Market share Yamaha makin turun. Kompetitor terlalu powerful??…

Bukan pekerjaan mudah melawan raksasa otomotif roda dua dunia seperti Honda. Butuh ekstra effort serta strategi brilian untuk menggoyang eksistensinya. Kendati sempat terlena, kini Honda banyak berbenah. Mulai dari produk serta jaringan dealer dirombak total. Jika dulu nelurin produk hanya sekedar facelift, sekarang loyal tanpa banyak perhitungan. Posisinya yang sempat terpuruk disalip Yamaha, secara meyakinkan mulai merangkak naik. Bahkan perbulan April 2012, sesuai data dari Eyang Edo….grup Astra sukses menguasai 54,75%. Sedang pabrikan garputala mengalami tren penurunan….

Dari segi produk….kualitas Yamaha tidak kalah. Namun Honda mampu melihat peluang pasar. Seluruh lini ditutup tanpa diberi ruang sedikitpun. Menyadari gagal menusuk dengan Vario, skutik anyar entry level diracik. Dan berkat Beat-lah market skutik yang dihuni Yamaha Mio mulai digerogoti. Tidak hanya itu…berturut-turut produk andalan diluncurkan. Mulai dari PCX125, Scoopy, Spacy, Vario Techno110 dan CW. Attacking dilanjutkan pada segmen bebek lewat new Blade, serta Revo. Sedang paling hangat….grup Astra brojolin skutik 125cc berteknologi ACG starter dengan banderol yang cukup terjangkau. Sayang….geliat mereka tidak direspon cepat oleh kompetitor….

Tahun 2010-2011 Yamaha tetap adem ayem. Kendati banyak informasi bahwa diamnya YIMM adalah untuk mengatur strategi….dalam pandangan IWB itulah kesalahan terbesar yang mereka buat sebab pada moment itu Honda bangkit. Ditahun 2010 mereka bebas bergerak menusuk kesana kemari tanpa takut dicegat lawan. Hasilnya?….market share pabrikan sayap mengepak tumbuh dengan angka yang mencengangkan yakni 42,46%%. Β Tren ini terus meningkat hingga tembus 50,35%. Bukannya susut…perApril 2012, market share Honda nongkrong diangka 54,75%. Sementara Yamaha harus puas mengisi posisi dua dengan gap lumayan besar yakni 36,86%. Penguasaan market share tersebut merupakan rekor tertinggi Honda dalam lima tahun terakhir….

Untung Yamaha tidak mau terlena lebih dalam. Strategi offensif sudah mulai dilakukan lewat produk mutakhir mereka…Mio-J serta Soul GT YMJet FI. Ditahun 2012 berturut-turut akan menyusul varian lain yang disinyalir dari bebek dan sport. Kendati belum tahu apakah dengan manuver yang terkesan sedikit telat ini mampu memperbaiki posisi market share….ikhtiar Yamaha patut diapresiasi. Mereka butuh recovery secepatnya kalau tidak ingin semakin tenggelam. Bayangkan brosis….ditahun 2011 pangsa pasar YIMM masih nongkrong diangkaΒ 41,80% sedang kini hanya sekitarΒ 36,86%. Opo ora mumet bos-bos diatas sana….

So…saatnya bangkit dan bekerja keras bagi tim Yamaha. Patut diingat…mereka bukan bertarung dari segi produk saja, namun satu hal yang kudu dihancurkan yakni “mindset” konsumen terhadap merek Honda yang begitu luar biasa. Inilah yang menjadi tantangan besar untuk Yamaha. Menariknya….pak Abidin (YIMM) sempat berujar bahwa mindset konsumen terhadap produk kompetitor memang sangat kuat khususnya dikota-kota kecil. Produk?? mereka confident bisa lebih baik. Tapi tentang mindset?? bukan hal mudah untuk merubahnya. So mau bertarung dengan Honda??…..kudu memenangkan mindset konsumen. Apakah bisa??

Memang berat bro. Perlu waktu yang tidak singkat….strategi berkesinambungan serta edukasi intens yang bakal menguras tenaga dan dana. Sementara sektor terakhir…..jujur Yamaha masih jauh dibanding Honda. Lawong otote kalah rosa, mau fitness atau olah raga juga butuh waktu lama untuk setara. Last…tidak diragukan kompetitor memang terlalu kuat untuk digoyang. Seiring perjalanan waktu, kita akan lihat apakah posisi tetap terpelihara seperti ini….atau bakal ada mukjizat serta gebrakan dari Yamaha??. Kita tunggu saja…….(iwb)

Advertisements

156 thoughts on “Market share Yamaha makin turun. Kompetitor terlalu powerful??…

  1. mungkin pengaruh dari iklan yang kurang mendidik…. iklan yg tidak mengajarkan edukasi berkendara, yg ada hanya ini lho motor guwe lebih kenceng…….

    Like

  2. salam hangat mas IWB

    justmyimage
    YIMM, yg anda perlukan adalah CREATIVE MARKETING untuk mencapai market share yg unggul. πŸ’‘
    bila anda (YIMM) perlu ManPower sperti itu, justcallme πŸ˜‰ (iklan.co.id. :-D)

    Like

  3. Yang perlu dilihat kayaknya bukan hanya total unit yang dijual, tapi juga total rupiah yang diraup. Lebih keliatan berapa besar prosentase penguasaan market.

    Like

  4. Yamaha modelnya oke oke, yahud, tapi sayang di beberapa dealer. Leasing di utamakan, beda dengan honda, mau leasing, mau cash, semua di tangani dengan baik, yamaha utamain leasing, terkesan mengabaikan potential buyer. Itu kesalahan terbesar yamaha. Mungkin karena stok yang gak sebanyak honda. Tapi toh kalo semua orang dapet penyamaan dalam mendapatkan motor baik leasing atau cash, ya bisa aja orang rela antri di yamaha

    Inget loh, walopun disuruh antri produk 2 bulan itu ga masalah, tapi jika kita di bicarakan kalau kita orang pertama di urutan penunggu, tapi tau tau besoknya ada motor yang dateng, di tanya buat yg leasing, saat tanya yang dalet dulu ternyata datang setelah kita datang, apa ga mangkel?

    Like

  5. Kesalahan yamaha adalah pioner nya.. Si besar mulut Lorenzo. Yamaha motorQ, pembalapnya tak berkesan Ο‘Δ­ hatiku

    Like

  6. saya pikir yamaha terlalu optimis dengan satu produk saja, ex: vixion n mio… merasa banyak peminat diawal2, lalu produknya itu… itu terus… ga ada variasi lain, ga ada jajaran lain untuk dipilih, yo tinggal tunggu waktu wae produk ke ora laku… YZF series, R15, FZseries, fazer series, dst… kok ra dijual ki piye…??? Pak Buambang bukan seles h*nda lho, hanya kecewa saja… YIMM ga brojolin sport R15 v2.0.. πŸ˜›

    Like

  7. ko mas IWB bilangnya mukjizat sih mas, seakan2 itu hal yg jauh dari kemungkinan, kasian kan YIMM hehe πŸ˜€

    Like

  8. sbenarnya powerful karna memang lebih baik dari Y :mrgreen:

    ane kasian aja ma sales2nya yg terlalu over talk n over actions :mrgreen:

    kalo mo bersaing gak cukup bacot… tp keluarin yg bener2 sesuai bacot dedengkot Y wkkwkkwkw.. :mrgreen:

    Like

  9. Kalo YIMM Masuk Astra Group kaya AHM, Pasti Ada perubahan!!
    coba perhatiin orang2 yg kerja di group RAKSASA ASTRA dengan anak nperusahaan ratusan dan karyawan ribuan mereka punya motor apa???????

    Like

  10. Mana bisa kalo produk yamaha aja makin kesini makin jelek, masih minim fitur, masih menyasar segmented.
    Keunggulan yamaha dulu itu adalah desain, dan kompetitor masih ketinggalan jaman soal desain dan fitur (contohnya astrea star masih pake sokbeker ayun, astrea grand nggak pake cakram depan, mesin itu-itu saja under 100cc, desain datar-datar aja).
    Sedangkan sekarang sepertinya agak terbalik, Dimana yamaha, fitur masih itu-itu aja, desain mengalami kemunduran, desain cakram bebek sejak jaman f1-z belum ganti juga, pasang cakram belakang ogah-ogahan. sedangkan kompetitor mulai memperhatikan desain, fitur/perangkat safety disematkan, kenyamanan diperhitungkan. Ya beginilah hasilnya.

    Like

  11. puluhan tahun astra jualan motor 4 tak merk honda, sekarang? suzuki dan yamaha di indonesia pun jualan motor 4 tak.

    nah… puluhan tahun honda mneguasai marketshare di atas 50% tapi akhirnya (tahun berapa ya?) yamaha indonesia bisa nyaris menyamai marketshare honda di indonesia. peluang masih ada bro!

    belum sebanding antara puluhan tahun dengan bbrapa tahun. tapi pencapaian yamaha indonesia tersebut luar biasa.

    Like

  12. Masa sudah berubah, konsumen semakin pintar memilih kendaraan yang memiliki value lebih. mind set Y adalah motor kencang, H adalah motor fungsional.
    konsumen yang telah masuk kedalam masa mature, akan melirik fungsi dan keselamatan masa depan. jadi wajar jika orang tua lebih memilih fungsi untuk anaknya dari pada menjadikan anaknya seorang alay.
    ada sebagian orang menyebut motor H adalah motor jadul n lemot, maka mereka masih belum memiliki rencana masa depan, karena masih merasa cepat itu hebat, tapi ingat hebat itu ria.
    jika Y masih menggunakan strategi seperti sekarang, sepertinya akan semakin sulit untuk mengejar kompetitor. Y harus lebih dewasa untuk membaca pasar seperti yang sudah dilakukan di produk vega series, tangguh, irit, dan terjangkau. berikan konsumen pilihan, sporty ada, daily juga ada. remember masa abg lebih singkat dibanding masa mature.
    seperti yang sering kang haji bilang, Value ya value…

    Like

  13. yamaha terlalu
    menganggap enteng kompetitor…
    Ngeluarkan produk seadanya,tanpa melihat tren pasar,,,
    sekarang baru ngerasa,,,

    Like

  14. Makanya akhir2 ini udara semakin panas, ternyata setiap hari di Indonesia Roda 2 laku 20.000an (sumber detik.c0m)
    Belum Roda 4 nya….
    Mau tanya pada produsen, program tanam pohon kemaren2 itu, pohonnya masih hidup atau kering ?
    Ditengok ndak program tanam pohon nya ?

    Like

  15. Sementara yang lain baru mau masuk ke “Irit” & 4 Tak…Visinya honda sudah jauh kedepan ….dari jaman jebot aja udah Go Green (4 Tak ) dan Irit bahan bakar untuk semua kendaraan2 komuter yang di produksinya. …

    mengenai hal irit ngak bisa di paksakan masuk ke mindset pengendara , mereka harus bisa merasakan irit itu dari pengalamannya….dan irit itu juga harus konsisten artinya : bukan irit pada saat motor masih baru saja setelah itu boros…..mungkin konsumen bisa ketipu di awal karena brosur yang mengatakan motor yang dia beli irit, tapi jika yang dia rasakan sebaliknya di jamin akan terjadi kekecewaan dan info dari mulut ke mulut..

    Honda juga tidak menempatkan speed/balapan pada kendaraan komuternya . mereka tunjukan teknologi unggulan seperti speed/balap pada ajang Motogp dan F1 …dan mereka satu2nya perusahaan otomotif asia yang bisa juara di motogp dan F1 …dan sekarang mereka merambah ke robot,pesawat dan air space.

    Like

  16. memang berat..mindset trhdp merk tertentu itu pun lahir dari adanya kepercayaan trhadap merk itu sndiri…..percaya trhadap desainnya,performanya,daya tahannya,part dan ketersediaannya..dan lain2 sbgnya….maaf (imho) doank

    Like

  17. maz iwan salah…
    pkoknya yamaha tuh trennya selalu naik…kalo turun, itu kan cuman sandiwara..ngelawak bareng sule

    Like

  18. Waktu awalnya Yamaha menggunakan slogan: “Yang lain makin ketinggalan”, saya sudah merasa Yamaha menerapkan strategi beresiko. Strategi tersebut mengena pada saat: (1) Rossi masih mendominasi balapan Moto GP dan secara tidak langsung menunjukkan akurasi solgan tersebut dan (2) Yamaha menggebrak pasar dengan produk dan inovasi baru (Mio, Jupiter MX dan Vixion. Slogan tersebut kehilangan tajinya setelah: (1) Yamaha tidak lagi mendominasi Moto GP dan Rossi keluar dari Tim Yamaha dan (2) Honda mengeluarkan produk baru yang secara kelas dan teknologi di atas Yamaha (PCX dan CBR) serta (3) Honda memenangi Moto GP melalui Stoner. Slogan adalah cerminan strategi. Saat ini Yamaha masih menggunakan slogan itu padahal sudah kehilangan “greget” dan malah terkesan sebagai bumerang.

    Yamaha juga terlalu berani menantang Honda. Sumberdaya Honda global menang jauh dari Yamaha global. Yamaha hanya besar di Indonesia, 30% penjualan Yamaha global berasal dari Indonesia. Di negara lain kecil-kecil saja pangsa pasarnya. Dengan sumberdaya yang lebih kecil, Yamaha bersaing frontal dengan Honda. Siapapun yang membuat keputusan itu pasti geblek orangnya.

    Honda sebenarnya adalah pesaing yang santun. Kawasaki Ninja R250, tidak dilibas. Padahal, kalau memang mau, pasang aja mesin Honda VTR 250 CC ke Honda CBR 250 CC, pasti Kawasaki terkapar. Honda sengaja membuat spek yang berbeda, sehingga kehadiran CBR 250 tidak mematikan NInja R250, tetapi menciptakan segmen baru.

    Like

  19. @ 21. regikristanto
    Tuh…bener kan, masih ada yang begitu hehehe…
    @ 23. ken39
    Bener juga…tahun 2012 kayaknya mau bagkit tuh bro
    @ 33. Nu Kasep
    Kalau melihat dana dan manuver Honda memang berat bro. Soale kini mereka juga selalu waspada atas gerak-gerik Yamaha. Ogah terlena kembali kayaknya hehehe…
    @ 40. ujang lele
    Sssttt…siapa tahu habis ini R15 dibawa kesini bro :mrgreen:

    Like

  20. YIMM terlalu sombong kurang merespon kemauan konsumen beda dengan YIMM tahun 2005-2007. Yamaha sekarang hanya bicara saja yg besar. Contoh:
    Mio J semakin irit semakin kencang faktanya semakin irit semakin lemot (Berdasarkan Spesifikasi) berat nambah tenaga dikurangi.
    Mio J hanyalah mio lama yang ganti cassing + injektor tidak lebih faktanya begitu meskipun dipasang diasil + forged kok tenaga malah kurang ? coba soul GT pake rem belakang cakram + tenaga gede bensin boros dikit gpp yg penting tenaga besar seperti yamaha jaman dulu yg selalu bikin tenaga motor besar dgn bensin agak boros. Konsumen tdk terlalu peduli dgn motor boros, tenaga lbh penting. Mending bertenaga agak boros dibanding irit tenaga kurang.
    Rem belakang cakram mana untuk kelas bebek dan sport
    YAMAHA pelit inovasi, melihat yamaha sekarang jadi kaya suzuki

    Teknologi yamaha kalah dengan honda terutama soal irit dan bertenaga krn yamaha tidak berani bikin inovasi. hal plg simple yg jelas terasa adalah soal pemakaian busi. Hampir semua motor Honda celah businya di setel lebar(0.9mm) untuk menghasilkan pembakaran yg besar dgn bahan bakar minim modalnya koil hrs diperbesar (ongkos produksi naik) memang efeknya kecil(tetapi ada) tetapi justru dari hal kecil inilah terlihat inovasinya dan bila hal kecil ini titambah hal kecil lain (roller rocker arm) dan inovasi lain untuk minimalisasi gesekan termasuk penggunaan oli encer 10w30. Hasilnya lebih bertenaga dgn bbm lebih irit

    Like

  21. iklannya kurang mendidik bener tuh, masa penonton dikasih lidah kynya gatel amat tuh cewe dlm iklan pngen digaruk hehe,,, (guyon mas2)
    oya sama komeng itu naik motor ati2 ojo banter2 kalo mau kenceng2an mbok disirkuit bahaya dijalanan umum, pake matik ma bebek aja pada srobot sana srobot sini kl celaka tkutnya ngajakin yg lain, kasihan yg dah punya anak bini mau kerja diajak balapan dijalanan.

    Like

  22. saya rasa motto yamaha yang “semakin di depan” harus dirubah dulu deh…dari sini saja mindset orang2 yang sdh ngeh perkembangan motor dunia ngerasa nyengir dengar/baca tu motto…
    cb saja liat iklan yamaha saat pengucapan motto…
    tu maksudnya apa??lebay ah

    Like

  23. Menurut saya pencapaian Y sudah cukup bagus, mindset motor honda sudah tertanam dari thn 80′ an sejak era CB. sedang yamaha masih terbilang baru di kelas 4 tak..

    Like

  24. juga ditambah esp engine untuk motor matic 125cc, yg bisa irit spt 110cc + fungsional, jd konsumen spt terkena magnet dr honda untuk urusan irit + fungsional

    Like

  25. Icon yamaha udah gak ada. Siapa lagi kalo bukan Valentino Rossi.
    Mau gak mau, suka gak suka. Market share yamaha bisa nyaingin honda gara2 Rossi. Dulu sebelum gabung yamaha, berapa persen tingkat penjualan yamaha di Indonesia? Sekitar taun 2003 kebawah.
    Banyak kok yang bilang, ane beli yamaha (jupi, vega, dll) gara2 Rossi.
    CMIIW

    Like

  26. Materi jualannya yg kurang greget, coba yg dimasukin/dijual di sini kyk YZF-125R, YZF-R15, Fazer 250, Nouvo SX, Majesty, dll yg top of the line, dijamin bakal naikin pamor Yamaha yg ujung2nya berimbas ke penjualan model2 lainnya. Intinya mindset konsumen hrs diarahkan bahwa produk Yamaha itu keren2 dan mantap2, sehingga gengsi konsumen yg memakai produk Yamaha ikut terdongkrak. Suka gak suka, mslh kebanggaan dan gengsi juga berimbas ke penjualan, ya tho?

    Like

  27. lek.,.,lek,.,HONDA mu opo .,???
    it’s true
    takut buat nelorin produk baru (takut ga laku) tu lah slogan yamaha dr dulu .,.,,.
    n sekarang kebakaran jenggot, mo kluar new pixon dah da bbrp calon penjegalnya ,.,
    it’s true ,., HONDA mu opo ,.,? HONDA pixon pak de ,.,. kwkwkkwkw
    πŸ˜€

    Like

  28. dpt info terbaru nmp dr tmn:
    swing arm n shock dpn jd item
    shroud n body tengah yg dl abu2 skrg jd item
    warna body blkg ngikutin tangki
    strip ganti
    yg laen spty msh sm.
    sekian

    Like

  29. mio-j kurang sip. Mio pada waktu peluncuran pertama OK, Xeon kurang OK, Mio-J week…, Fino OK, Soul GT OK, secara teknology mesin lebih baik dari kompetitor, fitur kalah. Kesalahan besal kalau yamaha mengandalkan Mio-J sebagai produk andalan… produk baru yang dirancang orang jadul.. IMHO. Nggak mengikuti perkembangan jaman.. lewaaaat. Honda cukup cerdas menghadirkan Beat disaat orang bosan dengan tampilan Mio yang itu itu saja.. Yamaha… bangun.. bangun… matanya meleek…..

    Like

  30. honda bikin macet…!!! gonta ganti motor baru juga keluar,keluar lgi yg laen,keluar lgi yg laen mesin sama baju & body doank beda,EX blade & blade new,revo & absolute..
    skg penjualan motor cuma di itung klo motor itu ada yg beli kredit/cash, tapi klo kreditnya macet ga diitung tuh penjualan lancar n macet..yg adil donk prosentasenya!!! Payah!!! :-q

    Like

  31. inovasi mesin yamaha perlu di tingkatkan tuh….masa masih pake model teknologi konvensional dalemannya…tapi sekarang sih kayanya udah mulai maju..tapi tetep masih kalah teknologi mesin/inovasi mesin honda sekarang…

    Like

  32. ya itulah akibat kebudegan n keras kepalanya yimm sendiri mazbro…
    harusnya mereka cepat tanggap dgn ngluarin r15 v2.0…

    Like

  33. Waaaaah..
    Hebatnya Honda ,
    pasti ga cuma produknya aja yaaa yang berkualitas
    aye yakin pasti pelayanannyapun sangat berkualitas yeee πŸ™‚

    Like

  34. untuk sport yamaha msh yg pertama tp klo matik n bebek saya rasa yamaha msh d bawah honda, makanya new vixie bnr” diperhitungkan agar segmen sport tetep dikuasai..warna jg kadang mempengruhi, skrg tren entah mobil atw motor warna putih sdg d gandrungi (CMIIW)..cobalah sekali” yamaha ngluarin edisi motogp, kyk blade n cbr nya honda..yg pasti dgn adanya mesin injeksi, sdm harus terlatih dan peralatan jg memadai, promosi sudah oke tinggal menunggu BUKTI!!!yamaha kudu bt motor nyaman,irit dan awet untuk menyaingi segmen bebek dan kesampingkan power, untuk power jupri z saja saya rasa sudah cukup..1 hal yg paling penting harus dengarkan keluhan atw masukan dari konsumen klo ingin maju layaknya atasan yg mau menerima pendapat dari karyawannya..

    Like

  35. @28.apriantoblog – Mei 9, 2012

    wah ga enak juga yahh kalo ada perbedaan2 kaya gitu
    mending yang pasti2 aja deh kalo beli motor
    pasti pelayanannya , pasti adilnyaaaaa πŸ˜€

    Like

  36. @74. milky bo
    Setubuh ane bro
    Harusnya ga usah ngeluarin new vixion mending langsung R15 V2.0
    jangankan next teralis honda saya yakin orang yang mau beli CBR 150/250 masih mikir-mikir dulu setelah liat nih motor, atau kalo
    R15 V2.0 agak berat sekalian aja vixion dipakein baju YZF R125 kan tinggal sedikit ngerubah rangka doang di bagian buritan + mapping ulang ECU
    YAHOMO..YAHOMO.. Kapan sih mau ngedengerin konsumen tercintamu

    Like

  37. Wah ikut bikin artikel MS nih, Tapi masih adem nih ngak ada komentator smart kali ya soalnya kalau ada komentator smart artikel jadi bakar-bakaran :mrgreen:

    Like

  38. Maybe, dipengaruhi oleh terlalu sering menrilis varian dan tipe..
    Sehingga kesannya malah kebanyakan produk, tanpa mmberi kesempatan konsumen memilih..

    Like

  39. 64. AUTOMOTIVE CONCEPT DESIGN – Mei 9, 2012

    RASANYA BUKAN MARKET YAMAHA MENURUN, NAMUN ANIMO MASYARAKAT MEMANG SEDANG MENURUN. INGAT DP UNTUK CICILAN YANG NAIK? RASANYA POINT SATU INI PATUT DIPERTIMBANGKAN KARENA PENDAPATAN DARI BAGIAN LEASING RASANYA LEBIH BESAR DARIPADA PEMBELIAN CASH.

    ======================================================
    analisa dari mana bos, valid g , tu denger n liat di bbrp tulisan ato terjun ja kelapangan ,orang mau beli cash ja dipersulit ma sales YAMAHA (cos q sendiri sangat kesel mengalami hal tersebut) .katanya produk yg q minta harus indent 2 hari,tp malah dia nyaranin kredit ja bos,proses cepat g sampai 2 hari barang dah dianter , (xlo g cuan si sales gede ngapain dia hrus perang dgn konsumen dgn nyaranin kredit)
    dah bisa ditarik kesimpulan kan knp q n yg lain melirik sebelah .,.,.
    sales nya kebanyakan songong , n jajaran divisi nya takut buat test pasar,mo maju ,.,hahahaha,.. suplay ja tu indihe dgn produk2 fresh, cos YAMAHA sendiri mengamini bahwa HONDA q MIO semproty

    Like

  40. Bener kata kawan2..
    Mindset yg jadi pokok utama..
    Mindset masyarakat memang telah terbentuk untuk Motor hanyalah Honda.
    Perubahan mindset sangat sulit dilakukan, karena mindset tsb dituruntemurunkan terus..
    Hingga ya tetap Honda yg mimpin.

    Like

  41. Masyrakat tau Honda karena irit dan berkualitas..
    Sang legenda 4 tak, motor bebek yg irit dan berkualitas..
    Sampai kapanpun bkal terus tertanam di mindset..

    Like

  42. imho..
    kepedulian yamaha kpd konsumen kurang.
    jd salah satu faktor yg buat honda selalu ok di hati konsumen.
    karena tdk hanya kualitas, namun kpedulian thd knsumen begitu diperhatikan..

    Like

  43. Yamaha dalam 4 bulan terakhir naik 5% sedang Honda turun 4 %, kalau ini terus berlanjut ada kemungkinann akhir tahun ms-nya bisa sama

    Like

  44. yang Powerfull bukan ‘Competitornya’, namun pihak Y yg terlalu sering brojolin produk2 barunya..
    walau hanya skedar refreshment, tp frekuensi rilis new product terlalu sering.
    konsumen brpikir yamaha tidak konsisten dgn rilis produknya..

    Like

  45. klo secara kuantistas penjualan gimana bro iwan apakah yamaha juga mengalami penurunan jumlah unit yang terjual?

    Like

  46. Untuk kelas sport yamaha OK…tapi untuk kelas skutik, yamaha seperti tidak memahami kondisi jalan, lingkungan dan topografi di indonesia…buktinya Ban skutik masih kecil dan tentu aja gak nyaman untuk jalan2 di daerah.

    Like

  47. Yamaha bukannya ngatur strategi deh kayaknya …cuma bingung gimana strateginya ( garuk garuk pala )… lah semua lobang udah ditutup sama honda…gokil emang si honda neh.

    Like

  48. yamaho si pabrikan sampah tukang nelen ludah sendiri sang follower sejati makin terpuruk saja, rasakanlah wahai si mulut besar yang hobbynya cuma meledek..
    yamaho itu sebenernya pengen banget ngikutin teknologi yang dipake honda, cuma yamaho malu..
    dulu yamaho meledek metik berbody besar, sekarang mayoritas matik yamaho besar-besar bodynya..
    yamaho meledek matik retro, ehh ga taunya yamaho brojolin matik retro juga..
    sekarang yamaho berencana brojolin bebek injeksi juga, ngikutin honda tuh..
    oya pengaman kunci (apa namanya?) itu bukannya milik honda ya.. ??
    kita tunggu apa lagi yang akan yamaho jiplak dari honda..
    yamaho si mulut besar tukang nelen ludah sendiri, pabrikan sampah sang follower sejati..hahaha

    Like

  49. setuju sama komen yg d atas,,,pengalaman mau beli cash motor yamaha d persulit, salesny ngotot nyaranin kredit…macam2 alasany, pas barangny ready stock…kita dluan yg mesen eh malah d kasih am orang lain kredit

    Like

  50. @tyno

    sama aja Honda juga begitu kok…

    πŸ™‚

    Suzuki juga gitu… dulu waktu beli Tornado gw disaranin kredit… tapi gw tetep keukeuh.. .yowis di kasih juga…

    πŸ˜‰

    Like

  51. ada data produksi vs kapasitas produksi gak? kalo gw mah gak ngurus market share, yg penting after sales dan ketersediaan produk mumpuni (say no to inden)

    Like

  52. kan denger-denger Yamaha sudah agresif dengan produk barunya, ratingnya masih di bawah honda.
    karena Honda semakin percaya dengan pelayanan sepenuh hati, one heart.
    melayani dengan hati yang mungkin tidak dimiliki kompetitor.
    terima kasih

    Like

  53. makanya kalo mw facelit yang benar dong…. semua motor yamaha emang bagus2x, tetapi semakin difacelit SEMAKIN HANCUR…

    Vega R—-> Vega ZR (ini motor lebih baik musnahkan aja deh, gak banget modelnya.. konsumsi bbmnya pun setara motor laki)
    Jupiter Z—>New Jupiter Z
    ScorpioZ—>New ScorpioZ aka klingkon (ini neh facelit yang paling PARAH/GOBLOG, headlamp klingkon, stoplamp goyang dombret)

    oh yamaho.. yahamo.. gw benar2x salut sama motor2x produksimu pas zaman 2 tak, tetapi kalo sekarang IS A BIG NO NO…

    Like

  54. @106
    mana ada ceritanya beli motor suzuki di paksa suruh kredit …. bener2 Black campaign banget ente …. tau tau nyrempet ke suzuki ….semua juga tau kalo rajanya yang suka maksa kredit itu yamaha ….ngak heran kalo iklan yamaha di tv adalah : “dengan mas kawin yamaha mio di bayar Kridit ” πŸ˜€

    Like

  55. awal mulanya nih pada jaman dulu…waktu honda udah ga mau produksi lagi motor 2 tak demi lingkungan, akhirnya produksi motor 4 tak mulai dari situ mindset terbentuk, ditambah lagi modelnya honda lebih ke all user tidak begitu segmented….jadinya yaa gitu..intinya semua motor honda klo bisa semua bisa pake dari bapak2 sape bocah2 alay..ckckckck…klo yamaha kan bikin model sebagus bagusnya dan minim banget inovasi engine, dan targetnya anak2 muda…ga penting buat yamaha waktu itu irit, yang penting itu motor standar kenceng larinya…akhirnya sadar juga bahwa jaman sekarang motor irit itu penting…karena motor2 yang diproduksi kan motor buat wara wiri wuiiiii….alias motor commuter, tapi sekarang yamaha sudah rada melek sama teknologi sih…tapi ya itu kenapa buat dimensi motor metik tuh kecil2 amat ya?bannya juga kecil…klo agak gede dikit aja biar pas orang yang pake badannya rada tinggi..bisa keliatan proposional…

    okelah..mudah2an aja tuh dua parikan bisa lebih value bikin motornya..sekarang saatnya mampir ke warung blog yamaha…alias mas tri..

    Like

  56. Iya ya bru ngeh ko beda ya kta ny Y lg naik tapi pak de iwb blng Y lg turun. .
    Wah Y enak tuh naik turun naik. .
    Mantap πŸ˜€

    Like

  57. yaaaa iyaa laa….Honda sekarang makin terdepan dha..Produknya berkualitas dan irit lagii….
    klo yamaha makin jauhhh ketinggalan..
    penjualan Honda makin meningkat..

    Like

  58. jiehhhhhhhhhhhh,,,,
    ngomong apaan nih???..
    wisssssssssssssssss,,,,
    wisssssssssssssssss,,,,
    penjajah ngomong penjajah…
    ces,,,,,,,, jadi kepegen ngangkat
    bambu runcing ni matius

    Like

  59. kta wrung sbelah mah ms yamahal makin tinggi,,
    wkwkwkw..
    Klo bloger byaran mah gt blang’a ms yamahal makin tinggi..
    Takud jualan’a g laku x iia..
    Wkwkwkwkw

    Trimomok mode : on

    Like

  60. Jadi keinget salah satu kenalan saya yang orang marketing bilang gini:

    “Ketika YMKI (waktu itu) marketsharenya udah merangkak naik, mereka malah bikin iklan yang menyerang produk sebelah, itu dia kesalahannya, belum melampaui market share sebelah koq ya kepedean. Alhasil banyak (termasuk saya) orang yang jadi antipati sama Yamaha. Sedangkan AHM sebagai pihak yang dicederai malah introspeksi diri dan membuat gebrakan sehingga meningkatkan image Honda itu sendiri tanpa perlu cost gede akibat kesalahan strategi marketing kompetitor”

    Like

  61. 1. Yamaha tahun 2010-2011 bukan adem ayem ngadepin honda, tapi emang ngga punya duit, jadi nganga aja ngeliatan inovasi sebelah.

    2. Anak2 muda yang di kelecein yamaha sekarang udah pada dewasa dan sadar, akhirnya beli honda.

    3. Program KB berjalan lumayan bagus, ABG pertumbuhan jumlahnya ngga terlalu banyak buat di kelecein yamaha, jadi yamaha lagi mengais ngais sisa pasar honda.

    kaciann…

    Like

  62. Bro IWB, ini hanya untuk bulan April saja ya.

    Kalau akumulatif dari Jan-Apr memang Honda cenderung turun dan Yamaha cenderung naik.
    Honda : Jan = 58.6% ; Apr = 54.75%
    Yamaha : Jan = 31.7% ; Apr = 36,86%

    Jadi Mas IWB ama Mas Tri sama-sama bener nih.

    Anyway motor saya TVS Neo X3i, jadi netral ya….

    Like

  63. 125. salam 19 detik buat geng ijo – Mei 9, 2012

    1. Yamaha tahun 2010-2011 bukan adem ayem ngadepin honda, tapi emang ngga punya duit, jadi nganga aja ngeliatan inovasi
    sebelah.

    2. Anak2 muda yang di kelecein yamaha sekarang udah pada dewasa dan sadar, akhirnya beli honda.

    3. Program KB berjalan lumayan bagus, ABG pertumbuhan jumlahnya ngga terlalu banyak buat di kelecein yamaha, jadi yamaha lagi mengais ngais sisa pasar honda.

    kaciann…
    ==========================
    Komennya smart juga, melihat dari anggle yang berbeda.
    Intinya, sudah banyak yang kembali ke jalan yang benar, sesuai nasihat orang tua.

    Like

  64. Di sinyalir dengan adanya artikel ini maka Si gila Jaos dan Si Bloon Thole semakin ngumpet dikolong tempat tidur hahahahahaha

    Like

  65. Jangan macam macam dengan motor sportnya Yamaha ” kata Kang Edo Rus, yang diaminin oleh Yamaha.

    Yamaha makin mengokohkan diri sebagai raja motor sport, dengan mengandalkan 3 varian Vixion, Byson dan Scorpio mampu mencapai penjualan yang aduhai, bahkan periode Jan-April 2012, market share Motor Sport Yamaha mencapa 58%. Yang juga diikutin oleh Kawasaki.
    Ironis dengan Honda yang mengandalkan 4 varian motor sport justru penjualannya jeblog. Diikutin oleh jeblognya penjualan Suzuki

    Like

  66. wah warung triatmono mah lagi gencar ngomongin bahwa yamaha market sharenya tinggi, dikarenakan bahwa yamaha mulai mengatahui bahwa kekalahan penjualan di pasaran & akhirnya mendapat (pelicin) buat menulis keunggulan yamaha…………..

    Like

  67. kesalahan Yamaha tuh trletak pada brand., yg perlu d lkukan yamaha ya menguatkan brand y d mata masyarakat di buat disejajarkan lah am sayap kepak th atau di ats y klu bisa,, klu mslh kualitas produk ane lbh milih yamaha, suzuki, tvs, honda…, market share turun d karenakan the doctor telah meninggalkan garpu tala.. image the doctor lebih gede / brasa or whatever-lah d banding yg lain..

    Like

  68. padahal udah pake ajian sihir , santet “its magic Jar its magic Jar”

    tapi masih nyungsep aja ms nya…emang perlu diruwat nih si rambo, wetonnya jelek
    keknya perlu tumbal FBY yang pinter2 itu buat dilempar ke kawah merapi

    Like

  69. sebagai konsumen biasa bodo amat lah gue mah, yang penting kualitas produk n aftersales mumpuni. soal ms itu urusan produsen, sales n kroco2nya, EGP.

    produk R2 jepang berkualitas versi gue;
    1.Suzuki
    2.Kawasaki
    3.Yamaha
    4.Honda

    aftersales berkualitas;
    1.Yamaha
    2.Honda
    3.Suzuki
    4.Kawasaki

    Like

  70. semua ada masa’a…
    tp klo dah ride produk Y serasa paling kenceng d jalanan…
    gt klo udah kemakan iklan…ma slogan “..SEMAKIN ga bisa DI DEPAN”

    Like

  71. motogp kalah sih,jadi jualanya turun,juga blunder tagline iklan,yg terlalu pd n aga menjelekan kompetitor n berkesan mendidik perilaku kurang safety ridding,,so gilliran lagi terpuruk tuh slogan ga berlaku lagi,sebagai orang yg aga ngerti mesin,he2,secara teknologi sebenarnya mesin2 honda bebek kususnya,selain c100 series,lebih unggul secara teknologi di banding produk yamaha,contoh rooler rocker arm sejak 2002 karisma n kirana trus dilanjutin blade,nmp(bahkan jupiter z raja road race juga mengaplikasi RRA honda ),walo sekarang produk2 bebek yamaha n maticnya juga ikut mengadopsinya,n juga plus diasyl silder n forged piston.(walau tep ada plus minusnya,plusnya lebih kuat n tahan gesek garansi 5 tahun,walau klo ganti juga ga bisa korter bahkan ganti piston sekalian cylinder comp harga lebih mahal),ketebalan crankcase n cilinder comp yamaha juga lebih tebal baut 4 cilinder juga jauh2 shg bisa mudah di bore up,n itu aga kebalikanya honda,walau ga banyak orang yg beli motor buat di bore up,n walau ga pake frgd piston n dyasil cilinder,dgn perawatan n olie yg terartur mesin motor2 honda juga ga ada masalah bahkan bisa 5 tahun lebih,n urusan power mesin wlau klaim pabrikan berapapun sah2 aja,klo di atas dynotest pake dyno jet 250i bikinan amerika,rata2 power motor2 honda lebih unggul di banding yamaha sama2 standar,bahkan honda dgn cc yg lebih kecil dikit,misal pernah dyno jptz(6.69dk) dgn blade(7,5 dk),sama2 baru,tiger (16,2 dk,6 bulan)) pio (15,9 dk 1,5 tahun),cs1 (11,8 dk)jpt mx(11,02 dk),cbr 150 old(16 dk)vixi(14,5 dk),blum lagi nmp dgn byson,torsinya lupa semua,vario (6,7dk)mio lama(6,5dk)hampir semua yg aku liat power yamaha memang di bawah,bahkan untuk motor roadracenya,tapi ya yamaha menang rangka lincah,n mesin jupiter lebih tebal di banding blade,blade kurang sirip jadi walau kencang keknya masih ada masalah dgn durability di banding jupiterz yg bukan njptz yg belum teruji di indoprix hehehe, soal fitur semua tau honda akir2 ni ga eman2 kasih fitur bahkan dulu yamaha n suzuki yg kayak jor2an soal fitur bisa di salip honda di soal fitur n teknologi,n after sales service masih honda lebih baik,

    Like

  72. emang benr banget kalo di desa umum nya, orang tua, menyebut sepeda motor dengan sebutan “Honda” sehingga tidak jarang mereka nyebut HONDA VIXION, / HONDA MIO…………..

    Like

  73. Cepat dan tanggap terhadap permintaan konsumen / pasar diperlihatkan oleh AHM /Honda,, alhasil.. Market Share semakiiiin Terbang Jauh meninggalkan para kompetitornya …

    Like

  74. 139. domba garut – Mei 9, 2012

    motogp kalah sih,jadi jualanya turun,juga blunder tagline iklan,yg terlalu pd n aga menjelekan kompetitor n berkesan mendidik perilaku kurang safety ridding,,so gilliran lagi terpuruk tuh slogan ga berlaku lagi,sebagai orang yg aga ngerti mesin,he2,secara teknologi sebenarnya mesin2 honda bebek kususnya,selain c100 series,lebih unggul secara teknologi di banding produk yamaha,contoh rooler rocker arm sejak 2002 karisma n kirana trus dilanjutin blade,nmp(bahkan jupiter z raja road race juga mengaplikasi RRA honda ),walo sekarang produk2 bebek yamaha n maticnya juga ikut mengadopsinya,n juga plus diasyl silder n forged piston.(walau tep ada plus minusnya,plusnya lebih kuat n tahan gesek garansi 5 tahun,walau klo ganti juga ga bisa korter bahkan ganti piston sekalian cylinder comp harga lebih mahal),ketebalan crankcase n cilinder comp yamaha juga lebih tebal baut 4 cilinder juga jauh2 shg bisa mudah di bore up,n itu aga kebalikanya honda,walau ga banyak orang yg beli motor buat di bore up,n walau ga pake frgd piston n dyasil cilinder,dgn perawatan n olie yg terartur mesin motor2 honda juga ga ada masalah bahkan bisa 5 tahun lebih,n urusan power mesin wlau klaim pabrikan berapapun sah2 aja,klo di atas dynotest pake dyno jet 250i bikinan amerika,rata2 power motor2 honda lebih unggul di banding yamaha sama2 standar,bahkan honda dgn cc yg lebih kecil dikit,misal pernah dyno jptz(6.69dk) dgn blade(7,5 dk),sama2 baru,tiger (16,2 dk,6 bulan)) pio (15,9 dk 1,5 tahun),cs1 (11,8 dk)jpt mx(11,02 dk),cbr 150 old(16 dk)vixi(14,5 dk),blum lagi nmp dgn byson,torsinya lupa semua,vario (6,7dk)mio lama(6,5dk)hampir semua yg aku liat power yamaha memang di bawah,bahkan untuk motor roadracenya,tapi ya yamaha menang rangka lincah,n mesin jupiter lebih tebal di banding blade,blade kurang sirip jadi walau kencang keknya masih ada masalah dgn durability di banding jupiterz yg bukan njptz yg belum teruji di indoprix hehehe, soal fitur semua tau honda akir2 ni ga eman2 kasih fitur bahkan dulu yamaha n suzuki yg kayak jor2an soal fitur bisa di salip honda di soal fitur n teknologi,n after sales service masih honda lebih baik,
    ————————————————————————————-
    betul kalau soal jualan honda memang jago jual kecap,tapi kalau untuk design motor,kwalitas body,kwalitas rangka serta kesetabilan motor ,dan power saya rasa yamaha lebih baik dari honda

    Like

  75. @domba garut

    Yah memang benar menurut fanatik buta, Honda memang paling sempurna dan berteknologi paling maju.
    Apapun judulnya, merek selain Honda itu tidak ada yang sempurna.

    Like

  76. menurut pengalaman gw pribadi…
    MOTOR2 Bebek YAMAHA MANG LEMOT DAN BOROS!!! mesin kasar lama2…
    komstir gampaang OBLAK !! kaya Vixion dan jupi z.

    STABIL?? iyah klo di indoprix stabil lha wong sasisnya uda TIDAK standar !!

    Like

  77. bukannya supra fit yg lemot,mesin kasar,komstir oblag,,bodi getarlawan jupiter z gigi satu aja,untuk design honda noooolllllll besar

    Like

  78. masa supra fit dibandingin sama jupi z bro?
    perasaan supra fit cuma 100 cc la klo jupi z 110 cc, klo mau bandingin produk baru aja new blade sama new jupi z baru adil, ane sih netral bro….

    Like

  79. Setuju Mas bro
    orang-orang didaerah saya memang sudah tertanam mindset honda sangat kuat padahal motor itu brmerk yamaha/suzuki dll.
    Disini tugas Yamaha suzuki dll untuk membangun mindset orang2 terutama didaerah kecil.
    terpenting Jangan ngibulin rakyat/orang2 tinggal didaerah kecil berikan kualitas yg terbaik
    (banyak orang2 kecewa beli motor hanya gara2 mindset)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s