Honda sharing ilmu buat para SMK. Kesempatan nih….

Ilmu tuh mahal harganya. Dan berkat ilmu pula suatu teknologi bisa diraih seperti sekarang. Nah…jika ada yang bilang pabrikan Jepun pelit ilmu sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Seperti yang dilakukan AHM lewat program mengembangkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda (KTSM Honda) untuk sekolah kejuruan SMK yang dirilis dari PR mereka berikut ini….

PT Astra Honda Motor (AHM) mengembangkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda (KTSM Honda) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu bentuk dukungan AHM terhadap kemajuan dunia pendidikan di Tanah Air. Pengembangan KTSM Honda ini dilakukan dengan memadukan Standar Kompetensi-Kompetensi Dasar (SK-KD) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi Pelatihan Mekanik Tingkat 1 (PMT1) Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Dengan materi KTSM Honda ini, diharapkan pembelajaran tentang teknik sepeda motor terhadap siswa SMK yang menerapkan kurikulum ini akan lebih terarah sebagai mekanik yang berkualitas.

Pengembangan KTSM Honda untuk SMK ini memasuki tahun kedua dan akan dilakukan di beberapa SMK di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Pada tahun lalu, program ini diterapkan di beberapa SMK di wilayah Bukit Tinggi, Payakumbuh, Banjar Baru, Pinrang, Surabaya, dan Kuningan. Untuk tahap awal tahun ini, implementasi KTSM Honda dilakukan bekerja sama PT Wahana Makmur Sejati, selaku Main Dealer Honda wilayah Jakarta Tangerang. Seremoni Kick Off Implementasi KTSM Honda ini dilakukan di SMK Kencana 1 Jakarta yang juga menandai dimulainya implementasi di tiga sekolah lain, yaitu SMK Negeri 53 Jakarta, SMK Negeri 3 Tangsel, dan SMK Negeri 6 Kabupaten Tangerang.

Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan sebagai produsen sepeda motor terbesar, pihaknya selalu berusaha untuk dapat menjadi perusahaan yang dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara, termasuk di bidang pendidikan. “Kami mewujudkan keseriusan komitmen kami terhadap bidang pendidikan di Indonesia melalui program nasional KTSM ini. Melalui program ini, kami berharap generasi muda Indonesia dapat menunjukkan kompetensinya di dunia usaha, khususnya di industri otomotif roda dua,” ujarnya di sela-sela Kick Off KTSM Honda 2012 di SMK Kencana 1 Jakarta, Selasa (15/05).

Sebagai bentuk dukungan penuh terhadap kesuksesan program ini, AHM bersama Main Dealer di wilayah terkait menyumbangkan unit sepeda motor dan perlengkapan perbengkelan sesuai standar minimal AHASS. Peralatan tersebut akan dimanfaatkan sebagai pendukung pelaksanaan praktik KTSM Honda di setiap SMK…

Nah….dari informasi diatas, sudah jelas bahwa produsen otomotif roda dua sebenarnya mendukung para kawula muda untuk mandiri dan kelak mampu menjadi para mekanik serta engineering berkualitas. So kesempatan tuh untuk mengembangkan diri dan menggali ilmu yang diberikan Honda. Sayang…masalah utama malah dari pemerintah yang tidak mendukung adanya motor nasional. Mereka lebih demen menerima uang segar dari tetek bengek pajak pabrikan ketimbang mempunyai visi jelas untuk kemajuan negara. Miris brosis….(PR AHM/iwb)

Advertisements

57 thoughts on “Honda sharing ilmu buat para SMK. Kesempatan nih….

  1. y sekali lg faktor uang,uang&uang.otak mrka sdh terlalu busuk.walau tdk semua.tp sayangnya hanya sdkt yg memikirkan kemajuan bangsa.
    bahkan ada info yg msh simpang siur,bahwa solar cell bs dibikin dr barang2 bekas.lalu sampah yg bs jd pupuk,ketela yg bs dijadikan bahan bakar.tp apa yg dilakukan pemerintah,tdk mencoba mencari org2 tsb lalu membantu utk pengembangan&pemasaran.tp cm diam&seakan2 berusaha supaya org2 tsb tdk bs muncul.

    Like

  2. Bro padahal jaman pak harto dulu sdh dikembangkan sistem alih teknologi (kira2 sm kaya hero honda di india) makanya didirikanlah Grup Astra..harapannya pabrikan jepang tdk hanya jualan mobil or motor di indo,bs menularkan teknologi nya jg shg bangsa kita jg bs bikin mobil or motor..tp knp gitu2 doang ya bro kondisi skrg..mungkin bener kata ente bro pemerintah gak mau repot tggl nikmati pajak aja.. 😦

    Like

  3. wni sbner’y bnyak yg hebAAT.., Asalkan pmerintah pduli pzti lambat laun jga bsa…!! V krna bnyak pejabAAT yg tdk tepAAT anggaran appun bnyak yg d sunAaT akhrir’y rakyAAT jga yg meLAARAATT….***

    XHE..peace akh…!!

    Like

  4. Oiya klo u/ artikel ente..ane berkomentar ada 2 sisi bro,di satu sisi AHM scr gak lgsg invest u/ mekanik siap jadi yg bs menangani produk2 mereka jadi gak perlu training lg..sisi yg lain smk meluluskan mekanik yg siap pakai lgsg ditrima kerja di AHM kali klo lulusan dr smk2 tsb..ya kekuatan korporasi lahhh,u/ menunjang after sales,brand image etc dimasa datang..ini diajarin ngrawat/servis motor kan bukan bikin motor??

    Like

  5. 13. nagabonar – Mei 15, 2012
    ====================================
    dan yang lebih jelas lagi AHM memberi peltihan kepada siswa SMK agar bisa lebih mandiri…siswa mempunyai kemampuan untuk memperbaiki motor. soo..kedepannya siswa ini bisa jadi wirausaha di bidang otomotif (seperti,,jasa servis motor. “bengkel”)…. jelas masyarkat Indonesia (siswa smk khususnya) yang diuntungkan

    Like

  6. setuju…mz iwb…..
    potensi yg sangat menggairahkan bg produsen/atpm2 yg ada dinegara ini…..
    terkadang mereka setengah hati ntuk membangun basic prodak disini secara keseluruhan….yaaa karna ilmu tadi… sehingga sangat susah ntuk direalisasikan dgn berbagai faktor dan suasana politik
    sprt kasus hero india yg secara tdk langsung menjadi saingan utamanya… sprtinya mereka tdk ingin mengulang hal tsb dgn ASTRAnya indnsia ini. kecuali pemerintah me nasionallisasi dlm hal UU otomotif yg akan ditetapkan dlm beberapa yg dekat ini. hadduh…xixixi…panjang unek2nya

    Like

  7. @tau ah..yoi brader itu salah satu keuntungan yg diperoleh siswa..lulus misal berani wiraswasta bikin bengkel,,dia sdh ada ilmu ttg selukbeluk motor honda..palagi motor honda buanyaakkk bgt ya..peluang tuuuu..

    Like

  8. 23. bimbim – Mei 15, 2012

    Itu mekanik apa preman pasar ya? :mrgreen:
    ——————————————————————-
    ha….ha…..ha…….sakit perut gue

    Like

  9. wuihhhhsss manteeepp gan….
    Honda emang gak pelit ilmu..dengan sharing ilmu buat para SMK serta pelatihan kepada SMK, dapat mengembangkan skill dan kualitas para SMK dalam hal teknik sepeda motor Honda…
    good..good…

    Like

  10. salut buat honda yang selalu memberikan manfaat kepada masyarakat baik itu produk sepeda motornya maupun kegiatan-kegiatan seperti halnya memberikan ilmu pengetahuan kepada SMK..

    Like

  11. Untuk yang satu ini patut diacungi jempol, karena semata-mata dunia bisnis selalu mengutamakan keuntungan secara materil tp keuntungan moril ataupun penghargaan dari masyarakat pun jauh lebih utama. Iniliah yang dinamakan quality of factory…Bravo Honda

    Like

  12. Sallluutt .. Program yang tentunya sangad mnguntungkan bagi pihak sekolah palgi buat Siswa-nya..
    Ga cuman mncari keuntungan, tapi pabrikan sebesar Honda / AHMmasih mau turun ke sekolah2 utk membgikan ilmu-nya .. hebaadd …

    Like

  13. Salut dengan program ini, karena terkadang para penjual hanya focus akan penjualan saja tanpa memusingkan yang lain. Ini dapat dikategorikan salah satu program CSR terbaik yang pernah aku baca selama ini, semoga di masa mendatang akan timbul akli mesin yang handal

    Nice Honda…

    Like

  14. Itu kegiatan yang bagus; antara kedua belah pihak yaitu Pihak SMK dengan PT. AHM, karena saling menguntungkan. PT. AHM bisa mempromosikan sejak dini bagi Siswa-Siswi SMK akan teknologi dan produk Honda sedangkan Pihak SMK mendapatkan prasarana untuk meningkatkan kemampuan secara teknis bagi siswa siswi SMK

    Like

  15. up grade knowledge .. jangan hanya nunggu dari depdiknas.. hahaha.. klo biar ga ketinggalan.. jangan sampe blah bloh ketika udah lulus.. dukung 101 % kegiatan memajukan pendidikan indomesia.

    Like

  16. wah ini bentuk corporate social responsbility (CSR). luar biasa harus terus didukung demi kemajuan anak muda juga khususny SMK. lanjutkan !

    Like

  17. wah dukung banget tuh programnya Honda,bagus untuk menambah pengetahuan anak2 SMK,jadi waktu keluar seolah mereka udah punya pengetahuan lebih tentang dunia otomotif,good job Honda:)

    Like

  18. Sebagai ATPM yang bertanggung jawab tentunya juga harus memperhatikan kemajuan pendidikan di tanah air…gak perlu pelit berbagi …dan gak perlu merasa tersaingi…Social responsibility nya jalan tuh…bravo Honda…

    Like

  19. CSR itu penting udh sebuah perusahaan,,,itu merupakan tanggung jawab moral yg memang seharusnya dilakukan,,,klo bisa sekalian buat kerjasama dan ikut memberikan kontribusi memberikan edukasi pendidikan otomotif dan membuka lapangan pekerjaan untuk mereka yang akan lulus sekolah

    Like

  20. ya ane berharap ga cuma diajarin ngerawat/maintenance, tapi mulai ada alih teknologi utk ‘bikin’ motor beneran, ga cuman ngerakit..
    kalo cuma diajarin jadi mekanik ato paling banter ngerakit, apa bedanya jadi romusha?

    pasar indo = pasar pragmatis

    pls follow: @motogpdistro
    koleksi apparel motogp terlengkap!

    Like

  21. Dua jempol buat pabrikan yang peduli terhadap masyarakat, turut membantu mencerdaskan bangsa, mengurangi pengangguran dan meningkatkan skill para pemuda 🙂

    Like

  22. wew.. Sudah seharusnya generas muda di didik dan di fasilitasi utk bisa mandiri, mengembangkan ide2 dan potensi yg di miliki.. harapannya nanti udin yakin bisa membuat karya sendiri di dunia otomotif.. mantappp honda sdh memberikan ilmunya dlm rangka memfasilitasi kecerdasan siswa SMK..

    Like

  23. iya nih gw salut banget sama AHM, selain peduli sama lingkungan peduli jg sama generasi muda….. ayo Honda go..go…go

    Like

  24. naah…ini dia, gak cuma cari duitnya doang, tapi juga perhatiin anak-anak bangsa yang bakal jadi penerus HONDA, siapa tau dari mereka bisa ciptain motor super hebat…

    Like

  25. Perlu diperbanyak nih program seperti ini, jadi kawula muda juga lebih produktif, punya skill untuk akhirnya mandiri.. Bravo Honda

    Like

  26. Ini salah bentuk kepedulian sosial Honda untuk kemajuan sumber daya manusia Indonesia ke depannya. Semoga program ini dapat terus dilanjutkan dan menciptakan para ahli di bidang motor roda dua,amin.

    Like

  27. Contoh bagus nih dari Honda buat perkembangan ilmu anak2 penerus bangsa..semoga dengan program ini Honda dapat mencetak ahli di bidang motor..

    Like

  28. Ayo majukan bibit2 masa depan bangsa dan rubah mindset dari pemerintah..

    Semoga program ini sustainable ya Pak HONDA

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s