Jebule Dorna, Yamaha dan Honda pening atas minimnya sirkuit bagus di Asia….

hi-motogp-dorna-motorcycleBro dan sis sekalian…..sopo sing sing ora keder mendengar penjualan roda dua yang begitu bombastis di kawasan Asia. Disaat Eropa nyungsep….wilayah Asia malah meroket tembus jutaan unit. Sisi inilah yang sekarang menjadi perhatian para petinggi penyelenggara dan pabrikan raksasa Motogp…Honda dan Yamaha!

Seperti diungkapkan MCN….Lin Jarvis, Manager tim Motogp Yamaha dikabarkan telah berbicara dengan CEO Carmelo Ezpeleta untuk membuka wacana kemungkinan balap Sepang diselenggarakan dua kali dalam setahun. Hal ini dilakukan melihat antusiasme yang sangat tinggi terhadap balap Motogp. Tidak mengagetkan mzbro…dalam catatan yang dikeluarkan, Sepang berhasil mengalahkan beberapa sirkuit Eropa soal jumlah audiences. Dengan audiences tembus 77,178 dibalap kemarin serta sekitar 10,0000 ditahun 2011…para petinggi Motogp sangat menyadari pentingnya memikirkan secara serius wacana tersebut…..

sentulGP_1
Tiket masuk nonton Motogp Sentul (1997)

Sepang hanya kalah dari Le Mans yang dihadiri 80,205 penonton serta Catalunya (79,351 orang). Namun jika dikalkulasi kehadiran dalam 3 hari akhir pekan…Sepang masih yang terbaik, sebab ditahun 2010 negeri Jiran berhasil mengumpulkan penonton hingga 125,816 penonton. Yah…tidak kaget sih bro, mengingat bro dan sis kita yang ditanah air juga banyak yang ngacir ke Malaysia jika ingin menonton balap Motogp secara Live. Miris memang namun itulah faktanya. Lho..kenapa harus dua kali?. Kenapa nggak sirkuit lain di Asia….Sentul misalnya??….

Masalah ini sudah dipikirkan oleh mereka. Bahkan Jarvis mengungkapkan bahwa negosiasi deal dua kali race untuk Sepang guna memancing sirkuit lain berbenah. Target mereka sebenarnya adalah India, Indonesia, Thailand dan Singapura. Sayang …kedua negara (Thailand serta Singapura) tidak mempunyai sirkuit khusus untuk roda dua. Sedang Indonesia….terakhir tahun 1997 kehilangan otoritas menyelenggarakan Motogp akibat dicabut FIM. Padahal soal keinginan…ora umum pengen banget mzbro. Lawong negara ini sukses menyumbang penjualan nyaris tembus 6 juta unit ditahun 2012 dengan komposisi terbesar merk Honda dan Yamaha. Opo ora ediaaaann!!..

Yamaha sendiri berusaha menunjukkan pada dunia internasional akan besarnya pasar Indonesia dengan mendatangkan beberapa pembalap Motogp Jorge Lorenzo, Ben Spies dan Valentino Rossi. Sebab dengan hadirnya mereka disini….jurnalis otomotif asing otomatis akan mengikutiย  kehadiran mereka di tanah air. Artinya….porsi atensi terhadap Indonesia akan bertambah. Sedang Honda…mereka juga sempat membawa Pedrosa, Stoner serta Dovi saat peluncuran CBR. Sayang…seperti yang MCN bilang, tidak ada respon positif dari pihak berwenang untuk menindak lanjuti ketertarikan mereka. Tidak heran media online tersebut memasang kalimat….

” Dorna and Yamaha and Honda are desperate to have more MotoGP races staged in growing markets like South East Asia, particularly in Indonesia where more than six million new bikes were sold in 2012.”

-MCN-

Nah….mumet bin ngelu. So…piye ki Sentul??. Bangkit donggggggg….(iwb)

Advertisements

139 thoughts on “Jebule Dorna, Yamaha dan Honda pening atas minimnya sirkuit bagus di Asia….

  1. Sentul bisa dipake balap moto gp….asal………………………..balapannya Mundur gak ke depan….kan raja tikungan udah ada, raja race hujan udah ada, …tinggal raja TANJAKAN dan raja MUNDUR…belum ada.
    Wkwkkkkkkkwkwwkk…

    Like

  2. di jalan raya lebih rame mas iwan… gak usah lihat cc, yg penting adu nyali,… kalo jatuh gak usah ditandu… serahkan sama yg diatas katanya….

    Like

  3. Kalau di sentul nanti jakarta tambah macet bro ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ ๐Ÿ˜ฆ di papua ajah biar di sana tambah maju.

    Like

  4. Harusnya pemerintah ikut andil, syg pd sibuk sendiri. Menpora nya korupsi.. Gimana dunia olah raga nya mo maju, g ada perhatian dr pemerintah!

    Like

  5. Di sini la jg kesalahan hnd, cuma mentingin jualan, gวŸฦ™ ada niatan memajukan blpan di ina…dan selanjutnya dgn mengusahakan mtgp di sini.

    Like

  6. selama nggak ada campur tangan pemerintah.. ya wassalam…
    rossi aja deh di naturalisasi.. terus di jadiin menpora…. biar pemerintah lebih care ama dunia otongmotip… ๐Ÿ˜†

    Like

  7. Di kediri ad sirkuit anyar mas iwan,SIMPANG LIMA GUMUL INTERNATIONAL CIRCUIT…mungkin 3th lg br dresmikan,skr msh dalam tahap finishing n uji coba…

    Like

  8. Buat apa sih sirkuit ?
    Mending bikin sirkuit dadakan aja buat balap unggas mah, jalan umum ditutup aja sementara kalau mau balapan.
    Hidup Indonesia….!!!!!!

    Like

  9. bikin aja di solo..kan dkt bandarj international adi sumarmo, koyo’e. bakalan sukses, la wong ada nobar moto gp aja penontone membludak,
    pokoke wong solo haus hiburan, ora orane ra tak tonton.

    Like

  10. Dananya kan udah abis di alolasikan buat bikin monumen korupsi terbesar dan pertama didunia wisma atlet hambalang, tetanggaan tuh ama sirkuit sentul.

    Like

  11. pejabatnya lagi mikirin perut sendiri cuyy…
    lebih penting politik dan kekuasaan dibanding perekonomian.
    pejabatnya kebanyakan bacot,
    dari atas ampe bawah banyak korup.
    terakhir bikin surat pindah dikecamatan minta 130 rb,
    apa ngga gila tuh.
    makan noh uang haram ๐Ÿ˜›

    Like

  12. dukung indonesia buat sirkuit internasional staraf eropa. 1 saja cukup dr pada sepakbolanya gk maju2 dana untuk pembangunan stadiun baru di kurangi dulu cukup perbaikan saja. opini.

    Like

  13. aspalnya sentul kayak bakwan je… tambal sulam.
    duitnya dikorupsi kemana aja sih? bikin sentul bagus aja gak bisa tp pejabatnya selalu liburan luar negeri, beli mobil mewah, rumah mewah…wow..ironis.

    Like

  14. walopun gw FBH tapi gw akui kalo AHM thu pelit nyelenggarain ginian dimari..!

    #congor2 panas kluar donk biar petinggi pada denger ๐Ÿ˜€

    Like

  15. udah waktunya para dedengkot honpred n yakampred balas budi ama konsumen di mari renovasi sentul internations circuit terus selenggarakan MOTO GP!! jangan ngeruk untung gede mulu !! sekalian kaoskaki ama sijuki hrus ikut bantuin!!! DENGER GAK TUH PARA DEDENGKOT PABRIKAN!!

    Like

  16. negara yg oleh Dorna disebut tidak punya sirkuit yg dianggap layak adalah negara yg mnggunakan motor sbgai sarana kerja / mencari penghasilan
    sementara negara lainnya motor digunakan utk hoby/kesenangan , artinya perutnya mereka sudah kenyang

    Like

  17. buat smua para fbh fby fbk fbs and smua biker tanah air serta smua pecinta otomotive
    agar pd pemilu presiden mendatang untuk memilih PRESIDEN YG CINTA OTOMOTIVE”” agar bisa menggelar motogp dimari!! sekian matur thank you

    Like

  18. bagaimana pemerintah? jgn hanya mikir bola dan badminton ayo2,,prestasi otomotif kita sudah internasional, butuh sirkuit baru gandeng investor banyak.

    Like

  19. pemerintah udah ga bisa diandalin dah, korupsinya yg dipentingin, koplak emang tuh para pejabat-pejabat. mestinya ahm sama yimm patungan aja untuk bikin sirkuit

    Like

  20. Lebih baik bikin sirkuit di Kalimantan Timur saja,dengan panjang trek 1000 kilometerpun masih cukup. Dengan berbagai medan yang menantang cukupnya.

    Like

  21. Mestinya pabrikan besar yg udah banyak untung memikirkan gimana membenahi sirkuit dimari. Kaya Honda utamanya lalu Yamaha, urunan gitu lah.
    Saking banyaknya motor disini, sampai sampai banyak geng bebek menjamur. diluar mana ada.

    Like

  22. Kl bangun sirkuit baru ntar belum selesai uangnya dah habis menguap… Habis indonesia negara tropis se… Tidak hny air yg cepet nguap, uang malah cepet banget nguapnya…

    Like

  23. Panitia takut menyelenggarakan moto gp di indonesia,,
    Fansboynya terlalu fanatik, di blog aja sudah tawuran & saling memaki g karuan.
    Mereka g mau ngambil resiko, balapan batal gara2 tawuran FBH VS FBY.

    Sadarlah wahai kawan2,,,

    Like

  24. #ipy# bener, buat sircuit di lombok aja, mumpung lahan masih banyak (jalur ke arah BIL misalnya) .. Itu jalur 20-30km klo ga salah (wktu pake mobil 120kmh butuh 30mnt), lurusssss bangettt n cukup lebar .. Boleh drag sampe mesin jebol disana, wkwkwkw =))

    Like

  25. Hmmm…kalo mau sih atpm2 disini join bikin sirkuit, kan untungnya bagi rata, honda sm yamaha kan finansialnya bagus, udah gitu turut serta dimotogp, ga ada salahnya kan,..

    Like

  26. gimana kalo sentul di revisi lagi
    hilangkan tambelan dan di panjangin treknya sampe puncak
    wkwkwkwk
    bum pernah kan motogp treknya tanjakan kayak puncak

    Like

  27. sebenar nya yang bikin rame sepang itu orang indonesia banyak TKI yang pada liat ke sepang bahkan yg di indonesia di belain ke malaysia saking cintanya ama GP. tahu sendiri orang indonesia kalo ada GP rame nya minta ampun ampe di bikin acara nonton bareng. pembawa acara nya pun ga tanggung2 seorang pembalap. orang eropa lagi kebangsaan ITALI.

    Like

  28. klingon z1 pada Desember
    21, 2012 pada 5:24 PM
    rame* bikin stadion
    sih,padahal cuma jadi
    kebanggaan daerah,coba jika
    sirkuit,yg babgga nasional
    ++++
    SIIPP.!

    Like

  29. 106. hi hi hi – Desember 21, 2012

    Tinggal niat dan usaha regulator indonesia aja, sponsor pasti banyak, asal jangan rusuh aja.
    ==================
    Yang terakhir itu paling menghawatirkan. Gak rusuh penontonnya ya pengurusnya, kayak PSSI.

    Like

  30. Yuk dukung Sentul untuk jadi anjang sirkuit Motogp dan WSBK, bro IWB tulis surat ke Dorna-nya dunk minta disubsidiin utk pembangunan Sentul, moso kalah dari Malassia, btw negara 2 musim pasti penjualan R2 nya lebih moncer dibanding negara yg 4 musim di Eropah CMIIW…..

    Like

  31. Hmmmm..do dungoho ae,mugo2 gazuz tambunan tiba2 di hatinya ingn beramal buat para biker pcinta blap dn mtogp,ntar langsung di buatkan sirkuit,ntah di jawa atau di luarjawa,soalnya org yg udah kbanyakan harta di antara gazuz..
    *pok iyo rek..

    Like

  32. Yg jelas kalo di sentul di adakan mtogp,jelas..bkalan rame berbondong2 ke sentul,ada yg ingn liat lgsung ..dan ingn mendengarkan raungan dn kcepatan mtor 1000cc..

    Like

  33. yg kurang ajar bin goblok,edan sontoloyo,budeg somplak itu pejabat negara tukang korupsi proyek,tukang pilah pilih proyek yg sekiranya bs dkutil nilai prosentase proyeknya cntoh pssi dan kpsi (grombolan pejabat haus duwit),pejabat kemenpora sialan,wes pokoke pejabat yg d otaknya uang thok!

    Like

  34. ra usah berharap karo pemerintahe.. mending honda & yamaha urunan gawe sirkuit neng indonesia.. sisihkan 1 juta per unit motor yg terjual untuk bangun sirkuit disini.. dijamin langsung jadi (1 jt x 6 jt mtor piro ki duite?) …wkwkwkwkw

    Like

  35. sentul susah buat diperbaiki soal jadwalnya dah padet…harusnya diciptaen dulu sirkuit yg layak buat motoGP br buat F1…br sentul bisa direnovasi dan diliburkan dr jadwal imi

    Like

  36. otoritas otomotif indonesia (dan pemerintah juga) lagi disindir dorna+yamaha+honda nih, masa pajak penjualan jutaan motor selama ini gak ada yang dialokasikan buat sirkuit bertaraf internasional sih? ingat lho, bisa jadi promosi wisata dunia. salam FBSBI (fan berat sirkuit bertaraf internasional)

    Like

  37. ga musti sentul koq,kl mmg honda&yamaha pgn di indo,merekalah yg hrsnya bikin sirkuit,masak ga pny duit utk bikin sirkuit,keuntungan mrk kan byk.ga hrs org2 kita yg bikin sirkuit,biar produsen motor aja yg bikin,kan yg meraup keuntungan terbesar dr balapan adalah produsen motor itu sndr.

    Like

  38. Bikin sirkuit yg berkelas internasional gak mudah cuy. Paling gak butuh lahan seluas kurang lebih sekitar 400 hektar & dana Rp 5T. Harga tanah aja udah mahal. Apalagi dananya yg segitu banyaknya dpt dr mana?? Kecuali kalo ada investor yg bener2 niat mau majuin dunia balap Indonesia,gak cuma mikir keuntungan bisnisnya aja. Syukur2 kalo dr 40 orang terkaya di Indonesia saat ini mau patungan utk bikin sirkuit internasional di Indonesia. Masalahnya,orang2 terkaya di Indonesia tsb bukanlah para pelaku industri otomotif nasional. Dibutuhkan niat yg tulus dr pengusaha pribumi jika memang ingin memajukan dunia balap Indonesia.

    Sirkuit Sentul saat ini sudah tidak layak utk menggelar balapan sekelas Motogp, WSBK ataupun F1. Panjang lintasannya tergolong pendek. Kalaupun mau diperluas,lahannya ada gak?? Sirkuit yg berkelas internasional gak cuma dilihat dr lintasannya, tp juga memperhatikan kelengkapan sarana penunjangnya. Seperti : tribun penonton, paddock, hospitality, media centre, run-off area, parkir kendaraan penonton, dsb. Syarat mutlak lokasi dibangunnya sirkuit berkelas internasional harus dekat dengan bandara internasional. Hal tsb bertujuan agar mudah utk mengangkut logistik tim balap dr bandara ke sirkuit. Jumlah total bobot logistik seluruh tim balap peserta motogp aja bisa mencapai ratusan ton! Logistik tsb diangkut pake pesawat2 kargo oleh Dorna. Jika lokasi sirkuit jauh dr bandara internasional susah bro ngangkut logistiknya! Selain itu juga harus mempertimbangkan akses jalan dr bandara ke sirkuit lancar/enggak. Semua itu butuh perhitungan matang sebelum memulai proyek besar ini.

    Gak usah berharap & mengiba agar pabrikan Jepang mau bikin sirkuit internasional di Indonesia. Mereka cuma dagang di Indonesia,yg mereka pikirin cuma ngejual produknya di Indonesia dg meraup untung sebanyak mungkin! Bangsa kita jangan cm mau jd konsumen bodoh terus menerus! Lebih baik kita bikin motor produk nasional yg berkualitas bagus, lalu kita beli. Uang yg dikeluarkan oleh kita utk membeli motor produk nasional tak akan lari ke pihak asing. Toh uangnya bisa utk memajukan negara ini juga, ya thow??
    Syukur2 dr uang tsb dapat utk membangun sirkuit internasional di Indonesia. Setuju enggak?? Dgn adanya motor produk nasional pun bisa utk membantu pembibitan calon pembalap2 juara Indonesia di masa depan.

    Gak ada gunanya kita debat kusir ngotot membela produk pabrikan Jepang siapa yg terbagus. It’s very very stupid bro! Lebih bermanfaat jika kita semua yg peduli dg dunia otomotif Indonesia mau berpikir keras membuat motor produksi nasional & merealisasikannya. Jika bangsa kita mampu membuat motor produk nasional,itu merupakan awal yg bagus utk memajukan dunia otomotif Indonesia. Ayolah mulai sekarang kita berpikir utk membuat motor produk nasional. Hentikan semua debat kusir yg gak bermanfaat membela produk Jepang siapa yg terbaik! Mulailah berpikir smart utk memajukan negara ini. Martabat bangsa ini ada di tangan kita semua. Siapa yg gak mau Indonesia menjadi negara maju?? Bangsa kita bisa saja mengalahkan Jepang. Jika industri otomotif nasional Indonesia telah maju,bukan tdk mungkin event semacam motogp bisa digelar sebanyak 2x di Indonesia tiap tahunnya. Kita semua juga kan yg seneng pada akhirnya, ya gak??

    Berupaya utk memajukan negara kita dg bekerja keras adalah juga ibadah bro. Karena esensi sebenarnya dr hidup adalah utk beribadah. Mulai sekarang ayo kita semua bekerja keras utk memajukan negara kita Indonesia tercinta. Jangan pikirkan apa yg telah negara ini berikan utk kita, tp pikirkanlah apa yg telah kita berikan utk negara kita ini! Negara ini telah mensubsidi harga BBM hingga triliunan rupiah tiap tahunnya. Harusnya kita sebagai rakyat bikers Indonesia mulai melakukan langkah nyata utk membantu meringankan beban negara. Jika saja anggaran negara utk mensubsidi harga BBM tiap tahunnya dpt dikurangi, maka uangnya dpt digunakan utk pembangunan sarana & prasarana umum, perbaikan kesehatan, peningkatan mutu pendidikan, pemberdayaan masyarakat, pengurangan kemiskinan, dll. Itu manfaatnya jauh lebih banyak utk kemajuan Indonesia.

    Langkah konkret yg bisa kita lakukan utk mengurangi beban negara mulai sekarang adalah dg cara membeli BBM non subsidi. Pengguna sepedamotor lebih banyak dibanding mobil. Kita-lah sebagai rakyat bikers Indonesia yg menjadi pengonsumsi BBM bersubsidi terbanyak. Mulai sekarang rubahlah pola pikir kita. Jgn males beli BBM non subsidi. Dgn membeli BBM non subsidi kita bisa membantu meringankan beban negara. Dgn begitu,diharapkan tiap tahunnya kuota subsidi BBM dpt terus dikurangi dan dananya dpt digunakan utk memajukan Indonesia. Jgn takut menjadi miskin dg membeli BBM non-subsidi. Saya percaya,Tuhan akan mencukupi rezeki kita, apalagi ini adalah upaya utk memajukan negara kita. Manfaat baiknya akan kita rasakan semua pada akhirnya nanti. Pengen maju apa enggak?? Makanya dukung sepenuhnya program pemerintah dg membeli BBM non subsidi. Byk manfaatnya bro!

    Semoga tulisan saya ini dapat menginspirasi bagi semua yg membacanya. Kita semua tentu ingin Indonesia menjadi negara maju kan?? Makanya,kita sebagai rakyat bikers Indonesia ayo lakukan langkah nyata mulai sekarang utk memajukan Indonesia. Tinggalkan pola pikir lama yg slama ini menghambat kemajuan Indonesia. Lakukanlah yg terbaik utk negara kita Indonesia tercinta. Agar Indonesia menjadi maju, kompeten & rakyatnya sejahtera.
    Hidup Indonesia!
    Peace for all

    Like

  39. Ada kbr baik nih : dari crash.net

    WSBK ยป

    Indonesia to host WSBK?

    Indonesia’s Sentul circuit said to be hosting World Superbike from 2013-2015.

    The World Superbike Championship could make a long-awaited return to Asia in 2013 with reports that a deal has been agreed with Indonesia’s Sentul circuit.

    While there has been no official announcement from Infront Sports & Media, rights holders for WSBK, Tinton Soeprapto, director of PT Sarana Sirkuitindo Utama – which manages the Sentul International Circuit – told local media that a deal has been signed for 2013-2015.

    An agreement was also announced to host a round of the Superstars Car Racing Championship, also organised by the Flamini brothers/FG Sport, from 2012-2014.

    โ€The contract value of one Superstars series [event] is around 3 million to 4 million euro/year or 35,65 billion rupiahs to 47,53 billion rupiahs/year. The Superbike contract is also around that value,โ€ Tinton told Kompas.com, adding that the money was coming from private sponsors and not the government.โ€

    Sentul aims to use the WSBK and Superstars events as a springboard to hosting furture grand prix rounds. The circuit is currently being re-surfaced to reach ‘international standard’.

    โ€Having international bike and car championships in Indonesia will lift the name of Indonesia worldwide. Also, if Indonesia holds those events successfully, it will be easier to hold F1 and MotoGP in this country,โ€ said Tinton.

    Sentul last hosted a WSBK event from 1994 to 1997. Rounds in Malaysia and Japan also featured on the WSBK calendar during the 1990s.

    However, an Asian event has been absent from the schedule ever since the 2003 round in Sugo, Japan – the Japanese manufacturers having subsequently withdrawn ‘official’ support for the series over the 2004 technical rules.

    Sentul had been provisionally named on the 2008 WSBK calendar, but didn’t make the final cut, while rumours of a deal with Sepang in Malaysia have run off-and-on in recent years.

    Indonesia is one of the most important markets for motorcycle sales in the world and its significance to the major motorcycle manufacturers has grown even further following the financial crisis.

    Like

  40. potong gaji anggota dewan aja buat bangun si sentul… dijamin bisa menarik perhatian wisatawan. wadowww….. klo gak da yang mancing gak da yang mau gerak ne. banjir dulu baru bangun selokan, gempa dulu baru buat sirine, kebakaran dulu baru siap sedia, jembatan putus dulu baru dikuatin. Its Indonesia. KORUPSI no 1. lah?? malah ngomongi politik aku. ayoo sentullll majuuuuuuuuu…… (andai aja ada Pak Harto)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s