Menurut Brembo…Stoner adalah raja late brake diMugello!!…

Dalam sebuah balapan…braking atau biasa disebut pengereman merupakan komponen vital bagi para pembalap. Dibutuhkan skill mumpuni serta motor dengan tingkat kestabilan terbaik agar titik pengereman bisa sedekat mungkin ditikungan. Untuk soal ini…ternyata dalam data yang direkam Brembo, pembalap HRC Stoner menempati posisi sebagai “The Best Braker” diMugello…

Kendati kurang beruntung dalam balapan kemarin, Casey ternyata menjadi pembalap yang paling gigih dan mampu menghentikan kendaraannya sedekat mungkin ditikungan. Braking zone yang sulit disirkuit Mugello ditaklukkan dengan sempurna oleh doi. Berdasarkan data yang dihimpun teknisi Brembo…memasuki tikungan yang bernama San Donato, para rider melakukan decelerating dari kecepatan puncak 357km/jam turun ke 121km/jam hanya dalam hitungan 6.1detik. Waktu tersebut mampu diraih dengan jarak sekitar 327 meter. Hhmm….pakem pol mzbro!.

Sebagai informasi…pada saat pengereman ekstrim, suhu disk karbon bisa mencapai 700 °C. Wihhhh….7 kali air mendidih tuh bro. Sebuah angka yang tidak akan mampu diterima oleh metal ataupun kampas biasa. Makanya insinyur menggunakan karbon sebagai disk plate serta keramik untuk kampas. Sudah rahasia umum keramik adalah material yang sangat kuat terhadap panas. Dan keramik pula yang menjadi andalan pesawat ulang alik NASA menembus lapisan atmosfir bumi yang terkenal ganas terhadap gesekan. Jangankan besi, batu meteor aja bisa keropos menjadi serpihan kecil :mrgreen: ……

Pada akhir balapan……semua data telemetri dikumpulkan dari berbagai tim. Dari sanalah Brembo mengetahui peringkat pembalap yang mempunyai tingkat pengereman terdekat dan terkuat pada balap Mugello kemarin. Hasilnya…cukup mengejutkan….Stoner menempati posisi pertama. Disusul Lorenzo kedua dan….raja late brake masa lalu kala diYamaha, Valentino Rossi. Jebule The Doctor masih tajam kendati soal handling kendaraannya masih dibawah duo Jepang.

Yup…ditangan Stoner, RC213V memang istimewa. Boleh saja hasil balapan kurang beruntung, namun soal skil dan kegigihan bertarung….tim HRC-Stoner masuk kategori teratas. Berikut sepuluh terbaik rider yang mampu memberikan pengereman sedekat mungkin ditikungan pada balap Mugello minggu kemarin…..(iwb)

Top ten “Brakers”:

1.Casey Stoner

2.Jorge Lorenzo

3.Valentino Rossi

4.Ben Spies

5.Cal Crutchlow

6.Nicky Hayden

7.Andrea Dovizioso

8.Dani Pedrosa

9.Hector Barbera

10.Randy de Punie

Advertisements

110 thoughts on “Menurut Brembo…Stoner adalah raja late brake diMugello!!…

  1. itu seperti data yg memprlihatkan skill seorang rider menghandle tunggangannya,….., tp disini si vale mampu mencatatkan posisi di nomer 3, merupakan sebuah kehebatan yg belum pudar…. Mengingat desmo adl motor paling susah buat late braking yg berujung susahny kestabilan saat menikung,

    Like

  2. tapi yang paling rapi dan pas menentukan titik pengereman itu Lorenzo, gaya Lorenzo ini mirip Rossi, sayang Rossi tidak didukung motornya 😀

    Like

  3. saking sempurnanya dlm pengereman sampai” gk sempurna dlm melibas tikungan:D
    coba pake tromol kayak lorenzo :mrgreen: .
    *oya btw salut dc buat stoner, coba didukung MOTOR yg semourna kayak lorenzo. D jamin deh lebih hebat dr rossi kala d yamaha dulu :mrgreen:

    Like

  4. Menurut data2 yg ada cukup membuktikan kalo ridernya lebih berperan daripada “motornya”.. :mrgreen: Mankanya stoner angin2n gitu.. Kadang bagus,, kadang enggak..
    Coba stoner pake Z1.. Eh M1…
    Sdh pd buka puasa kaann??
    :mrgreen:

    Like

  5. *oya btw salut dc buat stoner,
    coba didukung MOTOR yg
    semourna kayak lorenzo. D
    jamin deh lebih hebat dr rossi
    kala d yamaha dulu. ================================= saya tambahin Bro… Hehehe kalo sempurna harusnya Semua joki Yahama bisa didepan dong… Lha BenSpies,CrutCrot kemana ? Menurut gw yg sempurna tuh Si Lojentor bukan Yahama. paham !

    Like

  6. 38.hehehe

    *oya btw salut dc buat stoner,
    coba didukung MOTOR yg
    semourna kayak lorenzo. D
    jamin deh lebih hebat dr rossi
    kala d yamaha dulu.
    =================================
    saya tambahin Bro… Hehehe kalo sempurna harusnya Semua joki Yahama bisa didepan dong… Lha BenSpies,CrutCrot kemana ? Menurut gw yg sempurna tuh Si Lojentor bukan Yahama. paham !
    ============
    ^ :mrgreen: cara ngambil kesimpulan yg bagus. keliatan pinternya :mrgreen:

    Like

  7. h@ehehe
    Ane tambahin lagi, spek motor satelit dovi n crut itu mantap juga lho.. sayang crut-crut kadang emosian.. Pedrosa n stoner aj kekabakan d buatnya.. Hehehe :mrgreen:

    Like

  8. sayang tahun depan stoner udah ga ada,HRC juga udah teken kontrak sama marqisa,eh marquez. . .coba HRC ambil bradl yang lagi rising start,tapi ya ga apa2 lah. . . .semoga tahun depan ga cuma liat lorenzo sama Daped aja yang ngeraih podium. . .

    Like

  9. Kalo belakang tromol… ya balapan bebek aja…. Indoprix and motoprix…. dah bagus2 dikasi RDB di bebek.. eh buat balap dicopot

    Like

  10. sebenernya stoner telat ngerem karena pake RDBnya honda blade yang ga pakem jadi keliatan telat tapi sebenernya udah ngerem dari tadi tapi tetep nyorsor motornya

    *siram bensin eceran

    Like

  11. 47.AAA

    Kalo belakang tromol… ya balapan bebek aja…. Indoprix and motoprix…. dah bagus2 dikasi RDB di bebek.. eh buat balap dicopot
    =============
    Haah d copot?? Berarti gk keren lg dong. Katanya septi.. :mrgreen:

    Like

  12. 53. ●○ qwerty ○● – Juli 21, 2012
    wuih brembo 700 derajat celcius, kalo kaleng biskuit nissin udah meleleh tuh!

    *lempar kaleng biskuit.
    ======
    dimana-mana bece…fanboi kah?nanya dulu yg pernah sekolah…
    yang waras saja lah.. titik leleh golongan baja itu dia 1300 an derajat celcius…
    sst jangan mengelak yg ente maksud biskuit nissin ya…maksudnya pasti disk brake merk itu, karena ini bahas braking (walaupun sebenarnya nissin itu merk kaliper dan master rem nya!!!!) wkkkkkk
    piringannya? bukan nissin coy…silakan dicek, ada merknya kok…

    kirain g bece itu fanboi doang…

    Like

  13. 64. ●○ qwerty ○● – Juli 21, 2012
    wooii iwak

    gue ngemeng kaleng biskuit kok elu oot ke rdb?

    wkwkwkwk

    65. ●○ qwerty ○● – Juli 21, 2012
    emang ada nissin merek rem dan merek biskuit.
    ada juga nissan merek mobil dan nisan kuburan.

    *sambil NgISSINg aka boker

    wkwkwkwk
    ======
    yah begitulah sifat gak gentle muter muter…
    lagian trit ini bahas braking bukan biskuit lebaran atau mobil bahkan nisan kuburan…
    ane faham kok…ngeles mulu pasti engkau…
    dikasi tau malah pura tahu dan pinter…
    tepok jidat….

    penggaweyane mung ngising ngudut komen ngalor ngidul…dadi ngopo Rakyatku…

    Like

  14. wis ah aku meh berdoa sik ben kowe2 podho waras…mumpung wulan apik, sasi poso…
    seger waras…
    waras tenan…
    akeh mudhorote nglayani bedhes ireng

    Like

  15. prinsip dasar FB
    Motor boleh kalah, tp ngomong atau komen harus menang.
    Betapa sempit indonesiaku, jadi FBY dimana mana ada honda, jadi FBH kemana mana ada yamaha. nasiiiib.

    Like

  16. yg Drum brake ga usah ikut ikutan ah…ini kan untuk yg Disk brake aja, tar dibuat khusus artikel yang balapannya pake Drum Druman…wkakakakakak cakakakaka 😀

    Like

  17. terbukti siapa yang tukang ngelez dan muter2…kalo ngomongin kaleng berarti tidak sesuai topik dan berarti nyampah…
    disinilah ane berusaha membersihkan sampah2 tak guna… wkkkk 🙂

    Like

  18. eit…lagian sudah ane cegat di atas, jangan ngelez ini bahas kaleng biskuit!!!, neeh ta ulang:

    62. iwak tempe – Juli 21, 2012
    53. ●○ qwerty ○● – Juli 21, 2012
    wuih brembo 700 derajat celcius, kalo kaleng biskuit nissin udah meleleh tuh!

    *lempar kaleng biskuit.
    ======
    dimana-mana bece…fanboi kah?nanya dulu yg pernah sekolah…
    yang waras saja lah.. titik leleh golongan baja itu dia 1300 an derajat celcius…
    sst jangan mengelak yg ente maksud biskuit nissin ya…maksudnya pasti disk brake merk itu, karena ini bahas braking (walaupun sebenarnya nissin itu merk kaliper dan master rem nya!!!!) wkkkkkk
    piringannya? bukan nissin coy…silakan dicek, ada merknya kok…

    kirain g bece itu fanboi doang…

    Like

  19. Ane dapet kosakata baru dari Kamus Wikimedia Indonesia; kata benda RDB.. RDB adalah Rem Drum Bekas…. adalah drum bekas memasak aspal yang tampak kehitaman, kemudian di tempa dengan suhu 700 derajat celc, kemudian dibentuk sedemikian rupa, dengan diberi rongga untuk kampas rem dari asbes yang tidak ramah lingkungan.. Sangat cocok untuk kecepatan motor dibawah 100km/jam, sangat pakem bila diinjak dengan kekuatan 50 pounds, setara dengan menendang bola 120 meter. Kekuatan 20% lebih pakem daripada rem cakram karena kekkuatan kaki sangat berpengariuh. Faktor emosional sangat memengaruhi karena dalam posisi menginjak disertai jengkel dan perlu dengan enjotan beberapa kali.

    Like

  20. qwerty? ahai dia mah bece mulu.. maklum anak lair di empang!! ari2nya dimakan sendiri ma emaknya kali, makanya ngeyelnya ampun2an..

    Like

  21. konon, kenekana & nasionalisme honda adalah sumber knp rcv 213 tdk begitu garang. Problem chatter ditengarai karena shocbreaker showa yg digunakan honda.
    Siapa pun tau kalo saat ini ohlins msh yg terbaik dlm produksi shock breaker, apalagi yg membutuhkan performa handal macam di motogp.

    Like

  22. wkkkk siapa klonengan? nanya dulu yg punya warung deh…jangan asal ngejeplak…kebiasaan g baik tu…apalagi menuduh klonengan…fitnah tu…kalo bukan fanboi kok suka memfitnah…insaf cui…

    tak tambahin lagi…ane g suka komen njeplak…ini jelas trit bahas braking…bicara nissin….ane khawatir orang yang g jeli kemakan komen becemu…

    lagian kaleng nissin pun 700 celcius blm leleh kok…

    Like

  23. qwerty cobalah jujur dari nuranimu (kalo punya) apa bener yg kamu maksud itu nissin biskuit? inget ini puasa….(kalo puasa)
    apa gak bermaksud menggiring opini nissin brake jelek dgn komen kaleng nissin meleleh di trit yg bahas braking?
    pliss jujur…
    apa mungkin orang macam kamu mau jujur? dan gak ngelez wal nggatheli wal muter muter…

    tak kasi tahu…merk nissin juga dipakai idolami…walaupun satu2 nya produk dia yg pake RSP

    Like

  24. 4ndy pada Juli 22, 2012
    pada 9:29 am
    Punya saya juga gitu mas
    tri… Cuman punya saya Mio
    J. Kata mekaniknya itu
    disebabkan
    diperpendeknya vanbelt
    sehingga getaran mesin
    lebih besar. †ªþį saya
    belum puas dari jawaban
    itu. Kalo emang
    diperpendek sehingga
    terjadi getaran, mengapa
    Xeon yg juga diperpendek
    gak bergetar seperti itu
    ya??? Atau itu hanya akal
    akalan jawaban mekanik
    karena gak tau masalahnya
    ada dimana? Terus terang
    aja kalo saya kecewa,
    padahal saya selalu pakai
    yamaha. Mohon dibantu ya
    mas tri. Terima kasih mas
    Tri.
    ——
    btw rc213 pake ohlins tuh…

    Like

  25. @biawaak

    kalo gue bilang ada klonengan, kok ada yang menyot?
    gampang banget mancing elu ya?
    sstt, efek haus dan lapar puasa memang bikin sensi!
    mending tidur aja ahh, tidurnya orang puasa kan ibadah!

    *sambil ngorok

    zzzz….zzzz….zzzz….
    ngrookk.. ngrookk

    Like

  26. *motor tunggangan Stoner & Pedrosa pake shockbreaker Ohlins, kaliper rem Brembo & discbrake Yutaka.

    *motor tunggangan Bautista pake shockbreaker Showa & kaliper rem Nissin

    *motor tunggangan Bradl pake shockbreaker Ohlins & kaliper rem Nissin

    * 4 Yamaha M1 & 4 Ducati GP12 semua pake Ohlins & Brembo

    *NB : Yutaka juga menjadi supplier discbrake & knalpot utk motor Honda produksi AHM

    -kaliper rem Nissin digunakan oleh semua motor merek asal Jepang yg diproduksi di Indonesia

    Like

  27. 43. Utuh – Juli 21, 2012

    38.hehehe

    *oya btw salut dc buat stoner,
    coba didukung MOTOR yg
    semourna kayak lorenzo. D
    jamin deh lebih hebat dr rossi
    kala d yamaha dulu.
    =================================
    saya tambahin Bro… Hehehe kalo sempurna harusnya Semua joki Yahama bisa didepan dong… Lha BenSpies,CrutCrot kemana ? Menurut gw yg sempurna tuh Si Lojentor bukan Yahama. paham !
    ============
    ^ cara ngambil kesimpulan yg bagus. keliatan pinternya
    ======================================
    ben spies lagi kejar2an ama CRT wakakakak…sempet di embat RDP malunyaaa…untung nyalip lagi. pake mesin pabrikan tp main kubangan ama CRT…yg jelas cuma hohe yg bisa bawa YZR m1…

    Like

  28. Tentu hasil diatas di sesuaikan dengan kemampuan motornya entah dari racikan suspensi dan karakter mesin stop and go yang berbeda – beda untuk menyesuaikan hasrat dari tiap2 rider saat mengerem. Untuk R213V mungkin sangat mendukung Stoner untuk jarak pengereman yang sangat dekat karena dibantu dengan karkter mesin yang terlihat keras diwaktu stop gaas dibarengi dengan mengurangi gigi dan membuka gas kembali dengan akselerasi R213V yang tidak diragukan lagi. Dengan prediksi ini dipastikan gaya balap stoner sangat bermain dengan Honda R213V. 🙂 http://orderdesign.wordpress.com

    Like

  29. 82. churuTZ – Juli 22, 2012

    yg Drum brake ga usah ikut ikutan ah…ini kan untuk yg Disk brake aja, tar dibuat khusus artikel yang balapannya pake Drum Druman…wkakakakakak cakakakaka 😀
    ———————————————————————————
    ada om IP… kalo itu muncul tar ente mabur lg…
    eniwei itu nubled di ip kok ganti jadi tromol lg ya? bukan pake RDB nya???

    :mrgreen:

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s