Sejarah baru…PT Pos menggunakan motor Yamaha VegaZR!!

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Pos Indonesia melakukan kerjasama pengadaan unit motor secara nasional dengan total motor Vega ZR disc brake (rem cakram) sejumlah 7.000 unit. Penandatanganan resmi kerjasama ini digelar di Yamaha DDS Jakarta, Sabtu (5 Mei).

7.000 unit Vega ZR itu digunakan PT Pos Indonesia untuk kendaraan transportasi operasional kerja pos keliling. Vega ZR dicat oranye metalik yang lebih gaya dan merepresentasikan warna khas PT Pos Indonesia. Branding warna ini dan penggunaan Vega ZR berlaku selama lima tahun dalam kontrak.

Pengadaan unit Vega ZR dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama meliputi Pulau Jawa dan Madura sebanyak 3.569 unit. Jika diterjemahkan dalam area jaringan Yamaha, mencakup Yamaha DDS 1 (Jabodetabek, Banten, Cikarang), DDS 2 (Bandung, Cirebon), DDS 3 (Semarang) dan Teritorry 4. Sedangkan tahap kedua meliputi pulau lainnya di luar wilayah tahap pertama sejumlah 3.431 unit Vega ZR. Yamaha menyediakan unit motor Vega ZR melalui diler JG Motor.

”PT Pos Indonesia memilih Vega ZR karena percaya terhadap kualitas motor Yamaha. Khususnya Vega ZR yang tangguh, lincah dan irit. Simpel dan mudah dalam perawatan dan cost perawatan murah. Vega ZR sangat cocok untuk operasional kerja dan desainnya menarik,” ungkap Sutarya, Direktur Marketing Yamaha. Vice President Sistem & Mutu PT Pos Indonesia, Zulkifli Assagaf mengatakan kerjasama dengan Yamaha ini adalah sejarah baru. “Hari ini sejarah baru PT Pos menggunakan motor Yamaha untuk antaran pos.

Kami memilih Yamaha karena kualitas motornya baik sehingga layanan PT Pos dengan Yamaha akan lebih baik lagi. Kinerja antaran pos akan lebih baik karena motor bagus, perawatan mudah dan tidak ada gangguan,” beber Zulkifli. Motor bebek dipilih PT Pos dalam hal ini adalah Vega ZR juga karena efisiensi dan efektifitas. Dimana PT Pos ingin meningkatkan kinerja antaran pos khususnya di Jabodetabek dan Banten yang presentasenya terendah (95 sampai 97 persen) dibandingkan Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Bali yang sudah 100 persen bagus kinerja antarannya. Bebek pun lebih cocok untuk masuk gang-gang kecil.

Vega ZR mengusung tagline ”Tangguh, Lincah, Irit”. Tangguh artinya awet dan mudah dalam perawatan, lincah (mudah dan nyaman dikendarai), dan Irit (hemat bahan bakar). Terakhir Vega ZR facelift pada Juni 2011 dan kemunculan awalnya terlihat di booth Yamaha di Pekan Raya Jakarta (PRJ). Facelift-nya mengusung warna terbaru yaitu hijau yang lebih sporty dan menarik. Warna lainnya biru, merah, hitam, putih. Ada gear position pada desain speedometer sebagai tanda perubahan gigi dari netral (motor tidak jalan tapi mesin nyala), gigi 1 hingga gigi 4. Posisi gigi motor membantu mereka yang tidak terbiasa mengendarai motor.

Grafis Vega ZR warna hijau berbentuk garis-garis dinamis dan kumpulan monogram tulisan Vega seperti desain batik. Bentuk jok Vega ZR tidak ketinggalan mendapatkan perubahan, sebelumnya berbentuk tabung sekarang pipih untuk keamanan berkendara. Vega ZR juga sudah AHO (automatic headligh on). Kapasitas mesinnya 113,7 cc 4 tak, SOHC bertenaga 6 KW pada 7.500 rpm dan torsi puncak 8,3 Nm pada 4.500 rpm. Harga on the road wilayah Jakarta dan sekitarnya 12.100.000 rupiah….(YIMM PR/iwb)

118 thoughts on “Sejarah baru…PT Pos menggunakan motor Yamaha VegaZR!!

  1. Akhir nya yamaha mau jga motor nya jd pengantar surat hihi..
    Dri pd ngak laku x ya ┣┫Ƌɑ̣̣̇̇=D┣┫Ƌɑ̣̣̇̇=D┣┫Ƌɑ̣̣̇̇

    Like

  2. mahonda SUDAH KEHILANGAN MOTOR NIAGA, nmp LAWAS DISULAP JADI MONGTOR BAPAK2x INDIHE HIDROSEPALUS, SUPRET 125 KEMANGHALAN, REVO JUGA LEBIH MAHAL DAN IRITNYE IMAJINER ‘KATANYA’……SERBA SUSAH EMANG :mrgreen:

    Like

  3. 15. Mbelgedhess – Mei 6, 2012

    SALAM BROKEN HEART WEKEKEKEKEKEKE
    —————————————————————–

    SALAM BROKEN HEART JUGA

    WEKEKEKEKEKEKE

    Like

  4. wkwkkwkwk drpd stock gudang numpuk.. ya dibagi2 sj.. itung2 amal.. gak pake BC wkkwkwkkwkw :mrgreen:

    paling cepet remuk kaya biasanya kwkwkwkkwkw 😆

    Like

  5. hari gini kan sudah jarang POS ngantar surat, justru POS beralih ke bisnis pengiriman barang (bahkan perhotelan).

    jadi rasanya lebih cocok kalau menggunakan kendaraan yang ada ‘storage’-nya. Saya pernah membaca ada ‘mio yg sdh dimodifikasi’ utk memperbesar storage.

    kalau si vega ini, rasanya hanya utk ngantar dokumen saja cocoknya, dan sekali lagi hal itu sudah jauh berkurang di jaman internet ini.

    salam

    Like

  6. buat para pembual, udah gak usah membual segala……..si anu aja tau itu menguntungkan….hahahah…mau dijadiian barang buat undian keq, buat para karyawan perusahaan sendiri keq, buat operasional perusahaan lain yg beli keq, yg jelas untung cui……..buat pabrikan pembuat mtr itu.

    jadi hentikan bualan kosong kalian……..jangan la jadi badut melulu..

    *sorry ai gak pake bahasa yg terlalu tinggi2…

    Like

  7. fanboy koplak pada berlebihan girangnya… cerdas kalian…
    dulu pos pake suzuki A100, lalu astrea legenda, lalu supra fit, vega zr, lalu?
    biasa saja kaleee…hehehe

    Like

  8. saking gak launya kali ya bro iwan.
    bulan kemaren Vega Zr nyungsep banget.
    daripada semakin nyungsep diobral buat tuykang pos aja.
    mungkin begitu kira2 pemikiran petinggi yamaha.

    Like

  9. kemaren Jupi MX diobral buat kendaraan operasional pemda.
    sekarang giliran Vega ZR.
    herannya meski udah diobral pada instansi2 tetep aja nyungsep.
    ada apa gerangan??

    Like

  10. 7.000 unit itu kecil sekali kuantitasnya, jauh dibanding 30.000unit jualan sebulan, artinya apa? kepercayaan tinggi akan bebek yamaha terbuka skrg, selamat deh manteb yamaha

    Like

  11. 38. thole

    7.000 unit itu kecil sekali kuantitasnya, jauh dibanding 30.000unit jualan sebulan, artinya apa? kepercayaan tinggi akan bebek yamaha terbuka skrg, selamat deh manteb yamaha

    ———————————–

    setuju sekali.. apalagi tugas pak pos ini akan melewati jalan2 di pelosok yang kadang medannya jelek jadi butuh motor yang tangguh, lincah dan irit.. Vega ZR memang joss

    Like

  12. 36. EXYBAND – Mei 6, 2012
    saking gak launya kali ya bro iwan.
    bulan kemaren Vega Zr nyungsep banget.
    daripada semakin nyungsep diobral buat tuykang pos aja.
    mungkin begitu kira2 pemikiran petinggi yamaha.
    ===
    kalo ngikutin bualan u, boleh jg…
    bener apa yg u bilang, katakan diobral rp10jt*7000……wah uang kecil itu buat hendi…..makanya mngkin hendi kagak mau kerjasama dgn pt.pos lagi yah…that’s why diambil yamaka buat naekin omset, ya gak?………hahahah…kira2 untung gak sih yamaka dapat duit segitu?

    kalo orang yg berakal sehat, logika baik, cerdas dan memiliki kehidupan yg normal……..PASTI ngambil kesempatan kerjasama itu…apapun koar2 pembual.
    gak tau dengan u yah?………hahahah…

    *sorry ai gak pake bhs.tinggi2, cukup yg KISS-keep it simple stup*d! aja buat u

    Like

  13. kalo pake revo, jarum meter bensinnya cepet gerak. Mereka gak mau dikit2 isi bensin, bisa bangkrut nanti PT Pos

    Like

  14. motor tangguh bos untuk tanjakan aplagi dn bawa bebabn berat, cocok untuk kerja keras nih motor… two thumbs… moga secepatny injeksi.. ;P

    Like

  15. jelas pilih vega zr doung.lha yimm berani matok harga paling murah untuk kantor pos dibanding ahm dan suzuki.

    Like

  16. wow keren sekali spishot vega yg baru…
    ini harusnya diproduksi masal lebih cepat, klo h punya edisi repsol jadi y punya edisi kantor pos :mrgreen:

    Like

  17. hahahah,.,. good n smart. 😀
    YIMM guling2an promonya, dijual brp tuh si ngatini ZR / ekornya,.,
    KAPEKA selidiki tuh kasus baru sapa tau msh bisa dpt cuan dr YIMM

    Like

  18. 44. Intel® Xeon® E7-8870 – Mei 6, 2012
    Kalo pake supra cepirit nanti surat2nya jatoh semua karena getaran motor

    45. Intel® Xeon® E7-8870 – Mei 6, 2012
    kalo pake revo, jarum meter bensinnya cepet gerak. Mereka gak mau dikit2 isi bensin, bisa bangkrut nanti PT Pos
    =====
    lapor pak jaos… ini ada pembual lagi

    Like

  19. mateng .. fby jilat ludah… xixixi.. sekarang semua terbalik.. dulu skupi di ejek eh keluar fino… dulu motor irit diejek eh.. akhirnya keluar 30% lbh irit.. dulu motor lemot diejek eh keluar jet fi… dulu supra diejek motor pak pos ee skrg vega zr jd motor pak pos… waduh ngiler2 dah

    Like

  20. @eiscell
    Mana fbynya,tunjukkin duong. Tapi emang benar yamaka ngikuut si anu…masalahnya yamaka bikin γάπĝ jauh lbh baek…inovatif gtu.
    Tapi u tenang aja, relax, ms si anu tetep no.1.

    *see…mana ada ai bela yamaka, malah memberi suemangat kpd fanboi. Masih meragukan ai?

    Like

  21. motor sampah. Tangguh??? Coba diuji selama 60 jam. Trus bawa jelajah negeri menempuh 20.000 km. Kuat nggak? Pasti dah hancur tuh motor. Modelnya bagus? Gak ada bagus2nya tuh. Culun banget. Yang bagus tuh adalah yang punya desain sporty.

    Like

  22. WEKEKEKE SI eiscell DULU PURA2x JADI KOMENGTATOR NETRAL DI WARUNG SEBELAH…..TERNYATA DISINI JADI fansgirl mahonda WEKEKEKE….UDAH BUANG AJA TUH supret ATO repo…..BODI GETAR, IRIT IMAJINER ‘KATANYA’ :mrgreen:

    Like

  23. YIMM matok target 3.7 jt unit thun ini..
    mungkin ini yg melatar belakangi motor2 yamaha diobral buat instansi2 tertentu.
    klo gak pake sistem obral bisa2 bos YIMM bakal dipecat karena terlalu jauh dari target.

    Like

  24. kwakakakak…si pegasus..jd mongtor macan kemayoran kwaakakakkak……. lucu juga PT,POs dahjadul sekarang, kerjasama dg yamemek kwakakakkak…apa kata dunia….. itu mongtor di pake buat nganterin surat….. 1 hari cuma 3 surat…kwakkakakakak…. jaman sekarang pake kirim surat pos ??? mending TIKI..kwkakakkakk… dari pada diantar ke bantar gebang, mending ke gudang kantor pos…

    Like

  25. soalnya bebek honda sekarang udah model sporty dan anak muda..
    ini YIMM malah bikin motor kebalikannya.. jadi dilirik sama tukang pos deh..

    Like

  26. kwakakakak…jaos bangganya amit motornya dibeli POS,
    YIMM… grafik penjualan motornya terjun
    POS …. grafik, pengguna jasa pos, ga tega ane….

    trus pegasusnya dilepas brapa ke POS???
    kalo dilepas ke Unilever baru dah ane ikutan seneng…
    ini ke POS…kwakakakakakakkkkk kasian ane meliat YIMM….
    intinye tu motor GA ADA HARGANYA cuyyyy……

    Like

  27. warna motor yamaha dari dulu udah sejak lama ada yang warna oren, mulai dari fiz-R, vega, scorpio, jupiter dan mx. Tapi baru kali ini diterima oleh pos indonesia. SELAMAT

    Like

  28. iya betul selamat, harga per unit 5jt, ditawar sama pos 3jt per unit…kwawkakakakakkkkkk

    Like

  29. lumayan sama2 menguntungkan,satunya laku,satunya dapat diskon gede2an,motor lamanya di lelang buat tambah2,kalee

    Like

  30. Haha seinget dan setau gw, dulu itu PT.POS Indonesia menggunakan supra-Fit..
    Malahan jaman dulu banget nge-gunain honda grand..
    Wkwwkkwkw
    Skarang udah mulai beralih ke yamaha..
    BagusLah..
    Motor yamaha lebih kenceng daripada honda..
    Vega ZR lebih kenceng daripada supra-Fit..
    Wkwkwkwk..
    Surat dan paket paket lainnya lebih cepet sampai 😀
    Dan motor yamaha lebih gampang di bore-up daripada hondai..

    Like

  31. 56. Mbelgedhess – Mei 6, 2012

    WEKEKEKE SI eiscell DULU PURA2x JADI KOMENGTATOR NETRAL DI WARUNG SEBELAH…..TERNYATA DISINI JADI fansgirl mahonda WEKEKEKE….UDAH BUANG AJA TUH supret ATO repo…..BODI GETAR, IRIT IMAJINER ‘KATANYA’ :mrgreen:
    ———————————————————————————
    ah eiscell kan sales… jualan motor… kalo gak bc gak dapet bonus… lha wong kata FBH eiscell bintang kecil itu bukan pembodohan… tapi nex yang fakta nya udah tembus 80KPL harus di pertanyakan… tapi beat emang irit…

    wkwkwkwkwkwkkwkwkwk

    81. pengamat motor 123456 – Mei 7, 2012

    Haha seinget dan setau gw, dulu itu PT.POS Indonesia menggunakan supra-Fit..
    Malahan jaman dulu banget nge-gunain honda grand..
    Wkwwkkwkw
    Skarang udah mulai beralih ke yamaha..
    BagusLah..
    Motor yamaha lebih kenceng daripada honda..
    Vega ZR lebih kenceng daripada supra-Fit..
    Wkwkwkwk..
    Surat dan paket paket lainnya lebih cepet sampai 😀
    Dan motor yamaha lebih gampang di bore-up daripada hondai..
    ——————————————————————————
    ho oh… supra fit karena irit… tapi kenapa bisa ganti????
    kenapa pindah ke Yamaha??? gw gak yakin Honda mw lepas tangan…

    Like

  32. klo saya lebih akrab dgn A 100 pak pos, di ujung jalan sudah kedengeran suara khas 2 tak nya.
    jaman dulu klo dah masuk jalan ke kosan deg2an, siapa yg dapat surat / wesel ya kk kk

    Like

  33. xixi kalau kalah debat kusir akhirnya menyerang secara personal itulah ciri khas FB… syukur2lah bisa jd sales honda siapa tau ntar jd empunya MD… HONDA .. HONDA.. MONGGO DIBELI HONDA HONDA… MANTAN motor pak pos

    Like

  34. asal gak pake livery repsol aje….kerja sama sampe nangis2…tolong pak nih motor gak laku…d gudang masih banyak nih….yo wislah..kalo gitu…..ha…ha…ha..rak keno serik!!!

    Like

  35. sudah ketahuan mengunakan motor lama stelah setaun amburadul, PT. POS Indonesia pinter memilih motor yang layak pake..

    Selamat YIMM.. wong vega penjualan nya nempel ketat si supra x… so yang bilang ga laku itu yang ga laku2 kali ya, ahahaha !!!

    Like

  36. Padahal jaringan Honda tersebar sangat luasnya di seluruh Nusantara…
    Klo POS nya agak di pelosok, ya apa gak susah untuk mencari tempat perawatanya nanti???
    Hal yang juga harus di pertimbangkan sebelumnya..

    Like

  37. Sudah ga usah ribut… yang Jualan kan Yamaha dan yang beli juga PT Pos Indonesia terserah terserah mereka lah… urus diri sendiri aja.. ributin milik orang terus…

    Like

  38. knapa pada gak setuju pake VegaZR? jangan lihat negatif terus, dulu honda win & suzuki cronos sering buat POS & PNS. berarti kualitas Vega ZR bagus. berkaca lah pada honda win & suzuki cronos kenapa di pinang PT.POS.. pasah.. pada suudzon melulu

    Like

  39. motor ngak laku yah akhirnya di obral murah di jual satu grosiran :D, daripada jadi uang mati di gudang 😀

    Like

  40. kacian bgt para budak kompeni jepun… indonesia miskin pejuang.. mental kompeni mendominasi… termasuk ane xixixixix… dasar…

    Like

  41. hmm… walau bukan fbh, tapi jujur imho warna oren Pak Pos lebih cocok n lebih manis di Astrea Grand hehehehehehe…. btw nasibnya gimana tuh motor grand pak pos, apa udah abis di lelang yah???

    Like

  42. terakhir ane liat pak pos pake motor supra fit buat oprasional, knapa ngga dilanjut dengan revo ya??? apa mungkin biaya operasionalnya lebih mahal dari vega zr?

    Like

  43. kenapa gak pake motor kanzen ya??
    sedikit membantu penjualan motor yang katanya motor nasional…

    tugas blogger nih untuk mendemo kantor pos kayaknya,dimana nasionalismenya??

    Like

  44. kalo buat antar barang paketan 25kg cocoknya pake comberan250, coz dah trbukti dikejurnas.

    Like

  45. komentar 36 – 37 bikin gw ketawa. orang awam bicara masalah kerjasama bisnis ya berantakan deh jadinya.sadarkah anda berapa banyak motor honda yang menjadi hadiah di berbagai acara kuis? ini yamaha pake untuk kepentingan publik. nah honda jadi hadiah saking pengennya ngejar angka penjualan.liat noh jalanan macet tanggung jawab dong.

    Like

  46. komentar 101 – 105 jangan ngomongin nasionalisme.liat tuh barang lo yg made in china ama made in indonesia rasionya brapa? mulut disekolahin dulu baru ngurusin masalah lain.etika aja belom punya.jangan2 lo tukang parkir baru belajar ngenet ya?baru beli motor bekas ya?orang miskin belagu banyak tingkah.

    Like

  47. sekedar informasi nih di rumah gw ada beberapa motor

    vespa tahun 1983
    yamaha mio tahun 2006
    yamaha mio tahun 2009
    yamaha jupiter z tahun 2002
    yamaha jupiter z tahun 2010
    yamaha jupiter z tahun 2011
    yamaha jupiter mx tahun 2011
    honda cs1 tahun 2008
    honda vario 110 tahun 2009
    honda vario fi 125 tahun 2012

    dari semua motor diatas vario 2009 ongkos servisnya mahal setiap bulan servis diatas 200rb.

    vario fi belom tau soalnya belom ada sebulan keluaran pertama dari honda iritnya gw akui tapi motornya tinggi dan berat kemarin gw kecelakaan karena itu padahal tinggi gw 178cm

    honda cs1 motor ayam jago dengan desain berantakan.akselerasi sih oke tapi desainnya itu loh bikin malu pas lagi dibawa

    vespa tahun 1983, ini motor legenda udah puluhan tahun tetep berani lawan motor anyar apalagi ini motor 150cc 2 tak pula

    mio 2006 ini motor edisi pertama mio dengan velg racing.tarikan masih oke bensin emang sih rada boros. tapi kondisi mesin mantap punya belum pernah turun mesin. kemaren 6 bulan lebih ga ke bengkel dan ga ganti oli pas servis dan ganti oli ga ada bedanya emang mantap

    mio 2009 ga jauh beda ma yg diatas tapi lampu sen udah model nyambung. kebetulan ini motor minumnya pertamax sama kayak motor vario fi 125 jadi masalah tarikan josss

    jupiter z tahun 2002 gokil masih mantap biarpun tarikan maksimal cuma 90kpj tapi tetep nih motor lawas yang oke punya,sayang motor gw rx king 2001 udah dijual.

    jupiter z 2010 ini motor edisi pertama generasi new jupiter z. desain oke punya sayang lampu belakang agak lebay dan knalpot berisik,makanya gw ganti knalpot jupiter z 2009 hasilnya suara halus dan napas panjang.kemaren gw nempuh semarang – jakarta cukup minum bensin 50rb ya kira2 35-40km per liternya.padahal rata2 speed motor 80-90kpj karena jalanan lengang.

    jupiter z 2011 edisi kedua new jupiter z dibeli kakak gw karena puas ama motor gw yg edisi pertama. motornya pas bhenti emang agak berat tapi pas jalan jadi enteng dan stabil banget handlingnya.

    jupiter mx 2011 generasi pertama new jupiter mx suara mesinnya halus buanget.awalnya pake shell super, beralih ke pertamax. tarikan joss dan top speed lumayanlah.

    Like

  48. irit ?? vega==irit ??? NNNDEEESSOOO…. 1 liter cuma sanggup 40 km-an…(itu seh pantasnya konsumsi bbm motor sport, buat bebek itu termasuk BOROS)… yang ngomong irit nampaknya gak bisa ngitung deh.. wkwkwkw… jangan mw dibodohi lah…

    Model ?? gak tega bilangnya… silahkan nilai sendirilah…

    Like

  49. Yamaha user@wah ente juragan ojek ya??

    Apa pamer punya bnyak motor??

    Kecelakaan naik nv125 karna berat??
    U yg goblok x ngak bsa bawa motor wkwkwk..

    Like

  50. yamaha user@
    tinggi 178 naik vario kegedean? ya ampun,goblog dibanggain,ahihihi…

    mengenai nasionalisme,bedain dong instansi pemerintah dngan perorangan. Eh,kalo gak bisa bedain gak usah komentar,pusing bacanya,malu sebagai sesama komentator

    Like

  51. @edo: klo ada temen lo yg punya tuh motor coba aja lo jajal.jangan cuma asal bacot aje.hahahaha.gw sebutin semua krn gw tunjukin gw juga pake honda dan gw tetep obyektif. ga kayak lo gara2 cm sanggup beli honda eh pake ngehina produk lain.kasian.gw bukan juragan ojek, tapi orang kaya.hahaha…

    @tai: motornya lebar dan tinggi.lo coba aja sendiri baru komentar.masa sih?kalo gitu utk komputer jg pake aja linux dan zyrex.mobil pke kiat esemka semua.hahaha…silahkan lo ngomong gitu klo udah jadi presiden negara.masih wong ndeso aja banyak bacot lo.kerja keras sana hidupin anak bini lo…kasian…

    Like

  52. @ 108 n 112 yamaha user
    showroom motor bekas ato kolektor nih ,.,.,???

    (gw ja yg g punya mongtor , g ngotot2 banget)

    INI CERITA Q ,APA CERITA MU ,.,.
    SUDAH MAKAN DULU SANA ,ADA NASI UDUK SPESIAL BUAT LO,,.,
    APAPUN MOTORNYA PREMIUM MINUMNYA .,.,.,
    NUMPANG NGIKLAN MAS BRO, COS YG ATAS IKLANNYA NGAWUR ,N DATA KURANG VALID SERTA G BISA DIPERTANGGUNG JAWABKAN KE ABSAHANNYA. ,COS BERDASARKAN OPINI PRIBADI
    MARKET SHARE HONDA MAKIN NAEK N YANGMANA MAKIN TERJUNGKAL .IT’S THE TRUE .(NI BRU CERITA YG SEBERANNYA N DATA JG VALID)

    Like

  53. lah namanya aja sharing ya ga pke data.itu diatas semua yg komentar pada ada datanya ga ya?wah bahasanya udah market share.sales detected!

    Like

  54. ciri2 “sales anjing” selalu membahas angka penjualan dan berbagai fitur motor jualannya.klo mau cari informasi mengenai motor jangan di blog atau forum otomotif.banyak “sales anjing” menyusup dibayar untuk menghina produk pesaing.kecuali kalo mau pada jadi “user anjing” ya silahkan aja.keep smart dan bakar “sales anjing” idup2. merusak kolom komentator dengan bahasanya yang kayak “mulut anjing”.

    Like

  55. Ngomong opo begejil2..
    Bsx cm c0ment aj..
    Org,kw ud bdoh g ush byk om0ng..
    K0n gawe mt0r y0 ora is0..

    Like

Leave a comment