Market share Honda kuartal satu tetap tidak terkejar…

Boleh saja sales kendaraan roda dua tahun ini turun 2,7% dibanding tahun lalu. Namun hal ini sepertinya tidak terlalu berpengaruh terhadap market share pabrikan sayap mengepak. Terbukti posisinya makin berkibar menguasai 55% pangsa pasar nasional…

Kuartal I (Januari-Maret 2012) tahun ini, secara total Honda telah berhasil menjual 1.063.695 unit sepeda motor atau meningkat 7,5% dibanding tahun lalu (989.862 unit).  Padahal kalau dikalkalusi secara total, tahun 2012 terjadi penurunan sales kendaraan roda dua sebesar 2,7% (1.931.677) dibanding tahun 2011 (1.985.800 unit). Hasil brilian ini tidak lepas dari varian matic yang menjadi sumbangsih terbesar penjualan squad Honda….

Sebagai contoh Honda BeAT. Skutik ini telah terjual sebanyak 314.263 unit atau tumbuh sebesar 32% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 237.631 unit. Disusul Honda Vario series yang terjual 232.059 unit. So…secara total skutik Honda pada periode ini telah terjual 649.794 unit dengan tambahan penjualan 46.800 unit Honda Scoopy, 55.757 unit Honda Spacy series, dan 915 unit Honda PCX. Yup…predikat Honda sebagai Raja Motor Skutik semakin kokoh setelah meraih 61,6% pangsa pasar. Terus gimana dengan varian lain??….

Di segmen bebek, Honda berhasil menjual 366.829 unit.  Angka tersebut sudah cukup menjadikan posisinya sebagai raja motor bebek dengan 57,3% pangsa pasar. Dengan komposisi Honda Revo series sebesar 127.374 unit, Honda Supra X125 series sebesar 176.155 unit, dan Honda New Blade sebesar 63.300 unit. Sedang segmen sport, penjualan AHM disumbang oleh Honda MegaPro series sebesar 34.229 unit, Honda Tiger series sebesar 6.409 unit, Honda CBR series sebesar 4.446 unit, dan Honda CS1 sebesar 1.988 unit. Jika dilebur menjadi satu…maka market share pabrikan sayap mengepak kuartal satu mencapai 55% atau  lebih besar  18% dibanding kompetitor terdekatnya Yamaha……(iwb)

Advertisements

81 thoughts on “Market share Honda kuartal satu tetap tidak terkejar…

  1. ckckck…. Y lg sandiwara, padahal dia terjual banyak tapi karna ga ingin keliatan menguasai pasar jadi pura2 ga seberapa laku padahal yg indent banyak, sengaja ga dipenuhi karena ini strategi yg smart

    Like

  2. aslinya yamaha menang mulu lho dari dulu saudara-saudara sebangsa dan setanah air…..
    kalah kan CUMA SANDIWARA aja.
    wkwkwkkkk…

    sumpah sampai ngakak klo baca artikel warung sebelah…
    udah makin ngaco aja…
    kelihatan banget keberpihakannya…
    makanya makin hari makin sepi warungnya.

    Like

  3. emang masih ada yg mau mampir ke blogger yg ngaku2 papan atas itu?
    ane sih udah ogah….!!!

    dulu doi bikin artikel klo jaman sekarang motor irit gak penting (disaat yamaha belum bisa bikin motor irit)
    sekarang yg dielu2an motor khususnya skutik irit (maklum yamaha udah bisa bikin skutik irit nyikutin Honda)

    dulu waktu Honda mau menginjeksikan seluruh variannya doi dgn lantang bilang klo motor injeksi gak cocok buat indonesia, eh begitu yamaha juga mau menginjeksikan motor2nya doi langsung diam seribu bahasa.
    wkwkwkkkk

    klo bahas CBR250R Vs Ninja250R doi bilang yg penting itu performa….!!! Tp klo yg diomongin Byson Vs NMP doi bilangnya performa gak penting.., yg penting desain…!!
    wkwkwkkk

    blogger kok plintat-plintut….
    semakin gak laku aja warungnya…
    jadi inget dulu waktu doi masih cukup netral dan doi masih jd blogger No.1.., doi setiap bulan bikin artikel ttg hits2 bloger indonesia.., eh begitu sekarang makin nyungsep…, doi udah gak pernah bahas lagi…

    ngakak guling2…..

    Like

  4. anu pada April 13, 2012 pada 9:26
    PM berkata:
    emang masih ada yg mau mampir ke blogger
    yg ngaku2 papan atas itu?
    ane sih udah ogah….!!!
    dulu doi bikin artikel klo jaman sekarang
    motor irit gak penting (disaat yamaha belum
    bisa bikin motor irit)
    sekarang yg dielu2an motor khususnya skutik
    irit (maklum yamaha udah bisa bikin skutik irit
    nyikutin Honda)
    dulu waktu Honda mau menginjeksikan
    seluruh variannya doi dgn lantang bilang klo
    motor injeksi gak cocok buat indonesia, eh
    begitu yamaha juga mau menginjeksikan
    motor2nya doi langsung diam seribu bahasa.
    wkwkwkkkk
    klo bahas CBR250R Vs Ninja250R doi bilang
    yg penting itu performa….!!! Tp klo yg
    diomongin Byson Vs NMP doi bilangnya
    performa gak penting.., yg penting desain…!!
    wkwkwkkk
    blogger kok plintat-plintut….
    semakin gak laku aja warungnya…
    jadi inget dulu waktu doi masih cukup netral
    dan doi masih jd blogger No.1.., doi setiap
    bulan bikin artikel ttg hits2 bloger indonesia..,
    eh begitu sekarang makin nyungsep…, doi
    udah gak pernah bahas lagi…
    ngakak guling2…..
    ————————————————————————–
    Emank blog apa bro..ckckck..kalo ane mah cuma mampir di iwb,tmcblog..kadang ke mbah dukun,n eyang edo juga..kalo yg lain bloger kacangan yg plintat-plintut..

    Like

  5. @30. anu – April 13, 2012

    nek tak ingat2 bener juga sihh mulai dari dulu gitu persis apa yang sampean ungkapken hehehehe, ( tak wenehi jempol mas 100% stuju)

    intinya jadi bloger tuh yang netral supaya yg baca senang, dan gak ngerasa terpojokan untuk memilih sesuatu, kan blogger tugas pokoknya sebagai media pemberi informasi,

    semoga blogger kya mas iwb ini selalu ramai warungnya karena tuan rumahnya yang baik memberikan informasi dan apa adanya gak plintat plintut kwkwkw

    ( mas iwb JOSS )

    Like

  6. cerita pertarungan 2 koboi
    koboi 2 akhirnya mengajak duel menembak koboi 1…koboi 2 menembak secara beruntun 4x dor..dor..dor…dor dan koboi 1 dgn kosentrasi yg seksama hanya menembak sekali dooor…kedua koboi tidak ada yg terluka…malah tembakan koboi 2 mencederai koboi -koboi yg sedang menonton pertarungan…
    yg membuat koboi 2 galau karna amunisinya tersisa 2 peluru,sedangkan koboi 1 masih punya 5 peluru….

    to be continued

    koboi 1 tersenyum,karna duel menembak ini adalah skenario koboi 1

    Like

  7. @ninja250
    gw kasih clue aja ye…masuk ke ridertua dlu..truuss….pojok kanan bawah ntu ada link 4 bloger…cek 1 per 1..kan ketauan sapa yg di maksud si anu

    Like

  8. Dunia ini panggung sandiwara…ceritanya mudah berubah…
    ada peran wajar..dan ada peran berpura-pura……
    mengapa kita bersandiwaraaaa…..ha….ha..ha..

    Like

  9. Wow… anak2 cengeng gemar ngibul pada ngumpul curhat.
    Udah sesat, cengeng pulak…eh udah gǟƙ pintar baca, gemar ngibul pulak kalian ini. Pantas aja kagak maju2…

    Tobat la kalian itu!

    Like

  10. Jangan saling menghina,yg suka Honda / Yamaha ya terserah masing 2,wong itu hak .sperti keluargaku suka sama Honda dari dulu hingga sekarang ,trimakasih Honda telah berkontribusi sejak puluhan tahun yg lalu, jgn sombong tetap rendah hati,kembalikan hasil keuntungan dengan sosial kpd masyarakat salam satu hati dari Keluarga Honda sukse selalu.

    Like

  11. Sudah pd tw kok syp yg bersandiwara anak jalanan artikelnya bahas itu itu aja capek dah. . .
    Mending tutup aja warungnya

    Like

  12. Saya sudah tidak percaya sejak ada analisis model rondo matrik, kriterianya terlalu subjektif dan cenderung memenangkan yamaha. Yang paling mencolok antara Beat dan Mio Sporty, dari sudut mana Mio Sporty bisa lebih value dibanding Beat?

    Like

  13. fans yahomo koplak bc terus kerjaan..mending pikirin pabrikan idola kalian tuh market share anjlok..kapasitas pabrik 300 rebu lebih per bulan jualan cuman laku 200rebuan..yang lain numpuk di mana? kalo trendnya turun terus siap2 dah kek nobita..

    nobita kok ga pernah keliatan ya?? ato emang udah diberi “surat cinta”?

    Like

  14. Kerja keras Honda yang selama ini dilakukan patut diacungin jempol, soalnya sebenernya sempat tertahan sm Yamaha tp akhrinya bukan lagi merangkak bahkan sekarang sudah berdiri dengan posisi tegak. Ya semoga z tetap bisa selalu di hati penggunanya

    Like

  15. yamaha kalah ?? mrk bersandiwara lho …sampai2 sekumpulan orang2 tolol yang ada di ymki ditebas bubar almarhum sama majikannya di jepang :mrgreen: … sekarang jadi ngakak guling mode on melihat eks sekumpulan orang2 tolol tersebut jadi jongos alas kaki jepangnya dengan gaji kelas krupuk :mrgreen:

    Like

  16. sumpah ane ngeri lihat MS Honda Vs yamaha dari data samsat ini di dikasih bro Duwan ini:

    ckckckkkk….
    Data Samsat:
    Honda 71% Yamaha 24%
    sandiwaranya yamaha manteb banget euy….!!

    Like

  17. kelihatan banyak yg mencoba melintir artikel mas tri disini 😀
    kalo otaknya bener, pasti tau maksud sebenernya

    namanya jg ahm banyak duit. gampang bayar sales buat komen miring .

    sebaiknya hanya baca artikel dari blogger, jgn percaya dgn komen2 sales yg pingin memecah-belah blogger.

    Like

  18. pengalaman neh..pnh dl liat stan pameran Yamaha..wkt tuh liatx pake baju kumuh bgt q, sandal jepit, kaos oblong jelek n celana pendek n kusam..eh gak di lirik m salesx, apalagi m SPG nya hehe2…ksian..trs q klr bntr nenteng helm Arai, baru deh salesx dtg nawarin Bisun..dia bilang ” ne mtr baru mas, keren n kenceng..macho, tapi inden dl mas kl mw, …q senyum z n jawab..” kl emg kenceng, cb di adu m NSR SP q dl, kl bs liat rem belakangq, q ambil ne Bisun..wkwkwk” koplak…jd sales gak boleh ngremehin org…

    Like

  19. Seeing is believing..
    Containt is basic,
    packaging is the winning formula!

    Get FREE MotoGP Guidance 2012
    just follow, RT, # or fave us now!
    Follow @motogpdistro

    Like

  20. Terbukti bahwa Masyarakat masih percaya dan memilih Honda sebagai ‘teman’ kesehariannya ..
    Banjiiir undian blom tentu banjiir pembeli …

    Like

  21. Banyak yg ngiri nih ceritannya Honda melejit penjualannya.
    Yamaha udh nempel AHM??? Tapi ane lihat-lihat di jalan banyakan motor Honda ya di banding Yamaha.berarti bener emang Honda penjualannya meningkat.

    Like

  22. Matik sekarang menjadi idola konsumen Indonesia; Pasti di produk matik para produsen Sepeda Motor akan saling berkompetisi baik dari sisi design; fitur dan keunggulan yang unik yang bisa diterima konsumen; Plus Distribusi; karena tahun lalu saja masih banyak yang inden kalo type matik; So…berkompetisi yang sehat aja

    Like

  23. Luar biasa, sepertinya sampai akhir tahun Honda akan selalu memimpin pasar. Apalagi vario baru PGM FI sudah keluar seperti sekarang.

    Like

  24. Market share meningkat, itukan bonus kerjakeras dr tim Honda. Klo nyante-nyante aja yg pasti akan tergilas. Selamat Honda..!!! Maksimalkan kinerja di kuartal-kuartal berikutnya..!!

    Like

  25. kemenangan pasti dirancang bukan cuma 1-2 hari, tetep jaga mutu produk dan layanan itu kuncinya, jangan sampai konsumen kapok beli produk merek tertentu hanya 1 kali, buat konsumen menjadi loyal… itu!!!

    Like

  26. Prosesnya baik, bagus juga hasilnya..:D terus evaluasi , dan melakukan perubahan dan akhirnya bisa merasakan manfaatnya.. 😀 mantap honda..

    Like

  27. waduh.. perasaan semua blog ngebahas tetang kemenangan telak HONDa… ayo yamaha !! katanya selalu yang terdepan.. ?? peacee ah…

    Like

  28. Hebat Honda nih,di tahun 2012 makin susah di kejar sama kompetitor,itu berarti Honda masih jadi produk kebanggaan dan kepercayaan konsumen,selamat yah Honda.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s