Tari Tor-Tor diklaim Malaysia…..piye karepe ki???

Bro dan sis sekalian…jelas pengalaman masa lalu tidak dijadikan pelajaran oleh pemerintah dinegeri ini. Setelah Reog Ponorogo, Angklung, serta lagu “Rasa Sayange” diklaim Malaysia, kini Tor-Tor….sebuah tari warisan budaya saudara kita suku Batak juga diklaim oleh negeri jiran. Berbagai kejadian yang mengoyak rasa patriotisme gencar dilancarkan negeri serumpun tanpa ampun. Sipadan Ligitan lepas…..tertatih-tatih kita mencoba mengobati luka yang masih terasa, namun tusukan terus dihujamkan tanpa bisa melakukan apapun. Ada apa gerangan dengan negeri ini??…

Sebagai anak bangsa…IWB merasa prihatin dan miris. Harga diri bangsa ini sudah tidak diperhatikan oleh para penguasa. Merekalah yang harusnya sebagai pencetus…..membela digarda terdepan. Sisingkan lengan baju dan bela negeri ini hingga urat putus sekalipun. Niscaya kita semua mendukung. Jangan pertanyakan loyalitas kami sebagai anak negeri. Tapi sayang…..penguasa hanya memikirkan diri sendiri. Omong kosong jika setiap tindakan untuk rakyat. Tidak percaya jika rapat untuk membahas tanah air tercinta ini. Semua hanya kamuflase untuk memuluskan kepentingan golongan semata!….

Kita tidak bisa menyalahkan total Malaysia atas segala manuvernya. Pemerintahlah yang menjadi penanggung dosa. Penguasa baru bereaksi ketika muncul klaim dari mereka. Desain yang tidak jelas terhadap strategi kebudayaan nasional adalah pangkal lemahnya kepedulian budaya kita. Coba sampeyan intip….berapa jumlah sekolah yang mewajibkan pengadaan ekstrakulikuler tarian daerah?? hanya segelintir. Adakah dukungan pemerintah untuk membangun sanggar-sanggar tari??. nihil!!. Tidak ada sedikitpun usaha untuk memelihara kebudayaan dinegeri ini…..

Disaat negera tetangga klaim…barulah semua kebingungan. Teriak-teriak menyatakan bahwa itu adalah kepunyaan kita. Nah…kalau sudah begini yang salah siapa??. Tidak bisa menunggu lebih lama…pemerintah kudu membuat undang-undang yang jelas agar klaim lainnya tidak terjadi. Pemerintah harus segera melobi tiap daerah dalam upaya pengembangan budaya nasional. Kemudian memperkenalkan kedunia internasional agar mereka semua melek bahwa kesenian merupakan milik Indonesia. Kudu serius brosis!. Lha kalau Malaysia bisa menyebut mereka sebagai “Truly Asia”….kenapa kita tidak??. Lawong Indonesia lebih kaya dibanding mereka. Sebagai sempalan kerajaan Majapahit, negeri Jiran hanyalah wilayah kecil yang tidak ada apa-apanya dibanding Indonesia. Sayang penguasa mandul tidak berisi!!….

Last.…kita semua mengamati jalannya skenario ini. Sudah cukup kiranya kesengsaraan para TKI serta lepasnya Sipadan Ligitan dari wilayah kita. Jangan budaya sebagai warisan nenek moyang juga diubek-ubek. Mosok kita tidak mampu berbuat apa-apa. Malu dengan Bung Karno euy. Malu dengan para pejuang kita dulu yang meregang nyawa untuk membela setiap jengkal harga diri negeri ini. So buat pemerintah…tolong dong dibikin visi yang jelas untuk memelihara budaya negeri. Jangan sibuk memikirkan diri sendiri tanpa peduli kelestarian warisan leluhur yang tidak ternilai harganya. Dan buat Malaysia….mbokya jangan bikin ulah to. Masak semua mau diklaim. Angklung, reog, lagu “Rasa Sayange” plus Sipadan Ligitan telah menjadi korban. Sekarang Tari Tor-TorΒ  menjadi incaran. Piye karepe ki???…..(iwb)

Advertisements

121 thoughts on “Tari Tor-Tor diklaim Malaysia…..piye karepe ki???

  1. sebagai penunggang Byson motor yang Macho dan gagah cocok sekali mas iwan memimpin penyerangan ke malaysia πŸ˜€

    Like

  2. jadi di malay tu suku bangsanya hampir sama kaya indo bro..ada org melayu /sumatera,aceh,jawa cina dll..nah klo tor tor itu org batak yg sdh lama tinggal di malay berusaha melestarikan krbudayaan leluhur mereka..dg cara meminta dukungan dr pemerintah malay..pemerintah malay mau dukung asal kebudayaan tsb dimasukan dlm akta negara mereka..jadinya proses klaim nya disitu

    so.kira2 salah siapa bro??? sperti jg org2 perbatasan kalimantan yg cari makan di malay..di depan rmhnya ada bendera indo n malay jg..gmn coba??

    Like

  3. MAS Iwan Minta Tolong Dengan Sangat, Tolong tanyakan Ke AHM Masalah Peluncuran Honda Beat Yang Baru Kapan Gitu Meluncurnya, Ini Ada masalah adik ipar merengek pengen dibeliin motor yang honda beat, cuma denger katanya mau ada brojol yg baru, kan kasihan kalo bener nanti baru beli dah brojol yang baru,,tolongnya mas iwan di tanyain..

    Like

  4. giliran bahas MALAYSIA sepi yg komen,coba bahas YAMAHA VS HONDA langsung rame

    miris memang,rasa nasionalisme dan cinta tanah air sudah terkikis

    bangsa sendiri saling menjelekan,menghina,merusak

    ditertawakan oleh bangsa lain,dipandang sebelah mata,mau sampai kapan???

    para petinggi sibuk memperkaya diri sendiri,dari jajaran terbawah hingga jajaran teratas pemerintahan digerogoti virus korupsi yang semakin tidak terkendali,

    kejahatan yang semakin merajarela,tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia yang tidak membaik,kesenjangan sosial,

    curhat ane sebagai warga asli Indonesia,untuk Indonesia yang lebih baik

    #PrayforIndonesia

    Like

  5. mas iwan,padahal td sy nungguin artikel baru mas iwan(biasanya jam 2 an).soal nya pengen jd yg pertamaxx,sambil nunggu ane iseng baca artike mas iwan yg laen.eh tau nya ketinggalan….apess

    Like

  6. Aku pikir ini ada kaitannya dg kasus korupsi, coba ingat, dulu jaman sebelum presiden sekarang mana ada klaim kayak gini? Gak ada tho? Atau saya tidak tau. Terus kenapa mencuatnya pas bebarengan ama mencuatnya skandal korupsi? Piye?

    Like

  7. yang salah itu sistem pemerintahan kita
    kalau mau benar itu pake sistem ke “khalifa”an
    itu baru benar .
    ” PEMIMPIN YANG AMANAH ” tidak amanah “GANTI”
    gitu aja kok repot

    Like

  8. @ 9. juraganneon
    Walah…bisa aja mzbro :mrgreen:
    @ 15. Cah sumpiuh
    Itu yang kita soroti. Terkesan kurang serius!!
    @ 17. si kurus
    Yup…memang tidak serta merta total salah Malaysia. Penguasa negeri ini yang kurang peduli.
    @ 18. anggi
    Oke…ditunggu yah
    @ 20. Rei
    Kritikannya tajam. Mantep bro…
    @ 22. ivank
    Tahu aja jam-jamnya wkakakak

    Like

  9. Nek jaman Pres Soekarno n Soeharto raono sing wani,soale “Nek Wani Macem2 Tak GEBUKK!!!!” Lha nek saiki???? πŸ˜› πŸ˜› πŸ˜›

    Like

  10. iya,,akupun sbgai anak BATAK jadi geram juga melihat tingkah laku negara tetangga kita ini,maen raprap aja kek sepakbola,,,lebih geram lagi nengo tanggapan dari Pemerintah kita ini gda tanggapan resmi….,/

    Like

  11. tari tor-tor tu tari apa to?? kok baru dengar aku. lagian siapa juga yang mau latihan tari tor-tor??? pemuda-pemudi jaman sekarang mana mau….
    kalo motor aku tahu. poduk jepang memang bagus2. sayang kita belum bisa bikin seperti mereka. kalo suatu saat nanti kita bisa bikin motor sebaiknya jangan pake nama bahasa Indonesia. gak keren gito.

    Like

  12. malaysia pinter nih
    mumpung indonesia lagi dipimpin ama jenderal yg nggak pernah mimpin perang.

    ooo sorii
    pernah ding..
    perang mulut

    akhirnya yg lebih peduli dan berani malah masyarakatnya..

    kalo kata mario teguh, panglima kayak begini bikin anak buahnya geregetan (sherina.com)

    Like

  13. tari tor tor di klaim malaysia dari indonesia…. tarian tori tori cheese cracker di klaim indonesia dari jepang…. hahaha…

    Like

  14. pemerintah mana sempet mkirn mslah kyk gtu..,
    mlah para pejabat sibuk memprkaya diri… Tdk liat newsline.nya yg brjalan milik metro tv, kalo korupsi di indonesia sngt mmprihatinkan dan memasuki fase kritis….!
    Partai yg besar yg menggembar-gemborkan ‘ktakan tdk dg korupsi..!!’ mlh justru jd sarang korupsi smua kader2.nya brmasalah dg KPK.. Sdangkan presiden kita seolah spertia macan tua yg kehilangan taringnya…! Sungguh malang negriku ini, yg mengaku bangsa yg merdeka,tp rakyatnya msh di jajah oleh penguasanya sndiri..!

    Like

  15. wedew .kan kasusnya udah slesei masbro . Malaysia udah ngga ngklaim lg

    knalpotudang.wordpress.com/2012/06/22/ktm-itu-setara-dengan-husqvarna-aprilia-dan-ducati-jadi-wajar-mahal/

    Like

  16. Kita tdk perlu emosi dulu, telusuri dulu sejarah asal usulnya. Ini kan akibat kenyang terjajah (3,5 abat/londo, 5 thn/enggris, 3 thn/jepun) bayangkan gimana.
    Kita udah trbiasa jadi pesuruh & diperlakukan se-wenang2 oleh penjajah. Yg parah lg kehebatan londo dg politik adu domba nya (sampai sekarang awet kita warisi), makanya sesama kita suka tawuran, saling hujat dll. kita lupa semboyan BhinekaTunggalIka.
    Kalo tak salah sebelum penjajah bajak laut menguasai kita. dulunya kan indonesia brunei malaysia ADALAH SATU bernama NUSANTARA. Jadi masih wajar bila sekarang masing2 melestarikannya.
    Apalagi sekarang orang kita kan udah sok kebarat2an sikap & prilaku, mentang2 fasih bahasanya dicampur2 (MESKIPUN UDAH TAU TIDAK PUTIH & MANCUNG, maksa). urgen cancel pending next stop&go btw apalah… pusing ah… 7 dari 10 orang kt tidak hafal TEKS SUMPAH PEMUDA & PANCASILA (kecuali yg buka kamus)
    Mulai sekarang berbanggalah jadi indonesia, cintai budaya & bahasa kita. Jaga persatuan. Perbaiki ahlak & buat yg beragama kuatkan iman menurut keyakinan masing2. agar kita punya karakter yg kuat sehingga punya harga diri.

    Like

  17. namax jg malingsia.,
    opo ae d malingi.,

    pemerintah kykx dh g pux mata bwt ngeliat,
    kuping bwt denger,
    mulut bwt bicara.,
    kaki tuk bergerak,
    tangan untuk membela.,

    pemerintah it hx patung.,
    yg bwt kencing anjing2 malingsia n rakyat yg g d peduliin..
    bwt 2014 males nxoblos aq..

    milh jg g ad yg becus..,
    dh kpilh lpa ap tugas n omongan yg udh d umbar.
    boxiet smwx..

    fuck for goverment indonesia..
    n picek bwt malingsia..

    Like

  18. Paling congor nya pemimpin indonesia sudah di sumpeli pake duit gede oleh malayanjing ! Tau sendiri lah si malayanjing itu kan kacungnya si ratu british yang suka menjilati pantatnya si ratu british itu,, makanya malay banyak duitnya dan bisa maju itu krna jadi penjilat pantat si britishbabi.!
    Yaa.. Mungkin pemerintah indonesia di berikan opsi kerjasama dlam hbungan diplomatik dsb, karena kalo malay dan pemerintah indo banyak kerja sama, ujung2 nya duitnya kan larinya ke kantong pemerintah indonesia juga.ya toh…
    Malay sama pemerintah indonesia itu sama2 gak beresnya !
    Malay suka mencuri,
    pemerintah indonesia suka memeras rakyatnya sendiri dengan cara korupsi.
    Jadi rakyat indonesia ini sudah di curi kebudayaannya, ehh sama pemerintahannya sendiri bukannya di bela malah semakin di jejek, di injek2, sampe nyungsep ke dalem lumpur.

    Atau bisa juga itu adlah upaya pengkaburan kasus,.
    Dalam hal ini pemerintah malay dan pmerintah indonesia bekerja sama untuk membuat suatu kegegeran/kekacauan tertentu, sehingga perhatian msyarakat indonesia menjadi teralihkan ke masalah ini Dan melupakan masalah yg lebih berat yg ada di dlm negeri.
    Sering kok begitu, sperti pda saat kasus gayus.. Di sisi lain ada berita yg mnyebutkan kpal perang malay masuk ke perairan indonesia, ehh akhirnya perhatian rakyat indonesia teralihkan deh.. Sedangkan kasus gayus sendiri lenyap entah kemana dan msyarakat gak tau krn perhatiannya udah pindah ke berita yg lain yg di anggap merupakan msalah yg lbh serius dri pda ksus gayus..
    Knapa pemerintah melakukan hal tsbt, yaitu bkerja sama dgn malay untuk membuat kegegeran (pengkaburan kasus ),.. adalah karena dalam kasus gayus itu sendiri di sinyalir ada ikut serta org no 1 di ngeri ini Dan gayus sendiri yg mengatakan itu, walaupun gayus tdak mnyebutkan nama tpi gayus mngatakan slah satu yg terlibat adlh org paling penting di ngara ini. Ya.. Mungkin udh bsa di tebak siapa..

    Ya.. jadi sekarang kalian fikir sja, kira2 ada kasus serius apa di dlm negeri yg menyangkut dgn pemerintah. Shingga akhirnya pmerintah bkerja sma dgn bnyak pihak untuk mengcoh rakyatnya sendiri..
    Apa jgn2 mau naik hrga BBm kah ??
    Atau apa ??
    Pasti ada itu…

    Soalnya kalo memang masalah malaysia mencuri kebudayaan kita itu bukanlah karena di suruh oleh pemerintah kita sendiri, sebagai upaya pengkaburan kasus.. Maka Tidak mungkin lah pemerintah kita itu berdiam diri saja. Ya tho..
    Yakinlah ini hanyalah rekayasa pemerintah kita dalam membodohi rakyatnya sendiri… Jawabannya pasti IYA..! buktinya lihat lah sendiri pemerintah gk akn berbuat apa2.. Coba di fikir secara logis, pemerintah negara mana yang rela dan berdiam diri saja melihat kbudayaannya di curi.. TIDAK ADA, KECUALI PEMERINTAH KORUP INDONESIA.

    Ya mkanya wajarlah kalo akhirnya banyak provinsi dan kepulauan yang ingin lepas dari NKRI.
    lha wong pemerintahannya aja kaya BABI.
    Tolong mas IWB jangan di hapus kata2 kotor dlm komentar saya.
    Karena pemerintah indonesia memang pantas mendapatkan julukan itu.

    Like

  19. halah…gitu aja ribut, tarian cuma dicuekin aja koq sama orang indon..apalagi anak mudanya, mana peduli sama tarian… tawuran cuy yg ngetren… TKI di pancung di arab noh diem ajee..demo juga kaga sama arab…apalagi baru kata tarian… gw sih yakin yg komen diatas pada ribut gaya provokator kaga pernah nari… ngemeng doang…

    Like

  20. Kalo yang di klaim sama malaysia sebagai miliknya itu fby ane setuju…
    Biar gak ada lagi fby perusuh di indonesia..
    Yes…

    *kabooor…..

    Like

  21. Tapi sayang…..penguasa hanya memikirkan diri sendiri. Omong kosong jika setiap tindakan untuk rakyat. Tidak percaya jika rapat untuk membahas tanah air tercinta ini. Semua hanya kamuflase untuk memuluskan kepentingan golongan semata!
    Pemerintah itu bullshit..

    Like

  22. yach , cobalah perbaikan dimulai dari sendiri,
    kalu rakyatnya bagus, pasti dapet peminpinya yg bagus,, itu pasti.

    yach miniaml, kalu komen jangan bawa -bawa kebon binatang atau kotoran yg jelas najis, ndak mencela satu-sama lain, baik itu manusianya atau produknya.

    yah namanya buatan manusia , ndak ada yg sempurna, kalu ada yg salah, coba diperbaiki.

    memang boleh mencela benda mati, tapi setidaknya dgn tidak mencela benda mati , kita berusaha menghargai org yg sudah menemukan/menciptaknnya.

    Like

  23. “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu
    berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah
    kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal
    atas perbuatanmu itu.” [Al Hujuraat 6]

    Like

  24. TRULY MALING….
    tp budaya ga trlalu ngaruh ke ekonomi mas,yg lebih ngenez lg kekayaan alam qta malah dirampok negara laen abis2an n pemerintah malah jadi jongosnya…
    APIK TENAN !

    Like

  25. uda saatnya, ATPM baik, honda, yamaha, suzuki, kawasaki, bajaj, TVS, dan mocin, kasih rudal di motor, jadi ada perlombaan pemecahan rekor muri, penembakan rudal dari motor terbanyak untuk malaysia

    Like

  26. kalo negara kita ga mau urus budaya nya ya kasih aja sama yg lebih menghargai dan mau membudidayakan budaya itu.
    mempertahankan saja tidak sanggup apalagi mau membudidayakan?
    daripada budaya itu punah?

    Like

  27. kalo dah gini.. terus kita2 ini bisanya ngapain…..??
    hanya sumpah serapah saja…??
    kalo ane.. mulai dari hal2 yg kecil…
    contohnya… ane ogah beli produk malengsit.. contohnya mobil protol… :mrgreen:

    Like

  28. mana sempet pemerintah ngurusin beginian? mereka lagi sibuk korupsi dan nyari solusi supaya APBN tidak jebol yang prosentasenya lebih banyak hanya untuk menggaji PNS yang tiap periode naik.

    Like

  29. yo wes wajar ae mas iwan,,,,,lha wong ibarat sawah bero /g di garap,,,dipikir g ada yg punya,,yo jangan salahkan malaysia,,,,pemerintahnya aj tidorrrrrrrrr

    Like

  30. Pemerintah indonesia tidak punya malu..
    Saya baca di koran udah di tulis terang2an.
    Mau jadi PNS bayar 170 juta.
    Makanya korupsi juga ya enggak malu.
    Terus kasihan ya anak2 negeri ini misalkan ada yang pintar tapi kondisinya miskin. Kepintaran dan kecerdasannya tidak akan berguna jika tidak punya uang.
    Sedangkan yang jadi kader partai, pns, dsb yg bkerja pada negara adalah orang2 yang waktu sekolahnya bandel dan bodoh,, ya makanya bangsa ini di penuhi petinggi petinggi yang bejat.
    Yang kaya semakin kaya,
    yang miskin semakin miskin.
    Ya Allah sadarkanlah para petinggi pemerintah baik yang di pusat maupun yang di daerah. Amin..

    Like

  31. menurut ane kurang tegas aja bro iwan, beda ma jamannya presdir Soekarno, dengan lantangnya menyerukan “GANYANG MALAYSIA”. Malay udah takut gak berkutik walaupun bersembunyi dibalik bendera Inggris sekalipun pada waktu itu :mrgreen:

    negara yang kuat pasti disegani, dulu Indo deket banget dengan Rusia, Cuba, dsb. Sekarang?

    Like

  32. Pemerintah g tegas,sekali2 hrus di beri pelajaran…perang yo perang,coba jaman pak karno dan pak harto,apa berani malaysia macem2…

    Like

  33. ESBEYE aka banci kaleng pemelihara para koruptor.
    Gayanya doang sok berwibawa, kalo pidato tangannya gak bisa diem.
    Tapi dalemnya bejad.
    Tuh kasus korupsi yang di lakukan bawahannya para anggota prtai demokrat, pada kemana tuh kasusnya. Paling2 juga di penjara juga lebih bagus dri hotel bintang 10.
    Jadi tari tor tor di ambil malaysia ya wajarlah, toh di sana lebih di openi dan lebih di promosikan kpada dunia, dari pada di indonesia gak di urusin sama pemerintahnya. Pemerintahnya sibuk korupsi sama minta pentaris mobil mewah, udah itu ada jatah jalan2 ke luar negeri lagi…
    Wahhh… Gak liat jempol kaki.. Jadi pejabat di negara miskin aja belagu, gayanya selangit.
    Orang pemerintah yang di negara maju aja enggak ngesok2 amat kaya pemerintah indonesia.
    Jijik oey liat wajah2 para petinggi negara ini. Huwek….

    Like

  34. Rasa ane itu ada campur tangan luar negeri utk menghancurkan negara yg bermayoritas muslim,,
    ingat timur tengah masbro,,,negara2ny mayoritas kaya minyak, itu lah mnjadi sasaran negara2 barat yg licik,,dgn cara mengadu domba,liat lah apa yg terjadi dgn negara2 timur tengah?HANCUR masbro, rasa persaudaraannya habis,hilang semua,, mereka saling serang satu sama lain, takutnya itu nnti terjdi oleh negara kita…konflik di papua sudah mulai, itu adlh tanda2, campur tangan asing!!
    Coba masbro smua buka kata “NEGARA YANG PERTAMA KALI MENGAKU KEDAULATAN RI” di mbah google…
    Pasti masbro smua akan sadar betapa besar rasa persaudaraan yg muslim yg kita miliki dulu…

    Like

  35. Setuju bgt mas IWB..
    Malingsial emang salah !
    tp yg lebih salah lagi itu para pemimpin bangsa ini !! mereka hanya sekumpulan manusia yg cuma memikirkan diri mereka sendiri, ga bernyali.
    harusnya generasi muda sekarang yg harus memimpin bangsa ini, generasi tua bangsa ini ga ada yg bisa di harapkan.. mereka masih produk orde baru !

    Like

  36. lha wong negeri ini cm ngurus kepentingany sendiri..
    ane rasa, malon ini sengaja buat mancing2 emosi dg tujuan tertntu..

    ttp waspada n jaga budaya kita..

    Like

  37. woi bos, di malaysia juga banyak batak, mereka bukan TKI ya, tpi mereka uda turun temurun ratusan tahun jadi warga negara sana… dan udah jadi etnis pendatang layaknya tiong hoa dan india di Indonesia… sah-sah aja batak disana mau melestarikan budaya batak.nya… yang ngebesar2in ni berita palingan ga tau situasi aslinya disana gimana… heran gw, gampang banget orang indonesia dibodoh2i media-media sekarang macam tivioon.. itu malysia cekikikan ngeliat ni bangsa gampang diadu domba… :twsited:

    Like

  38. MOSOK MASS??
    HHEHE
    BUKAN E ITU KATANYA DARI WARGA MANDAILING SENDIRI YG MINTA ?KALO EMANG GITU,MENURUT SY SAH2 AJA,KAN RAKYAT MANDAILING YG PUNYA ITU TORTOR,
    MUNGKIN EMANG LEBIH BAIK ADA JUGA TORTOR DI MALAYSIA,DARIPADA DI INDONESIA,CUMA SIA2 TANPA ADA UPAYA PELESTARIAN,
    AKAN LEBIH BANGGA JIKA KEBUDAYAAN YG aslinya DARI INDONESIA TP ADA DI NEGARA2 ASING
    ;D

    #NGACA SM BARONGSAI

    sori bang,capslock jebol
    πŸ˜›
    ^^v

    Like

  39. Boikot Produk Malaysial…proton dsb,jgn mau nntn sinetron si ashraf sinclair yg aktingny bikin muntah….bwt bakrie pecat tuh safee sali dr pelita jaya sbg rasa simpatik dr msLh ini.

    Like

  40. dasar malingsial belum puas apa mengklaim begitu banyak kekayaan indonesia hah!
    Bwt pemerintah jangan diam aja,”GANYANG MALINGSIAL”seperti kata kata bung karno yang membuat tuh malingsialan begidik ga punya nyali
    Kenapa yah persoalan di indonesia makin lama makin menjadi jadi setelah masa pemerintahan presiden pertama dan kedua berakhir
    Padahal di jamanya bung karno dan pak harto indonesia begitu disegani di dunia sampe dapet julukan macan asia,nah sekarang julukan indonesia bukan lagi macan asia tapi macan ompong!

    Like

  41. malay njaluk di goyang opo piye ki, sory di ganyang maksude… πŸ˜‰ negara kita mah slalu akn dilecehkan sm malay sbb malay punya tameng super yg superman aja mungkin gx bisa nembus apakah itu…? yaitu… T.K.I kl kita macem2 yg sengasara pasti TKI dijadiin pelampiasan orang sono.. nasssiiib..nasiiib…

    Like

  42. Banyak orang2 dari suku yang ada di indonesia yg udh mnjadi warga negara malaysia.
    Spt org jawa,, yang mana pemerintah malaysia akhirnya menjadikan wyang kulit sbgai budayanya, ya sah2 aja toh, lha wong bnyak org jawanya juga di sana, dn org jwa yg udh jdi rkyat mlaysia itu sring memainkan nya di sana, jadi sekali lagi ya wjar kalo akhirnya pmrintah malay mengklain itu budayanya, lha wong emg bnyk yg main wyang kulit di sana.kan gitu logikanya..
    Bgitupun dgn kasus tari tor2 ini, org batak di mlay sering memainkannya, ya gak pa2 lah lw akhirnya malaysia menyatakan bhwa itu budaya negaranya.
    Selain itu bnyk juga org padang dll.
    Lagian di sana kesenian lebih di perhatikan oleh pmerintahnya dri pada di indonesia..
    Tapi kalo kang iwan menyatakan bahwa pemerintah indonesia begitu ya gak salah juga sih.. Soalnya pmerintah indonesia memang gak ada bagus2nya, ya wlaupun dlam hal ini pemerintah indonesia diem aja adalah gak masalah bagi saya, tapi paling tidak dlam hal korupssi ya jangan diem aja dong. Pemerintah harus bisa menghilangkan itu korupsi.
    Dan bagi saya, sampai detik ini
    Pemerintah indonesia memang lebih cocok di sbut kumpulan orang2 penipu rakyat.

    Like

  43. mau gmn lagi… Di sana jg bnya orng indo yg jd tki dan melahirkan anak disana sbgai warganegara malaysia. Mau ga mau ya malaysia emang sodara kita. Di tempat sy kerja di jatim bny warga yg ga bisa bahasa indonesianya bahasa malaysiaan. resiko kl bny pernikahan campur atau warga kita disana ya begitu jadinya. Tp ngeklaim warisan budaya jg ga etislah…terlalu arogan

    Like

  44. mau gmn lagi… Di sana jg bnya orng indo yg jd tki dan melahirkan anak disana sbgai warganegara malaysia. Mau ga mau ya malaysia emang sodara kita. Di tempat sy kerja di jatim bny warga yg bahasa indonesianya bahasa malaysiaan. resiko kl bny pernikahan campur atau warga kita disana ya begitu jadinya. Tp ngeklaim warisan budaya jg ga etislah…terlalu arogan

    Like

  45. Yg jelas pemerintah kita itu ga mikirin rakyat nya coba liat. kita sering bayar pajak tapi jalanan rusak di biarin aja. salah satu korban nya yg punya warung ini kaki bison nya ampe dower. Trus Banyak hasil karya anak negri ngga di hargai. Akhirnya lari ke negara lain. Anak negri banyak yg pinter dan pandai tapi ga di perhatikan malah yg memperhatikan negara lain dan mendapatkan beasiswa negara lain. Liat aja Polisi negara lain berani menembak orang indonesia. Pemerintah cuek aja. Tapi pemerintah kita malah memberi keringanan hukuman ke orang asing. Liat banyak gedung2 sekolah yg hampir roboh bahkan kalo hujan bocor buat belajar. eh pemerintah malah mau buat gedung dpr baru. Coba liat. banyak di jakarta banyak jamban yg ga layak ealah pemerintah malah mikirin bikin wc baru. Coba liat pemerintah kita kalo rapat. banyak yg tidur mainan hp dll. Kalo ga ada titik temu dalam rapat ntar adu jotos. Apakah itu yg nama nya memikirkan rakyat!!! Preee….t Busyet! Yg ada hanya memikirkan kelompok masing2 dan perut sendiri. Emang kaya negri kita ini berbagai rempah2 bahkan gunung emas yg ada di irian jaya tapi yg menikmati bangsa asing dan di rebut negara lain.

    Like

  46. Tar pilih pemimpin yang paling berani bela Negara. Tuch negara MalingSiaL walaupun negara maling tapi masih banyak WNI yang seneng kerja di negara maling Heran….
    Kapan negara kita punya pemimpin yg seperti Soekarno Yah…???

    Like

  47. Kenapa india tdk mencak2 saat ramayana dan mahabharata jd trade mark wayang indonesia? atau kesenian marawis dr timteng jd ikon budaya betawi? bisa jd krn budaya akan makin berkembang jika menyebar ke seluruh penjuru dunia dan akan menghilang jika dilokalisir. Tapi ini cuma utk mslh budaya sdg masalah kedaulatan wilayah negara beda lg

    Like

  48. Usus e mbrodol tenan malaysia…pateni wae..!!!
    Tapi ini juga bukti kurangnya penghargaan pemerintah kepada budaya dan kesenian daerah,sehingga tetangga sebelah maen comot seenaknya. Para penguasa negeri mbok ya yang tegas n jangan mau d injak2 tetangga sebelah ..

    I β™₯ INDONESIA

    Like

  49. SEMUA SALAHKAN KEPEMERINTAH MEREKA BERKERJA YNG UTAMA ADALAH UNTUK KEPENTINGAN MEREKA DAHULU, LIAHAT BAGAIMANA INDONESIA DIREMEHKAN MALAYSIA SEMUA BERAWAL DARI TINDAKAN PEMERINTAH..

    INDONESIA ITU SANGAT KAYA LAH WONG SKRNG INDONESIA NGIMPOR IKAN DARI MALAYSIA, NAH TU IKANKAN HASIL MALINGAN MALAYSIA DI LAUT KITA(JADI KITA BELI IKAN KITA SENDIR)..
    INDONESIA BENER2 KAYA..

    Cckckckkckckckk…

    Like

  50. Pembahasan yang tentu sangat menarik dan perlu diperhatikan meskipun sedikit berbeda dengan pembahasan biasanya… πŸ™‚
    Tentu milik kita yang harusnya kita rawat dan pasti di jaga, Hal yang harus dijadikan pembelajaran kedepan untuk makin bangga dengan budaya kita dan cepat mengambil langkah yang tepat, tidak terlena dengan serangan teknologi yang gencar saat ini. Sekali lagi salut buat pembahasan diatas πŸ™‚ http://orderdesign.wordpress.com

    Like

  51. logika sederhana aja bro, smuanya tau donk karate, ninjutsu,judo,samurai,kungfu,dll smuanya sdh menyebar keseluruh dunia, n jd kbudayaan baru bg bangsa lain, tp apakah kalian pernah dengar ada salah 1 negara yg mengklaim, gx kan mreka kl ditanya pasti jawabnya ini dari ini, itu punya itu, jd seni/budaya suatu bangsa meski sdh menyebar n jd budaya baru negara lain gx ada yg berhak mengakui itu sbg milik mreka kecuali negara pemilik seni/budaya itu.

    Like

  52. pemerintah kurang tegas nih ,

    gtu aja malah di biarin .. entar lama kelamaan bnyak negara yg mnganatakan bahwa tari tor tor dr malingsia . ya karena cuma dr mulut ke mulut ..

    Like

  53. sama-sama etnis melayu kok saling klaim sih…
    bahasanya juga sama…
    apa ruginya coba…
    malaysia ma indonesia tu saudara ngapain juga berselisih
    kok seneng di adu domba gara2 klaim budaya..
    ini pasti pesanan pemerintah supaya kasus2 tertutupi
    sama halnya kasus2 bom (baca:mercon) yang bisa menenggelamkan kasus2 yang melanda pejabat pemerintahan
    astaghfirullah haladhim…

    Like

  54. Belajar bahasa Malaysia yukk..
    Pantes Malaysia sering ngaku budaya
    kita, malu sama bahasanya sendiri!!!
    Coba cek Ξ±Μ£Δ΅Ξ±Μ£Μ£:
    … Indonesia: Beli 2 gratis 1
    Malaysia: Beli 2 percume 1 (=))msk
    dksi gratis blg prcumaX_X ) …
    Indonesia: Kementerian Agama,
    Malaysia: Kementerian Tak
    Berdosa (heloo \=D/?!!)
    Indonesia: Angkatan Darat,
    Malaysia: Laskar Hentak-Hentak Bumi
    (ga asik bgt ya :s)
    Indonesia: Angkatan Udara,
    Malaysia: Laskar Angin-Angin (untung
    ga laskar pelangi atau laskar kentut=D)
    Indonesia: Pasukaaan bubar jalan !!
    Malaysia: Pasukaaan cerai berai !!(talak
    aja sekalian , talak 3:D )
    Indonesia: Merayap
    Malaysia: Bersetubuh dengan bumi
    (apa rasanya bersetubuh dengan bumi
    hahaa:$ :>)
    Indonesia: Rumah sakit bersalin,
    Malaysia: Hospital korban lelaki (asli
    NGAKAK tp bener juga sih =)))
    Indonesia: Belok kiri, belok kanan,
    Malaysia: Pusing kiri, pusing kanan
    (minum bodrex makanya:|)
    Indonesia: Departemen Pertanian
    Malaysia: Departemen Cucuk Tanam
    (yuuk mariii ke mabes nyucuk tanam
    kakakaka :p)
    Indonesia: Gratis bicara 30 menit,
    Malaysia: Percuma berbual 30minit
    (suka2 gue dong :/)
    Indonesia: Satpam/securiti,
    Malaysia: Penunggu Maling(ngarep
    banget dimalingin ya ampe ditungguin
    =))) Indonesia: Tank
    Malaysia: Kereta Kebal (lo kira dari
    banteng kale ahh..\=D/)
    Indonesia: Kedatangan,
    Malaysia: Ketibaan (aneh..:/)
    Indonesia: Rumah sakit jiwa,
    Malaysia : Gubuk gila (udah gubuk, gila
    lagi.. Kasian banget deh..X_X)
    I ndonesia: Dokter ahli jiwa,
    Malaysia: Dokter gila (ada ya yg mw
    disebut dokter gila ? Wkwkwk..:O)
    Indonesia: Hantu pocong,
    Malaysia: Hantu Bungkus (pesen atu
    dong bang, dibungkus)
    Indonesia: Toilet,
    Malaysia Bilik Merenung
    (ampun deh..sekalian ~o)aja gan..)
    Indonesia: Traktor,
    Malaysia: Setrika Bumi. (segede apaan
    yak strikanya? *nerd*)
    Indonesia: Joystick,
    Malaysia: Batang senang (maksud lo?
    batang Happy?=)))
    Indonesia: Tidur siang,
    Malaysia: Petang telentang (berarti klo
    tidur malem β€œgelap tengkurep” =)))
    Indonesia: push up
    Malaysia: perkosa bumi (waaah.nafsu
    amet) Waakakakaakakk,,,,,,, silakan
    tertawa sepuasnya,,,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s