Sejak November 2011….Yamaha Lexam ternyata sudah zero sales!!

Menyambung isu kemarin, IWB mencoba mendapatkan data detil sales siBetik. Mulai dari ngubek-ngubek media online plus berbagai sumber kenalan IWB. Dan…bukti mengejutkan terpampang didepan mata!!

Dilansir oleh Detikoto, Yamaha Lexam sebenarnya sudah mati suri sejak November 2011. Motor dibekali teknologi YCAT (Yamaha Compact Automatic Transmission) ini tidak terjual satupun sehingga bisa dikatakan “zero sales”. Sebuah tragedi serta fakta yang cukup mencengangkan. Nasib suram ternyata juga mendera Honda. Walaupun masih lebih baik…Revo AT dalam data AISI hanya terjual 36 unit motor (Januari dan Februari 2012). Ironi dan kenyataan yang membuat IWB sendiri garuk-garuk kepala. Gimana nggak….mosok jualan motor kubikasi kecil sudah seperti jual moge. Beberapa biji doang!!…

Ketika IWB korek data lebih dalam, penjualan Lexam tahun kemarin secara total hanya mampu tembus 6.769 unit. Jauh dari target yang dicanangkan oleh YIMM pada awal peluncuran yang dipatok pada kisaran 1500-2000unit perbulan. Penjualan paling bagus diukir pada bulan Maret 2011 yang mencapai 1.661 unit. Kemudian secara simultan terus mengalami tren penurunan hingga puncaknya November 2011. Yup…dibulan itulah Lexam tidak laku sama sekali. Menarik data hingga tahun 2012…..Januari, Februari, Maret…..nasib tidak jauh berbeda. Lho terus yang salah dimana??…

Tidak ada yang salah dengan produk itu sendiri. Namun lebih kepada demand dan selera konsumen. Ilmu analisa tidak berlaku disini melainkan kudu berdasarkan survei yang mendalam serta terukur. Masyarakat nampaknya kurang welcome dengan Betik sebab bentuk yang mirip bebek, mayoritas lebih suka gen itik asli yang memakai gigi. Selain itu dari beberapa komentar….banyak menganggap Betik kurang memberikan rasa kenyamanan seperti yang ditawarkan skutik khususnya ketika hujan. Kaki tetap kotor brosis :mrgreen: . Terus apakah artinya Lexam memang benar-benar didiscontinue??. Melihat pergerakan serta sinyal diatas, sepertinya memang begitu adanya. Tidak tersurat namun tersirat…begitulah kira-kira.

Last…IWB hanya ingin tanya, jika mzbro dan sister punya duit…apakah yang menghalangi sampeyan semua untuk meminang sibetik?? desainnya kurang cocok?? atau beberapa opini seperti yang IWB cantumkan diatas??. Monggo berikan pendapat dan komentarnya. Maturnuwun….(iwb)

Data sales Yamaha Lexam

Tahun 2011
Jan: 1.575
Feb: 1.236
Mar: 1.661
Apr: 442
Mei: 633
Jun: 152
Jul: 60
Agu: 995
Sep: 4
Okt: 11
Nov: 0
Des: 0
Total 6.769

Tahun 2012

Jan : 0

Feb : 0

Mar : 0

Advertisements

106 thoughts on “Sejak November 2011….Yamaha Lexam ternyata sudah zero sales!!

  1. Mungkin harganya terLaLu tinggi mas iwan, kLo mnurut sy dgn harga segitu(merk yg sama) dpt jupiter mx. Disaat mrk S bangga dgn ayagonya, dan merk H (rumor) akan riLis supersonik, kok merk Y maLah riLis betik yg bisa dikatakan baru.kLo mau Latah kenapa gak sekaLian ikut nyempLung dikLs bebek 150 cc aja yg dah ketauan pangsa pasarnya….

    Like

  2. Yg mengurangi minat ane untuk membeli motor ini adalah harganya yg diatas vario125..
    Dgn hanya 110cc meskipun injeksi harganya harusnya sedikit diatas spacy injeksi, toh mesinnya mirip, hanya menang fitur d ground clearance yg lebih baik.
    Soal harga memang sangat sensitif.
    Cobalah yimm n aham mereposisi harga betiknya menjadi seharga jupiter z, ato honda blade, insya Allah, penjualan bisa mencapai ratusan ato ribuan.
    Harganya very operpress

    Like

  3. menurut hemat saya, motor ini nggak laku karena harganya SANGAT mahal πŸ˜€ harga wajarnya skitar 12-13 juta saja, gak usa gengsi mangkas harga (kayak pulsar) klo mau -minimal- ngabisin stok.

    Like

  4. 1. Harganya kemahalan untuk sebuah produk pengenalan. Parahnya lagi masih karbu tapi lebih mahal dari yang udah injeksi.
    2. Promo maupun pengenalan teknologi produk sangat minim.
    3. Udah mahal eh desain lampunya mengalami penurunan dari lexam awal yang duluan hadir di vietnam. jadi anak klingon deh.
    4. warna kurang expresif daripada lexam vietnam

    Like

  5. @IWB
    hehe….lha jualan betik kan memang judulnya dagelan to masbro…adu gengsi yang berujung adu kuat modal,, πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ gak tau siapa yang senyum2 dengan cerita ini

    Like

  6. Kurang futuristik mz Iwan…
    Trs soal hrg pengaruh masak motor bebek matic 110cc d jual 16jutaan??sklian bli mx istilhny nanggung begitu lh kira2…

    Like

  7. nah kaya gini dong?jgn terlalu bersifat konsumtif……..pake sepeda dan angkutan umum bisa menadi solusi kemacetan…..bagi siswa smp dan sma mendingan pake taksi ato bis sklh aja deh?percuma kl naik mtr bisa nya bolos dan dipake buat gank motor…cb kl pake moge smua..apa gank motor bisa beli zx1400rr?

    Like

  8. harusnya di jual 12 jutaan,trus polantas di beri gratis motor ini,sekalian buat promosi gratis di setiap Bangjo wkwkwk..

    Like

  9. @ all
    Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah…gagal dari sisi “pricing strategy”. Kemudian komunikasi serta sosialisasi produk kekonsumen juga minim. Hhhmm…mantep bro. Semoga menjadi perhatian oleh pabrikan kedepan juga ingin nelurin produk. So ati-ati kalau masang harga…ya nggak brosis :mrgreen:

    Like

  10. ini sama halnya waktu yamaha pertama kali sbg leader dari pabrikan jepang launching Nouvo sekitar tahun 1998-1999 (gak persis thn nya) konsumen mesti di edukasi dulu.

    Like

  11. saya seirang pedagang kecil2an.kalo mau beli motor ya matik.agar bisa muat 2kardus air mineral di dek depan.itupun masih ditambah beras 20kg
    pake betik?emang bisa..
    padahal gw juga belum punya matik.xixxi

    Like

  12. Emang aneh selera pasar di Indonesia mas bro.
    Contoh Nuvo yang lebih nayaman dibandingkan Mio juga gagal (kurang laku). Skywave yang nyaman juga gagal (kurang laku). Tapi Mio series yang dipake nya bisa bikin sakit perut laku kyk kacang goreng.
    Tapi itulah pasar di Indonesia. Produk yang paling laku dijual bisanya bukan produk dengan kualitas tertingggi.

    Like

  13. Harga beli mahal, harga perawatan mahal, tidak lebih irit dari bebek, tidak lebih fungsional dan nyaman seperti matic. Performa pun pas pasan
    Intinya betic tidak value banget

    Like

  14. mahal…. terus gak ada fitur tambahan… kalo injeksi aja sih… ah mending karbu… harga segitu mending nambah 1jt dapet minerva VX…

    mayan…

    60. cbr 250 the ninja assasin – April 30, 2012

    jelek,mahal, identitas ga jelas
    produk YAMAHO :mrgreen:

    tapi emang cocok si buat yamaho, keluarin motor maho
    —————————————————————————
    yang biji nya cuma 1 ya???
    kek CBR 250R… bijinya cuma satu… malu2in aja…

    :mrgreen:

    Like

  15. Di blog ini rame yang ngomongin tentang Lexam..
    tapi bener aku ga pernah banget ngelihatnya ini motor secara langsung!!!
    limited edition ya produksinya???
    #penasaranbanget..

    Like

  16. Setuju mas iwan sumber kegagalan dr :
    1.komunikasi serta sosialisasi produk kekonsumen minim
    2.gagal dari sisi pricing strategy, (harga mahal) dibanding bebek asli atau matic asli
    3.Masyarakat kurang welcome dengan Betik sebab bentuk yang mirip bebek, mayoritas lebih suka gen itik asli yang memakai gigi.

    So, motor ini sbenarnya udah ciamik dr segi model,design, kenyamanan(pijakan kaki yang lebar) dan fiturnya (rear hand brake)pun bagus
    sekarang tinggal YIMM mau dibawa kemana arah tujuan hidup si Betik ini..hehehe

    ane punya saran
    1. Turunkan harga( Paling enggag 11:12 sama harga Vega ZR dan mio J)atau diturunkan jd 13 jtaan
    2. Model body +fitur sama ganti mesin vega zr+YMjetFi pakai gigi bukan betik

    Like

  17. @65
    13 jtan….tetep ga ada yg liat….. kalo 5jt itu harga yg wajar buat si lexam produk ngekor….. dgn catatan masih boleh nego….

    Like

  18. Klo menurut pribadi sya, selain harganya cukup mahal untuk sekelas betik. perawatannya agak ribet. maksudnya, klo sudah ribuan kilometer itu vanbelt minta di ganti, pas sudah di ganti gantian rantai yang pngen di ganti. gmna ga repot. jadi double sperpart yg kudu di ganti..! jadi momok buat pemiliknya..! πŸ˜€

    Like

  19. 72. Gogo – April 30, 2012
    biar g mubazir di obral murah meriah aj..

    =========================================

    lho kan udah banyak buat hadiah.
    coba aja ke dealer2 jabodetabek, ada undian hadiah 1 yamaha lexam setiap pembelian 1 motor yamaha.
    gak tau deh tempat lain begitu apa enggak

    Like

  20. @80. namharira – April 30, 2012
    gak Lexam gak Revo AT, muahal yang gak bikin laku

    ———————————————————————

    klo Revo masih mending gan. harga 15.8 jt tapi udah injeksi dan dan seabreg fitur safety lainnya.
    klo leXam?
    harga 16.8 jt tapi masih karbu dan minim fitur.

    Like

  21. Orang lebih memilih Skutik daripada Betik disebabkan karena dari segi model dan kebutuhan, skutik lebih megang lhaa ..
    klo udh ga laku lagi, disuntik mati aja hehehe ..

    Like

  22. secara desain saya rasa motor ini sangat bagus, cuma sayang kenapa platformnya harus betic??…

    coba saja mesinnya tetap bebek, saya yakin penjualannya lebih bagus dari ini..

    #lihat lampu belakang lexam aduhai banget :D, coba gaya ini yang diterapkan di jupiter z yah πŸ™‚

    Like

  23. Berarti masih lebih baik Revo AT ya,karena masih ada peminatnya. Hehe… tapi mungkin type bebek matic kurang diminati oleh konsumen indonesia. Perlu ada sensasi lain nih supaya menarik.

    Like

  24. Harusnya dgn harga segitu Yamaha bkn motor sport matic sekalian aja yak? mayan buat macet2an kyk motor Taiwan Dinli DL 282.
    [img]http://www.dinliglobal.com/images/ECatalog/14/55ES_s.jpg[/img]

    Like

  25. Kalau menurut pribadi ane gan,bukan masalah harga nya,krn mayoritas di indonesia 80% kredit termasuk ane sndiri bila ngambil motor jg kredit…,jd ndak begitu ngefek masalah harga
    Yg jelas baik matic bebek honda dan matic bebek yamaha ndak ada yang laku dua2 nya di indonesia ini,krn kurang diminati…..yg honda K.O yamaha pun jg K.O sama2 K.O nya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s