin karena kondisi gurun dapat menyebabkan turunnya kinerja pelumas, yang akhirnya mengakibatkan penggumpalan (kerak) dan menjadi ujian lain yang sangat berat bagi Shell Helix…..

Episode ketiga dari serial “Driven to Extremes” adalah uji terakhir bagi pelumas Shell Helix dalam perjalanan tak terlupakan di hutan Johor di Selatan Malaysia selama musim hujan, yang merupakan tempat paling buruk di dunia. Hujan deras (lebat) dan jalan setapak dalam episode ketiga ini membantu Shell untuk menguji viskositas rendah pelumas Shell Helix, aliran cepat dari pelumas dan gesekan pada beberapa jalan terburuk di dunia. Episode ini kembali menampilkan Mika Salo, mantan pembalap Formula One yang kembali setelah petualangannya di Siberia dalam episode pertama. Hanya saja, kali ini dia berpasangan dengan aktor pemenang Oscar sekaligus penggemar mobil Adrien Brody…..

Yup…bukan hal mudah meracik pelumas tangguh yang mampu meredam perbedaan cuaca yang begitu ganas. Oli kudu mampu menjaga kestabilan engine kendaraan dalam keadaan ekstrim di musim dingin Siberia pada suhu minus 60 derajat Celcius maupun dalam cuaca panas yang bersuhu lebih dari 40 derajat Celcius di gurun pasir Cina dengan performa yang sama baiknya. Kabarnya Pelumas Shell Helix bahkan mampu membuat mesin berjalan dengan baik di hutan tropis di selatan Malaysia serta menghadirkan banyak data yang berharga bagi ilmuwan Shell di seluruh dunia….

Last....walau acara dibungkus untuk melakukan ajang promosi, tak ayal tetap membuat siapapun berdecak kagum. Kenapa?. Disana ada pembuktian berdasarkan data-data serta gambar nyata. Sebagai oli yang menguasai 13% pangsa pasar dunia,  serta pemasok resmi oli tim papan atas FI Scuderia Ferrari.….kompetensi Shell memang tidak perlu diragukan. Penasaran dengan tayangan “Shell Helix Driven to Extremes”??. Monggo tonton aja disaluran Discovery Channel kabel TV sampeyan. Untuk pemirsa Indonesia….acara bisa disaksikan mulai tanggal 13 Maret 2013. Seru pastinya brosis (cuplikan bisa mzbro intip dilampiran video diatas). Lha piye lek ora duwe (nggak punya) TV kabel mz Iwan??. Sing pasti cuma iso ngaplo, doweh lan domblong. Bukan salah IWB pastinya :mrgreen: . Semoga berguna….(iwb)

 

98 thoughts on “Gimana jadinya kalau oli diajak melibas suhu minus 60derajat??…

  1. “Lha piye lek ora duwe (nggak punya) TV kabel mz Iwan??. Sing pasti cuma iso ngaplo, doweh lan domblong. Bukan salah IWB pastinya . Semoga berguna….(iwb”
    ———-
    Asem Tean iki Mas iwan,,,,, 😀

    Like

  2. Berarti Oli Shell helix sangat cocok untu NVL, karna terbukti tangguh untuk cuaca Ekstrim.

    Ini sesuai dgn Iklan NVL yg start dari dingin membeku sampai melibas Gurun Pasir yg panas.

    Like

  3. Harusnya kayak reli Paris Dakar, jadi ada yg pake Truk, SUV, dan motor Adventur.

    Tapi untuk uji coba Oli Shell Helix cuma pake Nissan Patrol, padahal boleh tuh ajak NVL untuk Class Motor nya. NVL kan tangguh tuk melibas cuaca dingin membeku sampai panasnya Gurun Gobi. Kalo gk percaya liat aja Iklan NVL.

    Like

  4. kang iwan ki….
    ngurang-ngurangi musim neng endonesa…
    jebule musim neng endonesa kui okeh kok….

    -musim udan
    -musim panas
    -musim duren
    -musim rambutan

    monggo… seng arep nambain… 😆

    *met makaryo… seng makaryo…
    *met leyeh2… seng leyeh2….

    Like

  5. @mas iwan : mas kira2 lw cb sy tiba2 mati, gx bs diengk0l, ma di statr itu ap nya yg kena mas?
    Tp dah q bw ke ahass td td blange mekanike lg gx ada. .
    Trus kira2 bayar ap gak y mas? Lw byr kira2 sampe berapa mas. . .
    Please bls mas . .Galau tmenan iki. . .M0t0r ksayangan masuk bengkel. . .

    Like

  6. keren,,,
    tpi gx begitu berguna di indonesia,,
    suhu di indonesia kan gx segitu exstrim,,,
    tpi bagus lah,,,

    Like

  7. oli shel mah cuma tahan dingin, kalo di compare sama oli jepang apa lagi oli lokal indonesia buat perjalanan 100 jam non stop, ane jamin motor cepet rusak, uda bro, mending percaya sama oli jepang toh motor kita motor jepang, kek yamahalube, ahmoil, atau yang jelas lokal aja kek pertamina enduro, top1, dll, jelas asli indonesia, ketahanan cocok untuk iklim mari, dingin mah ga bakalanm ada di indonesia, beli oli tahan panas ekstrem yang bahkan bisa bikin boci motor meleleh, bukan tahan dingin ekstrem, soalnya indo ga punya iklim dingin ekstrem

    Like

  8. Mau ngebut dmnaa????
    Uppss,,,,,,,,,,,,
    Maksudnya
    Suhu minus 60 derajat di indonesia dmnaaa????
    Wkekekeke,,,,,,,,,,

    Like

  9. aduh bro bro..

    mas iwan banaran lg promosi oli eh .. ada lg sales yamaha ikut nimbrung, sorry bro gue gak pernah minat sm motor culun a.k.a muka sinchan

    Like

  10. Mas iwan sampean salah justru diindo itu musimnya lebih banyak drpada amerika sama eropa diindokan ada muasim durian musim rambutan musim mangga dan masih banyak lg musim musim yg lain wk wk wk. . . . . .

    Like

  11. mas iwb..maaf mo nanya nih,kl harga oli shell helix untuk motor di indonesia brapa y?…
    *maaf biasa pke oli pbrikan italia…

    Like

  12. WAH…. NI KALO YG DIPAKAI UJI VARIO CELENG 125 PUNYA SEBELAH…. BISA2 NGAMBEK TU CELENG GAK MO MAKAN UBI….. HEHEHEHEHEH… 😀

    Like

  13. COBA TU VARIO CELENG 125 DILEPAS DI HUTAN SALJU….. PASTI MENGGIGIL BUKAN KARENA DINGIN…. TAPI TAKUT DIKEJAR AMA SERIGALA SALJU… WKWKWKWKWKWK…. 😀

    Like

  14. kalo oli indonesia merek P uda non stop itali-jakarta, sukunya ekstrem di gurun, masi bisa tahan bro 120000 km nonstop, officialin langsung fortuner, apa lagi di pake di dakar rasanya, merek P-F podium 2 dan satu2nya mobil yang ga overheat

    Like

  15. shell helix buat mobil
    yg buat motor ya shell advance
    ada banyak tipe. yg tertinggi ya ada embel2 ultra kalo gak salah botol hitam CMIIW
    shell helix ultra atau…
    shell advance ultra
    btw yg botol hitam susah carinya gak tau kalo di spbu shell soalnya belinya premium ” kuda laut”

    Like

  16. Oh…artikel oli ya. Hmmm…ai kalo lg banyak duit makenya motul, kalo lg kere pake yamalube sport.xixixi,..

    Like

  17. @pahlawan kesiangan
    ouww..maaf mungk yg sy maksud oli shell helix untuk motorsport….yg mungkn sekelas enduro racing (untuk oli lokal)…hehe..

    Like

  18. Jalanan terburuk itu rumahnya para fby, tikus aja nyungsep, makanya bacot sm kelakuannya ikut buruk,..

    #Bakar menyan kali aja ada yg bangkit dari kubur kaya mbah darmo 😀

    Like

  19. Cintailah Ploduk-Ploduk Indonesia.

    Kalo Inyong Sih pake Federal Oil ama Toyota Mobile Oil (konon TMO ini produk Pertamina yg dikemas Toyota), murah meriah, yg penting Minumnya Pertamax.

    Oli Shell konon emang Top Markotop, terutama harganya, he…he…

    Like

  20. Hmm..ai ada analisa menarik, mungkin bisa jadi pertimbangan buat blogger2, tp sorry OOT dan kalo kurang smart, ai cm fby karbitan bukan fby tulen yg smartnya melebihi siapa pun di dunia ini 😀

    Kalo diliat dari omongan si supri (orang yimm) yg katanya bakal ngeluarin sport murni, sepertinya doi terpancing sm honda.

    Begini, si honda sengaja ngadain OMR cbsf buat manas2in si yamaha, tujuannya biar honda tau “jagoan” yg diisukan sport murni berfairing, istilahnya yamaha esmosi dan kepancing (dan kayanya berhasil 😀 ) akhirnya keluarlah jagoan sport murni berfairing dari yamaha, jadi honda bisa tau kekuatan lawan (entah buat nyontek :D, ato jadi bahan referensi), saat itu lah honda bakal ngeluarin sport diatas cb yg katanya “jendral”,..

    Honda sengaja ngadain OMR, dan yakin kalo yimm ga bakal brani nantang (makanya NVL ga turun sirkuit cm di DYNO aja 😀 ), kenapa? Karena yimm udah gentar duluan sm mesin yg katanya sama plek dari cbr, NVL mo lawan cbr ya keok, padahal kan belom tentu 😀

    Simpelnya gini (takut fby tulen ga bisa nyerna analisa ai 😀 )

    Honda manas2in > yamaha ga brani karena mikir mesinnya inferior > yamaha panas bakal ngluarin sport murni diatas NVL bahkan mungkin cbsf > Honda jingkrak2 yamaha esmosi kena jebakan betmen 😀

    Like

  21. Analisa ai diatas diluar penjualan ya, kalo masalah penjualan tanya sales aja 😀

    Yg pasti yg jadi pertaruhan disini adalah gengsi, yamaha raja balap bebek, dan pasti mau jadi raja balap yg lain2 jg, ngga mungkin tinggal diam ditantangin honda,..

    Like

  22. masih bahas oli? oke sekarang ane kasih tau sebenernya ada trik kenapa oli lokal emang lebih oke dari oli import, oli lokal ada yang di kemas oleh pabrikan kek AHM oil, yamahalube, SGO, KGO, semuanya di desain dengan dasar “IKLIM” indonesia, untuk komposisi kimiawi ane rasa perlu pencerahan, jadi selama ini kita beli oli cuma berdasar JASO, SAE, sama API,

    padahal sertifikat tersebut semuanya (punya nilai rendah, sampe nilai tertinggi) dan kadang ada oli yang uda masuk daftar jaso MA2 API SN, tetapi cuma tertulis jaso MA sama API SJ, kenapa demikian? sebenernya sertifikat tersebut adalah sertifikat lama oleh oli pabrikan X, karena pendaftaran sertifikat memakan waktu biaya, serta rebranding, maka ada pabrikan lokal yang mengurungkan niat upgrade embel embel sertifikat, jadi bukan sekedar tempel, langsung boleh, ente bisa kena sangkutan hukum bray

    setau ane semua bisa ente menyelami situs pelumas dan membandingkan nilai yang merekja publikasikan, spesifikasinya lengkap uda kaya spesifikasi handphone, kalo mau bilang ngibul? buat apa? itu ada data pertangung jawabanya, apa lagi data tersebut yang baca konsumen ahli yang sangat paham hal tersebut

    setelah menganalisa ane simpulkan, oli brand lokal di kemas dalam oli pabrikan punya rentan harga 20rb-30 rb rupiah, setara dengan oli import seharga 40-90rb rupiah

    lalu ada oli dalem negeri harga cuma 45 rebuan, untuk kualitas silakan bandingkan dengan komposisi oli luarnegeri speek jaso ma2, SL, 10w-40 maka akan di temukan angka identik, dan tau harga olinya bro? 150 rebu? yup, 150 rebu import = 45 rebu lokal

    lalu oli lokal seharga 170 rebu kastanya dimana? uda di atas oli tingkat kompetinsi bro, lha mau bilang ane ngibul? ane pake oli import 50 rebu ternyata motor ane slip kopling, masih lebih nyaman pake oli pabrikan, terus ane pake oli lokal seharga 45 rebu, ternyata rasanya kek pake oli 150 rebuan,

    satu satunya kelemahan oli lokal mah di gengsi dah

    sama kek beli oli lokal itu kek beli samsung galaxy note 2, sementara oli luarnegeri beli hapi simbiyan merek vertu v

    padahal yang di incar speeknya

    tau kan hasilnya apa?

    Like

  23. sama kek beli oli lokal itu kek beli samsung galaxy note 2, sementara oli luarnegeri beli hapi simbiyan merek vertu v padahal yang di incar speeknya
    ##
    jangan bawa2 symbian ane d0ng.. 👿
    #nglempar dus n70

    Like

  24. Gak kaget!! La wong oli shell advan ax7 di mtor buntuntut saat parkir kehujanan lumayan lama,langsung pancal aja ngacir kok,.kalo sya pke oli lain perlu manasin lbih dulu,
    intinya oli shell ini bnar2 brani di pake dlam suhu yg sngat dingin,tarikan jadi ringan,di mesin adem ,mpe 2000km,tetap enak,..
    *bisa jdi oli cocok2 kan aja ya,hehehehe..

    Like

  25. Mas IWB denger2 Kawasaki Indonesia mau stop produksi motor bebek beralih jualan hanya ke motor sport 250cc ke atas alias motor2 premium semua, apa bener tuh ?

    Like

  26. emang mantaf shell helix, ane pernah pakai HX5 harganya 45rb (dulu) cuma isinya 1 liter skarang harganya 48rb. karena ga ada yg 0.8L jadi aja ganti sama shell advance AX5.

    Like

  27. Bro dan sis sekalian…
    beruntunglah kita hidup
    dinegara yang mempunyai
    iklim tropis. Cuaca stabil dan
    hanya mempunyai 2 musim
    saja..–

    perasaan ane dimari musimnya paling buanyak deh.musim duren,musim kawin.musim rambutan n musim musim yg lainnya gk gk gk gk

    Like

  28. 62. iwink z – Maret 14, 2013
    @pahlawan kesiangan
    ouww..maaf mungk yg sy maksud oli shell helix untuk motorsport….yg mungkn sekelas enduro racing (untuk oli lokal)…hehe..
    ===================
    Shell Helix HX-7 yg 10W-40 klo gk salah harganya cuma 60 rebuan ukuran 1L, misal mau yg lebih advance lagi beli yg ultra full synthetic 5W-40 tpi harganya itu menguras kantong 😆 😆

    Like

  29. 58. ron – Maret 14, 2013
    shell helix buat mobil
    yg buat motor ya shell advance
    ada banyak tipe. yg tertinggi ya ada embel2 ultra kalo gak salah botol hitam CMIIW
    shell helix ultra atau…
    shell advance ultra
    btw yg botol hitam susah carinya gak tau kalo di spbu shell soalnya belinya premium ” kuda laut”
    =======================
    Gak juga x cuy klo cuma buat mobil knp ada yg ukuran 1L, mnurut ane mlah bagus tuh klo dipake di motor tpi khusus utk motor sport biar kelihatan performanya

    Like

  30. edaan..di korea yg musim dingin cuma minus belasan saja sudah sering bikin macet mesin..hebat bener itu oli..

    Like

  31. Matic saya mah cukup pakai oli Fastron Diesel + 5% Additive Molybdenum jadi serasa pakai oli mahal. Next mau coba pakai 5% Additive Militec 1 (karena additive ini dipakai di oli Mob*l1 sebesar 1%). Lumayan ngirit dari pada pakai oli full synthetic.

    Like

  32. Jare mas Iwan, “Lha piye lek ora duwe (nggak punya) TV kabel mz Iwan??. Sing pasti cuma iso ngaplo, doweh lan domblong. Bukan salah IWB pastinya.”

    Hyahahah… Ngaplo, doweh lan domblong…

    Like

  33. 58. ron – Maret 14, 2013
    shell helix buat mobil
    yg buat motor ya shell advance
    ada banyak tipe. yg tertinggi ya ada embel2 ultra kalo gak salah botol hitam CMIIW
    shell helix ultra atau…
    shell advance ultra
    btw yg botol hitam susah carinya gak tau kalo di spbu shell soalnya belinya premium ” kuda laut”
    =======================
    Gak juga x cuy klo cuma buat mobil knp ada yg ukuran 1L, mnurut ane mlah bagus tuh klo dipake di motor tpi khusus utk motor sport biar kelihatan performanya.
    ————————————————————————————
    helix emng khusus mobil,klo mtor ya advance,knp ad yg 1 L,krna gsmwa mbil kpasitas nya klipatan 5L,oli 1L cma untuk tambahan,

    Like

  34. Shell Helix mmg OK, 4 tahun pake yg tipe HX5 SAE 15W-50 di NeoZebra ZSX mesin ttp halus, tenaga mantab, dan irit BBM. tp pas mau mudik lebaran iseng nyoba Pertamina Fastron tipe baru yg kekentalannya sama, ternyata produk dalam negeri jg ga kalah maknyuzz, dr sisi tenaga malah lebih nendang, cma dr sisi keawetan mesin yg mesti dibuktikan.

    Like

  35. 89. Pahlawan Kesiangan = Klingon Jr v2.0 (Shin-chan) – Maret 15, 2013

    58. ron – Maret 14, 2013
    shell helix buat mobil
    yg buat motor ya shell advance
    ada banyak tipe. yg tertinggi ya ada embel2 ultra kalo gak salah botol hitam CMIIW
    shell helix ultra atau…
    shell advance ultra
    btw yg botol hitam susah carinya gak tau kalo di spbu shell soalnya belinya premium ” kuda laut”
    =======================
    Gak juga x cuy klo cuma buat mobil knp ada yg ukuran 1L, mnurut ane mlah bagus tuh klo dipake di motor tpi khusus utk motor sport biar kelihatan performanya

    ====================================

    Wah ini lagi fanboy kutang goblognya ga ketulungan, udah bener itu si Ron bilang Shell Helix bwt mobil, Shell Advance bwt motor, masih dibantah.

    Kenapa Shell Helix masih dijual yg botol 1 liter ? karena ga semua mobil BUTUH oli satu galon (4 L), contohnya mobil2 dgn kapasitas mesin di bawah 1500 cc, Zeby gw cma butuh sekitar 3.5 L, Suzy Carry 1000 cc tetangga malah cuma 3.0 L-an doank.

    Motor kopling basah lu paksa pake oli mobil yg kopling kering, ya siap2 aja tuh kopling selip & rusak dlm jangka menengah. KECUALI oli mobil mau lu pake di motor matic yg kopling kering, itu baru bisa. DONGO jangan dipiara oooyy ……

    😆

    Like

Leave a comment