Menu website TVS…….nih dia yang kudu dicontoh pabrikan lain!!

Pernah nggak bro…ketika sampeyan beli motor, jebule setelah transaksi, dikirim kerumah….tes jalan dan impresi tidak sesuai ekspetasi. Entah perseneling keras, suara mesin kasar bak helikopter, accelerasi lemot atau malah keluar vibrasi berlebihan disaat mesin digeber. Kekecewaan makin bertambah ketika mendapati handling kekasih baru terasa ngebuang ketika cornering atau belok ekstrim. Dari semua faktor yang IWB sebutkan diatas….sebagian mungkin menjadi karakter sijaran wesi yang tidak bisa diganggu gugat. Namun ada juga karena lolos dari quality kontrol yang sudah dipatok  pabrikan. Kalau yang terakhir mah gampang, tinggal bawa kedealer untuk diklaim…beres. Tapi gimana jika  memang DNA bawaan lahir??….

Mau nggak mau tetap ditelan kendati pahit. Paling jika sudah mentok akan kita jual dan memboyong produk lain. Ribet tenan pokoke. Dan itulah efek membeli sesuatu ibarat kucing dalam karung. Untuk menghindari kondisi tersebut, pada umumnya brosis mencari referensi dari media, teman atau njajal motor saudara. Dan tentu saja…..bukan hal yang mudah untuk melakukan. Iya kalau kuda besi sudah berseliweran dijalanan. Gimana jika bener-bener fresh oven???. Baru dirilis, sementara kita penasaran untuk mencicipi??. Tidak ada pilihan lain, sebagai konsumen hanya bisa tutup mata dan telinga…..sebatas memegang body, ngintip perawakan….sreg langsung dipinang dengan mahar yang sudah dipatok dealer. Inilah yang masih menjadi kelemahan pabrikan besar tanah air. Tapi tidak dengan pabrikan India….

Dinegerinya sana…..sudah lazim pabrikan menyediakan satu unit tes bagi para konsumen. Bajaj dan TVS adalah contoh kongkret tak terbantahkan. Jangankan Pulsar series….motor sekelas Duke 200 tidak luput menjadi obyek testing untuk memuaskan rasa penasaran potensial buyer dinegeri Bollywood. Dan bagusnya, habit ini diteruskan keIndonesia. Pasca BAI rilis produk baru, pasti JAR atau jaringan dealer rekanan menyediakan satu unit testing yang bisa sampeyan pinjam melaju dijalanan. Mau digeber atau dibetot sampe puas tidak masalah. Hanya saja….pabrikan Bajaj tidak secara official mengumumkan dalam web mereka sebab testing hanya terbatas dalam waktu yang ditentukan. Sementara TVS tidak…..

Pabrikan kuda berlari memasukkan opsi test ride dalam website resminya (klik disini). Ketika IWB coba ekplorasi lebih jauh….didalamnya berisi keterangan membeli motor, menguji atau kredit…taruhlah kita pilih menguji. Melirik kebawah…dilanjutkan pertanyaan, motor apa yang ingin dites…nama, nomer HP yang bisa dihubungi, kota dan dealer. Setelah itu submit dan pihak admin bakal koordinasi dengan dealer cabang untuk mengontak dan mempersiapkan unit motor yang ingin dites. Tinggal konfirmasi ulang kemudian…..done, produk langsung bisa kita rasakan. Keputusan berada ditangan mzbro semua, puas atau tidak?? jika terasa mantap tinggal rogoh kocek. Dan kalau kurang berkenan, monggo ditinggalkan. So simple and great service….

Last….jika pemain baru bisa inovatif serta mengerti konsumen, kenapa pabrikan besar tidak?. Sesuatu yang positif tidak ada salahnya diikuti. IWB tahu, enggannya mereka melakukan hal serupa dikarenakan brand yang begitu kuat dikalangan masyarakat. Yah…ibaratnya, begini aja sudah laku…kenapa kudu repot-repot?. Padahal dengan pelayanan sesi tes ride ditiap dealer….pabrikan juga diuntungkan sebab bisa meminize keluhan konsumen. Contohnya ketika dijumpai vibrasi berlebih, rem kurang pakem atau mesin tidak responsif, konsumen ora gumun. Lawong sudah test langsung, ya nggak brosis?. So….IWB jadi membayangkan, seandainya kedepan pabrikan Yamaha dan Honda menyediakan satu unit tes untuk new Vixy serta teralis aka CB15 dimasing-masing dealer, pasti keren tuh. Sayang, judule hanya ngimpi :mrgreen: . ....(iwb)

129 thoughts on “Menu website TVS…….nih dia yang kudu dicontoh pabrikan lain!!

  1. Iyo yo Mas…. Pabrikan Indihe juoss ternyata…ora Ngecuni calon konsumen…., lha kae test mio j nang kampung2 piye…opo ngetes kudu tuku ,opo nek arep tuku tembe olenh ngetes? Heheee….

    Like

  2. Iyo yo Mas…. Pabrikan Indihe juoss ternyata…ora Ngecuni calon konsumen…., lha kae test mio j nang kampung2 piye…opo ngetes kudu tuku ,opo nek arep tuku tembe oleh ngetes? Heheee….

    Like

  3. Ntar malah mikirnya..”udah test ride ini,udah ngerasain gimana2 motornya,ngapain lagi beli?walopun sebentar icipnya”..mungkin itu yg ditakutkan sama pabrikan besar ya

    Like

  4. @ 11. jack
    Gratis mzbro. Lek bayar dealere jaluk dipentungi :mrgreen:
    @ 15. restu priyandaru
    Sejauh ini kayaknya hanya motor kita yang ditahan alias ditaruh didealer. Masih tetap beresiko sih soalnya penjahat sekarang emang canggih-cangih…
    @ 20. Azrie Soesanti
    Itu tentang back ground dan sejarah TVS. Emang nih, mosok judule warisan……
    @ 21. Endel
    Ngetest tanpa beli boleh bro. Btw bagus juga sih manuver Mio-J. hanya saja terbatas oleh waktu…tidak bisa sewaktu-waktu
    @ 23. RockerAM
    Mosok ketakutan gitu bro. Nggaklah. kalau saya analisa mereka sudah cukup pede dengan produknya serta brand begitu kuat dimasyarakat. So, ogah berusah payah. tidak perlu tes toh juga laku to hehehe….
    @ 24. Aank Wijaya
    Isi aja diwebnya bro
    @ 28. peyek
    Mzbro, wis jangan diledek lagi. Kobongan ntar…

    Like

  5. @mas IWB
    haduuhh,maafkan saya mas iwan,gara2 kekeliruan saya pake FB pacar,jadi ribut ditrit sebelah,sampe sampeyan manggil saya bro 😦

    btw,itu nama asli saya mas iwan,bukan mbak andrie lagi,sekali lagi maaf sebelumnya 🙂

    Like

  6. @ 32. Azrie Soesanti
    Ealah…mbak Asri Susanti to asline :mrgreen: . Sipp mbak….dicopy 86
    @ 33. peyek
    Beuh…dadi komandan aq hehehe
    * Dicopy 86 lageee :mrgreen:

    Like

  7. bener… mantap bro… ane dulu pernah nyobain ngisi form test ride, beberapa minggu kemudian ada yg kontak ke hp ane (lupa dari mbak siapa gitu) ngakunya dari TVS mau nanyain masih berminat untuk test ride gak… emang sih lumayan lama responnya untuk test ride, tapi joss lah sampe kita di telp segala…

    Like

  8. pernah gue beli beat suara kasar plus bletak, bensin boros (ngakunya irit), gampang bulukan n body getar.
    gak kuat nanjak n sering dikepretin mio jadul.
    mau gue bakar aja ini motor sampah!

    *selain antek2 ahm dilarang nyolot.

    Like

  9. trus unit motor test nya sigilir gitu untuk setiap konsumen ya…
    atau tvs ada menyesiadan banyak unit test untuk konsumen…

    Like

  10. PEDOMAN KOMENTAR

    Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

    Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

    Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

    *copas dari yahoo :mrgreen:

    Like

  11. @ 35. whafret
    Nais inpoh mzbro
    @ 36. Azrie Soesanti
    Sami-sami mbak Asri…
    @ 37. Adhitya Ramadian
    Kalau TVS kayaknya masuk database dan dipanggil. Ada testimoni tuh dari bro whafret…
    @ 38. Son
    Isooo wae sampeyan ki :mrgreen: . Ojo mancing mz, geger maneh mengko
    @ 43. peyek
    Mekanisme dilapangan kurang tahu bro….
    @ 45. goeh80
    Nais share mzbro

    Like

  12. 41. ●○ qwerty ○● – Agustus 31, 2012

    pernah gue beli beat suara kasar plus bletak, bensin boros (ngakunya irit), gampang bulukan n body getar.
    gak kuat nanjak n sering dikepretin mio jadul.
    mau gue bakar aja ini motor sampah!

    *selain antek2 ahm dilarang nyolot.
    =================================================

    KLO honpret bit BOROS ATO IRIT GAK MASALAH, 1 LITER UNTUK 1 KM GA MASALAH KLO KONSUMEN MAU BELI :mrgreen:

    YANG JADI MANGSALAH YA NGIBUL IKLAN IRITNYA 1:73 KM/L, PERNAH NYOBA PUNYA EMAK SEBELUM bit-nya DIJUAL JUGA DAPET 1/40an KM/L PADAHAL DIPAKE PAGI JALAN KOSOOONG :mrgreen:

    Like

  13. @masIwan,,bener juga sh,over confidencenya kegedean pabrikan jepun..

    Tapi emang gebrakan bagus deh nh bisa test-ridedulu,mencoba sebelum membeli

    Like

  14. 1. Menu website TVS…….nih dia yang kudu dicontoh pabrikan lain!!
    ================================================
    menu website sih gampang aja mas iwan, tapi follow up nya itu yang ngga tau. masih ingat dan anget customer care sms salah satu merk yang di jawab auto reply dengan template tertentu.

    2. Entah perseneling keras, suara mesin kasar bak helikopter, accelerasi lemot atau malah keluar vibrasi berlebihan disaat mesin digeber.
    ================================================
    persneling keras kalo bebek bisa distel saat servis gratis. udah pernah nyoba merk bebek YHSK bisa di stel kekerasannya, meskipun satu sama lainnya beda rasanya. ada sih salah satu merk yang tiap masuk gigi 2 sering berbunyi kasar (you know lah, kagak usah sebut merk. dan itu masih ada dirumah).
    kalo sport ya cuma stel di handle kopling ama tuas kopling di bak mesin, kalo masih keras ya ngga tau (ane aja pening belum ketemu caranya nyetel motor sport ane ini :D).

    suara mesin kasar bak helikopter, accelerasi lemot atau malah keluar vibrasi berlebihan, kalo yang ini mending minta diler ganti aja deh 😛

    Like

  15. bukannya tes ride itu ada disetiap dealer besar….beberapa bulan yg lalu ane ikut abang ane ke dealer honda karena abang ane mau kredit motor baru lagi,,,dealernya bukan dealer kecil,tp dealer besar…dan disana ada lahan untuk tes ride produk honda keluaran terbaru seperti vario dan supra x 125 2012..gitu gan..

    Like

  16. 43. peyek – Agustus 31, 2012

    trus unit motor test nya sigilir gitu untuk setiap konsumen ya…
    atau tvs ada menyesiadan banyak unit test untuk konsumen…
    ====================================================
    kayanya sih untuk unit motor tesnya terbatas brow, tapi di setiap dealer TVS mungkin menyediakan beberapa unit motor tesnya… CMIIW

    Like

  17. ”impresi tidak sesuai ekspetasi. Entah perseneling keras, suara mesin kasar bak helikopter, accelerasi lemot atau malah keluar vibrasi berlebihan disaat mesin digeber. Kekecewaan makin bertambah ketika mendapati handling kekasih baru terasa ngebuang ketika cornering atau belok ekstrim, tangki bocor, ngorok”
    =====================================================

    wuih…gila gak tuh!!!

    fitur honda di sebutin semua

    cesssss…..

    Like

  18. bedanya merek laku dan merek kurang laku, yg laku berusaha menutupi kekurangan yg kurang laku berusaha menunjukkan keunggulan

    Like

  19. KL PECINTA YAHAMA PINDAH KE LAIN HATI, PILIHLAH HANDO SJ, DRPD SUZUKU.KURANG BAGUS DRDL PRODUKNYA N HRG SPAREPART MAHAL.SM PRODUK KT SAJA JAUH MUTUNYA APLG SM HANDO.PRODUKNYA BNYK YG MATI SURI, UNTUNG ADA BARONGSAI

    Like

  20. bener sekali ini mas bro iwb…sy merasakan sendiri…sebelum saya beli rtr 180…saya test dahulu pabrikan TVS….saya kirim email keluhan di website TVS…bahwa saya butuh sparepart krn kurang banyak di pasaran (padahal boongan hhehehe)….gak sampe 5 menit saya langsung di telpon sama orang TVS menanyakan spare apa yg saya tidak dapat, biar mereka langsung kirimkan ke cabang terdekat (pontianak)…..heheheh,,
    Dari situ saya memutuskan bahwa TVS bisa di andalkan…akhirnya sy beli RTR 180….smoga tvs smakin jaya…

    Like

  21. @48. iwanbanaran – Agustus 31, 2012,
    mas bro Iwan, semua kan berawal dari ngimpi dulu.. jaman dulu, orang ngimpi bisa terbang, trus akirnya bikin pesawat, trus ngimpi bisa ke bulan, trus bikin pesawat luar angkasa…
    Tapiiiii mas Iwan, itu sih berlaku untuk yang kreatif n punya Otak, yang punya misi dan visi jauuuuuuh ke depan…
    Nah kalo di siniiiii, mandek, ora maju ya ora mundur, hahaha.. ngapain repot2, jangankan untuk Web, wong tanya masalah tengki bocooorrr, jawabannya cuma “ya emang waktunya harus di ganti..”, hahaha, jawaban yang sangat jenius dan profesional, trus sekalian aja kasih masukan “besok tengkinya ganti aja pake jerigen minyak, anti bocor n anti penyok..” (NO Heart Feeling yaa, Pisss…)

    ya begitu deh realitanya, kita sebagai konsumen yg harus mati-matian pengen tau ini-itu, sedangkan penyedia barang, selalu membanggakan produknya yang katanya paling bagus..

    maap mas Iwan, jadi ngelantur nih, hehehe.. pissss

    Like

  22. jadi intinya yg beli honda, kebanyakan karna buta merek ya,,, ???
    hahahaha

    parah,,,beli kok liat merek,
    liat kualitas donk kwkwkw

    Like

  23. 71. Ichwan Sinaga – Agustus 31, 2012

    bener sekali ini mas bro iwb…sy merasakan sendiri…sebelum saya beli rtr 180…saya test dahulu pabrikan TVS….saya kirim email keluhan di website TVS…bahwa saya butuh sparepart krn kurang banyak di pasaran (padahal boongan hhehehe)….gak sampe 5 menit saya langsung di telpon sama orang TVS menanyakan spare apa yg saya tidak dapat, biar mereka langsung kirimkan ke cabang terdekat (pontianak)…..heheheh,,
    Dari situ saya memutuskan bahwa TVS bisa di andalkan…akhirnya sy beli RTR 180….smoga tvs smakin jaya…

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    berarti 3snya tidak seburuk isu2 nyang ditebar fb edge dong yach!!! :mrgreen:

    di pontianak tvs n bajaj sudah menjamur!!! tinggal tunggu waktu aja mungkin bisa jadi no 2 or 3 di kalbar!!! saat ini no 2 adalah honda (khusus kalbar yach jangan ngambek)!!! :mrgreen:

    Like

  24. jangan salah mas iwan..
    di daerah jawa timur setau saya di jaringan honda setiap ada produk baru, pasti ada unit test ride nya.. apalagi ada promo sampai ke desa2…

    Like

  25. heran gw warung ni isinya fby yg baru keluar dr kebun binatang smua…., baru dilepas dr kandang to lekk

    #kabuurrr…

    Like

  26. Rasanya masuk akal kalau TVS ngasih Test-Ride ke calon pembeli. Dianya ama Motornya baru disini. Mirip-mirip produk sampo baru atau yang lainnya yang ngasih sample produk ke orang-orang yang lagi lewat.
    Kalau YAMAHA yang mau ngeluarin New V-ixion, saya rasa nggak perlu pake cara begini karena motornya masih menggunakan basis sasis & mesin yang sama dengan yang sebelumnya. Kebanyakan peminat mungkin sudah ngerasain impresi riding-nya. Jadi mungkin versi baru nggak jauh-jauh beda ama yang lama.
    Kalau HONDA yang mau ngeluarin TERALIS, harus ngikutin caranya TVS Test-Ride. Motornya kan baru. Ini yang ane tunggu-tunggu. He..he..he..

    Like

  27. Kang Iwan@Salah satu diler yamaha dikotaku pernah menyediakan jupiter z, xeon n terahir mio j untuk test ride. Tapi ketika new jipiter z nongol coba saya samperin ternyata tidak menyediakan test ride. Mungkin ini inisiatif dari diler itu sendiri. Alias ora mesti ono sing dijajal.

    Like

  28. betul mas “bukan FB”…skarang masih nomor 2 di kelas 125 cc…sebentar lagi saya yakin pasti nomor 1……utk 50 dan 125 nya…kita liat perkembangannya… hhehhee

    Like

  29. 26. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – Agustus 31, 2012

    Yamaha, Suzuki n TVS OK…

    Honda???
    ==========================
    yaa gitu deeehh…honda is the best kata mbahkung ane, hehehe…

    (FB kutang mode:on)

    Like

  30. di dealer yamaha jg pas launching mio j jg ada unit tes ride, tapi sayang ga semua produk ada unit tes ridenya.

    Like

  31. @ichwan sinaga

    yach bisa jadi sich honda naek peringkat 1!!! soalnya bedanya juga ga banyak!!! tapi cukup lach untuk yamaha sekian tahun berturut2 menguasai kalbar (kalau ga sala liat di survey tribun 7 taon)!!! gantian lagi honda!!! :mrgreen:

    Like

  32. 61. Drs. parto SH. – Agustus 31, 2012
    ”impresi tidak sesuai ekspetasi. Entah perseneling keras, suara mesin kasar bak helikopter, accelerasi lemot atau malah keluar vibrasi berlebihan disaat mesin digeber. Kekecewaan makin bertambah ketika mendapati handling kekasih baru terasa ngebuang ketika cornering atau belok ekstrim, tangki bocor, ngorok”
    =====================================================

    wuih…gila gak tuh!!!

    fitur honda di sebutin semua

    cesssss…..
    ————————-

    hahahah
    mak JEGGEEEEEEEEERRRRRRRRRRRRRRRR…..
    fb tertentu sampe merasa bagai kesambar petir 😀

    Like

  33. of course la, cuma hndpreet yg kagak pernah membiarkan ada test ride review secara harian.
    why? krn itu udah patent hndpreet memberikan barang bermesin 4tak berangka tidak berakurasi tinggi berbungkus plastik low grade sekaligus sampah keluhan kepada konsumen yg terjebak dan konsumen fanatik aka fbhndpreet.

    sambal one hurt

    Like

  34. bila gak paham beda kualitas dan kuantitas, maka hasilnya buta. Ini yg membuat para buta berkutang tadi menganggap keluhan2 yg disampaikan konsumen dan digaungkan oleh para konsumen cerdas sebagai BC.

    Krn merasa di BC, para fbhndpreet tadi merasa dianiaya. Dan rasa dianiaya ini menghasilkan dua keekstriman, satu jadi gila satu lagi jadi semakin alim palsu. Tapi itu dari akar yg sama.
    Yang gila dan sakit jadi gemar ngumpat pake bhs amis busuk, sementara yg alim palsu jadi gemar mendoakan berhalanya supaya sukses sbg balas dendam.

    wow………..it’s crazy man!

    sambal one hurt

    Like

  35. 102. bukan FB – Agustus 31, 2012
    ……………………………………….
    kalo ngomongon MS gak enak sekalipun pakta =MS laa

    di INA itu lebih banyak orang masuk RS dan meninggal di banding singapore..kenapa ?

    Like

  36. @scnk

    lach khan ntuh termasuk bagian dari kualitas vs kuantitas!!!

    coba lihat diantara 2 negara ntuh nyang maju nyang kualitas oke atau kuantitas oke??? :mrgreen:

    begitu juga soal mongtor!!!

    kuantitas = MS tinggi

    kualitas = keluhan rendah

    kuantitas banyak kualitas rendah = MS tinggi keluhan banyak

    klop dech karakteristik ama honda!!! 😆

    Like

  37. Menu “indent” test ride memang terobosan baru, sayangnya menu part list-nya malah dihilangkan…. Seharusnya justru ditambah dengan menu harga spare part.
    Di tiap dealer memang menyediakan unit test.
    2 tahun lalu sebelum gw memutuskan beli RockZ, dapat pinjaman 1 unit untuk test ride..

    Like

  38. MS TELAH MEMBUKTIKAN !!! SOK JGN KEPANCING AMA ISU2 FBY YG FITNAH SOAL KUALITAS HONDA
    KUALITAS NO 1 HONDA, BUKTI ? MS !!!

    Like

  39. Gw sabar selalu walau perih hati ini punya megipret .. (#service tanki 150rb).
    Semoga bisa beli TVS apache 180..

    Like

  40. Wkwkwkwkwkwkwkwkwk sudah terbukti FBY TULEN a.k.a SALES STUPID yg selalu jadi biang kerok,, lht aja komment di atas, walaupun bkn postingan tentang Honda tapi tetep aja bcnya jln.. Bilangnya msih bagusan pabrikan indihe drpd Honda sdngkan YAMIMPI gk disebutin, Kek Kek Kek Kek bagaimana dgn fitur YAMIMPI : Shock Ambles, Pelek Peyang, Fuel Pump bocor, Komstir Oblak, Lampu belakang Goyang Dombret, Segitiga patah, LEMOT + BOROS , Jiakakakakakak itu yg disebut mtor kualitas SEMPURNA.?? Ngakak :mrgreen: :mrgreen:

    Like

  41. Saya juga pernah email via web tsb (u tsride).
    Ga sampe seminggu, ada yg nelpon dr TVS, namanya Mbak T**i. Langsung dikomen bro… salut bwt TVS. Mg Apchenya moncer…

    Like

Leave a comment