Lebih dekat dengan KTM Duke 200…ternyata banyak part Bajaj nyantol euy!

Tetap pede walau pakai sandal jepit :mrgreen:

Sopo sih sing ora demen bisa mengelus motor yang selama ini hanya kita lihat digambar. Tampang gagah khas Eropa membuat IWB jingkrak kegirangan ketika mergoki penampakannya disebuah dealer Bajaj Cisalak. Dan menyambung artikel sebelumnya tentang VIN, kali ini IWB akan coba membahas detil part lebih dekat. Seperti apa?? monggo diintip….

Desain?? jempolan. Nuansa eropa sangat kuat terasa. Frame teralis dengan mesin yang besar padat berisi membuat kita terkecoh bahwa engine hanya 200cc. Impresi pertama mengamati dengan seksama….headlamp Duke 200 ternyata lumayan kecil jika dibandingkan tanki kondom yang menggembung lebar (lebih gede dibanding Byson). Bahkan ketika IWB jejerin dengan sikebo…batok kepala gen FZ lebih gambot. Tapi jangan ditanya mengenai perawakan…..KTM Duke200 begitu jangkung khas Eropa. Herannya…untuk ukuran badan Asia, IWB merasa nyaman tidak kesulitan. Nampaknya pihak desainer sudah memperhitungkan sedemikian rupa agar rider bisa mengendalikan penuh handling sikuda besi. Lha terus tinggi mana dibanding Yamaha Byson??…

Tetap tinggi Duke 200….tapi tidak terlalu signifikan. Kalau IWB raba seat height yang ditawarkan lebih kurang seperti Pulsar series, namun dengan pendekatan yang berbeda. Artinya…posisi riding tegak dan mantap…beda dengan Pulsar yang sedikit racy. Yah…memang tetap jinjit sih tapi tidak gila-gilaan :mrgreen: . Dan satu kelebihan Duke 200 dibanding Pulsar ataupun Byson yakni sensasi ketika nongkrong diatasnya….enteng brosis!!. Dijamin lincah kalau nyelap-nyelip dikemacetan lalu lintas. Stang diputar kiri kanan terasa ringan. Betul-betul mengecoh nih. Bisa jadi akibat sumbangsih stang baplang, plus berat yang hanya 136kg. Oh iya….karakter monoshoknya juga soft. Jauh lebih lembut dibanding tunggangan IWB. Sayang…kita hanya bisa menelan ludah tidak diperkenankan mencicipi. Lha wong speedonya aja masih disegel plastik brosis. Nah…yang menarik, ketika IWB amati jebule produk Duke 200 memang banyak dijejali part Bajaj. Tidak percaya??….

Yang pertama adalah perangkat rem yang memakai Bybre. Mulai dari master dan kaliper rem bahkan piringanpun begitu identik tidak ada perbedaan. Kemudian tutup bensin…wis plek bro, itu memang part Pulsar series. Belum lagi perseneling, foot peg, spring return (clutch), baut, air fan radiator, ban MRF, rumah kunci serta pernik-pernik lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu adalah made in India. Kecuali knalpot, stang serta pelk….disana terukir brand “KTM”. Hhhmm…memang yang bikin mahal ini nih :mrgreen: . Dibalik kekaguman desain, jujur ya…jangan protes :mrgreen: , finishing sedikit kurang memenuhi ekspetasi untuk banderol motor seharga 60jutaan keatas. Entahlah….semua hanya opini pribadi…

Last…monggo intip aja jepretan-jepretan part yang IWB maksud. Bagaimanapun untuk ukuran motor 200cc, secara perfomance IWB yakin Duke 200 memang top markotop. Ban gambot, desain Eropa dengan jaminan teknologi langganan pemenang Rally Paris-Dakar yang terkenal ekstrim. Any question??…..(iwb)

Advertisements

96 thoughts on “Lebih dekat dengan KTM Duke 200…ternyata banyak part Bajaj nyantol euy!

  1. @ 5. harisxyz
    Memang terkesan ramping dan tinggi….tapi nggak kecil lho ya
    @ 11. Arday
    Gaya yang ngajarin wak haji Taufik tuh…jempol tangan xixixi
    @ 17. Sahid M Ummah
    He eh mz…semar meseme ko kono mz :mrgreen:
    @ 21. ax125
    Oalah…wenehi nilai koq pelit men to mzbro. Cuma “sithik” wkwkwk…

    Like

  2. ternyata ‘bersahabat’ ya dengan ukuran orang kita…pas liat foto mas nawi nongkrong diatasnya 😆
    kirain tinggi bgt kayak khasnya moge eropa…harganya doang yang tetep tinggi :mrgreen:

    Like

  3. Ganteng seng numpak. And…juoss wujude KTM Duke ….tapi tetep Aku mundur karo mlayu ngerti regone xixixixi…. [semoga ora kobong warunge coz ra mbahas Y n H ] lak kobong yo kebangetan hehe….

    Like

  4. mesin sudah oke, harga harus diturunkan, sayang kurang adanya fairing, jika ada fairingn n seharga cbr atau ninja ya dijamin laku

    *pendapatku

    Like

  5. Menurut saya pribadi ni motor ga ada bagus-bagusnya, di bagian belakang terlihah kopong, kurang berisi, apalagi ada embel2 india nya, saya rasa ni mototor ga akan laku di indonesia mengingat orang2 indonesia udah tau sendiri dengan apa yang namanya india. seperti halnya Byson dan NMP kedua motor tersebut kurang laku karena ada embel2 dari indianya, saran saya buat ATPM, apabila motor ingin laku jangan ambil yang berhubungan dengan india, mending desain sendiri motor buatan desainer indonesia, banyak ko desainer2 indonesia yang jago akan desain motor2 keren. daripada ngambil basic india yang notabene semua orang juga tau tuh negara termasuk negara kismin,,lebih kismin dari negara indonesia, rakyatnya disana banyak yg kelaparan.

    Like

  6. sedikit kritik za mas bro, katanya duke 200 ini d impor dari austria maka dari itu harganya selangit, tapi kox banyak keganjilan, mulai dari rem dan lain2 seperti yg mas iwb sebutkan. Jagan2 ini cuma permainan saja agar keuntungan bisa berlipat ganda. Atau jangan2 ini memang motor buatan india tapi atas permintaan atpm jepun birokrasinya d persulit dan pajaknya d besar2kan biar harganya jadi mahal dan g bisa merusak pasar motor jepun. Karna kalau misalnya harganya 30-40 jutaan bisa g laku tu motor semprot jepun (ninja 250, cbr 250dan 150)

    Like

    1. @ andhi 125
      He eh bro…bersahabat buat kita. Yg ngk bersabahat duitnya hehehe…
      @ harisxzy
      Walah…size kayak sampeyan pantesnya Ducati Monster tuh
      @ endel
      Tenang bro…lek bahas non Y dan H pasti warung adem hehehe…
      @ dwitri
      Yup…WP bro. Itu yg bikin ganteng!
      @ everyone
      Bybre bro…bukan Brembo
      @ smasher
      Saya nggk enak bro
      @ motormacet
      Klo saya pikir banderol tidak ada intervensi dari pabrikan Jepang bro. Tapi murni dari produsen sendiri. Analisa sih pajaknya plus profit mereka terlalu ambil tinggi. IMHO

      Like

  7. banyak part pulsar kok harga dikerek segitu ya? 60jtan….3x nya pulsar 220… malahan kemaren sempet diskon di 16jt an

    Like

  8. Simple amaat jawaban nya kang…
    padahal bujed beda tipis dkit S̤̈ά̲̣̣̣̥♏▲ tetangga sebelah…
    padahal pasar mengharapkan rdb…
    cz NJ1 skrng beda ga ky dulu..
    S̤̈ά̲̣̣̣̥♏▲ VGR tarikan nya S̤̈ά̲̣̣̣̥♏▲ ….

    Like

  9. patutnya BAI ganti nama jadi PT.KAPAL KERUK INDONESIA kebangetan bener ambil untung,udah pake bilang asli Austria ga taunya part India.
    Cangcay lah! (karo tepok jidat)

    Like

  10. td ane liat di dealer bajaj ciateul ada 3 unit, lumanyun bisa neuleu sepuasnya, part2 banyak diambil dr bajaj series, bybre clubs, yg bikin mahal bin awis pisan katanya di blok mesin ada tulisan “racing ktm”,wkwkwkwkkk.
    tp menurut abdi yg punya kebo, dimensi duke 200 kecil, seat hight 11-12 ama kebo, malah tinggian kebo karna bentuk pinggang tangki kebo lebih guede.

    Like

  11. Nah lo gimana ceritanya product austria……………………… semakin oper preeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttt

    Like

  12. salut buat mas iwan yg berani menilai jujur apa adanya 🙂
    jujur aja makin kesini makin kerasa overpricenya. duit segitu mending nambahin dikit dapet inazuma+CBR/ninja 150 deh.touring dapet,full fairing dapet :mrgreen:

    Like

  13. ada indikasi importir membodohi konsumen nih, jualnya bisa 3x lipat dari banderol di India sono.
    kalo di banderol 30 jt okelah.

    Like

  14. Khutbah Rasulullah SAW Menyambut dan Untuk Bulan Ramadhan
    “Wahai manusia, sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yg paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tetamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. 

    Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya. Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini. Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu, kelaparan dan kehausan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin. 

    Muliakanlah orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraanmu, jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya. Kasihilah anak-anak yatim, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatimmu. Bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdoa pada waktu shalatmu karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah Azza wa Jalla memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih; 

    Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan doa mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya. Wahai manusia! Sesungguhnya diri-dirimu tergadai karena amal-amalmu, maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-punggungmu berat karena beban (dosa)-mu, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu. 

    Ketahuilah, Allah Ta’ala bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan mengadzab orang-orang yang shalat dan sujud, dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri di hadapan Rabbal-alamin. Wahai manusia, barangsiapa di antaramu memberi buka kepada orang-orang mukmin yang berpuasa di bulan ini, maka di sisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan dia diberi ampunan atas dosa-dosa yang lalu. (Seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, tidaklah kami semua mampu berbuat demikian.” Rasulullah meneruskan khotbahnya, “Jagalah dirimu dari api neraka walau pun hanya dengan sebiji kurma. Jagalah dirimu dari api neraka walau pun hanya dengan seteguk air.”) 

    Wahai manusia, siapa yang membaguskan akhlaknya di bulan ini, ia akan berhasil melewati Sirathal Mustaqim pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (pegawai atau pembantu) di bulan ini, Allah akan meringankan pemeriksaan-Nya di hari kiamat. Barangsiapa menahan kejelekannya di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakanya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. 

    Barangsiapa menyambungkan tali persaudaraan (silaturahmi) di bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa melakukan shalat sunat di bulan ini, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa melakukan shalat fardu baginya ganjaran seperti melakukan 70 shalat fardu di bulan lain. Barangsiapa memperbanyak shalawat kepadaku di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan. 

    Barangsiapa di bulan ini membaca satu ayat Al-Quran, ganjarannya sama seperti mengkhatam Al-Quran pada bulan-bulan yang lain. Wahai manusia! Sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada Tuhanmu agar tidak pernah menutupkannya bagimu. Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Rabbmu untuk tidak akan pernah dibukakan bagimu. Setan-setan terbelenggu, maka mintalah agar ia tak lagi pernah menguasaimu.” (Aku –Ali bin Abi Thalib yang meriwayatkan hadits ini– berdiri dan berkata, “Ya Rasulullah, apa amal yang paling utama di bulan ini?” Jawab Nabi, “Ya Abal Hasan, amal yang paling utama di bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah”.)

    Like

  15. MARHABAN YA RAMADHAN
    kl mslh finishing India msh klh m indonesia, contohnya kasus byson om iwb..np telat msk , tu disebabkan wkt mw di import finishingnya krg rapi, mknya YIMM menunda dl biar di rapiin…bybre kn anak perusahaan brembo jg om..shrsnya ban pk dunlop sportmax, dah pnh pk ban bwan bajaj, bt nikung agak licin n keras komponnya..KTM Duke 200 hrg segitu msh wajar, kl pk part KTM smua bs 100jt lbh..husqvarna trail 125cc z hrgx jg hmpr 70jt..aprilia 2T RS 125 euro3 hrg 99 jt sm m YZF R125…aplg pemain bola org eropa, lbh mahal lg…

    Like

  16. Desainnya bener – bener mantab, keseluruhan terlihat kompak dari mulai baut penyetel rantai pun tampil beda. Keren, Semoga sukses dipasaran untuk KTM DUKE, dan desain bisa menjadi inspirasi atau di mixed dengan disain yang telah ada di sini sehingga dapat melahirkan desain baru yang makin inovativ. maju terus dunia roda dua tanah air. 🙂 http://orderdesign.wordpress.com

    Like

  17. 1 motor tp 2 merk, kayak jaman dulu aja Honda-Kymco …\mnrt sy sih jd wagu klo liat 2 merk nempel di 1 motor hehehe…

    mahal bgt lg hahahaha

    Like

  18. om opo ono perbedaan spek ta m seng dipasarno nang eropa? Duke 125 n 200 kaliper ttp bybre, suspensi dpn WP tp bane kq Metzeler Sportec M3, gak MRF ky bajaj n KTM seng om tumpaki? seje tibae yo…

    Like

  19. Akhirna mampir juga brother…
    Gimana…. Mantap kan… Nanti klo ada test ride ane undang deh, biar ga ngiler liat spedo yg masih disegel….┼┼aa┼┼aa┼┼aa┼┼aa ….

    Btw, foto2na bagus… Detail…. Godjob brother….

    -τнänκ чöü-

    Like

  20. Salam kenal semua nya…
    Mungkin Masukan aja buat semua nya, sebelum mengomentari lebih lanjut tentang harga atau pun spare part yg katanya eropa made in india,sekiranya lebih bijaksana kalau rekan2 sudah test ride,meraskan handling, grip, keseimbangan motor, torsi, serta efisiensi bahan bakar…
    karena menurut saya, motor keluaran eropa tidak akan senyaman motor jepang untuk handling,tp memang power yg di keluarkan dari putaran mesin sangat jauh berbeda dari kelas yg sama, dari keluaran pabrik jepang….
    mungkin bisa di bandingkan dari cagiva mito vs kawasaki ninja rr 150,sekalian bisa di cek di you tube seperti apa perbandingan nya,
    kebetulan saya pribadi sudah sering mencoba motor2 keluaran eropa.
    Dengan spek yg berbeda sangat jelas terlihat motor asia vs eropa,sangat terlihat kelebihannya,..jangan liat kunci kontak ataupun tutup tangki ataupun handle brake atau jenis ban…dll
    rasakan sendiri bedanya sebelum curhat di forum,supaya bermutu conversation ini…
    dari segi harga menurut saya semuanya sebanding dengan apa yg mungkin rekan2 akan dapatkan dari KTM duke itu sendiri

    B6050SUI

    Like

  21. yahhhh intinya klo blm mampu beli,.. beli adek nya aja mas bro..bajaj 200…atau yamaha byson aja…
    nama nya juga indonesia bea masuk nya aja sdh lumayan besar mas broo, Tapi saya yakin dgn minat pangsa pasar yg ada di indonesia KTM duke ini akan banyak peminat nya,ini terlihat dari pengguna motor dgn jenis yg sama, semisal yamaha byson, dan bajaj type pulsar, pasti nya akan banyak yg beralih ke KTM duke…

    B6050SUI

    Like

  22. Mbok klo komen isi kepalanya dipakai, Bajaj Pulsar series itu jg impor CBU, sama2 bayar bea masuk, kapasitas mesin jg 200cc bahkan lebih, kok harganya bisa sangat terjangkau ??

    Pulsar yg dijual d Indonesia sama dgn yg dijual d India, Duke200 yg dijual d Indonesia jg sama dgn yg dijual di India, tapi kenapa di India D200 cma 50% lebih mahal, di sini jadi 200% lebih mahal (alias 3x lipat) ????

    Motor bagus, bilang bagus, motor OPERPRETTT, ya bilang OPERPRETTT, gitu aja susah bener sih ? Mbok mental terjajah jgn terus dipelihara. 😀

    Like

  23. Ane putuskan Mundur dari barisan calon pembeli, ane lihat detail di diler bajaj bekasi ternyata kualitas Duke-200 ini jauh banget dari standard motor eropa. kalau memang mau KTM ya beli aja KTM austria yang asli (K-125, K690 dsb); model si ok banget nuansa motor eropa tapi kualitas barangnya; 11-12 sama pulsar.

    Like

    1. Hmm,…kemarin blogger mana yang bilang barangnya berkualitas eropa dan beda jauh dibanding build quality pulsar yah… aku pikir klo memang SDM/tool/equipment pabrik Bajaj uda bisa bikin barang berkualitas eropa, ngapain nurunin kualitas untuk produk utamanya (P220 dan P200NS) ?
      KTM tidak terlalu salah pilih BAJAJ untuk pabrikasi Duke200, toh emang produk ini ditujukan buat pasar Asia ? Yang salah itu yang jualan produk India tapi diaku buatan Austria, pake harga eropa lagi… konsumen uda pintar, gak gampang dibohongi…
      Silahkan deh beli buat yang nilai Duke200 ini value for money…

      Like

  24. Hahahah…. Mau tau Kenapa KTM duke 200 murah bgt di India tapi di Singapore, malaysia, inggris, Indonesia Mahal?? malahan yg paling murah itu harganya di Indonesia dibanding negara lain (selain India)

    India mempunyai Saham sekitar 30% dari KTM Austria , dan mrk sudah ada deal dgn KTM austria, bahwa mrk harus jual di India dgn harga murah dgn sistem subsidi silang mrk, karena mrk tidak mau orang india hanya bisa melongo itu KTM tapi tidak mampu membelinya, pdhal pabrik KTM di india ada, Tau gak KTM dijual harga subsidi pun di India masih tidak laku , karena negara itu miskin , jadi KTM india meyediakan beberapa unit saja disana (khusus utk pasar India), toh mrk sudah dapat keuntungan dari penjualan KTM seluruh produk dari seluruh Dunia (saham 30%) jadi mrk tdk merasa rugi , boss2 sekalian tau tdk biaya produksi atau harga dasar motor Nin 250 dan Cbr 250 ?? dan di jual dengan harga segitu di Indonesia, kalo tau bakalan sakit hati sendiri deh hahaha… , semua komponen jepang itu gak ada yg mahal, dibandingkan dgn misalnya part Ecu merk BOSCH asli jerman dan beberapa part asli austrianya, KTM Duke 200 setelah dari India (QC pertama) di kirim lagi ke Austria utk proses QC ke 2 dgn standard KTM Austria, lalu di kirim lagi ke negara yg mau menjual KTM, coba banyangkan brp cost kirim bolak balik dan biaya tenaga kerja sampainya di AUSTRIA ??? , memang sistem penjualan KTM tidak mau seperti motor2 jepang , laris kayak kacang goreng tapi gengsi si rider memiliki motornya biasa2 saja, karena KTM pengen seperti layaknya KTM Austria yg punya sisi ekslusif seperti halnya Mabua harley di Indonesia. kalo anda pengen beli motor hanya karena fungsinya sbg alat transportasi saja, jangan beli KTM, nanti yg ada di benak anda hanya , takut perawatannya mahal, bensin boros, jualnya lagi susah dll, karena memang pasar KTM tidak utk anda , KTM duke 200 dibuat di India, tapi KTM tetap memberikan anda taste dan gengsi spt KTM austria, karena memang itu adalah produk KTM world wide .

    coba anda di jalan, di tanya , anda kesini Naik apa??? saya naik Honda , oh bebek ya, (harus jelaskan sy naik CBR 250 cc, wahh lebayy pamerr) kalo yg pake KTM jawabnya, saya kesini naik motor KTM, wiiiw aura nya beda kan denger kata2 KTM, walopun pake produk yg paling murahnyai KTM, tapi paling mahal di kelas nya hehe….

    atau wah mendingan saya beli mobil sekalian deh daripada beli KTM mahal tapi kehujan / kepanasan, anda memang tdk cocok utk beli KTM, karena yg punya KTM biasanya sudah punya mobil hehehe…

    Sekali lagi kalo anda pikir KTM itu mahal , wah jangan dipaksakan deh, apalagi jadi menjelek2kan KTM, KTM memang di jual utk yg Mampu saja hehehe…..

    Anda tau produk Samsung galaxy S4 di jual baru dipasaran harganya 7,5 juta, kmrn samsung buka2an bahwa modal dasar produksi S4 itu hanya 2,5 juta, apakah lalu pemilik samsung jadi gak mau beli atau sakit hati???? ya engga dong, samsung S4 tetap ada Fans nya … (sedikit out of topic hihi)

    Like

  25. KTM dari dulu jualnya motor Premium bukan motor seribu umat, sampe kapan pun gak bakal nurunin harga semurah motor jepang, mau dibilang over price kek, mau dibilang KTM india kek, KTM is KTM kalo pengen murah beli minerva jangan beli KTM, kalo dibilang india knp murah, ya monggo masukin sendiri dari India hehe.. sepertinya yg banyak komplen cuma di Indonesia, di negara lain orang sante2 aja tuh, Beli kalo suka, kalo gak suka ya cari motor lain, gitu aja koq repot hihihi …..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s