Harga bensin seliter diInggris mencapai Rp. 20,000. Mahal??…

Bro dan sis sekalian…suatu keasyikan tersendiri bisa ngobrol dengan orang luar negeri. Topik tentang politik, ekonomi dan ujung-ujungnya otomotif kita kupas tanpa tedeng aling-aling. Bernama Mr. Simon….seorang berkebangsaan Inggris yang bekerja sebagai konsultan IT. Dari doilah diperoleh keterangan bahwa banderol seliter bensin oktan 92 disana sekitar 20ribu rupiah. Wiiihhh, nampol euy…!

Banyak komentar bahwa bensin kita sangat murah jika dibandingkan negara tetangga. Komparasi mentah-mentah tanpa berdasarkan kalkulasi pendapatan perkapita. Lucunya kadangkala opini “murah” ini didengungkan oleh para penguasa supaya kebijakan seolah halal tanpa ada beban. Kenapa? Sebab jika fakta digali lebih dalam, kata “lebih murah” serasa tidak fair. Seperti apa yang dituturkan Mr. Simon….

Dengan melihat nominal, bensin diUK memang akan terasa mahal bagi kita. Mosok seliter sampai tembus 20,000….opo ora ngelu :mrgreen: . Tapi tidak ketika mendengar penuturan Mr. Simon. Bagi lelaki bertubuh kekar tersebut, harga termasuk enteng dikantong. Kenapa? Karena pendapatan rata-rata (average) warga negara Inggris pertahun sekitar 490juta rupiah (setelah dikonversi dari Poundsterling Inggris). Bandingkan dengan negara kita yang hanya berkisar 60jutaan..perbedaan nyaris 9 kali lipatnya. Yah…bisa diibaratkan banderol bensin bagi mereka berkisar 2,400 rupiah……

Subsidi memang membebani APBN negara. Tapi subsidi tetap diperlukan jika tepat sasaran khususnya buat kalangan kurang mampu. So…tantangan untuk negara supaya mampu membuat regulasi yang jelas. Kemudian komparasi banderol bensin….alangkah bijaknya apple to apple dengan pendapatan perkapita penduduk, bukan menelan mentah-mentah suatu angka yang belum tentu cocok alias jomplang dibanding negara kita….(Iwb)

Advertisements

68 thoughts on “Harga bensin seliter diInggris mencapai Rp. 20,000. Mahal??…

  1. premium_kan buat orang nggak mampu…!!!jd pembagiannya harusnya dijatah dong…!!!mis;buat motor dijatah sehari 1L,angkutan umum/barang 10L…!!!trus klo jatahnya abis ya beli premium non subsidi/pertamax…!!!

    Like

  2. Disana bensin setara rp 20.000 seliter, buat perbandingan harga beras sekilo disana berapa? Harga seliter air minum berapa? Harga sebutir permen berapa?

    Like

  3. tapi ada juga yg disetting tinggi harga bensin disana, supya orang naik transportasi massal, dengan syarat transportasi massalnya disana benar2 nyaman..:D

    klo disini, disetting tinggi biar orang naik busway, wong buswaynya aja sering telat..:D, bisa2 diamuk masa ntar tuch supirnya

    wakakak

    Like

  4. Mas,ngobrolnya komunikasi langsung ato gak langsung?
    Kalo langsung,Knp gak di foto mr.smith nya mas??
    xixixi…
    #banyaktanyaamat…

    Like

  5. maaf oot, sepekan ini bensin premium eceren di tengah kota palangkaraya tembus rata2 10ribu. Kegilaan berlanjut sampai keplosok kampung mencapai 15ribu lebih/liter. Sekian sekilas info,

    Like

  6. “maaf oot, sepekan ini bensin premium eceren di tengah kota palangkaraya tembus rata2 10ribu. Kegilaan berlanjut sampai keplosok kampung mencapai 15ribu lebih/liter. Sekian sekilas info,”

    issssh… mahal amat?, apa itu di SPBU ato di pengecer?

    Like

  7. harga warung eceran gan….spbu di palangkaraya yg setau ane 6 biji ato lebih maaf ane g terlalu hafal, kebanyakan pada angkat tangan memenuhi kebutuhan yg sangat overload dr konsumen, “bensin di spbu ada” tp g mencukupi kayaknya, antrian pelangsir minyak sangat mengular disini. Bahkan sekarang bnyak juga penjual eceran pertamax harganya sekitar 12_14ribuan/botol topi miring(dalamkota palangkaraya). Kelangkaan 4tahun yg lalu lebih parah, di plosok kampung bensin eceran mencapai 25ribu/liter, ane nyaksiin depan mata sendiri gan tu org bayar

    Like

  8. Emang bener Mas bensin di luar negeri kalau di rupiahkan sangat mahal dibanding di Indonesia tapi bagi orang luar negeri sangat2 murah sekali masalahnya gajinya sesuai. Sebagai contoh ya Mas di Korea sini bensin satu liter harganya 1.650 won atau Rp 13.700 sedangkan gajinya orang sini sekitar 2.500.000 won atau Rp 20.400.000. Inilah bedanya bensin di Indonesia meski murah tapi sangat memberatkan dikarenakan pendapatannya gak sesuai.

    Like

  9. @ 27. e63
    Ternyata diluar Jawa parah ya bro, kegagalan jalur distribusi??…
    @ 28. panijo
    Makanya bro kalau ada yang teriak-terik dinegeri A atau B atau C aja segini, kita sudah paling murah…asli cuma bisa ngelus dada
    @ 29. synistizer
    Yup, tq bro. Memang fakta. Menurut Simon lagi, angka yang disebutkan adalah pendapatan rata-rata keluarga yang berkemampuan sedang. Artinya banyak yang lebih dari itu. So, untuk membeli mobil BMW atau Mini Cooper sangat gampang bagi warga Inggris….

    Like

  10. itulah alasan pemerintah mau naikkan harga bensin. Hanya orng2 yg msh blm ngerti yg jadi korban opini penguasa. Dg slogan lebih murah dr negara lain tp aslinya harga sekarangpun jauh lbh mahal dr negara lain

    Like

  11. @e63.. klo di spbu dah kaya anak2 thunder 125 lg persiapan isi bensin mau turing yak..hahaha..
    salam kenal bro,,klo liat ninja l merah dr arah cilik riwut helm ink full face item ngebut dikit..itu ane bro..klakson ya πŸ˜€

    Like

  12. si kurus pada Mei 24, 2012 pada 11:27 PM berkata:
    .. salam kenal bro,,klo liat ninja l merah dr arah cilik
    riwut helm ink full face item ngebut dikit..itu ane
    bro..klakson ya……..
    … Yoi bro lam kenal juga, toet toet pastinya

    Like

  13. Betul mas
    dan klo ga salah indonesia adalah satu dari sedikittt negara di dunia yg tersisaa yg msh menjual bbm dgn ron 88 😦
    Subsidi memang diperlukan tapi jujur utk jadi tepat sasaran sangatlah susahh. Menirut saya subsidinya jgn dibawa ke bbm tp lebih ke program padat karya dan pembukaan lapangan kerja yg bisa mengangkat level pendapatan masyarakat. Otomatis klo pendapatan lbh bagus dgn sendirinya akan pindah bbm. Gau sah dipaksa. Klo cm subsidi bbm trus2an, maka tiap mo dinaikkan pasti rusuh. Ibarat
    kata kita nolong orang dengan memberi nasi bukan beras. Jadi sudah terbiasa enak. Begitu susah dikit langsung komplain

    Like

  14. Pemerintah bilang bensin di sini murah ketimbang tetangga. Wajarlah harus murah. Pendapatan kita saumprit di makan sehari abis. Gali lobang tutup lobang. Makanya banyak orang indonesia jadi tki. Walau di negri orang jadi pembantu dan bertaruh nyawa. Sedih negara yg di bilang udah merdeka. Tapi sbenar nya masih di jajah ekonomi. Sedih negara yg di bilang gemah ripah lohjinawi. Tapi banyak rakyat indonesia yg makan beras aking tiwul dan gaplek. Kenapa ya kalo bangsa asing ke sini jadi majikan. Tapi kalo orang indonesia ke negri orang jadi pembantu.

    Like

  15. Pemerintah bilang bensin di sini murah ketimbang tetangga. Liat dulu Pendapatan kita seberapa? Cuma saumprit di makan sehari abis. Gali lobang tutup lobang. Makanya banyak orang indonesia jadi tki. Walau di negri orang jadi pembantu dan bertaruh nyawa. Sedih negara yg di bilang udah merdeka. Tapi sbenar nya masih di jajah ekonomi. Sedih negara yg di bilang gemah ripah lohjinawi. Tapi banyak rakyat indonesia yg makan beras aking tiwul dan gaplek. Kenapa ya kalo bangsa asing ke sini jadi majikan. Tapi kalo orang indonesia ke negri orang jadi pembantu.

    Like

  16. saya kurang setuju kalo hany dperbandingkan dngan Inggris saja..n menurt saya,kita gbsa melihat hany dr 1 komponen harga saja untk menyimpulkan smuanya..selain it dr sisi besarnya apbn tiap2 negara,jumlah total subsidi yg dgelontorkan selain subsidi bbm juga tntunya,jumlah utang luar negeri,n tingkat konsumsi energy yg sudah tntu berbanding lurus dngan jumlah pnduduk,n variabel lainnya misal pajak,dsb..
    kasus perbandingan harga bbm dngan Inggris ini rasany kurang tpat n kurang berimbang…coba bandingkan dngan negara2 minyak aja mas..misal iran,dsb..ato yg kondisi ekonominya mirip2 ama negara kita
    trims

    Like

  17. Lah… Lu cuma bandingin sama inggris udah bisa menyimpulkan banyak banget… Hebat dong mas iwan iki.. Coba bandingkan dg thailand, laos, india

    Lagian yg dituntut kan subsidi yg tepat sasaran bukan dihapus sama sekali.. Alihkan subsidi bbm ke pendidikan

    Like

  18. Subsidi bbm dikurangi/dihapus tapi tetap tampa pajak, subsidi pendidikan, kesehatan, sembako ditambah… INI BARU KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.. BUKAN HANYA YG BERMOBIL DAN BERMOTOR

    Like

  19. Emang bener murah kok bro…gw makan Nasi Goreng Malaysia (kemaren ketika di UK) ajah kalo dikurs-in kerupiah sekitar 90rb-an..sementara disini 10rb dah dapet yg special…hehe

    Like

  20. @rony

    pastinya lebih murah, pun pemerintah mw menaikan pertamax jadi 20rb gpp tapi gaji buruh di sini naikin pertahun jadi 300jt… wkwkwkwkwkkwk

    mw naikin jadi 10rb tapi gaji kempes begini… di korea bbm 16rb tapi gaji buruh bisa 10jt bahkan 15jt full lembur… ya 16rb gak masalah belum kesehatan di jamin pemerintah, pendidikan di jamin pemerintah…

    :mrgreen:

    *mantan bos ane orang korea jadi dia cerita banyak tentang korea…

    Like

  21. Mas IWB coba berfikirnya begini, masyarakat inggris dengan bensin per liter 20.000 mampu menghasilkan pendapatan 490 juta sekitar 24.000 kali. Sedangkan masyarakat indonesia dengan bensin 4.500 hanya mampu menghasilkan 60jt sekitar 13.000 kali.

    Artinya Indonesia mengkonsumsi energi tidak untuk hal hal produktif.

    Di Indonesia Bensin masih dipake buat cuci rante motor, service carburator koyo wond sugih ae yo mas

    Like

  22. di palangkaraya emang parah mas IWB, minggu yg lalu saya sempet liburan kesana, dan premium dijual eceran sangat langka, yang ada malah pertamax di eceran dijual orang Rp.20,000/liter di daerah pahandut, palangka raya

    Like

  23. Berdasarkan analisa dari para pakar, ternyata negeri kita ini tidak mengalami kerugian dari hasil jualan BBMnya. Bahkan dengan menetapkan harga 4500 yang katanya bersubsisi itu pemerintah masih punya untung. Hanya kebetulan kas negara sedang butuh uang maka jalan satu-satunya dan dianggap palng mudah menambal jebnolnya kas negara tsr dengan cara menaikan harga BBM.

    Jebolnya APBNpun yg disebabkan oleh para koruptor dan terjadi di semua sektor dari mulai yang kecil-kecilan hingga yang gede-gedean akibatnya harus ditanggung oleh rakyat. Sungguh tidak adil.

    Kilang minyak yg tersebar di banyak tempat ini telah di claim oleh pemerintah bahwa itu murni miliknya, padahal sebenarnya milik rakyat. Karena claim yg ngawur itulah pemerintah dengan semena-mena menetunkan harga jual BBM. Mustinya pemerintah jangan terlalu mengambil keuntungan dari jaualan BBMnya melainkan seluruh keuntungan harus tetap digunakan untuk mensubsidi harga BBM dalam negeri. Bukankah kesejahteraan dan kemakmuran jelas-jelas merupakan tanggung jawab pemerintah ?

    Krn motifnya bukan mensejahterakan, melainkan mencari keuntungan maka saat pemerintah mengucurkan subsidi merasa telah kehilangan sejumlah rupiah. “Bayangkan kalau pemerintah tidak mensubsidi maka triliunan akan dihemat oleh pemerintah”, itulah yang dipikirkan oleh pemerintah.

    Like

  24. ya jelas mahal dong mas kalo di bandingkan dengan negara penghasil minyak…rata2 negara dengan penghasil minyak harga BBM gk akan lebih dari 10rb.jadi wajar aja sih klo negara yg mengimpor minyak akan mematok harga lebihmahal dibanding negara penghasil minyak

    Like

  25. @ deni
    pemerintah jualan bbm ke rakyatnya sendiri 4500 per liter ya gak rugi… 2000 perliterpun masih untung trilyunan…. Tapi kan keuntungannya buat jalannya roda pemerintahan lewat APBN (sekitar 30% dana APBN dari sektor migas)… Jadi dg naiknya harga bbm pemerintah dapat uang segar untuk mendanai sektor lain yg lebih penting.. Katakanlah jaminan pendidikan dan kesehatan..

    Like

  26. nyambung diatas

    dan jangan lupa APBN kita defisit terus…. Kalo gak salah th ini saja rencananya 124 triliun…. Yg mau tidak mau harus utang lagi..

    Like

  27. @roy
    itungannya gak sesdrhana it om..memperbndgkan tak sesdrhana it..haha..aplg sm korea..bbm d iran mahal lho om,soalny diprioritaskn untk diekspor..ente gugling aja dah..itung2an ini ud mengarah k makro ekonomi..cmiiw
    sy lbh stju pndapat om orochimaru

    Like

  28. Weew Scania F400
    mantep…!!!

    kalo mau ya gausah ada premium,,
    mending pertamax pertamax plus ama biodisel.
    biar Fair
    angkot dikasih kartu sendiri agar dpt subsidi.
    kaloga mass transpot
    pke solarcell
    semua.
    kan jarang ada angkot yg berkeliaran malem”.

    Like

  29. Jelas aja apbn defisit

    Rata-rata daerah tingkat 2 di indonesia membeli 100 mobil dinas per tahun.
    Kali tuh, ada berapa ratus dati 2 di indonesia..

    Mobil yg lama kemana?

    Itu baru dari mobil.

    Padahal pendapatan dari bbn kendaraan bermotor meningkat terus karena penjualan meningkat.
    Belum dari pajak tahunan.
    Ini baru dari sektor otomotif ya.

    Kok bisa defisit.

    Saya pernah baca di bukunya andrea hirata.
    Waktu di belgia, pertemuan antara delegasi indonesia dg jepang.
    Satu persatu perwakilan indonesia dtg dg limo (sewaan pastinya)
    Dan delegasi jepang datang rame-rame naik bus..

    Padahal yg mau ngutang indonesia, yg mau ngasih utang jepang.

    Like

  30. murah amirrrr 20rb/ltr di inggris…
    kemarin pas haji ane lihat bensin ron92 di saudi cuman Rp 800/ltr, solar Rp600/lt…. murah bgt khan…..

    Like

  31. 51. imortalorochimaru – Mei 25, 2012

    nyambung diatas

    dan jangan lupa APBN kita defisit terus…. Kalo gak salah th ini saja rencananya 124 triliun…. Yg mau tidak mau harus utang lagi..
    ———————————————————————————-
    yakin??? lha wong gimana mw defisit dikorup terus dan rakjat suruh menanggung… permainan skala besar ini supaya pemain asing bisa masuk…

    negri penghasil minyak yang gak mw mengelola minyak…

    http://www.riekediahpitaloka.com/release/201203/kenaikan-harga-bbm-sby-untung-rakyat-buntung/

    Like

  32. ane yg pns aja pertahun cmn dapet skitar 40 jt, dibagi 3 anggota keluarga dapet skitr 14jt/thn/org. cuman skitar 1500 USD aja perkapitanya, kok gak sampe setengah dr rata2 perkapita nasional, pdahal pns dianggap sudah agak mampu di masy, trus yg 3500USD/thn tu siapa?????????

    Like

  33. begitulah, beda nya negara maju dan berkembang..
    hal yg mahal bisa jadi murah, klo rakyatntya memiliki kemampuan tuk membelinya..

    Like

  34. bener mas iwan emang melihat murah tidaknya suatu barang itu berdasarkan pendapatan perkapitanya ,pemerintah boleh aja koar koar soal harga bbm di indonesia itu murah,tapi bagi mayoritas masyarakat tetep aja harga pertamax itu mencekik
    Bagi gw yang masih pelajar beli pertamax sama aja puasa,wong seminggu dijatah 60 ribu dikurangin buat beli pertamax 25 ribu jadi tinggal 35 ribu buat jajan atau 5 ribu perhari,tapi itu udah konsekwensi motor berkompresi tinggi

    Like

  35. cb di indon nie ada transport massal?jd ga macet….masa demua orang harus punya kendaraan sih?apa ga macet?kl diblg ga mampu,knp msh beli kendaraan?kan ngebiayain kendaraan aja udah mahal?jgn mau dibodohi dgn kendaraan….para salesman sih enak aja jualan..akibatnya?macet dmn”,kadar ozon menipis,dunia tidak hijau lg…smoga pajak kendaraan dimahalkan dj..no parkir bayaran+sembaran…moga masyarakat kita tau hukum!

    Like

  36. -oktan beda.. cuma 3 negara di dunia yg pake oktan 88
    -sebagian besar dr mereka ga sepenuhnya pake bensin, campur ama gas juga.. bensin cuma buat nanjak
    -belum lagi disana mobil hybrid kyk Prius uda betabur… disni? auk dah

    uda la apa2 di pajak, disiksa pula lg dengan pembodohan… kasian pahlawan-pahlawan dulu, berjuang hanya untuk Negara busuk ini… πŸ˜†

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s