Kenapa motor baru Honda susah dicolong gambarnya??….

Sebagai pabrikan terbesar dinegeri ini, segala manuvernya memang selalu dipantengin jutaan biker tanah air. Khususnya jika berhubungan dengan produk baru. Banyak yang berharap ada bocoran gambar yang bisa didapatkan walau cuma dari buntut atau ban sekalipun agar rasa penasaran direlung hati ini bisa terobati. Sayang…ketatnya manajemen serta penjagaan membuat karwayan AHM sendiri klepek-klepek tak kuasa berbuat banyak….

IWB ngobrol dengan seseorang yang telah mengabdi kepada grup Astra hampir 10 tahun lamanya. Walau dia orang yang mampu blusak-blusuk didalam gedung AHM, ternyata untuk sekedar menggambarkan seperti apa desain calon motorsport Honda….hanya gelengan kepala yang dipertontonkan. Hhhmm…nampaknya AHM menutup rapat desain sikuda besi agar tidak terendus kompetitor. Sebegitu rahasianya sehingga kemungkinan hanya orang-orang yang berhubungan langsung dalam proses produksi yang tahu. Dari perbincangan dengan doi akhirnya IWB mendapatkan bayangan, betapa sangarnya resiko yang dihadapi para brother kita untuk sharing sebuah gambar yang diambil dilingkungan pabrik…. 

Doi mengungkapkan….jangan pernah berharap atau mencoba untuk bisa menjepret produk baru yang belum dirilis dipasaran kecuali orang tersebut sudah tidak mau kerja diHonda. Punishment-nya jelas….terminate immediately!!. Tidak ada kompromi atau toleransi. Itulah yang membuat mereka ciut nyali melakukan image capturing. Jadi paling hanya bisa direkam didalam memori otak, kemudian kita buat sketsa sendiri setelahnya. Untuk mengamankan eksistensi new produk, biasanya AHM akan menyelimuti motor dengan menggunakan terpal. Kemudian…ruangan dipasang CCTV atau kamera pengawas dari berbagai sudut. So…gambar bocor, rekaman CCTV akan diputar ulang untuk memastikan oknum yang mengambil gambar. Recording biasanya terekam hingga 3-6 bulan kebelakang. Walah…ganas juga ya bro. So artinya…walau kita melakukan blurring background, bukan hal yang susah bagi AHM mendapatkan pelaku…..

Itulah yang membuat nyali mereka ciut. Ketimbang dapur nggak ngebul, mending cari aman aja…begitulah kira-kira. So bagaimana dengan spyshoot Vario Techno 125 serta new Megapro yang sudah bertebaran didunia maya beberapa waktu lalu. Apakah nasib bro yang sangat berjasa untuk kita tersebut juga bernasib suram??. Entahlah. Tapi…bagi IWB, salut dan angkat jempol bagi para penjepret. Sebab berkat keberanian sampeyan-sampeyan semualah dahaga brother dan sis kita diseluruh tanah air sedikit terobati. Musuh buat perusahaan, namun pahlawan bagi kita. Angkat topi mzbro…. :mrgreen: (iwb)

116 thoughts on “Kenapa motor baru Honda susah dicolong gambarnya??….

  1. jangan2 produknya emang belum dibikin prototype, alias baru sebatas sketsa, krn ahm lg pusing desain rangka tralisnya biar klop ama mesin cc kecil.
    Dan pernyataan2 yg disampaikan petinggi ahm jika tralis dah mau brojol, cuma agar pecinta honda yg gak suka nmp rela nunggu, dan tidak pindah kelain bodi.

    Like

  2. strategi penjualan kali maz…soal kalo dah bocor duluan stok motor lama gag payu nanti…orang keburu nunggu yg baru…getho 😀

    Like

  3. Hmmm . . Sesuatu bgt yah . . 😀
    Oyi mas iwan,adapirad anek tacep gnidnem idaj nawayrak gnay kiab aja had . .
    tapi kok pelit temen sih AHM gak mau bocorin sedikit aja picnya . .
    mungkin kalo di sogok syahrini baru mau mas iwan . .
    Qiqiqiqi . . 😀

    Like

  4. setiap pabrik punya kebijakan sendiri – sendiri,,,
    untung ane nggak kerja di ahm,,, soale ane hobi jeprat jepret,,,, apalagi liat UG yang unyu – unyu en muyus – muyus,,,, nggak tahan rasanya untuk segera menjepret nya,,,,,,, :mrgreen:

    Like

  5. yah susah lah…kalo YAMAHO kan yang ngirim orang yamaho sendiri…yang bocorin aktivitas mereka, ya mereka sendiri…

    skenario YAMAHO jadul…

    Like

  6. pahlawan bagi kita, tp bukan pahlawan buat keluarganya kasihan Mas. y mdh2an ada yg berani tp gak ketahuan, y seperti pakai kamera ballpoint biar g terlalu kelihatan hehehe

    klo dilihat spyshoot vario 125 yg diatas itu di studio pada saat pengambilan gambar sebelum launching, itu ada kok mas videonya di otomotifnet.com warnanya jg orange, spyshoot sptnya gak lama sblm peluncuran, jd kemungkinan klo sdh ada spyshootnya berarti gak lama lagi launching…ini menurut sy soalnya ada besi2 treepouch dibelakangnya.

    Like

  7. Ahm menutupi smua krna memberi kejutan besar2an kpd konsumen….
    Dan Ahm merupkm pabrikn pling pelit utk motor2 baru…
    Yg penting seng sabar wae lh utk mlihat motor barune honda…

    Like

  8. ah,,mas iwan terlalu membesar-besarkan..nmp dah lama di india namanya dazler,vario 125 dah lama di tai-lan namanya click 125…
    satu-satunya asli sini tu cs1 yang gagal itu,,jadi ngapain capek2 spyshot-spyshotan,,,tunggu india ato tailan ato vietnam ato timor leste keluarin motor cowok rangka teralis mereknya honda,ia itu sudah….

    Like

  9. nah sekarang motivasinya orang-orang yang pada mbocorin gambar-gambar motor baru yang blom resmi diloncing itu apa? pastinya kan sudah dikasih tau duluan to, kalo ada yang berani mbocorin gambar ini berarti kalian dipecat……..

    jadi aneh kan karena mirip kayak gini: sudah jelas di situ ada peringatan listrik tegangan tinggi, tapi kawatnya dipegang juga…. nah apa motivasinya dia sampe bela2in megang kawat listrik bertegangan tinggi itu?

    Like

  10. kalo niat mbocorin ya gampang to, tapi khusus manusia imajinasi tinggi, poto spycam. Trus edit sotosop, kasih efek dikit, sebarin.

    Like

  11. @ 27. jhirlooo
    Bener banget hahahaha….
    @ 28. sotoy
    Wah…kalau itu hanya tuhan dan sijepun yang tahu….
    @ 30. Satria
    Haduh, ngelu saya baca komennya sampeyan…dibolak :mrgreen:
    * Sesuatu banget dong
    @ 31. Hendra Super
    O gitu…
    @ 37. No
    Konsekuensinya memang sudah pada tahu. Makanya walau karyawan AHM ribuan, khusus teralis masih asem dan kecut nihil petunjuk….
    @ 47. Dadot
    Entahlah bro. Sama aja kayak adegan Ariel-cut tari direkam sendiri. Si ariel tahu konsekuensinya. Tapi kenapa tetap direkam?? . Dan bisa jadi seperti itulah yang terjadi pada sipenjepret. Menyesal belakangan….

    Like

  12. PT MAKMUR….maklum aja kalo karyawan pada takut dipecat
    beda sama PT Y*M*H*,KEBANYAKAN OUTSOURCINGnya,karyawan gak ada makmur2nya sama sekali

    Like

  13. Kalo NMP dan vario 125 khan di thailan dan India uda ada duluan, jd gak ada rahasia yg ditutupin…

    Like

  14. Kalo dinegara lain udah launching duluan, maka gampang saja utk prediksi motor honda yg akan dilaunching. Yg jd masalah kalo project bener2 motor baru, blm ada di negara lain.

    Betul sekali… yg berani ambil foto motor yg sedang dlm project, jelas akan DIPECAT, ini aturan dilarang membocorkan rahasia perusahaan.

    Like

  15. gimana klo bocorinnya….diamati barangnya trus direkam dlm otak….trus setelah diluar dibikin sketsanya sendiri…..

    Like

  16. ironis y mz iwb,sdr2 sebangsa qt cm jd budak bgsa nipon,salah dikit lgs pecat,pdhl yg bli produknya jg sdr2 mrk para buruh,ngimpi motor hsl bgsa sendiri

    Like

  17. 68. nip – April 3, 2012

    kasus nmp 4 orang out.., n hp kryawan d sweeping
    —————————————————-
    no link , no pic = HOAX tingkat dewa,,,,,

    Like

  18. 3 orang out saat njepret new megapro sedangkan foto vario diambil saat pengambilan Video untuk iklan…Gitu ceritanya Bos.

    Like

  19. Kalo gak percaya cari berita behind the scene nya pembuatan iklan Vario…trus samain lantai dengan tripod di pic atas pasti sama plek.

    Like

  20. @ 70. mercon – April 3, 2012

    Gw kerja disana Con jadi gw tau persis…baca aja di kaskus yang upload orangnya sendiri yg kena pecat padahal dia udah minta maaf dengan amat sangat…kamera yg dipasang jenis CCTV yg punya kemampuan untuk Zoom sampai ke ID card…di perjanjian kerjanya juga jelas membocorkan rahasia perusahaan sama dengan goodbye…jadi sebenernya nggak ada yg lebih Hoek dari ente…Hoek…hoek.

    Like

  21. gambar vario125 sy rasa rekayasa ahm seolah2 gambar bocor, padahal gambar itu emang mereka yg rilis.

    Like

  22. ahaem mo kasih kejutan bwat si trelis,,,,masalahnya kejutannya bikin heppy apa bikin ketawa,,,smoga aja ga bikin ketawa,,,,

    Like

  23. hampir disemua perusahaan di pkb nya ada aturan kalau membocorkan rahasia perusahaan bakal kena out.

    Like

  24. itulah kalo perusahaan yg menindas karyawan, mau ngomong apalagi. wong perusahaan sekelas iphone aja ga pernah membunuh karyawannya. masak ini dibunuh dg dipecat gara gara foto.

    Like

  25. sptnya saatnya honda beri jalan pabrikan lain klrin matic disaat yg tepat nih motor pasti muncul, buat yg kerja di AHM teruskan dedikasinya, salam untuk teman2 yg di HSO JHC

    Like

  26. @ nip
    emang karyawan ahm gajinya berapa sih nip sombong kali kau,aku pernah kerja di adm sunter,2 tahun..habis itu jualan nasgor di sini(bogor)…yah mendingan kaya gini….bisa berlipat ganda….dari karyawan….yg beli juga karyawan2 pabrik….karyawan ko bangga…

    Like

  27. paling paling slip gajinya potongan kop astra,kop karyawan….sisanya baru buat makan…kalo yang irit ya paling punya kebo/sapi di kampung…..

    Like

  28. @mbuh…blah…blah – April 3, 2012
    ———————————————–
    ITULAH BODOHNYA KARYAWAN….padahal ma pdgang asongan aja kalah gajinya….

    Like

  29. Kalo masih cinta keluarga,patuhi aja segala aturan perusahaan.
    Lagian apa untungnya curi2 foto yang dilarang?
    Diperusahaan manapun anda bekerja,pasti ada tata tertibnya,melanggar ya siap2 aja kena sangsi.
    Atau jangan2 karyawan yang dipecat adalah mata2 pabrikan sebelah yang disusupkan……………………………………?

    Like

  30. itulah peraturan… yg patut dicontoh atw diterapkan oleh aparat kita bila ada yg melanggar dan menyalahi aturan ya harus berani tanggung resikonya… nggk setengah2 dan tidak pandang bulu…..

    Like

  31. wkwkwkwk…. segitunya jaga motor katrok, pake cctv segala… lebay banget mahondut… emangnya foto motor haram apa??? wkwkwkwk…. itu hak asasi manusia bro…..
    kecuali foto cewe bugil dan disebarin, nah itu baru gak boleh

    Like

  32. mercon pada April 3, 2012
    pukul 6:17 PM berkata:
    68. nip – April 3, 2012
    kasus nmp 4 orang out.., n hp kryawan d
    sweeping
    —————————————————-
    no link , no pic = HOAX tingkat dewa,,,,,
    ——————

    ga perlu pic ato link … saya liat sendiri sidangnya. kasus nmp di pecat 4 org, ga tega jg gw liatnya tp aturan tetep aturan. jelas & dah disepakati bersama. pahlawan??? sepertinya ga seperti itu untuk keluarga karyawan phk ….
    ingin terlalu bnyk tau terkdang memng tdk baik …

    Like

  33. dimana-mana kalo bocorin rahasia perusahaan juga bakal out..kalo ketauan…wkwkkw
    kenapa produk baru Honda susah dpt bocorannya..yaa karna kalo orang-orang pada uda taw produk barunya Honda yaa ga seru age dunk..hehehhe..konsumen ga bisa penasaran nantinya..
    sesuatu yaa Honda…wkwkwk..

    Like

  34. HONDA memang Beda dengan si Tetangga… Bikin Penasaran, begitu keluar memang Luaaarrr BIasa…..

    Like

  35. Ada sisi positif negatifnya juga memang, tujuan utamanya tentunya melindungi dari kompetitor…
    Namun klo dilihat dari sisi konsumen, makin cepat konsumen mengetahui ya makin nafsu tu mrk untuk segera miliki motor.
    Tp klo kompetitor tau, mrk ga bisa berbuat banyak jg. hehe

    Like

  36. kelingan jamane arep jepret blade+supra helm in d sirkuit tikung..brani gak brani gak..akhire gak brani.. 🙂

    Like

  37. 87. agus plat f – April 3, 2012

    @ nip
    emang karyawan ahm gajinya berapa sih nip sombong kali kau,aku pernah kerja di adm sunter,2 tahun..habis itu jualan nasgor di sini(bogor)…yah mendingan kaya gini….bisa berlipat ganda….dari karyawan….yg beli juga karyawan2 pabrik….karyawan ko bangga…
    ===========================================
    ane juga heran FBH kok selalu bilang karyawan AHM lebih makmur. padahal kenyataan dilapangan sebagai buruh ga makmur-makmur amat. terlalu mendramatisir biar dikira AHM paling peduli ma karyawan di INA.

    Like

  38. 106. ruwet – April 4, 2012

    87. agus plat f – April 3, 2012

    @ nip
    emang karyawan ahm gajinya berapa sih nip sombong kali kau,aku pernah kerja di adm sunter,2 tahun..habis itu jualan nasgor di sini(bogor)…yah mendingan kaya gini….bisa berlipat ganda….dari karyawan….yg beli juga karyawan2 pabrik….karyawan ko bangga…
    ===========================================
    ane juga heran FBH kok selalu bilang karyawan AHM lebih makmur. padahal kenyataan dilapangan sebagai buruh ga makmur-makmur amat. terlalu mendramatisir biar dikira AHM paling peduli ma karyawan di INA.
    ============================================
    ASTRA GROUP KELOMPOK 1 memang begitu bro,PKBnya lengkap sampai tunjangan2 semuanya ada
    kalau belum pernah jadi karyawan astra kelompok 1 jangan banyak bacot dah,oke….

    Like

  39. 107. wak turo – April 4, 2012

    106. ruwet – April 4, 2012

    87. agus plat f – April 3, 2012

    @ nip
    emang karyawan ahm gajinya berapa sih nip sombong kali kau,aku pernah kerja di adm sunter,2 tahun..habis itu jualan nasgor di sini(bogor)…yah mendingan kaya gini….bisa berlipat ganda….dari karyawan….yg beli juga karyawan2 pabrik….karyawan ko bangga…
    ===========================================
    ane juga heran FBH kok selalu bilang karyawan AHM lebih makmur. padahal kenyataan dilapangan sebagai buruh ga makmur-makmur amat. terlalu mendramatisir biar dikira AHM paling peduli ma karyawan di INA.
    ============================================
    ASTRA GROUP KELOMPOK 1 memang begitu bro,PKBnya lengkap sampai tunjangan2 semuanya ada
    kalau belum pernah jadi karyawan astra kelompok 1 jangan banyak bacot dah,oke….

    =============================================
    @ wak turo

    anda kerja di astra mana aneh adm tahu gak singkatanya ASTRA DAIHATSU MOTOR,anda pasti karyawan baru yah….gak ngerti adm payah padahal deket tuh dari ahm,,,sayang ga pernah main jadi gak tahu….kasihan kau

    Like

  40. @ wak turo

    teman saya masih banyak di ahm,adm,tmiin,dan gaya motor tapi gak songong kaya lo…pake sebut pkb,tunjangan,grup astra 1 segala,saya tahu..bahkan temen saya ada yg mau pindah ke adm karawang saya juga tahu kompensasinya yaitu 15 juta..untuk yang dipindah dari adm sunter ke karawang…

    Like

  41. 68. nip – April 3, 2012
    kasus nmp 4 orang out.., n hp kryawan d sweeping
    ==============================
    ya itu karena songongnya sendiri, melanggar aturan nyebarin rahasia perusahaan, nyebar photo nmp, eh di photonya sekalian nampang nangkring di nmp, oalah songong.

    Like

  42. Namanya juga rahasia perusahaan…! hehehe
    momennya juga jadi g seru kan… klu dah dpt bocoran type, desain, spek, dll, sebelum sikuda besi i2 launching.
    jempol bwt Honda…

    Like

  43. AHM komit banget dalam menjaga brand image nya..
    Mungkin selain takut gambar tsb nantinya akan disalahgunakan oleh pihak yg tdk bertanggungjawab, antisipasi hal terburuk yaitu teknologi maupun desainnya di jiplak sama org lain.. hehehe

    Like

  44. ADM mah lewat bang,gaji bisa lebih tinggi jika bisa membuat PKB yang jossss…
    astra kelompok 1 itu A*M,SH*WA,Y*TAKA,M*SASHI

    Like

  45. Gw mah setujaa ama AHM .. kenapa ?? karena persaingan skrg semakin ketat bro – sizt.. jika orang dengan leluasa dapat mngambil gambar produk yang baru,, maka kompetitor dapat dengan mudah ‘membaca’ strategi market lawannya .. jadi.. langkah yang diambil sama AHM udh tepat sih , itu menurut gw lho ..

    Like

Leave a comment