Wow….Yamaha dinobatkan menjadi The Best Motorcycle Manufacturer in Motorsport!!

Rafid Topan beraksi diSirkuit Losail Qatar...

Bohong kalau kita tidak mengakui eksistensi pabrikan garputala dalam ajang balap roda dua tanah air. Setelah sebelumnya dipegang Suzuki, secara meyakinkan kiprah Yamaha makin tidak terbendung. Terbukti langkah terus mantap berjalan dengan memasuki kelas Motorsport. Makanya jangan heran diberbagai kejuaraan…nama garputala selalu disebut. Tangguh, tergorganisir dengan baik serta menjadi tempat tumbuhnya bibit-bibit pembalap dengan skill diatas rata-rata….

Otomotif Award 2012 persembahan Tabloid Otomotif yang digelar di Senayan City, Rabu (21 Maret). secara khusus memberikan penghargaan bergengsi untuk kiprah Yamaha di ajang nasional sebagai The Best Motorcycle Manufacturer in Motorsport. Tak ketinggalan pebalap Yamaha yang tengah naik daun, Rafid Topan, mendapatkan dua award sebagai International Motorsport Rider Achievement dan Motorsport Rider Achievement. Yup…sebuah penghargaan luar biasa mzbro. Kombinasi klop yang saling membutuhkan dan tidak bisa dipisahkan. Hal ini yang yang kita bisa lihat antara pabrikan dan pembalap. Hubungan mutualisme Yamaha dan Rafid Topan….untuk meraih mimpi bersama-sama menjadi yang terbaik….

Sejarah motorsport Yamaha Indonesia dapat dilihat dari tahun 1990 yang menjadi tonggak awal malang-melintangnya pabrikan tersebut di ajang balap Tanah Air. Dimulai dari Yamaha Sunday Race di tahun itu yang digelar di Ancol dan beberapa kota lainnya di Indonesia. Kompetisi itu berhasil melahirkan pebalap-pebalap yang punya nama seperti Petrus Tobun Canisius, Ahmad Jayadi, Roy Adrianto, Ade Taruna, Hendriansyah hingga era Doni Tata Pradita yang bisa melanglang buana ke pentas dunia melalui program Road to World Champion from Zero to Hero. Yamaha Sunday Race pun berkembang menjadi Yamaha Cup Race (YCR) yang dikenal sebagai ajang One Make Race (OMR) berkualitas tinggi di Indonesia….

Dari tahun 1990 hingga 2011 Yamaha Cup Race telah menyelenggarakan 359 race dan melahirkan 49.109 pebalap. Tahun ini adalah tahun ke-23 digelarnya YCR. Kompetisi ini menelurkan jawara-jawara panutan macam Petrus Canisius (1993-1997), Ahmad Jayadi (1995-2001). Prestasi itu menghadiahkan keduanya wild card tampil di MotoGP tahun 1996 dan 1997 di sirkuit Sentul. Generasi berikutnya mengangkat Doni Tata yang menembus GP 125 dan GP 250 serta melahap semua seri World Supersport 600 cc. Kendati masih belum sesukses yang diharapkan, Ihktiar pabrikan garputala dalam memotivasi, memfasilitasi serta menyediakan mentor-mentor kelas dunia patut diapresiasi…..

Ketajaman tim Yamaha juga sangat terasa pada pagelaran balap lokal. Mereka mendominasi ajang nasional Indoprix dan Motoprix. Tercatat sudah empat tahun beruntun Yamaha menyapu bersih gelar Indoprix dan 90 persen selalu menguasai gelar Motoprix. Di tingkat internasional, Rafid Topan tampil membanggakan menjuarai kelas Underbone 115 cc Asia. Pebalap muda berusia 18 tahun itu merupakan harapan bangsa Indonesia untuk meraih prestasi di ajang dunia yang lebih tinggi lagi nantinya. So congrat buat Yamaha dan Rafid Topan. Semoga penghargaan bakal memompa semangat untuk tampil dikancah balap dunia, kalau perlu ajang Motogp. Kita semua mendukungmu….(iwb)

Rafid Topan diatas sadel Yamaha YZF-R6

Noted : Image courtesy SL.com and others

Advertisements

38 thoughts on “Wow….Yamaha dinobatkan menjadi The Best Motorcycle Manufacturer in Motorsport!!

  1. Bohong kalau kita tidak mengakui eksistensi pabrikan garputala dalam ajang balap roda dua tanah air.
    ===
    wow…….ini berguna buat pembelajaran bagi fb hongkong yg gemar ngibul dan tutup mata dengan realita…

    Like

  2. HAHA..

    DI INDONESIA memang mereka masih nomor 1 karna sudah 20 tahun ATPM duluan terjun di di dunia balap.

    tapi kalo di jepang sendiri?? di Suzuka 8 jam balap???
    cukup hebat lha..
    terakhir juara tahun 1996.

    Like

  3. pabrikan yang jualan bebek terbesar malah kurang berprestasi didunia balap bebek.
    kalo yg di jepun suzuki yg menang. Tapi pake moge, bukan bebek.

    Like

  4. saya pernah baca tabloid otomotif sekitar tahun 90’an. disana diulas sumbangsih pabrikan yamaha buat kemajuan per otomotif pan di tanah air walo penjualannya tidak dominan. berbeda dengan pabrikan yang lainnya,meski penjualan motornya paling laris, kurang ada sumbangsihnya buat olah raga motorsport di tanah air. mungkin sibuk jualan saja:-)

    Like

  5. Bebek yamaha memang okeeee banget,
    Kapan pembalap kita bisa bicara di supersport/superbike?
    Rafid topan dan yamaha maju terus!!!

    Like

  6. mo tingkat internasional,. tingkat luar angkasa ato apapunlah kl juara bebek apa bangganya?? Thailand aja udh mulai ninggalin balap bebek..

    Like

  7. Semoga Rafid Topan bisa meningkat lagi deh ke MotoGp biar ada Indonesia nya. Tulisannya kan udah tuh motor nya HOhe Lorenzo dan Spies. Nah tinggal orangnya sekarang. Maju terussss

    Like

  8. Buat para FBH di Indonesia kan motor paling banyak kan kelas bebek.. Yamaha cuman pengen membuktikan kalo bebek yamaha yamaha paling hebad… dibanding yang lain..

    Like

  9. Tp knp motornya msh pake jupiter z yg notbene udh ga diproduksi??? Mang knp new jupiter z??? Knp cuma di OMR aja bru nongol?

    Like

  10. 6. jaos – Maret 24, 2012

    Bohong kalau kita tidak mengakui eksistensi pabrikan garputala dalam ajang balap roda dua tanah air.
    ===
    wow…….ini berguna buat pembelajaran bagi fb hongkong yg gemar ngibul dan tutup mata dengan realita…
    ———————————————————————————–
    Honda lah… tuh CS1 katanya bisa ngasepin si Scopy… Piksen aja kalah katanya ama CS1…

    😉

    lha wong kata FBH, beat aja bisa ngasepin Mio…

    wkwkwkwkwk

    Like

  11. Dri Tahun 1990 hingga sekarang, tak terhitung jumlah dana yg dikeluarkan yamaha untuk balapan.

    walau sya inget dalam kondisi krisis penjualan pda era 2001-2003 akibat krisis kenaikan BBM, dan peralihan dri 2-tak ke 4-tak membuat penjualan yamaha merosot dibawah suzuki,
    namun yamaha terus menyumbangkan pembalapnya, ketika itu suzuki rajanya motor balap tanah air, dan honda belum ikut bicara balap.

    maka wajar bila yamaha tak sekuat honda dri segi penjualan.
    disaat honda melenggang dngan penjualan 4-Tak, yamaha sdang bertarung di ajang balap dngan suzuki dngan menggunakan motor 2-Tak dan masa transisi ke 4-Tak, walau ketika itu keadaan terseok-seok dalam segi penjualan yamaha terus menyumbangkan terus pembalapnya.

    sukses truss buat yamaha.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s