Market share Honda semakin meroket…

Mengakhiri paruh pertama tahun 2012, AHM berhasil meningkatkan pangsa pasarnya cukup signifikan menjadi 56,8% di pasar sepeda motor domestik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang hanya 51,8%.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada periode Januari-Juni 2012 penjualan sepeda motor di pasar domestik tercatat 3.702.354 unit atau turun 8,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 4.056.075 unit. Dalam kondisi pasar yang melemah ini, AHM tercatat sebagai salah satu produsen yang mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan yaitu dari hanya 2.099.349 unit menjadi 2.101.881 unit.

Penguatan pangsa pasar sepeda motor Honda pada semester pertama tahun ini terjadi hampir di semua segmen. Di segmen skuter otomatik, skutik Honda jauh meninggalkan para pesaingnya setelah meraih pangsa pasar 64,7% melalui angka penjualan 1.409.337 unit, melonjak 31,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 1.075.336 unit atau 53,2% pangsa pasar.

Di segmen skutik ini, Honda tercatat sebagai satu-satunya produsen yang mampu menikmati pertumbuhan pasar yang meningkat 7,6% dari 2.022.228 unit pada semester I 2011 menjadi 2.176.634 unit. Saat ini AHM memasarkan sejumlah model skutik, yaitu Honda BeAT, Honda Spacy Helm In, Honda Spacy Helm In PGM-FI, Honda Scoopy, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, dan Honda PCX 150 PGM-FI.

Di segmen bebek, AHM juga berhasil meningkatkan pangsa pasar produknya melalui beberapa model andalannya seperti Honda Supra X 125, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Absolute Revo, dan Honda New Blade. Di segmen ini pangsa pasar Honda tercatat meningkat menjadi 58,3% setelah mengantongi angka penjualan 609.932 unit. Pada periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Honda di segmen bebek hanya 56,1%.

Dominasi Honda di segmen bebek ini jika dirinci dapat terlihat di setiap segmen. Di segmen cub mid low <125 cc, pangsa pasar AHM tercatat 53,7% setelah berhasil membukukan angka penjualan 324.456 unit. Pada Semester I 2011 tercatat pangsa pasarnya hanya 52,3%. Penguasaan Honda lebih besar terjadi di segmen cub high end >125 cc. Pada semester I tahun lalu pangsa pasarnya tercatat 63,5% sementara pada paruh pertama tahun ini tercatat 64,5% setelah berhasil mencatat angka penjualan 285.476 unit.

Di segmen sport, sepeda motor Honda juga mendapat penerimaan yang positif dari masyarakat dengan angka penjualan 82.612 unit atau 17,2% pangsa pasar. Di segmen ini AHM memasarkan Honda New Mega Pro, Honda Tiger, Honda CS1, Honda CBR 150R, dan Honda CBR 250R….(AHM PR/iwb)

Advertisements

126 thoughts on “Market share Honda semakin meroket…

  1. antik yah, secanggih n sekencang apapun yamaha, yang menguasai pasar indonesia tetep honda, xixixi
    bravo HONDA !!!
    you’re dead YAMAHA !!!

    Like

  2. Ada Hal utama yang menjadikan Market share honda di atas yamaha, yaitu kecendrungan mindset masyarakat indonesia yang menggap motor honda itu mesinnya awet, dan kebanyakan anggapan itu turun temurun diwariskan oleh nenek moyang mereka dari era jaman dulu, Tapi Lambat laun apabila Yamaha bisa memampatkan kelemahan honda, saya yakin yamaha bisa di atas angin, secara disadari atau tidak, yamaha itu produknya selalu jadi pelopor, selalu kreatif,Tengok saja kekretipan yamaha selalu di dicontek dalam tanda kutip oleh honda, salah satu contohnya ketika yamaha menepelkan tulisan ” yamaha semakin didepan ” di motogp, maka honda pun mengikuti jejak honda dengan menepelkan ” satu hati” di motogp, jupiter z oleh honda di miripkan dengan blade, vixion ketika honda tau motor ini sangat laris maka wajah honda teralispun di buat mirip dengan vixon. apabila keadaan ini terus menerus dilakukan honda maka lama kelamaan mindset masyarak kita tentang honda bisa saja berubah,,bukankah begitu….

    Like

  3. Sadis masih bisa produksi diatas 300rban AHM..hihihi, tapi masalah aftersales msih 11-12 lah yamaha bisa nyaingin AHM. sisi positif dari turunnya MS Yamaha biar petinggi yamaha juga melek dan mendengarkan konsumen juga apa kemauan konsumennya

    Like

  4. @pengamat permotoran
    rada pedes sampeyan maz,terutama di pertengahan kebawah,xixixixi

    ga menyalahkan,tapi sedikit rada terasa buat saya yang sedikit ga peduli merek(kalo ga beli honda,boleh yamaha dan sebaliknya),moga2 sampeyan ga dibomb sama orang yang ngaku FBH tapi sukanya koment ga sehat

    One Heart is full love

    Like

  5. SEKILAS PANDANGAN DIJALANA nSICH, MEMANG, jarang motor mio-j atau fino baru, awal-awal peluncuran sich banyak, tapi makin kesini dah jarang yg baru, sptnya stagnan, eforia pertama aja kayanya.

    soul gt, apalgi, jarang ngliat, plg satu dua ja pas kebetulan

    beat yang plat baru tetep banyak, sama kaya vario 125.

    Like

  6. disinyalir ada orng yg nyesek n sakit hati baca ni artikel…pdhl dh BC sekuat tenaga….(gk usah disebutin.. you know lah…)

    positifnya prsaingan ini ya konsuen smkn diuntungkan…
    tinggal pilih sesuai kebutuhan n kemampuan…hehehe

    Like

  7. Gempur terus kompetitor…. skalian matiin pabrikan terpuruk macam SUZUKI.

    ambil tempel fitur pabrikan lain, ampe yang lain kehilangan jati diri, dan idealisnya.

    Like

  8. yang dulu pake Honda, lalu beralih ke Yamaha…PASTI akan kembali lagi ke Honda…
    Udah tahu kelemahan2nya soalnya…
    Speed is not so important…karena jalanan bukanlah arena balapan.
    Tapi durability itu lebih menentukan pilihan konsumen dibandingkan speed.. disamping faktor2 lainnya spt model, keiritan dll…..
    trust me…!!

    Like

  9. YAMAHA HARUSNYA DI GANTI SLOGAN
    YAMAHA SEMAKIN NDELOSOR
    YAMAHA MASUK KERJA 2 HARI LIBUR 5 HARI ( PLANT KARAWANG)
    HONDA MASUK 7 HARI FULLLLLLL

    Like

  10. @20
    (imho)
    hmmm jika dipikir lebih jauh, pendapat anda bisa benar bisa juga tidak 100% tepat.
    Kenapa saya bisa katakan demikian, karena MS Honda sempat hampir tersalip oleh Yamaha (tahun 2007, 2008 ato 2009 ya ?? maaf lupa). Nah jika Mengikuti pendapat anda di atas, seharusnya perbedaan Margin MS Honda dan Yamaha harusnya sudah semakin kecil saat ini (Semester 1 Tahun 2012), nyatanya perbedaan MS keduanya kenapa semakin besar (setidaknya hingga saat ini, entah di semester berikutnya). Itu berarti ada suatu kegagalan di tubuh Yamaha dimana kepuasan / kepercayaan konsumen terhadap produk Yamaha memudar atau tidak sebesar tahun2 sebelumnya (mungkin juga ini hanya kesalahan strategi penjualan akibat terlalu jumawa saat MS-nya dulu hampir menyalip Honda – contoh kejumawaanya bisa dilihat pada slogan Yamaha “…yang lain semakin ketinggalan” yg kini slogan tersebut telah dihapus menjadi hanya “semakin didepan”)
    Tapi Pendapat saya ini bisa juga salah “jika” penjualan Yamaha di semester berikutnya meningkat pesat.

    Like

  11. 20. Pengamat Permotoran – Juli 12, 2012
    Ada Hal utama yang menjadikan Market share honda di atas yamaha, yaitu kecendrungan mindset masyarakat indonesia yang menggap motor honda itu mesinnya awet, dan kebanyakan anggapan itu turun temurun diwariskan oleh nenek moyang mereka dari era jaman dulu, Tapi Lambat laun apabila Yamaha bisa memampatkan kelemahan honda, saya yakin yamaha bisa di atas angin, secara disadari atau tidak, yamaha itu produknya selalu jadi pelopor, selalu kreatif,Tengok saja kekretipan yamaha selalu di dicontek dalam tanda kutip oleh honda, salah satu contohnya ketika yamaha menepelkan tulisan ” yamaha semakin didepan ” di motogp, maka honda pun mengikuti jejak honda dengan menepelkan ” satu hati” di motogp, jupiter z oleh honda di miripkan dengan blade, vixion ketika honda tau motor ini sangat laris maka wajah honda teralispun di buat mirip dengan vixon. apabila keadaan ini terus menerus dilakukan honda maka lama kelamaan mindset masyarak kita tentang honda bisa saja berubah,,bukankah begitu….
    =================
    lambat launnya mau berapa lama lagi ?..kata “tapi” mu itu jelas baru sebatas harapan, bukan fakta…kalo cuma segedar ngasih semangat ke yamaha yaa bolehlah..kamu sekedar cheerleader untuk yamaha sekaligus meratapi nasib yamaha..yamaha udah ngap-ngapan keuangannya ngimbangin kreatifitas honda.. bukan yamaha ngga ngerti marketing, tapi pelurunya sangat sangat terbatas…ngga ada istilah nyontek dalam persaingan..semua kreatif tinggal diferensiasi nya…dan persaingan adalah perang… kalau honda bisa bunuh yamaha kenapa ngga ?…kalau….di luar negeri yamaha udah banyak yang bunuh diri….alias membangkrutkan diri…bubar sendiri….

    Like

  12. dengan angka diatas honda nggak boleh lengah apalagi pongah!!

    anggap saja sedang di posisi dua yang terus berusaha memperbaiki diri agar bisa berada di posisi satu dalam segala hal.

    Like

  13. Menurut saya, karena ROSSI (46) sudah tidak di YAMAHA.
    coba kalau masih di YAMAHA, yakin 100% nyalip penjualan HONDA.
    contohnya saya sendiri pindah dari MX ke Supra Helm In cause gak ada 46 lagi. mau beli ducati kantong gak kuat. heheheheheheh

    Like

  14. maaf2 ni ya kalo ada fans yamaha yang kurang sepaham sama pendapat saya…
    salahnya yamaha cuma satu, sombong ketika berada di atas angin. lewat slogan2 dan iklannya yang propokatif justru membuat sebagian kecil orang (termasuk saya pribadi) menjadi tidak simpatik lagi dengan yamaha. padahal dulunya saya care banget sama produk2 yamaha di banding produk honda.
    semakin kesini harga unit yamaha udah terasa over price di banding kompetitor. sementara fitur berbanding terbalik dengan kompetitor.
    harapan saya smoga yamaha bisa kembali fight seperti tahun2 yang lalu biar makin seru, konsumen makin untung.

    Like

  15. FBY semakin tutup mata dengan data penjualan motor…

    kalo gue sich gak peduli meski honda rajanya motor di indonesia…

    pilihan gue tetep, the Vario best of the best motorcycle…

    Like

  16. 43. pitung kasarung – Juli 12, 2012
    Menurut saya, karena ROSSI (46) sudah tidak di YAMAHA.
    coba kalau masih di YAMAHA, yakin 100% nyalip penjualan HONDA.
    contohnya saya sendiri pindah dari MX ke Supra Helm In cause gak ada 46 lagi. mau beli ducati kantong gak kuat. heheheheheheh
    ——————-
    ente pindah ke honda karena apa dong???????????

    Like

  17. 45. yellowduck – Juli 12, 2012
    maaf2 ni ya kalo ada fans yamaha yang kurang sepaham sama pendapat saya…
    salahnya yamaha cuma satu, sombong ketika berada di atas angin. lewat slogan2 dan iklannya yang propokatif justru membuat sebagian kecil orang (termasuk saya pribadi) menjadi tidak simpatik lagi dengan yamaha. padahal dulunya saya care banget sama produk2 yamaha di banding produk honda.
    semakin kesini harga unit yamaha udah terasa over price di banding kompetitor. sementara fitur berbanding terbalik dengan kompetitor.
    harapan saya smoga yamaha bisa kembali fight seperti tahun2 yang lalu biar makin seru, konsumen makin untung.

    Setubuh….. kadang ymh terlalu jumawa klo lagi diatas angin… sm iklan yg kurang mendidik. klo soal plagiat2an dua2nya sama newblade ktnya nyontek jupiter z tpi fino apa ga nyontek scoopy. inttinya biar mereka berjalan bersama dengan persaingan sehat. konsumen yang menilai.

    Like

  18. HONDA IS THE BEST…..NSR 150 SP N CBR 150 REPSOL bukti kl Honda gak mw tanggung bikin motorsport…..banter, good looking n mendunia…..eh ada rem cakram belakangnya looh….yg penting image balapx dl n nyenengin FBH dl….kl mslh laba, lwt matic n bebek udh lbh dr ckp…hmm perhatian bgt m konsumenx…gak salah pilih HONDA…..tul gak ?

    Like

  19. padahal produk yamaha teknologinya lebih bagus, lebih keren dan kualitasnya lebih ok lho.
    orang pintar pilih yamaha.
    #thole mode on

    Like

  20. FBY mah gak liat data kayak ginian, orang beli merk saingan dianggap bodo2 gak tau kualitas bla…bla…bla, yang smart pilih sport yamaha [Sport honda belum keluar kalo keluar trus ternyata meledak gak tau ngomong apalagi]

    Like

  21. Simple aja, Teknologi lebih bagus, desain lebih keren, kualitas lebih ok itu kan kata-kata anda, kata konsumen bisa berkata sebaliknya, persepsi dirubah dengan pengalaman orang banyak khususnya orang-orang dekat bukan statement dari anda-anda yang belum tentu pakai

    Like

  22. @pitung kasarung
    Menurut saya, karena
    ROSSI (46) sudah tidak di
    YAMAHA.
    coba kalau masih di
    YAMAHA, yakin 100%
    nyalip penjualan HONDA. contohnya saya sendiri
    pindah dari MX ke Supra
    Helm In cause gak ada 46
    lagi. mau beli ducati
    kantong gak kuat.
    heheheheheheh
    ==========
    Ad benernya jg bro, dlu wktu ane remaja “motor at cumn ad 2 merk YAMAHA & merk lainya”. Tdk lain karena ad abang rossi yg yemplak d M1. N yamaha itu identik dgn kenceng.. Klo skrg ane mlh motor ea brdsrkn spesifikasi ssuae kbtuhn n k’mampuan pastinya,,

    Like

  23. Dani Pendosa pada Juli
    12, 2012 pada 3:30 PM
    yang dulu pake Honda,
    lalu beralih ke Yamaha…
    PASTI akan kembali lagi
    ke Honda…
    Udah tah
    kelemahan2nya
    soalnya…
    ————————
    Anda menyindir saya? Hehe….
    Kelemahan umum dari ‘Y’ yg membuat saya tidak merasa nyaman scr fisik n psikologis -tidak perlu saya sebutkan- tapi orang lain bisa saja punya pengalaman berbeda

    Like

  24. yamaha sudah mengakui kelemahannya kok…tuh di iklannya jupi fi dah ada; YAMAHA SEMAKIN KETINGGALAN LAGI….. blunderdari dulu… ini tukang advertising yamaha goblognya kok ga sembuh2,,,jengkuwell aku~

    Like

  25. Pengalaman pribadi: Saya pake s**l gt, baru beli, kecewa berat, asli…ga ada tenaga..ngos2an, diasepin terus sama motor lain, cuma bisa lbh cepet dari bapak2 yg udah sepuh naik motor lawas. Rencana mau ganti v125 ajalah. Ngorox gpp..yg penting valuenya lebih banyak. Sorry to say..but it’s true.

    Like

  26. ternyata bloger2 diatas 99,7 % fans honda berat.ya.dah dibayar berapa ya mereka am ahm 20 milyar kayaknya dibagi2 mereka untuk menjelin merk sebelah.maunnya honda no 1 selamannya sampai sak matine urip siip?terlaris termewah tercanggih yg lain jadul aj?bagus itu.sangat disayangkan piye neh.gak enak bacannya.

    Like

  27. Ahahahaha….
    FBH pada kalang kabut…..takut kalo honda makin amble pamornya..
    Nihhh kalo di sirkuit..:
    – Tiger vs scorpio …menang sapa.?? ….jelas scorpio
    – NMP vs vixion …menang sapa.?? …….pasti vixion
    – megapro lama vs vixion …menang sapa.?? ….vixion lahhh…
    – NSR 150 vs TZM 150….menang sapa.?? jelas TZM 150
    – CBR 600 vs R6 …menang sapa.?? …R6 dong…
    – CBR 1000 vs R1 …menang sapa.?? pasti R1
    – CS1 vs F1Zr …menang sapa.?? jel;as F1Zr
    – CB 1000 r vs FZ1 …menang sapa.?? udah pasti FZ1
    – Jupiter vs blade …menang sapa.?? semua tahu jupi juaranya…
    – Jupi MX vs supra 125 …menang sapa.?? se indonesia jg tahu kl MX lah yg menang….
    – CBR 150 vs jupi MX blok vixion …menang sapa.?? liat youtube sono… MXion yg menang…
    – Beat drag vs mio drag …menang sapa.?? MIO is the best.. 201m tembus 7 detik…xixixi…yg mio thailand sono dah 6 detik tuh..
    ………..
    ….mau apa lageee…???

    Like

  28. maaf sblmny,jjr kcw dgn honda blade lawas saya.dudukan lmpu besar patah cm krn gntg brang dikiri n kanan fairing menurut mekanik.
    mnrt saya selain material yg krg bgus, designer honda jg malas utk menciptakan sambungan yg kuat dan presisi dmn bru genap setahun saya sudah mdptkn fitur getar di spatbor dpn

    Like

  29. marketing kompetitor harus agressive khususnya marketing lapangan
    Jualan produk jangan hanya tawarin produk kasih harga lalu tinggal. Gimana mau laku .kebanyakan Konsumen biasa khusunya pedalaman hanya tahu apa yg dia lihat (fitur,Design, harga). Percuma walaupun motor tersebut punya teknologi canggih tapi masyarakat tidak tahu kan sama aja . Teknologi kan ada di dalam alias gag kelihatan jadi orang melihat hanya dr sisi fitur+ harga doang gag tahu jeroannya seperti apa . jadi jelas harus lebih agreesive dlm menawarkan produk lain halnya dengan orang yg dapat menggali info luas dr dunia internet, jadi dapat memilah-milah mana yg baik dan mana yg buruk .
    Ditambah lagi perang terhadap MINDSET dan BC yg selalu membayangi . Banyak orang tertipu karena BC dan mindset !

    Like

  30. So jadi harus dibarengi teknologi sebanding dengan harga yg diberikan terutama Kualitas tidak dikurangi Jangan sampai Kualitas dikorbanka hanya untuk mencapai harga yg minimal .
    ingat konsumen jangan mau dijadikan “Pemuas Produsen” karena kualitas di turunkan demi mencapai harga minimal.

    Like

  31. Menurut saya, artikelnya mas IWB tentang market share ini cukup bagus, walau pun pembahasannya menonjolkan salah satu merk namun penyampaiannya netral, tak punya tendensi apa-apa, bahasanya enak dicerna dan yang jelas tidak provokatif seperti beberapa blogger lain yg membahas topik yang sama.
    Sayangnya, artikel yang bagus ini dikotori beberapa komentar tidak bermutu dan kurang cerdas dari para fansboy entah itu fansboy A atau B atau yang lainnya, yang ujung2nya saling ejek, hina, dan menjurus kepada perpecahan, dan out of topic.
    Sekedar mengingatkan, untuk para fansboy hormatilah tuan rumah. Yuk saling menahan diri untuk tidak saling menyerang… itu kurang bermanfaat, dan yang jelas tidak bernilai pahala malah mungkin berpotensi mengundang dosa…
    Mari berkomentar yang cerdas…

    Like

  32. Daripada ente-ente pada bece gak karu2an mending jualan sono, dibuktikan saja omongan ente-ente kalo produknya paling baik, percuma ngomong aja gak jelas

    Like

  33. Bebek honda terbaik ya menurutq Supra X 125 series(kecuali helm in)

    . . . .Taste supranya dari dulu sampe sekarang masih terasa,makanya yamaha ga buat,soal’e konsumen pasti ga akan kelain hati kalo di type moped 125,daripada Blade melulu,Supranya aja di refresh,tapi jangan dihilangkan Tastenya(kasus Supra Helm in),semoga AHM mendengar. . . .

    Like

  34. 71. didik – Juli 12, 2012

    Ahahahaha….
    FBH pada kalang kabut…..takut kalo honda makin amble pamornya..
    Nihhh kalo di sirkuit..:
    – Tiger vs scorpio …menang sapa.?? ….jelas scorpio
    – NMP vs vixion …menang sapa.?? …….pasti vixion
    – megapro lama vs vixion …menang sapa.?? ….vixion lahhh…
    – NSR 150 vs TZM 150….menang sapa.?? jelas TZM 150
    – CBR 600 vs R6 …menang sapa.?? …R6 dong…
    – CBR 1000 vs R1 …menang sapa.?? pasti R1
    – CS1 vs F1Zr …menang sapa.?? jel;as F1Zr
    – CB 1000 r vs FZ1 …menang sapa.?? udah pasti FZ1
    – Jupiter vs blade …menang sapa.?? semua tahu jupi juaranya…
    – Jupi MX vs supra 125 …menang sapa.?? se indonesia jg tahu kl MX lah yg menang….
    – CBR 150 vs jupi MX blok vixion …menang sapa.?? liat youtube sono… MXion yg menang…
    – Beat drag vs mio drag …menang sapa.?? MIO is the best.. 201m tembus 7 detik…xixixi…yg mio thailand sono dah 6 detik tuh..
    ………..
    ….mau apa lageee…???
    =================================================
    itulah bodohnya dikau…
    beli motor buat dinaekin di sirkuit apa dijalanan?argumen putus asa…

    Like

  35. komentnya kebanyakan sales semua, bikin sumpek aja, lha wong cuma jadi katjung di perusahaan jepang aja bangga ne setengah mati,,,
    dipecat baru tau rasa n
    entar comentne pasti berbalik 180′,,,ckckcjcjcjk

    Like

  36. 71. didik – Juli 12, 2012
    Ahahahaha….
    FBH pada kalang kabut…..takut kalo honda makin amble pamornya..
    Nihhh kalo di sirkuit..:
    – Tiger vs scorpio …menang sapa.?? ….jelas scorpio
    – NMP vs vixion …menang sapa.?? …….pasti vixion
    – megapro lama vs vixion …menang sapa.?? ….vixion lahhh…
    – NSR 150 vs TZM 150….menang sapa.?? jelas TZM 150
    – CBR 600 vs R6 …menang sapa.?? …R6 dong…
    – CBR 1000 vs R1 …menang sapa.?? pasti R1
    – CS1 vs F1Zr …menang sapa.?? jel;as F1Zr
    – CB 1000 r vs FZ1 …menang sapa.?? udah pasti FZ1
    – Jupiter vs blade …menang sapa.?? semua tahu jupi juaranya…
    – Jupi MX vs supra 125 …menang sapa.?? se indonesia jg tahu kl MX lah yg menang….
    – CBR 150 vs jupi MX blok vixion …menang sapa.?? liat youtube sono… MXion yg menang…
    – Beat drag vs mio drag …menang sapa.?? MIO is the best.. 201m tembus 7 detik…xixixi…yg mio thailand sono dah 6 detik tuh..
    ………..
    ….mau apa lageee…???
    ======================================================
    Tiger vs Scorpio = 200cc vs 225cc diatas kertas jg uda pada tau bedanya
    NMP / MP vs Vixion = teknologi mesin aja uda jelas beda…coba bandinginnya ama Byson
    NSR 150 vs TZM 150 = kok bandungin ama yg uzur…kagak berani ama NSR 150 SP bro???
    CS1 vs F1ZR = heloooo 4 tak lawan 2 tak…sekalian F1ZR lawan Tena aja broo
    Jupiter vs Blade = kudu jelas Jupie yg mana nech
    Jupie MX vs Supra 125 = kok kayaknya malahan byk menang Supra 125 lhooo
    Moge2 gak pernah bandingin jd gak komen
    Yaaa semoga lekas sembuh dech :p

    Like

  37. selama produk suatu merk sesuai kebutuhan ya saya beli.
    gak tahu neh strategi terselubung yamaha, ngeluarin produk produk baru dg harga lebih mahal, gak kaya honda ngeluarin produk banyak fitur baru, harga sama + bunuh varian lawasnya!
    lifespan spares jadi lebih pendek, kalau varian laris, pabrik pabrik spare kw berani buat, lha kalo laku sedikit kaya suzuki? (dan varian honda/yamaha yg laku sedikit) mana berani bikin.

    Like

  38. artikel seperti ini kalau dimuat di media otomotif kok sepi-sepi aja komennya ya. tapi kali dimuat di blog kok ramai n hueboh banget. apa karena blogger dianggap lebih netral n independen? ataukah karena gaya bahasanya yang lebih provokatif?

    Like

  39. 71. didik – Juli 12, 2012

    Ahahahaha….
    FBH pada kalang kabut…..takut kalo honda makin amble pamornya..
    Nihhh kalo di sirkuit..:
    ……
    – NSR 150 vs TZM 150….menang sapa.?? jelas TZM 150

    ————————————————————————–

    Bro ente alay ababil ya.. apa ngigo! sejak kpn NSR 150sp kalah ma TZM.. power dk boleh kalah dikit tp klo rc valve dah buka alias jerit ga ada apa2’y tuh TZM.. mo bukti di asia tenggara ma asia aja tuh raja sirkuit tuh NSR 150sp… klo mo balap jgn trek pendek mst di atas 1km bru dah tuh di kentutin tuh smua’y… 😎

    Like

  40. Weh artikel yang dibuat sangat informatif sekali terkait prosntase penjualan honda yang benar kian meroket. Ini pasti pengaruh Vario baik versi lawas maupun baru dengan 125 cc yang ngacir abis di pasaran tahun ini. 🙂 Dan kami sangat percaya untuk pabrikan mana yang sukses mengeluarkan satu produk di pasaran yang di sengaja ataupun tidak baik dinilai dari segi desain, kwalitas atau performanya, hal tersebut akan sangat penting/berpengaruh untuk mendongkrak pasar all produk dari pbrikan tersebut. Percayalah 😀 http://orderdesign.wordpress.com

    Like

  41. @71 didik…
    FBY banget orng ini…
    doyan trek2an ya broo?
    awas, idung lo nyium aspal ntar gara2 motor2 kenceng lo itu….
    sakit nangis minta netek ibu lo lg..
    heheheh…
    😆

    Like

  42. 45. yellowduck – Juli 12, 2012

    maaf2 ni ya kalo ada fans yamaha yang kurang sepaham sama pendapat saya…
    salahnya yamaha cuma satu, sombong ketika berada di atas angin. lewat slogan2 dan iklannya yang propokatif justru membuat sebagian kecil orang (termasuk saya pribadi) menjadi tidak simpatik lagi dengan yamaha. padahal dulunya saya care banget sama produk2 yamaha di banding produk honda.
    semakin kesini harga unit yamaha udah terasa over price di banding kompetitor. sementara fitur berbanding terbalik dengan kompetitor.
    harapan saya smoga yamaha bisa kembali fight seperti tahun2 yang lalu biar makin seru, konsumen makin untung.
    ======================================================
    lah ini,kenyataan banget..setubuh ane sama ente juragan..:)

    Like

  43. @50 – BDT
    pindah ke honda karena gak sanggup ikutin 46 beli DUCATI.
    lagipula ngiler gue fitur HELM IN, drpd motor keren2, eh tp helm dicantol(maklum antar jemput istri), Pernah kejadian gue lagi kebut (taulah motor komeng jago banget urusan kebut), eh helm gue jatoh.
    Mana gue terkejut hampir jatoh juga. eh helm pecah. hasilnya beli baru. APES. Skrg dgn Fitur HELM IN supra, aman nyaman terkendali. tinggal masukin aja helm istri ke bawah jok.
    Dan gue salut ama shockbreakernya supra. empuk wuenak banget.

    Like

  44. @84
    Jangan salah bro, gue pindah balik ke pabrikan Honda gara2 ada supra HELM IN. fitur yg sangat bermanfaat buat gue.
    1 lagi yg salute buat iritnya. dulu gue bawa MX 2x sehari mampir pom bensin. Now tiap senin gue mampir. Gelo tembus 1liter = 64,779km. Jalur tangerang kuningan via daan mogot – roxy – thamrin.
    1 kata = Sangat Puas.

    Like

  45. 71. didik – Juli 12, 2012
    Ahahahaha….
    FBH pada kalang kabut…..takut kalo honda makin amble pamornya..
    Nihhh kalo di sirkuit..:
    – Tiger vs scorpio …menang sapa.?? ….jelas scorpio
    – NMP vs vixion …menang sapa.?? …….pasti vixion
    – megapro lama vs vixion …menang sapa.?? ….vixion lahhh…
    – NSR 150 vs TZM 150….menang sapa.?? jelas TZM 150
    – CBR 600 vs R6 …menang sapa.?? …R6 dong…
    – CBR 1000 vs R1 …menang sapa.?? pasti R1
    – CS1 vs F1Zr …menang sapa.?? jel;as F1Zr
    – CB 1000 r vs FZ1 …menang sapa.?? udah pasti FZ1
    – Jupiter vs blade …menang sapa.?? semua tahu jupi juaranya…
    – Jupi MX vs supra 125 …menang sapa.?? se indonesia jg tahu kl MX lah yg menang….
    – CBR 150 vs jupi MX blok vixion …menang sapa.?? liat youtube sono… MXion yg menang…
    – Beat drag vs mio drag …menang sapa.?? MIO is the best.. 201m tembus 7 detik…xixixi…yg mio thailand sono dah 6 detik tuh..
    ………..
    ….mau apa lageee…???
    ======================================================
    buset dah,cs1 dibandingin sama F1ZR..ngaco..
    megapro dibandingin sama vixion??..ga salah bro,bandingin sama byson baru sebanding..
    CBR150 vs Jupi MX blok vixion..ckckck..motor standart vs korekan..
    cerdas banget juragan satu ini..Top dah..

    Like

  46. Kembali ke Good Suggest yg telah begitu melekat di hati masyarakat thd honda..
    Cikal bakal motor bebek dan 4tak yg begitu melegenda untuk masyarakat Indonesia..
    Tak heran kenapa jika MS Honda memang terus menguasai pangsa motor Indonesia..

    Like

  47. mindset untuk motor yg perfect adalah honda, telah menjadi pola pikir yg sudah standar buat para pengguna transport khususnya roda 2…
    Honda bakal selalu digunakan dan diingat pastinya..
    IMHO

    Like

  48. @ nasir mania
    Ahahahaha….
    FBH pada kalang kabut…..takut kalo honda makin amble pamornya..
    Nihhh kalo di sirkuit..:
    ……
    – NSR 150 vs TZM 150….menang sapa.?? jelas TZM 150

    ————————————————————————–

    Bro ente alay ababil ya.. apa ngigo! sejak kpn NSR 150sp kalah ma TZM.. power dk boleh kalah dikit tp klo rc valve dah buka alias jerit ga ada apa2′y tuh TZM.. mo bukti di asia tenggara ma asia aja tuh raja sirkuit tuh NSR 150sp… klo mo balap jgn trek pendek mst di atas 1km bru dah tuh di kentutin tuh smua’y… 😎

    _______________________________________________

    sedikit info…NSR 150 SP 39,5 PS TZM 150 36PS NSR 150 R 27,7 PS, mkn mksdnya NSR 150 R. rc valve bk diatas 6000 rpm..rasanya seperti dijambak setan..saya jg blm pnh denger ada TZM ngalahin NSR 150 SP di sirkuit ????!!!! CBR 250 saja gak mungkin ngalahin NSR 150 SP

    Like

  49. Analisa pribadi sy, tatkala Yamaha naik daun di medio pertengahan sampai akhir 2000-an (2004-2009), Market Share naik terus smpai hampir menyamai Honda, mereka sukses krn berinovasi dgn giat meluncurkan produk2 yg direspon hangat pasar (Jupi Z series, Jupi MX, Vixion, matic Jepun pertama d sini), dgn pricing yg masuk akal, value bagus.

    Tp di kala puncak keemasannya (2008-2009) malah jadi stagnan, berbalik mengikuti pola pesaing yg cma doyan gonta-ganti stripping. Di lain fihak, sang pesaing MENYADARI posisi dia yg terlalu stagnan shg mulai berbenah & mengeluarkan inovasi2 nya (spt mesin EFT 110 yg sukses di RevA & New Blade, matic2 dgn watercooling).

    Hal ini, sptnya karena YAMAHA INDONESIA dijadikan sapi perahan oleh prinsipal Jepun nya saat badai krisis moneter dunia terjadi di medio 2008-2010, hanya dikeruk spy bisa max profit tanpa RnD yg berarti. Yamaha mmg keliatan gamang sekali di periode tsb, berlainan dgn Honda yg lebih stabil sales nya di dunia.

    Kebalikannya, AHM malah inves & RnD gede2an, didukung oleh sinergi dgn perwakilan2 Honda se ASEAN (esp. Thailand), menciptakan total football yg panen gol nya mulai dirasakan dari 2010 akhir-2012 ini, trend market share berhasil dibalikkan, kembali ke posisi yg dominan.

    Kalo Yamaha ga sadar2 juga, ane yakin Honda akan terus nambah market share smpai level tahun 90-an yg bisa sekitar 2/3 total market.

    Like

  50. emang sih ada yang dari honda trus ke yamaha trus kembali lage ke honda karna sudah tau fitur yamaha,
    dlu beli jupiz eh elektrik staternya sering rusak,kruk as.a jelek,dan bodi gampang geter,lampu blakang sampai saya las karena patah dudukannya,
    beli vario 125 aja,
    😛
    n saya yakin bisa ngalahin performa jupi z1 yang baru,
    sesungguhnya saya suka mx sih yang bebek radiator , sama kayak vaio

    Like

  51. kerja di yamaha enak lho sekarang , banyak liburnya….1 minggu masuk cuma 2 kali doang….gimana ngak hebat , betul nga ? mana tuh si Eko 😀

    Like

  52. menurut saya kekalahan yamaha berada pada mio seriesny…….sdh rahasia umum mio series kalau diibaratkan seperti mocin…peleknya yg mudah peang,suara CVT berdecit,n mudahnya kerusakan di sekitar CVT,dlu mio sporty menguasai pasar matic n yamaha mengusai penjualan nasional….tp kita lihat skrg masyarakat sudah semakin pintar krn sdh bsa membandingkan matic mana yg plg unggul….kita tdk prnh melihat varian matic honda yg velgny peang,baik beat,vario,scopy dll,jlas sekali velg hinda lbh tangguh, di velg matic honda tersebut tertulis brand Enkei produk asli jepang yg kt smua tw kwlitas merek tersebut,berbeda dgn mio,begitu jg dgn ketangguhan CVT ny…..
    ad lg kenyamanan yg dirasakan ketika memakai matic honda di bannding yamaha,itu bgi Bro sexan yg sdh memakai ke 2 matic tersebut,psti bsa berkomentar

    Like

  53. dilihat dr segi kualitas dan desain
    sekarang Honda memang jauh lebih baik dr yg lain
    jd sangat pantas aja Honda sangat mengusai pasar

    Like

  54. MEroketnya Market Share Honda tentunya berkat strategi Honda menguasai pasar sangat mengena… Mulai dari lineup produk, CSR dsb… mantaf lah bro …

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s