Kenapa Kawasaki Ninja 150L bisa begitu stabil??….

Puas sudah mengekplorasi kehandalan Ninja 150 L. Berbagai kondisi IWB lalui, mulai dari rute lancar, macet parah….panas yang menyengat hingga cuaca dinginnya tengah malam Jakarta-Depok. Semua terkupas habis tanpa sisa. Namun, dari sekian respon yang ditunjukkan, satu yang menarik perhatian IWB yakni kestabilan. Yup…untuk ukuran naked bike, motor ini begitu anteng diajak lari hingga 160km/jam (speedo) tanpa goyang atau ngambang. Padahal kalau boleh jujur….ban yang disematkan jauh dari memadai!!

KMI hanya membekali siSKIP engine dengan ban tube type IRC NR25 berukuran 2.75-17 (depan) dan belakang 3.00-18. Karet bundar tersebut identik dengan yang dipakai oleh Honda Megapro lawas IWB dulu. So dalam pandangan pribadi….sebenarnya kompon serta tipe ban lebih cocok untuk turing bike ketimbang pure motorsport seperti Ninja 150L yang agresif dan liar. Makanya dalam beberapa kasus….khususnya “panic brake”, ban terasa kedodoran (ngesot) tidak mampu melayani kehandalan rem. Untungnya…kekurangan performa ban tertutupi oleh sasis racikan Kawasaki. Mau sampeyan geber hingga batas kecepatan, stang tetap anteng. Hempasan angin dari depan dibelah sempurna tidak ada keluhan. Suatu demonstrasi mengherankan jika kita menilik ban yang disandang. Faktor itulah yang menggelitik IWB untuk coba menganalisa…

Ninja150L memang paket yang sempurna. Insinyur Kawasaki sudah memperhitungkan sedemikian rupa meracik frame handal dalam meredam liarnya accelerasi 2 stroke engine. Tidak ada yang bisa mengingkari rigid-nya sasis ditambah suspensi monoshok Uni-Trak membuat rebound smooth dan halus walau pada kecepatan diatas 100km/jam sekalipun. Sumbangsih wheelbase yang mencapai 1.303mm juga turut andil handling Ninja. Tapi…sebenarnya ada satu yang mempengaruhi secara signifikan kestabilan motor berbanderol 25jutaan ini ketika kita pacu pada kecepatan tinggi. Opo kuwi?? yakni distribution weight!!…..

Yup….porsi bobot bagian depan menjadi kunci lain diluar yang telah kita sebutkan tadi. Insinyur geng ijo sepertinya berusaha agar ketika digeber pada high speed….ban depan tetap nancap diaspal. Hal ini memungkinkan jika mereka mampu mengatur distribusi berat sedemikian rupa. Sebagai informasi, makin kencang motor kita pacu….maka pada titik tertentu kendaraan akan terangkat beberapa milimeter dari seharusnya. Hal itu akan terus bertambah seiring speed dinaikkan. Efeknya….tapak ban yang bersinggungan keaspal bakal berkurang. Makanya jangan heran handling motor biasanya akan ngedrop ketika kita pacu pada kecepatan tinggi. Hebatnya…penurunan kestabilan tidak terlalu terasa pada Ninja 150L. Kenapa??…

Sisi depan mendapatkan porsi lebih dari segi bobot. Monggo sampeyan perhatikan dengan seksama……rasakan ketika kita menuntun motor ini, antep dibagian depan. Selain konstruksi itu sendiri, lingkar pelk juga dibuat untuk mendukung tujuan tersebut. Insinyur Kawasaki membekali pelk depan 17 inch dan belakang 18 inch….cukup unik. Dan tentu saja semua bukan tanpa maksud kecuali mendapatkan downforce maksimum. Sebuah langkah brilian yang diaplikasikan kemotor produksi massal. Lho terus kenapa motor lain tidak mengikuti langkah serupa agar handling seperti Ninja 150L??….

Tidak sesederhana itu. Konstruksi merupakan satu paket komplit tak terpisahkan. Disana ada perhitungan jlimet yang hanya diketahui oleh para insinyur masing-masing pabrikan. Terbukti IWB pernah mengaplikasikan  pelk berbeda ukuran keMegy lawas, hasilnya kontrol malah mawut ora karu-karuan :mrgreen: . So….kenapa Ninja 150L begitu stabil?? distribution weight adalah kunci lain diluar kehandalan sasis serta suspensi itu sendiri. No doubt!!...(iwb)

181 thoughts on “Kenapa Kawasaki Ninja 150L bisa begitu stabil??….

  1. ya iya tho mas Iwan, Kawasaki awal mulanya khan gak bikin motor…aslinya khan industri berat, yg produk otomotif adalah bagian dari Kawasaki Heavy Industries…monggo di telusuri di sini

    produk dan servis:
    http://www.khi.co.jp/english/product/index.html

    R&D:
    http://www.khi.co.jp/english/rd/index.html

    contoh kecilnya:
    -pesawat sipil-militer
    -helikopter sipil militer
    -kapal sipil-militer
    -kapal selam penelitian-militer
    -kereta api (diesel, commuter, subway, monorail, kereta peluru)
    -modul roket peluncur satelit
    -salah satu modul lab International Space Station
    -satelit
    -mesin turbin (mesin jet (turbofan-turboshaft), turbin pembangkit listrik tenaga gas, uap)
    -kontruksi pabrik manufaktur-kimia-gas-minyak
    -robot manufaktur
    -bor bumi (seperti yang di gunakan pada terowongan kereta yg menghubungkan inggris dan prancis di bawah/dalam tanah dasar laut-gak dapat padanan katanya)

    dan masih banyak lagi penjabaran produk yg telah mereka lakukan dan dengan segala pengalaman mereka selama ini…

    Like

  2. …dan dengan pengalaman yang segudang itu, sebagian dari yang tercuil mereka aplikasikan di produk lainnya termasuk di otomotif

    Like

  3. tul banget mazbro,saya juga ngalamin kayak geto bawa ninin 2 tak lari 160 ban depan ga ngambang blas…
    mantabz…

    Like

  4. Itulah sebabnya ane menjatuhkan pilihan pada ninja 150L, mesin standar yang udah kencang tanpa mengorbankan sisi handling, namun satu hal yang ane keluhkan shock belakang menurut ane terlalu keras kurang nyaman untuk ngelibas jalan rusak..

    Like

  5. maaf mau nanya ke bro smua nya, ban apa yang bagus lengket dan awet kalau mau buat korneringan,, nih ban cs1 matius sekarang PDR SPORT XR ngak sanggup menahan power mesin dari si cs1 matius,, jadi malu aja kalau lagi nikung rebah tuh ban spin melulu sampe berasap di ikuti buntut motor yang lari ke kanan kiri, seperti jurus belok roda blakang valentino rosi,, segan aja ma biker2 lain nanti dikira pamer belok degan roda blakang lagi, padahal itu ban yang ngak kuat nahan tenaga mesin cs1 yang kelewat brigas

    Like

  6. KK Matius yang terhormat, PDR itu nama Partai Peserta Pemilu tahun 1999 🙂
    Mas IWB, Ninja dengan pemakaian normal konsumsi bensinnya sama dengan Mio generasi awal, benarkah?

    Like

  7. Iya matius dr kmrn cs 1 yg bsa ngasepin ninin mulu crta nya. .
    Emang cs nya dah ganti kubikasi jd brapa cc si?
    250 kah 500 kah atau 1000?
    Penasaran. .
    😀

    Like

  8. 18. Dwitri Dudu Oktaria – April 27, 2012
    KK Matius yang terhormat, PDR itu nama Partai Peserta Pemilu tahun 1999
    Mas IWB, Ninja dengan pemakaian normal konsumsi bensinnya sama dengan Mio generasi awal, benarkah?============ kikikiki jadi malu sama dwiteri, maksud om matius FDR, bro smua nya ada yang tahu ngak penyebab cs1 agak getar dikit fostep depan nya saat kecepatan 160km versi spido tentu nya,, mohon info nya bagi yang tahu nya, soal nya kurang nyaman aja rasa nya walaupun getar nya cuman dikit sekali,

    Like

  9. setelah d ceck, kenpa semua motor Kawak begitu stabil, anteb?
    tnyta ad d as segitiga depan, diameter diameter’y.. lbih gede dr motor yg lain..

    Like

  10. 19. zhe – April 27, 2012
    Iya matius dr kmrn cs 1 yg bsa ngasepin ninin mulu crta nya. .
    Emang cs nya dah ganti kubikasi jd brapa cc si?
    250 kah 500 kah atau 1000?
    Penasaran. . === motor cs1 matius standar kok bro, tapi motor cs1 yang matius beli adalah motor pajagan diler, bukan mutor yang dijual umum, coba deh bro beli juga cs1 pajagan, pasti salut bin ajib,,,ajib gileeeeeeeeeeeeeeeeeee

    Like

  11. bertapa malu nya rider2 ninja sruntulan yang lagi konvoi itu diasapi oleh 1batang cs1 standar,,,,dar,,,,dar,,,,dar,,, degan mesin 125cc,,,,, jisssssssssssss,,,,,,,,,ajippppppppppppp.. makanya jagan main2 degan cs1 kalau di trek panjang 3km, smua motor batagan habis dilibas,,,,bas,,,,,bas,,,,,bas,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, andai aja matius merekan tuh saat matius membabat ninja2 alay di trek lurus waktu itu, mungkin mas iwan ngak akan brani ngeluarin nih artikel,,,,,,,,,,,

    Like

  12. @matius : apalgi yg di komentar u dulu ampir bisa kejar ER6n is bullshit men. apalgi Er6 pernah g coba tenaganya sangat beringas di putaran bwh ampe menengah.

    Like

  13. @matius:Motor bencong jg u bangga”in u liat aj dri mdlnya bbk bkn sport jg bkn mlh kya kmbng garut …hahahahaha motor pa kmbng th pisss ah

    Like

  14. 1 liter kurang lebih 30 km.n jika pergantian knalpot racing pj+mj kurang lbih 26/27 km. untuk ninja 150

    Like

  15. Woi ada pasen dirmh skit tmpt gw kerja smLm kabur. TLong kLo dia ngoceh-ngoceh janga ditanggepin, tar ktuLaran..

    Like

  16. matius pada April 27, 2012 pada 6:04 AM berkata:

    bertapa malu nya rider2 ninja sruntulan yang lagi konvoi itu diasapi oleh 1batang cs1 standar,,,,dar,,,,dar,,,,dar,,, degan mesin 125cc,,,,, jisssssssssssss,,,,,,,,,ajippppppppppppp.. makanya jagan main2 degan cs1 kalau di trek panjang 3km, smua motor batagan habis dilibas,,,,bas,,,,,bas,,,,,bas,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, andai aja matius merekan tuh saat matius membabat ninja2 alay di trek lurus waktu itu, mungkin mas iwan ngak akan brani ngeluarin nih artikel,,,,,,,,,
    ————————————
    Masa sih ?… Cs1 sodara sy kalah sama mio… Padahal udah gaspoll sampe nunduk2…. Trek nya lumayan panjang di jl.margonda jam 3 pagi…sepii….

    Like

  17. motor impian…. sayang gak kebeli…. bekasnya juga masih nendang tuh motor…. akhirnya hanay kebeli satria RU aja…knalpot diplongin…. hmmm… serasa naik ninja…. it’s a ninjah…. dalem hati doangan…. long live Suzuki…

    Like

  18. @43
    bener banget bro… CS1 bener2 bengis… kalau di lamer ninja 150/250/rr, king, er6, bahkan saudara sendiri cbr 250..semuanya nunduk ngasih jalan…

    Like

  19. gue user ninja150 suka minder kalo dijalan ketemu motor bebek super cengesone125….
    cengesone emang kenceng, supra fit n vega r aja sih lewat!
    asli gue kaga bohong, kalo bohongkan dosa!

    Like

  20. dari jamannya 2tak rxz-rzr, rgr, nsr, tzm n ninja udh gue nikmatin semua, tapi dari semua motor 2 tak tsb gampang banget dikepretin mesin sonic 125cc 4tak.

    Like

  21. banyak bgt yg nyindir matius ni spertinya
    biarin aja kasian dia anak yatim dah ditinggal bapaknya ke surga
    o… iya ninja mang ga da matinya ya e lah pokoe

    Like

  22. menurut ane kekurangan ninja ss 2010 yang pernah ane pake. kips sering macet kalo di geber dadakan. lha kata mekanik. ternyata ninjanya kelewat lama ga pernah dibawa ngebut. maklum takut kecepatan. jadi yang punya ninja sebaiknya sering2lah dibawa ngebut . walo tetep lihat sikon

    Like

  23. ninja ane pake ban belakang ukuran 2.5 ban depan 2.25 (mode alay 🙂 ) insyaallah kalo ngebut posisi jalan lurus sama sekalai gak ada gejala limbung, malahan serasa kayak terbang, tapi kalo di ajak nikung sumpah ane gak berani bawaan ban belakangnya mau ngepot aja, so kalo nikung ane pelan saza.. heheheeh :mrgreen:

    Like

  24. tp mmg bener CS1 tu cepet skali, lha supra 125 n vega R aja keselip kok, bayangkan ketika anda naik sepsda ontel dg kcptn tertinggi sekalipun, anda dg mudah diasepin sm CS1, luar biasa CS1….

    Like

  25. ah kayae biasa z deh om ninja 150….kl mslh handling, panic brake, speed n tenaga msh kalah m NSR series..bnyk yg bilang spidometer ninja 150 lebay 20%…kl diangka spido 160 mkn aslix cm 140 km/jam..mark up ^-^

    Like

  26. Motor kencang yg sangat setabil dsektor dpn mas iwb’ seakan ban lengket dgn aspal’ itu ane rasakan pula pd Atlete 125 yg begitu stabil dlm melahap tikungan. Maxoooooos ninja 150,,,,,,,

    Like

  27. @Matius

    Saya lagi nyari motor yg kencang & gagah, rencananya sih saya mau beli pulsar 200ns yg 22 juta itu. Bagaimana pendapat bro matius, apa pulsar 200ns ini pilihan yg tepat utk saya? Kalau tidak, sebaiknya motor apa yg harus saya beli?

    Like

  28. Sayang banget ya, artikel bagus dari bloger ternama dikotori sama tukang hayal kelas kakap yg suka ganti-ganti nickname.

    Like

  29. lingkar dpn 17 dan belakang 18, it sama dgn tvs apache mas bro, apakh dsni tvs meniru sasis ninja? Hehe..monggo d ulas dewe

    Like

  30. wah..gitu tho..pantes dulu aku sering ngangkat bodi belakang si ijo kok ringan ya kang..malah IMHO, lebih ringan dari bebek..

    Like

  31. @iwanbanaran
    Basi sekali mas topiknya ini..Motor ini sudah jadul sekali, saya jadi kembali ke masa lalu. Bukannya jalan maju, malah jadi jalan mundur… Nge-bahasnya info / topik yang baroe-baroe saja.. Tiap hari saya mantengi blog-nya mas iwan.. hihihi..nunggu update info terbaru soal new vixi

    Like

  32. kemarin lg jalan santai ama scoopy matic ane…..lg enak2nya tiba2 lewat sebuah motor warna item dengan kencangnya…penasaran akan motor tersebut, langsung ane bejek gas scoopy ane…ga sampe 5 menit keuber juga itu motor ite,…ternyata CS1 broo !!
    Gw bejek terus gas matic ane, eh rider cs1-nya ngeliatin ane…trus dianya ganti gaya pake nunduk2 di tangki segala….waaah, ini ngajak nge-trek nih ! ga lama dianya geber motornya, melesat dgn kencang ! ane juga bejek gas ane….hanya perlu 1 menit buat jajarin tuh cs1…trus ane bejek gas ampe poll……ane liatin di spion itu cs1 item makin lama makin jauh ketinggalan…..hingga akhirnya udah ga keliatan lagi di spion ane….setelah cukup jauh, akhirnya ane menepi di warung jualan es kelapa. Lagi asik2 nyruput es kelapa muda seger, itu cs1 baru lewat didepan ane masih dengan gaya2 nunduknya tuh rider !

    setelah ane ingat2, kemarin baca komen di blog-nya mas IWB…jangan2 ini CS1-nya si matius yg kenceng n ngasapin ninin itu….haduuuuuh, ane jadi ga enak banget nih, masa scoopy bisa ngasepin CS1-nya honda yg SUPER KENTJANG ituuuhhh !!! Padahal scoopy ane masih standar ting2 looh, cuman ganti spion doang….jangan2 gara2 ane ganti spion itu mio jadi KENTJAAAAANG begituh ???

    *ntar mo ane tanyain aaah di bengkel tempat ane beli tuh spion….jangan2 itu spionnya hayabusa..wew

    PS : buat matius…sorry bro, ga ada maksud ane mo pecahin rekor elo yg udah ngasepin ninin…ane cuman penasaran aja ama scoopy matic standar ane….tapi kapan2 boleh dagh kita nge-trek lagi…..yg kalah nyungsep di kali yah….ocreeeee

    Like

  33. mas iwan…sekalian di uji konsumsi bensinnya dong

    ngemeng2…ini tukar guling ato tukar pinjem pake? kok betah amat si igun-nya ???

    Like

  34. 59. gigabyte – April 27, 2012

    @Matius

    Saya lagi nyari motor yg kencang & gagah, rencananya sih saya mau beli pulsar 200ns yg 22 juta itu. Bagaimana pendapat bro matius, apa pulsar 200ns ini pilihan yg tepat utk saya? Kalau tidak, sebaiknya motor apa yg harus saya beli?
    ============================================
    knapa beli pulsar gan? agan gak liat si matius udah ngasih sinyal apa? itu loh yg lebih murah n’ kenceng. buat apa yg lebih mahal? mending agan beli cs1 sajah, sisa duitnya bisa buat beli bensin 1-2 tahun. lumayan kan? daripada lumanyun nyesel seumur hidup beli pulsar

    Like

  35. @ DJ Yankuro…….ane suka koment nt, tp jangan ikut2an ngehayal ky si matius yaa. ntar jd gila ky si matius……masa mtr 600 cc diasepin cs1……

    Like

  36. @66. Stone cold

    betul gan, dah basi bahas ninja 2 tak melulu… mending bahas tehnologi paling mutakhir cs1

    Like

  37. sori OOT y om bro IWB…
    @matius
    kalo emang lah kenyataan CS1 lo sekencang itu, berani gak lo adu sama bebek SOHC lansiran ’07 gw yg cuma 110cc. trek lurus oke, sirkuit lebih mantaf…
    gimana???
    ^_^

    Like

  38. @73. just_ride_it

    aah..masa ente ga tau kamsud ane…..klo ngehayal mah jangan tanggung2…..sekalian CS1 pake mesin hayabusa + ferrari + lamborghini…itu baru yg namanya mengkhayal tingkat dewa…besok masuk RS dagh..huehuehue

    Like

  39. Mungkin kaki-kaki belakang unitrack-nya juga punya andil besar mas. Kan kaki-kaki belakang yang OK juga berperan penting untuk kestabilan mas. Jadinya; potensi mesin bisa dieksploitasi maksimal kalau sasis (termasuk kaki-kaki) memungkinkan itu.

    Tolong review RX-King, RXZ, NSR dan Satria 120R juga mas. Pengen tahu gambaran motor-motor 2tak yang dulu pernah mengasapi Jakarta.

    @matius ;
    hati-hati sama tulisan dan omongan mas… itu produk dari hati dan isi kepala… makanya itu cerminan hati dan isi kepala juga. peace…

    Like

  40. klo buat kenceng ane masih megang RR untuk kestabilannya, downforce dan belah anginnya..jadi motor kyk ngak ada hambatan angin..

    mantab..150L dah ane coba, dibanding sama vixi, stabilnya jauh bgt..tapi klo kuenceng ane masih megang RR stabilnya

    Piss

    Like

  41. @DJ Yankuro……….setuju bro. atau mungkin dia emang sudah msk rmh sakit gara2 mimpi yg ketinggian

    Like

  42. Bang Iwan kan dah pernah dapet bocoran dr Mr Ito Kan ???nih bocorannya :

    “Ketika kita ngomongin mengenai blok mesin yang paling bagus untuk saat ini (Produk masal & BerCC kecil) adalah Blok mesin kepunyaan Yamaha Jupiter MX dan Yamaha Vixion. Dari cost produksinya lebih mahal karena itu pabrikan berani memberikan garansi sampai 5 tahun. Konsekuensi tidak bisa di oversize. Mirip dengan tehnologi Ninja 150. Pada saat itulah beliau mengutarakan bahwa sasis yang paling bagus adalah pabrikan dari Kawasaki. Akan terasa ketika kita mengendarai, stabilitas lebih dibanding lainnya. Secara kasat mata sebenarnya bisa di lihat bahwa sasis kawasaki rata-rata lebih tebal.” http://iwanbanaran.com/2010/02/07/sasis-kawasaki-adalah-yg-terbaik/.

    Like

  43. CS1 kenceng yah….. bisa ngasepin er6n… belum seberapa wong kemaren aja saya liat sendiri dalam mimpi bisa ngasepin Lamborgini Galardo sama Nissan Skyline GTR + Turbo + NOS… MANTAPPPPPP…..!!!! ^^v

    Like

  44. @ 7. matius
    Terima kasih bro…nick namenya sudah diganti. Lanjut bro cerita tentang CS1-nya :mrgreen:
    @ 12. Gianluigi mario
    Syukurane wis bro…ngopi karo pisang goreng wae xixixi
    @ 18. Dwitri Dudu Oktaria
    Yup….cukup irit bro. Ntar saya ulas…
    @ 25. sugito
    Additional info. Maturnuwun mzbro…
    @ 29. arm
    Tentu saja untuk high speed masih menang keduanya bro. Yang saya maksud untuk ukuran naked nih motor ajib stabilnya…
    @ 33. nanya
    Sekitar 30km bro.
    @ 38. gondrong666
    Yup benar sampeyan
    @ 52. ruwet
    Yup…penyakit tuh SKIPS
    @ 57. good day
    Satu keturunan juga tuh
    @ 66. Stone cold
    Selama motor masih eksis kita akan tetap bahas bro apapun jenisnya. Yg sudah tamat aja masih menarik….sing penting judule ban ada dua xixixixi
    @ 69. DJ Yankuro
    Tukar pinjam. Komsumsi bahan bakar tidak secara detil. Tapi saya bisa kalkulasikan secara kasar buat harian berapa dapatnya. Ntar saya buat artikelnya bro..
    @ 70. hamaramikro
    RR sudah terbantu aerodinamika fairing untuk mendapatkan downforce….
    @ 79. ms
    Pasti bro…itu juga tidak bisa dipisahkan. Sorry kalau terlewat..
    @ 80. click!
    Ditunggu bro…
    @ 81. penggemar ninja
    Bener, kestabilan full fairing bukan lawan naked. So pasti RR diatasnya…
    @ 83. Rendy
    Yup…sampeyan masih ingat aja. Artikel lawas tuh…..

    Like

  45. buat yg ber statement disini,
    no pict = hoax.
    Aner percya sih cs1 bs kenceng mpe 30dk dimodif pake mesin cb 1000.
    Ttp aja hoax klo ga ada foto.
    Next, kang iwan klo yg ninja rr gmn tuh ada ulasannya?

    Like

  46. Scoopy, mio, gak percya bisa kenceng,
    soale punya mio juga,
    vs beat aja gak bisa ngejar, si beat pke ban seukurn mio,
    rider e beat jg lbh kurus,
    cm bs ngikutin,
    pengen nyoba vs cs1 pke megi2003 ane,
    tp jarang ketmu,
    mtor langka,..

    Like

  47. Cuman posisi riding ny itu loh mzbro iwan..kek bukan sport touring..spt nya condong k pure sport wlau naked..dgn tinggi gw 166 tuh terasa pegal pas bw jauh aplg macett panas amiirrrr ninin kuww..gmn mnrt mzbro iwan??

    Like

  48. ninja r dengan rangka deltabox dan suspensi unitrack menurut ane lebih bagus drpd rangka ninja rr, nih rangka udah race proven dan bersaing ngelawan nsr sp ketika balap 2 tak 150 cc masih booming di thailand dulu, dan udah bbrp kali menang ngasepin nsr sp(pke kr150se)

    sayang ninja r disini yg didukung rangka yg bagus gak seimbang ama bannya yg kekecilan dan kompon ban nya yang hard dan malah banyak alay2 yang makin ngecilin ukuran ban nya, padahal nih motor paling enak dibawa nikung dibanding ninja rr,dan tuh alay2 berban cacing gak tau klo nih motor lebih enak dibawa rebah2 nikung,tau nya cuman dibawa lurus doangg

    bocah sd juga bisa klo bawa motor lurusan doang 😀

    piss ah

    Like

  49. @dumsky
    Loh ninja r itu bukan ny cradlebox frame???kok bs jd delta box ya??
    Memang bhwa stability ninin naked lebih drpd kembaran yg berfairing scr engine cuman berbeda d karbu saja imho

    Like

  50. mongtor gw dolo nih….hahahaha…..jd inget dolo pernah bawa kaya orang bener pas panic brake goyang nya dah kaya dangdutan…rata” semua motor seport begitu dah pasti buntutnya latah bgt pengen goyang.

    Like

  51. @matius: hmmm masak pake FDR masih spin… ya udah.. pake IRC aja, 3.00-10 depan, 3,50-10 belakang. Selama ini ane pake gak pernah selip tuh biar rebah kayak gimana juga 😀

    Like

  52. Ora onok critane CS1 Ngasepi ninin 150L sama2 gaspol e . . .

    mbrodhoL itu mesin Cs1 smp 160, klo enggk, y . . cek in aj spidometerx tuh . . . ksian, ms dtipu mlu m speedo g jelas . . . .

    98. Luthfi Aziz – April 27, 2012

    secara handling lebih enak ninja 150L tapi secara power memang lebih dasyat ninja 150RR
    ======================================================

    kagak mas bro . . jam 3 pagi sebulan lalu, temen ane start bareng d jalanan sepi 5 km an, sama, 150rr m 150L, kga ad beda x

    Like

  53. xixixixi…nick name matius sudah di ganti ya…… gak sekalian ganti motor? pan udah di asepin sama scoopynya DJ Yankuro

    Like

  54. @ubikukus hahah sory bro salah,namanya emang cradlebox frame
    klo ngeliat rangka yg melintang dua dibawah tangki suka latah nyebutinnya deltabox 😀

    Like

  55. paket yg sempurna… penyakitnya cuma Komstir. apa krna dikampung ya? sering ketemu jalan rusak… apalagi yg RR swing Arm pake Stabilizer, dikelas Bebek super Cuma Kawasaki Atlete yg Pake stabilizer. urusan Kontruksi Kawasaki ahlinya…

    Like

  56. ini dia yg sempat bikin ane dan temen ane penasaran dengan ninja ini

    dilihat di engine mountingnya

    bayangin aja bawa motor kecepatan 130-140kpj on speedo

    serasa lagi lari 60kpj

    sampe geleng” kepala dah klo udah nyobain NINJA ini

    Like

  57. mas bro.coba cek account twitternya.kayaknya lg dibajak orang lain tuh ampe kirim pesan ke account twitter ane.

    Like

  58. mungkin yg namanya matius ini kalau di akun facebooknya bernama ”angel eden” dia sering sesumbar ngalahin cbr, ninja dll

    Like

  59. yg bener weight distribution/distribution of weight, tolong kalo pake bahasa asing diperhatikan ketepatan penggunaannya, biar ga kliatan asal mrocod kyk yg dipake tmcblog

    Like

  60. Aduh kenapa di indramayu ninja l striping halilintar 2011 ngga di jual lagi kata dealernya sudah ngga di produksi, ada yang stiping garis 2010 . heuh >.<

    Like

  61. Mungkin Memang Motor CS1 kenceng, di karenakan ridernya memang brani dan skillnya mumpuni,
    Perlu diingat, sebagus apapun motornya kalo buat balap-balapan di jalanan, yg paling menentukan adalah kebranian dan skill rider.

    Ane RIder NMP biasa kenceng, cuma kalo ada yg kenceng ngelebihi kebranian ane yg dengan terpaksa menyerah juga hehehe…

    Namun beda kalo di balapan di sirkuit , performance motor lebih penting dari kebranian/skill , 60 : 40 lah.
    Kalo di jalan engine vs skil/kebranian 40 : 60.

    Jadi kalo mau di pake dijalan raya , beli aja motor yg ngga terlalu kencang dan ngga terlalu lambat , buat apa toh ngga bakal ke pake , baru gas dikit dah macet, ada lampu merah dsb, yg pasti motornya harus responsif. 🙂

    Like

  62. Rangka Ninja RR dan L sama-sama double cradle. Yg RR pake pipa bulat sedang yg L pakai rangka kotak. Secara umum rangka ninja RR lebih lebar sedikit dibanding L. Yg saya rasakan tipikal rangka kedua ninja ini sangat kaku, nga seperti RGR yg tersasa lebih lentur. Swing arm Ninja RR juga lebih rigid karena ada stabilizer, sayangnya nga pakai unitrack walau sudah pakai shock gas.

    Like

  63. @ mati us or whatever..
    Y dech…cengosOne emg plg kuenceng..
    Dah ya minum obat dulu sana jgn lupa besok k psikiater dl n ceritain soal CengoS one ente, pasti dia ngangguk2…
    (sambil nulis resep obat yg lebih keras)

    Like

  64. kawasaki itu namanya lumayan boom ya..
    tumben banget aku lihat warna unitnya merah seru juga yaa!!!
    mungkin ini sebagai gebrakan yang baru dari kawasaki!!!

    Like

  65. 59. gigabyte – April 27, 2012
    @Matius

    Saya lagi nyari motor yg kencang & gagah, rencananya sih saya mau beli pulsar 200ns yg 22 juta itu. Bagaimana pendapat bro matius, apa pulsar 200ns ini pilihan yg tepat utk saya? Kalau tidak, sebaiknya motor apa yg harus saya beli?=========================
    p200ns mantap juga tuh motor bro dari pada si kostir oblak,, tapi kalau menurut saya bro gigabyte nyeker aja dulu dah, ngak usah p200ns an dulu, maklum utang di warteg seblah dah numpuk tu,,

    Like

  66. untuk ukuran sport 2 tak kayaknya biasa aja deh. malah banyak yang jauh lebih stabil misal NSR series..
    mungkin mas iwan bandinginnya ama Byson? wkwkwkwkwk

    Like

  67. MAKASIH BANYAK KI,BERKAT BANTUANNYA SAYA DAPAT 67,JUTA DARI ANGKA YANG MBAH BERIKAN HASIL RITUAL BENAR BENAR TEMBUS% ALHAMDUH LILLAH SAYA SUDAH BERMODAL DAN BISA MENCUKUPI KEBUTUHAN KELUARGA SAYA SEHARI HARI JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB AJI SOKO DI NMR”0_8_5_2_5_6_2_0_0_2_7_7 MAKASIH

    Like

  68. @klangon: rangka RR dan L beda bro, klo RR rangkanya jenis Hi Tensile sedangkan Ninja L rangkanya jenis craddle klo dibawa nikung kecepatan tinggi, ninja RR lebih stabil, efek ban belakang ngebuang lebih minim dibanding Ninja L tapi klo dibawa secara harian sih ga ada bedanya baru beda klo diuji disirkuit.
    @iwata: klo dalam kondisi yang setara, RR pasti lebih cepat dari L coz jenis karbunya beda bro, mungkin RR punya temen ente kurang perawatan jadi bisa kalah dengan L ato klo ngga karbu L nya udah diganti dengan punya RR jadi L menang power to weight ratio.

    Like

  69. 132. satria biru – April 27, 2012
    @klangon: rangka RR dan L beda bro, klo RR rangkanya jenis Hi Tensile sedangkan Ninja L rangkanya jenis craddle klo dibawa nikung kecepatan tinggi, ninja RR lebih stabil, efek ban belakang ngebuang lebih minim dibanding Ninja L tapi klo dibawa secara harian sih ga ada bedanya baru beda klo diuji disirkuit.
    @iwata: klo dalam kondisi yang setara, RR pasti lebih cepat dari L coz jenis karbunya beda bro, mungkin RR punya temen ente kurang perawatan jadi bisa kalah dengan L ato klo ngga karbu L nya udah diganti dengan punya RR jadi L menang power to weight ratio.
    ====================================================
    alahhhhhhhhhh mau RR kek MAU L kek mau biber kek lewat ma cs1 di trek lurus

    Like

  70. @>26. matius – April 27, 2012

    19. zhe – April 27, 2012
    Iya matius dr kmrn cs 1 yg bsa ngasepin ninin mulu crta nya. .
    Emang cs nya dah ganti kubikasi jd brapa cc si?
    250 kah 500 kah atau 1000?
    Penasaran. . === motor cs1 matius standar kok bro, tapi motor cs1 yang matius beli adalah motor pajagan diler, bukan mutor yang dijual umum, coba deh bro beli juga cs1 pajagan, pasti salut bin ajib,,,ajib gileeeeeeeeeeeeeeeeeee
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
    sorey broww, kirain motor beneran ehh malah motor pajangan, nice inpoh.ckckckckckkkkkckkcekakk.thx

    Like

  71. ninja 150 emang hebat akselerasinya. Tinggal diperbaiki kalibrasi speedometernya aja.
    ……
    Mas Iwan, ditunggu reviewnya ttg ninja 150 SE… hehehe

    Like

  72. Harganya aja 25 juta… setara tiger… wajarlah, ada harga ada rupa… ane cuman kurang suka ama suaranya yang cempreng… dan pastinya jadi sering di-ceng-in alay ngajak balapan… 😀

    Like

  73. wkwkwkwk harusnya ini tread masuk dlm kategori unik..
    ( ngakak guling ) liat yg coment’in sm comentnya simatius..

    Like

  74. heh…matius bego…!ngakak ane ngbaca komen ente! Pdhl cs 1 ente cuma utk narek gerobak aje, sok2 an mw ngasepin ninin,,

    Like

  75. wkakakakakak cs1…dijalan gw ludahin barusan wkakak,bodi bunyi bletak” sok ngebut..ckckck..ah org gila di sriusin..sama gilanya lo pada…wkakak mtor muka alien..cs1 wkwk lampunya mantep futuristik taon 2999

    Like

  76. mohon maaf untuk komen saya sebelumnya yg tidak enak dibaca..itu tadi bukan saya melainkan teman yg sedang ikut membaca blog ini , saat saya tinggal ke wc sebentar,dia malah memberi komen pedas yg tidak enak, sekiranya saya mohon maaf pada semua dan juga kpd yang punya warung…im so sorry..

    Like

  77. motor gw bro ini. emang bener kerasa bgt bro motor naked ninja sekarang lebih berat di bagian teng ke depan dibanding dari naked ninja yang dulu. alhasil ketika digeber motor terasa stabil, dan ketika direm ga ngepot sana sini 🙂

    Like

  78. badan nih ninja L yg emang DNA nya untuk turing beda dgn RR yg racing..utk cegah urat si kips ngadat bejek z gas sampe rpm7500/110km tp bs juga sambil di panasin pagi² pelintir gas smpe rpm di atas 7500 dlm kondisi netral udh cukup ngelemesin urat² si kips

    Like

  79. ane sependapat sama om IWB, pernah ane ngadu sama ninin 250 udah kondisi upgrade yg lumayan advance , sedangkan ane cuma modal ninin 150 r keluaran 2003, cuma ganti busi iridium aja , ketika diadu ternyata ninin 250 kalah telak, padahal bobot rider ninin 250 lebih kecil dari pada ane,

    Like

  80. memang motor ini stang standarnya agak nunduk dan itu membuktikan motor ini memang sport, beda dengan vixi yang bodi sport tapi stang tinggi (nggak karu2an), mending sekalian seperti byson, tiger,megapro yang bodi & stangnya model2 touring

    Like

  81. matius …
    hihih baru tawu ane cs1 bisa ngelibas si ninin,,mungkin si ninin start pada gigi 5 yah ?
    memang tidak ada yang tidak mungkin,tapi untuk hal ini sepertinya tidak mungkin 🙂
    seca kerja mesin ninin 2T yang kinerjanya 2 kali lipat 4t,ditambah ccnya yg tinggi,sepertinya tidak lazim saja si ninin di libas gitu,kalo bukan ada faktor lain si nininnya mungkin gak mawu ngejar hihih CMIWW *just opsi matius 🙂

    Like

  82. ehh matius, lo balapan aje ama ninin.. gue.. tai dahh .. motor cewe aje d bangga banggain…, banci dasar,.!! NINJERS Community

    Like

  83. gan ,, spion yg cocok bwat ninin ap sih??bru 130 kpj udah lipat spionx …..
    ane suka bnged ngasapin ninja 250 soal na ….

    bensin ane hemat abis bro ,, 1 liter = 15 tiang listrik …

    Like

  84. bro sekalian aku maw nanya naikin shockbreaker ninja L gmn .. duh kalo gonceng tman spakbornya nurun ampe bawah jadi gak sreg kalo d liat dari samping.. mohon bantuannya suhu2 ninja 🙂

    Like

  85. ane coba perkosa ninin 150 L ,, ,hasilnya luar binasa…..jarak kurang dari 100 meter motor melesat 140 kmj lebih…motor pa burok nieh….ane pertama kali emang g yakn ni motor bisa lari 150 kmj lebih….tapi setelah ane buktikan…hasilnya ternyata 180 kmj ringan tanpa disiksa tetap aja ga ada problem dia lari segitu the green gank emang super dahsyat

    Like

  86. kl dibilang stabil ya belum tentu krn lari 160 jg blm kencang (gps 125 km/jam). Coba lari 180 km/jam apa msh stabil?

    Like

  87. keluhan saya cuma satu shock breker ninja r terlalu keras tdk nyaman rasanya ketika melewat jl rusak tlng di tnggapi kmi

    Like

  88. ninja tu motor sport u track datar bkn d jln rusak. klau d jalan rusak pake tiger d jamin shockx ok. msalahx gua punya dua2x

    Like

  89. Kira2 kalo ganti shockbreaker yg orsinil harganya berapa ya bro? Atau kl mau substitusi kira2 bisa pake shockbreaker motor apa ya bro biar lebih empuk maknyoooz
    Thx before…
    Peace!
    Salam biker! (Apapun motornya)

    Like

  90. salam bikers,,bro all gw bingung antara jadi beli or gak,,stelah baca artikel sana sini bandingin spek mesin tiger,vixion,byson,NMP,scorpio,cbr150,satria FU,gw bandingin sama ninja 150 ,,ternyata dari segi tenaga cuma ninja paling top,,bahkan bisa ngimbangin yg ninja 250,,yaitu 30 ps,,tapi q mikir lagi klo euro 3 di sahkan pemerintah apa produksi 2 tak tetep bisa lolos emisi,,,huufttt,,,galau sumpah,,,pengen bgt tuch ninja 2 tak,,nya,,cuma kalah sama birokrasi pemerintah yg carut marut,,smoga nafas 2 tak masih panjang,,gw minat bgt tuch motor,,duit dah ada cuma masih bersabar za tunggu peraturan pemerintah,,salam speed freaak,,

    Like

  91. Ah gila tu yang ngomong cs onge bisa ngasepin si ninin… Gua dari kls 1 sma sampe tamat pakek cs onge,.. Gua juga termasuk tukang balap liar… Tapi selama gua pakek cs 1 belum pernah ngasepin ninin… Gila lo kalau ngomong, kalau cs onge di adu sama vixion bisa jadi 11,,,,12…tapi kalau sama ninin,. Biyar aku tampar sapa yg ngomong tu

    Like

  92. Cs1 vs ninin, jelas cs1 yang menang lah, lah wong rider ninin nya aja ngerem, males nanggepin orang stress..hhhaa..
    Masing2 rider sejati punya kode etika, kalo mau narik ya sama2 kelasnya lah,,

    Like

  93. mungkin yang naik ninja itu mengalah karna sudah tau cs1 motor pelan…hahahaa..
    so ninja..ninja..ninja..ninja..dan ninja…
    #laler item kesayangan guee…
    sex max buat yang hina2..

    Like

  94. mau tanya ne , law mtor ninja baru bongkar mesin , trus di hidupin jalan a bisa mundur ,kesalahan a salah masang mesin .pa kemajuan pengapian a mass?

    Like

  95. sory ne gan…
    ane make cs1..
    ane juga pernah ne nglibas ninin make ne motor (cs1)…
    tp ninin waktu konvoi…mungkin ntuh ninin larinya sekitar 120 an..
    jd mator ane masih rada” kuat buat ngejar para ninin sekalian..
    ouw ea ane lupa..
    gini ceritanya gan…
    waktu ntuh ane ngeliat rombongan konvoi ninin..
    trus ane ikutin nyampe sekitar 5 km..
    trus ane nanya sama rombongan ninin yang paling belakang..
    eh gak taunya somong banget penunggang ninin yang paling belakang…
    trus ane ikutin za terus sampe sekitar 2 km trus ane pasang gigi 5 dan ane gember full speed..
    eh gaknyangka tanpa nunduk bisa tembus 128 trus ane libas semua tuh ninin…
    kecuali pemimpin kelompok ntuh…
    dan ane langsung belok ke arah pom…
    dan apa yang terjadi….
    para ninin yang sombong itupun ngeliatin semuaaa……
    hahahaha….
    rada lega bisa ngilangin sifat pengguna ninin…
    sory lau kata”nya ada yang gak enak di baca…
    ane buat nich berdasarkan pengalaman ane sendiri….

    Like

  96. emang masih ada ya ninin comunity..
    untuk wilayah jakbar. cengkareng khususnya..
    kl masih ada minta infonya.. soalnya gw baru beli.
    walaupun bekas. terkabul juga impian gw ( curhat )

    Like

  97. sy penunggang CS1 pernah tu motor sy polkan gasnya dijalan lurus top speed yang diperoleh 115 km/jam tu dah mentok-tok itupun lama sekali sy juga dah pernah nanya ama diler Honda, katanya ada CS1 yang bisa lari nyampai 125 kpj bahkan lebih jawabanya ada tapi cs1 nya suruh diganti mesin Tiger. ya menurut sy kalau ada yg bilang Cs1 125 bisa lari nyampai 125 kpj aja dengan kondisi standar kanyaknya ko janggal apalagi lawan Rx king bahkan Ninja yg dayanya 30 PS tu ibarat kucing lomba lari dengan harimau. sy ga belain yang manapun tapi kenyataan begitu. karena sy sering bawa tu motor cs1 125 cc milik istri.

    Like

  98. yow kalau ninja didahuli cs1 125 yow jelas dikasih jalan andai cs1 125 nantangpun ga mungkin diladeni moso ninja ladeni cs1 yow malu dong tu ibarat oarng gede ditantang anak teka moso diladeni terus dipukul ya ga mungkin. paling Ninja mau ladeni kalau yg nantang CBR atau RX King moso lawan cs1 xi..xi..xi. dan motor pajangan atau bukan sama aja kalau motor tuk pasar Indonesia yo sama masa kaya ga pernah pergi ke dialer aja.

    Like

  99. Maaf ikutan… dah gini aja dua2nya punya speak yg sudah diakui meskipun dari pencipta cs1 maupun Ninja.

    CS1
    kapasitas mesin =125 cc
    Torsi sekitar 12 nm
    Daya mak sekitar 12 ps

    Ninja
    kapasitas mesin 150 cc
    Torsi sekitar 22 nm
    Daya mak sekitar 30 PS

    sebenarnya tidak bijak membandingkan CS1 dengan ninja tapi dari pada ngomong pada nasar, biar jelas. tanya pabrikpun ya sekitar segitu. dan yang buat motor bisa lari atau beraselerasi tinggi tu dari Daya dan torsi manalagi ga ada kan.
    sekarang kalau lawan megapro aja berat karena speaknya lebih tinggi yaitu:

    Mega pro
    kapasitas sekitar 150 cc
    Torsi sekitar 13 nm
    Daya mak sekitar 13,3 PS

    Jadi secara joki kemampuan sama jelas cs1 vs megapro tetep unggul megapro walau ada yang bilang cs1 pernah ngasepin megapro.

    Like

  100. wah mantap bener tuh ninja 150L.
    jdi pengen beli gan, nunggu kumpulin uang dulu ah.

    pas buat badan sya yg kecil tapi tinggi yo.. 😀

    Like

  101. Mas Iwan ngomong-ngomong bukannya ninja yg sekarang ukuran bannya: depan 90/90-17, Belakang 110/80-17

    kok beda masbro???

    Like

Leave a reply to wooo Cancel reply