Tips merawat tanki bahan bakar ala Honda….

Bro dan sis sekalian….dalam lawatan IWB keTasikmalaya 10 hari lalu, IWB sempat mampir ke dealer AHASS Priangan Timur. Melihat aktifitas para mekanik serta kondisi bengkel dalam melayani para konsumen. Dari sekian pemandangan yang terpampang, ada satu yang menarik perhatian yakni hadirnya sebuah kertas berwarna putih dengan note lugas, detil serta sangat berguna bagi para biker yang ingin umur tanki BBM awet. Seperti apa? Monggo diintip….

Menjaga kebersihan tanki itu penting. Terutama jika kendaraan dipakai untuk mobilitas sehari-hari. Nah…umumnya, kondensasi akan terbentuk ketika bensin tidak terisi penuh. Karena itulah bagi para brosis semua, disarankan tidak membiarkan tanki hanya terisi 1-2 liter. Sebab dengan ruang udara yang luas bakal memicu terjadinya penguapan yang ujung-ujungnya timbul kondensasi. Wis..sampeyan bisa tebak….kondensasi identik dengan unsur air. Akibatnya karat menyerang tanki dalam. Gejala tanki yang terkontaminasi karat bisa dideteksi dengan cara membuka mur tutup kran dengan kunci 10mm. Berikut beberapa faktor penyebab karat…

1. Kondisi tanki sering kosong atau hanya terisi sedikit pada saat diparkir semalaman. Kebiasaan ini bakal mengakibatkan terjadi pengembunan yang bisa menghasilkan uap air. Hasilnya? Karat mengintai…

2. Mencuci motor dengan mesin steam bertekanan tinggi. Disadari atau tidak, daya semprot air yang diatas rata-rata…kadangkala bisa menyusup ke lubang pernafasan tanki. Maklum brosis….para pencuci motor biasanya tidak peduli water gun mengarah ketutup tanki. Padahal percikan air kuat tidak disarankan digunakan untuk mencuci sisi tersebut…

3. Kualitas seal rubber tutup tanki sudah tua. Seiring bertambahnya usia, karet penyekat biasanya sudah aus sehingga fungsi isolator menurun drastis. Pada saat hujan deras…air bisa saja merembes masuk.

So….berdasarkan dari tiga uraian diatas, berikut yang bisa kita lakukan….

1. Pastikan bensin selalu terisi penuh saat motor diparkir semalaman

2. Posisikan tuas kran pada posisi ON. Hal ini dimaksudkan agar bensin yang mengalir ke karbu selalu difilter oleh saringan kasa halus (strainer). Dengan kata lain….katup RES/cadangan hanya digunakan pada saat kondisi darurat.

3. Hindari cuci steam. Kalau tidak ada pilihan lain, sarankan tukang cuci agar tidak menyemprot bagian tutup tanki.

4. Pengurasan secara berkala per-6 bulan sekali untuk memastikan tidak ada unsur air didalam tanki.

5. Karet tutup tanki disarankan diganti jika dirasa telah melar atau kurang rapat.

Nah….brosis semua, apakah sampeyan sudah melakukan seluruh tips diatas? Jika belum…monggo bisa dicoba mulai dari sekarang. Jika sudah dan ternyata masih tetap berumur pendek, mau nggak mau kita kudu beli tanki baru. Apapun itu, tips dari Honda yang IWB rangkum terlampir patut dicoba. Semoga berguna….(Iwb)

330 thoughts on “Tips merawat tanki bahan bakar ala Honda….

  1. Ninja ane kagak pernah tuh diperlakukan seperti yg diatas.. Bocorpun kgk prnah. Padahal sejak tahun 2003 lho, apakah tergantung bawaan material aslinya ?

    Like

  2. tips dari honda,untuk,khusus dan cuma buat motor honda . . . . moga2 raptor besok ga begini,bisa remuk injeksinya kalo maintenance tankinya masih pake tradisi lama 🙂

    “menghangatkan suasana dipagi hari.peyek mode: on

    Like

  3. @ 7. 4-pple & 8. Nichoz Ahmad
    Solusi lain kalau ingin lebih ngirit….
    @ 9. endo
    Material juga ngaruh pastinya bro…
    @ 12. Andrie D MzPoetra
    Tips buat semua. Maksudnya sumbernya dari Honda mbak Andrie…
    @ 13. drive2
    Tipsnya dari Honda mz, bukan terjadinya sama Honda
    * Haduh….pada mancing-mancing nih :mrgreen:

    Like

  4. Sebetulnya gak cuma bwt honda doang,motor sport lain juga harus gitu

    Nb:siap2 kebakaran,siapkan air 1 tanki

    Like

  5. @mas IWB
    Lah. . . terakhir saya kedealer yamaha panggung motor(solo),saya nanya soal maintenance inner tank,malah disaut mantap sama mekaniknya “kuras tanki?nda usum no mbak!motor’e punya njenengan niku(si biang SOHC) sampun wonten lapisan anti karat 😀 ” gitu mas iwan. . . . .BTW,sampeyan sudah pernah nguras tanki blue angel mas iwan??

    kan saya baik,menyarankan si raptor untuk beralih ke tradisi yang baru,dimana tangkinya udah prih mentenan(free maintenance) 🙂

    Like

  6. @ 19. Andrie D MzPoetra
    Betul mbak, memang produk yang sampeyan maksud sudah ada lapisan anti karat atau zinc plate-nya. Untuk injeksi wajib mbak hukumnya..
    * Belum mbak Andrie, males je :mrgreen:

    Like

  7. 19. Andrie D MzPoetra – Agustus 27, 2012
    @mas IWB
    Lah. . . terakhir saya kedealer yamaha panggung motor(solo),saya nanya soal maintenance inner tank,malah disaut mantap sama mekaniknya “kuras tanki?nda usum no mbak!motor’e punya njenengan niku(si biang SOHC) sampun wonten lapisan anti karat ” gitu mas iwan. . . . .BTW,sampeyan sudah pernah nguras tanki blue angel mas iwan??

    kan saya baik,menyarankan si raptor untuk beralih ke tradisi yang baru,dimana tangkinya udah prih mentenan(free maintenance)
    ====================================================
    ya smoga aja ini bisa didengar ahm biar memperbaiki kualitas bahan tangkinya,,,soalnya kebanyakan kasus tangki bocor kan motorsport honda,,,

    Like

  8. 1. Kondisi tanki sering kosong atau hanya terisi sedikit pada saat diparkir semalaman. Kebiasaan ini bakal mengakibatkan terjadi pengembunan yang bisa menghasilkan uap air. Hasilnya? Karat mengintai…
    ===================================================
    kbanyakan kasus tangki bocor kan semprot honda,,,,klo alasan tangki sering kosong,,,kok bisa ya padahal honda kan terkenal iritnya aturan ga pernah kosong dong bensinya 😀

    *belajar koplak sambil mancing

    Like

  9. 12. Andrie D MzPoetra – Agustus 27, 2012

    tips dari honda,untuk,khusus dan cuma buat motor honda . . . . moga2 raptor besok ga begini,bisa remuk injeksinya kalo maintenance tankinya masih pake tradisi lama 🙂

    “menghangatkan suasana dipagi hari.peyek mode: on
    ==================================================
    FBY nge BC berkedok kelamin :mrgreen:

    Like

  10. ah motor saya masih aman aja tuh walau gak pernah full tank…
    mungkin tergantung kualitas materialnya nih sekarang aja dah penyok karena tabrakan tapi kagak bocor
    gw pake pulsar 180 2007

    Like

  11. Sebenarnya kondensasi terjadi jika ada udara bisa masuk ke dalam tanki ( bisa dari lubang ventilasi atau dari tutup tanki sendiri), jika masuknya udara bisa diminimalisir maka jumlah air dari hasil kondensasi juga akan sangat sedikit. ( udara bersifat hydrokopis, karena unsur oksigen dan hydrogen akan membentuk senyawa H2O atau molekul air). Material logam juga mempunyai peranan besar dalam terjadinya karat karena unsur Fe (bisa diminimalisir dengan meng-coating permukaan logam dengan material non Fe atau bahkan metalurgi dari tanki sendiri dibuat dengan Fe minus), karena karat menyerang berdasarkan konsep katoda dan anoda.
    Jadi karat bisa dihindari atau diminimalisir diantaranya dengan cara:
    1. udara tidak bisa masuk dalam bejana ( lubang ditutup rapat atau tekanan dalam bejana lebih tinggi dari tekanan atmosfir).
    2. temperatur area bejana dijaga tidak terlalu lembab, karena bisa menyebabkan pengembunan
    3. Material logam dibuat dengan sistem Fe minus ( elektron dari senyawa air tidak menyerang logam karena sifatnya lebih negatif (katodik).
    3. diberi lapisan coating pada permukaan logam sehingga terbentuk isolator dan menghambat elektron menempel di permukaan logam Fe positif.
    4. Diberi proteksi kutub positif bayangan ( katodik protection / zinc anode ), sehingga material logam seng yang bersifat Fe positif akan diserang dulu oleh elektron dari atom oksigen bebas.

    YANG TERPENTING ADALAH MATERIAL LOGAM JANGAN BERSIFAT SEPERTI SENG ( talang air dari seng adalah contoh nyata).

    Like

  12. cuma tangki merk honda yang banyak keluhan bocor. merk lain ada, tapi tidak sebanyak honda :mrgreen:

    *bakar menyan biar si oneng keluar. ntar pasti ada yang reply bilang ane BC, padahal anak TK juga tau tangki bocor itu tangki apaaaaa….?

    Like

  13. tong fang – Agustus 27, 2012

    cuma tangki merk honda yang banyak keluhan bocor. merk lain ada, tapi tidak sebanyak honda :mrgreen:

    ============

    ah bego bener ente, karena motor honda paling banyak, makanya juga lebih banyak kasus

    gitu aja ga tau
    :mrgreen:

    Like

  14. @ayumi ting ting
    iye, honda paling banyak kan MS no 1. dari GL series kan? taun berapa tuh? tapi kejadian tangki bocor tetep ada sampe sekarang, kan?
    begitukah yang dinamakan peduli konsumen?

    *kipas-kipas menyan

    Like

  15. Motorku pgm-fi anyar gress fresh bocor krn suka ngebut salip2. Setelah diisi penuh gak bocor lagi, he..he..he..he..

    Like

  16. motor sport murah macem thunder 125/ produk india aja tangkinya maintenance free masa sport honda operpress harus repot2 perawatan ini itu..?

    Like

  17. artikle mantaaab ne mas iwaaan,
    masukan yang bagus,,,
    ne artikle bagus bangeet buat om tiger 26,,
    :mrgreen:
    agar kasus tangki bocor berkurang,,,
    :mrgreen:

    Like

  18. Artikel MotoGP, tangki, irit, speed, body, ngorok, D/S-OHC injeksi, pasti ujung2nya duel Ymh vs Hnd… ninja yg bkn produkny jg ujung2nya yg komen FBY vs FBH…. lanjut2… sneng aj bca komen para FB…
    Lempar mercon 1 dus (walo lbaran dah lewat)… 😀

    Like

  19. 34. ayumi ting ting – Agustus 27, 2012

    tong fang – Agustus 27, 2012

    cuma tangki merk honda yang banyak keluhan bocor. merk lain ada, tapi tidak sebanyak honda :mrgreen:

    ============

    ah bego bener ente, karena motor honda paling banyak, makanya juga lebih banyak kasus

    gitu aja ga tau :mrgreen:
    ……………………………………………………………………………………..

    alaaah ngeles sampeyan,
    banyak kasus berarti kualitasnya rendah,,,

    apalagi motor sport honda sekarang, banyak penyakitnya,

    Like

  20. MONGTOR SEMPORT ANE YANG JELAS BUKAN honpret AMPIR 9 TAUN GAK ADA ISTILAH KURAS TENGKI BENGSIN

    BIASA…KLO honpret MOTORNYE ADA MASALAH YANG DISALAHIN PASTI KONGSUNGMEN, KURANG MERAWAT……..honpret MAH SELALU ‘BENAR’ :mrgreen:

    Like

  21. waduh…mas iwan ke tasik?kalo ane tau dah suruh mampir tuh mas iwan ke rumah ane.
    Btw perasaan kalo bensin penuh ko ky nya agak irit ya,beda ama yg isinya dikit.nice info mas…

    Like

  22. ada yang komen diatas honda peduli konsumen ngasih tips gampangan kek gini.
    knpa ahem gak mau lebih peduli perbaiki mutu tangki mleduk.

    *peduli ngerjain konsumennya, tapi konsumennya gak merasa dikerjain.

    wkwkwkwk….

    Like

  23. paling enak tanki kondom, jatoh gak penyok, lecet tinggal ganti kondom, yang pasti lebih murah dari besi kaleng

    Like

  24. wah,klo inf. tu ane uda tau dr dl,mas iwb…ane tau krn dksh tau mekanik,bag.rawan tiger emang tangki…cm yg repot,fby always bawel,sll berisik spd tiger sll bocor pdhl yg bocor mulut fby
    :mrgreen:
    …apapun spdnya klo ga terisi penuh jelas suatu saat ya bocor,trus ane tambahi mas,spd batangan sebisa mgkn qta cuci dw,coz yg tau bag jeroan cm qta,abis tu jgn lupa semprot anti karat utk bag las tangki pke stp
    😉

    Like

  25. bagi yang tangkinya terlanjur bocor, dan tak ada duit buat ganti baru ada solusinya, jangan ditambal las, dimodif aja sekalian, jadi tangki bocornya dibikin seperti kondom, untuk bensinnya bisa diganti tangki motor bebek didalem tangki bocor itu.

    Like

  26. artikel ini kesukaan lelembut fby,panboy yahomo,yamahal,kampret yahama…halah…mana dr taun bahulak 2000 lanjut 2008,ga prnh ane alami bocor tangki,swear…
    *ane ykn isu dhembuskan grombolan trutama pawang biawak kewer kewer dan bolo kurowo

    Like

  27. @tiger 26
    saya percaya,sama juga kayak punya om MIO J,motor hondanya ga pernah kena penyakit,ultimate lah kualitasnya,tapi cuma punya kalian tog 😆

    pada beli dimana sih?kok punya orang banyak yang bocor,bahkan si Ipanase juga :mrgreen:

    Like

  28. bukti honda peduli konsumen!!! yamaha suzuki kawasaki sich ga peduli ama konsumen!!! soale di yamaha suzuki kawasaki konsumennya ga pernah ngeluh tangki bocor!!! so ngapain yamaha suzuki kawasaki harus peduli konsumen (baca konsumen tangki bocor)!!! 😆

    saking pedulinya honda sampe2 tetap mempertahankan material nyang dibanggain n kualitas jempol ampe skrg!!! so tinggal limpahkan aje ke konsumen tips merawatnya!!! :mrgreen:

    Like

  29. duh…. ane baru baca judul artikelnya aja dah tercium bau ketek fbh kebakaran hebat….. :mrgreen:

    baru aja kemaren fbh berpesta di artikel motogp… sekarang dah di sentil ama artikel andingan…. :mrgreen:

    *hanya sekedar memanaskan suasana yang sudah hangat…. :mrgreen:

    soalnya suasanaya diatas sudah dihangatka oleh @andrie…. :mrgreen:

    Like

  30. 39. imortalorochimaru – Agustus 27, 2012
    @ ayumi
    sejak kapan sport honda jumlahnya paling banyak..?
    ==============================================
    sejak ayumi komen,,, 😀

    Like

  31. special editions buat para FBH dan salesnya, tangki dapet yang bagus, dari bahan tingkat dewa jadi ngga bakaln bocor :mrgreen:

    Like

  32. @64. Pikson Lemot – Agustus 27, 2012
    hahahhahaha,sebegitukan sampeyan tersulut emosi?saya selalu bilang,mau percaya saya ini perempuan saya senang dan dihormati,nda ya saya pun tidak rugi 🙂

    saya kan cuma ngasih saran supaya raptor besok nda pake tradisi lama kuras WC eh,madsud saya tangki. . . . .

    honda kan perusahaan serba ultimate,kenapa disenggol dikit FBH ngomel2 dan bawa2 kambing hitam(biang SOHC),sense??. . . .bales donk dengan anggun,ato cuma seperti biasa,masih batas “toleransi”? 🙂

    Like

  33. 34. ayumi ting ting – Agustus 27, 2012
    tong fang – Agustus 27, 2012

    cuma tangki merk honda yang banyak keluhan bocor. merk lain ada, tapi tidak sebanyak honda

    ============

    ah bego bener ente, karena motor honda paling banyak, makanya juga lebih banyak kasus

    gitu aja ga tau
    ———————————————————————
    Ayumi udah baca ini ?
    http://edorusyanto.wordpress.com/2012/08/08/motor-sport-yamaha-masih-memimpin/

    Like

  34. biasa,, para bencong2 buluk maho di kasih hiburan dikit ame mas iwan setelah kemaren mulut yamaho di bokerin ame fbraa,, @moto gepenk,, :mrgreen:

    Like

  35. duh… kang iwan… tulung judul artikelnya diganti dong….. 😦

    *jeritan suara hati yang paling dalam dari fbh…..

    Like

  36. mas IWB, jika diperkenankan…ane mau rikues artikel nih, untuk menu besok pagi tolong dong menunya tentang tips “Rante Bersenandung”!! soalnya banyak banget tuh dijalan-jalan dan sudah menjamur…disinyalir bisa kena undang2 lalulintas tentang ambang batas kebisingan…. :mrgreen:

    Like

  37. kang iwan….
    saya mau tanya serius….

    yang di ambar itu… tangki mongtor apa kang….

    matur suwun…..

    😉

    Like

  38. @qwerty

    yach iya lach!!! khan honda peduli konsumen!!! ga kayak Y S ama K nyang ga peduli konsumen!!! mana mau Y S ama K ngeluarin buku tips kayak gitu!!! 😆

    Like

  39. 72. Andrie D MzPoetra – Agustus 27, 2012
    @64. Pikson Lemot – Agustus 27, 2012
    hahahhahaha,sebegitukan sampeyan tersulut emosi?saya selalu bilang,mau percaya saya ini perempuan saya senang dan dihormati,nda ya saya pun tidak rugi

    saya kan cuma ngasih saran supaya raptor besok nda pake tradisi lama kuras WC eh,madsud saya tangki. . . . .

    honda kan perusahaan serba ultimate,kenapa disenggol dikit FBH ngomel2 dan bawa2 kambing hitam(biang SOHC),sense??. . . .bales donk dengan anggun,ato cuma seperti biasa,masih batas “toleransi”?
    ======================================================
    mengutip dari blog sebelah,,,,konsumen tigi itu konsumen tradisional,,jadi ya harus pake cara tradisional jga merawat tengkinya,,,,

    *sekedar membantu fbh kok 😀

    Like

  40. gile…

    Sampai segitunya fanboy sebelah mem bc kan motor honda…

    Apa memang beginikah tugas dari yamaha buat salesnya??

    Like

  41. 87. ●○ qwerty ○● – Agustus 27, 2012

    @bukan fb
    ahm bakal bagi2 gratis buku tips merawat tangki gampang bocor, rante berisik, rante gampang kendor, body gampang getar, cat gampang buluk n biar rem pakem…
    ===================================================
    wekekekekeekkekeke…….sumpah ngakak nih om

    sepertinya memang seperti itu om..jadi setiap pembelian 1 unit motor honda tipe apa saja, AHM akan memberikan 1 lagi buku panduan tips merawat motor Honda secara gratis kepada konsumen setianya.. :mrgreen:

    Like

  42. @bianglala

    secara tradisional ya….
    ayo… yang tengkinya bocor… segeralah bawa ke klinik tong pang….

    sejak 2 tahun lalu… tengki mongtor semprot saya selalu bocor.. dah di tambal.. bocor juga…

    kemudian sya bawa ke klinik tong pang… akhirnya.. sudah tidak bocor lagi…

    terima kasih tong pang…. :mrgreen:

    Like

  43. siapa menanam maka dialah yg akan menuai hasilnya…

    Buat fby ayo bc in terus aja motor honda…

    Dan kita lihat dapat apa kalian …

    Like

  44. ninja 250 ane tangki bocor sih kagak,tapi pas servis buka karburator ber’air..karna sering di steam,bahaya juga ya…pantes sekarang lari maksimal cuma 150kpj..

    Like

  45. riky

    mmm… dapat apa ya… ???
    ane juga bingung om…. :mrgreen:
    dapetnya paling makin banyak klonengan fbh banci yang nggak berani komen pake nick asli…. :mrgreen:

    Like

  46. @19. Andrie D MzPoetra – Agustus 27, 2012
    @mas IWB
    Lah. . . terakhir saya kedealer yamaha panggung motor(solo),saya nanya soal maintenance inner tank,malah disaut mantap sama mekaniknya “kuras tanki?nda usum no mbak!motor’e punya njenengan niku(si biang SOHC) sampun wonten lapisan anti karat ” gitu mas iwan. . . . .BTW,sampeyan sudah pernah nguras tanki blue angel mas iwan??

    kan saya baik,menyarankan si raptor untuk beralih ke tradisi yang baru,dimana tangkinya udah prih mentenan(free maintenance)
    =====
    loh dari dulu namanya tangki motor ya ada lapisan zinc nya, mau honda mau yamaha…

    di gambar yang diatas itu soalnya lapisan zinc nya nglotok karena ngelas pipa selang BBM,
    nek motor inkjeksi gak pake pipa bawah aliran BBM…

    sebenarnya yg bikin karat itu air yg masuk, betul tadi sarannya…kalo nyuci jangan suka nyemprot pake yg kenceng2 di tutupnya

    Like

  47. @riky
    ini bukan bc tong.
    apa elu pikir buanyak kasus tangki bocor dari jaman dulu itu hasil bc sebelah?
    wow tugas dari yamaha ya? aslinya gue sering dapat tugas dari general affair dept pt .ahm loh (gue kan kontraktor service ac kantor ahm) upss keceplosan gue tong!

    wkwkwkwkwk.

    Like

  48. matematika nih…(makin lama makin tidak karuan 😆 )
    harusnya lebih banyak disebar nih tips kayak gini ke semuwa bengkel resmi….
    di bengkel langganan saia kok gak ada yak?? :bingungs:

    Like

  49. @ Andrie D MzPoetra
    lo itu ngelotok dari dalam…lalu mrembet keluar…dulu CB ku tahun 78 yo akhire bobol juga…

    Like

  50. 98. riky – Agustus 27, 2012
    siapa menanam maka dialah yg akan menuai hasilnya…

    Buat fby ayo bc in terus aja motor honda…

    Dan kita lihat dapat apa kalian …
    ======================================================
    ane dapet seneng oom, ngga dapet duit.
    ane ga BC oom, cuma ngusilin FBH tengil. secara pribadi ane ngga benci merk honda.
    sekali lagi, ane cuma ngusilin FBH tengil :mrgreen:

    Like

  51. semakin tinggi pohon semakin besar angin menerpa…

    Dan falsafah ini masih berlaku buat honda..

    Smoga honda tetap berkibar bersama konsumen…

    Biarkan ****ng menggong gong kafilah berlalu…

    Like

  52. @ Andrie D MzPoetra
    yg penting nek nyuci jagnan disemprot di tutupnya (kan ada lubangnya kecil toh)…

    dulu banyak yang mbece motor hnd gak pake lapisan anti karat, serius ngakak ane…mereka pada sotoy…
    nah kalo masalahnya bahan plat nya (tanpa anti karat) kok yg bebek dan matic gak masalah? ya kan… kalo menurutku si biangnya air itu tadi g bikin karatan…

    Like

  53. 111. Andrie D MzPoetra – Agustus 27, 2012
    @iwak tempe
    berati ya memang harus dibenahi juga kualitas coatingnya,karena semua motor tiap dicuci steam,perlakuannya nda pandang merek. . . .setuju nda?
    =======
    bukan coatingnya…tapi tutupnya ala ninja 250 gitu loh…

    Like

  54. aye mau bantu fbh dulu!!! nyang lain ga peduli ama konsumen!!! cuman honda nyang peduli konsumen!!! mana ada y s ama k kasi tips kayak gini ke konsumen??? mana tanggungjawabmu sebagai atpm!!! :mrgreen:

    Like

  55. niat baik honda slalu dianggap jelek ame bencong2 buluk yamaho,, maklom otak panboy maho udeh konslet,, mesti dibawa ke klinik tong pong! :mrgreen:

    Like

  56. honda itu menyelesaikan masalah tanpa masalah!!! lach udah dibeli konsumen yach konsumen harus tanggungjawab pada mongtornya sendiri!!! so, sebagai atpm AHM cukup memberi tips!!! konsumen harus menyesuaikan produk!!! bukan produk nyang harus menyesuaikan konsumen!!! betul kan honda??? :mrgreen:

    Like

  57. @iwak tempe
    alternatif tutup tanki oke juga sih,tapi coating juga harus lah. . .soalnya,tutup tangki manapun tetap berlubang(kecil banget) buat pernafasan tangki. . . .

    soalnya kan yang lain ada juga yang njendol,cuci steam pula,tapi jarang yang sampe berkarat n bocor. 🙂

    Like

  58. sekedar bagi2 tips:sebaiknya tangki dilapisi dengan cat(cat besi n sebaiknya warna terang)yang dicampur dengan hardener,dicampur kemudian dituang kedalam tangki kemudian dikocok2 agar merata.biarkan sampai benar2 kering.dijamin gak akan pernah bermasalah lg

    Like

  59. Klo saya kurang stuju mslah satu ini.. karena jika di lihat kompetitor tidak ada kasus tangki bocor.. brarti kan ada mslah sma produk tsb.. tp honda sakan mnyalahkan customer krena tdk mrwat tangkinya dgn baik..

    Like

  60. announcement dari honda!!!

    “kasus rem tidak pakem pada merk kami ini demi keselamatan konsumen!!! mongtor honda diperuntukkan bagi rider dengan style safety riding!!! jadi mongtor honda bukan untuk kebut2an!!! jadi untuk keselamatan bila ada rider lain ngajak kebut2an!!! disarankan untuk pura2 lihat sms di hp!!! bila masih tidak manjur!!! disarankan segera ke klinik tong fang!!! salam sukses dari kami!!!”

    Like

  61. 123. peyek – Agustus 27, 2012
    @iwak tempe

    bukannya tutup tengki yang rata (model ninja 250 ) rawan kemasukan air… ??

    Cmiiw
    ======
    nggak lah coy… mungkin lebih rapet walaupun mendatar ya… yang punya ninja atau cbr mau nambahin?

    Like

  62. 125. iwak tempe – Agustus 27, 2012

    nggak lah coy… mungkin lebih rapet walaupun mendatar ya… yang punya ninja atau cbr mau nambahin?

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    aye pernah punya CBR 250!!! selama ini disemprot gimanapun ga pernah koq kemasukan aer!!! soale ntuh didesain sangat oke!!! sehingga semua nyang mengalir di permukaan tangki akan secara otomatis dialirkan ke bawah tanpa masuk ke dalam tanki!!! ga tau sich nyang uda lama pakek!!! aye cuman pakek sekitar 7 bln abis tu dijual!!! :mrgreen:

    justru tutup tangki nyang nonjol memungkinkan untuk aer masuk!!! soale kalau nonjol kesemprot otomatis air bakal pecah ke segala arah!!! termasuk ke arah lubang pernapasan tangki!!! untuk kasus vixion dulu aye juga pernah punya pas dicuci dari sekitar 10-20x ada aja masuk aer 1x!!! ga banyak sich tapi cukup bikin batuk2 mongtor!!! kemudian aye kasi kondom SE poenya jadi rata!!! dan dicuci ampe 30x juga ga pernah masok aer!!! :mrgreen:

    so??? simpulkan sendiri dech soale cuman modal pengalaman pribadi!!! :mrgreen:

    Like

  63. @iwak peye
    oh iya,kenapa coating musti dibenahi,pengembunan saat tanki agak kosong(ada rongga di tangki) kan juga menimbulkan titik air. . . .nda hanya dari cuci steam aja air masuk ketangki,kalo masih pakai coating lama ya apa bedanya? 🙂

    Like

  64. tangki honda buat FBH spesial ga pernah berkarat, part2 juga kelas ultra jadinya ga pernah bermasalah
    kalo buat masyarakat umum baru dikasi yang berkarat + rawan bocor

    Like

  65. 120. Andrie D MzPoetra – Agustus 27, 2012
    @iwak tempe
    alternatif tutup tanki oke juga sih,tapi coating juga harus lah. . .soalnya,tutup tangki manapun tetap berlubang(kecil banget) buat pernafasan tangki. . . .

    soalnya kan yang lain ada juga yang njendol,cuci steam pula,tapi jarang yang sampe berkarat n bocor.
    ======
    lubang kan banyak mbak ada lubang kunci, lubang napas, dan mungkin lubang dari bentuk2 antar konstruksinya

    baca juga dari blognya kang IWB dulu katanya tanki motor sekarang (semua ya) lebih tipis dari jaman mbah ku dulu…

    jaman dulu bemper pake besi semua, sekarang plastik semua, tinggal isizu panther yg masih plat baja bempernya… OOT

    Like

  66. jadi penasaran pengen kenalan,eh pengen liat tampang tampang asli FBH….
    duuuhhh,kasiaaannn,geblek banget jadi jongos merk

    Like

  67. iwak tempe

    nggak usah di kasih ling.. ane juga dah pernah liat kok… bener kok dunia ini luas….

    tapi sifat air dari jaman nabi adam juga pasti mengalir ke tempat yang lebih redah…
    nah.. kalo tutup tengki model rata gitu… malah lebih rawan genangan air..

    Like

  68. 135. Andrie D MzPoetra – Agustus 27, 2012
    @iwak peye
    oh iya,kenapa coating musti dibenahi,pengembunan saat tanki agak kosong(ada rongga di tangki) kan juga menimbulkan titik air. . . .nda hanya dari cuci steam aja air masuk ketangki,kalo masih pakai coating lama ya apa bedanya?
    =======
    emang tahu bedanya coating mer ini itu dll? yakin itu? memang di indonesia ada pabrik coating2 toh… aku ubek2 di google ga ada tuh, berarti semua pabrikan itu ngimpor…

    Like

  69. 140. peyek – Agustus 27, 2012
    iwak tempe

    nggak usah di kasih ling.. ane juga dah pernah liat kok… bener kok dunia ini luas….

    tapi sifat air dari jaman nabi adam juga pasti mengalir ke tempat yang lebih redah…
    nah.. kalo tutup tengki model rata gitu… malah lebih rawan genangan air..
    ========
    iye yek, mengalir ke tempat rendah, ya ke got nya itu…
    walaupun rata sama sama sekitarnya, tapi kalo ada air dari samping2 yg masuk itu masuknya ke got!!!
    getooo

    nah, vikson baru pake model rata loh…kalo menurut ente jelek, cepet2 suruh ngubah 😀

    Like

  70. @iwak peyek
    ya ngga ngerti bedanya saya,bukan pengamat gituan

    katanya tadi berkarat karena ada air,udah dikasih lapisan anti karat tapi ngelotok n akhirnya berkarat. . . .bahaya juga tuh kog bisa ngelotok lapisan Zinc anode,masuk ruang pembakaran gimana?

    yah,kan AHM Honda om,masa sih nda bisa mengusahakan hal ini,demi kebaikan mereka juga lah?judulnya kan coating anti karat yang lebih baik untuk konsumen tercinta 🙂

    Like

  71. tanki bpcor sihh penyakit si tiger & mega pro (bukan NMP ya) 😀

    penyakit motor sport tetangga kan monoshock ambles,komstir oblagh,fuel pump bocor :mrgreen:

    #yg ga ngakuin penyakit sama motor nya cuman sales sama fanboy buta merk :mrgreen:

    lempar bom nuklir 😀

    Like

  72. 147. peyek – Agustus 27, 2012
    biasanya sih.. yang pernah mengalamin bocor… pasti mbak andri nih…
    iya kan mbak….??
    ========
    tiap bulan tuh 😛

    Like

  73. saya pengguna MP 05 ampe sekarang…pada tahun ke -4 memang terjadi ntu kasus bocor ganti 400 ribuan…tapi setelah itung” duid yg keluar untuk tunggangan ane selama 7 taun yg ga sampe Rp 1 jt ( tangki+ rantai timing 2x + kanvas 1x milage 50K km) diluar servis ….biaya segitu ga ngerepoti kok …top speed sampe skarang masih sanggup 125+ km on speedo…
    lagian itu tips bukan dari AHM kale…tips dari owner yg sudah menghadapi kasus dan menanggulanginya….kok pada bawel sih yg ga punya…wakakak.

    Like

  74. yg bocor kan motor sport honda,yg ke asyikan ko fby :mrgreen:

    Benerin tuh komstir oblagh,mono shock ambles,sama velg somplak :mrgreen:

    #sori yee cuma ngomongin FAKTA 😀

    Like

  75. niat Hondo itu baek..mengajarkan kepada user2 nya utk mandiri kalo ga ya mati sendiri lah tongg sana!!!
    :mrgreen:
    kenapa bebek dan metik nya ga berkasus pada tengki???tanya saja cost down produksi mongtor semprot hondo yg berimbas ke tengki nyaaaa…yah coatingan nya youu knowww lahhh

    Like

  76. ada nyang bersiap2 dengan bnyk amunisi (baca : email) nich!!! sudah jangan ada nyang tanggepin biarin ngemeng sendiri dia capek sendiri nantinya!!! 😆

    Like

  77. ada nyang bersiap2 dengan bnyk amunisi (baca : email) nich!!! sudah jangan ada nyang tanggepin biarin ngemeng sendiri dia capek sendiri nantinya!!! :lol:.

    Like

  78. SUPAYA TERTIB PER TANGGAL 1 SEPTEMBER AKAN DIBERLAKUKAN PERATURAN YANG BISA KOMEN DI SINI HARUS TEREGISTER SEBAGAI USER BLOG INI, SILAKAN MELAKUKAN REGISTER (NAMA DAN EMAIL) KEMUDIAN TUNGGU EMAIL BALASAN DARI SISTEM KAMI, KEMUDIAN REPLY LAH DENGAN SCAN KTP, SIM, PASPOR ATAU IDENTITAS LAIN YANG BERLAKU. TERIMAKASIH. MANAJEMEN IWB

    hehehehe 🙂

    Like

  79. tong fang pada Agustus 27,
    2012 pada 11:45 AM
    98. riky – Agustus 27, 2012
    siapa menanam maka
    dialah yg akan menuai
    hasilnya…
    Buat fby ayo bc in terus aja
    motor honda…
    Dan kita lihat dapat apa
    kalian …
    ========================
    ========================
    ======
    ane dapet seneng oom,
    ngga dapet duit.
    ane ga BC oom, cuma
    ngusilin FBH tengil. secara
    pribadi ane ngga benci
    merk honda.
    sekali lagi, ane cuma
    ngusilin FBH tengil
    ########################
    salah satu gaya panci kaleng yahomo…ngusilin fbh pdhl asline gedabrus wae,kpngn pnya honda tp ga keturutan,pngn gnti raptor/cbr dr soch2an k dohc ga kturutan coz duwite abis reparasi komstir oblak,dll…bisany hnya ngebc,smbl ngimpi kpn bs bl spd impian»»»model ini bnyk dyakini tjd pd panci kaleng yahomo krn ingin gnti ga pny duwit…welcome raptor,cinta pgm fi,cinta honda jelas cinta langit biru dan brng value
    🙂

    Like

  80. Harap hati-hati dengan homo macam jaos,nobitolol,thole,peyek,ciaaaa,bukan FB,qwertot,crank90,gembeldes,andri dmaz putra,samsi suardi,imortalorochimaru,ancok ceboker dan homosex lainnya. Mereka para HOMO bayaran yang menyebar kebencian terhadao honda. Komentar mereka selalu kompak satu dan lainya.

    Like

  81. saran untuk mas iwanbanaran..

    Kalau anda ingin menghapus komen orang yg anda anggap sebagai perusuh itu sah2 saja…

    Tapi akan lebih bijak jika anda lebih dulu menghapus komen2 bernada ejekan terhadap sesama yg dapat menimbulkan kerusuhan itu terjadi…

    Terlebih terhadap komen2 bc yg dilancarkan pihak sebelah kepada honda..

    Bagaimana mas???

    Like

  82. penyakit motor sport honda kan dari zaman jebot ampe skrang tangki bocor mulu,rante berisik,body getar DLL 😀

    Like

  83. 182. tiger 26 – Agustus 27, 2012
    tong fang pada Agustus 27,
    2012 pada 11:45 AM
    98. riky – Agustus 27, 2012
    siapa menanam maka
    dialah yg akan menuai
    hasilnya…
    Buat fby ayo bc in terus aja
    motor honda…
    Dan kita lihat dapat apa
    kalian …
    ========================
    ========================
    ======
    ane dapet seneng oom,
    ngga dapet duit.
    ane ga BC oom, cuma
    ngusilin FBH tengil. secara
    pribadi ane ngga benci
    merk honda.
    sekali lagi, ane cuma
    ngusilin FBH tengil
    ########################
    salah satu gaya panci kaleng yahomo…ngusilin fbh pdhl asline gedabrus wae,kpngn pnya honda tp ga keturutan,pngn gnti raptor/cbr dr soch2an k dohc ga kturutan coz duwite abis reparasi komstir oblak,dll…bisany hnya ngebc,smbl ngimpi kpn bs bl spd impian»»»model ini bnyk dyakini tjd pd panci kaleng yahomo krn ingin gnti ga pny duwit…welcome raptor,cinta pgm fi,cinta honda jelas cinta langit biru dan brng value
    ======================================================
    wakakakaka…. tiger nye kemana oom? dikiloin?
    ane ga benci honda, tapi ane cuma mau ngusilin FBH yang dongo, salah sendiri diajakin diskusi sehat kagak pernah mau.

    FBH yang pake otak & cerdas asik aja diajakin diskusi, kagak bakalan pernah ane usilin.

    Like

  84. oooo,,jadi yg salah itu konsumennya yg bikin tangki jadi bocor,,,,susah bener ngerawat motor sport honda ya?? tapi merk lain jarang adaa yg bocor tuh, walau ada paling cuma beberapa gelintir bukan massal kayak si honda. dan gue pernah dibilangi mekanik jalanan kalo bahan baku tangki honda itu lebih tipis dari lainnya,,tengok saja scorpio, vixion, apache, bajaj,,lalu bandingkan ama tiger dan megapro, tebelan mana dan lebih cepat bocor yg mana..semua juga tau

    Like

  85. yg lebih aneh ada ”cewek” dekil jelek bernick andri dmaz putra saban hari kerjaane nge becekin honda mulu tp g kena banned ame kang iwan,, berarti emang ada ape2nye kah? 😡

    Like

  86. wakakakaka…. yang tengil pada terkencing-kencing.
    ujung-ujungnya nyerang yang punya warung.
    disinyalir habis ini mewek di warung KATANYA :mrgreen:

    Like

  87. serangan ke blogger mulai rutin neh(oknum lama). . . :mrgreen:

    ngejar insentif buat makan sampai kayak gini,sini deh tak kasih uang makan sebulan,kalo memang nda mampu jangan segitunya lah 🙂

    Like

  88. setahun yang lalu,,,,, fbh cerdas dan smart – smart,,, kemudian mereka berobat ke klinik tong pang,,,,

    hasilnya,,, sekarang fbh dah pada stress,,, maki2 kagak jelas,,, pake kata – kata porno,,, sampe2 si bloger kena maki2 juga,,,,, nggak ketinggalan bloger yang lain juga,,,,, :mrgreen:

    terima kasih tong pang,,,,

    Like

  89. 228. peyek – Agustus 27, 2012
    setahun yang lalu,,,,, fbh cerdas dan smart – smart,,, kemudian mereka berobat ke klinik tong pang,,,,

    hasilnya,,, sekarang fbh dah pada stress,,, maki2 kagak jelas,,, pake kata – kata porno,,, sampe2 si bloger kena maki2 juga,,,,, nggak ketinggalan bloger yang lain juga,,,,

    terima kasih tong pang,,,,
    ======================================================
    kenapa nama ane dibawa-bawa jadi penyebab mereka stress?

    wakakakaka :mrgreen:

    Like

  90. yamaho emang jago dalam hal becek karna ada divisi khusus nye,, beda ame fbra yg spartan militan aka individu.,

    Like

  91. ane suka dan pemilik salah satu motor honda,tapi sumpah…ane malu and muak liat komen yg kayanya FBH.kalah debat malah bicara kotor dan rendahan yg ujung2 nya serang personal ato blogger.komen ente mencerminkan otak ente semua bro…

    Like

  92. ane heran kenapa ada yg bilang ini blog ternakan suatu merk.SO PADAHAL ANE LIAT TIAP ARTIKEL IWB BERIMBANG DAN FAKTA.YG JELEK DI BILANG JELEK YG BAGUS DI BILANG BAGUS.TIDAK MEMIHAK SATU PRODUK.liat tuh para FBY,dah d katain komstir oblak,fuelfump boco dll.tp mrk tetap komen nya lmyn santun

    Like

  93. 242. ivank – Agustus 27, 2012
    ane heran kenapa ada yg bilang ini blog ternakan suatu merk.SO PADAHAL ANE LIAT TIAP ARTIKEL IWB BERIMBANG DAN FAKTA.YG JELEK DI BILANG JELEK YG BAGUS DI BILANG BAGUS.TIDAK MEMIHAK SATU PRODUK.liat tuh para FBY,dah d katain komstir oblak,fuelfump boco dll.tp mrk tetap komen nya lmyn santun
    ======================================================
    itulah bedanya FBY dengan FBH.

    #tambah menyan biar dikira ane FBY :mrgreen:

    Like

  94. Sebenernya tips nya bagus…, bukan cuma buat pengguna Honda aja, tapi bisa juga diterapkan buat merk lain.. Yaa kan..?
    Tapi yaa giniii… yg ada malah comment yg ngina2 satu sama lain.,, padahal itu tips yg berguna lho…
    Ato mungkin karna cuma Honda yaa yg ngasih tips ntuuh makanya yg lain pada sirik… 😀

    Like

  95. Konsumen kok dibikin repot, mending yg simpel aja, pabrik bikin dong tangki dgn kualitas lebih baik, merk lain bisa mossok ini gak bisa, katanya hebat.

    Like

  96. to IWB: artikel yg bagus bro…yg bocor katakan bocor, yg tangguh katakan tanagguh, gak peduli merk terkenal kalo jelek ya jelek, merk biasapun kalo bagus ya katakan baguss,,,sip IWB.

    Like

  97. artikelnya berbau mesiu, awas kobong

    tp bener tu mas klo dirawat baik ya gak cpt bocor, saya dulu make megi 4 thn g bocor tuh

    Like

  98. gampang gan, tinggal dikasih tambal panci, tanki GL series ga bocor lagi
    🙂
    *memberi solusi bagi FBH yg galau akibat tangki bocor

    Like

  99. sadis amat komentar klonengannya….

    @nwd
    gue paling suka klonengan, rusuh n bakar2an.
    tp gue konsekwen n konsisten.
    sorry yee gue ANTI FITNESSER !!!!

    *klonengannya maksa banget n terlalu nurutin hawa iblis.

    Like

  100. motor king 1995 gw ga pernah full kadang mo pake mesti pake sensor goncang2 tengki, 😀 smpe skrg uda pake vixi tuh tengki king ga karat2..posisi king di samping rumah kena ujan panas ga ada istilah bocor/karat. KALO MAU JUJUR MOTOR YANG PASTI TENGKINYA BERKARAT ATO BOCOR ITU MEREK HONDOPRET dari jaman tengki atik CB ditampel sabun.. :mrgreen: …kemana tuh kabarnya sabun batangan tsb…ampe megiprot,megipret,tigor dapet fitur hitec bocor :mrgreen:

    Like

  101. @ 29. har
    Mantap infonya mzbro….
    @ 45. ivank
    Dadakan mzbro. Padahal sempet muter-muter disana. Tasik adem ya, mantep euy…
    @ 51. tiger 26
    Sabar mz, nggak usah dianggap serius. Ambil positifnya aja. Berarti mereka perhatian hehehe…
    @ 208. ivank, 209. Andrie D MzPoetra, 211. nggandenz, 216. joko
    Thank you dukungannya brosis. Sorry kalau ada komentar miring telat dikarungi. Btw insyaallah tetap semangat ngeblog koq. Debat bebas, selama tidak nyerang personal dan kata-kata kotor. Maturnuwun….

    Like

  102. @bro iwb
    gue suka komentar di warung ini krn gak pake moderasi….
    tp syng jadi sasaran empuk buat para fitnesser (tukang fitnah) muka lama/muka baru.
    kalo bgni jadinya, gue saranin gmana kalo dicoba pake moderasi komentar ????

    Like

  103. @ 227. ●○ qwerty ○●
    Kalau memang untuk kebaikan bersama, saya ngikut saja. Tapi apakah nyaman buat mzbro semua soalnya saya tidak selalu bisa didepan komputer…

    Like

  104. menurut gw nguras tangki paling penting, air kan lebih berat dari bensin, pasti ngendon di bagian paling bawah, lha kenapa bensin masih bisa ngucur? pastinya karena pada motor batangan ada valve on sama res, valve on pastinya ada pipa kecil rada nonjol ke atas, jadi airnya gak pernah keluar dari tangki, bikin karat de.
    dan kebanyakan desain tangki honda di pas pada sisi pinggirnya sehingga bikin ruang celah kecil tempat ngendon air.

    Like

  105. buat saya sih,biarkan seperti ini apa adanya mas iwan. . . . .oknum seperti tadi toh memang sulit dihindari,bisanya ya dibuat easy going dan fun aja,tetaplah ngeblog seperti biasa sampeyan lakukan,semua juga tahu blog IWB ini netral,ringan mudah difahami,serta bermanfaat. . .

    hanya karena 1-2 oknum yang terkesan “membenci” sampeyan,kenapa harus pusing,at last. . . .who care? 😀

    Like

  106. yamaho motornya, yamahal harganya, yamalu pakenya, yamogok jalanya, yambledug mesinya, yahomo orangnya,..

    Like

  107. iya juga sih @bro iwb n bnr juga apa yg dibilang @sis andrie.
    kalo bgtu yahh harus lbh sabar lagi tentunya.
    😀
    ketahuan kok mana yg gampang kelojotan?
    😀

    *smbl ngelirik oknum fb anu.

    xixixixi

    Like

    1. @ Andrie & ●○ qwerty ○●
      Siapp, bener juga. Insyaallah saya sabar koq. Maturnuwun supportnya brosis…
      @ nofgy
      Tq bro..

      Like

  108. Satar Bikers pada Agustus
    27, 2012 pada 4:44 PM
    PENYAKIT HONDA MAH
    SERING BOCOR…MOTOR
    SAMPAHHHH
    #####################
    dengkulmu ambleg! bru bs naik spd roda tiga ae,ngenyek.sontoloyo!
    *mas iwb
    iya,mas…cm gatalno ati ae komene kunyuk kunyuk kutu kupret,paling2 pngn pnya spd ae sek ngrengek ama bpk mamaknya…klopun ada grombolan panboy yahomo ddpn ane skrg,ane tata satu per satu model pin bowling mcm qwerty,peyek,satar kemproh,mildut,grombolan kutu kupret yahomo trmasuk andri skalian wes tak tabrak ma tiger ksyangan…blung,glutak semburat kmana2 persis pin bowling,hmm…mencret kalian pada!

    Like

  109. humadiatasbukit pada
    Agustus 27, 2012 pada 6:17
    PM
    emang kenyataan begitu,
    honda tiger, gl pro,
    megapro tangkinya suka
    bocor.. mau gimana lagi?
    kenyataan koq. kalo merk
    lain, jarang terjadi hal
    seperti itu.
    #######################
    knyataan yg mana!ente uda survei tah ama smua pengguna tiger?apa spd ente?klo cm tau dr crt,ga usa omong ente…

    Like

  110. ini si tigong ngomong apaan ya…
    lagi nyerocos kagak karuan ampe iler nya keluar tuh.. wkwkwk 😛
    mana mau nabrak gerombolan lagi.. ane takut nya bukan nya orang yg di tabrak cedra..eh malah motor ente yg amburadul penyoknya… toh.. kan kaleng biskuit doang. sentil dikit penyok deh. salam penyok aja ya nyok.

    Like

  111. Tanki saia(p200) gag pernah tak rawat(>4th) no problemo,… Isi bensin juga paling 40rb/minggu(sampai res bru isi lgi)..
    Intinya kwalitas tutu tangki yg bagus & tidak mengizinkan air masuk,..(pulsar saia ada pipa drainase dri leher tutu tangki, shg air yg nekat masuk langsung lolos ke bawah tangki/tdk bsa masuk kdlem tangki..

    Like

  112. tiger26: maaf mas, aku pernah punya tiger 1996, dan bapakku jg pernah make gl pro, sama2 bocor tangkinya, disekitar kran bensin. ini fakta mas, ngga bohong. saya sekarang juga bisa disebut FBH loh, karna motorku sekarang honda 😀 tp aku ngga gila merk.. karna bagiku itu cuma alat transportasi yang kebetulan bermerk honda. 🙂

    Like

  113. musti hati2 kalo ketemu motor tiger yang mencurigakan. . . .disinyalir itu tiger 26,masa saya dikira pin bowling,mau ditabrak biar guling2 😯

    saya sudah mulai hondatigerophobia ini. . . . . 😆

    Like

  114. yamahal harganya, yaboros bensinnya, yamogok jalannya, yamalu dorongnya, yahomo ridernya, yamodar nasibnya, yamimpi kencengnya, yambledug mesinnya says:

    motor honda bagus semua.. supra gw udah 8 tahun msh awet.. terbukti honda emang mesin paling awet.. makin cinta gw sm honda.. merk yg laen sih kelaut aje !!
    klo yahomo sih biarpun rajin ke bengkel tetep aja penyakitan !

    Like

  115. 249. yamahal harganya, yaboros bensinnya, yamogok jalannya, yamalu dorongnya, yahomo ridernya, yamodar nasibnya, yamimpi kencengnya, yambledug mesinnya – Agustus 27, 2012

    motor honda bagus semua.. supra gw udah 8 tahun msh awet.. terbukti honda emang mesin paling awet.. makin cinta gw sm honda.. merk yg laen sih kelaut aje !!
    klo yahomo sih biarpun rajin ke bengkel tetep aja penyakitan !
    ———————————————
    lah lakok ginian yg nongol…males ah…buang2 energi…

    Like

  116. yamahal harganya, yaboros bensinnya, yamogok jalannya, yamalu dorongnya, yahomo ridernya, yamodar nasibnya, yamimpi kencengnya, yambledug mesinnya says:

    ah lebay nih bloger, cuma 1 motor doang yg bocor digede2in ceritanya.. yg bocor itu cuma yg cacad produksi & orangnya pakenya gak bener.. itu jumlahnya cuma 1 banding sejuta.. ato mgkn abis kecelakaan jd gampang bocor..

    Like

  117. @miko

    dah… nggak usah di tanggapi om…
    biarin aja dia menggonggong sendiri…
    ntar juga dianya juga mati kok….

    *mancing mania…… mantap….!!

    Like

  118. 253. peyek – Agustus 27, 2012

    ambil sisi positipnya ajalah….
    untung ane nggak punya motor tiger….

    dikasih juga ane ogah….

    …………………………………………………………………………………………

    dikasih ngga apa-apa om terima aja,
    lumayan kan langsung dijual,,
    :mrgreen:

    Like

  119. yamahal harganya, yaboros bensinnya, yamogok jalannya, yamalu dorongnya, yahomo ridernya, yamodar nasibnya, yamimpi kencengnya, yambledug mesinnya says:

    buset yamahoax niat bgt sewa komentator tukang fitnah & ngibul di internet.. pantes aja harga motor2nya mahal, ternyata untungnya buat biayain keledai2 ngoceh

    Like

  120. ciaaaaa

    iya juga ya om…..
    jualnya ke nelayan om…
    pasti laku mahal…..

    lumayan kan…. bisa buat rumpon….

    *mancing mania….. mantaap!!!!

    Like

  121. 259. peyek – Agustus 27, 2012

    ciaaaaa

    iya juga ya om…..
    jualnya ke nelayan om…
    pasti laku mahal…..

    lumayan kan…. bisa buat rumpon….

    *mancing mania….. mantaap!!!!
    ……………………………………………………………………………………….

    yoyoy
    :mrgreen:
    mantaaab,,,
    poping dulu aaah,
    xixixixixixixixii

    Like

  122. 259. peyek – Agustus 27, 2012

    ciaaaaa

    iya juga ya om…..
    jualnya ke nelayan om…
    pasti laku mahal…..

    lumayan kan…. bisa buat rumpon….

    *mancing mania….. mantaap!!!!

    =====================================
    pantes di laut banyak bangke motor GL200 picek kekekekek…
    kirain korban kecelakaan, gak taunya emang dilempar ame aktifis WWF hehehe…

    Like

  123. Tip buat pengguna sport agar terhindar dari karat,janganlah suka ngisi bbm jenis premium disamping kwalitasnya jelek tapi juga ikut memakan subsidi orang gak mampu.
    Tiger ane udah hampir 4 thn tapi masih fine2 aja,ane gak pernah kuras2 tangki tapi kuncinya ya jangan pakai bbm bersubsidi agar tangki awet…………………………………………….
    “salam broderhood”

    Like

  124. 269. peyek – Agustus 27, 2012

    ^ sama om… ane juga bangga pake tiger…..
    tapi itu 19 tahun yang lalu…..

    ———————————————————————–
    19 yang lalu perasaan tiger lum brojol mas…………………………….
    “salam brotherhood”

    Like

  125. wah udah jarang yach sales handongo kalah debat suruh liat MS!!! nyang ada skrg kalah debat maki2 serang blogger!!! :mrgreen:

    Like

  126. tuh atas ane bilang..tiger the best..pasti walau gimana pun jelek nya tiger..walau kayak besi kiloan karatan.walau kaleng biskuit doang..yg penting the best. beast is the best.
    fanatik buta honda= FBH.
    sesuatu yg ane suka dari FBH

    Like

  127. 268. tiger250 – Agustus 27, 2012

    Walau pake kaleng krupuk sekalipun,ane bangga pakai tiger……………..tiger is the best.
    “Salam broderhood”

    …………………………………………………………………………………………..

    iaa om,,,
    masih mending laah,
    dari pada komentnya om tiger 26,,

    “salam satu aspal”

    Like

  128. ciakakakak!!! kaleng krupuk + prestige seharga 8 jetong = tigong!!! tetap laku koq!!! khan honda!!! 😆

    Like

  129. 272. variongorok – Agustus 27, 2012

    tuh atas ane bilang..tiger the best..pasti walau gimana pun jelek nya tiger..walau kayak besi kiloan karatan.walau kaleng biskuit doang..yg penting the best. beast is the best.
    fanatik buta honda= FBH.
    sesuatu yg ane suka dari FBH
    ————————————————————————————–
    Tiger is the best buat ane,walaupun tiger kayak besi kiloan,lemot tangki yang katanya bocorlah tapi bagi ane tiger is the best,buktinya mudik kemarin dari pemalang kira2 jam 6 pagi sampai jakarta jam 12.40 tiger ane terus digeber nonstop tanpa istirahat tapi masih fine2 aja.
    “Salam broderhood”

    Like

  130. 276. tiger250 – Agustus 27, 2012

    272. variongorok – Agustus 27, 2012

    tuh atas ane bilang..tiger the best..pasti walau gimana pun jelek nya tiger..walau kayak besi kiloan karatan.walau kaleng biskuit doang..yg penting the best. beast is the best.
    fanatik buta honda= FBH.
    sesuatu yg ane suka dari FBH
    ————————————————————————————–
    Tiger is the best buat ane,walaupun tiger kayak besi kiloan,lemot tangki yang katanya bocorlah tapi bagi ane tiger is the best,buktinya mudik kemarin dari pemalang kira2 jam 6 pagi sampai jakarta jam 12.40 tiger ane terus digeber nonstop tanpa istirahat tapi masih fine2 aja.
    “Salam broderhood”

    ………………………………………………………………………………………….

    bro rumah ane kaga jauh ama jalan pantura,,
    jujur ane liyat kebanyakan motor sport didominasi oleh yamaha,,
    pemudik rata2 make pikson,
    bahkan berani adu geber ama tiger kebanggan ente,,,
    padahal beda cc,,,

    klo bebek you know laah,
    pabrikan mana dijuluki raja bebek,,
    :mrgreen:

    oce mas broooww

    Like

  131. @tiger250
    saya salut dengan sampeyan. . . .di hantam beberapa kali pun masih stay calm. . .tapi terus memberikan kelebihan yang sampeyan punya 🙂

    ini baru tiger fans sejati,harus seperti ini,ga kayak yang satunya. . .ngertinya cuma unity 2 pride tog,plus udah punya niat jelek aja buat nabrak orang

    Like

  132. tigong is the best!!! mau bocor kek tangki, mau geter kek body, mau luntur kek body, mau berisik kek rantai, mau mahal kek harga (baca : operpret), mau djiadoel kek!!! tetap saja tigong tiada tanding!!! karena apa??? merknya honda sich!!! bajay dikasi merk honda dijamin laku!!! 😆

    Like

  133. sulit dipungkiri!!! kekuatan merk memang dahsyat!!! buktinya kemaren sedang ngobrol2 soal mongtor sprot!!! ech ada temen nyang masih awam berkata “ngapain beli ninja??? ga sekalian CBR 250 aja???” pas aye tanya pura2 ga tau apa kelebihan CBR 250 dia jawab gini “khan merknya honda!!!” dalem hati ngakak!!! tapi karena teman aye cuman aye kasi pencerahan aje!!! 😆

    Like

  134. 283. iwak tempe – Agustus 27, 2012

    lama lama banyak sampah semua…komen cuma pada nyampah…apa nggal malu sama mbak-mbak…!!!
    ——————————————
    lah ini lagi gak nyadar ngatain produknya sendiri HOND-SAM…

    Like

  135. bro rumah ane kaga jauh ama jalan pantura,,
    jujur ane liyat kebanyakan motor sport didominasi oleh yamaha,,
    pemudik rata2 make pikson,
    bahkan berani adu geber ama tiger kebanggan ente,,,
    padahal beda cc,,,

    klo bebek you know laah,
    pabrikan mana dijuluki raja bebek,, :mrgreen:

    oce mas broooww
    ————————————————————————————-
    sory mas bro anda kan cuma liat doank,kalo anekan pelaku langsung jadi lbh tau saya,emang pengguna vixion selama mudik banyak tapi sejauh yang aku temui gak ada satupun vixion yang berani ngajak geber2an dengan ane…………..
    Biker2 yang selama ini nganggap motornya paling top tapi kalo sudah jarak jauh nyalinya down semua,tapi sekali lagi ane bangga dengan tigerku ternyata yang selalu dicemooh motor lemot tapi bukti dilapangan sungguh jauh dari kenyataan.

    -Tiger is the best-

    “Salam broderhood”
    Selalu hati2 dijalan,jangan terprovokasi pengendara lain,semoga selamat sampai tujuan.

    Like

  136. siip deh buat om tiger yang ini…
    tapi sayang… tetep aja kayak katak dalam sumur…..
    :mrgreen:

    lanjutkan bro……..

    Like

  137. @tiger
    sayang ya om…
    kita nggak satu kota….
    kalo nggak ane pingin jg sparing tiger ente sama pikson jadul ane…

    soalnya.. pikson jadul ane makanannya ya.. ngasepin tiger2 kayak punya ente….

    Like

  138. Kalo mancing2 di blog mah,gak bakalan dimakan umpanya,soalnya gak bisa dibuktikan/bisa dibikin2/takut dicap hoax,tapi kalo di lapangan ane pingin dipancing2 tapi sayang gak ada yang mau mancing. Tiger is the best………………………… Saran buat brother semua selama riding kendalikan emosi,jangan terpancing gaya rider alay dijalan.

    “salam broderhood”

    Like

  139. tiger
    sama om.. ane juga… 🙂
    kalo dilapangan.. tiger kenyang makan asap ane kepretin…
    tapi kalo FU…. ane akuin deh… pikson jadul ane nyerah… itupun kalo jokinya gape… 🙂

    Like

  140. tiger250 pada Agustus 28,
    2012 pada 7:38 AM
    Kalo mancing2 di blog
    mah,gak bakalan dimakan
    umpanya,soalnya gak bisa
    dibuktikan/bisa dibikin2/
    takut dicap hoax,tapi kalo
    di lapangan ane pingin
    dipancing2 tapi sayang gak
    ada yang mau mancing.
    Tiger is the
    best………………………… Saran
    buat brother semua selama
    riding kendalikan
    emosi,jangan terpancing
    gaya rider alay dijalan.
    “salam broderhood”
    ######################
    hebat ente,bro…bs sabar ngadepi kunyuk2 yg br bs naik spd motor alay yamaha…mana rmh ente,bro?monggo,silahkan mampir klo k jember…

    Like

  141. Roy (X-Road Wannabe –
    Trellis Edition) pada
    Agustus 28, 2012 pada 7:55
    AM
    @peyek
    lawan tiger mah cukup
    pake F1ZR om… mayan tuh
    buat malu2in motor
    batangan 200cc…
    @tiger 26
    persentase tiger yang
    tengki bocor ama scorpio
    brapa dibanding brapa om?
    ##################
    klo ente tnya spt itu,ane kgak bs jwab,ane ga prnh survey dan knyolnya grombolan ente yg menjustis bnyk tiger tangki bocor..khan kebalik,justru bibir ndower panboy koplak,kemplo,sotoy,songong,bego yamaha yg bocor…sori,buat ane tiger sll d hati,kgak rewel d ajak turing jos banyuwangi to jkt…brtaun2 setia menemani ane lbh lama dr istri ane…
    *panboy koplak yahomo»u can go to the deep blue sea…die like u’r f**k bike

    Like

  142. Tobat ma tangki Honda ms IWB,tipis minta ampun,dulu megapro-ku jg gitu, bocor parah,padahal yg namanya tangki ga pernah kosong, motor2 laen jarang berkasus tangki bocor, yg terpenting adalah komitmen pabrikan Honda ut meningkatkan kualitas ma ketahanan material tangki,soalnya lsg kontak ma udara luar, so …jgn kecewakan konsumen…..

    Like

  143. Tipsnya mantap mas IWB..Thanks y walaupun ane belum pernah ngalamin trouble ama tangki Honda ane tapi ini bisa jadi pengetahuan yang ok…

    Like

  144. tips nya sangat berguna,nyaris ane kaga tau tuh penyebab dari kerusakan tanki,,mulai sekarang ane bakal ikutin dah tips merawat tanki bahan bakar ala honda ini…makasih honda

    Like

  145. well, tips ini sangat bermanfaat buat honpret sprot secara khusus dan tentu saja TIDAK DIJAMIN berhasil. Hanya, mudah2an MEMPERPANJANG WAKTU jatuh tempo kebocoran.

    sambal one hurt

    Like

  146. Kalo tangki bensin CS1 ane pernah bocor di bagian saluran keluar tempat nyolokin selang bensin(nipel-nya?), akhirnya lem besi yang bertindak. kini cat rangkanya mulai retak-retak, sedikit karat bagaikan ragi jamur.

    Like

  147. 270. tiger250 – Agustus 27, 2012
    269. peyek – Agustus 27, 2012

    ^ sama om… ane juga bangga pake tiger…..
    tapi itu 19 tahun yang lalu…..

    ———————————————————————–
    19 yang lalu perasaan tiger lum brojol mas…………………………….
    “salam brotherhood”
    =====

    maaf mas bro sebenernya 19 taun lalu (1993 akhir) si tiger udah nongol kok, cuma resmi dan boomingnya taun 1994 yg sampe sekarang teknologinya tetap dan nyaris tanpa perubahan tapi dengan harga yg selalu naik disertai kualitas yg selalu turun dibanding tiger masa lampau. itu faktanya

    Like

  148. untuk masalah bocor-bocoran emang banyak kasus kejadian di tiger & megapro yang jarang terjadi di motor” laen. Jadinya gag salah juga kalo masyarakat nge-cap ni uda jadi penyakit bawaannya gl-series. Temen” ane pengguna gl-series juga banyak yang bener” ngalamin kasus bocor tangki.
    Ane jg pake tiger 2005 yang untungnya gag kena kasus bocor tangki, tapi ane gag mungkirin (IMHO) emang kayaknya material tangki kualitasnya kurang dibanding yang laen

    Like

  149. sebenarnya sangat2 mudah mencegah tangki honda ga bocor,klo ga mau repot kuras tengki 4 bulan sekali/pas cuci stim ga mau disemprot tutup tangkinya ya paling mudah bikin aja tutup taangki dari bahan kulit jok(buat di tukang jok dibikin pola nutup setengah tangki dari atas(sekalian bisa lindungi cat tangki bag atas).otomatis tutup tangki tertutup n aman dari air masuk lewat pernafasan di tutup tangki pas hujan/pas di steam)dijamin bertahun tahun ga bakal kuras tangki n tangki ga bocor,karena penyebab tangki bocor kususnya di motor sport honda yaitu bukan karena tangki kosong/isi bensin cuma dikit,tapi karena ada air yg masuk ke tangki n ga dikuras segera,air akan mengendap di bawah(karena berat jenis air lebih berat dibanding bensin)akirnya air menimbulkan karat(karena bahan tangki tidak anti karat),makanya yg bocor pasti di tangki bagian bawah klo karatnya karena isi bensin dikit2 pasti bocor bag atas juga kan?n itu ga terjadi,(pengalaman bertahun2 pake motor sport honda ga pernah ngalamin tangki bocor),n untuk yg bilang tiger diasapin fu wah ga juga bos,hehe,klo sekali lagi klo tiger normal(tanki normal,kanvas kopling normal di jamin fu lewat)sering adu tiger standar lawan fu mesin standar karbu keihin pe 28 n cdi brt hasilnya fu lewat dari satart ampe finish,(lokasi pemda cibinong),oh ya sekali lagi klo pun tangki dah bocor solusinya juga banyak bos,klo lom parah bisa dilem pake lem plastik stell,klo pun dah melebar bisa dilas di tukang tangki sekitar 100 ribu dah dilas muter n plat karat bag bawah di ganti baru,so lebih murah dibanding beli tangki plus stripingnya,n klo dah ok ya jgn lupa rajin dikuras /dibikinin penutup tangki dari kulit jok tadi,kusus untuk sport injeksi honda dah ada saluran air dari dekat lobang isi bensin klo ada air masuk air akan lgsg dibuang ke bawah,/keluar tangki,n untuk motor2 pabrikan lain yg katanya kuras tangki dah ga usum jgn gitu dulu bos,vixi sodara saya pernah habis isi bensin di salah satu pom bensin malah brebet karena ada air masuk ke tangki dlm jumlah lumayan(kemungkinan tampungan bensin pom tsbt terkontaminasi air),so walo mu ngkin ga nimbulin karat(karena ada anti karat)tetep aja brebet kan klo kecampur air,makanya kuras tangki tetep perlu,piss

    Like

  150. oohh…
    baik juga ya honda bisa mengeluarkan tips untuk merawat sepeda motor biar ga cepet haus sama bahan bakar..
    patut diikuti,biar motor kita jadi irit hemat kantong deh!!!

    Like

  151. gua dulu pake honda gl 100 thn 79, trus gl pro blck e thn 92 sekarang pake tiger 2008, kasus tangki kropos and bocor pada honda memang tradisi honda dari dulu kala krn kualitas tangki rendahan padahal harga tangki honda selangit, untuk tangki tiger 2008 di medan harganya 650 rb/net itupun setengah mampus keliling mencarinya…seminggu baru dapat!!!!!!!!!!! para petinggi honda cuek azza krn masalah tangki honda gak pernah masuk ke otak mereka…ini murni pengalaman sejati saya pake honda.

    Like

  152. Sudah saya coba cuci tangki k dealer resmi honda , motor saya adalah Vario PGM-FI 125 ,
    Tetapi , setelah saya cuci tangki , besoknya saya mengisi bensin sebesar RP.30.000 , dan akhirnya sesampai saya d rumah , ternyata bensin tersebut bercucuran , karena bengkel dealer resmi honda benar” tidak mengecek setelah d cuci , hal ini dapat membahayakan nyawa seseorang .

    Like

Leave a comment