Kontes Layanan Honda 2012….pesertanya bersaing ketat euy!!

Bro dan sis sekalian…ini pertama kalinya IWB diundang AHM menjadi juri grand final Kontes Layanan Honda Nasional (KLHN) 2012. Ditemani wak Haji Taufik (TMCblog) kita diharuskan menilai kecakapan para peserta yang telah disaring dari berbagai penjuru tanah air. Terdiri dari Front Line People (FLP-Sales counter, salesman, Front Desk, salesman Part, dan sales Counterparts), Pimpinan jaringan  terdepan Honda (PIC- penanggung jawab showroom, Pimpinan bengkel, penanggung jawab Exlusive part shop) serta Delivery Man (sopir pengantar unit kekonsumen)….dan jebule sulit juga mencari yang terbaik. Kenapa?? kemampuan rata-rata peserta nyaris bersaing ketat. Jiannnn podo canggih jawabe :mrgreen: !!…..

Contohnya Yohanes Waluyo. Yup…deliveryman yang mendapatkan giliran pertama dalam kontes Rabu 26 September 2012 kemarin mampu menjawab dengan sempurna pertanyaan dari Bu Isti (AHM) yakni bagaimana jika terjadi keterlambatan pengiriman dari waktu yang disepakati. Langkah pertama adalah meminta maaf secara tulus kepada konsumen. Dan untuk menghindari hal itu terjadi sang sopir akan datang lebih awal. Menunggu lebih baik ketimbang terlambat ditempat….begitulah kira-kira. Demikian juga Furqon….Deliveryman HSO Semarang ini mendapatkan pertanyaan tajam dari tmcblog. Yakni tentang scratch pada unit yang dikirim….

https://tvsmotor.co.id

Secara tegas serta ramah….pak Furqon tentu saja tidak akan memberikan unit cacat. Koordinasi dengan bagian terkait bakal dilakukan memastikan semua dalam kondisi sempurna unit sampai ketangan konsumen. Dan yang terakhir pak Uwo dengan nama lengkap Bismardi. Lelaki yang sudah mengabdi selama 20 tahun sebagai Deliveryman Honda mengungkapkan…..kanebo merupakan perangkat wajib yang kudu dibawa sopir. Hal ini berhubungan demngan pertanyaan pak Wendy (AHM)….jika motor terguyur hujan deras pada saat pengiriman. So…inisiatif mengelap hingga kering supaya konsumen puas dan menerima unit tanpa kurang apapun….

Kontes terus dilanjutkan terhadap Front Line People (FLP-Sales counter, salesman, Front Desk, salesman Part, dan sales Counterparts). Pertanyaan rata-rata cukup tajam dari para juri yang berjumlah 6 orang. 4 Dari AHM langsung serta 2 adalah Blogger yang mewakili konsumen. Tercatat Ruth MegaViani, FLP perwakilan HSO semarang, Siti Fatimah Sales Counter asal Bangka Belitung, Sony Asmara Sales HSO Denpasar, Taufik Hermawan FLP asal Kota boyolali perwakilan HSO semarang, Tri Agus Setiawati FLP wakil dari Tunas Dwipa Matra Lampung, serta yang terakhir Ayu Tri PuspitaSari Kontestan FLP yang juga dari HSO Semarang.

Mereka dihujani pertanyaan yang mencakup dalam bidang tugas masing-masing individu. Seperti tips dalam mencapai target penjualan yang dicanangkan pihak dealer. Mbak Tri Agus secara smart mengungkapkan idenya mempergunakan teknologi IT untuk mengoptimalkan sales. Broadcasting via BB, Facebook, Twitter serta short message. Makanya tidak heran rata-rata penjualan dealer tempatnya bekerja rata-rata sehari bisa mencapai 5-7 unit. So…jika dikalkukasi dalam sebulan terjual 150-210 unit. Mantap…..!!!

IWB kebetulan juga bekerja dibidang jasa. Jadi…bisa menilai secara detil bagaimana berbahasa tubuh yang sopan, ekspresif, menjaga positif eye contact, tone atau suara yang diatur, serta senyum ikhlas tanpa dibuat-buat. Dan  Jujur…rata-rata para peserta terutama FLP Honda berhasil menunjukkan semuanya diluar product knowledge yang dimiliki. Namun…walau bersaing ketat, mau tidak mau kita kudu memilih diantara yang terbaik. Dan akhir kontes, juri sepakat Yohanes Waluyo menjadi The best deliveryman Honda 2012, Tri Agus Setiawati menjadi The Best FLP Honda 2012 serta Katarina dinobatkan menjadi The best PIC Honda 2012…

Semoga apa yang telah dicapai bisa dishare buat yang lainnya.  Karena pelayanan…..yup, kata-kata ini tak ayal menjadi kunci kesuksesan selain produk itu sendiri. Mau produk sampeyan secanggih pesawat luar angkasa kalau petugas garda depan melayani kita dengan manyun, acuh, cuek, masa bodo…..wis dijamin kita jadi ikut uring-uringan. Ujung-ujungnya….loyalitas rontok dan pindah kelain hati. Mungkin inilah yang disadari betul oleh Honda. Karena itulah kontes layanan Honda yang sudah dijalanankan sejak 6 tahun lalu merupakan tindakan positif yang kudu dijaga hingga masa depan. So…congrat buat para pemenang, welldone brosis…….(iwb)

Advertisements

40 thoughts on “Kontes Layanan Honda 2012….pesertanya bersaing ketat euy!!

  1. Selamat buat frontliner Honda yang berhasil menorehkan prestasi di ajang tersebut. semoga pengaplikasiannya bukan saat di kontes aja, tapi menjadi kebiasaan yang harus tetap dijaga. Bravo Honda

    Like

  2. untung saja si Furqon gak jadi juara….kalo jadi juara aneh bener lhaaa fender belakang vario 125 aja sampe 3 minggu lbh baru sampe di tangan….itu aja hrs difollow up trs….selamet dech buat juaranya

    Like

  3. mas iwan endi teralise?

    mknya kok artikel kemaren yg pnya warung g ad jebule ikutan jd juri to brti bsk ad bcoran lagi

    dsyalir mas iwan menspionase dan mencri informasi motor bru honda

    Like

  4. nyyuss….Kalau soal kapan BeAT injeksi dan
    Honda Teralis diluncurkan itu mari
    sama-sama kita tunggu. Hingga
    akhir tahun ini kita punya kejutan,
    mungkin akan kita luncurkan di
    ajang Jakarta Motorcycle Show (JMS) 2012. Namun yang pasti tidak akan
    lebih dari tahun ini,” kata Kristanto
    di Bogor, Rabu 26 September 2012

    Like

  5. The BEST…

    Dengan pelayanan terbaik, semoga bisa menjadi standar untuk seluruh FLP Honda dalam memberikan yang terbaik kepada konsumen.

    Congrats…

    Like

  6. Selamat buat Yohenes, Tri ,Katerina atas pencapaiannya…smoga jagonya nggk cuma di contest aja,tpi yg penting lagi adalah pelayanannya di lapangan or kerjaan yg sbnrnya

    Like

  7. Acara yg mengesankan ini. Honda ngadain kontes buat para FLP, sales, PIC, hingga ke deliveryman sekaliguuuuuuus… Weeeww.. Jempolan dah..
    Udah gitu juga ngundang para blogger buat jadi jurinya.., sebagai bukti kalo Honda itu emang punya karyawan yg okee2 di setiap daerah di Indonesia..
    Dan dari yg okee dipilihlah yg terokee di ajang ini.
    Acara yg positif menurut ane, dgn ada nya acara ini pasti akan membuat para karyawan2 Honda lain baik dari FLP hingga deliveryman berlomba2 buat jd yg terbaik dari seluruh Indonesia..
    Selamat buat para pemenang.. 🙂 🙂 🙂

    Like

  8. Slamat bagi pemenang Kontes Layanan Honda 2012…
    Smoga skill tersebut betul2 terlaksana dlapangan,,,
    jgn pas kontes aj ramah,senyum,sopan ny,,,
    Bila konsumen merasa nyaman n terlayani dg baik maka mereka akan mengajak yg lain untuk bersepeda motor Honda.
    Bravo Honda !!!
    Salam One Heart

    Like

  9. congratzz yuaa buat para pemenang kontes layanan Honda 2012..
    yang belom menang tidak apa..masih ada laen kesempatan..yang jelas smua uda memberikan yang terbaik..hihiihi..
    tingkatkan terus pelayanan Honda untuk konsumen..
    brav0 HONDA!!

    Like

  10. Selamat untuk Pemenang Kontes layanan Honda 2012, semoga benar2 terlaksana di lapangan dan menyalurkan kemampuannya pada yang lain, sehingga tercipta jajaran Honda yang smart dan mampu melayani konsumen dengan baik.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s