Ediannn….pulang keYogya butuh 24jam!!

Jalur Selatan pada tanggal 16 Agustus sudah padat merayap

Mudik kali ini bisa dibilang record luar biasa. Para pemudik yang pulang pertanggal 17 kemarin dihadapkan pada kondisi semrawutnya manajemen Pantura. Dari berbagai info yang masuk keIWB, polisi seperti kebingungan kudu berbuat apa atas membludaknya jumlah kendaraan yang datang dari barat. Dan yang menjadi korban adalah para biker. Kendaraan roda dua banyak dilempar kejalan-jalan alternatif yang trek-nya kurang memadai. Debu serta panas menyelimuti wajah-wajah mereka yang sudah lelah. Mirisnya, macetnya mudik kali ini menimpa dua rute sekaligus, Selatan dan Pantura….

Ketika IWB melintas dijalur Selatan dari Tasikmalaya menuju Bandung pada tanggal 16, jalur dari arah berlawanan memang sudah menunjukkan gejala padat. Mobil, bus, truk, motor  bercampur menjadi satu berdesak-desakan dijalur aspal yang sempit. Minimnya petugas pengatur lalu lintas membuat semua semakin lengkap. Untung dibeberapa tempat banyak tempat istirahat yang disediakan oleh beberapa pabrikan besar tanah air untuk para biker. Sebagai contoh yang paling sering ditemui adalah Balai Santai Honda. Rest area eksklusif untuk melepas penat akibat kejamnya jalanan jalur Selatan ataupun Utara….

Kesadaran safety masih jauh dari harapan….

Dengan  melihat langsung kondisi BSH (Bale Santai Honda)…..tidak diragukan membuat betah siapapun yang singgah. Didalam pos berlapis plastik vinyl tersebut dilengkapi berbagai macam fasilitas seperti Playstation 3, TV LCD 42inch, mesin pijat elektric, AC, kipas angin, sofa, karpet untuk tidur,  mushola mini, riding simulation dll. Piye ora kriyep-kriyep ngantuk rasane :mrgreen: . Banyak biker yang mampir untuk sekedar melepas lelah, cek kondisi motor bahkan potong rambut. Walah…maksude??…

Yup…untuk kategori BSH eksklusif, Honda menyediakan tukang cukur gratis (dibeberapa lokasi). Selain itu peta mudik juga disiapkan agar brosis yang kebingungan arah tidak tersesat. Makanya para biker terlihat sumringah kendati kudu bergelut dalam kemacetan. Hawa adem, seger, serta menghibur. Btw…apa yang ditawarkan oleh AHM juga dilakukan YIMM. Bahkan pos-pos jaga Yamaha membuka layanan untuk seluruh motor Jepang tanpa terpatok merek. Diskon sparepart hingga 20 % plus berbagai door prize seperti Blackberry CDMA, HP Nokia dll tersedia. Sayang…..IWB tidak mendapatkan gambaran seperti apa rupa dari dekat pos mudik pabrikan garputala…..

Last.….hadirnya pos-pos jaga para pabrikan bisa menjadi pelipur lara bagi para biker yang terkatung-katung dijalanan. Sebab mudik tahun ini memang menguras tenaga. Gimana nggak…IWB mendapatkan info dari teman bahwa saudaranya yang pulang keYogya membutuhkan waktu hingga 24 jam untuk tiba ditujuan. Opo ora ediannnn!!.  Lalu lintas yang tidak bergerak, ditambah banyaknya porsi istirahat akibat kelelahan menjadi biang kerok lambatnya perjalanan. Bentuk kegagalan pemerintah???. Gimana menurut brosis semua??…..(iwb)

Advertisements

76 thoughts on “Ediannn….pulang keYogya butuh 24jam!!

  1. mas iwb knapa waktu ke tasik ga mampir dulu ke tempat saya :mrgreen:

    #minal aidzin ya (FBH,FBY,FBS,FBK,Para sales,& pengunjung setia warung IWB) 😉

    Like

  2. Ke sukabumi aja dr kuningan jakarta butuh waktu sampe 8jam yg bisa ditempuh waktu normal 2jam..!! Gimana tdk uedan ъяö IWB.. Inilah kegagalan pemerintah, infrastruktur jalan terbengkalai…

    Like

  3. mending kang iwan, sepupu ane perjalanan dari jakarta -> madiun pake bus brangkatnya jum’at pagi sampeknya tadi siang, gilak emang macetnya, huft -_-

    Like

  4. bonceng anak (di depan) g boleh ya ? apa harus naik kendaraan umum buat mudik ? berat mas…
    selamat iedul fitri mohon maaf lahir batin.

    Like

  5. untung g jadi mudik sekarang kang..
    malahan kemaren sepupu ane dari kerawang sekeluarga pake mobil siang H-2 smpe ini baru nyampe blora(total3hari 2malem krawang-blora).ini baru mudik beneran..
    berasa bgt??..

    Like

  6. Bukan kegagalan pemerintah juga sih tapi ini adallah tradisi yg udah mengakar sampai ke alam bawah sadar kita tentang berlebaran bersama keluarga di kampung lbh gmn gtu . .
    ^.^V

    Kalo masalah macet, malah sebagian orang menganggap kalo mudik ga mcet ya bukan mudik nama nya
    ^^ ya mudik itu baik
    Itu pendapat ku, apa pendapat anda???
    😛

    Like

  7. jangan salahkan pemerintah nya…. namanya juga tradisi mudik, macet itu dah biasa pas lebaran terutama di jalur2 mudik… itulah indahnya lebaran, keinginan berkumpul dgn keluarga di kampung halaman mengalahkan rasa capek dan penat selama di perjalanan 🙂

    Like

  8. Ngeliat foto kedua, ibu2 dibonceng pake tas ransell full load depan belakang, udah gitu dibonceng ama motor bebek lagi……rasanya pasti amat sangat menyiksa. Semoga pinggang dan punggung serta kakinya kuat…. 😦

    Like

  9. @ 10. dinard
    Asli betah bro…apalalgi kalau sudah main gran turismo atau winning eleven pakai PS3 xixixi
    @ 11. culun
    Waduh…sampeyan jebule rumah Tasik ya bro. Kapan2 deh mampir….
    @ 12. endo
    Byuhhh…luwih edan maneh iku
    @ 17. casey zahed 27
    Walah….record tenan mzbro, jadi dua dong yah
    @ 19. gydor
    Emang berat diongkos mzbro…
    @ 20. ax125
    Nggak mudik bro. Jogo kandang xixixi

    Like

  10. Rest area yamaha bagi-bagi carbon cLeaner gratis mas, pLus 1 botoL soft drink, 1 kaLeng Liang teh cap pa***, kopi…..Lumayan buat tambah oLeh-oLeh.xixixi

    Like

  11. Kalau semua energi harus dikerahkan untuk mikirin mudik kayak kurang kerjaan aja pemerintah. Mudik ya siap2 macet dah.. diterima aja kondisinya. Kalau gak mau kena macet gak usah mudik pas lebaran.. hehehe…

    Like

  12. sekedar saran, kl mau ke jogja bagus lewat pantura, di weleri baru belok ke arah magelang. Pantura lebih dekat dan bisa full speed, jalan lebih lebar dan aman soalnya ada sparator jalan di banding jalur selatan yg sebagian besar cuman 2 jalur. Saya ke yogja butuh waktu 12 jam kondisi lancar sesekali istirahat di SPBU pake KAZE 2001

    Like

  13. selama pemerintah belum bisa menyediakan jalanan yang layak dan angkutan yang murah dan nyaman mudik motor akan semakin mbludak, sugeng riyadi kang.

    Like

  14. kliatannya mudik tahun ini lebih parah.. kendaraan yg makin bertambah tak diimbangi dg infrastuktur yg memadai..
    24 jam k Jogja, msh mending naik kereta trans siberia..

    Like

  15. @katrok ndeso,
    lewat weleri – sukorejo – ngadirejo – parakan – temanggung – magelang, kalo malam horor mas bro, khususnya yang dari weleri sampai ngadirejo, soalnya daerah pegunungan, perkebunan yang minim penerangan, belum lagi jalan relatif sempit & berkelok kelok.
    Dari ngadirejo – parakan – temanggung sampai kota magelang jalan relatif sempit tapi penerangan sudah mending.
    Setelah kota magelang (dari Artos magelang) sampai palbapang muntilan jalan udah lebar, mulus, penerangan lumayan dan ada separatornya ditengah.
    Dari palbapang muntilan sampe jogja meskipun tanpa separator tapi jalan cukup lebar (4 ruas dibagi 2) penerangan lumayan.

    Like

  16. Saya kemarin mudik pakai motor dr Tangerang ke Brebes makan waktu 17 jam…!! Waktu istirahat diCirebon iseng2 ngobrol sama pemudik yg pakai mobil. Katanya dia dari Jakarta sampai Cirebon harus ditempuh selama 24 jam perjalanan.
    Apa nggak gila tuh…!!

    Like

  17. parah banget ada yg menyalahkan pemerintah segala…
    emang gitu bro seninya mudik pasti macet, bayangin aja kendaraan makin hari makin bertambah terus, sedangkan jalan cuman itu aja ga ada penambahan. gimana ga macet. harap dinikmatin aja dan bersabar.
    selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir bathin bro IWB. dan buat semua fansboys dan pengunjung setia.

    Like

  18. wah tu sih msh wjar om, sodara Q kena mcet di cirebon mpe 2hari. Pda hal cma mudik ke tegal yg normalnya bth wkt pling 2 jam dr cirebon ke tegal.

    Like

  19. mas iwan masih mending saya yg cuma kebrebes tegal biasanya paling lama 7jam an nah mudik tgl 16 kemaren mpe tgl 18 dan menempuh perjalanan sekitar 32 jam
    Hadeh

    Like

  20. Dari Cikarang ke Jogja ane 18 jam gan, berangkat kamis siang. Lewat pantura, macet di indramayu, cirebon, habis itu lancar sampai pekalongan macet lagi sampai batang. Sampai di weleri jam 4 pagi, masuk ke pegunungan jalan berkelok, hawa sangat-sangat dingin gan, istirahat bentar subuh di parakan , lanjut sampai ke Sleman jogja tiba jam 7 pagi.
    Riding dengan FU bersama mio. Fu habis 12litr pertamax. Mio 10litr pertamax. Jarak tempuh 520km.
    Macet tahun ini mirip macet th 2009.

    Like

  21. @ 36. Ndut
    Walah…lumayan tenan. Sehari balik 10 kali dah dapat carbon cleaner 10 tuh xixixixi
    @ 37. riri
    Bukan menyalahkan mzbro. Hanya memberi masukan pemerintah agar lebih memperbaiki infrastruktur soalnya banyak saya liat jalan yang belum kelar diperbaiki atau malah rusak padahal sudah tahu akan adanya musim mudik. Tapi tetap, kita acungin jempol buat para petugas dilapangan yang sudah rela meluangkan waktu berlebaran mereka untuk bertugas….
    @ 38. Kuli canggih, 39. lanangbagus, 49. Wiro Sableng,
    Walah…jebule lebih edan lagi
    @ 40. idadzzz
    Sabar bro…eksplorasi dipuas-puasin dulu biar artikel komplit.
    * Btw kayaknya penasaran bener nih :mrgreen:
    @ 56. Rony
    Sama-sama bro
    @ 59. frontdiskbrake
    Wis update bro hehehe
    @ All
    Ternyata teman saya 24 jam nggak ada apa2nya ya bro ckckck….

    Like

  22. Puji tuhan saya ucapkan kepada TUHAN YESUS dan saya sekeluarga sangat berterimakasih banyak kepada (KI SANTOJOYO) atas bantuannya saya bisa menang togel dan nomor ghoib yg diberikan AKI bener-bener dijamin 100% tembus..dan saat sekaran kehidupanku jauh lebih baik dari sebelumnya. semua hutang2ku sudah pada lunas semua,,!!! jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi (KI SANTOJOYO) di (0852-1159-9919)atau klik website ASLI KI SANTOJOYO di http://arjem-sgp.blogspot.com inilah kisah nyata dariku..PAK,YOHANES DI PAPUA.

    Like

  23. Mas Iwan selamat Idul Fitri….mohon maaf lahir batin. Menurut saya sih ada kemajuan…semua bisa pake kendaraan pribadi….tinggal infrastruktur…semua maklum jalanan macet 🙂

    Like

  24. saya malang semarang yg biasanya 11 jam kalo pas lebaran gini cuman 6-8 jam lewat pantura. soalnya jarang banget ada pemudik jatim-jateng dan sebaliknya yg lewat pantura. biasanya yg bkin lama juga itu truck besar sedangkan pas mudik gni truknya pada libur

    Like

  25. alhamdulillah dah sampe rumah lagi, berangkat Jkt – Purwokerto tgl 16 malam pk 24.00, 10 jam udah sampe, lwt Jonggol – Padalarang – tol Padaleunyi keluar di Buah Batu ambil arah Cirebon – Majalengka – Rajagaluh – tol Cirebon mentok smpai Pejagan. Teman ane brangkat pk 9 malam jam 9 pagi msh mentok di Pemanukan, xixixi.

    Pulang, Majenang – Jkt, brangkat kemarin sore pk 18.00, 8.5 jam udah smpai d Cengkareng rumah ortu, via Ciamis – Kawali – Majalengka – Kadipaten – Cikamurang – Subang – Sadang – tol Cikampek, lancar jaya ga pake acara macet di Gentong – Nagrek, hehehe.

    Minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir & bathin utk rekan2 penghuni blog ini.

    PS: Ga pada tempatnya hanya semata2 menyalahkan pemerintah masalah macet d saat mudik Lebaran, smw pihak turut andil, termasuk diri kita pribadi. Bila saja uang subsidi BBM yg cma dibakar jd asap bisa dialihkan utk pembangunan insfrastruktur jalan tol, ane yakin jalan tol yg menghubungkan kota2 besar d smw pulau2 besar Indonesia sudah bisa terbangun dlm waktu kurang dari satu dekade, dgn biaya pemerintah, tanpa perlu dana swasta, dgn tarif yg murmer (krn hanya utk pemeliharaan). Tapi apa mau dikata, masyarakat Indonesia udah jadi pecandu subsidi BBM, ya nikmatin aja tuh bermacet2 ria saat Lebaran.

    Like

  26. menarik dan berguna banget yah < AHM selalu mengerti banget apa yang di perlukan pemudik ,..
    fasilitas yang disediakan membuat lelah terbayar ,.. pokoke , lebarannya jadi dah .

    Like

  27. jalannya segitu macetnya kapan ya sampe kerumah itu orangnya???
    kasian ya..dimusim lebaran gini yang mudik hanya capek dijalan ajha..

    Like

  28. Kemacetan yg hampir tjd tiap mudik n tiap saat di pantura n di kota2 besar disebabkan krn pemerintah gagal menyediakan transportai umum yg murah n nyaman serta kegagalan dlm pengaturan kebijakan pembelian/kepemilikan kendaraan u warganya,warga tll mudah u memiliki kendaraan.jauh beda dg tetangga dekat singapura,yg pengurusan sim n kepemilikan kendaraan jauh lebih sulit n mahal dibanding dg harga kendaraannya dan adanya peraturan maks tiap kendaraan hy boleh digunakan selama 5 thn.efek dari itu laju pertambahan kendaraan di singapura bs dikendalikan.hemm Indonesiaku sayang Indonesiaku malang…. Jalan ditambah n dilebarin pun klo kepemilikan kendaraan makin mudah ya ttp aja macet,krn pendapatan perkapita WNI makin bertambah seiring dg pertumbuhan ekonominya,jd yaaa gitu deh…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s