Orang Jepang-pun langsung turun tangan soal Suzuki Inazuma….

Suzuki InazumaLoyalitas….kalimat ini harus dijaga kalau ingin tetap eksis dalam ketatnya persaingan roda dua. Seperti yang dilakukan Suzuki. Walau menjadi kaum minoritas…..pabrikan berlambang S ternyata lumayan getol terus melakukan supervisi serta pengawasan terhadap produk yang mereka rilis. Seperti yang dituturkan bro Nugraha berikut ini….460x170-2

Masih ingat artikel lawas yang membahas mengenai batok lampu Suzuki Inazuma ngembun ketika kena air (klik disini). Cerita tersebut ternyata tidak usai hanya sampai disana. Berikut penurutan komplitnya sesuai message yang dikirim ke FB IWB…..

Mas… aku barusan balik dari Suzuki ni… Urut wae lah ya.. hehe. Seperti yang dijadwalkan tanggal 8/2 minggu lalu, saya memenuhi undangan Suzuki (dalam hal ini saya pergi ke Indo Jakarta Motor Gemilang Sunter) untuk keperluan Market Quality Survey. Tentu saja butuh perjuangan untuk sampai ke Sunter, tapi akhirnya sampai juga sekitar jam 8.30. Begitu sampai dan setelah memarkir motor, saya langsung samperin salah satu pegawai Suzuki dan menyampaikan keperluan saya. Ga ba-bi-bu banyak saya langsung diarahin ke meja berikutnya, kalo ga salah bagian Marketing. Nah, di sini yang saya kaget, ternyata sudah ada 2 petinggi Jepang yang menunggu. Terjadilah wawancara pake bahasa Inggris (walau terbata-bata karena ga siap mental) dengan Mr. Morikami.

Saya ditanyain, gimana perasaan saya pakai motor Inazuma. Saya jawab aja “I’m very excited. Because it’s my first time I’m using 250cc motorcycle.” Terus dia tanya lagi sebelum pake Inazuma saya pake motor apa. Saya jawab, “Honda Megapro 160cc.” Yang saya liat dia cuma tulis “H Megapro 160cc”. Haha… Pertanyaan selanjutnya, dari 2 merk yang lain seperti Kawasaki dan Honda, kenapa memilih Suzuki? Saya jawabnya sih simpel saja mas. Yang pertama, saya tidak suka riding position 2 motor itu, karena saya motor yang saya pilih akan saya pakai untuk motor harian (daily riding). Yang kedua, saya memperhatikan kepentingan pembonceng (terutama sang kekasih hati.. ciee..). Saya tidak menemukan 2 hal utama itu di Ninja 250 dan CBR 250.

Lanjut lagi, masalah kondensasi ato pengembunan batok lampu juga dibahas mas di sini. Ya saya ngomong juga ke Mr. Morikami, “For the class of this global motorcycle, this matter is kind of weird.” Atau dalam bahasa Indonesia, untuk sekelas motor global masalah ini malah aneh. Saya juga bilang kalau batok lampu saya masih mengembun sedikit setelah motor dicuci. Mr. Morikami tetap mendengarkan dan mencatat dalam tulisan Jepang. Setelah itu kami semua keluar untuk melihat kondisi motor saya. Rekan Mr. Morikami sempat mengambil foto motor (malu saya mas, motornya belom sempet dicuci >_<) trus Mr. Morikami melihat-lihat dan sempet naik motor saya. Cek kopling, gas, rem, liatin konsol speedometer, rantai. Bener2 diinspeksi lah. Saya juga komplain masalah bunyi klakson dan ada pegawai Suzuki yang membantu saya untuk menyampaikan masalah itu pakai bahasa Jepang ke Mr. Morikami.

Setelah inspeksi selesai, saya langsung diarahkan ke admin untuk pengambilan suvenir (jaket), snack, dan juga penggantian uang bensin sebesar 100rb. Nah, setelah saya ngurus pelunasan pembelian aksesoris resmi (saya inden tank pad Inazuma 1 minggu) dan sembari nunggu tank pad dipasang, saya ngobrol2 sama pegawai yang ikut acara inspeksi tadi. Biasanya setelah 3 bulan produk diluncurkan, Suzuki mengadakan Market Quality Survey ini mas dan orang Jepangnya sendiri yang turun tangan. Dalam hal ini mereka mengadakan survei untuk pengguna Suzuki Lets dan Inazuma 250.

Wah, pengalaman pertama nih mas ketemu orang Jepang di dunia otomotif. Heheh. Keren-keren. Semoga pelayanan seperti ini dipertahankan terus yah soalnya selama ini saya selalu denger hal-hal yang miring tentang pelayanan Suzuki. Foto pertama itu Mr. Morikami, mekanik, dan orang Jepang yang lain. Foto kedua itu Mr. Morikami dengan foto yang lebih jelas.. heheh.. oia, itu batok lampu ngembun tipis justru pas udah diganti dengan yang baru mas.. ini saya mau cek apa pas abis dicuci atau setelah ujan juga ngembun.. klo masi ngembun juga ya saya mo ngomong lagi ke pihak Suzuki baiknya mesti gimana….

TVSMotor

Yup….pengalaman dan penuturan yang sangat menarik dari bro Nugraha. Dari seluruh kronologi…bisa diambil kesimpulan bahwa Suzuki sebenarnya sangat konsen dengan kualitas. Sayang tindakan tersebut tidak dibarengi dengan ketajaman membaca keinginan pasar. Strategi kadangkala terkesan ngawur kehilangan arah.  Coba sampeyan bayangkan kalau mereka tidak mempunyai Satria FU….pasti jarang biker membahas Suzuki. Kendati secara perlahan mereka mencoba bangkit dengan sport anyar seperti Inazuma…..semua belum cukup. Suzuki??. Good move anyway...(iwb)

Advertisements

126 thoughts on “Orang Jepang-pun langsung turun tangan soal Suzuki Inazuma….

  1. Nuwun sewu mas, sekedar koreksi singkat 🙂

    Di paragraf 2 kutipannya ada kalimat :

    Yang pertama, saya tidak suka riding position 2 motor itu, karena saya motor yang saya pilih akan saya pakai untuk motor harian (daily riding).

    *Kata “saya” nya kebanyakan 😀

    Satu lagi sebelum paragraf 1 kutipan :

    Masih ingat artikel lawas yang membahas mengenai batok lampu Suzuki Inazuma ngembun ketika kena air (klik disini). Cerita tersebut ternyata tidak usai hanya sampai disana. Berikut penurutan komplitnya sesuai message yang dikirim ke FB IWB…..

    *link nya belum terpasang 😀

    Itu aja. Salam hangat, keep riding & keep blogging :mrgreen:

    Like

  2. ditunggu new Raider 125 cc nyah,,,,,,,,
    dan saatnya satria di INJECT,,,,,,, Plus friksinya donk dibikin low,,,,, kasih bearing ato apa gt di noken as nya,,,.!!

    Like

  3. Pengalaman ngopeni Shogun 110 sing ramping motore jan penak tenan. Tarikane enteng, mesine anteng, bensine tergolong irit. Sayang, malah dipateni diganti Shogun 125. Seandainya mau membangkitkan lagi mungkin malah lebih laris daripada Titan. Asal spek mesin sama plek ato disempurnakan lg dengan injeksi. Masalah bodi g usah diubah terlalu berlebih. Masih terlihat bagus.

    Like

  4. Jadi inget pengalaman dulu punya Thunder 125 keluaran 2005 yang tanpa engkol. Motor-nya nyaman banget…. Irit pula.
    Sayang, setelah itu Suzuki kayak sapi ompong… ga ada kelanjutannya. Padahal dulu pernah denger akan ada Thunder 150.
    Muncullah saingan2 baru, seperti Pulsar dan Vixion….. Suzuki ga bergerak sama sekali. Akhirnya selesai sudah perjalanan gue sama si Thunder itu. Cape nunggu generasi selanjutnya…. akhirnya pilih Vixion.

    Like

  5. Kalo honda cuman mimpi ginian….tae ledik…BERES aje di banyakin kualitas nya nomor sekian….tuh BERES honda cuman bisa ganti oli doank kek nya yang lain ga ada yang bner…

    apalagi kamren servis CS1 bukan nya malah bner malah jadi ga karuan…cuman servis ringan malah klep jadi kendor muncrat lah tuh air cooler…DODOL emang honda
    ga lagi deh servis ke BERES honda…oia bang IWB kalo ada meet and greet honda guwe mau ikutan donk mau numpahin uneg” nih dari produk ga bner ampe servis yg brantakan…

    Like

  6. “Setelah itu kami semua keluar untuk melihat kondisi motor saya. Rekan Mr. Morikami sempat mengambil foto motor (malu saya mas, motornya belom sempet dicuci >_<)".

    Mas Nug, Mas gak perlu malu, tidak perlu ada perasaan inferior seperti itu.. Konsumen adalah raja, justru seharusnya orang Jepang yg perlu sangat berterima kasih karena Indonesia menjadi market terbesarnya secara global, apapun brandnya.

    Mari kita tegakkan kepala kita, berdiri sama tinggi diantara bangsa2 lain. Bangsa kita bukan bangsa yang bodoh, hanya sayangnya dikuasai oleh segelintir orang2 bodoh.

    Like

  7. itu berlaku pada HONDA… seminggu yang lalu CB150R ane juga ada masalah…tapi alhamdulillah langsung di ganti unit baru oleh dealer astra motor cilegon… trims honda..

    Like

  8. 42. motor 225 cc,,225 hp,,225kpj,, – Februari 18, 2013

    Kalo honda cuman mimpi ginian….tae ledik…BERES aje di banyakin kualitas nya nomor sekian….tuh BERES honda cuman bisa ganti oli doank kek nya yang lain ga ada yang bner…

    apalagi kamren servis CS1 bukan nya malah bner malah jadi ga karuan…cuman servis ringan malah klep jadi kendor muncrat lah tuh air cooler…DODOL emang honda
    ga lagi deh servis ke BERES honda…oia bang IWB kalo ada meet and greet honda guwe mau ikutan donk mau numpahin uneg” nih dari produk ga bner ampe servis yg brantakan…
    —————————
    ane juga mau daptar kalo ada meet and greet honda, mau numpahin keluhan kualitas tangki dan bodi tipisnya.
    kalo aja ada recall tangki megapro sodara ane secara gratis ane rela jadi FBH 😀

    Like

  9. kata siapa honda g bs begitu,dulu ane pernah komplen ke langsung di tangani org jepang.kalo ga salah namanya mr satumata sama mr mukamurata.

    Like

  10. bro nugroho harusnya ente bisikin tuh kuping petinggi jepang tentang kemauan banyak rider yg ingin fxr150 di refresh dg teknologi injeksi, entah pake fairing atau naked. pasti persaingan 150 cc batangan bakal runyam he2

    Like

  11. Wah nek skelas inazuma pancen kudu ngunu,
    Secara duit juga akeh,coba liat blog leopold ninja Fi nya jg berembun jg lsg direspon oleh kawasaki bedanya ƍªќ di introgasi…
    Njajal nek mung bodi smash sg gampang tugel ng skitaran shock belakang.

    Like

  12. wedewww…josss gandos,tapi kenapa jarang terdengar yah untuk produk yang lain??mksdnya dalam hal surveynya

    ya mgkn bs d contoh tuh untuk pabrikan lain,atau yaa gak 3minggu stelah peluncuran,atau bisa 3tahun setelah produk dluncurkan,biar produk generasi berikutnya lebih baik,tapi g perlu jauh2 datangin orang Jepang sih,cukup pihak RnD aja yg survey

    Like

  13. banyak yg titip jemuran wkkwkwk 😛

    sepi ya warung nya? hahahhah

    maka nya kalo buat artikel yg bermutu bro jangan asbun suka2 congor ente 😛

    Like

  14. ngakak lihat komen ini

    59. ivank – Februari 18, 2013

    kata siapa honda g bs begitu,dulu ane pernah komplen ke langsung di tangani org jepang.kalo ga salah namanya mr satumata sama mr mukamurata.
    satumata = sijimoto
    mukamurata = raimuroto
    piss

    Like

  15. waktu itu tertarik banget am inazuma ketika prj tahun kemarin. Sangat disayangkan ketika menanyakan marketing yang disana, dijawab dgn malas-malasan. Akhirnya pindah ke pabrikan sebelah.

    Like

  16. 42. motor 225 cc,,225 hp,,225kpj,, – Februari 18, 2013

    …….
    apalagi kamren servis CS1 bukan nya malah bner malah jadi ga karuan…cuman servis ringan malah klep jadi kendor muncrat lah tuh air cooler…DODOL emang honda
    ga lagi deh servis ke BERES honda…oia bang IWB kalo ada meet and greet honda guwe mau ikutan donk mau numpahin uneg” nih dari produk ga bner ampe servis yg brantakan…
    —————————
    punya pengalaman gak enak juga dengan BERES H…kyknya perlu ditingkatkan tuh kualitasnya…jangan karena motor laku banyak yang servis juga banyak kualitas beres jadi turun..bagusnya sih kapasitas beres dibatasi dlm menangani motor misalnya sehri hanya 30-50 motor *tergantung kapasitas beres-nya brp..biar mekaniknya gak terburu2 garapnya shg hasilnya ndak bagus..kualitas penting banget biar konsumen loyal

    Like

  17. Sujud syukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT dan saya sekeluarga sangat berterimakasih banyak kepada (PAK MANDALA ) atas bantuannya saya bisa menang togel dan nomor ghoib yang diberikan BAPAK alhamdulillah BENAR2 berhasil..karna sekarang ini kehidupan saya jauh lebih baik dari sebelumnya dan semua utang2 saya sudah pada lunas semua,,! jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi PAK MANDALA di (0_8_2_3_4_8_9_8_5_7_1_4) ini lah kisah nyata dari saya.

    Like

  18. @ 58 and 96

    yoi bro asli dah kalo ada meet and great guwe mau ngikut…mau guwe tumpahin uneg”….mulai dari oli yg g beres sampe kualitas BERES nya….

    saran guwe sih mending ga usah SERVIS KE BERES HONDA dah motor bukanya jadi bner mah tambah ancur….

    Like

  19. Sujud syukur
    saya ucapkan
    kepada ALLAH
    SWT dan saya
    sekeluarga
    sangat
    berterimakasih
    banyak kepada
    (PAK
    MANDALA )
    atas
    bantuannya
    saya bisa
    menang togel
    dan nomor
    ghoib yang
    diberikan
    BAPAK
    alhamdulillah
    BENAR2
    berhasil..karna
    sekarang ini
    kehidupan
    saya jauh lebih
    baik dari
    sebelumnya
    dan semua
    utang2 saya
    sudah pada
    lunas semua,,!
    jika anda mau
    bukti bukan
    rekayasa
    silahkan
    hubungi PAK
    MANDALA di
    (0_8_2_3_4_8_9
    _8_5_7_1_4) ini
    lah kisah nyata
    dari saya.
    #niat, doa dan usaha yg salah.. Prihatin saia

    Like

  20. tanya pakde. aliran udara ke karbu (kotak filter) motor suzuki sepertinya sengaja diliuk-liukan. contoh di matic skydrive series ada 12 tikungan udara seblum ke karbu. trus velociti stake ato corong karbu ada yg berbahan karet tidak licin. tujuannya apa to? kalo motor honda dan yamaha rata2 3tikungan sehingga udara cepat masuk karbu. kok begitu???

    Like

  21. Kalau soal after sales service mah suzuki mak jos….pengalaman dulu komplain soal shock breaker skywave langsung diperhatikan dan dijelaskan bahwa tidak perlu khawatir kalau cat bagian dalam mengelupas akibat gesekan dengan plastik pelindung, karena besinya tahan karat kalau sampai karatan bakal diganti….dan terbukti shocknya belum karatan sampai sekarang….juga waktu ada baut lepas karena mekanik kurang telaten mengencangkan langsung diganti baru tanpa ba..bi..bu….sayang produk eksklusifnya kurang please dong jangan bikin skutik yg culun2 saya mau ganti skywave sama yang lebih moi….

    Like

  22. salah satu kelemahan suzuki di daerah yaitu monopoli merk. biasanya di satu propinsi hanya ada 1 main dealer. beda dengan merk lain apalagi honda yang bebas banget. karena dikuasai 1 md, maka manajemen yang digunakan manajemen keluarga… gak ada inovasi

    Like

  23. salam gas top …………………….. tapi perhatikan keselamatan orang. terutama para ibu yang sering panik, dan nylonong sak karepe.

    114. madyanyellow – Februari 19, 2013
    semoga banyak yang beli. berarti orang indonesia makin banyak uang. tapi bukan melulu uang kepercayaan produk. harga hanya untuk keseimbangan. populasi, dll.

    115. madyanyellow – Februari 19, 2013
    dunia ini tidak ada yang lebih hidup dari motor, motor itu legenda yang terus hidup. mobil untuk orang mati

    Like

  24. Ane thunder 125 owner…, jadi ingat tahun 2007 wktu itu suzuki bikin jambore thunder di prambanan jogja…,
    kita bener2 dimanjain n diperhatiin disana.seluruh petinggi suzuki kala itu hadir kyk soebroto laras, tommy ernawan dll…,
    makan dijamin, motor kita d servisin plus gnti oli, dapat angpau..
    tapi sayang skarang suzuki ngilang bagai ditelan bumi…,
    Tapi jngn khawatir wahai suzuki ane n brader2 yg laen msh loyal n setia nyemplak si thundie smpe skrng……
    ane doaing moga suzuki cepet bangkit lagi…..

    Like

  25. Beli inazuma gak bakalan nyuesel setelah tau rasanya naikin dan betot gas motor elegan ini…sungguh!!! Cbr 250,Ninja 250,libaaasss…jg trlihat macho dan arogan handlingnya!!! Sangaaarrr deh,,,tiap pasang mata selalu lihat anda di jalanan,,,apalagi pas berhenti di lampu merah bro!!! Mata org2 pada mendelik lihat tungganganmu Inazuma GW 250 yg dobel knalpot ini!!! ane gak kibul browww…makanya beli Inazuma skrg,ane yg nekat kredit aja berani kok…wkwkwk…asal punya Inazuma!!!

    Like

  26. Inazuma Emang terbukti Joss Gandhos bro…,punya tampang ganteng body Muscel abiz,Berotot n bnr2 gahar.
    Mulanya saya ragu dgn cuma liat gambar terkesan kuno….,begitu bertatapan lgsg kok malah jatuh cinta,pdhl sblmnya cintaku di Hati Ninja 250…,saya mencereaikanya deh.
    Skali nyoba punya tmn.
    Kini saya pinang tunggangan Inazuma yg masi think2…cma saya hanti setang ama kaca spion doang,mslah makin sexy n Macho banget.
    Mesinya Bro…..,jgn diragukan,kompresi besar jauh lebih mantab.saya coba speed di RPM 8.500-9000 dgn gigi 6 mampu melesat 160 km/jam tanpa sadar krn anteng banget.
    Wwuuuuhhh….,kupikir ciut juga nyali saya untuk bembejek terus keatas.
    Pdhl RPM samapai di 13.000 bro. Tapi standar limiternya kugeber mentok 11.500 di angka merah ….itu bawaan pabrik bro tanpa di uthak athik.
    Di tengok dari Velk yg super tebal berat dan ban gambotnya masih mampu beraslererasi
    Segitu kencengnya…,bayangin andai kakinya
    Ringan,pasti lebih mak Nyus.
    Krn beratnya di kaki2nya hinggamenapakkan di aspal lebih lekat Bro.
    Sedikit agat keras di gigi presnelingnya jika telat mengopernya

    Like

  27. Keinginan ‘pasar’. Siapa yg bisa pastikan apa yg ‘pasar’ inginkan?
    Dalam ‘pasar’ terdapat berbagai ceruk yang memiliki keragaman masing2. Cukup sudah menyamaratakan keinginan pembeli menjadi beberapa segmen atau ‘trend’ saja. Itu sudah kuno. Kalau iya, semua orang bakal mengendarai Honda Tiger dengan tampilan tanggung dan kemahalan…

    Suzuki (dan pabrikan manapun lainnya) memiliki pertimbangan mereka sendiri berdasarkan mekanisme yang mereka percayai efektif. Bila ada yg mampu membaca keinginan ‘pasar’ dengan akurat dan efektif, saya rasa yg bersangkutan sebaiknya bekerja di salah satu pabrikan kendaraan merek ‘gurem’ dan membuatnya sukses berat atau membuat perusahaan pabrikan kendaraan sendiri, atau beli saham Suzuki Indonesia

    teori generalisasi sangatlah kuno untuk diterapkan saat ini. Mungkin tak lama lagi malah anak sekolahan tidak lagi akan pakai seragam ke sekolah…

    Suzuki Inazuma memiliki celah pasar dan konsumennya sendiri (karena unik dan hanya satu2nya di pasar roda dua Indonesia)
    Jadi apa Suzuki harus bikin Vixion? Bikin Ninja 250? Bikin CBR 250? Atau (oh God, no) Tiger dan Scorpio? Masing2 ada pembelinya, sesuai dengan minat, selera dan daya beli masing2

    Saya rasa Indomobil (Suzuki) menjual sangat banyak Carry dan APV dan Ertiga dan Swift dan (masih) SJ40 untuk tidak terlalu memusingkan dengan lesunya penjualan roda dua-nya. Akankah Suzuki bangkrut kalau gak jualan roda dua secara masif? Saya rasa tidak, jadi mereka fokus ke ‘ideologi’ roda dua mereka, yaitu Riding Comfort dan Positive Handling (stabil), malah Satria FU150 saya rasa mencederai image Suzuki dengan riding comfort yang ‘aneh’ dan handling yang aneh pula… Well, singkatnya, Thailand bukanlah pusat design kendaraan roda dua yang paling sophisticated (paling norak mungkin iya) 🙂

    Jadi, jangan samaratakan bahwa semua rider akan suka motor nungging dengan sadel tipis dan nungging dan penuh coreng moreng stiker dan cat bermacam warna dan alloy parts kualitas rendah warna-warni dan LED-strip dan racing look dan futuristic garbage dan exhaust free flow dan trek2an dan segalanya kecepatan maksimum dan trek lurus saja dan naik motor pake sendal dan rizoma dan posh dan ‘full asesoris’ dan modif dan blablabla…

    Like

  28. ucapan syukur saya ucapkan untuk yg sekian kalix,,,karena angka angka yg diberikan oleh master ritua,,KY BRAMA PATI kembali jekpot untuk yg ke 3x,beban dlm keluarga saya kini mampu saya atasi,,dgn mudah,,puji syukur pun saya panjatkan kepada yg kuasa karena izinxlah saya dan keluarga mendapatkan kembali rezkix.,,,saya pun bisa membuka usaha walau hanya kecil kecilan..terimah kasi ky,,,,,,,,,jadi bagi kamu yg pengen merubah nasib,,HUBUNGI LANGSUNG DI 085””’342””906””’547,,,RASAKAN KEAMPUHAN ANGKA ANGKA BELIAU.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s